Ke Bangkok, Wajib Belanja di Chatuchak Weekend Market

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Wisata ke Bangkok, Jalan-Jalan dan Belanja di Chatuchak Weekend Market.

Chatuchak Weekend Market! Pasti Anda sering mendengar nama tempat belanja yang merupakan pasar terbesar di Asia Tenggara ini. Pasar Chatuchak memang sepertinya tidak bisa dipisahkan dari kota Bangkok, sudah menjadi trademark tersendiri. Sepertinya kalau ke Bangkok, ya harus singgah ke Chatuchak. Sesuai dengan namanya, weekend market yang satu ini buka di akhir pekan saja. Tadinya hanya hari Sabtu dan Minggu, kini hari Jumat malam juga buka, dari jam 6 sore sampai tengah malam.

Chatuchak Weekend Market! Pasti Anda sering mendengar nama tempat belanja yang m

Chatuchak memiliki sekitar 10.000 gerai, yang setiap weekend dikunjungi sekitar 250.000 pengunjung. Pasar ini juga merupakan tempat belanja favorit masyarakat Bangkok, jadi yang datang kesini bukan hanya wisatawan saja. Terdiri dari 27 sections atau bagian, yang menjual berbagai rupa barang, mulai dari produk fashion, furnitur, kain, cinderamata, perhiasan, binatang peliharaan dan banyak lagi.

Sepertinya kalau ke Bangkok, ya harus singgah ke Chatuchak. Sesuai dengan namany
Pemandangan dari Mo Chit BTS, yang lalu-lalang ke Chatuchak Market

Untuk yang baru pertama kali ke Chatuchak, mungkin berpikir akan pusing juga mencari barang yang diinginkan, karena harus berputar-putar memasuki berbagai gang tempat jualan dengan kondisi tanpa AC yang dingin seperti di mall. Sebenarnya Chatuchak tidak terlalu sulit untuk dinavigasi. Tips-nya adalah begitu sampai, langsung cari peta tempat ini, dan lihat kira-kira barang apa saja yang mau dilihat atau dibeli.

Chatuchak memiliki sekitar 10.000 gerai, yang setiap <em>weekend</em> dikunjungi

Berikut adalah panduan untuk bagian-bagian yang ada di Chatuchak:
Makanan dan Minuman : Section 2, 3, 4, 23, 24, 26 dan 27
Busana dan Aksesoris : Section 2-6 dan 10-26
Busana dan Barang Second : Section 2, 3, 4, 5, 6, 22, 25 dan 26
Buku : Section 1 dan 27
Home Decor dan Furnitur : Section 1, 3, 4, 7 dan 8
Galeri dan Benda-Benda Seni : Section 7
Barang Kerajinan (Handicrafts) : Section 8-11
Barang Antik : Section 1 dan 26
Barang Keramik : Section 11, 13, 15, 17, 19 dan 25
Tanaman dan Perlengkapan Berkebun : Section 3 dan 4
Binatang Peliharaan dan Perlengkapannya : Section 8, 9, 11 dan 13

Kalau sudah melihat peta dan bagian-bagian (sections) yang ada di pasar raksasa ini, tentu akan lebih mudah lagi meng-explore Chatuchak Weekend Market.

Jangan lupa untuk berpakaian yang nyaman, seperti memakai sepatu atau sandal yang tidak membuat lecet, t-shirt atau baju yang menyerap keringat, celana pendek dan siapkan juga lotion tabir surya (sun block).

Tips lainnya saat belanja di Chatuchak Weekend Market:
– Bawa uang tunai yang cukup, karena sebagian besar gerai di sini hanya melakukan transaksi secara cash, tidak terima kartu kredit.
– Karena membawa uang tunai, pastikan Anda menyimpannya di tempat yang aman. Tetap harus waspada. Jika bawa tas, sebaiknya bawa di bagian depan Anda.
– Kadang karena keasyikan belanja, bisa saja ada barang atau plastik belanjaan yang tertinggal. Nah, jika berencana untuk belanja banyak, lebih baik bawa kopor kecil yang beroda, sehingga tidak perlu keliling membawa banyak plastik belanjaan.
– Bersikap ramah saat tawar-menawar. Orang Thailand sangat terkenal dengan keramah tamahannya. Hal ini pun tercermin dengan para pedagangnya. Jika Anda menawar dengan ramah dan tersenyum, siapa tahu bisa dapatkan harga yang lebih baik. Sebagai catatan saja, biasanya harga yang dipasang di Chatuchak tidak berkali-kali lipat. Jadi kemungkinan akan diturunkan 10%-20% saja, karena memang biasanya sudah murah dan mendekati harga grosiran.

Oh ya, ada satu bagian di Chatuchak yang terdiri dari deretan butik-butik kecil

Oh ya, ada satu bagian di Chatuchak yang terdiri dari deretan butik-butik kecil yang menarik dan trendy. Busana yang dijual di bagian ini memang lebih mahal dibandingkan dengan yang ada di area lain dalam Chatuchak. Tapi seperti yang sering kita dengar, ada rupa ada harga. Sebagai perbandingan, kalau di bagian grosir atau area lain di Chatuchak Anda bisa mendapatkan t-shirt seharga 150 baht, di sini t-shirt dengan desain dan kualitas yang lebih bagus biasanya seharga 250 baht (sekitar Rp. 87.500), tetap murah kan? Busana dan aksesoris di sini cocok bagi Anda yang fashionable. Cara termudah untuk mencari tempat ini adalah, letaknya di dekat pintu keluar MRT Kampheng Phet Station, Exit 1.

Makanan Halal di Chatuchak Weekend Market
Jika mencarai makanan halal, dapat Anda temukan di tengah-tengah Chatucak, lokasinya ada di Section 16. Sebagai patokannya, Anda tinggal cari menara jam (clock tower) satu-satunya di kompleks ini. Di sini dapat Anda temukan restoran Saman Islam, yang menjual berbagai lauk pauk dan menu masakan yang bisa Anda pilih sendiri. Nanti setelah itu baru hitung-hitungan harga, seperti di kantin atau warteg kalau di Indonesia. Rata-rata makan di sini sekitar 100–160 baht, tergantung lauk yang dipilih. Buka dari jam 8 pagi sampai 5 sore.
Lokasi: Chatuchak Weekend Market, Section 16 No. 7
Tel: +66 2 522 2079 / +66 81 817 8270

Jika mencarai makanan halal, dapat Anda temukan di tengah-tengah Chatucak, lokas
Salah satu tempat makan halal di Chatuchak, ada di dekat Clock Tower

Tidak jauh dari Saman Islam, masih di gang yang sama ada satu restoran halal lainnya, yaitu Kah Jak yang menjual berbagai menu Thailand. Bisa Anda coba Nasi Ayam, Papaya Salad atau sup Tom Yum yang lezat.

Hati-Hati! Dilarang Merokok di Area Chatuchak
Ingat, walaupun merupakan pasar terbuka, tapi di seluruh area Chatuchak Weekend Market ini Anda dilarang merokok! Ada denda sebesar 2.000 baht jika tertangkap merokok. Hal ini juga berlaku di sebagian besar tempat umum di Bangkok.

Jam Buka Chatuchak:
– Jumat: 18:00-24:00
– Sabtu dan Minggu: 09:00-18:00
Catatan: Khusus bagian penjual tanaman, juga buka hari Rabu & Kamis

Transportasi:
– BTS Sukhumvit Line, turun di Mo Chit Station (N8), Exit 1
– MRT Station: Chatuchak Park (Exit 1) atau Kampheng Phet (Exit 1)

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

18 comments

  1. Malam Kalo hotel yg mudah diakses dgn BTS dan MRT daerah mana? Dari bandara dmk ke khaosan road naik taxi berapa bhat? Bisa naik umum? Please infonya

    1. Halo, apa kabar?
      Hotel yang mudah diakses BTS / MRT contohnya:
      – Take A Nap Hostel (Silom)
      – Trinity Silom Hotel (Silom)
      – Silom Heritage Hotel (Silom)
      – Red Planet Hotel (dekat stasiun BTS Asok)
      – Holiday Inn Express Siam Bangkok (dekat BTS National Stadium).

      Di kawasan Khao San Road tidak ada BTS atau MRT. Saran saya dari DMK langsung naik taxi aja. Mungkin sekitar 300 baht, ditambah surcharge dan uang tol biasanya total ngga sampe 400 baht.

      Salam,
      Awan

  2. Hai travelawan, hari mgg Chatuchak tutup jam brp? Km tiba di Bkk jam 10mlm hari mgg di DMK. Apakah msh bisa ke Chatuchak. Hotel km di Pratunam. Brp kira2 harga taxi kesn dari Pratunam. Tmksh infonya.

    1. Halo mbak Rety,
      Kalo sampe jam 10 malam Chatuchak sudah tutup ya.
      Dari DMK ke Pratunam sekitar 350 baht.

      Salam,
      Awan

  3. Hallo Travelawan, ,
    Rencana saya ke Bangkok June besuk,, dan saya nginap di Hotel Baiyoke suit, , kalau rencana mau ke BMK dan Chatuchak saya brangkat kamis pulang minggu siang, , enak nya gimana ya, , mohon di beri arahan dong

    1. Halo mas Sigit,
      Dari Baiyoke Suite ke MBK bisa jalan kaki dulu (sekitar 15-20 menit) ke stasiun BTS Ratchathevi atau Chit Lom, dari sana tinggal naik BTS ke stasiun National Stadium – stasiun ini terkoneksi dengan mall MBK. Kalo mau ke Chatuchak, tinggal naik BTS ke stasiun Mo Chit ya. Lanjut jalan kaki ke pasarnya dari stasiun ini.

      Salam,
      Awan

  4. Halo saya mau tanya,, saya mau ke bangkok niatnya mau ke platinum , MBK sama chaktucak jadi enaknya menginap di hotel daerah mana ya ?? Makasi

    1. Halo mbak Octa,
      Bisa coba cari2 di daerah Pratunam, seperti Bangkok City Inn atau hotel2 lainnya yang bisa ke Platinum tinggal jalan kaki. Ke MBK bisa jalan kaki tapi agak jauh, atau bisa naik BTS dari stasiun Ratchathewi ke stasiun BTS National Stadium. Sementara kalo mau ke Chatuchak tinggal naik ke stasiun Mo Chit.

      Salam,
      Awan

  5. Hai Travelawan,

    Mau tanya dong, klo ke chatuchak di hr jumat, pedagang yg jual home decor dan kerajinan buka gak ya mas? Thanks buat infonya ?

  6. Hai travelawan. Saya rencana akan ke bangkok akhir mei. Jika saya pesawat pulang ke indonesia flight sabtu jam 7 malam, dan ingin menikmati catuchak weekend di hari sabtu sebelum pulang kira2 keburu ga ya? Apa sebaiknya jumat malam saja?
    Jika kesana sabtu pagi, sebaiknya saya jam brp sudah harus bertolak dari catuchak ke don muaeng?? Dan sebaiknya mencari hotel didaerah mana ya yg plg dekat dgn catuchak? (Agar selesai dr sana masih sempt ambil koper baru ke airport)

    1. Halo mbak Yusrita,
      Masih sempat kok. Setidaknya jam 3 sore udah harus siap2 untuk jalan dari Chatuchak. Dari Chatuchak ke DMK kalo ngga macet sih sebenarnya ngga terlalu jauh, tapi antisipasi aja. Kalo hotel sekitar Chatuchak, cek G9 Bangkok Hotel atau Mystic Place Hotel deh.

      Salam,
      Awan

  7. halo travelawan,
    saya mau tanya, rencana kan ke Chatuchak hari jumat, nah kalau buka sore, yg jual pakaian2 itu ada?
    trims infonya ..

    1. Halo mbak Cahya,

      Pasar malam Chatuchak yang Jumat akan beda dengan Chatuchak Weekend Market. Yang jualan hanya di pinggir2 jalan dalam lingkungan Chatuchak, tapi kios2 yang bisa buka Sabtu dan Minggu di dalam pasarnya tidak buka.

      Salam,
      Awan

  8. Hai travelawan mau tanya lagi nie
    Aku sudah siapkan Trip Plan ke Thai untuk April ini, karena chatucak market buka dari hari jumat, sabtu dan minggu jadi aku baru bisa kesana hari jumat berhubung sabtu sdh balik.
    sekedar info aja di hari pertama aku habiskan waktu hanya di pratunam karena kita tiba udah sore jadi ga sempet jauh2
    hari kedua kita mau liat kuil ke grand palace pokonya seputaran itu
    trus hari ketiga kita mau ke madam tussauds, MBK trus Asiatique dan ada rencana ke chatucak
    Nah di hari ke 3 itu yang masih bingung karena arah yang berlawanan apa kah bisa di arrange seperti itu kira2 ada advised ngak ya?
    kita ga berani pake Kereta takut nyasar heheeh jadi ongkos taxi bakal bengkak nie

    1. Halo mbak Ikka,

      Saran saya Asiatique di malam pertama aja. Karena Pratunam juga tempat belanja biasa yang bisa dikunjungin di hari kedua atau ketiga, karena lokasi dekat dengan MBK dan Madame Tussauds.

      Jangan lupa Chatuchak di hari Jumat itu juga ada sore sampai malam. yang buka dari pagi hanya Sabtu dan Minggu. Semoga infonya membantu ya, mbak.

      Salam,
      Awan

Tinggalkan Komentar