Wisata ke Turki, Beli Air Minum Lumayan Mahal Lho!

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Wisata ke Turki, Beli Air Minum Lumayan Mahal Lho!

Punya rencana untuk wisata ke Turki? Jangan lupa ya, siapkan juga dana ekstra untuk beli minuman. Lho, kok untuk minuman aja perlu budget ekstra segala?! Mungkin pertanyaan itu yang muncul… Tapi memang benar, saat ke Turki kemarin saya harus merogoh kantong lebih dalam untuk beli air minum, karena lumayan mahal. Tidak ada air minum gratis, bahkan di hotel berbintang pun tidak disediakan botol air minum compimentary tersebut.

Memang pengalaman ini berbeda sekali dengan kalau kita jalan-jalan ke negara lain, setidaknya bagi saya selama ini kalau jalan ke berbagai negara, setidaknya disediakan botol air minum gratis kalau menginap di hotel, atau juga tinggal ambil dari dispenser kalau di hostel-hostel. Bahkan di jepang, walau makanan harganya lumayan mahal, tapi di semua restoran, baik yang tradisional sampai fastfood, air putih disediakan gratis!

Di Turki, air minum bisa jadi sesuatu yang lumayan mahal karena kita harus membeli setiap saat, apalagi kalau datang di musim panas, banyak jalan, pasti akan sering merasa haus juga. Harga air minum botolan 500ml rata-rata 1 TL (sekitar Rp5.500) dan untuk yang botol 1.5 liter umumnya 2 TL (sekitar 11.000) di banyak tempat. Kalau kamu minumnya banyak, dihitung-hitung lumayan juga kan? Sementara untuk Turkish Tea atau Apple Tea, segelas (kecil) biasanya 2 TL. Minuman kaleng seperti soda atau ice tea, 3 TL per kaleng, sekitar dua kali lipat harga di mini market di Jakarta.

Punya rencana untuk wisata ke Turki? Jangan lupa ya, siapkan juga dana ekstra un

Kalau pergi sendiri mungkin ngga begitu terasa ya, tapi kalau pergi bersama keluarga, kalau dihitung-hitung lumayan juga!

Lalu untuk hemat budget beli minuman selama di Turki, gimana? Waktu kemarin kebetulan di jalanan dekat penginapan saya ada gerai Carrefour Mini. Harga air minum disini, untuk yang 500ml hanya 0.29 TL (Rp1.600-an) dan yang 1.5 liter 0.45 TL (Rp2.500-an), super murah! Kalau tidak ada supermarket di sekitar tempat menginap, beli air sebaiknya tidak di gerai-gerai yang ada di sekitar daerah turis. Kalau di gerai yang ada di lingkungan biasa, untuk botol kecil (500ml), harga hanya sekitar 0.50-0.75 TL dan botol besar 1.50 TL. Untuk minuman soda kaleng, termurah biasanya 1.75 TL.

Waktu menginap di Istanbul dan Cappadocia, saat sarapan biasanya kita bisa memilih satu gelas minuman gratis. Tapi di luar jam makan pagi tersebut, harga Turkish Tea, Apple Tea atau kopi adalah 2 TL (ini harga di budget hotel, lho… kalau di hotel berbintang pastinya lebih mahal lagi). Jadi jangan lupa manfaatkan jatah gratis ini.

Semoga setelah baca artikel ini kawan-kawan nantinya tidak kaget kalau ke Turki, di kamarnya ngga ada ‘jatah’ air minum gratis, dan sudah menyiapkan dana lebih untuk beli air minum ya…

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

Tinggalkan Komentar