Pilihan Transportasi Untuk ke Pattaya, Naik Taxi, Bus Atau Kereta

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Pilihan Transportasi Untuk ke Pattaya, Naik Taxi, Bus Atau Kereta

Pattaya, satu nama yang mungkin sering kita dengar dan merupakan salah satu kota tujuan wisata paling populer di Thailand. Kota ini terkenal di kalangan wisatawan mancanegara sejak lama, pantai dan hiburannya memang menjadi daya tarik utama. Dimulai sebagai tempat liburan di tepi pantai, kini Pattaya telah berkembang dengan sangat pesat.

Letaknya yang hanya sekitar 140 km dari ibukota Bangkok, membuat kita sangat mudah untuk menjangkaunya. Kota pantai dan pusat hiburan ini bisa dicapai dengan waktu tempuh sekitar dua jam dengan berbagai transportasi umum, mulai dari taxi, bus atau kereta.

Senja di Pattaya Beach

TAXI DAN LIMOUSINE

Dari Bandara Suvarnabhumi, dapat memesan taxi di counter yang ada di luar area Kedatangan (Level 1). Tarif untuk menuju Pattaya biasanya antara 1,300 – 1,500 Baht. Sementara jika ingin menyewa limousine dengan pilihan mobil yang lebih eksklusif, ada beberapa perusahaan penyedia jasanya di bandara ini. Mobil yang mereka sediakan beragam dengan harga variatif antara 2,200 sampai 5,000 Baht sekali jalan. Untuk pemesanan pergi-pulang biasanya akan diberikan tarif lebih murah.
Sementara untuk taxi dari Pattaya menuju balik ke Bangkok, tarifnya sekitar 1,000 Baht.

Bus Bangkok - Pattaya dari Eastern Bus Terminal (Ekkamai)

BUS UMUM

Untuk seorang budget traveler seperti saya, pilihan transportasi termurah untuk menuju Pattaya adalah dengan menggunakan bus umum atau kereta. Berikut alternatif pilihan kendaraannya.

Dari Bandara Suvarnabhumi

Jika ingin langsung menuju Pattaya begitu sampai di Bandara Suvarnabhumi, setelah keluar dari imigrasi dan pintu kedatangan (masih di dalam gedung bandara) turun satu lantai ke Level 1, kemudian belok ke arah kiri dan jalan menuju pintu Exit 8. Disana terdapat loket pembelian tiket bus ‘Bell Travel Service’. Tarif: 134 Baht/orang dan untuk diantar sampai hotel tarif 200 Baht/orang. Sejak Januari 2017 untuk bus rute Suvarnabhumi Airport – Pattaya hanya menerima pemesanan tiket secara online saja.
Website: www.belltravelservice.com

Bagi Anda yang merencanakan untuk langsung balik ke Suvarnabhumi dari dari Pattaya, bisa menghubungi Bell Travel Service (Tel: +66 08 370-055). Mereka akan melakukan penjemputan ke hotel dengan minivan, untuk kemudian berkumpul di terminal dan naik bus menuju bandara.

Dari Terminal Bus Dalam Kota Bangkok

Dari Bangkok, bisa berangkat melalui Eastern Bus Terminal. Terminal ini adalah yang paling umum digunakan. Cara termudah menuju terminal ini, tinggal naik BTS Sukhumvit Line dan turun di Ekkamai Station yang berada di daerah Sukhumvit (Soi 63 / Soi Ekkamai).
Begitu sampai di depan stasiun bus, langsung menuju ke loket terdepan di sisi kanan. Harga tiket 124 Baht.
Bus AC akan berangkat setiap 30 menit antara jam 05:20 sampai 23:20 setiap harinya.

Ayo, Wisata ke Pattaya!

Bisa juga naik dari Northern Bus Terminal (Mo Chit), bus tersedia antara jam 05:30 sampai 20:00. Untuk menuju kesini tinggal naik MRT ke Chatuchak Park Station atau BTS Sukhumvit Line, menuju ke Mo Chit Station. Dilanjutkan dengan naik ojek, tuk tuk atau jalan kaki sekitar 20 menit.

BUS DARI PATTAYA – BANGKOK

Bus AC dari Pattaya menuju balik ke Bangkok tersedia mulai jam 04:30 sampai 23:00 dari Pattaya Bus Terminal. Jadwal keberangkatan setiap 30 menit sekali menuju Ekkamai (Eastern Bus Terminal) dan Mochit (Northern Bus Terminal).

TRAVEL SERVICE

Jika ingin lebih mudah dan nyaman, dari hotel/hostel biasanya bisa memesan jasa penjemputan travel untuk menuju Pattaya. Tarif sekitar 600 Baht/orang atau dengan mobil yang tarifnya tidak jauh berbeda dari taxi umum, sekitar 1,600 Baht.

KERETA API

Jadwal kereta dari Bangkok ke Pattaya (dan sebaliknya) hanya tersedia satu kali sehari, pada hari kerja (Senin – Jumat). Waktu tempuh sekitar 3 jam, lebih lama dari bus.

Untuk kereta, dari Bangkok tersedia di Hua Lamphong Railway Station di Rama IV Road, dekat Chinatown. Jadwal keberangkatan jam 06:55 dan tiba di Pattaya 10:35 pagi.

Dari Pattaya ke Bangkok kereta berangkat melalui Pattaya Train Station (Tel: +66 38 429-285). Jadwal keberangkatan hari Senin – Jumat, jam 14:20 dan tiba di Bangkok 17:40.

Apapun jenis transportasi yang Anda pilih, jika memang mempunyai waktu luang saat ke Bangkok, jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi kota hiburan paling seru di Thailand ini!

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!


62 comments

  1. Halo Kak. mau bertanya.
    saya sebenarnya sampai bangkok nya di siang hari, saya ingin ke pattaya. tapi menunggu karena ingin pergi ke Chatuchak market.
    jadi kemungkinan berangkat ke pattaya mungkin jam 9 malam.
    kalau malam begitu enaknya naik apa ya ? (kalau bisa sih yang murah dan aman)

    sama boleh tahu kah taksi yang aman di thailand merk nya apa ya ? kayak seperti kalau di jakarta kan Bluebird group. kalau di thailand taksi yang aman tidak tipu – tipu (scam) merk taxy nya apa ya ?

    1. Halo kak Johan,

      Kalo mau ke Pattaya jam 9 malam naik bus dari Ekkamai juga aman kok. Jadi paling murah emang naik bus.

      Untuk taxi, di Bangkok karena ngga ngerti baca tulisannya, saya biasanya naik yang warna merah muda atau kuning – hijau. Selama ini ngga pernah ada problem, cuma mereka emang bilang kalo ngga mau pake argo ya kita harus nawar (di dalam kota Bangkok paling mahal 300 baht). Kalo mau lebih pasti ngga usah tawar2, naik Grab Car aja ya kak. Pesannya pake aplikasi Grab yang seperti kita pakai di Indonesia. Begitu orderan dapat, langsung chat aja sama drivernya bilang posisi ada dimana, atau cari posisi tunggu yang gampang dicari.

      Salam,
      Awan

      1. Halo Kak. Terimakassih balasannya. kak ini saya baca – baca di internet. kalau mau ke pattaya dari chatuchak market bisa ke stasiun mo chit ya ? apa harus lewat ekkamai ?

        kalau naik grab bisa ke pattaya kak ?

        1. Halo kak Johan,

          Bisa juga dari stasiun bus Mo Chit ya… bukan stasiun BTS-nya. Jadi naik Grab aja atau taxi ke stasiun bus Mo Chit, dan disitu cari bus yang ke Pattaya.

          Naik Grab ke Pattaya bisa aja, tapi pasti lumayan mahal. Karena perjalanan sekitar 2 jam.

          Salam,
          Awan

  2. Siang mas
    Mas klo kita ber 6 rencana dr bangkok ke pataya mau pulang hari aja nih ceritanya. Rencananya mau ke silverlake, laser budha dan intinya itu ke coral island. Kira2 gmn rutenya ya?
    Dan apakah msh oke klo kita brgkat naik bus saja bukan rent mobil dr bangkok (3500 bh utk 12 jam)?
    Terima kasih mas
    Salam

    1. Halo kak Lia,

      Saran saya paling mudah sewa van / mobil dari Bangkok. Karena Silverlake tidak ada kendaraan umum yang lewatin sana. Kalaupun mau naik sambung2, bisa naik bus umum ke Pattaya dan disana nanti naik Grab Car aja atau charter angkot. Pattaya dalam sehari aja bisa kok, asal perginya jangan kesiangan dari Bangkok.

      Salam,
      Awan

  3. mas mau tanya kalo dari Suvarnabhumi mau langsung ke Pattaya tapi flight saya malem jam 9 malam baru tiba, apa busnya masih ada? atau boleh kasih saran saya harus naik apa?

    Thanks

    1. Halo kak Hellen,

      Mohon maaf saya baru bisa balas ya. Apakah sudah jadi terbang ke Bangkok? Untuk malam sepertinya kalo kejar bus untung2an ya. Sebaiknya nginap di Bangkok dulu semalam, atau naik taxi ke Pattaya. Tapi pastinya lumayan mahal juga kalo pergi sendiri, kalo 3-4 orang satu taxi oke juga.

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak Titus,

      Nanti naik angkot aja dari dalam terminal yang lewat Pattaya Beach Road (semua yang dari terminal pasti lewat Pattaya Beach Road), turun di Pattaya 3 Alley (Soi) atau gang ke-3 Pattaya. Ngga terlalu jauh dari terminal.

      Salam,
      Awan

  4. pagi mas awan..
    mau tanya kalau saya mendarat di dmk jam 5 sore apakah bisa ke pattaya hari itu juga dari mochit???
    atau mending stay di bangkok dulu yah?? mengingat banyak agenda yang ingin saya kejar di pattaya…
    thanks

    1. Halo kak Irvan,

      Perkiraan kalo mendarat jam 5, mungkin baru naik bus ke Pattaya-nya sekitar jam 7-8 malam ya. Dan sampe Pattaya sekitar jam 10-an malam. Terserah sih kalo emang malam tersebut sdh mau di Pattaya, jadi pagi2nya bisa langsung explore.

      Salam,
      Awan

  5. Saya mau tanya kalo dari Bandara Don Mueng mau naik bus ke Pattaya gimana caranya ya? Trus harga tiket kereta bangkok-pattaya dan sebaliknya berapa ya? Terima kasih

    1. Halo kak Ivan,

      Soal harga sama aja, sekitar 120-an baht sekali jalan.
      Kalo dari Don Mueang naik shuttle bus no. A1 aja ke Mo Chit Bus Terminal. Dan dari terminal ini cari loket bus yang tujuan ke Pattaya, beli tiket dulu di loket.

      Salam,
      Awan

  6. halo mas, boleh tanya. Saya renacana mau naik di terminal eastern bus ke Pattaya, kira2 busberhenti di daerah apa di Pattaya nya (di google maps sebelah mana) ? lalu kira2 dari tempat berhenti bus, mau ke Nong Noch angkutan yg murah utk 3 org pake apa? thanks before.

    1. Halo kak Khris,

      Semua bus akan berhenti di terminal bus Pattaya (cuma ada 1 terminal). dari situ mau ke Nong Noch sekarang ini paling gampang mungkin naik Grab, atau borongan sewa taxi ya. Kalo kendaraan umum seperti angkot ngga ada, kecuali kalo borongan sewa angkot.

      Salam,
      Awan

  7. Malam mas awan….
    Saya mau nanya jd utk oembelian tiket bus ke pattaya dr bandara suvarnabhumi sudah tidak bisa di on the spot lagi ya?

    1. Halo kak Yeni,

      Betul sekali, sekarang untuk pembelian tiketnya harus melalui online di belltravelservice.com ya.
      Kalo jadwalnya sudah pasti, sebaiknya beli agak jauh2 supaya pasti kebagian.

      Salam,
      Awan

        1. Halo kak Yeni,

          Maksudnya bus yang Bangkok-Pattaya ya? Bisa kok bawa koper besar, karena ini naik bus besar/antar kota, jadi ada bagasinya.

          Salam,
          Awan

  8. Selamat Sore,

    Kalau saya dari Tambol Tung-Sukhla, Amphur Sriracha Chonburi, mau ke Pattaya, bisa naik kendaraan umum dari mana ya? Tepatnya saya dari Grand Marina Residence. Terima kasih.

    1. Halo mbak Mazuka,

      Maaf sekali saya belum pernah ke Pattaya dari tempat mbak akan menginap. Lebih baik email ke hotelnya dan tanya transportasi dari tempat mereka ke Pattaya apakah ada bus umum? Atau bisa pesan mini van travel? Pasti mereka lebih tau.

      Salam,
      Awan

  9. Mlm… mau tny Klo sampe dmk mlm jam 8 apa bs langsung ke Pattaya dengan bus dr terminal Ekkamai?
    Bus terakhir sampai jam brp?

  10. Haloo mas, numpang tanya yaa, saya berencana pergi tgl 8 juni ke Pattaya, Kalau pergi dari MBK ke Eastern bus terminal bisa naik bus umum nggak yaa? Busnya nomor brp ya mas kira-kira?? Atau ada info pindah bus gitu?? Thanks bro ??

    1. Halo mbak Liliana,
      Wah, maaf saya baru cek2 pesan lagi… udah jalan ya mbakke Pattaya? Semoga semuanya lancar ya. Untuk yang punya pertanyaan sama, bus berdasarkan tujuan. Jadi di terminal nanti beli tiket bus untuk ke Pattaya dan nanti akan dikasih tau tunggu di lane/jalur berapa.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Vemipuri,
      Salam kenal juga. Mbak bisa Google artikel saya tentang ke Pattaya. Ketik kata: Bangkok Pattaya Travelawan – pasti nanti keluar panduannya.

      Kalo mau langsung ke Pattaya dari DMK cuma ada taxi.

      Kalo mau naik kendaraan umum, naik shuttle bus A1 ke Mo Chit bus station dan naik bus ke Pattaya dari sana.

      Atau seperti saya tulis di artikel, naik bus A1 ke stasiun BTS Mo Chit, dari sini naik BTS ke stasiun Ekkamai, turun disini dan naik bus ke Pattaya dari stasiun bus Ekkamai.

      Salam,
      Awan

  11. Pagi mas,
    Saya Arief
    Saya berencana selasa, 18 juli ke pattaya brgkt dari soi rambbruti pagi2 berdua dgn teman. Menurut mas enak naik apa? trus rabo nya saya hrs balik ke DMK. Flight jam 12 siang
    Mohon pencerahannya
    Matursuwun πŸ™‚

    1. Halo mas Arief,
      Tinggal menuju ke stasiun bus antar kota Ekkamai ya. Bisa cari stasiun BTS terdekat dari Soi Rambuttri, bisa aja naik bus 47 dari Ratchadamnoen Road menuju ke stasiun BTS National Monument, dari sini lanjut naik BTS ke stasiun Ekkamai. Turun dari BTS udah stasiun busnya.

      Kalo besoknya flight jam 12 siang dari DMK dan mau nginap di Pattaya, sebaiknya paling lambat jam 6 pagi udah berangkat dari sana. Karena nanti sampe Ekkamai, harus naik BTS dulu ke Mo Chit Station. Dan dari situ lanjut naik bus atau taxi ke DMK.

      Kalo ngga nginap di Pattaya dan stay di Bangkok, ke DMK-nya sama ya kalo mau naik BTS ke Mo Chit dulu. Taxi dari Mo Chit ke DMK ngga mahal, sekitar 150-200 baht.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak, di sepanjang Pattaya Beach Road juga ada yang sewain motor. Biasanya diparkir pinggir jalan dan dikasih tulisan. Jadi bisa tanya ke mereka ya.

      Salam,
      Awan

  12. halo mas. kalo kita mau ke gem factorydi pattaya dari bangkok naik bis nanti turunnya dimana? apakah ada bis antar kota di pattaya? kalo ada bis apa ya? dan ke tempat2 wisata lainnya di pattaya kalo naik bis, bis apa ya? makasih

    1. Halo mbak Vetty,
      Bus antar kota Bangkok – Pattaya cuma berenti di terminal bus Pattaya. Sementara di dalam kotanya kalo lokasi yang di luar jalur utama ngga ada angkutan umum. Jadi harus naik taxi, sewa mobil atau sewa angkot ya.

      Salam,
      Awan

  13. Mas, info dong saya lgi di khaosan road nih, tgl 8 rncananya ke pattaya. Enaknya naik apa ya?? N di pattaya cukup sehari nggk sih?

    1. Halo Lingga… wah, maaf banget ya saya baru bisa balas2 pertanyaan lagi. Moga2 kemarin ke Pattaya-nya lancar ya. Sampai nanti.

      Salam,
      Awan

      1. Hai mas awan.. Salam kenal sebelumnya. Saya mau lanjutin pertanyaan yg sudah ditanyakan sebelumnya oleh orang lain tp blum sempet dijawab. Hehehe.. Klo dari khaosan road ke pattaya transportasi paling mudah & murah (pastinya) naik apa ya?😁 mksh sblmnya..

        1. Halo kak Rifa,

          Di Khaosan Road banyak sekali agen2 travel dan juga bisa pesan di hotel untuk van yang menuju ke Pattaya. Soal harga nanti bandingin aja mana yang paling murah.

          Alternatif lain ya ke Ekkamai Bus Station dan naik bus dari sana, seperti saya tulis di artikel ini.

          Salam,
          Awan

  14. halo, mas.
    saya mau tanya kalau naik bus yang Eastern itu turun Pattaya, mananya ya kalau boleh tau?
    lalu apa sama turunnya apabila naik yg Eastern / Northtern?
    lalu didekat situ ada persewaan motor nggak?
    makasih

    1. Halo mbak Anisah,
      Maaf ya saya baru bisa cek2 email lagi dan jawab. Di Pattaya terminal bus cuma ada satu, jadi semua akan sampai di terminal tersebut. Sewa motor sebaiknya tanya penginapan atau di sekitar penginapan aja. Sekitar terminal sepertinya ngga ada.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mas, saya dari Pattaya ke Bangkok belum pernah naik van. Tapi mustinya ada pilihan terminalnya, biasanya Mo Chit. Nanti tanya aja disana kalo ada pilihan lain dan lebih dekat dengan tujuan mas.

      Salam,
      Awan

  15. Hallo. Saya rencana dari bandara Suvarnabhumi mau langsung ke Pattaya bake Bus. Kalau pulang dari Pattayanya ke daerah Asok (Red Planet), enaknya pakai bus ke bandara lagi baru sambung BTS, atau pake bus langsung? Kalau bus langsug jurusan mana dan perlu online book juga atau tidak? Terima kasih.

    1. Halo, apa kabar?
      Kalo balik dari Pattaya nanti naik bus yang ke Ekkamai Station di Bangkok. Setelah sampe Ekkamai, jalan ke stasiun BTS di depannya dan tinggal naik BTS dari stasiun Ekkamai ke stasiun Asok – tempat hotel Red Planet Asok berada.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Lilis,

      Naik busa dari Ekkamai bisa bawa koper besar kok, seperti naik bus antar kota, ada ruang bagasi di bawahnya.

      Salam,
      Awan

      1. Sya mw tnya nih kn bru prtama kli ke bangkok trus mw langsng ke pattaya gmana cranya ya nail apa untk menuju pattaya dr bandara don mueang.tq

        1. Halo mbak Abigail,

          Tinggal naik bus antar kota dari Ekkamai Station. Caranya gimana? Mbak tinggal baca lagi artikel ini ya… baca yang bagian naik bus, disitu saya udah jelasin lengkapnya.

          Salam,
          Awan

          1. Kalo dari pattaya mau ke tempat wisata seperti laser buddha atau silverlake naik apa ya?
            Makasih

          2. Halo mbak Arum,
            Ke tempat2 itu harus naik taxi/charter taxi atau angkot. Karena ngga ada kendaraan umum yang lewatin tempat2 tersebut.

            Salam,
            Awan

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.