Wisata ke Kota Jaisalmer di India

travelawan

India… selama ini trip ke India selalu jadi wacana aja buat aku. Belum jadi-jadi juga karena memang belum juga ketemu teman jalan dan tour yang pas. Sampai akhirnya seorang teman yang pernah ketemu di trip ke Nepal di tahun 2018, Anggia, ngajakin dan bilang sudah dapet info tour operator yang oke untuk jalan-jalan di India.

Wisata ke Kota Jaisalmer di India, Travelawan

Bayangan aku waktu itu paling cuma ke New Delhi, Agra (Taj Mahal) – yang memang adalah tujuan utama dan alasan aku pingin ke India, dan ke kota Jaipur. Waktu dibilang perjalanannya 11 hari, aku iya-iya aja… dan jadilah di ujung perjalanan ini kita mampir ke kota Jaisalmer. Kota yang penduduknya paling sedikit dibanding kota2 lain yang kami kunjungi selama di India.

Wisata ke Kota Jaisalmer di India, Travelawan

Wisata ke Kota Jaisalmer di India, Travelawan

Tujuan utama ke Jaisalmer memang untuk camel safari, naik unta di gurun pasir yang berbatasan dengan wilayah pakistan. Tadinya mikir juga, ngapain ya jauh-jauh ke ujung India cuma untuk naik unta saja? Hahaha… Tapi ternyata kota ini menyajikan satu pengalaman yang berbeda buat aku. Kalo mau lihat sapi-sapi goleran di jalan, atau saat jalan kaki tengah malam kita bisa papasan sama rombongan sapi… ya disini tempatnya. Di depan hotel tempat kami menginap pun ada kandang sapi.

Wisata ke Kota Jaisalmer di India, Travelawan

Kota Jaisalmer dijuluki sebagai Golden City, karena bangunan-bangunannya terbuat dari batu pasir kuning (yellow sandstone) dan terlihat ‘glowing’ kalau terkena sinar matahari. Disini ada sebuah benteng, Jaisalmer Fort yang dibangun pada abad 11 masehi. Karena bersinar saat ditempa sinar matahari, benteng ini pun dikenal sebagai Sonar Quila atau Golden Fort.

Wisata ke Kota Jaisalmer di India, Travelawan

Di tahun 2013, Jaisalmer Fort berikut 5 buah benteng lainnya di daerah Rajasthan ditetapkan sebagai situs UNESCO World Heritage, yang dikenal dengan nama ‘Hill Forts of Rajasthan’. Uniknya seperempat dari populasi warga kota ini tinggal di lingkungan benteng ini, bahkan ada guest house yang lokasinya dalam area benteng.

Baca juga:   4 tempat wisata di Jakarta yang murah dan seru

Wisata ke Kota Jaisalmer di India, Travelawan

Buat aku yang memorable banget dari kota ini adalah sunset-nya. Di akhir camel safari kami diajak menikmati matahari terbenam yang indah banget, sebelum akhirnya menuju ke sebuah desert camp untuk nikmatin makan malam sambil disuguhi atraksi tarian dan musik tradisional di samping api unggun. Akhirnya kunjungan ke kota Jaisalmer ini jadi satu perjalanan yang tak terlupakan, setelah menempuh jalan darat belasan jam dari Jaipur.

Wisata ke Kota Jaisalmer di India, Travelawan

Oh ya, yang penasaran di India kami ambil paket tour dari tour operator mana, bisa cek deh ke Instagram @hidden_india_tours. Walau kantournya di kota Jaipur, tapi mereka bisa arrange tour kemanapun di India. Selamat rencanain jalan-jalan ke India!

Also Read

Tags

6 thoughts on “Wisata ke Kota Jaisalmer di India”

  1. Wahh Jaisalmer, salah satu tempat yang membuat kami menggantungkan mimpi semoga dikemudian hari bisa kesana

    Reply

Leave a Comment