Capitola by the Sea, Kota Cantik di California, Amerika Serikat

travelawan

Ada beberapa kota atau tempat di dunia ini yang akan kita ingat seumur hidup, dan masing-masing dari kita pasti punya pilihan yang berbeda sesuai selera! Mungkin ada yang lebih jatuh hati pada Singapura daripada Bali. Atau ada yang lebih menikmati menyusuri jalan-jalan utama di kota Paris, Perancis daripada bersepeda di kawasan pinggir sungai di Amsterdam, Belanda.

Banyak tempat yang juga meninggalkan kesan dalam perjalanan saya. Di Indonesia tentu saya akan sebutkan Bali dan Bandung… Bangkok dan Hong Kong juga saya masukkan dalam daftar kota favorit saya. Atau saat beberapa waktu lalu sempat jalan-jalan ke Jepang, ada satu kota yang bernama Nara, yang juga meninggalkan kenangan mendalam bagi saya. Kalau di Amerika Serikat, first on the list akan saya katakan San Francisco. Ya, lagu “I Left My Heart In San Francisco” memang tidak berlebihan, kota itu memang bagai malaikat pembawa cinta yang siap menembakkan panahnya ke jantung hati. Dan kini malaikat itu juga memanah saya di satu kota lainnya, masih di California juga, saya jatuh cinta pada Capitola!

Capitola by the Sea, Kota Cantik di California, Amerika Serikat, Travelawan

Tepatnya kota kecil ini bernama Capitola-by-the-Sea, terletak di wilayah Santa Cruz, di daerah pantai Monterey Bay dan hanya berpenduduk belasan ribu orang. Saat adik dan tante saya mengajak bertandang ke kota ini, saya sama sekali tidak terbayang akan menemukan kota seperti ini di belahan California. Capitola sendiri terletak tak jauh dari Santa Cruz, salah satu kota yang terkenal dengan pantai dan kegiatan surfing-nya.

Capitola by the Sea, Kota Cantik di California, Amerika Serikat, Travelawan

Berbeda dengan Santa Cruz yang berkesan ‘hippies‘, memasuki Capitola serasa berada di belahan Eropa. Tidak juga dapat dikatakan mirip dengan Itali, namun bangunan dan nuansanya memang berbeda dari kota-kota di Amerika pada umumnya. Mungkin dari foto-foto yang saya posting di sini, anda bisa membayangkan kecantikan kota kecil di tepi pantai ini yang penuh dengan rumah-rumah seharga jutaan dolar Amerika.

Baca juga:   Tips Traveling

Nuansa romantis dari restoran, kafe, toko-toko kecil yang unik dan pantai indah dengan boardwalk-nya, menghiasi Capitola. Satu restoran yang wajib anda kunjungi bila singgah ke kota ini adalah Shadowbrook Restaurant yang ‘mengepulkan’ asap dapurnya sejak tahun 1947.

Restoran ini terletak di tepi sungai Soquel Creek dan keunikannya adalah kita harus menaiki satu lift kecil untuk turun menuju restoran ini. Anda bisa memilih untuk duduk di dalam restoran yang memberikan nuansa hangat bersahabat, atau bisa juga duduk di halaman belakang restoran yang luas dan bersebelahan dengan sungai. Sepertinya restoran romantis ini sangat cocok juga untuk melakukan pesta pernikahan.

Atau jika ingin menikmati suasana restoran yang tak kalah romantis, bisa juga bertandang ke Zelda. Mereka melayani breakfast, lunch, dinner dan brunch pada hari Sabtu dan Minggu, serta happy hour dengan special Margarita-nya seharga US$ 1.99 saja.

Jika memilih untuk menginap di sekitar Capitola dan ingin menikmati restoran-restoran lain yang tidak kalah unik, bisa memilih tinggal di Bed and Breakfast yang ada di sekitar kota ini. Total ada sekitar 9 Bed and Breakfast di seputar Capitola dan Santa Cruz yang dapat menjadi pilihan. Jika memutuskan untuk menginap di hotel, ada Best Western yang harganya masih terjangkau.

Sekarang selain San Francisco, saya juga akan mengatakan “I left my heart in Capitola!“. A very lovely and romantic city in California. Kalau suatu hari nanti Anda sempat singgah ke kota ini, saya berharap mudah-mudahan kata-kata yang sama juga akan terucap. Dan keindahan Capitola akan selalu tersimpan dalam kenangan serta album foto Anda.

Baca juga:   Wisata 9 Hari ke Shenzhen, Hong Kong dan Macau

Also Read

Tags

Leave a Comment