Naik Bus Atau Taxi Dari Bandara Don Mueang Ke Bangkok

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Naik AirAsia ke Bangkok? Seperti yang pernah di bahas pada artikel sebelumnya mengenai Air Asia Pindah Rumah ke Don Muang, semua penerbangan AirAsia ke kota Bangkok bakal mendarat di Don Mueang International Airport, beroperasi di Terminal 1 bandara ini.

Walaupun Bandara Don Mueang telah melakukan berbagai renovasi, namun untuk fasilitas transportasi umum tentunya tidak sepraktis kalo kita mendarat di Bandara Suvarnabhumi, dimana terdapat Airport Rail Link, kereta yang menghubungkan Bandara Suvarnabhumi ke tengah kota Bangkok hanya dalam waktu sekitar 30 menit. Tapi kalo kita tahu cara untuk bisa dapatin transportasi umum yang lebih murah dari Bandara Don Mueang ke kota Bangkok, tentu juga menyenangkan. Berikut pilihan-pilihan untuk transportasi umumnya.

Naik Bus Atau Taxi Dari Bandara Don Mueang Ke Bangkok

Kalo datang dalam rombongan kecil, atau bawa barang bawaan/kopor yang cukup besar, naik taxi adalah pilihan yang paling tepat. Karena selain tarif yang tidak terlalu mahal untuk menuju pusat kota Bangkok, kalo kita naik bus umum biasanya penuh dan susah kalo bawa kopor besar. Jadi memang lebih baik mengambil taxi resmi dari dalam bandara, daripada dari jalan di luar bandara, dimana kemungkinan taxi tersebut tidak mau pakai argo dan kamu harus tawar menawar. Untuk naik taxi resmi bandara, melalui Exit 8.

Perkiraan tarif taxi dari Bandara Don Mueang menuju ke beberapa tempat di kota Bangkok:
– Mo Chit (stasiun BTS/Skytrain): sekitar 150-200 Baht
– Hua Lamphong (stasiun kereta): sekitar 250 Baht
– Silom: sekitar 300-350 Baht
– Sanam Luang (The Grand Palace): sekitar 250 Baht
– Daerah Siam (Central Bangkok): sekitar 250-300 Baht
– Bandara Suvarnabhumi: sekitar 350-400 Baht

Kalo naik taxi resmi bandara, jangan lupa kamu juga harus bayar biaya tambahan dari bandara (surcharge) sebesar 50 Baht dan biaya tol kepada pengemudi.

Tapi bila ingin naik bus umum, dari ruang Ketibaan (Arrival Hall) langsung menuju pintu keluar dan jalan kaki ke arah kanan, keluar gerbang bandara. Begitu kamu tiba di pinggir jalan raya, jalan ke arah tempat pemberhentian bus (jangan menyeberang jalan). Disini kamu tinggal menunggu bus yang akan membawa ke tengah kota. Bus umum yang lewat ada yang non-AC dan bus AC. Pertama kali memang kadang agak membingungkan, misalnya begitu kamu lihat ada dua macam bus bernomor 29. Sebenarnya kamu bisa naik kedua bus dengan nomer yang sama tersebut, tinggal pilih mau yang ber-AC atau ngga. Untuk bus biasa tarifnya non-AC di bawah 10 baht per-orang, sementara bus AC tarif sekitar 16-23 baht (bisa berubah sewaktu-waktu).

Kalo mau praktis naik bus dan sambung naik BTS, bisa naik Shuttle Bus A1/A2 dari Exit 5 – Arrival Hall bandara Don Mueang, atau yang mau naik bus umum bisa naik No. 29 dari pinggir jalan raya. Turun di stasiun BTS/Skytrain Mo Chit (sekitar 25-30 menit perjalanan dari Bandara Don Mueang). Dari Mo Chit BTS Station ini bisa lanjutkan perjalanan dengan BTS – kereta yang juga terkenal dengan julukan SkyTrain ini. Sangat mudah!

BUS UMUM


Bagi para budget traveler tentu pilihan naik bus bisa sangat menghemat biaya transportasi. Berikut adalah beberapa rute-rute bus yang akan membawa kamu ke berbagai tujuan di kota Bangkok.

Bus No. 29: Don Muang – Stasiun kereta Hua Lamphong
Beroperasi 24 jam, bus AC dan non-AC

Bus No. 59: Don Muang – Bang Khae (Ada juga yang lanjut ke Sanam Luang dekat The Emerald Buddha Temple/Khao San Road)
Beroperasi 24 jam

Bus No. 95: Don Muang – Ram Intra Road – Ram Khamhang Road
Beroperasi pukul 04.00-22.00

Bus No. 187: Don Muang – Si Phraya Road
Beroperasi pukul 04.00-22.00.

Bus AC No. 538: Don Muang – Phaya Thai
Beroperasi pukul 04.00-22.00

Bus AC No. 555: Don Muang – Suvarnabhumi Airport
Beroperasi pukul 04.00-23.00

SHUTTLE BUS A1 dan A2

Shuttle bus No. A1 dan A2 dari bandara Don Mueang ini sangat praktis untuk digunakan kalo kamu mau sambung dengan BTS – Turun di stasiun BTS Mo Chit. Harga tiket 30 baht, beroperasi pukul 09.00-24.00. Bisa juga lanjut ke tujuan akhir bus ini:

Bus A1: Don Muang – BTS Mo Chit – Mo Chit 2 (Northeastern Bus Terminal)

Bus A2: Don Muang – BTS Mo Chit – BTS Saphan Kwai – BTS Ari – BTS Sanam Pao – Victory Monument

Selamat wisata hemat ke Bangkok!

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!


Follow Instagram saya

Something is wrong.
Instagram token error.

238 comments

  1. Hallo mas Awan rencana sy mendarat di Don Muang sekitar jam 11 pagi dan hotel sy di Leela Orchid Pratunam dpn embassy RI dan pantip plaza. Sebetulnya ini udah yg ke 2 kali saya k bangkok tp udah lama sekali sktr 13 th yl dan saat itu ada yg antar jemput hehe. Sementara skrg sy hanya berdua suami saja dan pingin santai saja namun jg gak ingin terjebak macet. Btw utk transportasi dari Don Muang ke hotel dan jalan2 mending pake grab/taxi or BTS/MRT/Bus tuk menghemat waktu or spy gak kejebak macet? Gmn dg bus A3 yg spt damri jg singgah di Pratunam?

    1. Halo mbak Dewi,

      Apa kabar? Kalo soal transportasi emang Bangkok termasuk macet juga ya. Untuk dari bandara ke hotel saran saya naik taxi aja supaya nyaman dan ngga usah pindah2 kendaraan umum. Sementara kalo mau jalan2, yang bisa pake BTS, MRT atau boat ambil jalur itu aja supaya ngga macet. Tapi kalo yang ngga ada kendaraan umum tersebut, paling pilih naik taxi atau Grab aja.

      Salam,
      Awan

  2. Hai mas Awan,
    Ini pertama kali saya liburan ke Bangkok dengan 2 temen cewek saya.
    Saya mau nanya, saya landing di Don Mueang dari KUL jam 21:50.
    Jam segitu kira-kira imigrasinya antri banyak gak ya? Oiya liburannya weekday.
    Kira-kira di airport Don Mueang masih ada konter makanan yang buka gak?
    Kalau dari Don Mueang ke Hotel Preme daerah Shukumvit better naik Grab atau Taxi resmi? Kira-kira berapa ya biayanya?

    Maaf ya kalau banyak pertanyaannya, terimakasih. 🙂

    1. Halo kak Arlin,

      Jam segitu di DMK masih ada yang jual makanan kok. Tapi bukan makanan besar ya. Saran saya langsung naik taxi aja, atau ya pilih Grab Car. Kalo bertiga kan sharing jadi ngga terlalu mahal. Ke Hostel Preme Sukhumvit mungkin sekitar 350 – 400 baht.

      Salam,
      Awan

      1. Ok mas sarannya ditampung, rencana memang mau grab car atau taxi. Dari artikel mas diatas udah saya masukan ke itinerary kalau naik grab/taxi keluar exit berapa.
        Ini saya baru nyusun itinerary, nanti kalau ada hal lain yang ingin saya tanyakan tolong bantuan dijawab ya mas.
        Terimakasih 🙂

  3. Halo mas. Rencana saya dan sodara (ber 7) landing di Don Meuang jam 15.00. Hotelnya d Asia Hotel depan BTS Ratchathewi. Sebaiknya naik apa ke hotel?
    Dan ongkos taxi nya brp mas. Tks

    1. Halo kak Iwan,

      Kalo mau praktis, naik 2 taxi dari Exit 8 bandara DMK. Ke Asia Hotel itu sekitar 350 baht per taxi.
      Atau naik Grab Car.

      Salam,
      Awan

  4. halo mas… mau nanya donk
    saya rencana ke bangkok untuk pertama kali
    kalau dari bandara don mueang mau ke street food atau china town itu harus naik transportasi ap y?
    dan penginapan sekitar yg low budget tolong d infoin donk

    1. Halo kak Maxi,

      Kalo baru pertama kali, saran saya naik taxi resmi aja dari Exit 8 bandara Don Mueang. Atau naik Grab Car, jadi langsung ke tujuan dan ngga nyasar2.

      Penginapan low budget di sekitar daerah mana ya maksudnya? Kalo sekitar Chinatown, cek:
      – Loftel 22 Hostel
      – Pho Place
      – Chinatown Hotel

      Salam,
      Awan

  5. Hallo mas..
    Saya mau nanya, kalau saya mau naik BTS dr mo chit ke saphan taksin biaya nya berapa ya? Dari yg saya baca dari blog mas, saya ngiranya 15 baht, bener ga ya?
    Dan klu seandai nya saya ambil bts dr mo chit mau turun di saphan taksin,, tapi ternyata saya turunnya lebih awal, di bts surasak misalnya,, itu gimana ya mas, apakah pintu otomatis keluarnya bakal tetep terbuka jg saat saya masukin kartu?

    1. Halo kak Tetri,

      Untuk Dari Mo Chit ke Saphan Taksin itu jauh, jadi mungkin sekitar 42 Baht ya.
      Kalo uang di kartu cukup atau keluar di stasiun yang lebih dekat, pasti bisa keluar / gate akan kebuka. Tapi kalo stasiun lebih jauh, kemungkinan harus nambah uang lagi untuk di kartunya / gate tidak terbuka.

      Salam,
      Awan

  6. halo mas awan,

    saya first timer ke bangkok berdua dengan teman dan akan landing di Don Mueang jam 16.30.. mohon saran hotel low budget yang lokasinya aman dan cocok untuk perempuan dan gampang cari makanan halal, dan sebaiknya saya pakai taksi atau shuttle bus untuk menuju hotel tsb? boleh rekomendasi itinerary untuk 4D3N juga ya mas, rencananya pengen ke Pattaya sebelum balik ke Jakarta..

    Thanks

    1. Halo kak Ari,
      Kalo mau dekat daerah yang banyak makanan halal, cek Samran Place Hotel, atau kalo hostel bisa cek Monomer Hostel. Paling gampang ke area 2 hotel ini naik taxi resmi dari Exit 8 Don Mueang atau naik Grab Car. Kalo mau lebih murah, naik shuttle bus A1 dari Exit 6 Don Mueang menuju ke stasiun BTS Mochit. Turun disini dan naik BTS menuju ke Stasiun Ratchathewi. Turun disini dan jalan kaki ke hostel atau hotel ini.

      Saya ngga bisa buatin itinerary secara khusus karena keterbatasan waktu saya. Jadi bisa contek contoh itinerary yang pernah saya posting di bawah ini ya:
      https://travelawan.com/blog-travel/mau-wisata-hemat-ke-bangkok-ini-dia-itinerary-nya.html

      https://travelawan.com/blog-travel/itinerary-wisata-hemat-ke-bangkok-dan-pattaya-selama-5-hari-4-malam.html

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak Abel,

      Kalo mau naik shuttle bus, naik yang Bus A3 dari Exit 6 Don Mueang ya. Tujuan Don Mueang Airport (DMK) – Pratunam – Lumphini Park. Tiketnya 50 baht. Nanti cek infonya sebelum keluar Exit 6.

      Salam,
      Awan

  7. Salam kenal,

    Saya mau tanya apakah di bkk diijinkan merokok Di luar area spt di indonesia. Karena Saya lagi bingung mau cari hotel atau apartemen untuk ber 6-7 org di bkk yang bisa merokok, kebetulan orgtua sy merokok. Dan ada fasilitas kolam renang jg utk anak2.. yg deket dengan pratunam atau fashion mall.. kira2 dimana ya dengan budget yg ga terlalu mahal. Terimakasih

    1. Halo kak Shinta,

      Thailand juga peraturan ngga boleh rokoknya ketat. Jadi bisa aja hotel2 sekarang juga makin banyak yang larang rokok. Di Pratunam ngga semua hotel ada kolam renangnya. Coba cek Glow Pratunam Hotel, Baiyoke Sky Hotel juga mungkin ada kolam renangnya.

      Salam,
      Awan

  8. Kak saya mau nanyak , saya belum pernah ke bangkok, dekat Chatuchak market ada penginapan gak ? , terus dari bandara don mueng ke chatuchak itu naik tranportsi apa ?

    1. Halo kak Abel,

      Penginapan2 di sekitar Chatuchak juga ngga dekat2 amat sama pasarnya. Kalo di Bangkok intinya cari penginapan yang dekat stasiun BTS atau MRT. Mau ke Chatuchak tinggal naik BTS ke stasiun Mo Chit, atau kalo naik MRT ke stasiun Chatuchak Park.

      Don Mueang ke Chatuchak tinggal naik shuttle bus A1, dan turun di dekat stasiun BTS Mo Chit, tinggal nyebrang ke Chatuchak.

      Salam,
      Awan

  9. Kak… Mau tanya… First Time mau ke bangkok bulan juli ber 6 org.
    Transportasi dari bandara don mueng ke monomer hostel daerah rachadevi. Landing Jam 10 malam. Enaknya yg murah naik apa?
    Grab di Thailand apakah bisa pakai aplikasi grab di Indonesia atau harus install ulang. Grab apakah ada yg satu mobil berenam?
    Terima kasih.

    Ataukah ada recommended hotel lain yg setaraf hostel utk satu kamar berenam dan lebih disukai kamar mandi dalam. Dekat dg transoortasi umum yg murah dan gampang cari makanan halal.

    Terima kasih infonya

    1. Halo kak Fath Nur,

      Kalo udah malam begitu dan setelah ambil bagasi sudah dekat2 jam 11 malam, saran saya naik taxi (antreannya di Exit 8) atau naik Grab. Kayanya harus 2 mobil/taxi ya kalo 6 orang dengan koper/bawaannya. Aplikasi Grab sama seperti di Indonesia, nanti begitu dapat langsung chat aja sama drivernya, janjian ketemu di depan exit berapa. Biasanya sih exit 5 atau 6.

      Monomer Hostel oke kok, dekat BTS Ratchathewi. Strategis kalo mau naik BTS, dan kalo ke Pratunam bisa jalan kaki.

      Salam,
      Awan

  10. Halo mau tanya nih sy pertama kali ke bangkok sama istri rencana bulan agustus ke DMK bagusnya cari hotel didaerah mana ya yg dekat dgn objek wisata

    1. Halo kak Maduma,

      Yang penting cari penginapan yang dekat dengan stasiun BTS. Kalo saya sih suka di daerah Silom, Pratunam atau Siam.
      Contoh hotel di Silom:
      – Sunflower Place Hote
      – Trinity Silom Hotel
      – The Heritage Silom Hotel

      Contoh hotel di daerah Siam:
      – Lub D Hostel
      – Holiday Inn Express Siam

      Contoh hotel di daerah Pratunam:
      – Samran Place Hotel
      – Bangkok City Hotel

      Salam,
      Awan

        1. Halo kak Maduma,

          Maksudnya hotel low budget di Bangkok? Banyak kok, bisa cek di situs2 pemesanan hotel. Tapi kalo kasih pilihan, saya suka di daerah Silom. Bisa cek 2 hotel ini:
          – Take A Nap Hostel
          – Sunflower Place Hotel

          Salam,
          Awan

  11. Halo mau sedikit bertanya yaa.
    Adakah taxi atau grab menuju bandar Suvarnabhumi kalau tengah malam sekitar jam 2am atau 3am?
    Kebetulan dapet penerbangan jam 6am dari Suvarnabhumi.
    Mohon infonya dan thank you..

  12. Haloo mas jeff,
    saya dari bandara DMK mw ke hotel daerah Ratchaprarop Rd, itu naik apa yachhh ?. Kira2 di bangkok utk wisatawab indonesia aman nda yach?, karena saya pernah dengar cerita sepupu saya pernah di curi dompetnya saay belanja di night market.
    tempat wisata yg recomended apa yach mas??.

    Thanx

    1. Halo kak Nike,

      Kalo baru pertama kali ke Bangkok saran saya naik taxi aja dari DMK, nanti antrenya di exit 8 bandara ini.
      Bangkok aman2 aja kak. Kalo soal copet dan penipuan2, dimana2 juga bisa terjadi. Tinggal kitanya yang harus waspada.

      Di Bangkok kemana aja? Bisa baca di link ini: https://travelawan.com/blog-travel/10-tempat-wisata-di-bangkok-yang-wajib-dikunjungi.html

      Di Bangkok belanja apa aja? Bisa baca disini: https://travelawan.com/blog-travel/liburan-ke-bangkok-ini-dia-10-barang-yang-patut-kamu-beli-untuk-oleh-oleh.html

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak Kika,

      Hi kak Dhani,

      Kalo ngga mau langsung naik taxi, mungkin bisa naik bus yang tujuan ke Sanamluang Bus Terminal (no. 59, 53L, 503). Nanti dari Sanamluang bisa tanya bus yang ke Sai Tai Mai, atau bisa naik taxi atau Grab ya.

      Salam,
      Awan

  13. Hallo kak mau tanya dong. Kalau dari DMK ke sai tai mai terminal naik apa ya? Kira-kira perjalanan berapa lama kalau saya sampai DMK jam 17.25. Bakalan kena rush hour kah?

    1. Halo kak Kika,

      Jam segitu pasti masih rush hour. Mungkin bisa naik bus yang tujuan ke Sanamluang Bus Terminal (no. 59, 53L, 503). Nanti dari Sanamluang bisa tanya bus yang ke Sai Tai Mai, atau bisa naik taxi atau Grab ya.

      Salam,
      Awan

  14. halo kak, sy first timer ke bangkok landing jam 11 pagi di don mueang cm ber2 sama sohib.. hotel di surawong.. kira2 naik apa ya dr don mueang?? minta saran dan masukannya kakak… kt berdua bwa koper

    1. Halo kak Moo,

      Untuk first timer dan bawa2 koper ke daerah yang ngga ada BTS / MRT saran saya selalu naik taxi ya. Ngga mahal2 amat kok, mungkin sekitar 350 baht tapi praktis langsung sampe hotel. Bisa natre taxi resmi bandara di DMK cari Exit 8. Baris dan antre untuk taxi di jalur yang sudah ditentukan ya. Met jalan2.

      Salam,
      Awan

  15. hai kak, mau tanya, saya flight pulangnya jam 9 pagi dari DMK, enaknya langsung pilih penginapan di chatuchak market (karena hari terakhir akan disana), atau cari penginapan dekat bandara?

    1. Halo kak Harfi,

      Dekat Chatuchak Market aja. Dekat DMK penginapan biasanya di jalan2 yang bukan tempat ramai, jadi mau cari makan juga kayanya lebih susah. Naik taxi dari daerah Chatuchak ke DMK cuma 150-200 baht kok. Jadi pagi lebih baik langsung naik taxi aja ke bandara.

      Salam,
      Awan

  16. Halo kak, salam kenal
    Juni nanti, pertama kali saya ke bangkok, ber 3, bawa 2 koper, 1 yg 30inch, 1lg yg 24inch
    saya bingungnya kalau naik taksi, muatkah koper saya kak?
    atau di dalem airport boleh naek grab?

    saya turun di DMK kak, sekitar jam 17.00, pengen naik bts buat hindarin macet, tp kok agak riweh ya kak kalo bawa koper besar? hehe..

    terus saya mending sewa modem wifi di indo, atau beli nomer disana ya kak? makasih kak

    1. Halo kak Devi,

      Kalo bawa 2 koper di bagasi taxi cukup kok mustinya. Naik Grab juga bisa order dari area dalam bandara DMK. Kalo bawa koper besar emang lebih praktis naik taxi atau Grab aja.

      Kalo di Bangkok ngga lebih dari seminggu, beli nomer / SIM card lokal khusus turis lebih murah. Paling mahal 299 baht. Cari dari provider AIS atau DTAC.

      Salam,
      Awan

  17. Hello kak..aku mau nanya.. klu pesen grab/Uber dr bandara dmk thailand Nggak ada masalah ya?? Takut nya sm kek di indonesia.. taksi online di larang masuk ke bandara..

    1. Halo kak Rie,

      Ngga ada masalah kok. Nanti tinggal text message aja ke driver-nya janjian ketemu di depan exit berapa. Biasanya antara exit 2 – exit 6.

      Salam,
      Awan

  18. haloo.. kamis ini rencananya mau ke bkk via DMK ETA 20.05.. grand design nya sih cuma mau nonton konser jumat malam di impact.. tapi ketimpaan kudu beli oleh2.. cuma punya waktu 2 jam kamis malam, 5 jam jumat pagi, sama 1 jam jumat malam *krn setelah saya baca rerata pasar tutup jam 00.00.. hotel di daerah samsen road.. bisa dibantukah.. aku kudu blanja dimana? ga muluk sih paling magnet kulkas dan teman2nya.. thanks

    1. Halo kak Vannia,

      Waktu 5 jam di Jumat pagi itu sampe jam berapa? Langsung aja menuju ke Platinum Fashion Mall di daerah Pratunam. Buka mulai jam 10 pagi, di lantai 6 mall ini jual berbagai macam souvenir termasuk magnet kulkas. Luangin waktu untuk ke Platinum deh. Di night markets susah cari magnet kulkas yang bagus.

      Salam,
      Awan

      1. whuaaah… tengkyu.. jumat jam 7am saya cau dr hotel jalan kaki ke grand palace.. ngga masuk.. foto depannya aja..*takut pegel euy plus hemat waktu lanjut ke wat pho, pengen ke wat arun tapi males nyebrang jd kyknya jalan2 sampai ke dermaga aja.. jadi ya mungkin jam 10am udah mulai hunting oleh2.. soalnya kudu ada di concert venue jam 2/3pm an meski konsernya jam 8pm. 😂 tdnya dr DMK mau straight ke asiatique riverfront nyoba2 peruntungan ke night market tp kok ya mepet bgt.. oh ya nama mal nya platinum atau platinam kah sempet baca katanya namanya Platinam Mal

        1. Halo lagi,

          Kalo mau coba liat2 di Asiatique juga ngga masalah.
          Tapi kalo mau lengkap tinggal ke Platinum Fashion Mall, lantai 6 (ini nama gedungnya – ada di samping hotel Novotel Pratunam). Tinggal ke daerah Pratunam dan pasti semua orang tau kok gedung ini 🙂 Ini terdiri dari 3 gedung yang nyambung jadi satu.

          Salam,
          Awan

          1. Halo kak Vannia,
            No problem. Semoga udah jelas ya sekarang & nanti jalan2nya lancar 🙂

            Salam,
            Awan

  19. Malam ka awan, mau tanya dong kalo saya landing jam 5 pagi di Don Mueang trs mo ke penginapan di daerah Lat Phrao lbh terjangkau naik apa ya? Sy berdua aja soalnya

    1. Halo kak Zefanya,

      Lat Phrao itu deket Chatuchak, jadi ngga terlalu jauh dari Don Mueang. Saran saya langsung naik taxi atau Grab aja. Apalagi kalo harus cari alamat dan baru pertama ke Bangkok.

      Salam,
      Awan

  20. Selamat siang
    Saya rencananya akan ke bangkok akhir bulan ini. Setelah acara saya sampai di bandara don mueang sekitar jam 9. Saya sengaja ambil pesawat besoknya jam 10 malam agar bisa jalan2 sebentar di bangkok. Kira2 tempat mana saja yang bisa saya kunjungi dalam waktu singkat?
    Terimakasih

  21. Selamat malam Mas Awan.
    Saya akan transit di Don Muang sekitar 6 jam, apakah bisa keluar imigrasi Bangkok dengan nunjukin boarding pass ?
    Kalo ke Grand Palace dr Don Muang sebaiknya naik apa ?
    Thanks be4

    1. Halo kak Andy,

      Sepertinya waktu transit 6 jam kurang ya. Karena perjalanan ke Grand Palace paling cepat 1 jam. Dan jam buka cuma dari 8.30 pagi – 3.30 sore. Mungkin kalo pas weekend bisa singgah ke Chatuchak. Dari DMK ke Chatuchak cuma sekitar 20-30 menit.

      Salam,
      Awan

      1. Hallo mas, mau tanya, sy rencana ke bangkok bulan juli berdua aja sama temen (first time), sampainya siang, hotel daerah hua lamphong. Baiknya kesana pake apa ya? Sy pernah baca kl naik railway yg endingnya di hua lamphong itu lelet dan delay parah, kl naiknaik bus 29 brp kira2 biaya dan lama perjalanannya? Ada pilihan shuttle bus ke hua lamphong gak? Kl bawa koper itu ikut naik di bis ya?
        Trus, dari hua lamphong ke wat arun atau khaosan road atau chinatown itu bisa jalan kaki nggak?
        Bingung soal transportasi nih mas, baca2 banyak calo pula, mohon pencerahan, trims ?

        1. Halo kak,

          Iya betul kereta ke Hua Lamphong emang kadang lama. Saran saya kalo baru pertama kali, naik taxi aja dari Exit 8 DMK. Mau naik bus juga bisa, koper pastinya dibawa naik ke bus. Bus 29 ada yang non-AC dan AC, tiket paling mahal 25 baht (AC).

          Hua Lamphong ke Chinatown bisa jalan kaki. Ke Khao San agak jauh, naik ojek (Grab Bike) aja. Murah & ngga macet, pake aplikasi Grab. Jalan berdua kan? Masing2 satu motor aja. Lebih cepat & ngga macet.

          Salam,
          Awan

  22. Selamat sore mas Awan, Terima kasih sekali atas informasinya. Mau tanya lagi nih mas hehe barang2 yang tidak boleh dibawa apa saja ya dan yang boleh apa saja??kemudian apakah colokan listrtrik / stop kontak di Thailand sama dengan diindonesia?

    Terimakasih,

    Salam,
    Meli

    1. Halo kak Meli,

      Colokan di Thailand sama seperti di Indonesia ya.
      Yang ngga boleh dibawa kemana nih? Masuk ke Thailand? Yang pasti ngga boleh bawa narkoba! Hahaha… (becanda).
      Intinya kalo ke Thailand bawa baju untuk jalan2 aja, ngga usah bawa bekal makanan seperti rendang, dll yang bisa jadi dibuang juga nanti di imigrasi. Makanan Thailand enak2 kok 🙂

      Salam,
      Awan

  23. Halo mas awan, sya sudh baca tulisan diatas dan trnyta bus A1/A2 baru beroprasi jm 9 pagi ya, sdangkan sya smpai jam 6 pagi dan menginap di sekitar stasiun bts saphan khwai, sya bisa naik bus umum nmor brp ya? Dan gmn cara blg ke supirnya klau mau brhenti. Trims

    1. Halo kak Pratana,

      Nginapnya di dekat stasiun BTS Saphan Kwai?
      Tinggal naik bus umum no. 29 dari tempat tunggu bus di depan halaman bandara DMK (ngga nyebrang). Di dekat pintu keluar itu ada stopan bus, tunggu aja disitu. No. 29 itu ada yang AC dan non-AC, rute sama aja. Nanti bilang ke kondekturnya mau turun di BTS Saphan Kwai (sebaiknya tulis di kertas juga, supaya dia bisa baca – lebih gampang daripada dengar).
      Bus 29 ini mustinya stop di stopan bus dekat Exit 2 BTS Saphan Kwai ya.

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak Shabrina,

      Kalo baru pertama ke Bangkok sih saran saya naik taxi umum resmi dari bandara, antre di Exit 8. Praktis, diantar langsung sampe hotel.

      Tapi kalo mau naik shuttle bus A1, masih ada kok. Tinggal menuju ke stasiun BTS Mo Chit dan nanti naik BTS tujuan Sukhumvit. Yang pasti kalo mau naik BTS jangan sampe lewat jam 11 malam. Karena operasinya cuma sampe sebelum jam 12 malam.

      Salam,
      Awan

  24. Pagi mas Awan, Trimakasih atas informasinya..saya rencana berangkat ke thailandnya bulan Juli.
    6 hari disana bisa kemana aja ya?? selain tempat wisata yang ada di Blog.

    Terima kasih,

    Salam,
    Meli

  25. maaf mas awan tanya lagi kalo makan durian di thailand di daerah mana ya? dan kira-kira berapa ya harganya satu durian?

    1. Halo kak Meli,

      Kalo durian ada dimana2 kok, supermarket seperti Big C atau juga penjual2 buah di gerobak (biasanya malam / di pasar malam pinggir jalan) ada. Kalo yang udah dikupas biasanya mulai 100 baht.

      Salam,
      Awan

  26. Sore, mohon info utk Shuttle Bus A1 & A2 yg dr Don Mueang itu yg AC atau Non AC ya pak?

    Mohon pencerahannya… Trims

  27. Sore mas Awan,,Maaf mau tanya lagi nih..saya dan satu orang temen saya tiba di bangkok jam 20.05 dan kami rencana akan menginap di ERAWAN HOUSE Daerah Kaosan Road, tolong petunjuknya cara kesana dan transportasi menuju kesana mas Awan soalnya baru pertama kali nih kesana

    Trimakasih

    1. Halo kak Meli,

      Sorry ya baru bisa balas… pergi ke Bangkoknya udah ya?
      Dari airport Don Mueang? Bisa naik shuttle bus no. A4, tujuan ke Khao San Road & Sanam Luang. Tiketnya 50 baht per orang.

      Salam,
      Awan

        1. Hi kak Meli,

          Untuk Exit nunggu apa ya?
          – Exit antrean taxi – Exit 8
          – Exit shuttle bus – Exit 6
          Bandara Don Mueang ya.

          Salam,
          Awan

  28. Hallo mas,

    Aku ada rencana ke bangkok tapi sampe sana jam 9 malam, kira2 night market yang buka sampai malam dimana yah? Boleh minta intenarrynya gak buat 3D2N enaknya kemana aja kirim ke emailku boleh ya mas. Tengkyuuu

    1. Halo kak Rena,

      Yang masih buka (selain malam Senin) biasanya di daerah Silom yang sampe jam 12 malam, juga disitu ada Patpong – night market dan juga daerah ‘lampu merah’-nya Bangkok sih. Bisa juga ke Rot Fai Night Market yang ada di dekat stasiun MRT Thailand Cultural Center.

      Salam,
      Awan

  29. Sore mas Travelawan, bulan Juli sy rencana k thailand nih ala backpakeran.untuk penginapan yang harganya murah ada rekomendasi dimana? trus akses dari bandara menuju kesana bagaimana?dan tempat-tempat wisata yang harus dikunjungi?

    Berikut email saya [email protected]

    Terima kasih

    1. Halo kak Meli,

      Thailand murah kok untuk jalan2. Penginapan juga banyak sekali yang murah, salah satunya favorit saya coba cek Take A Nap Hostel atau Saphaipae Hostel. Akses bandara bisa dibaca di blog ini juga ya, silahkan baca:
      https://travelawan.com/blog-travel/naik-shuttle-bus-atau-taxi-dari-airport-don-mueang-ke-bangkok.html

      Tempat2 wisata silahkan baca:
      https://travelawan.com/blog-travel/10-tempat-wisata-di-bangkok-yang-wajib-dikunjungi.html

      Salam,
      Awan

  30. Selamat sore ka,

    Saya rencananya dengan teman saya akan backpackeran ke bangkok bulan Mei ini. Tiba di bandara jam 8 malam. Menginap di khaosan road.
    Apakah bisa dibantu untuk info seputar akses dari Bandara Don Mueang ke Kaosan Road dan bisa dikasi saran tempat2 yang wajib harus didatangi bila akses dari Khaosan Road.

    Berikut email saya [email protected]

    Terimakasih.

    1. Halo Renny,

      Kalo mau gampang, bisa naik taxi resmi bandara atau Grab langsung ke Khao San Road. Kalo rame2 juga ngga terlalu mahal, ngga lebih dari 400 baht (satu taxi bisa muat 4 orang).

      Kalo pilih naik bus umum, bisa jalan kaki keluar area parkir bandara dan tunggu di stopan bus depan bandara (jangan nyebrang). Tunggu bus no. 59 yang akan ke daerah dekat Khao San Road.

      Alternatif lain naik shuttle bus A1 ke Mo Chit BTS Station (tiket bus 30 baht per orang). Turun disitu, dan jalan sedikit kedepan, ada stopan bus dekat stasiun BTS Mo Chit ini, bisa naik bus no. 3, 524, 503 atau 59 yang akan lewatin daerah dekat Khao San Road. Bilang aja sama kondekturnya mau turun di Khao San, minta kasih tau kalo sudah dekat.

      Wisata di sekitar Khao San, ya di Khao San Road-nya dan bisa jalan kaki juga ke Grand Palace lewatin taman Sanam Luang.
      Di kawasan Khao San Road ngga ada akses BTS atau MTR, jadi harus naik bus atau taxi/Grab kalo mau stasiun BTS terdekat atau ke tempat2 wisata lainnya di Bangkok.

      Salam,
      Awan

  31. Hai ka saya mau nanya, lebih baik kalau di bangkok nanti naik Grab, Uber atau Taxi? karna saya pemula takutnya bingung kalau naik transportasi umum lainnya. dan mau nanya kalau ke santorini park bagaimana cara penyewaan mobilnya? terima kasih

    1. Halo kak Miryam,

      Grab sama Uber enaknya ngga harus tawar meawar harga ya. Kalo taxi, kadang ngga mau pake argo dan kita harus nawar.

      Santorini Park itu di Hua Hin, sekali jalan sekitar 3 – 3,5 jam dari Bangkok. Biasanya sewa mobil sih. Bisa kontak Mr. Eko atau Mr. Surasak yang saya tulis di artikel ini ya. Nomer WA mereka juga ada di tulisan ini: https://travelawan.com/blog-travel/wisata-ke-bangkok-sewa-mobil-dengan-driver-berbahasa-indonesia.html

      Salam,
      Awan

  32. Hi Mas..

    Mau ty nih, rencana sy april ini mau ke bangkok utk pertama kali dan tanpa ikut tur. Kalau sy mau pake bts selama travelling di bangkok, bgmn sy tentuin ambil exit yg mana pas nyampe di stasiun bts. Makasih infonya.

    1. Halo kak Devi,

      Nanti di tengah2 bagian dalam stasiun BTS akan ada peta besar daerah di sekitar stasiun tersebut. Jadi begitu turun tangga pertama dari kereta, pasti keliatan petanya. Misalnya kita mau ke hotel ‘A’, tinggal cek di peta nama jalan dimana hotel itu berada dan lihat untuk menuju jalan itu kita harus ambil Exit mana.

      Salam,
      Awan

  33. Salam kenal travelawan…

    Saya mau nanya mengenai bangkok, Referensi Transportasi yang terbaik dari bandara Don Mueng ke CheQinn by Jellybean hostels, Sukhumvit apa yah?
    Terimakasih

    1. Halo kak Wahyudi,

      Salam kenal juga, maaf ya baru bisa balas.
      Ini penginapannya yang di Sukhumvit Soi 4 kan ya? Kalo pergi 3-4 orang saran saya naik taxi resmi bandara atau Grab. Tapi kalo sendiri atau berdua, bisa aja naik shuttle bus A1 (dari Exit 6 DMK) dan turun di stasiun BTS Mo Chit. dari sini naik BTS turun di stasiun Nana. Lihat peta di stasiun atau pake Google Map, cari Sukhumvit Soi 4 dan jalan kaki ke hostelnya.

      Salam,
      Awan

  34. Haii travelwan,, saya mao tanya yahh ituu bus always ready yah??? Saya sampai disana kira2 jam 12malem gt… Apa dia selalu beroprasi kah?

    1. Halo kak Felice,

      Maksudnya shuttle bus A1? Jam 12 malam sepertinya udah ngga ada.
      Ini baru pertama kali ke Bangkok? Saran saya naik taxi atau Grab aja.

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak,

      Nanti message aja driver-nya janjian di depan pintu exit berapa ya. Yang pasti jangan di exit tempat antre taxi umum (exit 8) karena akan penuh.

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak Adel,

      Saya belum pernah ke Impact Arena, tapi kalo mau naik kendaraan umum dari sekitar daerah Pratunam harus ke stasiun BTS Ratchathevi atau Phaya Thai, terus naik BTS ke stasiun akhir Mo Chit. Tanya disini ke petugasnya mau naik shuttle bus ke ke Impact Arena lewat mana. Kalo ngga salah sih Exit 4.

      Shuttle bus tiap 30 menit dari jam 6:00 – 22:00, tiket sekitar 30 baht sekali jalan. Call center: +66 2-833-5555

      Salam,
      Awan

  35. Hi,
    mau nanya donk.. kalo dari Don Mueng ke BTS Phaya Thai harus naik transportasi apa ya…
    dari BTS Phaya Thai ke Hua Hin/Chocolate Village ada transportasinya juga ga?
    Mohon info-nya kawan-kawan…

    Salam,
    Martini

    1. Halo kak Martini,

      Dari DMK naik shuttle bus A1 ke stasiun BTS Mo Chit, dari situ naik BTS ke stasiun Phaya Thai.

      Ke Chocolate Ville harus naik taxi/Grab atau sewa mobil, perjalanan sekitar 1 jam dari Bangkok.

      Ke Hua Hin bisa naik van dan terminal bus Mo Chit (bukan dari BTS ya – beda lokasi), atau sewa mobil. Perjalana dari Bangkok sekitar 3 – 3,5 jam kesana.

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak,

      Dari DMK bisa naik shuttle bus A1, turun di BTS Mochit. Dari stasiun BTS ini beli tiket untuk ke BTS Saphan Taksin (tapi nanti di stasiun Siam harus ganti kereta – lihat ke yang lewatin stasiun Saphan Taksin ya – tujuan akhir Bang Wa).
      Nah, tinggal turun di Saphan Taksin dan turun tangga yang menuju ke dermaga Sathorn/Central Pier. Shuttle boat ke Asiatique ada di sebelah kiri, tanya aja ke orang disana. Terakhir sampai sekitar jam 11 malam.

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak John,

      Paling murah naik shuttle bus A1 ke stasiun BTS Mo Chit. Dari situ naik BTS langsung ke daerah Silom ya. Ada 2 stasiun di daerah situ, Sala Daeng atau Chong Nonsi. Cek2 nginapnya dekat mana.

      Salam,
      Awan

  36. Kak klw dari bandara don mueng ke bts rachachewi itu naik bus yg a1 atau a2. Trs nti transitnya dmn, soalnya hotel dkt sm bts rachachewi. Mhn infonya thanks

    1. Hi kak Dian,

      Nanti naik shuttle bus A1 dan turunnya di stasiun BTS Mo Chit ya. Dari stasiun ini tinggal lanjut naik BTS ke stasiun Ratchathewi 🙂

      Salam,
      Awan

        1. Kak maaf mau tny lg. Klw smpai bangkok sore jam 5.30 apa msh bs k pattaya. Klw kpayata naik bus dr bandara don mueng yg a1 atau a2 trs nti transit dmn utk ganti bus kpattaya.

          1. Halo kak Dian,

            Maaf ya saya baru bisa balas nih… udah sampe di Thailand ya?
            Naik bus ke Pattaya bisa dari terminal Mo Chit (naik bus A1 atau A2 dulu ke terminal bus ini). Atau bisa naik dari Ekkamai Bus Station – jadi naik bus A1 ke Mo Chit BTS Station (bukan stasiun bus), lanjut naik BTS ke stasiun Ekkamai, dan lanjut naik bus antar kota dari terminal bus Ekkamai ini. Jadi ada 2 pilihan ya.

            Salam,
            Awan

  37. Mas mau tanya klo dari DMK mau ke daerah sukhumvit dan hotel deket BTS ekkamai enak nya naik apa ya? Saya pergi ber3 dan sampai bangkok sekitar jam 10 pagi.
    Sama klo dari BTS ekkamai itu mau ke chatuchak enak naik apa ya? BTS? Atau tuk-tuk?
    Mohon infonya

    1. Halo kak Neeaa,

      Dari DMK kalo ngga mau naik taxi, bisa naik shuttle bus no. A1 dan turun di stasiun BTS Mo Chit. Dari sini tinggal naik BTS ke stasiun Ekkamai.

      Kalo mau ke Chatuchak, tinggal naik BTS lagi ke stasiun Mo Chit 🙂 Chatuchak itu tinggal jalan kaki dari stasiun BTS Mo Chit.

      Salam,
      Awan

  38. Hallo mas mau nanya kalo dari pratunam mau ke santorini park,maddame thusauds,grand palace khao san road lebih baik naik kendaraan apa ya? Dan kira kira biaya nya berapa? Terimakasih

    1. Halo kak Regita,

      Dari Pratunam ke Madame Tussauds bisa naik BTS, turun di stasiun Siam. Bisa juga jalan kaki, kalo Pratunam-nya emang di daerah pusat perbelanjaannya (Central World dan sekitarnya).

      Ke Khao San Road bisa naik BTS ke stasiun National Stadium, turun di situ dan tunggu di halte bus depan National Stadium, nanti sambung naik bus umum no. 47.

      Ke Grand Palace bisa naik tuk tuk (paling mahal 100 baht) dari area sekitar Khao San Road, atau kalo mau jalan kaki juga bisa, lewatin taman Sanam Luang.

      Lain lagi ceritanya kalo mau ke Santorini Park, ini di luar kota. Tepatnya di Hua Hin, 3 jam dari Bangkok. Bisa sewa kedaraan seperti van kalo rame2, harga sewa PP sekitar 4.500 baht. Kalo mau naik van umum ke Hua Hin bisa dari terminal bus Mo Chit ya. Semoga sekarang sudah jelas lokasi2nya.

      Salam,
      Awan

  39. Halo mas mau nnya kan saya rencana mau belanja di bkk jadi barangnya rencana saya cargo kan karena takut kena bongkar di bandara KL, apakah mas tau saya harus kemana di sekitaran pratunam cargoinnya trus budget kisaran berapa?
    Atau saya lebih baik beli bagasi saja 40kg handcarry? Apakah bakal lewat ga ditahan? Karna saya berangkat sendiri. Mohon petunjuknya mas. Trimakasih sebelumnya mas awan

    1. Halo kak Mert,

      Maaf sekali saya tidak ada info untuk cargo. Tapi bisa aja nanti tanya di sekitar sana, pasti ada perusahaan2 cargo (atau lebih aman lagi di-Google dulu, kak). Saya sempat browsing ada: ayecargo . com sih, bisa coba liat2 dulu website-nya.
      Sebaiknya sih jangan hand carry semua, apalagi kalo ketahuan barang untuk jualan.

      Salam,
      Awan

  40. hii kak,
    mau tanya ya,saya ada mw ke bangkok dan mw ke phuket,kalo kita beli sim card lokal bangkok yang 299bath itu uda include paket internet atau mesti daftar paket lagi,dan kalo misal saya beli di bangkok sim card nya kalau di bawa ke phuket bisa ga? atau di phuket harus ganti kartu lain lagi?

    Thanks before.

    1. Halo kak Dharma,

      Untuk SIM card bisa dipake selama 7 hari di wilayah Thailand ya. Jadi Bangkok & Phuket ngga masalah, bisa selalu aktif kartunya.

      Salam,
      Awan

  41. halo.. mau tanya dong, kalo dari bandara don muang mau ke hotel di daerah soi sathon bagusnya naik apa ya? saya ber 5 sekeluarga.. masih buta soal bangkok.. bagusnya naik bus, bts, taxi bandara, atau grab kah? terima kasih..

    1. Halo kak Christy,

      Kalo masih baru pertama ke Bangkok, saran saya naik taxi yang SUV (semacam Innova) untuk langsung menuju ke hotelnya. Naik Grab juga bisa, pilih yang Grab XL. Jangan lupa print alamat lengkap hotel, kalo ada yang ada tulisan bahasa Thai-nya juga dan nomer telpon hotel, biar kalo bingung nanti driver-nya bisa telpon dan tanya arah ke orang hotelnya.

      Salam,
      Awan

      1. Bisa naik bus A1 turun BTS mochit kemudia lanjut dgn BTS ke BTS chong nonsi atau surasak tergantung posisi hotel dimana. Sekarang juga ada airport bus A3 tujuan lumphini park (50 baht) lumayan deket ke sathon, kemudian bisa lanjut taksi/tuk2. Kebetulan saya nginap di daerah sathon juga pas ke bangkok 22 Des 17 kemarin. Gampang kok & kondekturnya bisa bahasa Inggris atau tanya2 ke tourist information di DMK sebelumnya.

  42. Hai mas awan,aku mau nanya

    Dari bandara Don mueang kan langsung mau ke hua hin, enak nya dr bandara naek apa ya

    Apa ke mo chit terminal bus naik van
    Atau naik bus dari sai tai mai terminal (nah menuju ke sai tai mai terminal ini dr bandara bagaimana ya,)

    Makaseh awan

    1. Halo mbak Desi,

      Kalo naik taxi dari bandara tentunya akan mahal sekali. Jadi bisa ke Mo Chit bus terminal/Northern Bus Terminal dulu (bukan Mo Chit BTS ya), terus cari van untuk yang ke Hua Hin dari sana. Kalo dari DMK aksesnya gampangan ke Mo Chit.

      Salam,
      Awan

    1. Halo Dedecute,

      Maaf setau saya sih ngga ada. Paling gampang emang naik taxi langsung dari bandara.
      Tapi kalo mau naik angkutan umum lainnya, pertama dari DMK bisa naik Shuttle Bus A1, turun di stasiun BTS Mo Chit. Dari sini naik BTS ke stasiun Chit Lom. Dari 2 stasiun ini bisa lanjut jalan kaki ke pasar Pratunam (sekitar 800 meter – 1 km), ada sky bridge (jembatan di atas), jadi ada tudungnya… ngga kepanasan atau kehujanan kalo jalan kaki.

      Salam,
      Awan

  43. Mau tanya, kalo dari DMK ke Aunchaleena Hotel Bangkok yg murah dan cepat pake apa ya? Dan adakah counter tourist sim di dekat arrival gate?

    1. Halo kak Dio,

      Maaf saya juga tidak pernah nginap di daerah hotel itu, dan tidak ata BTS atau MRT yang kesana. Jadi saran saya langsung naik taxi aja dari DMK. Taxi resmi bandara ada di Exit 8 ya.

      Untuk kartu2 SIM, counternya ada di arrival hall. Nanti tinggal pilih aja mau pake yang mana. Dari semua provider harga sama, yaitu 299 baht.

      Salam,
      Awan

  44. Mau tanya mas kalo kita menginap di chatucak dan esok paginya pesawat jam 9.30 wib nah untuk ke Bandara DMK itu brp menit….naik taxi kira2 argonya brp. Tq

    1. Halo kak Vero,

      Kalo soal perjalanan lebih baik anggap aja sekitar 45 menit, karena kan ngga tau macet atau ngga.
      Untuk argo dari Chatuchak ke DMK biasanya 120 – 150 baht, tapi saya biasa kasih lebih untuk tip juga.

      Salam,
      Awan

  45. Halo Mas
    Mas kalau mau ke Khao Yai/ Pak Chong dari Bandara Don Mueang.
    ada yg bilang naik bus dr terminal A1 ke Mo Chit naik BTS turun ke Victory Monument Station.
    atau lihat keterangan mas naik dr terminal A2 ke Victory Monument Station ? kena tarif berapa ya kira2? hehe
    katanya di dkt Victory Monument Station ada minivan yg menuju Pak Chong.
    maaf banyak nanya, soalny blm banyak yg bahas transportasi umum menuju Khao Yai atau Pak Chong.

    1. Halo mbak Helen,

      Sekarang di Victory Monument sudah tidak ada lagi minivan. Terminalnya sudah dipindah ke Mo Chit North Terminal. Jadi nanti mbak naiknya bukan turun di Mo Chit BTS, tapi bilang mau ke Mo Chit Bus Station. Saya sendiri belum pernah naik minivan / bus dari sini setelah mereka dipindahkan, tapi nanti disana coba tanya aja. Info yang saya dapat sih berangkatnya tiap 30 menit sekali ke Pak Chong.

      Salam,
      Awan

  46. halo , mau nanya kami ber 5 orang mau ke bangkok , dari bandara don meuang ke daerah pratunam bagus nya naik apa ya ?
    apakah naik taxi bisa naik 5 orang ?

    terima kasih

    1. Halo mbak Shinta,

      Nanti pilih taxi-nya yang Innova ya, cukup untuk 5 orang, asal kopernya ngga terlalu banyak.

      Salam,
      Awan

      1. Kira kira dari DMK ke pratunam naik taxi yg inovva langsung ada di bandara nya atau keluar dulu dari bandara? Dan argo nya berapa ya?

        1. Halo kak Regita,

          Nanti di antrean bilang minta taxi yang Innova/van aja ya. Bisa diaturin sama petugasnya. Kalo soal argo sekitar 350-400 baht. Tapi kadang kalo driver ngga mau pake argo paling mahal dia minta 500 baht. Kalo sampe minta diatas 500 baht jangan mau.

          Salam,
          Awan

  47. Halo, Mas..

    Mau tanya, jadwal pswt sy bsok pagi jam 08:00 balik ke Jakarta. Saya rencana mau naik ARL dr Makasan Station jam 06:00. Apakah ARL sudah tersedua di station tsb pd wkt tsb ? Brp lama wkt tempuh nya utk ke bandara Suvarnabhumi?

    Terima kasih sebelumnya

    1. Halo kak Geries,

      Maaf sekali ya saya baru bisa balas2 pertanyaan… Semoga perjalanan baliknya ke Suvarnabhumi waktu kemarin lancar ya.

      Salam,
      Awan

        1. Halo kak Galaxy,
          Sama tol segala biasanya sekitar 300 – 350 baht ya.
          Jadi nanti biaya meteran taxi, ditambah biaya tol dan biaya retribusi bandara 50 baht, totalnya itu.

          Salam,
          Awan

    2. Halo mas

      Sy mau tanya klo dr airport ke new petchburi road naik taxi brp lama ya?
      Sy baru pertama kali ke bangkok, bisa tau ga yah hotel yg ada disitu hotel apa namanya?

      thank you

      1. Halo kak Inge,

        Kalo naik taxi dari airport kalo ngga macet mustinya ngga sampe 1 jam perjalanan ya.

        Nah, kalo tanya hotel yang ada di situ banyak hotel sih, dan kebetulan saya ngga pernah nginap di daerah sana. Coba kak Inge cek di Agoda atau Booking dot com, tinggal Google kata: hotel new petchaburi road agoda (misalnya), nanti bakalan keluar deh list hotel yang ada di daerah tersebut.

        Salam,
        Awan

  48. halo pak, mau tanya. rencananya october nanti saya mau ke bangkok. kalau dari DMK airport ke sukhumvit area itu kira2 berapa lama dan biayanya berapa ya pak? dan recommended kendaraan utk kesana bagusnya apa? rencananya saya mau pesan hotel diarea sukhumvit.

    thankyou

    1. Halo mbak Novia,

      Untuk waktu tempuh perjalanan kalo ngga macet sekitar 45 menit – 1 jam. Tergantung Sukhumvit berapa, karena ini adalah jalanan terpanjang di Bangkok.

      Kalo paling praktis naik taxi. Tapi kalo hotelnya ngga jauh dari stasiun BTS (bisa cek peta hotel di Agoda atau Booking dot com), bisa aja naik shuttle bus A1 ke stasiun BTS Mo Chit, dan dari situ naik BTS menuju ke Sukhumvit dan turun di stasiun dekat hotelnya.

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak Epi,

      Cek dulu hotelnya dekat stasiun BTS/MTR atau ngga, karena kalau ngga harus nyambung lagi naik tuk tuk dari stasiun BTS/MTR dan menurut saya ngga praktis, karena bisa jadi hampir sama dengan naik taxi.

      * Dari DMK – naik shuttle bus A1, turun di Mo Chit BTS Station.
      * Kalo hotel dekat BTS dari sini sambung naik BTS dari Mo Chit station ke stasiun sekitar Si Phraya (ada Chong Nonsi, Surasak, Saphan Taksin)
      * Kalo teryata dekat stasiun MRT, naik MRT dari stasiun dekat Mo Chit BTS – yaitu stasiun Chatuchak Park ke stasiun dekat daerah Si Phraya (stasiun Sam Yan).

      Coba email hotelnya dan tanya paling dekat stasiun BTS mana atau stasiun MRT yang udah saya sebutin di atas.

      Salam,
      Awan

  49. Kalo pake uber atau grab, kontak2an sama driver nya kita pakai nomer thailand atau indo? kan mahal kalau pakai indo ya kena roaming. Apa kita mesti registrasi lagi di aplikasi uber/grab pakai nomer thai?

    1. Halo, apa kabar?
      Pastinya pake nomer Thailand. Karena kalo pake nomer Indonesia driver tidak akan mau menelpon karena dia akan kena charge panggilan internasional. Dan sebaiknya memang kita ganti nomer lokal supaya ngga mahal juga. Saya kalo pake Uber di luar negeri begitu nomer driver keluar akan langsung saya telpon, jadi ngga perlu repot ganti2 nomer telpon kita di aplikasi.

      Salam,
      Awan

  50. Halo, Mau tanya dari DMK ke BITEC. dengan pesawat airaisia dari jkt tiba jam 9 malam. apakah masih bisa naik bus 29 atau bus A1. dan BTS mochit ke punawitthi apakah dengan cost taxi lbh murah.. mana trims ya

    1. Halo mbak Febri,

      Kalau sudah malam saran saya lebih baik dan praktisnya naik taxi aja langsung dari DMK.
      Tapi kalau mau coba dulu ke BTS Mo Chit naik shuttle bus A1 ngga masalah, kalau ngga ada shuttle lagi yang ke BITEC nanti baru naik taxi dari Mo Chit. Terserah mbak enaknya gimana 🙂

      Salam,
      Awan

        1. Halo kak Febia,
          Iya bayar, istilahnya aja shuttle tapi sebenarnya bus biasa. Bayar 30 baht sekali jalan ya.

          Salam,
          Awan

  51. Kalo dari pratunam menuju bandara dmk naik bus No berapa ya Mas soalnya kehabisan uang tidak cukup untuk naik taxi biasa

    1. Halo mbak Naima,

      Maaf baru bisa balas.
      Saya tidak punya info bus langsung dari Pratunam ke Don Mueang.
      Mbak bisa naik BTS dulu dari stasiun Chit Lom atau Ratchathewi ke stasiun Mo Chit.
      Turun di sini, naik shuttle bus A1 ke Don Mueang Airport. Bisa juga naik bus umum no. 29 dari depan Chatuchak Park.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Nanie,

      Kalo bus yang langsung saya ngga pernah dan tidak ada infonya. Paling praktis jalan kaki ke stasiun BTS Chit Lom. Stasiun ini terkoneksi dengan skyway (jalan di atas/jembatan) dari Platinum Fashion Mall di Pratunam ya.
      Nanti dari Chit Lom naik BTS ke stasiun Mo Chit, tempat Chatuchak Market berada.

      Salam,
      Awan

  52. Mau tanya donk, perdana nih secara backpacker ke bangkok landing di don muaeng. terus hotel saya di KC place hotel pratunam. kalo mau ke situ, gimana caranya yah? Makasih Banget bantuannya

    1. Halo mas Adhan,

      Saran saya paling praktis naik taxi resmi dari Exit 8 di bandara DMK, apalagi kalo rombongan 2-4 orang. Tapi kalo mau naik kendaraan umum lain, harus 3 kali ganti plus lanjut jalan kaki ke hotelnya:
      – Naik shuttle bus A1 ke stasiun BTS Mo Chit dan turun disini
      – Lanjut naik BTS dan turun di stasiun Phaya Thai
      – Lanjut naik kereta ARL (Airport Rail Link) yang mau menuju ke airport Suvarnabhumi, tapi beli tiket untuk ke stasiun Ratchaphrarop aja. Turun di stasiun ini dan jalan kaki sekitar 5 menitan ke hotelnya.

      Salam,
      Awan

      1. mas.. saya memilih hotel di kawasan pratunam.
        untuk ke grand palace, nasional museum, vimanek place, jim thomson, madam tussauds, asiatique the river, dan chocolate ville baiknya naik apa ??
        terimakasih

        1. Halo mbak Nanda,

          Naiknya bisa macam2. Yang pasti ke Chocolate Ville harus naik taxi atau Grab.
          Jim Thompson & Madame Tussauds bisa naik BTS ke stasiun Siam.
          Asiatique naik BTS dulu ke Saphan Taksin, terus lanjut naik shuttle boat gratis ke Asiatique.

          Kalo mau info lengkap ke tempat2 wisata Bankok berikut transportasinya, bisa dapatin buku saya ” Easy Guide Bangkok Pattaya” di Gramedia ya.

          Salam,
          Awan

    1. Halo mas Irwan,
      Maksudnya dari Don Mueang? Untuk bus yang lewat hotelnya saya kurang tau. Cuma kalo mau naik sambung BTS – dari DMK naik shuttle bus A1 ke stasiun BTS Mo Chit naik BTS ke stasiun Nana, dan nanti sambung naik tuk tuk. Tawar jangan mau lebih dari 100 baht, karena kalo jalan kaki ke dalamnya juga cukup jauh.

      Kalo saran saya praktisnya dari DMK langsung naik taxi aja. Karena kalo naik kendaraan umum lain 3 kali ganti

      Salam,
      Awan

  53. Hi bro n sis,

    Pengalaman sy bbrp waktu lalu pesan taxi via grab (innova) ke don meung dari area silom , saya dikenakan biaya tambahan 150b, apakah itu normal ? atau supir nakal ya ?

    1. Halo, ada yang bisa bantu kasih input ke mas Budi soal Grab ini?
      Kalau saya sendiri kurang tau mas, karena selalu naik taxi biasa setiap datang dan pergi ke bandara Don Mueang.

      Salam,
      Awan

    2. Untuk innova memang kena biaya tambahan sebesar itu, waktu dipesan ada tertera kok, cuma karena tulisan cacing jadi tidak begitu diperhatikan. Waktu pesan kan ada muncul hrga ke tujuan ini sekitar xxx – xxx bath dengan biaya pemesanan biasanya 25 sampai 45 bath, trus setelah dipesan akan keluar tulisan thailand yg menyatakan kita harus bayar lagi 120 bath, saya kurang mengerti 120bath itu biaya apa, karena tidak mengerti arti huruf-huruf thailand. Cuma pengalaman saya memakai taxi innova waktu bayar mereka genapnya, misalnya 483 bath mereka genapkan jadi 500bath, sisanya mereka anggap tips ( ini mungkin tergantung supirnya, yg saya naik grab taxi yg biasa, tidak pernah dikenakan tips)

      1. Halo mbak Yenny, terima kasih banyak untuk informasinya ya.
        Semoga berguna untuk teman2 lain yang rencana naik Grab saat di Bangkok/Thailand nanti.

        Salam,
        Awan

  54. Halo Mas Awan,

    mohon informasinya saya naik Air Asia tiba di bandara Don Mueang jam 23.00.. taxi masih ada kan ya Mas?

    terima kasih.

  55. hi min… saya akan sampai di don muang jam 9 malam dan rencana akan langsung kepattaya biar irit dari pada menginap 1 malam, kalau pakai taxi masih ada ngak ya malam2? atau ada saran min?

    1. Halo mas Hengki,
      Taxi umum masih ada kok jam 9 malam. Nanti jangan lupa antre di loket yang ada di Exit 8 Don Mueang ya.

      Salam,
      Awan

  56. Mas minta tolong kan tgl 1 juli ini sy ke bangkok dr DMK bagaimana rute saya menujuh Grade palace mohon infotmasinya??

    1. Halo mas Sudirman,

      Paling gampang naik taxi resmi dari DMK aja. Catatan: Grand Palace tutup jam 15.30 ya.
      Kalo mau naik bus umum, naik bus no. 59 dan turun di Sanam Luang. Dari situ lanjut jalan kaki ke Grand Palace.

      Salam,
      Awan

      1. Sanam luang itu sudah pemberhentian terakhir ya mas?? Tidak menyebrang lagi ke sungai chao praya??? mohon infonya mas??

        1. Halo mas Sudirman,
          Betul, itu pemberhentian bus terakhir. Jadi semua turun di situ dan lanjutkan dengan kendaraan umum lainnya atau jalan kaki ke Grand Palace atau kawasan Khao San Road.

          Salam,
          Awan

  57. Siang mas awan. Saya baru rencana mau ke thailand ber 4 sama mertua. Kalau taxi resminya apa ya namanya? Spy ga kebingungan (bahasa inggris pas-pas an dan br pertama x). Makasih

    1. Halo mbak Agnes,
      Taxi di Thailand lebih gampang dikenali dengan warna-warninya yang seperti permen. Colorful! Kalo kita mau hafalin namanya juga ngga ngerti bacanya kan, mbak… hehehe…
      Istilah taxi resmi itu adalah taxi yang kita antre dari loket/counter taxi resmi bandara DMK, di exit 8. Dari situ sih nanti bisa dapat taxi warna apa aja, ngga bisa pilih2. Kalo di tengah kota saya biasa naik taxi pink atau yang dua warna – hijau dan kuning.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Karina,
      Nanti di tempat antrean taxi-nya harus request/bilang ke petugasnya kalau mau taxi van. Kalau di Suvarnabhumi sih sudah ada pilihannya. Di DMK paling nanti harus tunggu dulu sampai yang taxi van-nya datang, biasanya ngga lama kok.

      Salam,
      Awan

  58. Halo mas… Saya andre..
    Klo naik kendaraan umum dari bandara doen moeng ke impact naik apa? Saya tiba jam 20.00 malam
    Trims

    1. Halo mas Andre,
      Setau saya ada shuttle bus dari stasiun BTS Mo Chit ke Impact, yang terakhir jam 10 malam.
      Dari Don Mueang ke BTS Mo Chit tinggal naik shuttle bus A1 dari Exit 5. Alternatif lain kalo kemalaman dan paling praktis, naik taxi resmi bandara dari Exit 8 di DMK ya mas. Atau pesan Grab.

      Salam,
      Awan

  59. halo mas..sy ardhi
    mau tanya mas, klo transport dari suvarnabhumi ke impact arena bagusnya naik apa ya? sy tiba di bandara jm 19.25
    Salam,
    Ardhi

    1. Halo mas Ardhi,
      Kalo dari Suvarnabhumi nanti naik kereta Airport Rail Link ke Phaya Thai station, dari situ ganti naik kereta BTS ke Mo Chit station. Setau saya dari Mo Chit BTS ini ada shuttle bus IMPACT tiap 30 menit sekali, dari jam 6 pagi sampe 10 malam.

      Salam,
      Awan

  60. Hi Mas
    Mau tanya kalau saya tiba di Don Muang Jam 19.00 langsung mau ke Hua Hin, sebaiknya naik apa? Saya berdua Istri dan 2 anak umur 3 dan 6 tahun. Terima kasih

    1. Halo mas Andy,
      Kalau mau coba bisa ke terminal Mo Chit dan naik van dari sana. Tapi saya tidak rekomendasikan, karena perjalanan ke Hua Hin lebih dari 3 jam. Saya tidak punya info paling malam berangkat dari Mo Chit jam berapa. Mungkin sebaiknya nginap semalam dulu di Bangkok dan besok paginya lanjut ke Hua Hin.

      Salam,
      Awan

  61. hai mas awan salam kenal,

    mas mau nanya kalo naik grab dari bandara don mueang ke pusat kota bangkok bisa ga ya kira-kira atau memang harus naik taksi resmi bandara lewat exit 8?

    Terimakasih,
    Salam
    Bagus

    1. Halo mas Bagus,
      Maaf saya baru bisa balasin. Saya ngga pernah naik Grab dari DMK. Tapi kata teman saya bisa. Jadi begitu sampai nanti coba booking aja, kalo sampe ngga bisa kan tetap ada alternatif taxi yang bisa antre di Exit 8 ? Semoga lancar jalan2nya.

      Salam,
      Awan

    2. Bisa kok naik grab dr DMK ke pusat kota, bulan februari kemarin saya baru saja dari bangkok, tapi kemarin grab yang saya pesan grab taxi, yang datang taxi pink, harga sesuai argo yang berjalan + uang booking 40 bath + masuk tol (jika lewat tol), ditotal – total ongkos taxinya tidak beda jauh dengan ongkos taxi bandara. Tapi jika ingin naik yang taxi 7 seater akan dikenakan booking fee nya 120 bath

      1. Halo mbak Yenny, terima kasih banyak ya untuk infonya. Semoga berguna untuk teman2 lain yang perlu info naik Grab dari Don Mueang Airport ?

  62. Kak mau tanya kl mau menuju airport fligth jam 6 bagusnya baik apa? bisa pake bus A2 A1 yaa dr BTS yang dilewati ama jalur bus itu? Makasi

    1. Halo mbak Rima,
      Maaf baru bisa balas pertanyaannya. Maksudnya jam 6 pagi ya? Ngga ada pilihan lain, selain pesan taxi ke hotel/stopin pinggir jalan, atau pesan Grab. BTS baru beroperasi jam 6 pagi.

      Salam,
      Awan

  63. Hai mas salam kenal
    Maaf kalau pertanyaan ngulang..
    Saya tiba di don mueang sekitar jam 8.30 malam,untuk ke hotel citin pratunam bisa naik apa?kalau naik taxi kira2 berapa ya?
    Saya pergi dengan suami dan anak usia 4 tahun

    Terima kasih
    Salam
    Nitra

    1. Halo mbak Nitra,

      Kalo malam dan bawa anak, saran saya langsung naik taxi aja dari Exit 8 ya antre-nya. Untuk ke daerah Pratunam sekitar 300 baht.

      Salam,
      Awan

  64. Hai mas…
    Saya mau ke pataya menggunakan bus… smp di donmueang sekitar jam 8.30 an… setau saya kl bus dr mochit trakhir jam 8 ya… kl dr ekamai itu jam 11 ya? Betul kah?
    Lalu untul kejar bis dr ekamai better kita naik taxi saja ya? Kira2 brp rate dr donmueang ke ekkamai.

    Thanks before untuk info nya.

    Salam,
    Sila

    1. Halo mbak Sa,
      Betul sekali, lebih baik naik taxi ke Ekkamai dan ambil bus dari situ untuk ke Pattaya. Naik taxi mustinya ngga lebih dari 400 baht ya.

      Salam,
      Awan

  65. Halo mas, maaf kalau pertanyaannya ngulang.
    Di bis shuttle A1/A2 itu, ada tempat naro kopernya ga ya? Kopernya ukuran besar (bukan ukuran kabin). Thanks.

    1. Halo mbak Riris,
      Tidak ada bagian khusus untuk taro koper, jadi biasanya koper kita pegang dekat tempat kita duduk, atau berdiri sambil pegang koper. Kalau perginya 2-4 orang, lebih praktis menurut saya naik taxi resmi bandara aja. Karena untuk lanjut ke tengah kota kita harus turun dari bus dan lanjut naik BTS atau naik bus lain kalo mau menuju ke Khao San Road.

      Salam,
      Awan

  66. Mas ..saya ngalamin naik taxi resmi dari bandara. Bertiga bawa koper 20 inch. Kami dapat sedan, kopernya tidak masuk. Susah payah jelasin minta van. Akhirnya dapat sopirnya tidak mau pakai argo, kami protes. Dia minta 500bath, di argo 350 bath. Selama di Thailand rata2 naik taxi kebanyakan tidak mau pakai argo. Nawarnya juga alot. Dari pratunam ke grand palace 120 bath. Kalau naik dari MBK mall nunggu antrian taxi pasti pakai argo. Ngeselin naik taxi. Diselingin naik BTS

    1. Halo mbak Ira,

      Iya mbak, saya juga suka ngalamin taxi ngga mau pakai argo di Bangkok. Tapi ya memang kalo dari bandara ke tengah kota (atau sebaliknya) dengan ngga pake argo mereka mintanya 500 baht. Sementara kalo untuk di dalam kota Bangkok sendiri biasanya paling mahal 300 baht (jangan mau lebih).

      Salam,
      Awan

  67. Hallo saya mau tanya dong kalau dari bandara dom mueang ke daerah skhumvit bagaimana ya ? Terima kasih soalnya saya baru pertama kali kesini sendirian

    1. Halo mbak Trisila,

      Pertama, mbak cari tau dulu Sukhumvit-nya dimana… karena ini adalah jalan terpanjang di Bangkok.
      Tapi kalo mau naik BTS ke Sukhumvit, pertama naik dulu shuttle Bus A1 dari DMK dan turun di stasiun BTS Mo Chit, dari sini naik BTS yang Sukhumvit Line (jalur Sukhumvit)… dan seperti saya bilang di awal, tinggal cari tau turunnya nanti harus di stasiun mana.

      Salam,
      Awan

  68. Kalau dari Don Mueang Airport ke daerah stasiun BTS Phaya Thai mending naik moda transport apa?
    Rencananya akan travelling ber3.
    Kalo naik shuttle bus sama BTS dari airport bawa koper ribet nggak min?

    1. Halo mas Hendra,
      Kalau saran saya supaya lebih nyaman sih naik taxi resmi dari bandara DMK aja. Mungkin hanya 300 baht, bisa patungan bertiga.
      Tapi kalo mau tetap naik shuttle bus juga ngga masalah, turun di BTS Mo Chit Station, lanjut naik BTS ke stasiun Phaya Thai.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Wana,

      BTS Mo Chit beda lokasi dengan terminal bus Mo Chit ya. Dari BTS ke terminal bus masih lumayan jauh, bisa naik ojek, taxi atau pesan Grab.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Susan,
      Pastikan dulu Pratunamnya sebelah mana, karena Pratunam luas dan bisa aja turunnya seharusnya di stasiun sebelum Phayathai. Kalau tujuannya ke hotel tertentu, coba cek di website hotel atau coba email ke mereka sebaiknya turun di stasiun mana.
      Tapi kalau tujuannya mau shopping ke Pratunam dan turun di Phayathai lumayan jauh juga. Mungkin harus sambung naik tuk tuk (kalo bisa nawar mustinya ngga sampai 100 baht ya), atau maksimal ya sekitar 100 baht.

      Salam,
      Awan

    2. Hay mba Susan. Akhir maret lalu saat tiba di suvarnabhumi menuju Pratunam, kami turun di 1 stasiun sblm Phayathai, yaitu sta Ratchaprarop. Bila penginapan mbak msh di sekitar Baiyoke tower dan pasar (senggol) pratunam sebaiknya turun di Ratchaprarop. Sekitar 200m.

  69. Ini harga taxinya paling update ? Soalnya situ lain untuk ke silom startnya 400-450 … and kalo mau taxi dr imigrasi ke exit 8 itu ada tandanya getoo ?

    1. Halo, untuk harga taxi adalah perkiraan maksimal. Kalau ngga macet bisa jadi lebih murah.
      Di Don Mueang begitu keluar dari bagian ambil koper tinggal jalan ke arah kiri dan cari Exit 8. Di situ sudah ada antrean untuk taxi-nya. Ngga susah kok carinya 🙂

      Salam,
      Awan

    1. Halo mas Choerudin,
      Saran saya naik 2 taxi aja. Jatuhnya ngga beda jauh sama naik transportasi umum lain (harus ganti2 naik bus, BTS plus mungkin tuk tuk kalo hotel/tempat tujuannya jauh dari stasiun BTS).

      Salam,
      Awan

  70. Halo, Mas Awan

    Saya mau tanya kalo Grab/Uber disana boleh masuk bandara gak sih? soalnya saya baca-baca katanya ada larangan untuk uber tidak boleh masuk bandara.

    1. Halo mas Yandis,
      Saya selalu pakai taxi umum yg antre di antrean resmi bandara mas. Kalo mendarat di Don Mueang mungkin bisa janjian sama drivernya di luar, pinggir jalan raya. Tapi kalo di Suvarnabhumi ngga bisa, karena jauh dari jalan raya umum.

      Kemarin ini teman saya mau pesan Uber/Grab dari Don Mueang tapi ngga jadi, karena katanya jatuhnya lebih mahal dari naik taxi umum.

      Salam,
      Awan

  71. Hallo Mas Awan, saya sudah baca2 petunjuknya sudah lumayan lengkap, tapi saya belum nemu petunjuk kalo dari DMK mau ke rajamangala stadium. Bisakan naik shuttle bus A1 turun di stasiun BTS Mo Chit? Trus dr Mo Chit selanjutnya gimana? Mohon infonya ya, terima kasih.

    1. Halo mbak Icha,

      Untuk ke Rajamangala maaf saya juga belum pernah dan tidak punya infonya, apakah ada shuttle bus dari stasiun BTS yang kesana atau ngga? Apalagi pas konser Coldplay. Pasti bakalan rame sekali mbak. Saran saya naik taxi atau Grab untuk lanjut menuju kesana.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mas Dyky,

      Paling gampang naik taxi dari Don Mueang.
      Tapi kalo mau naik transportasi umum lain: Naik shuttle bus A1 dari DMK dan turun di stasiun BTS Mo Chit. Tanya info ke petugas di sini, katanya ada shuttle bus yang ke Impact Arena dari sini. Saya sendiri belum pernah naik shuttle bus dari Mo Chit ini, jadi ngga bisa cerita pengalamannya gimana/perjalanan berapa lama.

      Salam,
      Awan

  72. Halo mas, mau tanya cara menuju hua hin dari bandara don muang? Ohya saya mau infokan juga buat teman2 yg mau travelling ke bangkok dengan jumlah 4 org bgsan kemana2 pake uber tau grab, praktis bgt terutama bagi yang bawa orang tua dan dihitung2 jg gak terlalu mahal.
    Thx

    1. Halo, terima kasih banyak untuk info Grab dan Uber di Bangkok ya.
      Kalo dari Suvarnabhumi Airport sih ada bus yang ke Hua Hin ya, tapi dari Don Mueang emang paling gampang ke Victory Monument, terus tanya disana lokasi terminal/tempat beli tiket minibus ke Hua Hin. Dari pinggir jalan ngga keliatan minibus ini bertebaran atau mangkal, karena terorganisir di dalam area seperti terminal tertutup. Terakhir yang saya tau tiketnya 180 baht ya.

      Salam,
      Awan

    2. Tapi katanya terminal van yang di victory monumen sudah pindah ke southern bus terminal untuk tujuan hua hin. Apakah informasi ini benar?

      1. Halo mbak,
        Oh iya, maaf saya juga baru cek2 lagi ternyata sejak Oktober 2016 untuk van ke Hua Hin udah dipindah ke Southern Bus Terminal (Sai Tai Mai Bus station) ya.

        Salam,
        Awan

    1. Hi, dari DMK airport naik Shuttle Bus A1, nanti turun di stasiun BTS Mo Chit.
      Di Mo Chit beli tiket untuk ke stasiun BTS Wutthakat.
      Tapi nanti di stasiun Siam harus ganti jalur/kereta, jadi turun di Siam dan cari jalur kereta BTS yang menuju ke Bang Wa. Wutthakat itu satu stasiun bebelum Bang Wa.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Tetty,

      Setau saya ngga ada yang langsung. Jadi harus beberapa kali ganti transportasi:
      – Naik shuttel bus A1 dari Don Mueang ke stasiun BTS Mo Chit
      – Dari Mo Chit station naik BTS turun di Ratchathewi Station
      – Dari Ratchathewi jalan kaki ke pasar Pratunam sekitar 20 menit, atau lanjut naik tuk tuk (tawar, jangan mau lebih dari 100 baht).

      Paling praktis dari DMK naik taxi ke Pratunam, sekitar 350-400 baht.

      Salam,
      Awan

  73. iya mas ,kurang lebih begitu yg saya baca.untung orangnya lagi tidak terburu buru ,jadi agak santai (meski tetap kebingungan).hal seperti ini yang buat saya agak malas ke bangkok,karena info yg saya cari di internet biasanya hanya ada nomor bus ditambah lagi fakta mereka “pelit” sama huruf latin,hehe.
    salam
    Jeff

    1. Ok mas Jeff, iya di Bangkok kebanyakan bus hanya pake bahasa Thai, masing jarang yang ada tulisan Inggris-nya. Tapi selain bus bisa naik MRT, BTS atau boat di Chao Phraya.

      Salam,
      Awan

  74. kabarnya untuk naik bus di bangkok tidak bisa bergantung hanya pada nomor tetapi juga warna dan tipe (saya baca pengalaman orang di salah satu web),dia dapat nomornya sama tapi ternyata salah ambil bus karena warna yang seharusnya diambil berbeda,jadi nomor boleh sama tapi kalau warnanya beda,bisa jadi rutenya beda juga.waduhh

    1. Halo mas Jeff,
      Saya baru denger tuh… Yang ada nomer sama, tapi beda tipe bus – ada yang bus non-AC dan bus AC. Tapi rute tetap sama.
      Ada juga beda warna karena ada yang warna tertentu itu bus gratis dari pemerintah kota, jadi kalo kita naik ngga usah bayar.

      Salam,
      Awan

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.