Wisata Surabaya, Wisata Sejarah dan Budaya

travelawan

Kalo lagi nyari petualangan wisata di Surabaya yang bener-bener keren dan penuh cerita sejarah dan budaya, nih! Yuk, explore wisata Surabaya yang nggak kalah asik. Dari Tugu Pahlawan yang ngebawa kita ke masa heroik Pertempuran Surabaya 1945 sampe Jembatan Suramadu yang megah, kota pahlawan ini punya segudang destinasi yang wajib dicheck. Mampir deh ke Museum House of Sampoerna buat meresapi sejarah perusahaan rokok Sampoerna yang legendaris, dan jangan lupa rasain ketenangan di Kelenteng Sanggar Agung serta keunikan Masjid Cheng Hoo. Dijamin, liburanmu di wisata sejarah dan budaya Surabaya bakal seru banget!

1. Tugu Pahlawan Surabaya

Wisata Surabaya, Wisata Sejarah dan Budaya, Travelawan

Selamat datang di Surabaya, destinasi wisata penuh sejarah dan budaya yang nggak boleh kamu lewatkan! Salah satu tempat yang patut banget kamu kunjungi di kota pahlawan ini adalah Tugu Pahlawan. Kenapa? Cek alasan-alasannya di bawah ini:

1. Sejarah Keren: Tugu Pahlawan diresmikan untuk mengenang perjuangan pahlawan dalam pertempuran Surabaya pada 10 November 1945. Lokasinya pun nggak main-main, berdiri di tempat yang punya nilai sejarah banget.

2. Penghormatan Buat Pahlawan: Tugu ini nggak cuma jadi struktur monumen, tapi juga simbol penghormatan buat para pahlawan yang berjuang dengan gagah berani.

3. Ikon Kota Surabaya: Di mata banyak orang, Tugu Pahlawan dianggap sebagai ikon kota Surabaya yang gagah perkasa.

4. Tempat Nyaman Buat Hangout: Selain punya nilai sejarah, Tugu Pahlawan juga jadi tempat nyaman buat nongkrong dan menikmati suasana kota.

5. Car Free Day di Sekitarnya: Pas hari Minggu, daerah sekitar Tugu Pahlawan jadi arena Car Free Day, cocok buat yang suka suasana santai di akhir pekan.

6. Taman dengan Pemandangan Keren: Buat yang doyan liat tumbuhan cantik, di sekitar Tugu Pahlawan juga ada taman yang bisa bikin mata kamu adem, guys.

7. Museum Sepuluh November: Di sekitar Tugu Pahlawan, kamu juga bisa mampir ke Museum Sepuluh November buat tambah pengetahuan tentang sejarah Surabaya.

Jadi, kalo lagi jalan-jalan ke Surabaya, mampir ke Tugu Pahlawan jangan sampai terlewatkan, ya! Setelah itu, langsung aja sambungin petualanganmu ke Museum House of Sampoerna yang juga kaya akan cerita sejarah dan budaya!

2. Museum House of Sampoerna

Wisata Surabaya, Wisata Sejarah dan Budaya, Travelawan

Setelah mengunjungi Tugu Pahlawan yang mengesankan, kita lanjut ke Museum House of Sampoerna yang memukau, guys! Nah, buat yang penasaran kenapa mesti mampir ke sini, ada beberapa alasan yang bisa bikin liburan kalian makin seru. Setelah puas mengeksplorasi sejarah di Museum House of Sampoerna, ayo kita lanjut petualangan kita ke Jembatan Suramadu yang megah!

Baca juga:   5 Tempat Wisata Cantik Untuk Bulan Madu Di Indonesia

Sejarah yang Menarik: Museum ini nggak cuma punya barang-barang kuno aja, tapi juga punya cerita sejarah yang nggak boleh dilewatkan. Didirikan dari tahun 2003 dan berlokasi di gedung keren yang udah berdiri sejak 1862 dengan gaya arsitektur kolonial Belanda. Gedung ini awalnya jadi panti asuhan yang dikelola sama Belanda, tapi kemudian dibeli sama Liem Seeng Tee, pendiri Sampoerna, tahun 1932.

Edukasi yang Menyenangkan: Kalian bisa belajar banyak nih tentang perjalanan Sampoerna dari toko kelontong ke jadi perusahaan besar di Indonesia. Ada foto-foto pendiri Sampoerna, miniatur toko kelontong, koleksi kebaya keluarga Sampoerna, sampe koleksi korek api jadul. Seru banget, kan?

Aktivitas Asyik: Nah, buat yang suka wisata keluarga, di sini juga ada aktivitas keren. Ada galeri yang jual oleh-oleh khas Surabaya dan bahkan kalian bisa ikutan ngeliatin proses bikin rokok cengkeh yang diproduksi sama Sampoerna.

Surabaya Heritage Track: Ada juga program keren nih, Surabaya Heritage Track. Kalian bisa ikutan tur bus wisata di Surabaya Utara, alias “Surabaya Lama”. Naik bus yang desainnya kayak trem jaman dulu, kalian bisa nikmatin dan kenal lebih dekat sama bangunan-bangunan dan sejarah kota ini.

Jadi, langsung aja, jangan lupa mampir ke Museum House of Sampoerna pas lagi di Surabaya, dan setelah itu, kita sambung petualangan ke Jembatan Suramadu yang nggak kalah seru! 😊

3. Jembatan Suramadu

Wisata Surabaya, Wisata Sejarah dan Budaya, Travelawan

Setelah mengunjungi Museum House of Sampoerna, kita lanjut ke destinasi selanjutnya yang gak kalah keren, nih: Jembatan Suramadu! Jembatan kabel pancang yang nyambungin Surabaya di Jawa sama ujung selatan Bangkalan di Madura, Indonesia. Nah, ini nih alasan kenapa kalian wajib mampir:

Baca juga:   1 Hari Tour Nusa Penida Timur Diamond Beach, Atuh Beach, Bukit Teletubbies

Sejarah: Awalnya, ide bikin jembatan ini muncul di awal tahun 1960-an, dan mulai dibangun pas Agustus 2003. Jembatan ini resmi buat umum pada 10 Juni 2009.

Terpanjang di Indo: Panjangnya mencapai 5.438 meter, Jembatan Suramadu ini jadi jembatan paling panjang di Indonesia, lho.

Arsitektur yang Unik: Desainnya khas banget, guys! Bangunannya unik dan bikin kagum.

Pemandangan Keren: Dari sini, kalian bisa liat pemandangan cantik Selat Madura dan kota Surabaya. Mantap, kan? Jadi, jangan lupa mampir ke Jembatan Suramadu, seru banget! 😎🌉 #WisataSurabaya #WisataSejarahBudaya

Setelah seru-seruan di Jembatan Suramadu, langsung aja melangkah ke destinasi selanjutnya, nih: Kelenteng Sanggar Agung! Tempat ini bakal bawa kalian meresapi ketenangan dengan arsitektur khas Tiongkok yang memukau. 🏯✨

4. Kelenteng Sanggar Agung

Wisata Surabaya, Wisata Sejarah dan Budaya, Travelawan

Setelah merasakan megahnya Jembatan Suramadu, pengalaman wisatamu di Surabaya belum lengkap tanpa mampir ke Klenteng Sanggar Agung, bro! Nih, klenteng kece yang ada di Jalan Sukolilo Nomor 100, Pantai Ria Kenjeran, Surabaya. Gak boleh kelewatan, deh, buat kalian yang lagi cari tempat seru wisata Surabaya dengan nuansa sejarah dan budaya. Ada beberapa alasan kenapa tempat ini jadi pilihan yang oke buat dikunjungi:

1. Sejarah Keren: Klenteng ini resmi buka tahun 1999, sebelumnya namanya Kwan Kong Bio yang dibangun tahun 1978. Tempatnya juga pernah pindah-pindah tiga kali sebelum akhirnya jadi Klenteng Sanggar Agung. Seru banget, kan?

2. Patung Dewi Kwan Im Makin Kece: Yang bikin beda, di klenteng ini ada patung Dewi Kwan Im setinggi 20 meter yang berdiri tegap di tepi laut. Pemandangannya juara abis!

3. Wisata Asyik dan Tempat Ibadah: Gak cuma buat warga Tridharma, klenteng ini juga jadi spot wisata asyik buat kalian. Ada jalur khusus buat wisatawan, biar gak ganggu yang lagi nyepi.

4. Desain Unik: Klenteng ini punya desain yang unik dan suasana yang khas banget, loh! Bangunannya beda dan pasti bikin kagum.

Jadi, setelah nyambangi Jembatan Suramadu, meluncurlah langsung ke Klenteng Sanggar Agung, ya! Dan jangan lupa, petualangan wisatamu masih berlanjut ke Masjid Cheng Hoo, loh!

Baca juga:   Hotel Murah Kota Cirebon, Dekat Stasiun Kereta Kejaksan

5. Masjid Cheng Hoo

Wisata Surabaya, Wisata Sejarah dan Budaya, Travelawan

Setelah asik menikmati ketenangan di Kelenteng Sanggar Agung, perjalanan kita berlanjut ke Masjid Cheng Hoo, nih. Meskipun agama dan budayanya beda, tapi dua tempat ibadah ini sama-sama bikin kita merasakan momen spiritual yang dalam banget. Masjid Cheng Hoo, dengan gaya campur aduk budaya Arab dan Tionghoa yang unik, bikin kita dapet wawasan baru tentang keharmonisan kedua budaya itu. Jadi, setelah merasain kedamaian di Kelenteng Sanggar Agung, kita bisa lanjutin perjalanan spiritual di Masjid Cheng Hoo.

Nih, beberapa alasan kenapa mampir ke Masjid Cheng Hoo pas lagi di Surabaya:

Keunikannya:

Masjid Cheng Hoo keren banget, gabungin budaya Arab sama Tionghoa dengan cara yang beda. Bangunannya bikin harmoni antara dua dunia, apalagi ada sentuhan khas dari Negeri Tirai Bambu.

Penghormatan pada Laksamana Cheng Hoo:

Masjid ini dibangun sebagai bentuk penghormatan buat Laksamana Cheng Hoo, pejuang Muslim dari Cina yang berlayar-layar di samudera buat sebarin Islam.

Bukan Hanya Buat Ibadah:

Masjid Cheng Hoo nggak cuma buat ibadah aja, tapi juga tempat buat belajar, ngerasain budaya, dan ngeliat seni arsitektur. Banyak yang dateng buat nikmatin suasana edukatif dan budaya di sini.

Kisah Sejarah dan Semangat Perjuangan:

Masjid Cheng Hoo ceritain kisah perpaduan iman dan budaya yang seru banget buat dipelajari. Cocok buat yang suka eksplorasi sejarah dan nilai-nilai perjuangan.

Jadi, kunjungan ke Masjid Cheng Hoo nggak cuma sekadar jalan-jalan biasa. Ini bisa jadi pengalaman yang nambahin wawasan spiritual dan budaya kita. Yuk, kita sambangi! 🕌🌟

Kesimpulan

Wisata di Surabaya tidak hanya menjanjikan petualangan yang seru, tetapi juga mengajak kita mengikuti jejak-jejak sejarah dan kekayaan budaya yang luar biasa. Dari Tugu Pahlawan hingga Jembatan Suramadu, setiap sudut kota ini dipenuhi dengan kisah heroik dan pesona kemajuan yang megah. Museum House of Sampoerna menjadi gerbang menuju sejarah perusahaan rokok yang legendaris, sementara Kelenteng Sanggar Agung dan Masjid Cheng Hoo memberikan kesempatan untuk merasakan ketenangan dan semangat toleransi antaragama. Dengan demikian, liburan di Surabaya bukan sekadar perjalanan biasa, melainkan pengalaman tak terlupakan di dalam keajaiban sejarah dan keberagaman budaya.

Also Read

Tags

Leave a Comment