Wisata Yogyakarta, Kunjungi Pantai-Pantai di Gunungkidul

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia
Booking & Update Tanggal Promo Airasia Jakarta-Bali PP IDR 755.000,- http://bit.ly/BookingAA

Jalan-jalan ke Yogyakarta selama ini, yang saya tahu dan pernah kunjungi hanyalah Pantai Parangtritis saja. Baru saat ke Jogja beberapa tahun lalu saya dengar bahwa ternyata di daerah Gunungkidul ternyata banyak terdapat pantai-pantai yang indah! Karena penasaran, jadilah saya menyempatkan diri untuk melihat langsung. Gunung kidul yang selama ini saya bayangkan sebagai daerah yang gersang dan susah air ternyata menyimpan pesona dengan pantai-pantai indahnya?

Karena memang tidak bawa kamera sama sekali, saya mengandalkan kamera smartphone yang dibawa. Perjalanan lumayan jauh, dari kota Yogyakarta jalan ke arah Candi Prambanan menuju ke pertigaan Piyungan. Yang saya ingat kemudian melewati daerah tengah kota Wonosari, menuju ke pertigaan Mulo, kemudian lurus kearah Tanjungsari. Pantai pertama yang akan kita temui adalah Pantai Baron.

Mungkin karena lokasinya yang paling dekat, sehingga pantai ini menjadi pantai rekreasi banyak orang. Tampilan dari arah jalan raya memang biasa saja, ramai dan banyak yang jualan. Tapi kalau kita jalan ke arah pantainya, keindahan mulai terlihat. Karena tidak berniat untuk berenang menikmati air di pantai yang berpasir cokelat ini, saya jalan naik ke atas tebing, dimana sudah ada tangga untuk menuju ke atas dan kita hanya memberikan sumbangan sebesar Rp2.000.

Dari atas tebing ini barulah saya bisa menikmati indahnya Pantai Baron. Di bawah ada deretan payung-payung pantai, dan juga perahu-perahu. Karena Pantai Baron di tengah-tengahnya ada aliran seperti sungai kecil, untuk yang tidak mau basah-basahan menuju ke dataran pasir di bibir pantai bisa nyebrang naik perahu dulu.

Setelah turun dari tebing, di bagian bawah ada semacam pasar kecil yang menjual berbagai seafood dan jajanan lainnya. Harus dicoba udang goreng, ikan goreng, cumi goreng tepung atau makanan lainnya. Ada yang sudah dimasak, jadi kita tinggal beli dan makan saja bagai beli gorengan kalau di Jakarta.

Lanjut lagi melalui jalan yang naik turun dan berkelok-kelok di Gunung Kidul, kita akan melewati Pantai Kukup dan kemudian Pantai Drini.

Pantai Drini juga unik, terdapat sebuah pulau karang kecil di tengahnya, yang pada saat surut akan berbentuk seperti sebuah bukit kecil. Saat kita naik, di ujungnya kita dapat melihat lau lepas yang berombak sangat besar menampar-nampar tebing dan karang di bawahnya. Tapi begitu turun ke bagian pantai yang ada di belakang pulau atau bukit ini, kita bagai berada di lokasi yang sama sekali berbeda. Pantainya tenang dan bening. Sepertinya pada saat surut ombak-ombak besar sudah terpecah karang di bagian tengah sehingga tidak menyentuh pantai dibalik pulau karang ini.

Kita juga bisa menemukan banyak pohon pandan laut yang membuat pemandangan jadi tambah cantik.

Berikutnya kita akan sampai di Pantai Krakal, dimana juga bisa santai sejenak bermain di pantai yang berkarang pada saat air surut.

Keunikan juga bisa kita temukan di sekitar pantai berikutnya, yaitu Pantai Sundak. Di sebelah timurnya terdapat gua di dalam bukit karang, dimana pada gua tersebut terdapat sebuah sumur yang berair tawar.

Sebenarnya masih banyak pantai lainnya, tapi karena jaraknya yang masih jauh, sementara hari sudah menjelang sore akhirnya pantai terakhir yang saya singgahi adalah Pantai Indrayanti. Di seputar pantai ini terdapat berbagai penginapan, restoran dan juga gazebo-gazebo untuk bersantai menikmati pemandangan pantai. Pasirnya putih dan airnya jernih, tidak heran kalau Pantai Indrayanti jadi favorit dan umumnya para wisatawan akan menikmati bermain pasir atau berenang di pantai ini.

Itu dia hasil foto saat wisata ke pantai-pantai cantik di kawasan Gunungkidul Yogyakarta. Jangan lupa untuk singgah lain waktu kalau jalan-jalan ke Jogja!

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

Tinggalkan Komentar