Wisata Bangkok, Transportasi Dari Bandara Suvarnabhumi

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Jika kamu merencanakan untuk mengunjungi Bangkok dan masih bingung untuk memilih transportasi dari Bandara Suvarnabhumi menuju ke pusat kota, taxi dan kereta Airport Rail Link bisa menjadi pilihan. Untuk panduan memilih mana yang lebih nyaman, berikut sedikit tips tentang kedua moda transportasi ini.

Pilih Naik Kereta Airport Rail Link, jika:
– Anda traveling sendiri atau jumlah anggota rombongan hanya 2-3 orang. Karena harga tiket Airport Rail Link hanya 45 Baht (sekitar Rp. 17.000 – tergantung kurs saat pergi) sekali jalan
– Hotel tempat akan menginap berada dekat dengan stasiun MRT atau BTS/Skytrain, maka bisa sambung (connecting) dengan MRT di Stasiun Makkasan atau koneksi dengan BTS di Stasiun Phaya Thai
– Barang bawaan kamu ngga terlalu banyak/besar, karena kereta Airport Rail Link juga berfungsi sebagai kereta komuter yang berhenti di setiap stasiun, dan pada jam-jam sibuk kondisi kereta bisa sangat penuh.

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Bangkok dan masih bingung untuk memilih tr

Keuntungan lain dengan naik kereta Airport Rail Link, kamu tidak perlu memikirkan tentang kemacetan yang terjadi pada jam-jam sibuk di Bangkok. Perjalanan dengan kereta ini, sekitar 25 – 30 menit dari Stasiun Suvarnabhumi menuju stasiun terakhirnya, yaitu Phaya Thai.

Mesin pembelian tiket kereta Airport Rail Link, Bangkok
(Mesin pembelian tiket kereta Airport Rail Link)

Lokasi stasiun Airport Rail Link di Bandara Suvarnabhumi:
Setelah keluar dari pintu Arrivals (lantai 2), turun ke Basement, jalan menuju stasiun.
Kereta beroperasi dari pukul 06.00 – 24.00 setiap harinya.
Website: suvarnabhumiairport.com/en/121-airport-rail-link

Setelah keluar dari pintu Arrivals (lantai 2), turun ke lantai 1. Menuju ke coun

Pilih Naik Taxi:
– Jika kamu baru pertama kali ke Bangkok, dengan naik taxi kamu ngga harus berganti-ganti angkutan, langsung diantar ke hotel/penginapan
– Pergi bersama keluarga dan dalam rombongan terdapat anak kecil atau orang tua, karena kalo naik kereta Airport Rail Link perlu berjalan kaki cukup jauh dan berganti-ganti moda transportasi/angkutan
– Kamu pergi dalam grup yang berjumlah lebih dari 3 orang (misal 3 – 4 orang) dan bisa muat dalam satu taxi, maka biaya transportasi yang dikeluarkan tidak jauh berbeda dengan jika naik kereta
– Jika traveling dalam grup lebih dari 4 orang dan tidak bisa muat dalam taxi sedan, maka bisa ambil nomer antrean untuk taxi van  (bisa muat sekitar 5 – 6 orang)
– Harga taxi di Bangkok tidak terlalu mahal. Dari Suvarnabhumi menuju pusat kota sekitar 350 Baht (kurang lebih Rp. 130.000 – tergantung kurs saat pergi).

Tempat tunggu taxi resmi di Bandara Internasional Suvarnabhumi, Bangkok
(Tempat tunggu taxi di Bandara Internasional Suvarnabhumi)

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika memilih untuk naik taxi:

– Datanglah ke counter resmi Taxi Service Suvarnabhumi
– Ikuti jalur antrean dan sentuh layar pemesanan taxi untuk dapat nomor, yang nanti langsung kamu berikan ke pengemudi
– Ada surcharge (biaya tambahan) sebesar 50 baht, nanti akan kamu bayarkan kepada pengemudi taxi saat sampai tempat tujuan (di luar biaya argo dan tol)
– Biaya tol ditanggung oleh penumpang, sekitar 80 Baht
– Jangan lupa untuk membawa print out alamat hotel untuk ditunjukkan ke pengemudi, karena banyak yang sulit berkomunikasi lancar dalam bahasa Inggris. Lebih baik lagi kalo kamu sempat  email hotel tempat kamu akan nginap sebelum datang ke Bangkok, untuk minta kirim alamat hotel dalam bahasa Thai. Jadi tinggal print dan tunjukkan ke pengemudi taxi.

Jika keluar dari Exit 4, belok ke kiri dan jika keluar dari Exit 7, Anda belok k

Lokasi Airport Taxi di Bandara Suvarnabhumi:
Setelah keluar dari pintu Arrivals (lantai 2), turun ke lantai 1. Menuju ke counter taxi resmi, jika keluar dari Exit 4, belok ke kiri dan jika keluar dari Exit 7, Anda belok ke kanan dan langsung melihat counter.

Transportasi Menggunakan Taxi Atau Kereta Airport Rail Link Dari Bandara Suvarnabhumi ke Bangkok

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!


22 comments

    1. Halo kak Nino,

      Dari Suvarnabhumi naik kereta ARL sampe stasiun terakhir (Phaya Thai), nah nanti turun disini dan ganti ke kereta BTS. Beli tiketnya untuk yang ke arah stasiun Mo Chit, dari Mo Chit ini tinggal jalan kaki ke Chatuchak Weekend Market sekitar 5 menitan.

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak Hasan,

      Dari Suvarnabhumi airport bisa bawa koper kok naik kereta Airport Express. Nanti ke stasiun Phaya Thai, dari situ naik BTS yang menuju ke Sukhumvit, dan turun di stasiun Ekkamai.

      Dari stasiun Ekkamai sih masih lumayan jauh kalo jalan kaki ya, jadi mungkin bisa naik tuk tuk (mungkin paling mahal 100 baht). Atau naik Grab Car.

      Salam,
      Awan

  1. Halo mas Awan mau tanya kalo mau ke The XP Bangkok hotel alamatnya 98 Sukhumvit Soi 65 Phrakhanong, Wattana, Bangkok, dari svarnabhumi airport bawa 2 koper bisa naik bis atau BTS ya mas?tks

    1. Halo kak Hasan,

      Dari Suvarnabhumi airport bisa bawa koper kok naik kereta Airport Express. Nanti ke stasiun Phaya Thai, dari situ naik BTS yang menuju ke Sukhumvit, dan turun di stasiun Ekkamai.

      Dari stasiun Ekkamai sih masih lumayan jauh kalo jalan kaki ya, jadi mungkin bisa naik tuk tuk (mungkin paling mahal 100 baht). Atau naik Grab Car.

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak Ellyana,

      Kalo naik van lumayan mahal kayanya, sekitar 1.200 baht. Coba pesan aja Grab XL, asal koper ngga terlalu banyak mustinya bisa naik Grab XL. Kalo naik ARL juga mau turun di stasiun Makassan atau Phaya Thai ke hotelnya juga masih jauh lagi kalo sampe mau jalan kaki.

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak Bachtiar,

      Dari Don Mueang Airport bisa naik shuttle bus A4 (bayar 50 baht) ya, dan turun di Khao San Road / Sanam Luang. Dari situ tinggal jalan kaki ke D Hostel (cek Google Maps untuk arahnya).

      Salam,
      Awan

  2. Hallo pak Awan salam kenal ya …sy Dewi mau tanya …punya kenalan driver dan guide bhs Indonesia gak?

    1. Halo kak Elis,

      Pilihannya cuma taxi, Grab atau Uber ya. Kalo mau tungguin kereta Airport Rail Link (ARL) baru beroperasi jam 6 pagi.

      Salam,
      Awan

  3. Bg klw blh tau hotel India ada recindent gitu dkt bandara Suvarnabhumi apa namanya y. Oh y abg bisa baca bahasa Thai sy mau minta tlg pls bls y bg.

    1. Halo kak Aini,

      Maaf sekali saya ngga tau/ngga ada info tentang hotel India yang kakak maksud.
      Saya juga ngga bisa bahasa Thai. Terima kasih.

      Salam,
      Awan

  4. Mas Awan…minta info donk…kami sekeluarga 4 org..mau ke bangkok awal tahun 2018…bgm caranya dari bandara Suvarnabhumi ke hotel di daerah Pratunam…
    info juga…bbrp daerah2…wisata terdekat…maklum cm 3 hari saja…
    makasih yaa…
    Gbu

  5. Mau nanya dong. Sbenernya lebih deket dri bandara suvar ke pratunam atau dari don muaeng ke pratunam ? Mau beli tiket ke bangkok tapi bingung. Soalnya mau tinggal di daerah pratunam. Mohon infony. Thank you 🙂

    1. Halo kak Devina,

      Lebih dekat dari bandara Suvarnabhumi ya. Kereta Airport Rail Link (ARL) itu akan lewatin daerah belakang Pratunam, dan stasiun terakhirnya – Phaya Thai Station juga dekat dengan Pratunam.

      Salam,
      Awan

        1. Halo kak Ahmad,

          Maksudnya di Bangkok kah? Banyak sekali… supaya puas bisa coba browsing di Agoda atau Booking com.
          Beberapa yang ngge terlalu mahal:
          – Sunflower Place Hotel (Silom)
          – Take A Nap Hostel (Silom)
          – Bangkok City Inn (Pratunam)

          Salam,
          Awan

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.