Naik Bus di Hong Kong, ke The Peak dan Stanley Market

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Wisata Naik Bus Umum ke The Peak dan Stanley Market di Hong Kong

Salah satu kemudahan saat kita wisata ke Hong Kong adalah fasilitas transportasi umumnya. Selain MTR yang menjangkau hampir setiap sudut Hong Kong, bus umum juga melengkapi jalur-jalur lain yang tidak dilewati oleh MTR. Seperti ke daerah The Peak yang berada di puncak tertinggi Hong Kong, dan juga Stanley yang berada di tepi pantai dekat Repulse Bay.

The Peak adalah satu tempat wisata yang populer bagi wisatawan mancanegara saat
(Bus No. 15 yang akan bawa kamu dari Exchange Square ke The Peak)

The Peak adalah satu tempat wisata yang populer bagi wisatawan mancanegara saat mengunjungi Hong Kong. Sementara Stanley Market adalah street market terpopuler di Hong Kong menurut TripAdvisor dan juga beberapa situs travel lainnya. Kenapa saya satukan dalam satu kunjungan, karena jalur kedua tempat ini bisa dicapai dari daerah Central, tepatnya dari Exchange Square Bus Terminus.

Sebenarnya untuk ke The Peak paling seru kalau kita naik The Peak Tram, tram legendaris yang telah beroperasi lebih dari 120 tahun. Tapi kadang antrean untuk naik tram ini sangat panjang, apalagi pada saat cuaca sedang dingin. Nah, alternatif jika tidak ingin naik tram, bisa langsung menuju ke bagian bawah gedung Exchange Square III yang ada di samping Hong Kong MTR Station.

Cara Naik Bus Umum ke The Peak
Naik MTR ke Hong Kong Station, ambil Exit D
Setelah keluar dari Exit D, belok kiri dan nanti di sebelah kanan sudah terlihat stasiun busnya. Jalan ke lajur C, tempat bus No. 15 berada. Tarif sekali jalan HK$9.80.

The Peak adalah satu tempat wisata yang populer bagi wisatawan mancanegara saat
(The Peak, selain dengan Peak Tram, juga bisa dicapai dengan bus)

Perjalanan ke The Peak akan melewati jalan perbukitan dua arah yang berkelok. Kalau duduk di bagian atas bus tingkat ini, lumayan deg-degan juga, karena di samping kiri dan kanannya adalah tebing dan jurang. Tapi pemandangannya spektakuler! Perjalanan akan memakan waktu sekitar 45 menit dan sepanjang jalur ini teduh dengan pepohonan yang tumbuh menghiasi bukit-bukit ini, dan di latar belakang kita bisa melihat kota Hong Kong dengan gedung-gedungnya yang tinggi menjulang.

Di The Peak, terminal busnya ada di bawah mall The Peak Galleria. Tinggal jalan kaki ke area The Peak Tower dan siap-siap menikmati pemandangan indahnya Victoria Bay dan kota Hong Kong dari atas sini. Setelah puas keliling di The Peak, jika ingin balik dengan bus, maka antre di tempat yang sama.

Suasana di dalam bus tingkat yang nyaman untuk wisata di Hong Kong
(Suasana bersih dan nyaman di dalam salah satu bus tingkat Hong Kong)

Cara Naik Bus Umum ke Stanley Market
Untuk ke Stanley Market jika kita datang dari arah The Peak ada 2 cara. Yang pertama adalah begitu bus memasuki jalan Queens Road East, turun di salah satu halte sepanjang jalan ini (paling mudah patokannya adalah setelah kamu melihat Indigo Hotel di sebelah kanan, turun di tempat stop berikutnya). Setelah itu tinggal menyeberang jalan dan tunggu di stopan bus yang merupakan pemberhentian untuk bus No. 6, 6A, 6X atau 66. Kemudian tinggal naik salah satu dari bus tersebut, nanti turun di Stanley Plaza.

Untuk ke Stanley Market jika kita datang dari arah The Peak ada 2 cara. Yang per
(Pemandangan Hong Kong yang tidak biasa bisa kamu nikmatin di sini)

Cara lainnya adalah bisa naik bus tingkat No. 6, 6A, 6X dan 66 serta 260 dari Exchange Square Bus Terminus. Khusus untuk bus No. 260 adalah Express Bus, tidak akan melewati Queens Road East. Jadi kalau mau naik bus No. 260 ini harus langsung dari Exchange Square. Tarifnya sekali jalan HK$10.40, akan melewati downtown Hong Kong Island, masuk ke Aberdeen Tunnel, kemudian melewati Deep Water Bay, Repulse Bay dan pemberhentian terakhir di terminal bus Stanley, dimana kamu bisa langsung jalan kaki ke Stanley Market (tidak melewati Stanley Plaza).

Cara lainnya adalah bisa naik bus tingkat No. 6, 6A, 6X dan 66 serta 260 dari Ex
(Terminal Bus Stanley, pemberhentian bus No. 260 ke Stanley Market)

Jadi kalau wisata ke tempat-tempat yang tidak dijangkau dengan MTR di Hong Kong, kamu dengan mudah bisa naik bus umum, seperti untuk tujuan ke The Peak dan Stanley Market ini. Selamat menjelajahi Hong Kong!

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

18 comments

  1. malam mas awan.. sebelumnya terima ksih atas tulisannya.. sangat membantu.. mas sy rencana mau ke hk.. dan ada bbrp yg buat bingung 🙂
    1. rencana mau ke the peak dr TST.. rencana pakai ferry.. trus naik tram ke the peak..
    nah arah balik nya ingin jalan2 di central ke times square sm stanley market.. apakah lokasi mereka sejalan? hmm sm soho road apakah sejalan juga?tq

    1. Halo kak Yty,

      Kalo naik Star Ferry dari TST, nanti akan tiba di dekat IFC Mall. Pakai Google Map atau tanya orang untuk menuju ke stasiun MTR Central (jalan kaki). Dari stasiun MTR Central. Dari Central Station cari Exit J2, jalan kaki ke St.John’s Building Peak Tram Station. Peak Tram beroperasi pukul 07.00-00.00, berangkat setiap 15 menit.

      Stanley Market beda arah dengan Times Square. Kalo mau kesitu jalan kaki lagi dari stasiun Peak Tram ke stasiun MTR Hong Kong Station, cari Exit D, kemudian jalan kaki ke Exchange Square Bus Terminus, Central, dan naik bus No. 6, 6A, 6X, 66, dan 260 ke Stanley Market.

      Kalo mau ke Times Square, naik MTR dari Central Station ke Causeway Bay Station, dan ambil exit A yang nanti munculnya di basement Times Square.

      Salam,
      Awan

  2. mas mau nanya. saya hari terakhir di Hong Kong berencana mau ke DisneyLand (cuman foto2 didepan aja ga masuk) dan ke Ngong Ping (cobain cable car sama jalan2 lihat patung Budha ). nah pesawat saya jam 16.05. apakah keburu ga ya mas naik MTR??

    1. Halo kak Ikki,

      Saran saya sih jam 9 pagi udah sampe di pelataran Disneyland dan foto2, jadi sekitar jam 10 udah bisa masuk/naik cable car Ngong Ping saat mereka buka di jam 10 pagi. Dari Ngong Ping tinggal langsung ke bandara naik taxi atau bus dari stasiun bus Tung Chung (cuma tinggal jalan kaki dari pintu masuk Ngong Ping). Mustinya kalo jalan dari sana jam 12.30 (atau kalo naik taxi paling lambat jalan jam 13.00 dari Ngong Ping/Tung Chung), aman kok untuk flight jam 16.05.

      Salam,
      Awan

      1. terima kasih info nya.. saya usahakan malah jam 8 udah di Disney hahaha..
        dan airport mereka Terminal nya hanya 1 kan mas ga kayak soetta misah2 takut keburu salah terminal

        oya mas saya ke hong kong bertepatan dengan Independence Day mereka tanggal 1 oktober. pernah ada pengalaman atau info2 disana saat moment seperti ini? thanks

        1. Halo kak Ikky,

          Ada Terminal 2 sih (terkoneksi dengan Terminal 1), tapi biasanya kalo kita naik Cathay Pacific atau AirAsia, semua di Terminal 1. Coba cek di tiketnya, pesawatnya nanti terbang dari terminal berapa. Tapi kalo dari Terminal 2 pun juga ngga masalah, tinggal jalan ke terminal tersebut.

          Saya ngga ada pengalaman di HK pas Independence Day-nya nih. Mustinya sih tempat wisata tetap buka ya. Untuk Nging Ping, coba cek langsung di website-nya, apakah ada perubahan jam buka atau ngga.

          Salam,
          Awan

  3. Mas saya masih bingung antara MTR Central dan MTR Hongkong, Kalau mau ke MTR Hongkong, apakah bisa langsung dari MTR TST atau harus turun dulu di MTR Central dan kemudian jalan kaki ke MTR Hongkong ?

    1. Halo kak Orin,

      Betul sekali, antara stasiun Central dan Hong Kong hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki dalam ruangan/terowogan. Jadi tidak ada kereta MTR antara 2 stasiun ini. Semoga jelas ya sekarang.

      Salam,
      Awan

  4. Hi Mas Awan,mau nanya, kalo ke Ngong Ping Giant Buddha apakah bisa ditempuh di hari yang sama dengan ke Noah’s Ark di Pulau Ma Wan? Terima kasih atas bantuannya 🙂
    Salam,
    Mira

    1. Halo mbak Mira,
      Saran saya pagi ke Noah’s Ark dulu. Jadi sebelum jam 10 pagi udah naik ferry, begitu jam 10 udah buka dan masuk. Setelah itu bisa lanjut ke Ngong Ping kok. Misalnya sampe disana jam 2-3 siang, jadi udah ngga terlalu panas.

      Setelah dari Ngong Ping kalo mau lanjut belanja ke Citygate Outlets Mall di Tung Chung juga bisa ☺️

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Leny,

      Kalo naik bus antre juga, tapi ngga sepanjang kalo kita antre untuk naik tram The Peak 🙂

      Salam,
      Awan

    1. Hi mas Wildan,
      Bus baliknya sama juga, cuma tunggu di seberang jalan dari saat turunnya ya (arah balik).

      Salam,
      Awan

  5. Saya berencana akan ke The Peak dengan naik tram. Posisi awal saya ada di Causeway Bay Station (station terdekat dengan tempat kami akan menginap di hari ke-6 – 8). Nah, pertanyaannya adalah bagaimana route dari causeway bay menuju the peak tram station? Saya coba mencari route lewat bantuan Rome2Rio tapi sepertinya ribet sekali… Mungkin Pak Awan dan teman-teman bisa memberi solusi mudah.
    Tahun 2014 lalu, saya sempat ke sana dan sambil sekalian jalan2 ke Hong Kong Park, tapi sepertinya saya sudah lupa dengan route-routenya, karena saat itu kami pergi beramai-ramai dan ada seorang teman yang in- charge mencari route ke The Peak tram melalui Causeway Bay.

    Terima kasih

    1. Halo lagi mbak Grace,

      Gampang sekali kok…
      Untuk menuju ke The Peak Tram dan juga kawasan The Peak, naik MTR ke Central Station, ambil Exit J2, dan jalan kaki ke St. John’s Building Peak Tram Station.
      Nanti begitu tiba di stasiun MTR Central lihat peta besar yang disediakan untuk jalan lebih jelasnya. Petunjuk arah juga ada setelah keluar dari Exit J2 tersebut atau tanya ke petugas/information.

      Salam,
      Awan

Tinggalkan Komentar