Pengalaman di KLIA2, Bandara Kuala Lumpur Yang Super Besar!

travelawan

Pengalaman di KLIA2, Bandara Barunya Kuala Lumpur Yang Super Besar!

Super besar! Itulah yang pertama kali saya rasakan ketika pertama kali menginjakkan kaki di bandara KLIA2, atau Kuala Lumpur International Airport 2 yang tepatnya ada di daerah Sepang, Malaysia ini. Gimana ngga besar? Wong untuk jalan dari pesawat menuju ke imigrasi itu rasanya jauh sekali… kalau jalan biasa bisa makan waktu sekitar 15 menit!

Pengalaman di KLIA2, Bandara Kuala Lumpur Yang Super Besar!, Travelawan
(Sumber foto: AFP PHOTO / FILES / MANAN VATSYAYANA)

Walau telah beroperasi sejak bulan Mei 2014, tapi bagian dalam bandara ini masih ada yang dibenahi disana-sini, belum semuanya ‘mulus’ rapih seperti di bandara utamanya, KLIA. Tapi dibandingkan dengan terminal LCCT (Low Cost Carrier Terminal), bandara bujetnya Kuala Lumpur yang sebelumnya, KLIA2 terbilang modern dan lengkap.

Bandara ini melayani penerbangan Domestik dan Internasional dari maskapai AirAsia, Cebu Pacific, Tigerair, Lion Air dan Malindo. Berjarak hanya 2km dari KLIA dan juga dilayani oleh kereta bandara KLIA Ekspres dan KLIA Transit. Enak sih, jadi praktis dan ada pilihan kalau mau ke tengah kota Kuala Lumpur. Dulu waktu bujet terminalnya di LCCT, pilihannya hanya bus atau taxi. Sementara dari KLIA2 kalau mau nyaman dan cepat sampai ke tengah kota bisa naik KLIA Ekspres (55 Ringgit sekali jalan – waktu tempuh 30 menit), atau kalau mau hemat bisa naik bus (10 Ringgit sekali jalan – waktu tempuh 1 jam) .

KLIA2 yang super besar ini memang dirancang untuk bisa menampung hilir mudiknya sekitar 45 juta penumpang setiap tahunnya, sementara LCCT dulu hanya bisa menampung 15 juta penumpang setiap tahun. No wonder kalau fasilitas di bandara ini juga di desain untuk kenyamanan para penumpang. Bangunan depannya sudah seperti mall, lengkap dengan gerai-gerai, butik-butik, Duty Free Shop, kafe dan restoran. Ada sekitar 225 retail disini, beberapa diantaranya resto yang juga kita temukan di Jakarta seperti Nanny’s Pavillon dan Bumbu Desa.

Baca juga:   Naik Taxi Dari Bandara Chiang Mai ke Pusat Kota

Tips Penting: Siapkan Waktu Yang Cukup Saat Keberangkatan

Ini pengalaman saya kemarin, harus berlari-lari sampai hampir kehabisan nafas gara-gara mengejar jangan sampai tertinggal pesawat, karena jauhnya boarding gate (pintu masuk ke pesawat) dari imigrasi. Kalau jalan normal, bisa makan waktu sekitar 20 menitan untuk jalan kaki setelah imigrasi ke Gate Q21 yang adanya di paling ujung!

Sebaiknya satu jam sebelumnya sudah masuk untuk proses imigrasi. Karena saya dan teman-teman antre di imigrasi 45 menit sebelum jadwal keberangkatan. Jalur antrean saya sih lancar sekali, sementara teman saya yang antre di jalur sebelah petugas yang prosesnya memang lebih lama, sehingga saat dia selesai, jadwal keberangkatan kami sudah sangat mepet dan memang harus lari ke gate keberangkatan. Ya, semoga bisa jadi masukan untuk kawan-kawan, apalagi kalau traveling dengan orang tua atau anak kecil.

Also Read

Tags

73 thoughts on “Pengalaman di KLIA2, Bandara Kuala Lumpur Yang Super Besar!”

  1. hallo mas ..
    mau tanya , bulan depan saya ke kamboja , dan transit di KL ,
    jdi kalau saya mau ambil koper yg di bagasi itu , apa harus lewat imigrasi dlu atau langsung di transfer ke negara tujuan saya ?

    Reply
    • Halo kak Ana,

      Ke Kambojanya naik pesawat apa ya? Kalo AirAsia biasanya udah termasuk fasilitas ‘fly through’, jadi koper diambil di tujuan terakhir (coba pastiin dengan telpon ke customer service-nya). Tapi kalo sampe ganti maskapai berarti harus keluar imigrasi dulu dan ambil koper.

      Salam,
      Awan

      Reply
  2. Permisi mas, mau minta pendapat nih. Saya Oktober rencananya mau ke Seoul. Dari kota saya (Pontianak) kan ga ada AirAsia FlyThru, jadi mau ga mau beli tiket PNK-KL (PP) + KL-SEOUL (PP), jadinya 2 kode booking. Untuk perjalanan pergi, waktu transitnya sy rasa ud aman, sekitar 11 jam. Cuma pulangnya ini yang mepet, cuma 2 jam. Sampe di KL pukul 15.15, trus penerbangan ke Pontianaknya pukul 17.20, kira2 waktu transit segitu cukup ga ya mas? Saya ga bawa bagasi, apakah nanti harus keluar melewati imigrasi dulu, atau bisa langsung menuju ke area “pertukaran antar bangsa”? Terima kasih sebelumnya.

    Reply
    • Halo kak Ayu,

      Menurut saya pulangnya sih riskan ya… belum kalo nanti pesawat ada delay. Kalo ngga fly through itu setahu saya harus keluar imigrasi dulu dan masuk lagi, ngga bisa langsung pindah gate. Sebaiknya coba telpon ke customer service Air Asia dan tanyakan soal hal ini.
      Kalo sampe harus keluar imigrasi dulu, sudah pasti ngga mungkin waktu transit jeda cuma 2 jam.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Hai mba
      Mau berbagi informasi berdasarkan pengalaman pribadi saya,tiket saya persis seperti case mba, pdg-kul pp dan kul-dmk pp, waktu transit saya juga sekitar 2 jam an, dan saat tiba di counter pertukaran antarbangsa klia2, saya menanyakan kepada petugas apakah saya bisa lewat transfer gate tanpa keluar imigrasi terlebih dahulu, dan ternyata bisa dan saya diperbolehkan masuk transfer gate dan tidak ada masalah sama sekali hingga take off dan sampai di negara tujuan.
      Salam

      Reply
      • Halo kak , mau tanya , tapi bagaimana soal bagasi? Bukannya imigrasi lalu ambil bagasi , karena bagasi saya tidak connecting ke tujuan, terimakasih sebelumnya

        Reply
        • Halo kak Nabila,

          Kalau bagasi tidak connecting ke tujuan berarti harus keluar imigrasi dulu dan ambil bagasi. Dan nanti harus check-in lagi untuk flight berikutnya.

          Salam,
          Awan

          Reply
      • Salam
        Kak dina itu maskapai apa klo air asia bisa ga ya klo kasus seperti kakak alami…mslahnya sy jga punya tiket sma begitu tiket pertama sya jog – kul dan kul – dmk hnya jeda waktu 2 jam aja
        Tlg masukannya ya kak

        Reply
      • Kak ayu gmna transit yg kepulangan 2 jam di KL apakah aman….sya punya kasus sama sprti kakak jga tpi dijawad keberangkatannya…
        Mohon jawabannya terima kasih…πŸ™

        Reply
        • Halo kak Wulan,

          Itu pesan tiketnya barengan ngga? Kalo sampe ngga barengan dan harus keluar imigrasi dulu kayanya waktunya ngga cukup deh kak. Kalo penerbangannya sama2 naik AirAsia mungkin bisa call customer service dan minta tambah fasilitas β€˜Fly Through’, jadi koper diambil di tujuan terakhir. Harus tambah biaya lagi sih.

          Salam,
          Awan

          Reply
          • Mas awan sya sudah mencoba hub call centernya ga bisa utk dipindah fly thru mrka hnya kasih solusi utk pindah jam ny tpi biaya nya malah lbh mahal drpada beli tiket baru…itu lah jebakan tiket promo klo kita ga faham dan teliti membeli…kecewa jga hrus beli tiket baru lgi drpada besuk ketinggalan psawatnya…πŸ˜”πŸ˜”

          • Halo kak Wulan, maaf baru bisa balas lagi. Iya biasanya kalo transit pindah pesawat apalagi di Kuala Lumpur itu perlu waktu lama untuk keluar masuk imigrasinya.

            Kalo lagi rame banget bisa2 antre untuk keluar imigrasi aja 1 jam lebih (saya udah pernah alamin ini 2 kali). Pastikan kalo sampe beli tiket baru jam-nya / jarak antar penerbangan cukup ya.

            Salam,
            Awan

  3. mas, kalo pesawat sy Air Asia ETA di KLIA2 pukul 14.00, trs lanjut flight ke Johor pukul 18.00.. itu keburu gk ya?

    trims..

    Reply
    • Halo kak Sherly,

      Jarak 4 jam mustinya cukup ya, selama pesawat yang ke KL-nya ngga delay. Ini sama2 di KLIA2 kan? Selamat jalan2.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Halo kak Well,

      Maaf baru balas… ini semua tergantung jam terbang dan tiketnya / naik airlines apa. Kalo cuma transit antara 1 – 4 jam saran saya sih dalam bandara aja, ngga perlu keluar, karena juga ngga ada waktu untuk ke kotanya. Tapi kalo naik AirAsia yang ngga connecting, bisa jadi harus keluar dulu dan nanti harus check-in ulang. Saran saya lebih baik coba kontak customer service airlines-nya, jadi bisa tau dengan pasti apa langsung connecting (ngga keluar imigrasi), atau harus keluar untuk ambil bagasi.

      Salam,
      Awan

      Reply
  4. Hallo mas awan.. Saya rencana lebaran nti mau ke bangkok via KL tapi saya baru beli tiket PP cgk – kl yg kl – dmk blm beli.. Masih ragu2 sama waktunya mas.. Karena liat2 postingan orang2 kalo antrian imigrasi di klia 2 lama banget bisa 2 jam di imigrasi aja.. Rencana mau beli yg pulang dmk – kl (16.25) kl – cgk (22.10) kira2 keburu gak ya mas?? Terus saya jg ada ambil bagasi dulu & check in counter lagi utk bagasi lagi.. Terus saya mau nanya isi kartu imigrasi dmk – kl gimana mas?? Masalahnya saya baru pertama kali ke bkk via kl.. Biasa kalo pergi langsung cgk – dmk..

    Reply
    • Halo kak Susan, maaf nih baru sempat balas. Waktu 5 jam mustinya cukup sih untuk keluar dan masuk lagi imigrasi untuk ganti pesawat, asal penerbangan ke KL ngga delay aja ya. Tapi mustinya sih rentang waktu segitu masih aman.

      Salam,
      Awan

      Reply
  5. halo sore, sy rencana mau ke KL bulan depan nanti, apa bisa mas tlg buatkan cara memahami map transportasi di KL? krn sy bingung melihatnya, beda saat sy naik mrt dispore 2 bulan lalu itu sangat mudah untk sy pahami.

    Reply
    • Halo kak Gita,

      Apa kabar? Maaf saya disini hanya share informasi. Dan mengenai transportasi KL bisa kakak baca di tulisan2 saya ya, maaf saya tidak bisa buatkan khusus karena keterbatasan waktu saya. Semoga jalan2nya nanti lancar.

      Salam,
      Awan

      Reply
      • Halo ka Awan,
        Selamat malam.
        Mau tanya kak, lusa kami sekeluarga ( dewasa 2 + anak 2 , 13thn dan 9thn) mau ke KL, nginap daerah Bukit Bintang, nginap 6hari, mohon pencerahannya yah:

        Transportasi jika ingin naik taksi online seperti Grab, aplikasi nya apakah sama seperti di Jakarta dan bisa dipakai di KL kah? Apakah pakai Grab lebih murah dibandingkan naik taksi reguler atau bis jika diperhitungkan kami sekeluarga ber4 dan bawa koper 2?
        Kami rencana ingin ke Genting highland, Melaka, Bukit bintang dan sekitarnya Alor, Petaling, Petronas, Batu Caves, Dataran Merdeka.

        A. Apakah di Genting sudah jadi yah theme parknya krn setau saya tahun lalu direnovasi?
        B. Apakah cukup sehari untuk jalan2 ke Genting? Apakah harus booking tiket bis dan kereta gantung terlebih dahulu pada saat liburan Idul Fitri?

        C. Bisa bantu urutan tempat2 yg paling efektif tapi nyaman alias tidak ngibrit2?
        D. Sekalian transportasi nya yah bagaimana?
        E. Bisa minta map jalur KTM, LRT jika pusat dr KL sentral?

        Saya dengan bis GOKL free yah, rute nya kemana aza yah dan tempat penghentiannya dimanasaja?

        Tq yah ,

        Reply
        • Halo kak Maria,

          Saya coba jawab sebisa saya ya πŸ™‚

          • Aplikasi Grab sama seperti di Indonesia, langsung otomatis setting muncul di KL. Grab ngga usah pake nawar2, taxi biasa ada yang ngga mau pake argo dan harus nawar. Kalo dari bandara/KLIA, naik Grab aja langsung praktis diantar ke hotel.

          A. Apakah di Genting sudah jadi yah theme parknya krn setau saya tahun lalu direnovasi? >>> Belum jadi. Kalo mau skip ngga ke Genting ngga masalah.

          B. Apakah cukup sehari untuk jalan2 ke Genting? Apakah harus booking tiket bis dan kereta gantung terlebih dahulu pada saat liburan Idul Fitri? >>> Cukup sehari. Naik busnya dari KL Sentral, kalo bisa beli tiket langsung untuk pulangnya juga. Tentukan langsung mau pulang jam berapa, karena kalo beli pas baru mau pulang bisa jam yang diinginkan sudah habis, dan harus nunggu bus di jam2 berikutnya.

          C. Bisa bantu urutan tempat2 yg paling efektif tapi nyaman alias tidak ngibrit2? >>> Maaf saya tidak bisa buatkan itinerary khusus karena keterbatasan waktu saya, lagi traveling juga kak πŸ™‚ Jadi silahkan dicontek aja itinerary yang saya tulis ini ya, sudah ada info tentang transportasinya: https://travelawan.com/blog-travel/itinerary-wisata-singkat-dan-hemat-ke-kuala-lumpur-malaysia.html

          D. Sekalian transportasi nya yah bagaimana? >>> Bisa lihat di itinerary di link yang saya kasih di atas ya.

          E. Bisa minta map jalur KTM, LRT jika pusat dr KL sentral? >>> Map lengkap bisa langsung di-Google aja kak, pasti akan keluar semua infonya ya.
          Bis GOKL juga bisa langsung Google dan klik ke website-nya. Disitu lengkap info pemberhentiannya. Selamat jalan2.

          Salam,
          Awan

          Reply
  6. Malam Mas. saya rencana, ber 7 ke KL, di antaranya ada 2 org tua hampir 70 thn. Rencana nginap di Johor 1 malam dan pp ke singapore jg. Bantu advise mengenai transport ke johor, dan dr johor ke singapore, dan hotel di johor nya ya. Tq.

    Reply
    • Halo kak Nur,

      Wow, PP ke Singapura mengajak orangtua yang usia 70 tahunan pasti akan sangat melelahkan. Karena sekali jalan naik bus itu 6 jam perjalanan.

      Anyway, kalo mau naik bus, dari KL Sentral naik kereta ke stasiun Bandar Tasik Selatan – lanjut jalan kaki ke TBS (Terminal Bersepadu Selatan). Semua bus yang keluar dari Kuala Lumpur ke Johor Bahru dan Singapura adalah dari terminal ini.
      – Mau ke Johor Bahru (pilih tujuan ke terminal JB Sentral)
      – Mau ke Sinagpura (ada berbagai tujuan di Singapura – tergantung mana yang available)

      Nginap di Johor Bahru coba cek Tune Hotel atau Amari Hotel ya.

      Johor Bahru ke Singapur naik dari Larkin atau JB Sentral dan masuk melalui Woodlands Checkpoint (Singapura).

      Salam,
      Awan

      Reply
  7. Halo mas,
    sy rencananya mau ke KL sendirian, dan ini utk pertama kaliny. Cm 3 hari 2 malam. Sy udh bc jg itten punya mas. rncananya sy mau nginep di bukit bintang dl 1 malam n besok paginy lgsung ke KL sentral n nginep dsna. Kira2 ada apa aja di bukit bintang malam hari mas? Dan apakah malaysia aman utk pergi sendirian? Trm ksh

    Reply
    • Halo kak Yunita,

      Kuala Lumpur mustinya aman kok untuk traveling sendirian. Kalo malam di Bukit Bintang paling utama adalah tempat2 shopping dan juga pusat kuliner Jalan Alor. Kalo tempat wisata lainnya sih ngga di seputar Bukit Bintang. Mungkin bisa jalan besoknya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  8. Met sore
    Saya ada rencana ke KL dan pengen nginap di sekitar KL Sentral atau KLCC bawa 2 anak kecil 7 1/2 tahun sama 6 tahun
    Saya pengen ke Batu Caves, Petaling, Dataran Merdeka sama Twin Tower
    Menurut Mas Awan, itinerary yang efektif & murah kaya gimana ya syukur-syukur memaksimalkan GoKL biar gratis hehehe

    Reply
    • Halo mas Fajar,

      Kita udah kontak lewat LINE kan ya πŸ™‚
      Tambahan aja, ke Batu Caves paling efektif naik kereta KTM dari KL Sentral, dan ke Petronas paling efektif naik kereta LRT turun di stasiun KLCC (mall KLCC).

      Salam,
      Awan

      Reply
      • Siaaapppp sudah contact via Line dan sepertinya saya masih akan banyak tanya-tanya lagi Mas, secara baru mau pertama kali ke luar negeri πŸ™‚

        Reply
  9. Selamat malam mas,januati thn depan saya mau ke malaysia dgn anak2 14 dan 11 thn juga ibu saya 70thn,naik malaysia airlines,kami sampai bandara klia jam 14.05 dan berencana langsung ke melaka nginap semalam,besoknya baru nginap 3 hari di kl,saya juga berencana cari hotel di daerah kl sentral dgn pertimbangam bawa ortu jadi cari yg sedekat mungkin dgn tranportasi umum,mas awan bisa bantu nyusun itenerary,saya bingung juga nyusunnya,kemudian penerbangan kami balik ke indi esia tgl 6 jam 9 pagi,naah…sebaiknya bila kami menginap di daerah kl sentral jam brp kami sdh harus sampai di bandara klia dan transportasi apa yg baiknya untik kami…mohon pencerahannya ya mas…trimakasih banyak sebelumnya

    Reply
    • Halo kak Iva,

      Apa kabar? Terus terang kalo soal itinerary Malaysia/KL saya tidak ada dan karena keterbatasan waktu saya juga belum bisa buatkan secara personal. Untuk di Melakanya sendiri karena kotanya kecil, jadi akan di sekitar Bangunan Merah – Jonker Street – dan nyebrang ke Pasar Malam Kota Laksamana. Kalau bisa cari penginapan yang benar2 dekat/berada di Jonker Street, kalau memang mau kemana2 jalan kaki. Bisa juga naik kapal di Melaka River-nya.

      Untuk di KL sendiri, nginap di sekitar KL Sentral memang menguntungkan karena semua transportasi terpusat disini. Yang pasti wajib dikunjungi:
      – Menara Petronas (naik LRT ke stasiun KLCC)
      – Batu Caves (naik kereta KTM tujuan Batu Caves)
      – Central Market & Petaling Street (naik LRT ke stasiun Pasar Seni)
      – Bukit Bintang & Jalan Alor (naik monorail ke stasiun Bukit Bintang)
      Dan juga bisa ke berbagai tujuan lainnya di dalam kota KL, seperti ke Masjid Jamek dan Pelataran Merdeka yang bersejarah dan bagus juga untuk foto2.

      Untuk balik ke airport (penerbangan jam 9 pagi), menurut saya paling praktis bisa naik taxi (coba pesan ke hotelnya, biasanya antara RM 100-140). Atau kalo mau lebih murah tapi susah sedikit, naik bus dari KL Sentral harus ke KLIA2 dulu (naik SkyBus atau Aerobus), nanti baru pindah terminal dari KLIA2 ke KLIA. Setidaknya naik bus yang jam 5 pagi.

      Salam,
      Awan

      Reply
  10. Mas Awan, maaf mau tanya nih….awal oktober nanti sy nginap di daerah Bukit Bintang,rencana mau ke Malaka di hari ke 3. Transport apa yg paling nyaman dan mudah? Karena kebetulan suami sy tidak terlalu suka menggunakan transport yg harus ganti turun naik….makasih Mas…..mohon sarannya ya….

    Reply
    • Halo kak Kristin,

      Kalo tanya transport yang langsung, mungkin bisa booking taxi dan pastinya akan jauh lebih mahal.

      Kalo mau hemat:
      – Dari Bukit Bintang naik monorail ke KL Sentral
      – Dari KL Sentral naik kereta KLIA Transit atau LRT (yang lebih murah) ke stasiun Bandar Tasik Selatan
      – Turun di stasiun Bandar Tasik Selatan, jalan kaki ke terminal bus TBS (Terminal Bersepadu Selatan)
      – Dari TBS naik bus antar kota ke Melaka (perjalanan 2 jam)

      Kombinasi lainnya:
      Dari Bukit Bintang naik taxi ke TBS, dan dari TBS naik bus antar kota ke Melaka.
      Semoga jelas ya, kak.

      Salam,
      Awan

      Reply
      • Makasih banget inputnya Mas….mau tanya lg ya hehe…..ada recommend hotel yg nyaman dan strategis di Malaka? Klo bisa yg ada view sungai Malaka. Saya bingung milihnya. Oya kalau dari Malaka mau langsung ke airport, apa transportnya sama Mas?? Mohon pencerahan…..makasih ya

        Reply
        • Halo lagi kak,

          Untuk hotel coba pilih yang di dekat/sekitar Jonker Street (area kota tuanya), karena itu yang juga dekat sungainya. Nanti coba lihat review/keterangan hotel tersebut di Agoda atau Booking dot com. Saya di Melaka belum pernah nginap yang di daerah situ sih, jadi tidak bisa kasih rekomendasi juga. Tapi itu adalah daerah atraksi utamanya.

          Kalau dari Melaka mau langsung ke airport, selain langsung naik taxi, bisa pilih naik bus antar kota menuju ke TBS (Terminal Bersepadu Selatan), dan dari situ jalan kaki ke stasiun kereta Bandar Tasik Selatan, lanjut naik kereta KLIA Transit ke bandara KLIA/KLIA2.

          Salam,
          Awan

          Reply
          • Ke Malaka ngga rumit kok mbak, di Malaysia transportasi umumnya oke. Cuma harus perhitungin waktu juga ya. Karena di dalam Malaka-nya sendiri, saat mau menuju ke kota tuanya suka macet juga.

            Salam,
            Awan

  11. Maaf mas mau tanya,, kalau qt mw ke menara pretronas, brarti k KL sentral dlu yah? Nah klw mau foto di taman untuk ambil view menara, ada batas waktunya? Klw misalkan jam 11/12 malem masih bisa? Buat ngisi wktu transit sih

    Reply
    • Halo kak Sandra,

      Betul, semua du Kuala Lumpur berawal dari stasiun KL Sentral. Tinggal naik kereta yang kenuju ke KLCC, turun disana dan jalan kaki keluar untuk lihat Petronas. Kalo mau foto saran saya jangan lewat jam 10 malam. Karena kalau malam lampu2 di gedung ini dimatikan (save energy), jadi ngga kelihatan menaranya πŸ™‚

      Salam,
      Awan

      Reply
  12. Mas…saya akan melakukan perjalanan kembali dari Labuan menuju Batam minggu depan. Trip flight saya tiba jam 11 malam di KLIA dan esoknya dari Subang airport ke Batam. Apakah sebaiknya saya cari hotel terdekat di KLIA atau mudah mencari taxi untuk ke kota ?

    Reply
    • Halo mas Adi,

      Flight dari Subang Airport-nya ngga pagi2 kan? Kalo misalnya memang mau nginap di kota / KL bisa aja naik kereta KLIA Ekspres atau bus dari KLIA2 menuju ke KL Sentral. Di sekitar KL Sentral juga banyak hotel lumayan murah (sekitar Rp. 300 ribuan semalam). Tapi kalo mau nginap di dekat KLIA2, bisa di Tune Hotels misalnya, tinggal jalan kaki dari KLIA2. Untuk harga2 hotel bisa cek di Agoda atau Booking dot com.

      Jangan lupa Subang Airport itu sekitar 60 km dari KLIA, jadi persiapkan waktu jauh2 sebelumnya kalo mau naik taxi. Sementara kalo lebih murah bisa naik bus, cek jadwal di easybook dot com. Bisa pesan tiket bus langsung di website itu juga. Bus mulai jam 4.45 pagi sampai jam 11 malam (pergi setiap 30 menit). Semoga infonta membantu.

      Salam,
      Awan

      Reply
  13. Halo mas, saya dan teman2 hendak ke genting highland, rencana naik air asia. Minta info rute2 perjalananya bileh mas, untuk penginapan apakah nginap di kl sentral dulu atau langsung nyari tiket di genting highland. Makasih

    Reply
    • Halo mas Rafif,

      Tergantung jam sampai di KLIA2-nya jam berapa dan apakah di Genting-nya mau nginap atau tidak.

      Kalo sampenya masih belum siang, dari KLIA2 ada bus yang langsung ke Genting Highlands. Tapi kalo mau besoknya, bisa berangkat dari KL Sentral, ada bus khusus yang ke Genting. Jadi terserah mas rencananya gimana?

      Salam,
      Awan

      Reply
      • Kmungkinan gak sempat kalo langsung mas. Adakah referensi hotel di kl central yg murah dan deket dg terminal bus yg mnuju ke genting mas?

        Reply
        • Halo mas Rafif,

          Di sekitar KL Sentral banyak sekali hotel budget. Bisa pilih Hotel Sentral, Nu Sentral atau yang lebih murah lagi, bisa di cek di Agoda atau Booking dot com ya.
          Bus ke Genting itu lokasinya juga di KL Sentral.

          Salam,
          Awan

          Reply
  14. Maaf mas mau tny..apakah di skitar KL Sentral bnyk terdpt hotel??
    Kalo dr KLIA2 mau ke Petronas..apakah bs langsung atau hrs ke KLS dulu??
    matur nuwun

    Reply
    • Halo mas Eddy,

      Betul sekali, di sekitar stasiun KL Sentral banyak budget hotel.

      Semua terhubung lewat KL Sentral. Jadi dari KLIA2 harus ke KL Sentral dulu, baru nyambung naik LRT ke Petronas ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  15. Halo mas awan..

    Flight saya ke bangkok via KL, tiba di KL pukul 10.40 dgn air asia, penerbangan lanjutan ke bangkok pukul 14.15 dgn air asia juga.
    Saya tidak ada bagasi dan kode booking air asia berbeda.
    Saya sudah web check in.

    Pertanyaan saya : apakah saya bisa langsung masuk ke transfer area dan tidak perlu keluar masuk imigrasi?

    Saya bingung karena ada yg bilang bisa dan ada yg blg tidak bisa.

    Mohon pencerahan ya mas
    Terimakasih

    Reply
    • Halo mbak Dina,

      Untuk amannya ngga ada salahnya mbak double check ke Air Asia karena beli tiketnya terpisah / bukan connecting flight. Tinggal telpon ke customer service-nya apakah benar bisa tanpa keluar imigrasi. Nomer AA: 021 – 2927 0999.

      Saya ngga pernah soalnya di KL ada flight lanjutan dan ngga keluar dulu. Sepertinya tetap harus keluar imigrasi dulu, karena area kedatangan dan keberangkatan terpisah. Kalo mbak beli tiket yang connecting flight, di bagian dalam bandara emang bisa masuk ke pintu khusus yang nyambung ke bagian keberangkatan. Jadi lebih baik pastiin ke Air Asia aja ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Halo mbak Nikita,

      Sepertinya kali dari KLIA2 paling praktis naik taxi deh. Mustinya lebih murah daripada ke Kuala Lumpur ya, karena lokasinya dari bandara lebih dekat Bukit Jalil.

      Kalo dari tengah kota / KL Sentral ada kereta LRT yang ke Bukit Jalil.

      Salam,
      Awan

      Reply
  16. Mas, maaf mau bertanya, kalau ingin jalan-jalan di KL itu kalau mau naik kereta dan bis, sebaiknya beli tiket sekali jalan atau yang berbentuk kartu isi ulang ya? Terima kasih.

    Reply
    • Halo mbak Tutik,
      Di KL semua beli tiket sekali jalan aja. Karena berbeda2, ada monorail, kereta komuter, kereta airport dan bus umum. Belum ada satu kartu yang bisa integrasi dipakai di semua kendaraan umum.

      Salam,
      Awan

      Reply
  17. haloo , saya dan teman hendak ke KL beda maskapai, saya garuda KLIA dan teman airasia KLIA2 , mana yg lebih baik bertemu di KLIA1 atau di KLIA2 untuk kemudia pergi ke kota tempat menginap?thank you

    Reply
    • Halo mbak Nia,

      Kalo mau ke tengah kotanya naik SkyBus ketemunya di KLIA2, karena busnya dari sana. Tapi kalo mau naik kereta KLIA Ekspres atau taxi, janjian di terminal siapa yang mendarat belakangan aja ?

      Salam,
      Awan

      Reply
  18. haloo mas, saya mau nnya, saya kebetulan mau ke phuket lewat Kuala lumpur, tapi tdak beli tiket yng flythru. sampe di kl sktr jam 15.10 kmudian flight lgi jam 20.30 apa ttp ke imigrasi atau lgsg ke transfer

    Reply
    • Halo mbak Emiliana,

      Kalau mbak ngga ambil fly thru, berarti maskapai penerbangan cuma tau tiket mbak sampai KL aja. Jadi tetap harus keluar imigrasi, ambil bagasi (kalau ada), terus nanti 3-2 jam sebelumnya check-in lagi untuk penerbangan ke Phuket dan baru masuk imigrasi lagi ya. Sama seperti penumpang lain yang tujuannya ke KL, dan harus keluar dulu di KL.

      Salam,
      Awan

      Reply
  19. Hati hati terhadap costums malaysia di KLIA 2 jangan membawa barang berupa susu,bahan bumbu seperti bumbu tomyam.dan parfum.sebab akan disita.dan jangan harap barang sitaan itu akan di hancurkan dihadapan anda,yang jelas kalau anda ribut dia cuma belagak bego…oleh sebab itu saya sarankan untuk teman teman untuk tidak berbelanja di Malaysia.apa lagi kalau anda melalui bandara diatas.

    Reply
  20. Halo, saya mau tanya. Kalo saya sampe klia jam 12.55, lalu harus lanjut lagi pesawat ke bkk jam 15.35, apakah sempat mas? Mengingat antri imigrasi dan bandara yg luas. Mohon sarannya. Tks.

    Reply
    • Halo mbak Putri,
      Harus sempat dong! πŸ™‚ Kalo ngga nanti mbak harus beli tiket baru. Hehehe…
      Pokoknya harus gerak cepat ya mbak, lebih baik kalo ngga bawa bagasi. Kalo harus pindah terminal dari KLIA ke KLIA2, naik kereta KLIA Ekspres/Transit aja biar cepat. Semangat & selamat jalan2, mbak!

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Maaf..sy jg tiba di klia 1.pk.13.20 (penerbangan malindo)..terbang ke bangkok lg 16.50..klu kami tidak pake bagasi..apakah msh keburu waktu nya untuk pindah dan cek in di imigrasi klia 2 pake pesawat airasia?

      Reply
      • Halo mas Ishak,
        Mustinya waktu 3 jam cukup untuk pindah terminal dari KLIA dan langsung check-in di Air Asia KLIA2 ya. Semoga Malindo-nya tidak ada delay.

        Salam,
        Awan

        Reply
    • Halo, apa kabar?
      Nanti sebaiknya sampai di KLIA2 langsung ke bagian information dan tanya ya supaya dapat informasi paling update.

      Salam,
      Awan

      Reply
  21. Saya mau tanya jadwal bus dr kl sentral ke klia2?
    Tiket bus beli dimana?pembelian tiket bisa dibeli beberapa hari sebelum berangkat?
    Maaf bnyak bertanya krna saya bru sekali ke malaysia itupun rombongan dan saya berencana kesana lg tanpa menggunakan jasa tour n travel…sblmny trims…

    Reply
    • Halo mbak Resha,

      Busnya mulai dari jam 3 pagi sampai jam 12 malam ya.
      Kalo mau booking tiket bisa ke website-nya SkyBus: skybus.com.my

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Halo mbak Ana,

      Sebaiknya 4 jam sebelumnya sudah naik bus dari KL Sentral. Karena perjalanan ke KLIA pake bus sekitar 1 – 1,5 jam.

      Salam,
      Awan

      Reply

Leave a Comment