Belanja di Bangkok, 5 Tempat Shopping Paling Top!

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Wisata Belanja, Ini Dia 5 Tempat Shopping Paling Top di Bangkok!

Jalan-jalan ke Bangkok sambil belanja tentu sangat menyenangkan! Karena kota ini merupakan salah satu surga belanja di Asia. Berbagai macam barang belanjaan mulai dari brand ternama dunia, hingga produk fashion murah meriah bisa Anda temukan di berbagai sudut Bangkok.

Berikut adalah 5 tempat shopping paling top di Bangkok yang bisa Anda capai dengan menggunakan BTS/SkyTrain. Jadi Anda tidak perlu berjuang mengarungi jalanan kota Bangkok, yang juga terkenal macetnya itu.

1. Siam Paragon

Sampai saat ini, popularitas Siam Paragon sebagai mal terbaik di Bangkok masih tetap menempel. Banyak wisatawan yang suka singgah ke mal ini karena banyak pilihan brand ternama, dan juga bisa bersantap sampil santai sejenak di kafe-kafe atau restorannya. Berisi butik-butik dari perancang mancanegara, merek-merek terkenal, Cineplex yang memiliki 16 layar bioskop, teater IMAX dan juga tempat rekreasi keluarga Siam Ocean World, yang merupakan aquarium terbesar di Asia Tenggara, ada di sini.

Siam Paragon memiliki sekitar 250 butik dari merek-merek ternama, seperti Zara, MNG, Gap, Jaspal, Mikimoto, H&M, Footwork, Paul Smith, Armani, Jimmy Choo, Versace dan banyak lagi. Letaknya strategis, paling mudah untuk dicapai dengan BTS. Dua jalur BTS yaitu Silom Line dan Sukhumvit Line lewat sini, dan merupakan stasiun perpindahan (exchange station).

Prayer Room (Tempat Sholat)
Jika perlu untuk melakukan ibadah sholat, di mal ini tersedia prayer room yang berlokasi di Lantai B1 (Basement), South Wing.

Jam Buka: 10:00-22:00
Lokasi dan Transportasi: Naik BTS (Silom atau Sukhumvit Line) ke Siam Station

2. MBK Centre

Namanya merupakan kependekan dari MahBoonKrong, yang merupakan mal legendaris dan menjadi tempat favorit untuk belanja oleh-oleh dan souvenir bagi para wisatawan. Berbagai macam barang dan produk dapat Anda temukan di pusat perbelanjaan ini, tenant terbesar adalah Tokyu Department Store, kemudian ada bagian khusus untuk komputer, DVD, video games, kamera, sentra gadget, fashion dan aksesoris, juga food court, kafe dan restoran.

MBK terletak tidak jauh dari mal utama lainnya di sekitar Siam, seperti Siam Discovery, Siam Centre dan juga Siam Paragon. Di lantai 6 mal ini bisa Anda temukan satu bagian bernama Paco Zone yang khusus menjual handicrafts dan cinderamata. Barang-barang disini masih bisa ditawar, dan Anda pun bisa belanja dengan nyaman karena berada di ruangan ber-AC. Untuk oleh-oleh jajanan dan makanan kering, bisa cari di lantai 2, section A di mal ini.

Anda dapat temukan bagian khusus di MBK yang menjual cinderamata
Anda dapat temukan bagian khusus di MBK yang menjual cinderamata



Makanan Halal di MBK
Menu makanan halal dapat Anda temukan di food court lantai 5, yaitu The Fifth Food Avenue, ada restoran Indonesia, Jimbaran Bali, atau bisa pilih menu Timur Tengah di Ali’s Arabic Cuisine, dan masakan Thailand di Thai Muslim by Sultana.

Prayer Room (Tempat Sholat)
Tersedia di lantai 6 pusat perbelanjaan ini.

Jam Buka: 10:00-22:00
Lokasi: 444 Phaya Thai Road, Perempatan Pathumwan, seberang Siam Discovery
Transportasi: Naik BTS (Silom Line), turun di National Stadium Station

3. Platinum Fashion Mall

Inilah mal yang menjadi buah bibir bagi wisatawan yang berkunjung ke Bangkok, karena terkenal sebagai Chatuchak versi indoor (dalam ruangan). Terletak persis di samping Novotel Bangkok Platinum Hotel, sehingga sangat mudah mencari mal ini. Terdiri dari 4 lantai dan memiliki lebih dari 1.000 gerai yang menjual busana wanita dan pria, sepatu, tas, dan aksesoris. Platinum memang merupakan pusat belanja wholesale atau grosiran. Jadi semakin banyak Anda beli, harga akan semakin murah.

Lokasi Platinum Fashion Mall ada di tengah-tengah daerah shopping Pratunam, dapat dicapai dengan jalan kaki dari stasiun BTS Chit Lom. Lantai-lantai di mal ini memakai nama dari tempet-tempat shopping terkenal di dunia, yaitu Orchard (Singapura), Nathan (Hong Kong), Ginza (Jepang), Soho (New York) dan Camden (London).

Barang-barang yang dijual di Platinum sebagian besar adalah import dari China, Hong Kong, Korea, Jepang dan beberapa negara lainnya. Anda bisa dapatkan segala produk fashion di mal ini, sesuai dengan nama yang disandangnya sebagai Fashion Mall.

Suasana di dalam Platinum Fashion Mall yang nyaman dan dilengkapi AC
Suasana di dalam Platinum Fashion Mall yang nyaman dan dilengkapi AC

Makanan Halal di Platinum
Sambil belanja di Platinum Fashion Mall, jika ingin mencari makanan halal, dapat menuju ke Food Centre (food court) yang ada di lantai 6, dimana terdapat 2 pilihan gerai, satu menjual makanan India dan yang lainnya masakan Thailand.

Jam Buka: 10:00 – 20:00
Lokasi: Petchburi, Ratchathewi (daerah Pratunam, dekat Pantip Plaza)
Transportasi: Naik BTS ke Ratchathewi Station, jalan kaki sekitar 15-20 menit, atau naik tuk tuk ke Platinum.

4. Terminal 21

Termasuk mal yang paling baru di Bangkok, terletak di daerah Sukhumvit. Mal ini memiliki konsep yang cukup unik, yaitu dari 9 lantainya diberikan konsep tempat-tempat tujuan wisata dunia. Seperti misalnya bertema Hong Kong, dimana dibuat desain jalanan dengan lentera-lentera merahnya seperti suasana di kota Hong Kong, ada yang ber-setting kota Tokyo, Paris, atau di salah satu lantainya Anda dapat menyaksikan jembatan Golden Gate yang jadi icon kota San Francisco, bertengger juga di sini.

Terminal 21 yang memiliki sekitar 600 gerai juga menjadi rumah bagi para perancang lokal maupun internasional. Pilihan tempat makan juga banyak, ada lebih dari 50 restoran, seperti Tony Roma’s, Ootoya, Swensen’s, Chabuton, Secret Recipe, dan banyak lagi. Lantai makanan selain di lantai 4, berlanjut juga di lantai 5, dimana terdapat food court dengan berbagai pilihan dan harganya murah. Nikmat rasanya makan kenyang setelah puas berbelanja.

Makanan Halal di Terminal 21
Ada satu gerai makanan halal di Pier 21 Food Court, yang ada di lantai 5 mal ini, nama gerainya “Bismillah”, menjual berbagai menu mulai salad, nasi kari dan juga pilihan menu lainnya dengan harga terjangkau.

Jam Buka: 10:00-22:00
Lokasi: Sukhumvit Road (antara Soi 19 dan 21)
Transportasi: Naik BTS (Sukhumvit Line), turun di Asok Station atau naik MRT dan turun di Sukhumvit Station.

5. Asiatique The Riverfront

Berlokasi persis di tepi Chao Phraya, Asiatique sepertinya bisa melepaskan rasa kangen masyarakat Bangkok dan juga wisatawan atas Suan Lum Night Market, yang dulunya ada di Lumphini Park dan akhirnya ditutup pada tahun 2010. Di Asiatique Anda bisa menikmati suasana night bazaar di tengah kota Bangkok. Berbagai kota lain di Thailand memang terkenal dengan night bazaar-nya, seperti di Chiang Mai. Tapi night bazaar biasanya digelar di pinggir jalan atau lapangan terbuka. Sementara Asiatique juga memberikan pengalaman bagai belanja di mal, suatu perpaduan yang menarik.

Di Asiatique terdapat berbagai butik desainer lokal atau semacam distro dan juga restoran yang berada di dalam hanggar-hanggar dengan setting menarik, membawa kita kembali ke era awal tahun 1900-an. Gerai handicrafts, aksesoris, furnitur, dekorasi rumah, busana pria dan wanita, snack, dan banyak lagi. Satu lagi yang menarik adalah di tempat ini ada ferris wheel raksasa, yaitu Bangkok Eye. Untuk naik Bangkok Eye dan menikmati pemandangan Bangkok dari ketinggian di kala malam, akan dipungut biaya 200 baht per orang.

Tempat ini bisa dicapai dengan taxi melalui Chareonkrung Road, tapi tidak saya rekomendasikan, karena kadang macetnya parah. Lebih baik naik BTS/SkyTrain, dan lanjut naik shuttle boat gratis. Murah meriah!

Jam Buka: 17:00-24:00
Lokasi: Chareonkrung Soi 74-76
Transportasi: Naik BTS (Silom Line) ke Saphan Taksin Station, turun ke dermaga Sathorn (di sisi Chao Phraya) dan tunggu shuttle boat gratis Asiatique. Perjalanan dengan kapal ini sekitar 10 menit.

Nah, itu dia 5 tempat belanja yang paling top di Bangkok saat ini, jadi favorit bagi penduduk lokal maupun wisatawan. Jika Anda jalan-jalan ke Bangkok, sempatkan untuk berkunjung dan belanja di tempat-tempat shopping populer ini.

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

4 comments

    1. Hi Kak,

      Untuk Halal dan Non Halal masih bisa dibedakan ya di asiatique dan bisa ditanyakan langsung ke penjual makanan, rata-rata mereka paham,

      Salam,

Tinggalkan Komentar