Wisata Singapura, Wajib ke Singapore Botanic Gardens

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia
Booking & Update Tanggal Promo Airasia Jakarta-Bali PP IDR 755.000,- http://bit.ly/BookingAA

Jangan tinggalkan Singapura kalau belum mengunjungi Singapore Botanic Gardens! Taman raksasa nan hijau ini jadi paru-paru kota belanja, Singapura. Keadaan taman yang teduh dan alami ini sangat pas untuk jalan-jalan santai, berolahraga, atau piknik di antara jajaran beton si kota Singa.

Sering jalan-jalan ke Singapura tapi hanya berputar ke tempat belanja dan wisata yang itu-itu saja? Kali ini Anda bisa mencoba hal lain yang lebih fresh dengan mengunjungi Singapore Botanic Gardens. Sebuah taman atau boleh dibilang hutan kota yang telah berusia lebih dari 150 tahun. Selain bersantai, Anda bisa lebih mendekatkan diri dengan alam dan dunia flora. Seperti slogan Singapore Botanic Gardens, yaitu “Connecting People with Plants”.

Hampir di setiap sudut Singapura taman-taman alami nan sejuk menghiasi. Tapi, hutan kota berada di antara gagahnya beton Singapura memiliki daya tarik sendiri bagi siapapun yang mengunjunginya. Seperti Anda ke Bogor, rasanya kurang lengkap bila belum mengunjungi Kebun Raya Bogor atau jika sedang di New York City, kunjungan ke Central Park tentu akan sangat berkesan.

Taman raksasa di tengah kota yang ada sejak tahun 1859 ini, buka setiap hari mulai jam 5 pagi sampai 12 malam. Boleh dibilang, taman ini satu-satunya botanic garden di dunia yang buka dari pagi buta hingga tengah malam dan tidak memungut biaya masuk, alias gratis.

Dengan luas lebih dari 70 hektar, koleksi tanaman yang dimiliki tentunya sangat beragam. Banyak jenis-jenis tanaman langka yang dikembangkan di sini. Singapore Botanic Gardens merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang menyenangkan, terutama bagi para pecinta tanaman.

Hijaunya Singapore Botanic Gardens

Tidak hanya melihat keindahan tanaman yang ada, Anda juga bisa melakukan aktivitas lainnya, seperti berolahraga, piknik bersama teman dan keluarga, atau sekadar mencari udara segar dan ketenangan di antara pepohonan yang rindang. Untuk mencapai Singapore Botanic Gardens, Anda bisa dengan mudah mencapainya menggunakan kendaraan umum. Anda bisa memilih taksi, bus umum yang melewati Holland Road atau Bukit Timah Road, dan MRT.

Bila ingin naik bus, Anda dapat memilih antara bus yang melewati Holland Road atau Bukit Timah. Untuk bus yang melalui Holland Road, Anda bisa menggunakan, SBS Transit Nomor 7, 105, 123, 174 dan SMRT 75, 77, 106. Dan, untuk bus yang melalui Bukit Timah naik SBS Transit Nomor 48, 66, 151, 153, 154, 156, 170 dan SMRT 67, 171. Sedangkan untuk MRT, Anda bisa naik yang menuju Botanic Gardens MRT Station, dengan kode stasiun CC19/DT9.

Satu hal lagi yang menarik. Di dalam Singapore Botanic Gardens juga terdapat National Orchid Garden (Taman Anggrek Nasional). National Orchid Garden ini memiliki luas sekitar 3 hektar dengan koleksi tanamannya yang cantik, terawat, dan menyejukkan mata. Sekitar 700 jenis anggrek dari berbagai penjuru dunia dan lebih dari 2.000 jenis anggrek hibrida atau hasil dari persilangan, hadir di sini. Tentunya taman ini menjadi surga tersendiri bagi kolektor dan pecinta anggrek.

Photo spot di Orchid Garden
(Banyak spot foto seru di Orchid Garden)

Salah satu koleksi Orchid Garden

Selain itu, Anda juga dapat melihat keindahan Cool House. Satu rumah kaca besar yang berisi koleksi tanaman dari daerah pegunungan hutan tropis. Dan juga ada sekitar 250 jenis palem yang tumbuh di bagian taman ini yang dinamakan Palm Valley.

Suasana di dalam Cool House
(Suasana di dalam Cool House)

Si kuning nan cantik

Untuk masuk Ke National Orchid Garden akan ditarik biaya sebesar S$5. Sementara bagi pelajar dan yang berusia di atas 60 tahun cukup membayar S$1 dan gratis untuk anak di bawah 12 tahun. National Orchid Garden buka dari pukul 8.30 pagi hingga pukul 19.00 malam. Di depan National Orchid Garden Anda akan menemukan toko-toko yang menjual cinderamata dengan barang-barang yang menarik dan lucu untuk oleh-oleh.

Menapaki hutan kota yang rindang

Jangan lupa untuk singgah ke Singapore Botanic Gardens Visitor Center yang masih berada di lingkungan taman, terletak di 1 Cluny Road. Di sini Anda bisa menemukan The Botanic Gardens Shop yang menjual buku-buku tentang tanaman, lingkungan, dan juga souvenir unik.

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

Tinggalkan Komentar