Di Hong Kong, Coba Wisata Naik 2 Macam Tram Ini!

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Wisata Hong Kong, Pengalaman Seru Naik 2 Macam Tram di Kota Ini!

Hong Kong adalah salah satu kota di dunia yang memiliki transportasi umum paling lengkap. Selain MTR-nya yang modern, kota ini juga masih menjaga dengan baik beberapa moda transportasi yang sudah beroperasi sejak lebih dari 100 tahun silam, seperti kapal Star Ferry yang masih terus melayani masyarakat Hong Kong menyeberangi Victoria Harbour, dan juga 2 macam tram yang melengkapi kemarakan kota ini dan jadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan mancanegara.

Tram

Di artikel kali ini saya mau ngebahas soal tram, karena banyak juga yang tanya di website Travelawan.com tentang moda transportasi sehari-hari masyarakat Hong Kong yang telah beroperasi lebih dari 100 tahun lalu. Setiap harinya, tram di Hong Kong yang memiliki nama beken Ding Ding, yang bentuknya seperti bus tingkat ramping menjulang, lengkap dengan jendela-jendela besar yang biasanya terbuka lebar. Tram yang menjadi salah satu ikon dari kota ini, dioperasikan oleh Perusahaan Hong Kong Tramways. Perusahaan ini mengoperasikan tram double deck terbesar di dunia, dengan lebih dari 200 ribu penumpang setiap harinya, melayani wilayah Hong Kong Island, antara Shau Kei Wan dan Kennedy Town.

Menikmati suasana dowtown Hong Kong lewat jendela-jendela besarnya
(Menikmati suasana dowtown Hong Kong lewat jendela-jendela besarnya)

Kalo kamu mau nikmatin suasana downtown (tengah kota) Hong Kong yang sebenarnya, lompat deh naik ke salah satu tram ini, dari tempat-tempat pemberhentian yang tersedia di sepanjang jalurnya. Dengan harga tiket dekat-jauh cuma HK$2.30, kamu udah bisa nikmatin perjalanan dari daerah Central ke Causeway Bay, North Point atau menuju ke Tai Yuen Street Market dan Gage Street Market. Kamu juga bisa bayar tiket tram dengan gunakan Octopus Card.

Cobalah salah satu dari 6 jalur tram yang ada di Hong Kong Island:
• Kennedy Town – Happy Valley
• Kennedy Town – Shau Kei Wan
• Happy Valley – Shau Kei Wan
• Western Market – Shau Kei Wan
• Shek Tang Sui – Causeway Bay
• Shek Tang Sui – North Point

Tram beroperasi dari jam 6 pagi sampai tengah malam. Satu yang harus diingat, untuk naik tram, pintu masuknya adalah melalui pintu belakang dan keluar melalui pintu depan.
Website: hktramways.com

The Peak Tram

Tram yang satu ini merupakan salah satu tram yang unik di dunia, karena jalurnya ngga datar menembus riuhnya suasana tengah kota, tapi mendaki naik ke bukit Victoria Peak dengan kemiringan sekitar 50 derajat! Jangan sampai lewatin untuk nyoba The Peak Tram, yang merupakan kereta kabel pertama di Asia dan telah beroperasi sejak tahun 1888. Wow!

Pemandangan indah kota Hong Kong dari Victoria Peak (The Peak)
(Pemandangan indah kota Hong Kong dari Victoria Peak  atau The Peak)

Peak Tram bakal bawa kita naik ke Victoria Peak, dimana dari The Peak ini, kita bisa lihat pemandangan indah kota Hong Kong dari puncak tertingginya. Selain ada tempat belanja The Peak Galleria, di sini kamu bisa ketemu dengan para artis mancanegara, termasuk artis-artis kenamaan Hong Kong dan para tokoh dunia lainnya di Madame Tussauds Wax Museum.
Websites:
thepeak.com.hk/en
thepeakgalleria.com
madametussauds.com/HongKong/en

Untuk menuju ke The Peak Tram dan juga kawasan The Peak, naik MTR ke Central Station, ambil Exit J2, dan jalan kaki ke St. John’s Building Peak Tram Station.
Jam Operasi: 07.00-00.00 (berangkat setiap 15 menit)
Harga tiket: Sekali jalan – HK$32, Tiket PP. – HK$45
Anak (3-11 tahun): Sekali jalan – HK$12, Tiket PP. – HK$20

Madame Tussauds Wax Museum Hong Kong
Jam Buka: 10:00-22.00 (jam terakhir masuk: 21.45)
Harga Tiket Madame Tussauds:
Dewasa – HK$265 dan anak-anak (3-11 tahun) – HK$215 (Beli online diskon sampai 40% – HK$150)

Tiket Combo (termasuk tiket Peak Tram):
Dewasa – HK$343 dan anak-anak (3-11 tahun) – HK$205
Bisa dapatkan berbagai diskon jika pesan secara online. Cek juga pemnawaran tiket combo lainnya di website.

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!


12 comments

  1. Mas Awan.
    Cukup ga waktunya kalau 1 hari wisata ke Ngong Ping Village lanjut ke Madam Tussaud ?

    Dari Skay Terrace utk kembali ke Kowloon apakah harus naik Peak Tram lagi ?

    1. Halo mbak Annesa,

      Waktunya cukup kok, kalo dari atas The Peak mau turn ke bawah ngga harus naik Peak Tram juga. Bisa ke stasiun bus-nya, dan naik bus untuk turun ke bawah, ke daerah Central. Kalo mau ke Kowloon, dari Central bisa sambung naik MTR atau nyebrang ke Tsim Sha Tsui naik Star Ferry dari dermaga di bagian belakang IFC Mall.

      Salam,
      Awan

    1. Halo, apa kabar?
      Kalo untuk tram biasa ngga ada tiket online.
      The Peak Tram juga ngga ada tiekt online, paling kalo mau ke Madame Tussauds Hong Kong bisa beli tiketnya di website Madah=me Tussauds.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Aisha,

      Peak Tram tiketnya emang ada beberapa varian. Kalo ngga mau masuk ke Madame Tussauds-nya, bisa beli yang paket sama Sky Terrace – tiket PP HK$88 (dewasa) dan HK$42 (anak2 & diatas 65 tahun).

      Salam,
      Awan

    1. Halo mas Muhammad,

      Sorry di artikel yang satunya belum sempat update. Info harga tiket Madame Tussauds Hong Kong yang benar yang ada di artikel ini ya. Terima kasih.

      Salam,
      Awan

Tinggalkan Komentar