Pertama Kali Berlibur ke Luar Negeri? Inilah yang Kamu Perlukan

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Inilah 6 Hal yang Kamu Perlukan Saat Pertama Kali Liburan ke Luar Negeri

Sebagian besar orang pasti mengidamkan suatu hari nanti bisa liburan ke luar negeri. Malaysia, Singapura, Thailand, Australia, Turki, Eropa, atau negara mana pun itu, pasti rasanya akan sangat menyenangkan. Tapi sebelum kamu membayangkan betapa indahnya negara tersebut, kamu wajib mempersiapkan segala perlengkapan yang akan kamu butuhkan sebelum berangkat, saat berada di sana, dan ketika pulang ke tanah air lagi nanti. Apalagi ini adalah kali pertama kamu liburan ke luar negeri. Lalu apa saja ya yang kamu perlukan saat pertama kali liburan ke luar negeri? Berikut ulasannya:

1. Siapkan dokumen penting seperti paspor dan visa

via pexels.com

Penting banget nih sebelum berangkat kamu harus membuat paspor terlebih dahulu di kantor imigrasi di kotamu. Atau kamu bisa mengurusnya secara online lewat website resmi imigrasi.go.id. Karena ini adalah perjalanan pertamamu ke luar negeri, maka wajib membuat paspor. Sedangkan visa, pembuatannya tergantung pada negara mana yang akan kamu tuju dan berapa lama kamu akan berkunjung. Biasanya negara-negara tersebut memberlakukan eVisa juga Visa on arrival yang berbeda pada masing-masing negara.

2. Kenali negara tujuan termasuk transportasi, bahasa, cuaca, dan peta lokasi

via stocksnap.io

Luar negeri pastinya berbeda dengan Indonesia; hanya memiliki 2 musim. Jika kamu berencana berlibur ke negara yang mirip Indonesia seperti Kuala Lumpur sih, tidak terlalu berbeda jauh. Namun lain hal jika negara yang kamu tuju seperti Eropa, Australia, atau Jepang. Kamu harus benar-benar mempersiapkan perlengkapan sedetail mungkin. Bagaimana transportasi umum di sana, kebiasaan masyarakat setempat, pakaian yang menyesuaikan cuaca, serta bahasa. Membawa notebook untuk mencatat hal penting juga sangat dianjurkan, seperti alamat hotel, lokasi stasiun tujuan, juga nomor telepon untuk berjaga-jaga jika ponselmu lowbatt. Pastikan kamu bisa berbahasa Inggris secukupnya karena bahasa Inggris relatif bisa diterima di mana saja.

3. Buat itinerary destinasi mana saja yang akan kamu kunjungi

via stocksnap.io

Sudah sampai di negara impian, tentunya kamu punya kota tujuan di mana kamu akan menginap kan? Kamu tidak akan kerepotan jika sudah menyusunnya sejak sebelum berangkat. Maka kamu harus membuat itinerary destinasi mana saja yang akan dikunjungi selama berada di sana. Hal ini juga akan memudahkan jika semua kegiatanmu sudah terjadwal. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai objek wisata yang akan kamu datangi, transportasi yang akan digunakan, berapa harga tiket masuknya, serta kapan waktu kunjungan terbaik kesana.

4. Tukar mata uang

via stocksnap.io

Jangan sampai lupa menukar mata uang sesuai negara yang kamu tuju. Karena fungsi uang yang begitu penting saat berlibur, sebaiknya kamu menukarkan uang rupiah ke mata uang negara tujuan dulu sebelum mulai pergi. Hindari menukarkan rupiah di luar negeri, agar tidak dirugikan oleh kurs yang lebih rendah. Selain menukar dengan uang kertas, sertakan pula uang receh karena di luar negeri, karena uang koin akan sangat berguna ketimbang uang nominal besar. Bawa jumlah uang yang cukup dan sejumlah US Dollar sebagai cadangan.

5. Ganti sim card

via stocksnap.io

Buat kamu yang aktif bermedia sosial, pasti sangat memerlukan internet dimanapun kamu berada. Nah, saat berlibur ke luar negeri, sebaiknya kamu mengganti sim card lokal di negara tujuan agar tetap aman dari mahalnya roaming kalau memakai kartu dari Indonesia. Atau biar lebih hemat lagi, kamu bisa memanfaatkan fasilitas free WiFi yang terdapat di hotel atau beberapa tempat umum lainnya. Mengaktifkan ponsel juga berguna untuk mengabari orang-orang rumah bahwa kamu baik-baik saja selama melakukan perjalanan.

6. Pesan tiket pesawat dan hotel

via stocksnap.io

Saat ini kamu tidak perlu pusing memesan tiket pesawat dan hotel karena banyaknya jasa pembelian pesawat dan hotel sekaligus secara online, tinggal pilih dan klik semuanya beres. Kamu bisa memanfaatkannya untuk melakukan perbandingan pada beberapa maskapai dan hotel serta menemukan tiket dengan harga termurah. Banyak kok yang menawarkan promo tiket pesawat PP dengan harga terjangkau. Begitu pula dengan hotel, kalau punya saudara di negara tujuan sih asik ya. Tapi kalau tidak, sebaiknya pilih hotel yang lokasinya dekat dengan berbagai fasilitas publik, supaya tidak kesulitan untuk bepergian dengan alat transportasi umum di sana.

Liburan pertamamu ke luar negeri sudah aman jika semua perlengkapan sudah dipersiapkan dengan baik. Cek kesehatanmu juga sebelum berangkat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selamat berlibur!

Kontributor : Siti Yulianingsih

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

Tinggalkan Komentar