Wisata Turki, 7 Alasan Untuk Kunjungi Negara di Dua Benua Ini

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia
Booking & Update Tanggal Promo Airasia Jakarta-Bali PP IDR 755.000,- http://bit.ly/BookingAA

Sudah lama pingin kunjungi Turki? Sama dong… hampir sepuluh tahun dari pertama saya kepikiran untuk jalan-jalan ke negara yang wilayahnya berada dua benua – Asia dan Eropa ini, sampai akhirnya bisa menjejakkan kaki di sini. Kenapa begitu lama? Karena selain harus menabung dulu, juga butuh waktu cuti yang lumayan panjang (maklum, masih pekerja kantoran. Hehehe…). Tapi kalau kamu berniat untuk wisata ke Turki, jangan buang waktu kelamaan seperti saya! Sama sekali ngga rugi kalau kamu mengunjungi Turki, dan ini dia 7 alasannya.

Sultan Ahmet Camii, yang terkenal juga dengan sebutan Blue Mosque

1. Pakai Visa On Arrival atau E-Visa
Ini dia yang jadi ‘pemanis’ untuk kamu yang rencana berkunjung, Turki adalah satu-satunya negara di kawasan Eropa dimana kita sebagai pemegang paspor Indonesia bisa masuk pakai Visa on Arrival (VOA) yang bisa diurus saat kita mendarat, atau juga bisa ajukan E-Visa (Electronic Visa) secara online. Bahkan untuk E-Visa ini tarifnya juga lebih murah dari VOA, sekitar USD 25.

Mesin untuk proses E-Visa dengan kartu kredit, atau bisa urus di counter

2. Harga Yang Bersahabat Untuk Budget Traveler
Dibandingkan jalan-jalan ke negara Eropa lainnya, harga-harga di Turki boleh dibilang cukup bersahabat, bahkan untuk budget traveler. Pilihan penginapan dari mulai hostel sampai bintang lima lengkap. Kalau mau makan hemat bisa pilih di bufe atau lokantasi – semacam ‘warteg’, rumah makan dimana kita bisa pilih berbagai macam menu yang dipajang. Kurs mata uang Turkish Lira (TL/TRY) juga tidak terlalu mahal. Dan… belanja cinderamata atau barang untuk oleh-oleh murah meriah!

Salah satu lokantasi – ‘warung makan’ hemat di Istanbul

3. Kuliner Turki Salah Satu Yang Terbaik di Dunia
Kuliner Turki dianggap sebagai salah satu dari tiga masakan utama di dunia, dari soal rasa, bahan-bahan alami yang digunakan dan berbagai resepnya. Sebagian besar cara masaknya memang dipanggang, bukan goreng-gorengan. Masakan Turki ngga kalah seperti masakan China, banyak diminati di berbagai negara. Dari negara ini pun masakannya menyebar ke seluruh Eropa, Timur Tengah, Asia dan Afrika. Dan karena menunya sehat – panggang-panggangan dan salad, walaupun banyak makan tapi sebalik dari liburan di Turki berat badan saya ngga membengkak 🙂

Salah satu menu makanan khas Turki, daging yang dipanggang dilengkapi salad

4. Keramahtamahan Orang Turki
Wisatawan yang datang ke Turki mungkin bakal ngga menyangka juga lihat keramahan orang Turki… setidaknya diluar dugaan saya. Walau bersebelahan dengan Eropa, tapi keramahan mereka seperti orang Asia. Mereka juga suka mengajak ngobrol dan senang membantu jika kita tersesat atau menanyakan jalan.

5. Transportasi
Transportasi di Turki boleh diacungin jempol. Terutama di İstanbul, dimana fasilitas kendaraan umumnya lengkap. Ada metro, trem, kereta bawah tanah lintas Selat Bosphorus (Marmaray), bus umum, feri dan sea bus yang saling terkoneksi menghubungkan berbagai tujuan wisata dan belanja di kota ini. Jadinya kita bisa menjelajahi İstanbul dengan mudah dan murah.

Untuk bus antar kotanya juga nyaman, aman dan tepat waktu, dilengkapi berbagai fasilitas seperti wi-fi, TV kecil di masing-masing tempat duduk seperti di pesawat udara, juga ada pramugaranya yang bakal menyajikan minuman dan jajanan gratis (sudah termasuk harga tiket).

Metro – salah satu transportasi utama kota Istanbul berbentuk kereta

6. Negara Empat Musim
Turki juga memiliki empat musim, jadi kapan pun kita datang bisa rasakan pengalaman dan lihat pemandangan yang berbeda-beda. Saat musim dingin, bisa jadi di Istanbul ngga bersalju, sementara di bagian lain negara ini seperti di Cappadocia misalnya, bisa puas main di salju.

Cappadocia dengan landscape uniknya yang masuk ke daftar UNESCO World Heritage

7. Banyak Situs UNESCO World Heritage
Memiliki masa lalu yang bersentuhan dengan berbagai peradaban kuno, ngga heran kalau Turki punya 13 situs yang masuk dalam daftar UNESCO World Heritage (Warisan Dunia UNESCO). Diantaranya di Istanbul ada kawasan Kota Tua İstanbul, yang merupakan satu-satunya kota di dunia yang lokasinya terletak di dua benua. Dan kalau ke Cappadocia, ada Göreme National Park dan landscape bebatuan Cappadocia yang mengagumkan… bagai kita berada di planet lain!

Yuk, jadi kapan nih ke Turki-nya? 🙂

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

2 comments

    1. Hai Mardiana,

      Mulai 8-20 Jutaan ya, tergantung fasilitas yang kamu gunakan ( belum tiket pesawat dari Jakarta )

      Salam,

Tinggalkan Komentar