Pengalaman Staycation Saat New Normal

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Yang udah kangen staycation mana suaranya?! Apa sudah siap untuk menginap di hotel untuk staycation lagi saat new normal ini?

Emang di kondisi sekarang ini kalo mau refreshing dan liburan ‘away from home’ sepertinya yang paling nyaman dan bisa dibilang lebih aman adalah staycation di hotel ya. Staycation sih biasanya di hotel-hotel di kota tempat kita tinggal, dimana kita menginap satu atau dua malam untuk refreshing atau cari suasana baru. 

Siap untuk staycation lagi di saat new normal? (Lokasi: The Luxton Cirebon Hotel)
Siap untuk staycation lagi di saat new normal? (Lokasi: The Luxton Cirebon Hotel)

Tapi emang saat ini belum semua fasilitas di hotel seperti kolam renang atau gym-nya beroperasi normal. Ada yang fasilitas umum seperti ini masih ditutup. Dan di bulan Juni kemarin aku sempat staycation di salah satu hotel di Jakarta, untuk breakfast buffet-nya juga ditiadakan, jadi makanan saat sarapan diantar ke kamar masing-masing.

Breakfast di hotel saat new normal (Lokasi: Luminor Kota Hotel, Jakarta)
Breakfast di hotel saat new normal (Lokasi: Luminor Kota Hotel, Jakarta)

Dari pihak hotel-hotel yang sudah beroperasi di masa New Normal ini pastinya juga akan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan yang dianjurkan oleh pemerintah. Jangan lupa, kita sebagai tamu juga harus mengikuti protokol ini ya. Umumnya protokol kesehatan tersebut seperti ini:

  1. Tamu harus menggunakan masker sebelum memasuki area hotel
  2. Tamu harus menggunakan hand sanitizer atau cuci tangan dengan sabun sebelum memasuki lobby hotel
  3. Di front office atau reception disediakan hand sanitizer yang bisa dipakai setelah menyentuh/menggunakan alat-alat yang digunakan besama, misalnya pulpen, atau setelah menerima kartu/kunci hotel, mesin EDC, atau menerima kembali KTP setelah registrasi
  4. Mengisi form Pernyataan Atas Kondisi Kesehatan (ini aku alami saat check-in di The Luxton Hotel, Cirebon)
  5. Kalau front office atau reception ramai, tamu dianjurkan untuk tetap jaga jarak sesuai peraturan di setiap hotel
  6. Jika pesan menginap dengan breakfast, biasanya makanan akan diantar ke kamar dan bukan breakfast buffet di restoran
  7. Jika memesan delivery makanan/barang, tamu harus mengambil sendiri pesanan dari ojek daring di pintu lobby atau tempat yang sudah ditentukan pihak hotel.
Hand sanitizer yang disiapkan di berbagai sudut di hotel-hotel
Hand sanitizer yang disiapkan di berbagai sudut di hotel-hotel

Kurang lebih itulah hal-hal yang harus kita perhatikan jika sudah siap untuk melakukan staycation di saat new normal ini. Yang pasti kita harus ikutin protokol kesehatan, stay healthy and stay safe. Jaga kesehatan kita sendiri dan peduli dengan kesehatan orang lain. Siapa yang udah siap untuk staycation lagi? Silahkan komen atau ceritain pengalaman kamu di kolom komentar ya.

There is a Mobile Optimized version of this page (AMP). Open Mobile Version.
Chat via Line official @travelawan untuk update promo tiket dan liburan Anda

2 comments

  1. Wah bagus juga Luxton Hotel Cirebon kasih syarat harus isi surat penyataan sehat.. Kami uda dua kali staycation belum kedapetan tuh persyaratan itu.. Kalo persyaratan yang lain sudah.. Breakfast saja yang ada kadang bisa in room atau di resto tapi dengan sistem bukan buffet (dilayani pramusaji)

    1. Halo kak James,
      Iya nih, The Luxton Cirebon begitu check-in harus isi formulis pernyataan sehat sih. Waktu staycation di jakarta dan Bandung juga ngga diminta isi formulir segala sih, dan breakfast waktu itu cuma bisa diantar ke kamar. Mungkin karena masih PSBB Terbatas kayanya 🙂

Tinggalkan Komentar