Wisata Hemat ke Hong Kong Dengan Waktu Yang Singkat

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Banyak teman yang menanyakan ke saya, apa mungkin jalan-jalan ke Hong Kong jika kita hanya memiliki waktu sedikit? Ada beberapa teman yang berencana untuk memanfaatkan long weekend misalnya, untuk berwisata sekalian belanja. Saya selalu mengatakan mungkin saja!

Walaupun mungkin waktu yang ideal untuk menjelajahi Hong Kong minimal 5 hari, namun jika Anda hanya bisa menghabiskan 3 hari 2 malam, atau 4 hari 3 malam juga tidak masalah. Dengan pass MTR atau kartu Octopus di tangan, Anda siap untuk mengekplorasi kota ini! Berikut adalah tempat-tempat wisata dan belanja yang bisa menjadi pilihan utama, jika memang waktu kunjungan Anda singkat.

Banyak teman yang menanyakan ke saya, apa mungkin jalan-jalan ke Hong Kong jika

Itinerary Wisata Hemat ke Hong Kong Dengan Waktu Yang Singkat

Tempat Shopping, Night Markets dan Avenue of Stars

Jika Anda sampai di Hong Kong siang atau sore hari, mungkin di hari pertama bisa mengunjungi berbagai tempat shopping di daerah Causeway Bay atau Tsim Sha Tsui.

Causeway Bay

Merupakan kawasan belanja modern di Hong Kong. Banyak sekali shopping center dan juga butik-butik ternama di area ini. Pusat dari Causeway Bay ini adalah di sekitar Sogo Department Stores, dimana juga terdapat banyak tempat belanja lain seperti Fashion Walk (di samping Sogo), IKEA (Alamat: Upper Basement, Parklane Hotel, 310 Gloucester Road, Causeway Bay), atau juga Hysan Place, mall baru yang selalu penuh pengunjung.

Berbagai tempat makan juga ada di kawasan Causeway Bay ini, termasuk 2 restoran Indonesia, yaitu Warung Chandra dan Sedap Nikmat. Untuk list lengkap restoran Indonesia di Hong Kong, bisa Anda lihat di artikel Berburu Makanan Indonesia di Hong Kong

Mong Kok

Merupakan kawasan yang wajib Anda kunjungi juga, khasnya kehidupan masyarakat Hong Kong bisa Anda rasakan disini. Tapi harap bersiap-siap untuk merasakan betapa penuh sesaknya Hong Kong, jika Anda berkunjung ke Mong Kok pada akhir pekan. Mall terbesar di kawasan Mong Kok adalah Langham Place, disini terdapat toko H&M yang besar dan toko-toko yang menjual produk lokal Hong Kong, seperti produk busana dan asesoris. juga terdapat banyak mal-mal kecil yang menjual busana dan asesoris trendy. Salah satunya yang paling populer adalah New Town Mall, dengan naik MTR, Anda bisa menuju stasiun Mong Kok dan ambil Exit D2.

Di Mong Kok juga bisa Anda temukan street market paling populer di Hong Kong, yaitu Ladies Market, di Tung Choi Street, Mong Kok. Dipenuhi oleh lebih dari seratus gerai yang menjajakan berbagai barang dagangan di jalan sepanjang kurang lebih satu kilometer ini. Yang dijajakan mulai dari busana dan asesorisnya, barang-barang cinderamata, seperti magnet kulkas, sepatu, kopor dan tas, jam tangan, juga berbagai pernak-pernik lainnya. Jalan-jalan ke Ladies Market selalu seru, walau bagi sebagian orang mungkin menganggap pasar yang satu ini terlalu ‘tempat turis’, tapi tidak ada salahnya untuk berkunjung dan merasakan nuansa khas street market Hong Kong ini.

Cara ke Ladies Market:
• Naik MTR dan turun di Mong Kok Station, ambil Exit E2. Kemudian jalan sekitar dua blok, menyusuri Nelson Street, sampai Anda melihat pasar ini.
• Naik Bus No. 1, 1A, 2, 6 dan 9 dari dermaga Tsim Sha Tsui Star Ferry, turun di Nelson Street

Tsim Sha Tsui

Satu lagi kawasan yang sangat populer untuk shopping di Hong Kong adalah Tsim Sha Tsui. Begitu keluar dari stasiun MTR, berbagai shopping center tersaji di depan mata. Diantaranya yang wajib Anda kunjungi adalah Miramar Mall dan The One.

Jika Anda menyusuri Canton Road, akan menemukan butik-butik high end seperti Gucci, Dior, Emporio Armani, Louis Vuitton dan banyak lagi, menuju ke Harbour City Mall. Di jalan ini juga ada satu kompleks perbelanjaan yang menarik, yaitu 1881 Heritage. Berkunjung ke tempat ini bagai menunggangi mesin waktu, akan membawa Anda ke era Victoria Hong Kong. Tempat ini dulunya digunakan sebagai markas Polisi Kelautan Hong Kong, dari tahun 1880 hingga 1996, sebelum akhirnya diubah menjadi pusat perbelanjaan, hotel dan gedung pameran. Bangunan-bangunan di area ini telah direstorasi dan menghadirkaan satu keunikan tersendiri diantara hutan beton Hong Kong yang padat menjulang.

Di lokasi ini juga terdapat sejumlah monumen, diantaranya yang paling menarik di antaranya adalah Time Ball Tower, dimana dari tahun 1885-1907, menara ini memberikan layanan penting bagi kapal-kapal di Victoria Harbour. Dan juga tempat yang dulunya adalah pusat pemadam kebakaran Hong Kong. Selain shopping, Anda juga bisa mengenal sedikit tentang sejarah Hong Kong.

Alamat: 2A Canton Road, Tsim Sha Tsui, Kowloon
Tel: +852 2926 8000
Website: www.1881heritage.com

Cara ke 1881 Heritage: Naik MTR, turun di Tsim Sha Tsui Station, ambil Exit E, jalan menyusuri Salisbury Road menuju 1881 Heritage.

Setelah puas berbelanja atau window shopping di daerah Tsim Sha Tsui, Anda bisa menuju ke Avenue of Stars. Kalau di Hollywood ada Walk of Fame, dimana di sepanjang trotoar dipajang nama-nama dan cap tangan para bintang Hollywood, Anda juga bisa menyaksikan hal serupa dari bintang-bintang Hong Kong disini. Para insan film yang telah membuat film-film Hong Kong populer, diabadikan di sepanjang Avenue of Stars, bahkan ada juga patung Bruce Lee, yang tentunya menjadi atraksi utama wisatawan mengunjungi tempat ini.

Pada saat malam tiba Anda bisa menyaksikan A Symphony of Lights, pertunjukan multimedia yang melibatkan semua gedung-gedung di sekitar Victoria Harbour, pada pukul 8 malam. Tercatat oleh Guinness World Records, sebagai ‘The World’s Largest Permanent Light and Sound Show‘, pertunjukan lampu dan sound permanen yang terbesar di dunia. Anda dapat menyaksikan dimana lampu-lampu di gedung menari mengikuti irama musik, disertai pertunjukan laser. Sungguh menarik dan harus Anda saksikan jika ke Hong Kong.

Bisa menyaksikan pertunjukan lampu ini dari dua sisi, yaitu dari Tsim Sha Tsui Promenade dan Golden Bauhinia Square. Tapi umumnya orang akan menonton dari sisi Tsim Sha Tsui (TST).

Cara ke TST Promenade: Naik MTR dan turun di Tsim Sha Tsui East Station, ambil Exit J. Ikuti petunjuk yang ada untuk mengarah ke tempat ini (jalan kaki sekitar 5 menit).

Wisata Hemat ke Hong Kong Dengan Waktu Yang Singkat

Lantau Island (Ngong Ping 360, Hong Kong Disneyland, Citygate Outlet Mall)

Lantau Island adalah pulau terbesar di Hong Kong, dimana juga terkoneksi dengan Hong Kong International Airport di Chek Lap Kok, dan daratan semenanjung Kowloon. Di lantau Island ini terdapat taman hiburan terpopuler, Hong Kong Disneyland dan juga patung Buddha raksasa di atas bukit, Tian Tan Buddha yang tingginya 34 meter, seberat 250 ton dan merupakan patung Buddha dari perunggu terbesar di dunia yang berada di ruang terbuka. Jangan lupa juga untuk berbelanja di Citygate Outlet Mall, pusat perbelanjaan yang berisi outlet stores yang tentunya selalu memberikan harga diskon sepanjang tahun.

Pagi hari dari Hong Kong Island atau Kowloon, Anda bisa naik MTR Tung Chung Line dan berhenti di stasiun terakhir, Tung Chung Station. Begitu sampai di stasiun ini, jika bermaksud mencari sarapan, bisa Anda cari di seputar stasiun. Bisa coba Saint Honore Cake Shop, yang berada di pintu keluar yang mengarah ke pelataran Citygate Mall, yaitu di shop TUC10, Tung Chung MTR Station (Tel: +852 2109 0294).
Atau jika ingin makanan berat, Anda bisa memilih McDonald’s atau di food court Food Republic yang berada dalam mal Citygate tersebut.

Ngong Ping 360 dan Tian Tan Buddha

Tapi tunda dulu untuk belanja, sebaiknya setelah sarapan Anda langsung menuju Ngong Ping 360. Di samping halaman Citygate Outlet Mall bisa Anda temukan jalan menuju ke tempat wisata yang seru ini. Perjalanan menaiki cable car yang mengarungi beberapa bukit, sungguh mengesankan. Lebih seru lagi jika Anda memilih cable car yang bawahnya transparan atau disebut Crystal Cabin. Sepanjang perjalanan dapat Anda saksikan bukit dan pepohonan di bawahnya.

Sesampainya di atas, Anda bisa mengunjungi Po Lin Monastery, kuil yang buka dari pukul 10:00 – 17:45 (masuk gratis). Dan kemudian Anda bisa menaiki tangga-tangga menuju ke Tian Tan Buddha. Pada saat turun menuju tempat cable car, jangan lupa untuk singgah di toko-toko yang ada di Ngong Ping Village, dimana bisa membeli oleh-oleh atau menikmati makan siang di beberapa kafe yang ada disana.
Harga tiket cable car ada yang termasuk dengan paket untuk melihat atraksi Walking With Buddha dan Monkey’s Tale Theatre.

Jam Buka: 10:00 – 18:00 (Hari Biasa) dan 10:00 – 18:30 (Weekend & Libur)
Harga Tiket: HK$150 (Kabin Standar), HK$235 (Crystal Cabin)
Anak 3-11 Tahun: HK$75 (Kabin Standar), HK$160 (Crystal Cabin)

Bisa juga variasi, pergi Crystal Cabin dan pulang kabin standar.
Harga Tiket: HK$210 dan Anak 3-11 Tahun: HK$135
Website: http://www.np360.com.hk/en/

Citygate Outlet Mall

Merupakan salah satu pusat belanja di Hong Kong yang patut Anda kunjungi. Belanja disini sangat menyenangkan karena barang-barang yang dijual adalah dengan harga outlet, beda dengan harga jika membeli di tengah kota. Outlet populer seperti Crocs, Swatch, Adidas, Nike, Esprit, Giordano, Armani Exchange, Calvin Klein, Body Shop, Bally, produk anak-anak, hingga butik yang terkenal di kalangan muda Hong Kong, I.T Store Outlet.

Alamat: 20 Tat Tung Road, Hong Kong
Tel: +852 2109 2933
Jam Buka: 10:00 – 22:00 (Setiap Hari)
Website: http://www.citygateoutlets.com.hk

Hong Kong Disneyland

Merupakan Disneyland kedua di Asia, setelah Tokyo. Taman fantasi ini memang patut untuk dikunjungi, terutama jika berkunjung dengan putra-putri Anda. Wahana terbaru di Disneyland adalah Toy Story Land.

Dari Tung Chung MTR Station, tinggal naik kereta ke stasiun berikutnya, yaitu Sunny Bay. Di stasiun ini, kita akan berganti dengan kereta MTR khusus yang jendelanya berbentuk kepada Mickey Mouse dan di dalamnya didesain dengan memorabilia Disney menuju ke Disneyland Resort Station.

Jangan lupa untuk menyaksikan parade tokoh-tokoh Disney setiap sore dan kembang api spektakuler pada saat menjelang taman hiburan ini tutup, pada pukul 8 malam di pelataran istana Sleeping Beauty, yang menjadi landmark utama taman hiburan ini.

Oh ya, jika Anda mencari makanan halal di Hong Kong Disneyland, bisa menuju ke kawasan Adventureland, di Tahitian Terrace. Tersedia menu-menu halal makanan Asia, seperti kari ikan Penang, Chicken Steak, makanan vegetarian India dan banyak lagi.

Alamat: Park Promenade, Hongkong
Tel: +852 3510 6000
Jam Buka: 10:00 – 20:00 (Setiap Hari)
Harga Tiket: Dewasa HK$450, Anak-anak (3-11 Tahun) HK$320
Website: http://park.hongkongdisneyland.com

Selamat merencanakan untuk jalan-jalan dan wisata hemat ke Hong Kong walau dengan waktu yang singkat.

Download Artikel Ini

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

11 comments

  1. Hai mas, aku sama temen2 rencana mau wisata ke HK-Macau selama 4 malem 5 hr.
    Dan di itinerary qta ada yg 1 hr itu mulai pagi ke Ngong Ping dulu trus lanjut Disneyland.
    Nah yg saya mau tanyakan itu, menuju Ngong Pingnya pake MTR Tung Chung itu stasiunnya di daerah mana ya mas?
    Qta sih rencana mau cari hotelnya di sekitaran mirador mansion, atau mas awan ada saran? Thank u..

    1. Halo kak Raj,

      Ngong Ping 360 & Disneyland itu emang satu arah. Turunnya di stasiun paling ujung, yaitu Tung Chung MTR station, dan tinggal jalan kaki 5 menitan ke tempat untuk naik cable car-nya. Sementara Disneyland cuma beda 1 stasiun dari Tung Chung, nanti tinggal naik MTR dan turun di stasiun Sunny Bay ya.

      Saran saya datang/mulai antre di Ngong Ping 30 menit sebelum jam buka (hari biasa buka jam 10 pagi, dan Sabtu-Minggu bukan jam 9 pagi).

      Salam,
      Awan

  2. Sore mas.. mohon maaf saya search itin nya ga nemu.. boleh di share lagi mas?
    Rencana sy dr macau mau ke hk. Sampai hk lgsg sholat jumat di masjid deket tss. Mohin info utk wisata sekitar tss yg bs di ekaplore sampai malem.

    Malem bisa nonton symphony ya mas?
    Besoknya hanya mau foto session di disney, lanjut ngong ping, kemudian the peak. Balik lagi ke hotel di tss.. besoknya balik lagi macau. Apakah sudah benar urutannya mas?

    1. Halo mas Wahyu,

      Untuk yang urutan di hari kedua sudah benar, Disneyland dan Ngong Ping cuma beda satu stasiun. Terus dari situ baru ke The Peak (stasiun MTR terdekat: Central).

      Contoh itinerary Hong Kong pernah saya tulis di artikel ini – bisa coba Google dengan kata kunci: Itinerary Hong Kong Travelawan.

      Di sekitar TST bisa ke Kowloon Park (di belakang masjid), berbagai museum di sekitar Victoria Harbour, dan malamnya disini adalah tempat untuk nonton Symphony of Lights. Sekitar situ juga ada mall terbesar di HK – Harbour City dan berbagai mall populer lainnya.

      Salam,
      Awan

  3. kalau masuk ke hongkong lewat macau dan pulang ke indonesia lagi lewat macau, kira2 bakal ribet ga ya mas? oh ya rencana ke macau hari pertama sampai macau pagi, sore langsung ke hongkong menginap 2 malam d hongkong, kembali lagi ke macau menginap semalam, langsung pulang ke indo.

    1. Halo mbak Widi,

      Ngga ribet kok. Yang penting kan mbak balik ke Macaunya sehari sebelum jadwal terbang balik ke Indonesia, lebih aman dan bisa tepat waktu ke bandaranya.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Hellen,

      Untuk harga kurang lebih sama aja kok. Karena memang diskon-nya ngga akan besar sekali juga. Kalo ngga mau repot bawa2 voucher dari Indonesia (karena ada resiko kelupaan bawa, dll), mending beli di Hong Kong 🙂

      Salam,
      Awan

    1. Halo lagi…
      Kalo untuk perkiraan biaya, kalo mau ke Disneyland Hong Kong juga, diluar tiket pesawat dan hotel, setidaknya per orang budget untuk makan, jalan dan tempat wisata sekitar Rp. 3-4 jutaan.

      Salam,
      Awan

Tinggalkan Komentar