Wisata Beijing, 7 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Pergi

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Wisata ke Beijing mungkin sudah lama jadi impian kamu! Salah satu kota yang wajib dikunjungi di China ini memang akan menyajikan berbagai tempat wisata yang memukau, mulai dari Forbidden City, sampai Great Wall-nya yang wajib kamu jelajahi. Tapi apa sih hal-hal yang perlu diketahui sebelum merencanakan liburan kamu ke kota ini?

Terus terang waktu ke Beijing kemarin saya santai-santai aja, karena berpikir ini adalah untuk yang ke dua kalinya ke kota ini. Tapi ternyata banyak kejutan-kejutan kecil juga, yang saya anggap sebagai bunga-bunga saat kita traveling, yang malah bisa jadi kenangan tak terlupakan. Nah, disini saya mau share untuk kawan Travelawan.

1. Bawa Sepatu / Sepatu Sandal Yang Nyaman
Ini adalah hal yang paling penting kalau kamu rencana untuk jalan-jalan ala budget traveler di Beijing, alias jalan kaki plus naik kendaraan umum. Contohnya saat kita naik kereta bawah tanah atau subway, jika kita pindah jalur dari line satu ke line lainnya, kebanyakan harus jalan kaki cukup jauh. Dan di sebagian besar stasiun, eskalator sangat terbatas, jadi kita harus siap-siap naik turun tangga.

Oh ya, belum lagi kalau ada rencana untuk berkunjung ke Tembok China (Great Wall), saya saranin untuk pakai sepatu olahraga yang nyaman, supaya ngga cepat capek atau kaki jadi lecet-lecet.

2. Waktu Yang Tepat Untuk Berkunjung
Kalau ditanya kapan idealnya untuk wisata ke Beijing, lebih baik memang di musim semi (Maret – Mei) atau musim gugur (September – November). Karena saat pertama kesana beberapa tahun yang lalu, saya datang di bulan Februari, duh… dinginnya menggigit! Apalagi saat naik ke Great Wall, udara dan angin di atas sana lebih dingin beberapa derajat dibanding suhu di tengah kota. Kemudian bulan Juli ini saya kesana, ya panasnya juga pol kaya di Jakarta. Lumayan dehidrasi dan cocok untuk yang mau hitamin kulit, tanning! 🙂

3. Banyak Taman Kota
Salah satu yang buat saya senang lihat kota ini adalah banyak taman kotanya! Dan tiap taman itu biasanya luas sekali, dipenuhi pohon-pohon rindang dan sangat terawat. Kalau di musim panas sih, bisa numpang berteduh disini setelah capek jalan-jalan. Kesan bersih langsung terlihat! Di taman-taman yang ada sungai kecil mengalir, sejauh ini sih saya ngga pernah lihat ada sampahnya. Walau kadang masih suka terlihat sampah botol plastik bekas minuman di beberapa sisi taman, tapi petugas kebersihannya juga lumayan banyak dan sigap untuk bersih-bersih. Kalau akhir pekan biasanya taman kota dipakai jadi tempat untuk kumpul-kumpul, ada yang olahraga tai chi, latihan dansa atau nyanyi. Seru!

4. Pemeriksaan di Setiap Stasiun Subway
Soal keamanan di sini memang ketat. Setiap mau masuk stasiun subway akan ada pemeriksaan lengkap, barang bawaan harus masuk ke mesin scanner dan kalau bawa botol air minum juga akan ditanya atau diperiksa. Kebayang kan kalau jam-jam sibuk… alat scanner-nya cuma satu, kita harus pasrah antre deh…

5. Pemeriksaan di Bandara
Masih lanjut soal pemeriksaan keamanan, di stasiun subway aja ketat, apalagi di bandara?! Pertama saat masuk ke pintu keberangkatan sih saya santai-santai aja… karena tiket kita scan sendiri dan pintu otomatis terbuka. Petugas yang jaga pun hanya memperhatikan saja, standby untuk siap bantu kalau ada yang tidak mengerti. Tapi setelah pemeriksaan paspor / imigrasi… ternyata antrean untuk scanning barang bawaan itu panjang sekali! Kebayang kalau jadwal terbangnya sudah mepet, pasti pingin nangis rasanya!

Pemeriksaan badan kalau detektornya bunyi juga sangat teliti. Bagus banget sih untuk keamanan. Tas bawaan saya setelah keluar scan, dimasukin lagi ke dalam mesin scanner, entah petugasnya bilang apa *roaming* hehehe… Untung lah saya tidak terlambat untuk jalan ke gate keberangkatan. Saran saya sih sebaiknya satu jam atau 45 menit sebelum jadwal boarding sebaiknya kita sudah masuk untuk urus imigrasi.

6. Beli Air Minum
Oh ya, kalau kita jalan-jalan di tempat wisata atau di luar stasiun subway kita akan menemukan para penjual air minum botolan. Harga umumnya semua standar, botol dengan label biru biasanya CNY2, sementara yang label merah CNY3. Nah, kalau musim panas biasanya mereka jual air minum dingin. Keliatannya sih segar banget ya! Setelah beli dan minum… ternyata bagian tengah botol ini es semua, yang masih dalam bentuk air cuma sedikit. Hahaha… harus nungguin esnya cair dulu deh! Jadi kalau memang lagi haus sekali, beli air yang tidak dingin atau coba cek-cek dulu apakah isi botolnya beku atau tidak.

7. Toilet Umum Gratis (Plus Bonus)
Yup, toilet umum di Beijing ngga ada yang harus bayar alias gratis! Lokasi toilet juga banyak di berbagai tempat. Kalau di tempat-tempat wisata malah toiletnya banyak yang ber-AC. Tapi kalau di tempat lain… hemm… lumayan sih biasanya, gratis plus bonus bau! Itu dia yang ngga nahan… bau pesingnya! Hehehe… Ya kalau masih tahan sih sebaiknya cari toilet di mall atau restoran.

Itu dia sedikit tips dari saya sebelum wisata ke Beijing. Semoga bisa jadi masukan, sambil rencanain dan menyusun itinerary kamu. Met jalan-jalan ya!

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!


Tinggalkan Komentar