Tempat Wisata di Phuket Yang Wajib Dikunjungi

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Phuket merupakan salah satu tempat wisata pantai yang paling populer di Thailand. Popularitasnya mendunia, mengundang jutaan wisatawan mancanegara datang berkunjung ke pulau terbesar di Thailand ini setiap tahunnya. Memiliki luas sekitar 576 km2, sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan, hutan dan perkebunan. Pantai-pantai di sekeliling pulau pun indah, jadi selain wisata ke Phi Phi Island, yang biasanya menjadi tujuan utama kunjungan ke Phuket, masih banyak tempat-tempat wisata lain yang bisa kamu jelajahi di pulau ini.

Phuket merupakan tempat liburan yang tidak terlalu sulit untuk dikunjungi dari Jakarta khususnya, karena ada penerbangan langsung, salah satunya adalah dengan AirAsia yang sering mengadakan promo tiket dengan harga terjangkau. Karena beriklim tropis, Phuket ideal untuk dikunjungi sepanjang tahun. Tapi yang paling pas adalah pada musim kering, yang ternyata berlangsung dari bulan November sampai April, kebalikan dari di Indonesia yang biasanya pada bulan-bulan tersebut sedang berlangsung musim hujan.

Siap untuk jalan-jalan? Ini dia tempat-tempat wisata di Phuket yang wajib dikunjungi.

Wat Chalong
Merupakan kuil terbesar, terpenting dan yang paling banyak dikunjungi di Phuket, berada di Chaofa Road, sekitar 7 km sebelah selatan Phuket Town. Memiliki nama Wat Chaithararam, tapi lebih populer dengan sebutan Wat Chalong, karena memang berada di daerah Chalong. Yang paling menarik dari Wat Chalong ini adalah arsitektur bagunan megah tiga lantainya yang disebut sebagai Chedi atau The Golden Pagoda. Sebagai kuil yang paling populer di Phuket, menjadi salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi wisatawan.


Pemandangan sekitar Wat Chalong, Phuket (Foto: commons.wikimedia.org)

Warga Thai sendiri selalu mengunjungi tempat ini untuk beribadah, terutama ramai pada akhir minggu. Buka 24 jam dan tidak ada biaya masuk (tapi bisa memberikan donasi di kotak-kotak yang tersedia). Karena ramainya pengunjung, tentunya banyak juga tempat berjualan di sekitar kuil ini yang menarik untuk belanja pernak-pernik.

Phuket Big Buddha
Patung Buddha raksasa ini menjadi salah satu landmark di Phuket yang paling penting dan dihormati. Dibangun di bukit tertinggi di Phuket, yaitu Nakkerd Hills yang berada di antara daerah Chalong dan Kata. Patung ini memiliki tinggi sekitar 45 meter dan diameter 25 meter, sehingga sudah terlihat dari kejauhan. Dari atas bukit ini kamu juga bisa menikmati pemandangan 360 derajat sekeliling Phuket Town, Kata, Pantai Karon, dan sekitar Teluk Chalong. Jangan sampai lewatkan kesempatan ini.


Phuket Big Buddha yang jadi landmark pulau ini (Foto: zoomtoasia.com)

Jam Buka: 08:00 – 19:30
Untuk mencapai tempat ini bisa dengan taxi, atau kalau memang berniat untuk sekalian olahraga, bisa jalan kaki menaiki bukit sejauh 6 kilometer. Ikuti jalan setelah Chao Fa Road East dekat Chalong. Banyak petunjuk warna merah dan putih. Belok ke Soi Yodsane dan ikuti petunjuk naik ke atas bukit.

Phuket FantaSea
Ini juga termasuk satu tempat yang wajib kamu kunjungi saat wisata ke Phuket. Merupakan satu pertunjukan yang menarik sekali di Elephant Kingdom Theater, memadukan antara tari-tarian, atraksi gajah, sirkus dan juga sulap, dengan didukung peralatan multimedia yang dikemas sangat baik. Memadukan tradisi dan fantasi, membawa kita ke sebuah perjalanan legenda Thailand yang memukau. Ruang pertunjukannya nyaman dan sangat besar, bisa memuat ribuan penonton.

Selain menonton pertunjukannya, kamu juga bisa menikmati taman hiburan ‘The Ultimate Cultural Theme Park’ ini, yang dilengkapi dengan taman bermain, kuil tradisional Thailand, ada Carnival Village Shopping Street dan juga bisa menikmati buffet yang populer, The Golden Kinnaree. Satu tempat yang pas sekali untuk melewati malam di Phuket. Buka setiap hari, kecuali Kamis (tapi kalau pada Kamis tersebut adalah hari libur nasional, maka buka seperti biasa), jam 17:30 – 23:30. Bisa pesan tiket yang termasuk transportasi antar jemput.
Website: phuket-fantasea[.]com

Phuket Old Town
Phuket Old Town adalah kawasan kota tua Phuket dimana terdapat berbagai bangunan-bangunan tua dengan gaya arsitektur yang khas bergaya Sino Portuguese. Berbagai street market dan tempat-tempat makan lokal bisa kamu temukan disini, pas untuk pencinta fotografi dan kuliner. Banyak spot menarik di sekitar kota tua ini, termasuk kuil Wat Puttamongkon di Thalat Dibuk (Jalan Dibuk). Pusat kota ini mudah dicapai dengan transportasi umum dari berbagai penjuru Phuket.

Phuket Aquarium
Wisata bersama keluarga ke Phuket, pas sekali kalau singgah mengajak anak-anak untuk berkunjung ke akuarium raksasa, dimana kita bisa melihat kehidupan laut Phuket. Aquarium ini berdiri sejak tahun 1983, yang merupakan bagian dari pusat biologi kelautan Phuket atau Phuket Marine Biological Center (PMBC). Juga merupakan sarana untuk mempromosikan kesadaran untuk melestarikan lingkungan.

Alamat: 51 Moo 8 Sakdidet Road, Muang, Muang Phuket 83000
Tel: +66 076 391 126
Website: phuketaquarium[.]org/en/

Itulah tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungi saat ke Phuket, Thailand. Informasi tentang tujuan wisata lainnya di Phuket dapat kamu temukan di bagian lain blog Travelawan. Selamat merencanakan jalan-jalan ke Phuket ya!

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!


Tinggalkan Komentar