Wisata ke Singapura, Cobain Deh 10 Hal Menarik Ini!

travelawan

10 Hal Yang Wajib Dilakukan Saat di Singapore

Singapore atau Singapura, negara tetangga yang satu ini memang sering jadi tujuan utama bagi warga Indonesia yang baru pertama kali berminat untuk jalan-jalan ke luar negeri. Alasannya karena selain dekat, tiket ke Singapura juga terbilang murah. Bahkan kadang dari Jakarta kesana tiketnya lebih murah daripada ke Bali.

Selain itu banyak pengalaman baru yang bisa kita dapatkan di Singapura, pengalaman naik MRT, melihat betapa pemerintahnya menetapkan berbagai peraturan dan denda yang besar sehingga berbagai sudut negara kota ini terlihat bersih dan aman, dan tentunya berbagai tujuan wisata yang bisa dinikmati semua kalangan. Mau pergi sendiri ngga masalah, sama teman-teman juga seru, dan sama keluarga tentunya juga menyenangkan. Jika baru pertama kali berkunjung, ini dia 10 hal yang wajib dilakukan saat di Singapore:

1. Naik MRT

Wisata ke Singapura, Cobain Deh 10 Hal Menarik Ini!, Travelawan
Ini mungkin adalah hal pertama yang mau ngga mau akan kita ‘experience’ atau rasakan, naik MRT! Walau di Jakarta juga nantinya akan ada, tapi MRT di Singapura memang merupakan transportasi umum yang nyaman sekali. Pengalaman naik MRT ini sudah bisa kamu rasakan dari Changi International Airport untuk menuju ke tengah kota Singapura, dan tentunya berbagai tujuan wisata dan belanja di seputar kota ini.

2. Mengunjungi Patung Merlion

Wisata ke Singapura, Cobain Deh 10 Hal Menarik Ini!, Travelawan
Patung Merlion merupakan lambang dari negara Singapura, oleh karena itu jangan sampai kamu lewatkan untuk berfoto disini. Patung yang berwujud setengah singa dan setengah ikan duyung (mermaid) ini memiliki tinggi 8,6 meter dan beratnya sekitar 70 ton. Patung yang dirancang oleh seniman Singapura, Lim Nang Seng ini bisa kamu kunjungi di Merlion Park, yang ada di sisi Singapore River.

Cara ke Merlion Park:
Naik MRT ke Raffles Place MRT Station (EW14/NS26), kemudian jalan menuju Singapore River dan belok kanan ke arah Fullerton Hotel. Kemudian menyeberangi Fullerton Road dan turun ke jalanan di sisi sungai, di bawah jembatan Esplanade. Atau dari gedung Esplanade, jalan menyeberangi jembatan menuju Merlion Park.

3. Foto di Esplanade, si “Gedung Durian”

Wisata ke Singapura, Cobain Deh 10 Hal Menarik Ini!, Travelawan
Kenapa harus mengunjungi gedung Esplanade? Karena gedung teater dan pertunjukan yang paling megah di Singapura dan memiliki nama lengkap untuk Esplanade – Theatres on the Bay, berbentuk unik, mengambil inspirasi desain dari buah yang populer juga di Singapura, durian! Pas sekali untuk jadi background berfoto.

Baca juga:   Naik Taxi Di Hong Kong, Ini Dia Tips Lengkapnya!

Selain sebagai gedung pertunjukan, di dalam Esplanade juga banyak terdapat toko-toko, kafe dan restoran. Gedung kesenian di Singapura ini juga sering menggelar pertunjukan gratis, dan ada perpustakaannya juga.

Cara ke Esplanade:
Bisa tinggal menyeberangi jembatan dari Merlion Park. Atau jika mau ke Esplanade dulu sebelum ke Merlion park, bisa naik MRT dan turun di stasiun City Hall dan Esplanade Circle Line Station (Exit D), jalan melewati underpass menuju gedung Esplanade.

4. Belanja di Marina Bay Sands dan Santai di Gardens by the Bay

Wisata ke Singapura, Cobain Deh 10 Hal Menarik Ini!, Travelawan
Serunya jalan-jalan di Singapura adalah, mengunjungi juga pusat perbelanjaan atau mall-nya. Memang di kota-kota besar di Indonesia juga banyak terdapat mall megah. Tapi yang satu ini, wajib kamu kunjungi! Di tengah-tengah Marina Bay Sands terdapat semacam sungai buatan ala di Italia, dimana kamu juga bisa naik gondola.

Setelah puas berputar-putar dan berfoto di dalam Marina Bay Sands dan area luarnya yang memiliki view keren ke arah Hotel Fullerton dan gedung-gedung pencakar langit pusat bisnis Singapura, di bagian belakangnya ada Gardens by the Bay. Selengkapnya tentang taman yang spektakuler ini bisa baca: Gardens By The Bay, Satu Lagi Atraksi Wisata Murah di Singapura.

Cara ke Marina Bay Sands:
Dengan MRT turun di salah satu stasiun ini:
Bayfront Station (Circle Line), Promenade Station (Circle Line) atau dari Marina Bay Station (North South Line). Dari masing-masing stasiun jalan kaki ke MBS sekitar 10 – 15 menit
Cara ke Gardens By The Bay:
Naik MRT Jalur Kuning, turun di stasiun Bayfront (CE1), keluar lewat Exit B. Bisa juga naik MRT Jalur Merah, dan turun di stasiun Marina Bay (NS27), keluar di Exit A, lanjutkan dengan naik bus No. 400 (4 stopan bus), turun di Marina Gardens Drive.

5. Ke Sentosa Island dan Universal Studios

Wisata ke Singapura, Cobain Deh 10 Hal Menarik Ini!, Travelawan
Sentosa Island adalah salah satu pusat hiburan di Singapura yang memiliki pantai buatan, berbagai atraksi seru dan tentunya jadi rumahnya Universal Studios Singapura (USS). Banyak tempat di pulau ini yang bisa kamu kunjungi secara gratis untuk wisata atau berfoto. Bahkan jika kamu memutuskan untuk tidak masuk untuk bermain di Universal Studios Singapore, bisa tetap berfoto di lambang ikonik taman hiburan ini yang berupa bola dunia bertuliskan Universal Studios.

Baca juga:   Wisata Penang, Info Hotel, Kuliner dan Transportasi

Untuk ke Sentosa Island paling mudah naik MRT ke Harbour Front Station dan ambil exit yang menuju ke mall Vivo City. Naik ke level paling atas, ikuti petunjuk untuk menuju ke stasiun Monorail Sentosa Island.
Kalau mau ke Universal Studios Singapore, turun di stasiun pertama, yaitu Waterfront Station.

6. Jalan-Jalan ke Orchard Road dan Cobain Es Potong

Wisata ke Singapura, Cobain Deh 10 Hal Menarik Ini!, Travelawan
Orchard Road adalah jalan utama yang jadi atraksi wisata dan belanja di Singapura, sepanjang jalan ini bisa kamu temukan mall-mall terkemuka kota ini, termasuk yang paling populer, ION Orchard. Di jalan ini juga ada restoran fastfood yang buka 24 jam, jadi kalau mau hangout sampai lewat tengah malam, bisa nongkrong disini. Cuma jangan lupa, lewat tengah malam MRT sudah tidak beroperasi, jadi kalau mau pulang pilihannya naik bus umum atau taxi.

Oh ya, yang wajib dicoba waktu jalan-jalan ke Orchard Road adalah cobain Es Potong, ice cream batangan ini nanti dipotong dan dimasukkan ke tengah dua potong roti tawar. Es Potong ini biasanya dijual oleh para uncle, atau bapak-bapak penjaja di gerobak yang ada di beberapa lokasi sepanjang Orchard Road.

Cara ke Orchard Road:
Naik MRT menuju ke Orchard Station (NS22) atau Somerset (NS23)

7. Singapore Flyer, Melihat Singapura Dari Atas

Wisata ke Singapura, Cobain Deh 10 Hal Menarik Ini!, Travelawan
Ini dia satu lagi atraksi di Singapura yang wajib untuk kamu coba naiki. Kenapa? Karena Giant Observation Wheel ini merupakan yang terbesar di dunia, dengan ketinggian 165 meter. Kapsul-kapsul yang akan kita naiki nantinya akan berputar ke atas dan kita bisa melepaskan pandangan ke seluruh penjuru negara ini. Naik Singapore Flyer juga dilengkapi audio guide, tinggal kita dengarkan panduannya yang menceritakan sejarah dan tempat-tempat penting di Singapura yang dapat kita lihat dari atasnya.
• Buka 08.30 – 22.30
• Tiket Dewasa – S$33 dan Anak (3-12 tahun) – S$21

Cara ke Singapore Flyer:
Naik MRT ke Promenade Station, keluar dari stasiun dan jalan kaki menyeberangi jalan menuju Singapore Flyer. Gampang carinya karena sudah terlihat dari kejauhan.

8. Beli Oleh-Oleh di Mustafa Centre

Wisata ke Singapura, Cobain Deh 10 Hal Menarik Ini!, Travelawan
Ini dia tempat belanja yang fenomenal di Singapura. Bukan berupa mall megah, tapi Mustafa Centre di kawasan Little India ini buka 24 jam. Jadi tempat belanja para wisatawan, yang mungkin siang malam sibuk jalan-jalan dan baru sempat belanja oleh-oleh disaat mal dan toko-toko lain udah mau tutup.

Mustafa Centre yang terdiri dari beberapa gedung (total 4 gedung) ini menjual barang dengan harga miring, mulai dari cokelat, DVD, barang-barang elektronik hingga perhiasan. Ibaratnya, cari apa pun ada disini.

Baca juga:   Ke Bangkok, Wajib Belanja di Chatuchak Weekend Market

Mustafa Centre
145 Syed Alwi Road, Singapore 207704
Tel: (65) 6295 5855

Cara ke Mustafa Centre:
Naik MRT jalur ungu ke Farrer Park Station (N8). Keluar lewat Exit G, di seberang jalan akan terlihat Singapore Turf Club, saat kamu menghadap gedung ini jalan kaki ke arah kanan dan jalan sekitar 100 meter di Rangoon Road, sampai ketemu perempatan lampu lalulintas (Serangoon Road).
Dari perempatan ini belok kanan dan jalan sampai ketemu Serangoon Plaza di sebelah kiri, kemudian masuk ke jalan di samping plaza ini, dan kamu akan ketemu Syed Alwi Road, tempat Mustafa Centre berada.

9. Belanja dan Kuliner di Chinatown

Wisata ke Singapura, Cobain Deh 10 Hal Menarik Ini!, Travelawan
Chinatown atau daerah Pecinan di Singapura ini sangat populer sebagai salah satu tempat belanja oleh-oleh di Singapura. Begitu keluar stasiun MRT Chinatown Station, di kiri dan kanan berjajar toko-toko yang menjajakan berbagai souvenir yang terbilang murah.

Tapi disini kamu bukan hanya bisa belanja saja, ternyata di sekitar kawasan ini ada kuil Hindu yang tertua di Singapura, yaitu Sri Mariamman Temple, masuknya pun gratis. Yang uniknya di seberangnya ada sebuah masjid tua, yaitu Masjid Jamek dengan warna hijau khasnya. Dan tak jauh dari masjid tersebut juga ada kuil Buddha yang menjulang, yaitu Buddha Tooth Relic Temple and Museum yang masuknya juga gratis. Jadi di kawasan Chinatown ini terdapat tempat beribadah 3 agama yang lokasinya berdekatan.

Oh ya, kalau perut mulai keroncongan waktu jalan-jalan di seputar Chinatown Singapore, di seberang Buddha Tooth Relic Temple ini ada pusat jajanan atau hawker , Maxwell Food Centre. Disini kamu bisa menemukan berbagai kuliner khas Singapura, seperti Oyster Omelette, Bubur Hoe Kee, Dim Sum, Bee Hoon Kepala Ikan dan banyak lagi.

10. Jalan-Jalan dan Belanja di Bugis

Wisata ke Singapura, Cobain Deh 10 Hal Menarik Ini!, Travelawan
Yang terakhir di list 10 hal yang wajib dilakukan saat di Singapore adalah ke kawasan Bugis. Untuk kesini, tinggal naik MRT dan turun di stasiun Bugis. Selain berbagai souvenir bisa kamu temukan di Bugis, tidak jauh dari Bugis Junction juga ada Sultan Mosque, masjid yang memiliki nilai historis, dibangun pada tahun 1824 untuk Sultan pertama Singapura, Sultan Hussein Shah.

Persis di depan masjid ini terhampar kawasan Kampong Glam, dimana banyak terdapat kafe dan restoran, ada Arab Street dimana terdapat jajaran kafe shisha. Jangan lupa juga untuk berkunjung ke jalan yang populer dengan butik-butik pada desainer Singapura, yaitu Haji Lane , selangkapnya: Haji Lane, Pusatnya Belanja Unik di Singapura.

Oh ya, tidak jauh dari Sultan Mosque juga banyak terdapat makanan halal, ada resto Minang dan Ayam Penyet. Jangan lupa juga singgah ke Malay Heritage Museum. Selengkapnya klik: Ada Ibu Kartini di Malay Heritage Centre.

Gimana, siap untuk explore negara tetangga kita yang satu ini? Jangan lupa untuk lalukan 10 Hal Yang Wajib Saat di Singapore. Selamat jalan-jalan!

Sumber foto: Wikipedia, Common Wikimedia, yoursingapore.com

Also Read

Tags

Leave a Comment