Wisata Turki, Penerbangan Murah Istanbul ke Cappadocia

travelawan

Wisata Turki, Penerbangan Murah Istanbul – Cappadocia

“Jalan-jalan ke Turki tapi ngga ke Cappadocia? Waahhh… sayang banget! Pokoknya harus mampir kesana!”, kata salah satu teman saya yang memang sudah sempat menikmati keindahan tempat yang ada di daerah Anatolia Tengah, Turki ini.

Wisata Turki, Penerbangan Murah Istanbul ke Cappadocia, Travelawan
(AnadoluJet yang merupakan anak perusahaan Turkish Airlines)

Tadinya sih memang mau jalan-jalan santai aja ke Istanbul, karena katanya menjelajahi kota ini juga butuh waktu yang tidak sebentar, “Tiga, empat hari pasti kurang lah! Banyak banget tempat bagus yang harus loe datengin disana… setiap sudut kota ini indah banget!”. Itu kata teman saya yang lainnya, yang membuat saya makin penasaran saja untuk berlibur ke Turki.

Akhirnya dengan rencana yang cukup mepet, dimana baru memutuskan untuk ke Turki satu bulan sebelum keberangkatan (biasanya saya rencanain trip minimal 3 bulan sebelumnya), yang harus dipikirkan berikutnya adalah memilih transportasi dari Istanbul ke Cappadocia.

Paling murah sih memang naik bus malam. Perusahaan bus yang terbaik diantaranya Suha Turizm dan Nevşehirliler Seyahat, dengan harga tiket sekitar 65-85 TL (1 TL sekitar Rp5,600-an, tergantung kurs). Lamanya perjalanan dari Istanbul ke Cappadocia sekitar 10-12 jam. Dan dari hasil browsing, bus malam di Turki itu termasuk salah satu yang terbaik di dunia. Dilengkapi internet, layar TV kecil di masing-masing tempat duduk, sampai the dan snack yang disajikan beberapa kali sepanjang perjalanan, pokoknya nyaman!

Tapi setelah bolak-balik cari perbandingan antara naik bus dan pesawat udara, akhirnya saya putuskan perginya naik bus malam dan baliknya ke Istanbul naik pesawat. Kalau soal harga tiket sih, tiket pesawat itu bisa 2 sampai 5 kali lebih mahal dibanding tarif bus malam. Untungnya setelah browsing, masih dapat penerbangan murah dengan Pegasus Airlines. Tiket sekali jalan untuk balik ke Istambul harganya Rp700.000, sementara kalau naik bus malam Rp375.000. Durasi penerbangan tidak sampai 2 jam, bisa hemat waktu banget!

Baca juga:   Ini Dia 7 Tempat Wisata Gratis di Istanbul, Turki

Wisata Turki, Penerbangan Murah Istanbul ke Cappadocia, Travelawan

Niatan untuk naik bus malam dari Istanbul ke Cappadocia akhirnya saya batalkan, setelah mencoba beberapa kali memesan tiket bus secara online. Saya coba pesan lewat website Suha Turizm yang memiliki info jelas dalam bahasa Inggris. Tapi begitu akan melakukan pembayaran dengan kartu kredit, selalu error karena konfirmasi salah satunya akan mereka kirimkan ke nomer mobile phone kita. Karena tidak bisa proses untuk pesanan bus ini, akhirnya saya memutuskan untuk hunting tiket pesawat lagi.

Jadwal Pegasus Airlines untuk tanggal yang saya mau ternyata sudah mahal semua. Di beberapa website saya lihat bahwa selain Turkish Airlines, ada juga Onur Air dan Atlas Jet. Karena menganggap Turkish Air akan jauh lebih mahal, saya coba search web dua maskapai yang terakhir. Sayang sekali ternyata dua-duanya tidak punya rute ke Cappadocia lagi (mungkin dulu pernah punya, kalau baca dari blog lain yang referensikan dua perusahaan itu).

Iseng-iseng akhirnya saya buka website Turkish Airlines. Ternyata ada anak perusahaannya yaitu Anadolu Jet. Penerbangan termurah, sekitar Rp900.000-an. Begitu saya merasa jadwalnya cocok, langsung pesan karena harga tiket pada jam-jam lainnya sudah sangat tinggi. Lumayan, tiket pergi-pulang dari Istanbul ke Cappadocia akhirnya bisa saya peroleh dengan total harga Rp1,600,000-an.

Istanbul dan Cappadocia, Masing-Masing Punya 2 Bandara

Oh ya, Istanbul dan Cappadocia masing-masing memiliki 2 bandar udara, jadi pastikan yang benar kita harus berangkat dari bandara yang mana.

Bandar Udara Istanbul:
Bandar Udara Internasional Atatürk (IST) layani Istanbul bagian Eropa (34149 Yeşilköy, Istanbul, Turkey. Telp: +90 212 463 0000)

Bandar Udara Internasional Sabiha Gökçen (SAW) layani Istanbul bagian Asia (Telp: +90 216 588 8888).

Baca juga:   Naik Bus di Hong Kong, ke The Peak dan Stanley Market

Wisata Turki, Penerbangan Murah Istanbul ke Cappadocia, Travelawan

Untuk ke Cappadocia umumnya berangkat dari/dan tiba di bandar udara Sabiha Gökçen, seperti tertera di website Anadolu Jet di atas.

Bandar Udara Cappadocia:
Kayseri’s Erkilet Airport (ASR)
Bandar Udara Internasional Erkilet ini terletak di Provinsi Kayseri. Berjarak sekitar 1 jam dari daerah-daerah wisata di Cappadocia, seperti Göreme dan Ürgüp. (Boztepe Mah., Mustafa Kemal Paşa Blv No: 338, Yenimahalle/Kayseri, Turki. Telp: +90 352 337 5494)

Nevşehir’s Kapadokya Airport (NEV)
Lokasinya ke penginapan di daerah wisata utama Cappadocia sekitar 45-50 menit. Jadwal penerbangan ke airport ini lebih jarang dibanding Kayseri. (Tuzköyü Bld. Nevşehir Kapadokya Havaalanı Girişi, Gülşehir/Nevşehir, 50940, Turki. Telp: +90 384 421 4455)

Untuk transportasi dari airport ke hotel–hotel di Cappadocia, bisa dengan naik shuttle service, taxi atau pesan penjemputan dari hotel. Tarif taxi sekitar 100 TL untuk tujuan ke Ürgüp dan Göreme (pastikan lagi dengan pengemudinya, bisa saja berbeda).
Sementara saya sendiri memilih untuk pesan penjemputan dari hotel. Karena mendarat di Kayseri, tarif per orang 25 TL (dari Nevşehir 20 TL).

Dengan adanya dua bandara di masing-masing kota ini, pastikan kamu tidak salah memilih bandar udara tujuan saat akan memesan tiket ya!

Also Read

7 thoughts on “Wisata Turki, Penerbangan Murah Istanbul ke Cappadocia”

  1. Dear mas Awan,

    mau tanya, untuk penerbangan dari bandara IST bisa kan ya? tapi anehnya, kenapa tiket One way lebih b]murah daripada Return ya ? huhuhu

    Reply
    • Halo kak, iya bisa kak. Kalo soal harga emang masing2 airlines suka beda. Kalo saya sih biasanya emang bandingin dan pastinya beli yang lebih murah ☺️ Semoga dapat good deal ya.

      Reply
      • hallo mas, maaf mau tanya lagi, kloo bus dari goreme ke istanbul beli tiketnya dmn ya ? dan paling malem biasanya jam brp dari terminal goreme?

        Reply
        • Halo kak Dessits, tiket bisa beli langsung di terminal bus Goreme. Sebaiknya begitu sampe Goreme langsung mampir ke terminal bus untuk tanya/beli. Goreme ini kotanya kecil banget, jadi kemana2 bisa jalan kaki. Ngga ada salahnya mampir dulu. Jadwal bus juga terbatas, jadi ada baiknya langsung ke terminal supaya dapat info ter-update.

          Salam,
          Awan

          Reply
    • Halo mbak Ifa,

      Transit disini dalam artian hanya pindah pesawat aja (hanya dalam bandara, tanpa keluar imigrasi), atau memang mbak rencana singgah / keluar dari bandara? Kalau memang rencananya mau singgah dan harus keluar imigrasi maka akan memerlukan visa. Walaupun bisa Visa on Arrival, tapi dari pengalaman teman lebih baik buat visa-nya di Kedutaan Iran di Jakarta aja, kalo emang tinggal di Jakarta.

      Salam,
      Awan

      Reply

Leave a Comment