Naik Bus Atau Taxi Dari Bandara Don Mueang Ke Bangkok

travelawan

Naik AirAsia ke Bangkok? Seperti yang pernah di bahas pada artikel sebelumnya mengenai Air Asia Pindah Rumah ke Don Muang, semua penerbangan AirAsia ke kota Bangkok bakal mendarat di Don Mueang International Airport, beroperasi di Terminal 1 bandara ini.

Walaupun Bandara Don Mueang telah melakukan berbagai renovasi, namun untuk fasilitas transportasi umum tentunya tidak sepraktis kalo kita mendarat di Bandara Suvarnabhumi, dimana terdapat Airport Rail Link, kereta yang menghubungkan Bandara Suvarnabhumi ke tengah kota Bangkok hanya dalam waktu sekitar 30 menit. Tapi kalo kita tahu cara untuk bisa dapatin transportasi umum yang lebih murah dari Bandara Don Mueang ke kota Bangkok, tentu juga menyenangkan. Berikut pilihan-pilihan untuk transportasi umumnya.

Naik Bus Atau Taxi Dari Bandara Don Mueang Ke Bangkok, Travelawan

Naik Bus Atau Taxi Dari Bandara Don Mueang Ke Bangkok

Kalo datang dalam rombongan kecil, atau bawa barang bawaan/kopor yang cukup besar, naik taxi adalah pilihan yang paling tepat. Karena selain tarif yang tidak terlalu mahal untuk menuju pusat kota Bangkok, kalo kita naik bus umum biasanya penuh dan susah kalo bawa kopor besar. Jadi memang lebih baik mengambil taxi resmi dari dalam bandara, daripada dari jalan di luar bandara, dimana kemungkinan taxi tersebut tidak mau pakai argo dan kamu harus tawar menawar. Untuk naik taxi resmi bandara, melalui Exit 8.

Naik Bus Atau Taxi Dari Bandara Don Mueang Ke Bangkok, Travelawan

Perkiraan tarif taxi dari Bandara Don Mueang menuju ke beberapa tempat di kota Bangkok:
– Mo Chit (stasiun BTS/Skytrain): sekitar 150-200 Baht
– Hua Lamphong (stasiun kereta): sekitar 250 Baht
– Silom: sekitar 300-350 Baht
– Sanam Luang (The Grand Palace): sekitar 250 Baht
– Daerah Siam (Central Bangkok): sekitar 250-300 Baht
– Bandara Suvarnabhumi: sekitar 350-400 Baht

Baca juga:   Tempat Wisata di Phuket Yang Wajib Dikunjungi

Kalo naik taxi resmi bandara, jangan lupa kamu juga harus bayar biaya tambahan dari bandara (surcharge) sebesar 50 Baht dan biaya tol kepada pengemudi.

Tapi bila ingin naik bus umum, dari ruang Ketibaan (Arrival Hall) langsung menuju pintu keluar dan jalan kaki ke arah kanan, keluar gerbang bandara. Begitu kamu tiba di pinggir jalan raya, jalan ke arah tempat pemberhentian bus (jangan menyeberang jalan). Disini kamu tinggal menunggu bus yang akan membawa ke tengah kota. Bus umum yang lewat ada yang non-AC dan bus AC. Pertama kali memang kadang agak membingungkan, misalnya begitu kamu lihat ada dua macam bus bernomor 29. Sebenarnya kamu bisa naik kedua bus dengan nomer yang sama tersebut, tinggal pilih mau yang ber-AC atau ngga. Untuk bus biasa tarifnya non-AC di bawah 10 baht per-orang, sementara bus AC tarif sekitar 16-23 baht (bisa berubah sewaktu-waktu).

Kalo mau praktis naik bus dan sambung naik BTS, bisa naik Shuttle Bus A1/A2 dari Exit 5 – Arrival Hall bandara Don Mueang, atau yang mau naik bus umum bisa naik No. 29 dari pinggir jalan raya. Turun di stasiun BTS/Skytrain Mo Chit (sekitar 25-30 menit perjalanan dari Bandara Don Mueang). Dari Mo Chit BTS Station ini bisa lanjutkan perjalanan dengan BTS – kereta yang juga terkenal dengan julukan SkyTrain ini. Sangat mudah!

BUS UMUM


Bagi para budget traveler tentu pilihan naik bus bisa sangat menghemat biaya transportasi. Berikut adalah beberapa rute-rute bus yang akan membawa kamu ke berbagai tujuan di kota Bangkok.

Bus No. 29: Don Muang – Stasiun kereta Hua Lamphong
Beroperasi 24 jam, bus AC dan non-AC

Bus No. 59: Don Muang – Bang Khae (Ada juga yang lanjut ke Sanam Luang dekat The Emerald Buddha Temple/Khao San Road)
Beroperasi 24 jam

Baca juga:   Wisata Penang, City Tour Naik Bus Hop-On Hop-Off

Bus No. 95: Don Muang – Ram Intra Road – Ram Khamhang Road
Beroperasi pukul 04.00-22.00

Bus No. 187: Don Muang – Si Phraya Road
Beroperasi pukul 04.00-22.00.

Bus AC No. 538: Don Muang – Phaya Thai
Beroperasi pukul 04.00-22.00

Bus AC No. 555: Don Muang – Suvarnabhumi Airport
Beroperasi pukul 04.00-23.00

SHUTTLE BUS A1 dan A2

Shuttle bus No. A1 dan A2 dari bandara Don Mueang ini sangat praktis untuk digunakan kalo kamu mau sambung dengan BTS – Turun di stasiun BTS Mo Chit. Harga tiket 30 baht, beroperasi pukul 09.00-24.00. Bisa juga lanjut ke tujuan akhir bus ini:

Bus A1: Don Muang – BTS Mo Chit – Mo Chit 2 (Northeastern Bus Terminal)

Bus A2: Don Muang – BTS Mo Chit – BTS Saphan Kwai – BTS Ari – BTS Sanam Pao – Victory Monument

Selamat wisata hemat ke Bangkok!

Also Read

346 thoughts on “Naik Bus Atau Taxi Dari Bandara Don Mueang Ke Bangkok”

  1. Halo Kak Awan, mau nanya dong, kalo dari Bandara Don Muang (sampai jam 23:00), ke daerah Pratunam untuk 5 orang dewasa, apakah ada taxi atau grab untuk kapasitas 5 org?, Kira2 biaya transportasi(surcharge+tol+argo(taxi resmi bandara) totalnya berapa ya?
    Thanks.

    Reply
    • Halo kak Teng, Apa Kabar? berikut perkiraan biayanya saya lampirkan di gambar, kalau tidak salah tidak melewati tol dari Don Muang ke Pratunam

      Reply
  2. Halo kak Awan,

    Mau tanya kalau naik shuttle bus a1 jam operasionalnya jam berapa ya? Soalnya kami jam4 pagi baru sampai DMK.

    Terima kasih ya.

    Salam,
    Yuni

    Reply
    • Halo kak Yuni,

      Maaf baru balas ya. Kalo jam 4 pagi amannya naik taxi atau Grab aja kak. Karena shuttle bus dan BTS juga jam segitu belum ada.
      Semoga lancar jalan2nya ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  3. Halo ka
    Nama saya adlin
    Saya mau ke thailand dan turun di bandara don mueang itu jam 23.00
    Saya sudah booking hotel di daerah khaosan
    Transportasi apa ya ka yg aman di gunakan untuk saya yg hanya perempuan ber 2?
    Terimakasih banyak ka

    Reply
    • Halo kak Adlin,

      Kalo jam segitu dan ke Khao San Road pilihannya naik taxi dari bandara atau Grab aja yang paling aman ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  4. Hallo mas Awan,

    Saya mohon info dong, rencananya november mau ke Bangkok sama keluarga, saya masih bingung dari DMK nyampenya sekitar jam 6-an sore mau ke hotel Ambassador baiknya naik apa ya? Trus klo besoknya mau wisata di kotanya apa mas ada rekomendasi untuk travelnya yang bagus & ga terlalu mahal.. dan klo bisa yang punya org indonesia biar enak komunikasinya..
    Terimakasih mas
    Salam
    Putri

    Reply
    • Halo kak Putri,

      Kalo sama keluarga sih mendingan langsung naik taxi atau Grab ya. Jadi ngga repot pindah2 kendaraan umum, apalagi bawa2 koper.

      Kalo mau naik kendaraan lain, ambil shuttle bus A1, turun di stasiun BTS Mo Chit dan lanjut naik BTS, turun di stasiun Nana, lanjut jalan kaki ke hotel (check Google Maps untuk lokasi pastinya).

      Untuk tour travel maaf saya ngga ada kenalan / yang orang Indonesia. Mungkin bisa check tour desk di hotelnya, atau beli tour lewat Klook dot com.

      Salam,
      Awan

      Reply
  5. Mau tanya mas,.
    1.dari Khao dan ke Pattaya naik bus apa?
    2.Klo dari platinum mall ke DMK naik bus apa n dari sebelah mana?

    Reply
    • Halo kak Sapti,

      Ini maksudnya dari Khao San Road ke Pattaya? Pattaya lokasinya di luar kota dan perjalanan 2 jam. Paling gampang naik Grab ke stasiun BTS Siam (depan mall Siam Paragon), dari situ sambung naik kereta BTS ke stasiun Ekkamai. Nanti turun sini dan menuju stasiun bus-nya, dan beli tiket bus untuk ke Pattaya. Bus pergi setiap 30 menit.

      Dari Platinum ke airport Don Mueang lebih baik naik dulu BTS (jalan kaki ke stasiun Ratchathewi), dari sini naik BTS ke stasiun Mo Chit, ambil exit yang depan Chatuchak Park. Nah, nanti tunggu shuttle bus no. A1 atau bus no. 29 yang lewatin Don Mueang.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Halo kak Ririn,

      Sorry baru bisa balas. Maksudnya ini untuk mandi ya? Sepertinya tidak ada, cuma ada hotel airport aja di bagian terminal domestik. Cuma waktu itu ngga sempat check apakah ada paket untuk mandi aja disitu.

      Salam,
      Awan

      Reply
  6. Hallo kak,
    Mau tanya… Awal okt nanti saya di ada transit di Don mueang dr Hanoi dan transitnya hampir 10 jam, rencana mau keluar bandara, sampai di Don mueang jam 11 siang dan mau jalan ke chatucak dll sampai sore baru kembali ke bandara don mueang. Apakah bisa? Saya harus bilang ke imigrasi atau gimana ya? Terima kasih sebelumnya πŸ™πŸ™πŸ™

    Reply
    • Halo kak Uthie,

      Kalo transit bisa aja keluar dulu. Naik AirAsia kah? Nanti yang pasti kontak dulu customer service-nya dan tanya apakah penerbangannya ‘Fly Through’? Ini penting untuk masalah bagasi, kalo udah bayar fasilitas ‘Fly Trough’ itu berarti koper ambilnya di tempat tujuan akhir, di DMK ngga harus ambil koper. Sekalian konfirmasi untuk masalah mau keluar imigrasi ini.

      Tapi satahu saya kalo mau keluar nanti antre imigrasi aja, isi formnya. Kalo sampe ditanya bilang hanya transit dan mau ke Chatuchak aja. Yang pasti nanti 3 sampai 2 jam sebelum flight berikutnya sudah harus masuk imigrasi DMK lagi. Kalo sampe ngga pake fasilitas ‘Fly Through’ berarti juga harus check-in koper lagi. Jangan sampai telah masuk lagi aja ke imigrasi DMK untuk flight berikutnya.

      Untuk ke Chatuchak bisa pake shuttle bus A1, nanti tinggal keluar Gate 6 dan tunggu bus / lihat infonya tunggu dimana. Mau naik Grab / taxi juga bisa. Kalo pas balik dari Chatuchak sebaiknya langsung naik Grab atau taxi aja ke DMK dan lewat tol supaya ngga macet. Karena kalo sore Bangkok bisa macet sekali.

      Salam,
      Awan

      Reply
  7. Hallo mas, saya mau minta saran karna udah lama bgt gak ke bkk lagi jadi lupa semua, saya landing dmk jam 8 mlm, bingung mau cari hotel yg cheaper trus transportasinya biar enak naik apa ya, rencananya sih mau travelling yg terdekat gtu setelah itu belanja di pratunam hehehe…. Oya sekalian mau nanya kalo ke pattaya naik apa ya pengen ke pattaya 1 hari aja gtu. Makasih semoga berkenan mmberi pencerahan

    Reply
    • Halo kak Hanna,

      Kalo tujuannya mau jalan2 di kota Bangkoknya, langsung aja cari hotel di tengah kota, yang pastinya dekat dengan kendaraan umum. Dari DMK naik taxi atau Grab.

      Kalo mau belanja di Pratunam bisa cek2 di Booking dot com hotel2 sekitar situ. Salam satu yang murah mungkin bisa cek Bangkok City Inn.

      Cara ke Pattaya pernah saya tulis juga di salah satu artikel. Bisa Google kata: Cara ke Pattaya Travelawan. Nanti pasti artikelnya akan keluar.

      Salam,
      Awan

      Reply
  8. Halo kak, saya bulan oktober mau ke bangkok dan mau belanja di chatucak. Menuruk kk lebih baik ke chatucak jumat malam atau sabtu pagi ya? Makasih

    Reply
    • Halo kak Boy,

      Kalo weekend market Chatuchak yang sebenarnya (semua tempat jualan buka) adalah di hari Sabtu dan Minggu. Jadi saran saya perginya di hari Sabtu aja biar puas.

      Salam,
      Awan

      Reply
  9. Halo kak, maaf mau tanya, kalau saya mendarat di bandara Don Mueang lalu mau ke Impact Arena kira-kira berapa ya biaya taxi atau grab nya? terima kasih..

    Reply
    • Halo kak Eva,

      Maaf sekali saya belum pernah langsung naik Grab ke Impact Arena dari DMK. Nanti begitu sampe sana coba cek langsung di aplikasi Grab-nya ya. Kalo perkiraan sih mungkin ngga lebih dari 500 baht (diluar biaya tol yang bisa 70 atau 120 baht).

      Salam,
      Awan

      Reply
  10. jadi ada opsi apa aja ya dari don mueang ke daerah pratunam? mohon bantuannya apalagi kalau bisa detil hehe makasiiii

    Reply
    • Halo kak Bunga,

      Ada shuttle bus dari Don Mueang yang lewat area Pratunam, berhentinya di: Pratunam, Rachaprasong, Rachadamri. Tapi ngga tau juga apakah pemberhentian ini dekat dengan penginapannya apa ngga? Karena Pratunam cukup luas juga, banyak jalan2 kecilnya. Kalo baru pertama kali ke Bangkok dan paling praktis saran saya naik taxi dari bandara atau Grab.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Salam kenal kak rencana saya menginap di daerah pratunam dan lebih dekat ke phaya thai station. Itu dr DMK enaknya naik bus apa BTS ya? Kalau BTS dan bus yg mana ya kira2? Thankyou kak

      Reply
      • Halo kak,

        Kalo dari DMK bisa naik shuttle bus A1 dulu ke stasiun BTS Mo Chit. Dari Mo Chit tinggal naik BTS ke stasiun Phaya Thai ya.

        Salam,
        Awan

        Reply
  11. Hi mas Awan..saya dan keluarga total 6 orang akan transit di DM airport utk pulang ke Jkt. Tiba DM jam 01.20 pagi dan bngkat lagi jam 11.20 ke Jkt. Apakah bisa tidur di airport dan setelah terang hari apakah masih sempat keluar ke kota BAngkok? Ada saran mas? Terima kasih

    Reply
    • Halo kak Herawaty,

      Tidur di bangku2 airport bisa aja, banyak juga kok yang lakuin. Tapi sebaiknya nanti jangan tunggu di terminal yang internasional. Coba deh jalan kaki ke arah terminal domestik Don Mueang. Disana lebih ramai dan ada food court yang buka 24 jam juga.

      Jangan lupa kalo keluar bandara udah balik lagi paling lambat 3 sampai 2 jam sebelumnya ya. Dan perlu diingat juga kalo Bangkok kota yang macet juga, apalagi pagi dan sore. Kalo mau balik ke Don Mueang mendingan naik BTS dulu ke Mo Chit Station, dan dari situ sambung naik taxi atau Grab.

      Salam,
      Awan

      Reply
      • Lupa nanya mas Awan, utk waktu yg terbatas di Bangkok tempat wisata apa yg mas rekomendasikan utk kami kunjungi dan kalau ada yg sekalian dekat dengan toko yg jual souvenir. Terima kasih mas

        Reply
        • Halo kak Herawaty,

          Kalo cari souvenir paling bisa ke Platinum Fashion Mall, Gedung 2, Lantai 6 aja.
          Untuk tempat wisata kalo yang ngga mahal masuknya bisa ke Wat Pho (kuil Buddha tidur) dan di seberang suanginya ada Wat Arun.

          Salam,
          Awan

          Reply
  12. Halo mas, mau tanya, sy rencana ke bkk bertiga sama ibu & adek, dari dmk rencana sih pgn naik shuttle bus sampe mo chit, tp kan kita bawa koper kabin masing2 1, terus bawa tas tenteng juga, kira2 ribet ga ya mas kalo naik shuttle bus? Soalnya blm kebayang gt bus nya kaya gimana… apakah suka berdesak2an apa ngga.. trs nunggu shuttle bus nya suka lama apa ngga ya mas?

    Kalo memang lebih enak pake taxi, kisaran brp ya mas sampe ke mo chit + tarif toll nya? Soalnya rencana memang mau ke chatuchak dulu…

    Makasih mas sblmnya…

    Reply
    • Halo kak Hanisaa,

      Maaf sekali ya saya baru bisa balas. Semoga belum pergi ke Bangkok-nya.
      Untuk naik bus pastinya lebih harus angkat2 barang sendiri dan juga kalo lagi jam penuh, ya penuh busnya. Jadi saran saya naik taxi aja.

      Apa yakin mau ke Chatuchak geret2 koper? Nanti lihat2 dan belanjanya ngga maksimal lho… Tapi kalo sampe mau, naik taxi dan bea bandara itu sekitar 200 baht, dan tol sekitar 70 baht.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Mau menambahkan aja kak, klo memang pas jam sibuk mending naik taxi aja, tp klo emng lagi lenggang naik bus gpp, saya jg wktu itu dr dmk ke mocit naik bus, klo mau mampir dlu ke chatucak market koper bisa di titip di tempat penyimpanan koper di sekitar bts mocit

      Reply
      • Hi kak Puput,

        Terima kasih untuk info tambahannnya ya. Semoga berguna untuk kawan2 lainnya yang baca.

        Salam,
        Awan

        Reply
  13. Salam kenal Kak, maaf mau tanya saya dan 6 temen (dari kampus universitas negeri semarang) mau ke bangkok tanggal 26. Berangkat 26 Juni turun don mueang, rencana mau ke Bangkok. Apakah ada orang Indonesia yang bisa antar kita (profesional saja). Makasih

    Reply
    • Halo mas Arif,

      Maaf saya baru cek2 message lagi. Ini maksudnya sewa mobil selama di Bangkok atau hanya transportasi dari airport ke kota Bangkok ya? Kalo maksudnya untuk selama di Bangkok, saya hanya ada nomer Mr. Eko +66 819250901. Semoga segera dibalas ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  14. Jika saya ingin ke santoriny park ber7
    1. sewa mobil apa?
    2. minta kontak mobil nya?
    3. biasa nya harga nya berapa?
    4. harga nya untuk berapa jam sewa nya?
    5. ada wisata lain gk yg searah dengan santoriny park?
    mohon maaf ya banyak nanya gan… hehhe
    mohon di bantu balas ke email saya juga ya : [email protected]

    Reply
    • Halo kak Fifi,

      Untuk harga nanti bisa langsung nego ke sang pemiliknya ya. Bisa kontak lewat WA ke Mr. Eko: +66 819250901. Di daerah sekitar Hua Hin ada Camel Republic, sama The Venezia. Bisa mampir juga kesana kalo sempat. Dan pasti ada pantainya juga di Hua Hin.

      Salam,
      Awan

      Reply
  15. Kak Jeff.. trimakasih utk blognya, sgt membantu. Saya Jumat ini mau ke Thailand sendiri, dari DMK mau ke Wat Phra Kaew. Saya sebenernya menghindari direct Grab (karna saya tahu mahal). Jadi pingin akalin naik bis A1-A4 dulu, baru naik Grab, mungkin bisa menghemat. Menurut ka Jeff gimana, saya pake bus apa? Dan tapi naik bis seperti itu lama ya durasinya ya, bisa 1jam-an baru sampe terminal bis tujuan.

    Reply
    • Halo kak Stephen,

      Bisa aja naik shuttle bus dulu dari bandara (yang A1-A4 itu) ke daerah yang lebih dekat ke tengah kota. Bus tergantung jam sibuk atau ngga. Kalo mau cepat emang naik taxi atau Grab, bisa lewat tol. Tapi bayar extra uang tol juga. Semoga jalan2nya lancar ya nanti.

      Salam,
      Awan

      Reply
  16. saya tuker uang rupiah ke bath di MC Jakarta, dapatnya pecahan 1000 bath

    disana bisa tukar uang kecil tidak? soalnya dari bandara don mueang saya rencana lngsng naik bus A2 ke hotel.
    takut tidak ada kembalian nya

    Reply
    • Halo kak, nanti begitu sampe di DMK bisa beli kartu SIM mungkin? Atau jajan beli snack supaya bisa dapat kembalian. Tapi yang pasti sih cari pecahan uang 1000 baht-nya dulu sebelum naik bus πŸ™‚

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Halo kak, tunggu Grab Car biasanya di bagian arrival/kedatangan. Nanti seperti biasa tinggal message/kirim pesan ke driver-nya mau tunggu di pintu keluar nomer berapa. Atau dia yang akan kabarin tunggu dimananya. Tapi biasanya selalu di sekitar area arrival hall/kedatangan.

      Salam,
      Awan

      Reply
  17. Hii mas Awan…
    Aku mo konsultasi niy
    Rcn aku mo ke Bangkok pas weekend. Klo mau lgs ke chatuchak, bawa koper itu ribet ga siy mas. Ato mending ke hotel dl? Enaknya naek apa ya mas
    Klo dr Noursabah hotel klo mo Wat Arun, Wat pho mending naek apa mas.
    Klo bawa anak2 mending Blutique hotel ato Noursabah
    Mksh sblmny..

    Reply
    • Halo kak Ika,

      Saran saya ke hotel dulu taro koper. Karena Chatuchak penuh orang, repot juga harus bawa2 koper. Kecuali koper kosong untuk taro barang belanjaan πŸ™‚

      Noursabah itu lumayan dekat dengan stasiun BTS Phaya Thai. Jadi bisa ke stasiun itu, naik BTS ke stasiun Saphan Taksin, terus lanjut naik boat ke Wat Pho dari Central/Sathorn Pier. Dan kalo mau ke Wat Arun tinggal nyebrang dari dermaga dekat Wat Pho.

      Salam,
      Awan

      Reply
  18. hallo mas awan…
    mau tanya donk kami ber 4 koper 3. rencana 31 mei mau lebaran ini,.klo dari dmk ke baiyoke suite naik taksi apa grab enak nya ? berapa kira2 total sampai hotel yaa..terima kasih yaa..

    Reply
    • Halo kak Lala,

      Naik Grab juga oke, atau bisa langsung antre untuk naik taxi umum di Exit 8. Harga hampir sama kok, mungkin sekitar 300 – 400 baht maksimum ke hotelnya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  19. Halo mas Awan, bener detil penjelasan blognya, sgt membantu, kebetulan ini ke 2 x saya ke bangkok, pertama saya pakai taxi airport dari dmk ke siam, kena charge 700 bhat, namun mmg dpt mobil camry yg bagus.
    Kali ini hotel saya dkt dgn dmk yaitu pool villa , jaraknya tdk jauh dri airport, kmgknan grab adlh option trbaik ya? Atau ad masukan lain mas?

    Kedua, kalau saya ingin lgsg ke kota dgn transport yg lbh murah, apakah lbh baik dgn grab saja atau saya ambil bus lalu smbg dgn naik BTS?

    Sampainya pagi jam 7. Trims sebelumnya

    Reply
    • Halo kak Dede,

      Maaf baru bisa balas nih. Wah waktu itu taxi Camry mungkin dari counter2 ya? Kalo taxi umum dari Exit 8 paling cuma 400 baht maksimum. Tapi kalo mau lebih murah ya naik Shuttle Bus A1 ke stasiun BTS Mo Chit dan bisa lanjut naik BTS ke tengah kota seperti daerah Siam, Silom atau Sukhumvit.

      Salam,
      Awan

      Reply
  20. halo mas awan,
    trimakasih blognya sangat membantu sekali.
    saya rencana akan pergi ke bangkok sekitar april tanggal 3 dan menginap di le touche’ pratunam. kira2 kalo saya naik taksi argo berapa ya harganya? dan kalo naik grab berapa?. untuk naik shuttel bus A3 nanti kira2 saya bisa turun dman?. sblmbya trimakasih informasiny mas awan ??

    Reply
    • Halo kak Nanda,

      Untuk di Bangkok taxi dan Grab ngga beda jauh harganya kalo kita dari bandara. Jadi yang paling gampang di check adalah Grab. Mungkin ke Pratunam sekitar 300-350 baht. Jangan lupa kalo naik jalan tol akan lebih mahal karena ada biaya tol (dari Don Mueang tol 70 baht).

      Bus A3 berenti di stopan berikut. Cek dulu di Google Maps, jauh ngga ke hotel tempat akan menginap:
      * Pratunam (Pratunam Market, Platinum Fashion Mall, Paladium Mall)
      * Ratchaprasong (dekat Central World Mall)
      * Ratchadamri (BTS / SkyTrain Ratchadamri Station)

      Salam,
      Awan

      Reply
  21. Hallo kak saya mau tanya, saya ada rencana ke bkk masih 2 bln lagi, utk kedatangannya di deon mueang airport, klo mau ke daerah bang kapi atau huamark, enaknya naik apa ya?

    Reply
    • Halo kak Puput,

      Saya juga belum pernah sih dari Don Mueang ke Bang Kapi. Tapi cobe cek deh, kayanya bisa naik bus no. 8 dari stopan bus di luar area bandara ya (pinggir jalan raya).

      Salam,
      Awan

      Reply
  22. Hi kak awan, aku mau konsul dong. April nanti aku mau ke thailand berdua sama teman. Sampe dmk jam 22.30.
    1. Hotel saya dekat surasak bts, kirakira budget taxi berapa ya kak takut salah nawar ? Udah gamungkin naik kendaraan umum juga kan.
    2. Dari terminal bus pattaya ke silverlake atau laser budha naik apa, terus balik ke terminalnya naik apa ?
    3. Dari surasak ke terminal sai tai mai naik apa ?
    4. Dari ladprao ke stadion rajamanggala naik apa ?
    Tolong dibantu, makasih

    Reply
    • Halo kak Mayranti,

      Saya coba jawab ya:
      1. Bisa naik Grab Car juga kok. kalo mau naik taksi resmi bandara juga sekitar 400 – 500 baht paling mahal kali ya.
      2. Ngga ada bus umum, [aling gampang naik/sewa Grab Car, sewa angkot atau taxi. Untuk update harga sewa harian saya kurang tau pastinya sekarang. Tapi mungkin sekitar 1000 – 1500 baht.
      3. Bus Surasak ke Sai Tai Mai no. 149 – cek ke hotel/tempat nginap untuk tempat tunggu/stopan terdekat dengan hotel
      4. Jaraknya jauh banget dan harus nyambung2. Bisa naik MRT dari Lat Phrao ke stasiun Petchaburi – jalan ke stasiun Makkasan, terus ganti naik kereta ARL yang menuju Suvarnabhumi Airport, turun di stasiun Ramkhamhaeng. Dari sini lanjut naik Grab Car/Taxi.

      Salam,
      Awan

      Reply
  23. Hi kak awan, aku mau konsul dong. April nanti aku mau ke thailand sampai dmk jam 22.30.
    1. Hotel aku di deket surasak bts, kalo malem malem gitu enaknya naik apa? Kalo taxi perkiraan budget berapa ?
    2. Besoknya aku mau ke pattaya, kan naik bus dari ekkamai ke terminal pattaya. Nanti dari terminal ke silverlake atau laser budha enaknya naik apa yang low budget ?
    2. Hari kedua saya mau ke huahin, kalo dari surasak bts ke sai tai mai terminal enaknya naik apa ya kak ?
    3. Hari ketiga itu weekend aku mau ke chatuchak, hotel aku pindah di ladprao kalo dari hotel ke chatuchak naik apa kak?
    Kalo bisa menghidari taxi, soalnya cuma berdua, jadi low budget ??
    4. Hari ke empat Aku ada acara di stadion rajamanggala, kalo kesana tanpa macet macetan naik apa ya kak dari ladparo ?
    5. Hari kelima dari stadion ke dmk enaknya naik apa pagi pagi, soalnye pesawat jam 11 siang kak.
    Tolong dibantu ya, makasih

    Reply
    • Hi kak Mayranti,

      Tadi saya juga sudah balas di email yang satunya ya.
      Untuk pertanyaan kelima: naik Grab Car atau Taxi. Dan perkirain waktunya, jangan sampe telat.

      Salam,
      Awan

      Reply
  24. hallo mas awan, saya mau ke bangkok agustus nanti berdua sm temen saya. kita ambil penerbangan pagi jam 7 direct. trs ambil penginapan di monkeynap daerah sukhmuvit. apa dr bandara DMK ke sukhmuvit jauh? kira2 pakai transportasi apa? makasi sebelumnya ya

    Reply
    • Halo kak Christie,

      Petama cari tau dulu penginapannya paling dekat dari stasiun BTS apa di Sukhumvit. Nanti tinggal naik bus A1 dari Exit 6 di DMK, turun di stasiun BTS Mo Chit. Dan dari situ tinggal naik BTS yang menuju Sukhumvit – turun di stasiun dekat penginapan, sambung jalan kaki, naik Grab Car atau taxi – tergantung jarak.

      Salam,
      Awan

      Reply
  25. Halo…mohon sarannya, sy rencana ke Rajamangala Stadium dari bandara don mueang utk nonton konser. Transportasi apa yg paling baik & cepat menuju lokasi? Berapa perkiraan biayanya? Soalnya sy baru pertama kali ke Thailand. Terima kasih.

    Reply
    • Halo kak Tuti,

      Saran saya naik Grab Car paling gampang, apalagi kalo rame2 sama teman.

      Kalo transportasi umum lainnya harus ganti2, seperti ini:
      – Dari DMK keluar di Exit 6 dan naik shuttle bus A1 sampai ke stasiun MRT Mo Chit
      – Dari sini naik MRT dari stasiun Chatuchak Park ke stasiun Huai Khwang
      – Keluar dari MRT Huai Kwang, cari pemberhentian bus di Pratcha Rat Bampen Soi 1
      – Naik bus no. 137 menuju Ramkhamhaeng University

      Salam,
      Awan

      Reply
  26. hallo mas, thanks informasinya, adanya yang ingin saya tanyakan, saya ada rencana ke Bangkok di bulan April nanti yang intinya sih cuma mau liat chatucak kya apa yah heheheheh, trus mau tanya,
    1.klo dari glow pratunam, misalnya mau ke chatucak market klo mau naik BTS, paling deket ke stasiun BTS Mana mas ? kira2 brp m kah jaraknya. ataupun misalnya naik taksi, brp tarif nya sekali jalan.
    2. apa ada hotel yang kira2 deket dengan chatucak, soalnya liat2 di google street view kayanya ga ada yah
    3. kira2 di glow pratunam gampang cari makanan halal ga yah, atau hotel apa yang di sekitarnya banyak jualan makanan halal nya

    terima kasih yah mas. .

    Reply
    • Halo kak Alfri,

      Saya coba jawab ya pertanyaannya:
      1. Jalan kaki (ngga sampai 1km) ke stasiun BTS Ratchathewi Station – dari situ naik ke Mo Chit Station (turun sini dan jalan kaki menuju Chatuchak). Kalo mau naik taxi coba cek tarif Grab Car, sekarang ngga terlalu jauh beda tarifnya. Yang beda adalah macetnya kalo naik taxi/Grab, terutama di jam2 sibuk.

      1. Ngga ada penginapan yang dekat sekali dengan pasar Chatuchak, tetap aja harus naik tuk tuk atau Grab/taxi, karena kalo jalan kaki lumayan jauh juga.
      2. Cari makanan halal biasanya di food court mall. Bisa di lantai 6 Platinum Mall (lebih banyak pilihan) atau di food court Indra Market. Kalo makanan2 pinggir jalan harus cek2 logo halal-nya, dan ngga banyak.

      Semoga jalan2nya lancar ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Halo kak Fitri,

      Ada kak, bisa naik bus Star Shuttle. Atau coba nanti ditanyakan lagi di KLIA.

      Salam,
      Awan

      Reply
  27. Tiket pesawat balik saya dmk-kul jam 07.00 harus Naik apa ya dari pusat kota Bangkok? Apa harus start dari stasiun kereta hua lamphong? Dan Kira2 harus berangkat jam brp?

    Reply
    • Halo kak Herman,

      Maaf ya baru bisa balas2 message. Apa sudah jadi ke Bangkok?
      Kalopesawat pagi ya pilihannya naik Taxi atau Grab Car aja kak, jangan gambling. Harus berangkat dari pusat Bangkok paling lambat 3 – 2,5 jam sebelumnya ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  28. Halo Mas Awan,

    Saya + Istri dan anak usia 12 dan 10.
    Pengen river tour yang bisa lihat ikan2 besar gitu ada gak Mas?

    Salam,
    Reza

    Reply
    • Halo mas Reza,

      Maksudnya river tour dimana ya, Mas? Bangkok? Kalo di sekitar Bangkok paling Floating Market aja mas. Bisa order dari hotel biasanya untuk tour ke floating market Damnoen Saduak. Bisa juga pesan lewat klook dot com.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Halo kak Tessa,
      Maaf ya baru bisa balas. Iya betul, otomatis akan terkoneksi dengan sistem Grab di negara tersebut.

      Salam,
      Awan

      Reply
  29. hallo mas Awan…sy sdh baca beberapa komen dan sangat membantu, Desember ini saya ada rencana ke bkk dan landing di Dmk jam 20.15, hotel tujuan The Little Pig Sukhumvit 1036/12 Sukhumvit Soi 42/1 (300 meter from BTS Prakanong Station on the left hand side), kl mau naik bus A1 sy lanjut pake apa? terus jam brp operasional terakhir kereta/BTS dan MRT khawatir pergi smpe lupa waktu ;)…mohon pencerahannya mas
    terima kasih sebelumnya

    Reply
    • Halo kak Ira,
      Maaf sekali ya saya baru bisa bals nih… Udah jadi ke Bangkok?
      Kalo naik A1 itu ke halte dekat BTS Mo Chit. Dari situ tinggal lanjut naik BTS yang Sukhumvit Line dan turun di BTS Phra Khanong Station ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  30. Hii Kak Awan,
    Mau tanya donk,saya ini kan pertama kali ke Bangkok,dan rencana pemberangkatan nya masih 3 January 2019,dan kami naek Air Asia,klo dari Bandara ke Hotel Kami di Pratunam,Grand Watergate Bangkok kira2 kami ber4 harus naik apa?
    Trus utk explore wisata nya dari hotel kami jauh gak? bisa saranin qt harus naek apa?
    Trus di hari ke3 kami ada acara utk ke Pattaya,kira2 kami harus naek apa yg tercepat? dan bagaimana?
    kira2 biaya nya jg brp ya???
    mkasih ya kak.

    Reply
    • Halo kak Rhea,

      Untuk ke hotelnya saran saya langsung naik taxi atau Grab Car aja ya. Karena ngga ada BTS atau MRT yang ke dekat hotel.

      Kalo jalan di Pratunam sih bisa jalan kaki. Kalo tempat2 wisata yang lainnya mungkin naik Grab Car ya, karena kalo lokasi BTS (stasiun Phaya Thai) agak jauh juga kalo jalan kaki. Nanti tanya aja ke pihak hotelnya ada jalan potong ngga untuk ke BTS.

      Untuk ke Pattaya baca di postingan saya untuk naik bus dari stasiun Ekkamai: https://travelawan.com/blog-travel/pilihan-transportasi-untuk-ke-pattaya-naik-taxi-bus-atau-kereta.html. Biaya ke Pattaya naik bus sekali jalan ngga sampai 150 baht per orang.

      Salam,
      Awan

      Reply
  31. Halo kak, kalo dr Ekkamai ke DMK enaknya naik apa ya? Saya soalnya flight jam 10.00 pagi, seumpama naik taxi atau grab berapa tarifnya? Mohon pencerahannya ya kak, terima kasih. ??

    Reply
    • Halo kak Nanda,

      Biasanya kalo taxi ke bandara mereka minta tarif flat sekitar 400 – 500 Baht. Tapi kalo naik Grab mungkin ngga semahal itu. Pokoknya maksimal 500 Baht ya kalo naik mobil / taxi sedan biasa (maksimum 4 orang).

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Halo kak Lily,

      Di Nakhon Ratchasima itu tempat apa ya? Apakah hotel, atau universitas? Sebaiknya email atau telpon tempat tersebut dan tanya dari Don Mueang sebaiknya naik apa. Karena jaraknya itu 3 jam dari Bangkok / Don Mueang, sudah di luar kota Bangkok. Mustinya sih naik bus antar kota ya, cuma saya juga ngga ada infonya naik apa, karena belum pernah kesana juga. Maaf nih kak, tidak bisa banyak membantu. Semoga bisa dapat informasinya segera.

      Salam,
      Awan

      Reply
  32. Hallo ka mau tanya dong, kalo dari bandara ke hotel glur itu naik apa ya? Trs perkiraan biayanya berapa? Lebih murah naik taksi atau bts?

    Reply
    • Halo kak Endah,

      Apakah betul tujuannya Glur Bangkok Hostel, yang alamatnya di 45 Charoen Krung 50 Alley?
      Dari bandara mana dulu nih? Kalo dari DMK naik shuttle bus A1 ke stasiun BTS Mo Chit, nanti disini naik BTS beli tiket tujuan stasiun Saphan Taksin. Turun BTS dan lanjut jalan kaki ke hotelnya.

      Kalo dari Suvarnabhumi nanti naik kereta ARL ke stasiun BTS PHaya Thai, disini naik BTS beli tiket tujuan stasiun Saphan Taksin. Turun BTS dan lanjut jalan kaki ke hotelnya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  33. hallo kak, mau minta saran dong kak.
    saya sampai di bandara don mueang jam 5 pagi.
    apa bisa ya order grab car di bandara ? (takutnya sama kaya di indo, ga dibolehin) ^^
    trus mau tanya juga hotel yang letaknya dipusat kota dan strategis gitu buat bepergian .
    makasih kak

    Reply
    • Halo kak Myra,

      Grab Car di Bangkok bisa kok pesan di bandara. Saya juga lumayan sering. Tinggal nanti message aja ke driver-nya tunggu di exit berapa. Kalo naik AirAsia dari Indonesia biasanya bisa keluar dan janjian di exit 3 sampe 6 aja.

      Untuk hotel kalo mau di Sukhumvit (dekat mall Terminal 21) saran saya di Red Planet Asoke Hotel. Kalo di daerah yang dekat makanan halal dan ngga terlalu jauh dari Pratunam bisa cekSamran Place Hotel atau Asia Hotel. Untuk di daerah Silom saya biasanya di Trinity Silom Hotel, Heritage Silom Hotel, atau yang budget di Take A Nap Hotel atau Sunflower Place Hotel.

      Salam,
      Awan

      Reply
  34. Halo Mas Awan, kali ini saya jg mau ke Bangkok. Tulisan Mas Awan sangat membantu. Dulu sy ke Singapura dan Malaysia jg lihat tulisan Mas Awan, bahkan itinerary nya saya pakai hampir 100%. Terima kasih banyak Mas Awan. Semoga selalu sehat utk Mas Awan dan keluarga.

    Reply
    • Halo kak Citra,

      Terima kasih banyak ya udah setia cari2 info dari blog saya ini. Semoga bisa terus bantu kasih info untuk jalan2nya nanti. Sukses terus juga untuk kak Citra.

      Salam,
      Awan

      Reply
  35. Halo Mas Awan,
    aku punya 2 pertanyaan
    1. kalo dari bandara Don Mueang ke bangkok city hotel pake transport apa yah? kita ingin coba transportasi umumnya
    2. kalau kita planning untuk jalan – jalan ke maeklong railway market dari tempat kita menginap (Bangkok city hotel) itu jauh nggk sih?. soalnya saya browsing itu katanya tempatnya agak jauh

    salam,

    rima

    Reply
    • Halo kak Rima,

      Semoga belum pergi ke Bangkok-nya ya…
      1. Dari DMK pertama naik shuttle bus A1 dulu ke stasiun BTS Mo Chit, dari sini naik BTS ke stasiun Ratchathewi. Turun disini dan jalan kaki ke Bangkok City Hotel sekitar 7-10 menit (nanti pake panduan Google Maps aja).
      2. Lokasinya jauh dari tengah kota Bangkok. Biasanya ikut tour, atau sewa van/taxi.

      Salam,
      Awan

      Reply
  36. salam kenal…. mas mau tanya….sy transit do mueang kurleb 8 jam…. mau nya jalan2 ke asiatique…. landing don mueang 16.30…. mhn sarannya dong…. makasih byk

    Reply
    • Halo kak Lina,

      Maaf baru bisa balas. Ke Asiatique naik taxi bisa kok kalo mau praktis. Atau kalo mau sambung2 naik kendaraan umum lain:
      – Naik shuttle bus A1 ke Mo Chit BTS Station
      – Naik BTS dari Mo Chit ke stasiun Saphan Taksin (ganti/tukar kereta di stasiun Siam)
      – Naik shuttle boat gratis dari Saphan Taksin

      Balik ke Don Muang juga sama, paling praktis naik taxi atau naik lagi BTS sampai stasiun Mo Chit dan naik taxi dari situ ke Don Mueang.

      Salam,
      Awan

      Reply

Leave a Comment