Visa contactless Singapura, Tips: pake di Singapura

travelawan

Visa contactless Singapura adalah solusi praktis untuk bertransaksi di Singapura. Temukan tips menarik dari Travelawan yang berbagi pengalamannya.

Visa contactless Singapura, Tips: pake di Singapura, Travelawan
Contoh penggunaan contactless

Apa itu visa contactless?

Visa Contactless itu teknologi pembayaran yang bikin transaksi makin simpel. Kamu cuma perlu deketin kartu ke mesin pembaca, nggak usah repot masukin kartu atau input PIN. Prosesnya cepet, mudah, dan aman.

Kalau kamu lagi belanja, cari aja simbol contactless di kasir, deketin kartu, dan selesai deh transaksinya. Kartu debit atau kredit kamu mungkin udah punya tanda contactless, itu artinya bisa dipake buat bayar tanpa sentuh.

Selain pake kartu, kamu juga bisa bayar tanpa sentuh pake berbagai perangkat, kayak HP, jam tangan pintar, gelang, gantungan kunci, stiker, gitu deh.

Visa contactless udah banyak diterima di toko-toko di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Kalau kamu mau punya kartu Visa contactless, cek aja sama bank yang ngeluarin kartu kamu, pasti bisa dijelasin caranya.

Penggunaan di Singapura

Ini dia tentang visa Contactless Singapura, teknologi pembayaran tanpa kontak yang membuat transaksi menjadi lebih mudah dan cepat. Cukup dengan menempelkan kartu ke mesin pembayaran, transaksi pun langsung terproses. Di Singapura, teknologi ini sudah digunakan secara luas, termasuk untuk pembayaran transportasi umum seperti MRT dan bus.

Tidak hanya itu, teknologi ini juga mendukung pembayaran tanpa kontak melalui perangkat wearable seperti jam tangan yang dilengkapi dengan chip kecil dan fleksibel. Visa Contactless Singapura juga telah terintegrasi dengan aplikasi Visa, memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dengan smartphone mereka.

Baca juga:   Gardens By The Bay, Tempat Wisata Murah di Singapura

Menurut data Consumer Payment Attitudes 2022, penggunaan kartu nirsentuh atau contactless card telah meningkat selama pandemi COVID-19. Singapura memimpin penggunaan dengan persentase sebesar 74%, diikuti oleh Malaysia dengan 56%, dan Thailand dengan 49%.

Secara keseluruhan, Visa Contactless Singapura menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi, serta memberikan lapisan keamanan tambahan karena tidak memerlukan penggunaan PIN. Namun, perlu diingat bahwa setiap teknologi memiliki batas dan risiko keamanan tersendiri, sehingga penting untuk selalu berhati-hati dalam penggunaannya.

Ciri-ciri kartu contactless

Ini dia tanda-tanda kartu sudah bisa Visa Contactless:

1. Logo Contactless: Kartu Visa Contactless punya logo khusus yang nunjukin kalau kartu itu bisa dipakai buat bayar tanpa sentuh.

2. Teknologi NFC: Kartu ini pake teknologi Near Field Communication (NFC) yang bisa bikin bayar jadi gampang, tinggal tap aja di mesin pembayaran Electronic Data Capture (EDC).

3. Keamanan: Bayar tanpa sentuh ini aman banget, ada banyak lapisan keamanan. Kartu ini punya kode keamanan khusus (Card Security Code/CSC 3 angka) buat verifikasi tanpa kartu.

4. Bayar Tanpa PIN: Dengan kartu Visa Contactless, gak perlu repot masukin PIN pas bayar.

Tapi inget, teknologi ini juga bisa dipake di berbagai perangkat keren kayak ponsel dan smartwatch.

Visa contactless Singapura, Tips: pake di Singapura, Travelawan
Contoh logo contactless

Cara menggunakan pembayaran tanpa kontak

Berikut adalah cara menggunakan Visa Contactless di Singapura:

MRT dan Bus: Buat naik MRT dan bus, bisa pakai kartu Visa Contactless buat bayar tiket, gampang banget. Tinggal tap aja pake kartu Contactless Visa di pintu MRT atau mesin pembayaran di bus. Enggak perlu beli EZ-Link Card. Kalo mau cek duit yang udah dipake buat MRT, bisa cek di mesin EZ-Link.

Toko dan Supermarket: Belanja di toko atau supermarket yang punya mesin contactless juga bisa. Bayarnya tinggal tap sebentar di mesin contactless, transaksinya langsung selesai dalam hitungan detik.

Baca juga:   Cara dari Singapura ke Johor Bahru Naik Transportasi Umum

Aplikasi Visa: Visa Contactless juga udah terhubung di aplikasi Visa. Bisa pake smartphone buat beli tiket MRT.

Kartu Visa Contactless aman banget, ada chip di dalamnya, jadi enggak perlu PIN dan risiko kebobolan dikurangin. Visa juga nentuin batas nilai maksimal buat transaksi contactless, cuma sampe satu juta aja.

Kesimpulan

Dalam konteks penggunaan kartu Visa Contactless untuk transportasi umum (MRT dan bus), belanja di toko dan supermarket, serta aplikasi Visa, kesimpulannya adalah sebagai berikut:

– Pengguna dapat dengan mudah menggunakan kartu Visa Contactless untuk membayar tiket MRT dan bus dengan melakukan tap pada mesin pembayaran.

– Transaksi contactless juga berlaku di toko dan supermarket yang dilengkapi dengan mesin contactless, memungkinkan pembayaran yang cepat dan efisien.

– Aplikasi Visa telah terhubung dengan Visa Contactless, memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian tiket MRT menggunakan smartphone.

– Kartu Visa Contactless menawarkan keamanan dengan adanya chip di dalamnya, mengurangi risiko peretasan tanpa memerlukan PIN. Visa juga membatasi nilai maksimal transaksi contactless hingga satu juta.

Dengan fitur-fitur ini, pengguna dapat menikmati kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi, baik dalam perjalanan menggunakan transportasi umum maupun saat berbelanja.

Also Read

Tags

Leave a Comment