Wisata ke Shenzhen Lewat Hong Kong Pakai Visa On Arrival

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Wisata ke Shenzhen Melalui Hong Kong Menggunakan Visa On Arrival (VOA)
CATATAN PENTING!

  • Visa On Arrival (VOA) HANYA bisa diurus kalau masuk Shenzhen lewat Lo Wu / Louhu Port, yaitu masuk lewat Hong Kong
  • VOA TIDAK BISA PROSES kalau masuk ke Shenzhen melalui Sekhou Port (dari Macau) atau port lainnya, naik ferry langsung dari Hong Kong International Airport (HKIA), atau masuk dengan pesawat udara dan mendarat di bandara Shenzhen. Untuk yang masuk Shenzhen selain melalui Lo Wu / Louhu sudah harus urus / punya visa China dari Indonesia.

UPDATE 2017 – Kasus VOA ditolak di Lo Wu / Louhu Port:
Berdasarkan pengalaman kawan-kawan Travelawan yang mau masuk Shenzhen melalui Lo Wu / Louhu di tahun 2017 ini, ternyata ada juga yang ditolak masuk / tidak bisa proses VOA dengan alasan yang kurang jelas dari petugas.

Jadi sekarang walau lewat Lo Wu / Louhu belum tentu VOA disetujui dan bisa masuk ke Shenzhen – semua tergantung petugas yang kita hadapi saat ajukan VOA. Sebaiknya kalau memang mau masuk dengan VOA, pastikan isi formulir dengan benar dan bisa yakinkan ke petugas kalau mau ke Shenzhen hanya untuk wisata aja. Lebih baik kalau akan menginap, print voucher hotel dibawa dan tunjukkan juga.

Untuk kamu yang ‘HARUS’ sekali masuk ke Shenzhen, saran saya lebih baik buat visa China dari Indonesia, daripada ada resiko VOA ditolak dan tidak bisa masuk.

* * * * * * *
Bagi yang ingin berkunjung ke Shenzhen dari Hong Kong atau Macau, dengan menggunakan tour (one day tour atau 2 Hari 1 Malam), bisa cek Itinerary dan harga Paket Tour di bawah ini:

* Shenzhen, Paket Tour Satu Hari Dari Hong Kong Ke Shenzhen

* Shenzhen, Itinerary Paket Tour 2 Hari 1 Malam Dari Hong Kong

Harga paket tour sudah termasuk pengurusan visa (pasti bisa masuk Shenzhen).
* * * * * * *

Banyak diantara kawan-kawan yang rencana jalan-jalan ke Hong Kong dan mau lanjut juga wisata ke Macau dan Shenzhen. Kalau untuk Macau sih aman, karena masuknya tidak pakai visa bagi pemegang paspor Indonesia, sama seperti kalau kita masuk ke Hong Kong. Tapi yang rencana mau ke Shenzhen juga, ini dia yang jadi pertanyaan, apakah kita bisa masuk dengan menggunakan Visa On Arrival (VOA), atau harus mengajukan visa China dari Indonesia? Memang kalau apply visa China di Indonesia harganya lebih mahal daripada mengurus VOA.


Memang sangat praktis berkunjung ke Shenzhen dengan menggunakan Visa on Arrival
(Loket tempat mengurus Visa on Arrival (VOA) di Lo Wu Station)

Memang lebih praktis dan murah berkunjung ke Shenzhen dengan menggunakan Visa on Arrival, hanya perlu membayar RMB 178. Tapi dari cerita beberapa teman Travelawan yang ternyata ditolak untuk membuat VOA di Lo Wu Port sejak awal tahun 2017 ini, jadinya masuk ke Shenzhen dengan VOA itu gambling / untung-untungan juga. Ada yang langsung bisa ajukan tanpa masalah, tapi ada yang ditolak petugas sehingga tidak bisa urus VOA dan batal masuk Shenzhen.


Sementara akses masuk ke Shenzhen menggunakan Visa On Arrival sempat saya dengar
(Lembar Imigrasi untuk masuk ke Shenzhen – China)

Jangan lupa juga kalau rencana masuk dengan VOA, visa ini hanya berlaku untuk 5 (lima) hari. Memang cocok untuk jalan-jalan singkat ke Shenzhen. Bisa kamu peroleh hanya kalau masuk lewat Lo Wu / Louhu Port, antara jam 09.00-22.30 setiap harinya.

Selamat rencanain jalan-jalan ke Shenzhen!

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

136 comments

  1. Hi… mau tanya donk, kebetulan saya akan ke shenzhen dari hongkong dalam waktu dekat, rencana pergi pagi pulang malam, batas max jam imigrasi kira2 jam brp ya? dan pagi jam brp buka? susah gak ya kalu saya cuma mau ke Wisdom of the world dan pasar dong me/ pasar lo wu utk belanja aja. pakai bus lbh mudah atau naik metro(mrt shenzhen)? thx

    1. Halo kak Surianto,

      Pertama saya mau tanya apakah sudah punya visa China? Karena kalo mau pakai/ajukan Visa on Arrival lagi banyak yang ditolak.
      Pagi sebaiknya masuk jam 8 pagi dan jam 10 malam sudah baik ke Hong Kong.

      Ke Window of the World dan Lo Wu naik metro bisa.

      Salam,
      Awan

      1. Saya surianto per tgl (14 okt 2017) visa saya tidak di tolak. Hanya saja tmn saya yg berhijab di tolak. Sblm sampai counter. Kalo saya tanya. Mrk suruh saya urus di hongkong. Dan spt nya alasan human tracking. Soalnya kami yg cow lewat. Yg cew pada gak bisa lewat. Padahal belum sampai no antrian. Tapi sudah ada petugas yg ngecheck dan disuruh go back hongkong. Inti nya adalah yg cew harus urus visa di hongkong.

  2. Update bagi yang mau ke Shenzhen via HK. Hari ini, 16 Sept’17, sy dan sepupu tidak bisa mengajukan VOA. Sampai di kantor pengurusan VOA, sudah ambil nomor, isi Application Card dan sedang menunggu nomor dipanggil, ada petugas yg memeriksa paspor. Melihat paspor kita dari Indonesia, Application Card kita langsung diambil dan disuruh mengurus visa dari HK 3 hari sebelumnya. NOTES : Passpor baru. Tidak membawa paspor yg lama.

      1. Hi Wendy. Itu yang disampaikan petugas kepada kami dan kami dikasih alamat tempat pengurusannya. Berhubung jadwal pulang kami sangat dekat, kami membatalkan ke Shenzhen. Berikut alamat yang diberikan :
        Visa Section of the Consular Department of the Office of the Commissioner of the Ministry of Foreign Affairsin H.K
        Add : 7th Flr. Lower Block, 26Harbour Rd. Wan Chai, H.K.
        Office Hours : Mon – Fri 9:00 – 12:00 14:00-17:00
        Telp : (852) 34132424
        Live Answering Telephone : (852) 34132300
        24hour Recorded Visa Information Service

  3. halo mas Awan,

    saya rencana ke hk dr tgl 30 des 2017 – 4 jan 2018 nah berhubung pengin ke china jg. apa bisa saya dr HK-SZ-GZ-HK? menurut mas itinerary yang cocok gimana ya? terima kasih sblm nya untuk infonya mas.

    1. Halo mbak Lia,

      Bisa saja, cuma seperti sudah saya tulis di artikel saya kalau sekarang ini susah dapatin VOA, jadi sebaiknya buat visa China dari Indonesia. Kalau sudah punya visa China nanti enak, kalau mau ke China tanpa ke Shenzhen juga bisa aja dari Hong Kong mbak langsung naik kereta ke Guangzhou. Atau lewat Shenzhen dulu juga ngga masalah, cuma kalau mau belanja pastinnya seruan di Guangzhou 🙂

      Salam,
      Awan

    2. Dari pada masalah..lebih baik masuk ke shenzhen pake normal visa saja..biayanya beda kira 200rb. Tapi kita ndak was2…ngurus visanya juga ndak repot kok.. 5 hari juga jadi

    1. Halo mas Fahri,

      Terima kasih banyak untuk sharing infonya ya. Memang sekarang tidak ada kejelasan kapan VOA bisa di-approve atau tidak.

      Salam,
      Awan

  4. Halo mas Awan,

    Mau nanya Mas. Aku rencana bulan depan mau ke SZ lewat HK, rencananya sih mau nginap di rumah saudara disana, apakah kemungkinan ditolaknya besar ya? Atau lebih baik pesan hotel?
    Kemudian mau tanya juga, misal rencana menginap 2 malam ketika urus VOA lalu tiba” ketika di SZ mendadak jadi 3 malam apakah bisa?

    Thank youu for sharing infonya ya Mas 😀

    Regards,
    Yoshi

    1. Halo mbak Yoshi,

      Terus terang masalah VOA ditolak atau approve saya ngga bisa kasih masukan untuk saat ini, karena keadaannya seperti yang saya tulis. Saran saya mumpung masih punya waktu, buat visa China aja dari Indonesia. Atau ya alternatif lain kalo masih mau coba VOA pesan hotel di Shenzhen, jadi ada alasan sudah pesan penginapan dan harus masuk Shenzhen.

      VOA berlaku 5 x 24 jam, jadi kalo mau nambah stay, selama ngga lebih dari waktu itu ngga masalah.

      Salam,
      Awan

    2. Saat ini memang betul, pemerintah China sangat ketat dalam mengaprove proses VOA… kalo pernah masuk shenzen atau ke china sebelumnya…ditunjukkan saja bukti2 Visa yg lama tsb…kalo perlu dibawa juga passport yg lama sbg document penunjang…

      Biasanya jika dalam history passport kalian pernah berkunjung ke China…99% permintaan VOA akan diapproved….tapi kalo kalian baru pertama kali ke China…lbh baik kalian bikin VIsanya di Indonesia saja…jangan di shenzen…krn mayoritas ditolak

      1. Halo mbak Lia,

        Terima kasih banyak untuk informasi tambahannya ya. Semoga berguna untuk kawan2 lain yang berniat urus VOA – yang sekarang sudah susah untuk di-approved.

        Salam,
        Awan

  5. hallo mas awan,

    tanya donk kalau mau ke shenzhen pas mengajukan VOA apa harus menunjukkan kita menginap dimana? apabila pergi pagi dan pulang malam (kembali ke Hongkong lewat Lo Wu) tidak menginap apakah bisa?
    terima kasih

    1. Halo mbak Linna,

      Kalau mbak baca tulisan saya ini di bangian update 2017, lumayan banyak juga yang VOA-nya ditolak. Jadi saya ngga bisa bilang apakah bisa atau tidak, tapi semua tergantung petugas yang keluarkan VOA di perbatasan.

      Update minggu lalu sih ada suami istri yang bisa mudah urus VOA karena mereka memang akan nginap semalam di Shenzhen. Tapi saya juga ngga bisa bilang itu jaminan VOA pasti approve. Kalau memang harus/penting sekali masuk ke Shenzhen, sebaiknya buat visa China di Indonesia.

      Salam,
      Awan

  6. hallo mas awam , mohon informasinya dong mas visa voa china ap msh bisa mas terimakasih infonya mas awam salm dari amey

    1. Halo mbak Amey,

      Kalo mbak baca yang saya tulis di artikel ini, soal VOA itu untung2an sekarang ini mbak. Kemarin ada sepasang suami istri yang message ke saya katanya mereka lancar buat VOA ngga ada masalah, tapi sebelumnya banyak yang ditolak juga. Jadi saya ngga bisa pastikan mbak. Bisa dicoba aja ya.

      Tapi seperti saya tulis juga, kalau harus banget masuk ke Shenzhen, sebaiknya sudah urus/buat visa China di Indonesia.

      Salam,
      Awan

  7. Hallo mas
    Tolong Bantu jawab. Saya akan ke shenzhen Dari hong kong tgl 3 oktober 2017.
    Tetapi saya goggling kalendar china tgl 1 sampai 8 public holiday (golden week).
    Bagaimana mas apakah VOA tutup selama public holiday ?
    Apakah Ada Cara untuk mengetahui VOA buka atau tutup pada hari tersebut . ?
    Terima kasih

    1. Halo mbak Natalia,

      Maaf kalau soal perbatasan menerima pembuatan VOA atau tidak, kita juga tidak dapat info. Mustinya VOA buka setiap hari, tapi ya itu… suka ada kebijakan dari pemerintah China dimana pada periode tertentu ngga bisa buat. Golden week mustinya akan buka, tapi seperti mbak baca di artikel yang saya tulis kalau sekarang VOA itu sering ditolak.
      Jadi kalau mbak perlu sekali untuk masuk Shenzhen pada saat tersebut, sebaiknya buat visa China aja di Indonesia, mumpung masih ada waktu.

      Salam,
      Awan

  8. Hallo mas,
    Mohon dipandu untuk transportasi yang cepat, mudah dan murah, saya berempat dg istri dan anak 2, mau ke Shenzhen langsung dari bandara Hongkong, saya sudah urus visa dari Jakarta. Untuk hotel di Shenzhen, hotel Sunon.di lou hu . Terima kasih

    1. Halo mas Ari,
      Kalo udah punya visa China di bandara HKIA pilihannya bisa naik Turbojet ke Shenzhen Airport (cuma ada satu jalur ini) dan jadwal cuma 2 kali sehari, jam 11.50 dan 15.50. Tiket dewasa HKD 295, dan anak dibawah 12 tahun HKD 220, dibawah 2 tahun HKD 155.

      Juga ada van/bus yang sediakan jasa angkutan ke Shenzhen. Nanti tanya di counter information deh untuk loketnya. Saya sendiri ngga pernah langsung dari HKIA ke Shenzhen. Tapi pernah tanya kalo van/bus tarifnya per orang sekitar HKD 250.

      Salam,
      Awan

  9. Halo mas mau nanya, untuk rute dari hongkong ke shenzen bagusnya naik apa ya sekarang kalau tidak sempat membuat visa china di indonesia?terimakasih mas

    1. Halo mbak Hana,
      Cuma ada satu rute, yaitu masuk ke perbatasan Lo Wu (Louhu). Tinggal naik MTR dari Hong Kong menuju ke Lo Wu Station.
      Tapi seperti yang sudah saya sampaikan, sekarang masuk Shenzhen pake Visa On Arrival untung2an di-approve. Jadi kalo sampe ngga dapat visanya, mau ngga mau harus balik Hong Kong lagi.

      Salam,
      Awan

    1. Halo apa kabar?
      Seperti saya jelaskan di artikel ini, saat ini apply VOA ada kemungkinan ditolak. Jadi kalau memang harus sekali masuk Shenzhen, amannya buat visa China di Indonesia.

      Salam,
      Awan

  10. Halo mas Awan kalo dari hongkong mau masuk ke GZ kita harus bikin visa china setau saya dokumen yang harus di sertakan adalah tiket pesawat, nah yang saya mau tanyakan kalo tiket pesawat saya PP Hongkong itu jadi masalah gak karena rute saya HK-GZ-HK baru balik indo thanks

    1. Halo mas Justin,
      Maaf saya baru bisa balas2 lagi nih… untuk pembuatan visa China-nya sebaiknya lewat travel agent aja. Biasanya ngga masalah kalo bilang mendarat di Hong Kong dan naik kereta ke China. Yang pasti sudah ada/sertain bookingan hotel di Guangzhou-nya.

      Salam,
      Awan

  11. Hai mas awan, sy rencana mau ke shenzen tgl 26 mei nanti .
    Rencana dari shenzen mau langsung ke HKIA
    Minta saran dong mas rutenya lewat mana yg lebih enak naek ferry dari sekhou atau balik lg ke hongkong
    Mohon sarannya
    Terimakasih

    1. Halo mbak Mariana,
      Kalo soal balik dari Shenzhen ke HKIA bisa naik ferry. Tapi jadwalnya sedikit sekali, cuma 5 kali sehari. Mbak bisa cek jadwalnya di website Turbojet ya. Dan kalo udah tau mau naik yang jam berapa, pesan online juga bisa.

      Salam,
      Awan

  12. Hai mas awan,

    Saya pernah tanya mas awan waktu saya mau travelling ke bangkok.

    Sekarang saya mau ke shenzhen dan hongkong.
    Minta saran dong tempat wisata di shenzhen apa saja ya ?
    Dan saya bisa lihat di website mas awan yang mana ya ?

    Terima kasih dan salam

    Winnie

    1. Halo mbak Winnie,
      Kebetulan untuk Shenzhen memeang saya belum sempat nulis2 di blog. Tapi tempat wisata wajibnya adalah Window of the World dan China Folk Culturan Village. Kalo untuk tempat shopping di Dongmen.

      Salam,
      Awan

  13. Pak jd intinya di hr minggu bisa yah urus VOA , kantornya buka? Hehehe sy tkt tutup. Dan kalo sy sertakan bukti pemesanan hotel bisa besar kemungkinan di terima kali yah pak?

  14. Pak klo hari minggu VOA bs diurus ga yah? Buka sampai jam brp yah pak kantornya? Krn rencana minggu siang sampai hongkong lgsg mau ke shenzen. Mohon infonya pak

    1. Halo mbak Lita,
      Kalo sudah baca artikel ini yang saya tulis, sekarang ini untuk mendapatan VOA itu untung2an. Kadang suka ngga di approve sama petugasnya. Kantornya buka setiap hari, jam-nya juga sudah saya tulis di artikel ini. Tapi soal bisa dapat atau ngga-nya itu tergantung apakah dikasih atau tidak di perbatasan. Kalau mau pasti masuk Shenzhen, buat visa China-nya di Indonesia.

      Salam,
      Awan

  15. Mas kalo baru pertama kali ke china..apa bisa apply untuk voa shenzen ? Soalnya jd ragu. Ada baca artikel indonesia paspor yg pertama kali masuk china tdk boleh apply voa shenzen. Mohon info nya mas

    1. Halo mbak Wenny,
      Seperti sudah saya ceritakan di artikel ini, saat ini sedang ‘untung2an’ untuk bisa masuk Shenzhen pakai Visa On Arrival. Jadi kalo mbak mau sekali mengunjungi Shenzhen, sebaiknya sudah buat visa China dari Indonesia ya.

      Salam,
      Awan

  16. hello mas awan saya mau tanya visa voa dari hongkong ke china ap msh bisa soalnya saya blum jadi ke sana mohon infonya terimakasih salam amey

    1. Halo mbak Amey,
      Silahkan dibaca lagi artikel ini ya. Disini saya jelasin kalau sekarang lumayan banyak yang ditolak masuk pakai VOA.
      Jadi ya untung2an mbak. Kalau bisa proses ya bisa masuk, tapi kalau ditolak petugasnya mau ngga mau batal masuk Shenzhen.

      Salam,
      Awan

  17. Terimakasih dengan ada nya artikel ini. Sy mau ty mas,wkt pengurusan VOA shenzhen apakah di interview? soal nya sy ga pande bhs inggris atau bhs mandarin. Takut aja kl di Tanya ga pande njawab. Trimakasih.

    1. Halo mbak Susiana,
      Paling mungkin ditanya kepentingannya mau ke Shenzhen untuk apa. Pastikan jawaban meyakinkan bahwa cuma untuk jalan2 aja, dan kasih tau di Shenzhen hanya sebentar/berapa hari.

      Salam,
      Awan

  18. VOA 178yuan X kurs 1900, gak beda jau sama minta visa one trip hanya 575.000 sudah pasti masuk, oh ya saya mau tanya jadwal kapal dari macau ke shen zhen berangkat jam berapa saja?

    1. Halo mbak Christina,
      Betul, supaya pasti bisa masuk mending buat visa China di Indonesia dulu.
      Jadwal ferry bisa liat di website Turbojet, Google: Turbojet Macau Shekou Schedule.
      Cuma ada 12 jadwal sehari, dari 09.45 – 20.45.

      Salam,
      Awan

  19. Mas Awan, saya ada rencana ke Hong Kong terus mau ke Guangzhou untuk 2 hari saja, tapi belum urus visa china nya dari Indonesia, apakah bisa juga pakai cara Visa On Arrival disana..?
    Terima kasih

    1. Halo mbak Kiki,
      Untuk masuk ke Guangzhou tidak bisa Visa On Arrival. Masuk ke Shenzhen juga sekarang kadang ada yang ditolak untuk urus VOA oleh petugasnya. Jadi memang sebaiknya sudah ada visa China dari Indonesia, atau ya untung2an minta VOA masuk lewat Shenzhen.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Amey,
      Untuk urus visa China di Indonesia bisa lewat berbagai travel agent kok, dicoba aja mbak.
      Tapi kalau mau coba Visa On Arrival juga ngga ada salahnya, siapa tau beruntung tidak susah ngurusnya.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Amey,
      Mohon untuk dibaca lagi artikel ini ya.
      Disini saya jelaskan bahwa sebenarnya masih bisa, tapi di awal 2017 ini banyak juga yang ditolak mebuat VOA oleh petugas di perbatasan. Jadi intinya untung2an / gambling, mbak. Kalo mau pasti masuk Shenzhen, sudah buat visa China dari Indonesia.

      Salam,
      Awan

  20. Halo Mas Awan,
    UNTUK VOA Shenzen itu syaratnya apa saja? Untuk Pergi pulang dari Hongkong pakah bisa mas ? karena saya maunya nginep di Hongkong saja.

    Salam
    Jannida

    1. Halo mbak Jannida,

      Syaratnya cuma bawa paspor dan bayar uang VOA sebesar 178 Yuan, plus kalo nginap di Shenzhen bawa voucher hotelnya. Tapi seperti saya jelaskan di artikel ini (mbak bisa baca lagi), terakhir2 banyak juga yang ditolak tidak bisa proses VOA. Jadi untung2an bisa approve atau ngga VOA-nya.
      Kalo ke Shenzhen sih bisa aja cuma PP satu hari dari Hong Kong.

      Salam,
      Awan

  21. Dear Mas Awan,

    Kami rencana mau tranveling ke Shenzen pakai bundling tiket + Hotel dr AA bln Juli’17,( paket 5 hr di Shenzen ).

    Pls advisenya… apakah saya sebaiknya ambil paket yg ke HK dulu ? atau ke Shenzhen… karena kuatir VOA tidak bs dapat… krn ini pertama saya ke Shenzen.

    Tks
    wulan

    1. Halo mbak Wulan,

      Kalo beli paket untuk 5 hari di Shenzhen saran saya buat visa China di Indonesia sebelum pergi kesana.
      VOA itu hanya berlaku untuk 5 hari, kalo mau urus VOA dan petugasnya lihat paket tour-nya aja sudah 5 hari, bisa jadi ditolak. Terakhir2 ini seperti yang saya tulis di artikel ini banyak yang mau ajukan VOA tapi ditolak.
      Jadi mumpung perginya masih Juli, buat visa China dulu di Indonesia. Gampang kok, bisa lewat travel agent2 besar.

      Salam,
      Awan

    1. Halo, iya setiap hari buka.
      Tapi coba baca artikel ini lagi ya, karena sudah ada beberapa kejadian ditolak sama petugasnya. saya sudah berikan catatan ditulisan ini… jadi kalo memang ‘harus banget’ masuk Shenzhen, amannya buat visa China di Indonesia. Tapi kalo mau gambling, ngga bisa masuk juga ngga masalah… bisa coba buat VOA.

      Salam,
      Awan

  22. Selamat siang mas awan, saya sekeluarga mau liburan di hongkong selama 7 hari, bisa minta tolong di siapkan pemandu wisata selama saya di hongkong,? Kalo bisa tolong di ingo ke 081246300203 wa dan line

    1. Halo, apa kabar?
      Maaf sekali saya atau travel kenalan saya di Hong Kong tidak bisa menyediakan guide saja untuk Hong Kong. Pihak travelnya hanya punya paket program one day tour seperti yang saya tulis di website. Terima kasih.

      Salam,
      Awan

  23. Halo mas Awan,

    Sekedar untuk berbagi informasi untuk voa shenzhen memang ada yang bisa ada juga yang ditolak..
    Alhamdulilah nya saya dan suami hari ini bisa dapet visa shenzhen (mungkin kuat2an doa ?) dgn lancar, tapi ada juga ibu2 dan rombongannya ditolak (dari indo).. Ga ngerti juga kenapa hiiks..

    Yang penting jelas tujuan kesana dan mungkin tempat tinggal nya, untuk yg 1 day tour bisa ditunjukin tempat nginep qt di HK (nama hotel dll)..

    Semoga bisa membantu
    Tq

    1. Halo mbak Novianti,

      Terima kasih banyak ya sudah berkabar balik.
      Betul sekali, kemarin juga ada yang info kalau dia ditolak masuk Shenzhen.
      Jadi untuk kawan2 lain yang memang niat masuk Shenzhen dengan menggunakan VOA jangan lupa untuk isi form-nya dengan benar dan bisa yakinkan ke petugas kalau ke Shenzhen hanya untuk jalan2 saja (lebih bagus kalo emang mau nginap sudah bawa voucher hotelnya untuk dikasih lihat).

      Salam,
      Awan

  24. Hai mas Awan,

    Sorry saya mau nanya, voa shenzhen dari lowu pasti bisa ya buat passport indo individu?
    Saya rencana mau kesana tanggal 23 maret malam hari (sampai di HKIA jam 7 malam) dengan voa karena saat ini apply visa china lagi susah banget. Tapi kata tour, voa shenzhen udah gak ada.
    Apa Mas Awan ada referensi resmi untuk voa ini? Mohon pencerahannya mas. Terima kasih.

    1. Halo mas Andrew,

      Apa kabar? Beberapa teman kemarin ini masih bisa ajukan VOA di Lo Wu/Louhu. Tapi ya memang ada yang bermasalah… awalnya ditolak, tapi karena sudah ada bookingan hotel di Shenzhen dan suaminya yang warga negara asing bisa dapat VOA, akhirnya dikasih juga.
      Tapi ada yang beberapa hari lalu mudah dan lancar mengurus VOA. Jadi saya tidak bisa bilang pasti bisa, mas. Intinya paspor Indonesia bisa urus VOA, tapi juga tergantung petugas saat itu.
      Kalo mas memang harus sekali masuk ke Shenzhen – saran saya buat visa China di Indonesia. Tapi kalo sampe ternyata ditolak dan ngga masalah, bisa coba urus VOA. Semoga lancar ya, mas.

      Salam,
      Awan

      1. Dear Mas Awan,

        Terima kasih infonya.
        Untuk apply visa china lagi kacau banget di embassy jakarta. Dokumen saya dikembalikan 2x karena foto saya salah ukuran.
        Kebetulan di kantor saya lagi ada incentive trip ke china dan sudah ada 9 orang yang aplikasinya dikembalikan karena foto salah ukuran saja. Nyerah saya sama embassy jadi mau voa saja.
        Bookingan semua udah lengkap, tiket ferry dari skypier pun jadi hangus (rencana awal mau dari skypier hkia ke shekou).

        Regards,
        Andrew

        1. Halo mas Andrew,

          Iya mas, kalo VOA jadinya ngga bisa lewat Skypier HKIA.
          Kacau juga ya aplikasi pada dibalikin karena foto salah ukuran 🙁

          Mudah2an nanti semuanya lancar ya, karena kan juga sudah ada bookingan hotel di Shenzhen. Sampai nanti.

          Salam,
          Awan

    1. Halo, bisa naik kereta LRT ke stasiun Kowloon Tong dan nanti ganti kereta MTR HongKong, turunnya yang paling dekat Tai Kok Tsui itu di stasiun MTR Mongkok.

      Salam,
      Awan

  25. saya mau tanya, kalau di shenzhen apakah harus menggunakan YUAN? apakah HKD tidak bisa dipakai di Shenzhen? mohon informasinya, karna tanggal 20 maret ini saya akan kesana. terima kasih banyak

    1. Halo mbak Sisca,

      Betul sekali. Di China (Shenzhen) HKD tidak berlaku, jadi harus tukar/bawa Yuan ya.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Putri,

      Mustinya sih buka ya setiap hari. Tapi seperti saya sampaikan sebelum2nya, kalo tiba2 pemerintah China mau tutup perbatasan di hari itu ya kita ngga bisa apa2. Dan update-nya baru tau kalo saat kita sampai di perbatasan itu mbak. Semoga pas kesana ngga ada penutupan dan bisa masuk Shenzhen ya.

      Salam,
      Awan

  26. Hai,

    Saya Grace, saya ingin bertanya… tgl 24 Maret 2017 saya berencana menuju ke Shenzhen dari HK.
    1. Bagaimana mengetahui bahwa kantor imigrasi untuk pengurusan VOA tidak tutup? Karena dari beberapa artikel yang saya baca, ada hari-hari tertentu kantor imigrasi untuk pengurusan VOA tutup.
    2. Apakah jika saya mendapatkan VOA dari HK ke Shenzhen, saya dapat melanjutkan perjalanan ke Macau dari Shekou Port?

    Mohon informasi dari rekan-rekan sekalian.

    Terima kasih

    1. Halo mbak Grace,

      Apa kabar? Untuk VOA kita emang ngga akan ada kepastian kapan tutup. Mustinya dia beroperasi tiap hari (sesuai jam kerjanya), tapi seperti saya bilang, kalo sampe ada acar pemerintah China, bisa aja perbatasan mereka tutup.

      Asal masuk dari Hong Kong (Lo Wu port), keluarnya bisa lewat Shekou untuk lanjutkan perjalanan ke Macau.

      Salam,
      Awan

      1. Wah, terima kasih banyak atas respon dan informasi-informasinya. Sangat berguna sekali…
        Sekali lagi terima kasih, ya…

  27. Halo travelawan

    Saya tanggal 23 maret ini mau berkunjung ke shenzen melalui hongkong dan memang rencana nya akan masuk melalai lo wu, dulu pada tahun 2013 saya sudah sempat apply voa di sana juga dan bisa

    Tapi belakangan ini saya mendengar desas desus passpor dari indonesia sudah tidak bisa

    Saya hanya ingin konfirmasi berita yg terbaru utk bulan maret ini apakah ini tetap bisa VOA atau tidak yah ?

    Mohon dengan sangat jawaban dan bantuan nya, karena apply visa china dari indonesia sangat mahal

    Terima kasih

    Charlie

    1. Saya sekarang sedang berada di Shenzhen. Saya masuk melalui Lo Wu. Sebelum imigrasi masuk ke shezhen jangan lupa naik ke Visa Port untuk urus VOA. Prosesnya sangat cepat.

      1. Halo terima kasih atas jawaban nya

        Jadi fixed passpor Indonesia masih bisa apply VOA utk shenzhen melalui lo-wu ya.?

        Biar gak salah lo-wu itu perbatasan jika kita naik train dr hongkong kan ya

        1. Saya bantu jelasin karena saya baru dari Shenzhen kemarin. Rencana tinggal dimana? Jika di Hong Kong Island lebih baik menyeberang ke Kowloon Island dulu. Naik MTR jalur warna biru muda di peta MTR. Pengalaman saya, saya naik dari stasiun Kowloon. Bisa juga dari stasiun Hung Hom. Jadi silahkan menuju kedua stasiun itu. Saya blm coba dari Mong kok East apakah bisa meski jalurnya sama juga, biru muda. Lalu naik hingga kereta berhenti terakhir. Semoga berangkat 🙂

          1. Halo mbak Vita,

            Terima kasih banyak ya sudah berbagi infonya untuk mas Charlie 🙂

            Salam,
            Awan

          2. hari pertama masuk akan ke hkg, karena mendarat disana
            dan langsung naik train ke lo-wu dan langsung apply VOA.

            yang saya takut kan adalah passpor indonesia tidak di terima lagi.

            Jadi saya minta konfirmasi nya bahwa passpor Indonesia masih bisa utk mengajukan VOA di lo-wu

          3. Halo mas Charlie,

            Iya, bisa baca pengalaman dari mbak Vita kemarin… Kalo ditanya/ngga dikasih, bilang emang mau wisata aja sehari. Karena mustinya ngga ada masalah, paspor Indonesia bisa urus Visa on Arrival Shenzhen.

            Salam,
            Awan

      2. Halo, terima kasih banyak untuk infonya ya. Semoga berguna untuk kawan2 lain yang mau urus Visa on Arrival untuk masuk ke Shenzhen.

        Salam,
        Awan

  28. Hai Mas Awan..

    Mau tanya saya ada plan dr HK ke Shenzhen tapi rencananya di Shenzhen cuma PP aja. Kira2 saat uros VOA di terima ga ya kalau saya ndak nunjukin bookingan hotel di Shenzen?

    Thanks.

    1. Halo mbak Ira,

      Iya, saya juga baru tau kemarin ini ada kasus sama mbak Vita ya. Jadi yang penting kalau sampai disusahin sama petugasnya, coba usaha yakinkan kalo ke Shenzhen hanya mau jalan2 aja.

      Salam,
      Awan

  29. Halo mas awan.

    Saya berencana ke hongkong macau shenzhen bulan juni, setelah baca blog mas awan saya berencana untuk mengunjungi daerah china lainnya seperti beijing atau Shanghai melalui shenzhen(lo wu) tidak menjadi masalah bukan jika saya menggunakan VOA dgn catatan tidak lebih dr 5 hari? Dan apakah jarak dari shenzhen menuju beijing atau shanghai cukup dekat untuk ditempuh?

    Terima kasih

    1. Halo mbak Fitri,

      Apa kabar? Saran saya kalo emang mau ke Shanghai dan Beijing langsung aja terbang dari Hong Kong kesana. Karena jaraknya jauh sekali. Dan kalau mau puas di satu kota ngga cukup untuk sehari dua hari aja. Sayang banget mbak… sementara menurut saya kalau punya niat untuk jalan ke dua kota tersebut malah Shenzhen-nya bisa di skip aja 🙂 Karena tempat wisata di Shanghai & Beijing lebih luar biasa!
      Bikin visa China di Indonesia ngga susah kok, bisa lewat travel agent dan lebih ada kepastian bisa masuk China, ngga mengandalkan VOA yang kadang tidak bisa diproses (kalau ada acara kenegaraan dan proses pembuatan ditutup) dan hanya berlaku 5 hari. Mumpung perginya masih Juni, coba dipertimbangin lagi deh mbak.

      Salam,
      Awan

  30. Mas Awan,

    Mohon info saya akan berangkat ke Shenzhen senin besok. Saya sudah book hotel dua hari semalam. Rencana saya akan berangkat dari HK (Lu Wo). Apakah bisa menggunakan VoA? Saya cek website lain katanya Indonesia bisa menggunakan bila mana sudah pernah dapat visa China sebelumnya. Apakah itu artinya mbak Fika di atas sdh pernah punya visa China. Jika memang tdk bisa, apakah urus visa China di Jakarta bisa jadi satu hari. Mohon penjelasannya ASAP. Terimakasih

    1. Halo mbak Vita,

      Maaf saya baru bisa balas emailnya, semoga sempat baca sebelum pergi. VOA di Lo Wu bisa diproses oleh pemegang paspor Indonesia, jadi bukan hanya yang sudah pernah ke China aja. Semoga nanti perjalanan ke Shenzhen-nya lancar ya.

      Salam,
      Awan

      1. Hallo Mbak Sari dan Mas Awan,

        Saya sudah di Shenzhen sekarang. Sewaktu masuk port imigrasi lantai 2, sempat ditolak dan harus urus di HK. Berikutnya nomor antrian visa adalah suami saya. Suami saya yang WNA bisa dapat 5 hari. Lalu kami protes bahwa kami berdua suami – isteri dan menunjukkan reservasi menginap hotel di Shenzhen. Jadi aplikasi kami dijadikan satu dan akhir nya diterima visa on Arrival. Memang harus ada penjelasan dan bukti bahwa WNI hanya turis dan bukan bekerja. Sekali lagi masuk dari Lou Wu bila VoA.

        Semoga bermanfaat.

        1. Mbak Vita, berarti qta harus bikin surat pernyataan gitu ya? yang menyatakan bahwa qta turis dan bukan bekerja disana?

          1. Enggak usah (bpk/ibu) Okta. Cuma tergantung staff nya ada yang memeriksa dan bertanya, ada yang malas dan langsung ditolak. Jadi kita harus pandai menjelaskan bahwa kita datang untuk berlibur. Sebaiknya lewat Lu Wo ya, jangan yang lain port nya kecuali punya visa China yg sdh diurus sebelumnya jika tidak ingin ribet. Memang mahal visa nya jika cuma short trip.

        2. Halo mbak Vita,

          Terima kasih banyak ya untuk info tambahannya. Semoga berguna untuk teman2 lainnya yang mau masuk ke Shenzhen dengan Visa On Arrival.

          Salam,
          Awan

        3. Hallo mba Vita,
          Saya rencana nya mau ke Shenzhen bulan mei besok.
          Saya sedang mengajukan visa china di kedutaan.
          Mau tanya dong, kalo saya mengianp di tsim sha tsui, saya bisa naik apa ya untuk ke shenzhen ?
          Terus tempat wisata apa saja yang wajib saya kunjungi ?
          Saya di shenzhen hanya 2 hari 1 malam

          Terima kasih atas bantuannya

          Winnie

          1. Halo mbak Winnie,

            Saya coba bantu jawab juga ya. Dari Tsim Sha Tsui ke perbatasan Shenzhen (Lo Wu/Louhu) tinggal naik MTR dan lanjut kereta LRT – jalur biru muda yang menuju ke Lo Wu ya. Bisa cek langsung jalurnya dengan Google peta MTR Hong Kong, jadi kebayang arahnya 🙂

            Salam,
            Awan

  31. Hai Pak Awan,

    Sy mau tanya maksud “Visa tidak berlaku bagi penerbangan yang tiba di Bandara Shenzhen atau dari Bandara Hong Kong naik ferry menuju Shenzhen” ini apa ya? Rencana saya akan pergi bulan Juni 2017 bersama keluarga. Apakah disana akan ada acara kebesaran China ga ya? Dan saya akan ke sz dr hongkong. Untuk harga VOA nya ayang terupdate brp ya? Tolong infonya ya Pak. Thanks.

    1. Halo pak Okta,

      Apa kabar? Kalau langsung mendarat di bandara Shenzhen atau dari bandara Hong Kong langsung naik ferry ke bandara Shenzhen, itu dianggapnya sama aja seperti masuk Shenzhen melalui bandara Shenzhen – dimana untuk hal ini tidak bisa buat VOA. Jadi harus sudah punya visa China yang dibuat di Indonesia.

      VOA hanya bisa diproses kalo bapak masuk Shenzhen lewat stasiun Lo Wu/Louhu, seperti saya telah jelaskan di artikel yang saya tulis. Soal ada acara khusus di China, kita tidak update kapan aja. Jadi kalau pak Okta harus masuk Shenzhen, lebih baik buat visa China di Indonesia. Tapi kalau misalnya santai saja, kalo sampai di perbatasan tidak bisa masuk dan kalau balik ke Hong Kong tidak jadi masalah, maka bisa coba untuk buat VOA Shenzhen nanti. Harga VOA RMB179 per orang ya.

      Salam,
      Awan

      1. Pak Awan,thanks atas penjelasannya. Bapak bs tolong bantu saya, dari bandara HK ke stasiun Lo Wu gmn caranya? Naik apa ya? Soalnya saya sudah cari tau, cuma penjelasan dari beberapa orang masi agak membingungkan.

        Thanks,

        Okta

        1. Halo, apa kabar lagi?

          Pertama, coba Google: Peta MTR Hong Kong.
          Disitu bisa lihat jalur2 keretanya. Untuk ke Lo Wu:
          – Beli tiket kereta Airport Express untuk menuju ke stasiun Tsing Yi
          – Dari Tsing Yi naik MTR ke stasiun Lai King
          – Di Lai King ganti naik jalur merah, turun di stasiun Prince Edward
          – Di Prince Edward ganti jalur hijau ke stasiun Kowloon Tong
          – Dari Kowloon Tong naik jalur biru muda ke stasiun Lo Wu (sampai)

          Emang harus ganti berkali2, tapi ngga susah kok. Jadi nanti tinggal cek2 jalurnya di peta MTR Hong Kong ya.

          Salam,
          Awan

  32. Hallo mas, mau nanya klu dr hk bisa lgs applay VOA g? Klu kita mau ke china bisa dipki gak mas? Rencananya pertengahan tahun ini mau ksn. Thx u

    1. Halo mbak Kristin,

      Rencana ke China-nya ke kota mana ya? Kalau niatnya ke kota lain selain Shenzhen, saran saya buat visa China dari Indonesia aja. Jadi ngga akan merepotkan untuk dari Hong Kong langsung menuju ke kota tujuan di China, misalnya mau ke Shanghai atau Beijing – bisa terbang langsung dari Hong Kong, atau mau ke Guangzhou, bisa langsung naik kereta dari Hong Kong.

      Karena seperti sudah saya jelaskan di artikel dan juga ke beberapa kawan lain yang bertanya, VOA itu ada keterbatasannya, diantaranya:
      – Masuk ke China hanya bisa melalui Shenzhen, dan hanya lewat stasiun/perbatasan Louhu / Lo Wu
      – Keluar China harus melalui Shenzhen (ngga bisa dari Guangzhou misalnya, balik ke Hong Kong)
      – VOA hanya berlaku 5 x 24 jam (5 hari saja), jadi kalau masuk dari Shenzhen dan berencana jalan2 ke kota lain di China akan terburu2 waktu, dan baliknya harus lewat Shenzhen lagi.

      Semoga jelas ya mbak jawabannya. Buat visa China di Indonesia ngga susah kok, bisa lewat jasa travel agent.

      Salam,
      Awan

  33. Halo mas, mau nanya nih
    Saya ada kasus nih, saya nyampe di Shenzhen pake visa single entry dari Indo. Mau ke hongkong buat jalan2, trus balik ke shenzhen lg pake visa on arrival (visa saya single entry) karena keberangkatan saya balik ke Indo di bandara Baoan Shenzhen. Kira2 bisa gak ya?

    1. Halo mas Irvan,

      Kemarin yang sempat tanya lewat LINE juga ya? Iya mas, berarti nanti pas balik ke Shenzhen-nya lagi harus masuknya lewat Lo Wu/Louhu Station dan buat visa on arrival.

      Salam,
      Awan

  34. Mas yang digambar itu issued nya 2013 visa shenzen….itu ga update 2017 ato 2016 yang VOA shenzen…VOA lama itu mas..apa masih bisa VOA bikin dari lo wu kalo 2017?
    Takutnya kita udah kesana taunya malah ga bisa bikin

    1. Halo, apa kabar?

      VOA tetap bisa dibuat di Lo Wu / Louhu Port ya.
      Pembuatan VOA buka sepanjang tahun, kecuali kalau lagi ada acara khusus di China dan pemerintahnya menutup perbatasan / tidak bisa masuk dengan VOA. Contohnya, pada saat di China kemarin ada acara pertemuan negara2 G20.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mas Yaka,

      Infonya seperti yang saya tulis di artikel ini ya.
      VOA bisa diurus kalau masuk dari Hong Kong lewat stasiun Lo Wu/Louhu.
      Masa berlaku VOA hanya 5 hari.

      Salam,
      Awan

  35. hii mas,kalo visa VOA bisa kekota laen hanya bisa pake bis ato bisa beli tiket naek krt cpt ya?tkt kl beli tiket krt cpt akan dicek visa n ga bisa pgi gt ga?trs beli tiket krt cptnya drmana?makasih

    1. Halo, apa kabar?

      VOA sih sebenarnya emang untuk di Shenzhen aja, tapi ada juga yang pake untuk sekalian ke kota lain. Yang penting harus diingat VOA itu hanya berlaku 5 hari, dan kalo sampe jalan ke kota lain nanti tetap harus balik ke Shenzhen, karena keluar China-nya harus lewat Shenzhen lagi ya.

      Salam,
      Awan

  36. Hii mas , terima kasih atas informasinya ya.. rencananya besok saya mau berlibur nih ke hongkong.. sangat membantu sekali..

    Thanks

    1. Hali mbak sari,

      Ya, dari tengah Hong Kong naik MTR, nanti pas jalur yang mau ke Shenzhen ganti kereta LRT (Light Rail Train), bentuknya sih mirip kaya kereta komuter juga 🙂

      Salam,
      Awan

  37. Hi.. mau nanya nanya.
    Soal VOA shenzen infonya valid kan? Artinya qt gak perlu buat visa china di Jkt.

    Trus apa VOA Shenzen hanya bisa digunakan di Shenzen sj atau bisa ke Provinsi lain.

    Makasih ya.. info infonya sangat membantu kami.

    1. Halo mas Denny,

      VOA Shenzhen masih bisa diurus hanya kalo masuk dari Hong Kong lewat Lo Wu/Louhu. Tapi kalo ada acara kenegaraan di China, bisa jadi tidak bisa urus VOA. Tapi ini juga jarang terjadi, terakhir pas ada konferensi negara2 G20 di tahun 2016 lalu.

      VOA berlaku hanya 5 hari, kalo mau ke propinsi lain berarti harus kurang dari waktu VOA berlaku dan keluar China-nya harus lewat Shenzhen lagi. Tidak bisa misalnya keluar dari Guangzhou ke Hong Kong, atau dari kota lainnya.

      Salam,
      Awan

  38. Hallo Mas Awan,

    Saya mau bertanya, kalau untuk ke Guilin apakah bisa menggunakan Visa On Arrival yang saya proses nanti di Lo Wu Station ke Guilin?

    saya tunggu jawabannya ya pak

    1. Halo mbak Wulan,

      Rencana ke Guilin-nya dari Shenzhen naik apa ya?
      Kalo naik bullet train, bisa aja dari Hong Kong masuk ke Shenzhen lewat Lo Wu dan kemudian naik bullet train kesana. Tapi VOA hanya berlaku 5 hari aja. Nanti baliknya dari Guilin harus ke Shenzhen dulu, dan keluar China dari Shenzhen.

      Kalau rencananya seperti di atas, berarti bisa pake VOA. Tapi kalo niat dari Guilin akan keluar China lewat tempat/kota lain, harus buat Visa China di Indonesia.

      Salam,
      Awan

      1. Naik Bullet Train itu dari stasiun apa ya mas? Itu VoA berlaku kalau kita keluar China dan masuk China lewat Shenzhen ya?
        dan apakah VoA bisa di buat kalau kita bepergian hanya dua orang?

        Mohon infonya,

        Wulan

        1. Halo mbak Wulan,

          VOA memang untuk perorangan. Berlaku 5 hari aja, masuk harus dari Lo Wu/Louhu dan keluar China harus dari Shenzhen (sesuai yang saya tulis di artikel ini).

          Kalo dari Shenzhen naik kereta cepat ke kota lain di China, naiknya dari stasiun Shenzhen Bei (North).

          Salam,
          Awan

  39. halo mas awan, aku selalu ikutin info travel dari mas lo .. hiihihi
    Bulan May nanti ada rencana pergi ke HK for 7 days..
    jadi mau jalan2 ke shenzhen for shopping tentunya lol
    1 day trip only, and then mau tanya ini yang mas maksud Lo Wu Port: 09.00-22.30
    berarti itu buka jam 9 dan tutup 22.30 kan y ? untuk sekedar shopping nya itu kira2 1 hari cukup tidak ya ?
    dan last question, kalau mau beli HP di shenzhen dimana ya?
    makasih sebelumnya ^^

    1. Halo Zoey, apa kabar? 🙂
      Wah, seru ya mau jalan2 ke Hong Kong & Shenzhen!
      Yang dimaksud soal jam-nya itu kalo mau urus Visa on Arrival (VOA). Jadi kalo udah punya visa China urus dari Indonesia sih bisa masuk setiap saat, selama jadwal kereta dari Hong Kong (biasanya jam 6 pagi sampe sekitar jam 12 malam). Untuk belanja HP di Shenzhen saya kurang tau, tapi kalo di Hong Kong di daerah Mongkok banyak mall2 kecil yang jual barang elektronik.

      Soal belanja di Shenzhen mustinya sehari cukup ya. Tapi kalo mau stay lebih dari itu sih ngga masalah.

      Salam,
      Awan

  40. Hai,
    Saya butuh info, rencananya, kami akan berangkat dari HK ke Shenzhen dengan visa on arrival, lalu dari Shenzhen kami akan melanjutkan perjalanan ke Macau via Shekou. Pertanyaannya adalah, apakah kami butuh visa dari Shenzhen ke Macau?
    Terima kasih untuk infonya 🙂

    1. Halo mbak Grace,

      Untuk masuk ke Macau tidak perlu visa, sama seperti kalo masuk Hong Kong, tinggal kasih paspor dan di-cap bisa stay 30 hari. Met jalan2 🙂

      Salam,
      Awan

Tinggalkan Komentar