Pengalaman Terbang ke Luar Negeri di Masa New Normal

travelawan

Hi, apa kabarnya? Kali ini aku mau cerita nih tentang pengalaman aku terbang dari Jakarta ke luar negeri di masa new normal ini.

Pengalaman Terbang ke Luar Negeri di Masa New Normal, Travelawan
Terbang dalam keadaan sehat dan ikuti protokol kesehatan. Stay safe and healthy!

Kalau ditanya apakah sudah siap untuk berpergian lagi? Pastinya jawaban teman-teman bakalan beragam ya. Emang kalau pergi untuk jalan-jalan sekarang ini pastinya semua akan lebih terbatas, belum tentu tempat-tempat yang kita mau kunjungi di kota tujuan sudah buka lagi. Dan kalau sampai pergi-pergi jangan lupa ikutin protokol kesehatan ya, supaya aman untuk diri sendiri, orang-orang terdekat kita dan orang lain. Karena di masa pandemi ini emang harus saling menjaga, supaya kita semua tetap sehat.

Pengalaman Terbang ke Luar Negeri di Masa New Normal, Travelawan
Pengalaman terbang dari Jakarta naik All Nippon Airways ke luar negeri di masa new normal

Oh ya, balik nih ke cerita saat aku harus terbang lagi di masa new normal, dan pastinya penerbangan juga masih sepi penumpang. Kalau terbang di dalam Indonesia (domestic flight) kita emang diharusin untuk test Covid-19 sebelum melakukan perjalan, tapi untuk penerbangan internasional ke luar negeri ngga ada ketentuan harus melakukan test pada saat aku terbang di pertengahan bulan Juli 2020. 

Menurut keterangan dari pihak maskapai untuk test Covid-19 dan karantina itu tergantung dari kebijakan masing-masing negara yang akan kita datangi. Dan memang banyak negara yang saat ini juga menutup perbatasannya untuk wisatawan, jadi yang bisa terbang masuk hanya warga negara atau yang punya izin tinggal/kerja di negara tersebut.

Yang penting harus diperhatikan saat mau terbang ke luar negeri di masa new normal ini adalah:

  1. Sebaiknya beli tiket pesawat langsung ke atau di situs/website maskapai penerbangan, jadi jika perlu merubah jadwal penerbangan bisa langsung kontak ke customer service-nya, ngga harus ke pihak ketiga (situs pemesanan tiket lain) yang akan memakan waktu lebih lama dan kemungkinan ada biaya tambahan
  2. Jika harus transit di suatu negara, cari info ke maskapai yang akan kita pakai apakah negara tersebut bisa menerima penumpang transit? Misalnya: saat ini (pertengahan tahun 2020), di Hong Kong wisatawan hanya bisa transit atau punya connecting flight yang rentang waktunya ngga lebih dari 8 jam
  3. Setidaknya seminggu sebelum terbang konfirmasi ke pihak maskapai apakah ada peraturan baru atau perubahan aturan yang ditetapkan untuk terbang dari Indonesia ke luar negeri?
  4. Cari info apa aja ketentuan dari negara yang akan kita tuju seputar regulasi mereka tentang Covid-19. Apakah harus test Covid-19 atau karantina setibanya kita disana?
  5. Dan yang penting juga adalah menjaga kondisi fisik kita, terbang dalam keadaan sehat, bawa perlengkapan yang kita perluin di masa Adaptasi Kebiasaan Baru ini, dan ikuti protokol kesehatan.
Baca juga:   Staycation di The Luxton Cirebon, Hotel Strategis di Kota Udang
Pengalaman Terbang ke Luar Negeri di Masa New Normal, Travelawan
Penting untuk menjaga kondisi fisik kita dan terbang dalam keadaan sehat

Semoga berbagi pengalaman ini berguna untuk teman-teman yang punya rencana juga untuk terbang ke luar negeri di masa new normal ini. Kalau ada info tambahan atau mau sharing pengalaman kamu juga, bisa kasih komen di bawah ya.

Stay safe and healthy. Have a safe flight!

Also Read

Tags

Leave a Comment