Gardens By The Bay, Satu Lagi Atraksi Wisata Murah di Singapura

Awan Yulianto's picture
0 comment(s)

Singapura, walau boleh dibilang negara ini tidaklah luas, tapi berbagai hal menarik dapat Anda temukan disini. Negara yang harus terus menimbun laut di sekitarnya rela untuk menyisihkan sekitar 101 hektar lahannya untuk sebuah projek luar biasa untuk menunjang penghijauan, sebuah green space yang menjadi icon baru negara tetangga dekat Indonesia ini, terletak di daerah Marina Bay. Gardens By The Bay, satu lagi atraksi wisata murah di Singapura. Beralamat di 18 Marina Gardens Drive, Singapura, memiliki koleksi lebih dari 250 ribu tanaman langka dan terdiri dari tiga area—Bay South, Bay East dan Bay Central.

Singapura, walau boleh dibilang negara ini tidaklah luas, tapi berbagai hal mena

Satu tempat yang bisa menjadi salah satu tujuan wisata jika Anda bertandang ke Negeri 'Singa'. Sebagian dari koleksi tanaman langka ini ditempatkan dalam sebuah dome atau rumah kaca raksasa dengan arsitektur rumit dan memukau yang berbentuk kerang, sungguh spektakuler! Wajar jika kita bermaksud masuk ke tempat ini, akan dipungut biaya tiket yang lumayan mahal. Tapi seperti judul artikel di atas, ada beberapa bagian dari Gardens By The Bay ini yang dapat Anda kunjungi dengan gratis atau membayar tiket masuk hanya sebesar 5 dolar Singapura, atau tidak lebih dar Rp. 40.000,-.

Gardens By The Bay, Singapura. Pemandangan ke Marina Bay Sands.

Gardens By The Bay, Satu Lagi Atraksi Wisata Murah di Singapura

Begitu Anda tiba di area Marina Bay, maka akan menemukan pemandangan yang luar biasa, pohon-pohon baja raksasa, di area Supertree Grove yang tingginya setara dengan gedung berlantai 16. Pohon-pohon ini terletak di area Bay South dan disebut sebagai pohon solar karena dirancang untuk bisa mengumpulkan air hujan dan energi solar dari matahari, yang kemudian digunakan untuk konservasi lingkungan. Jika hanya datang untuk berfoto di area ini, tidak dipungut biaya.

Gardens By The Bay - Bay South

Pengalaman Seru Naik ke Jembatan OCBC Skyway
Anda baru harus merogoh kantong untuk membayar tiket, jika ingin naik ke jembatan diantara ‘pohon-pohon’ Supertree tersebut. Jembatan sepanjang 128 meter ini dikenal dengan nama OCBC Skyway. Satu pengalaman yang mengasyikkan untuk naik dan menelusuri jembatan ini sambil menyaksikan pemandangan indah seputar taman raksasa in, hotel Marina Bay Sands dan sebagian dari kota Singapura. Anda bisa naik ke atas selama jam operasionalnya, dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam. pada malam hari, tentunya pemandangan indah lain akan tersaji de depan mata, dengan tebaran lampu berwarna-warni yang menghiasi Supertree Grove.
Tiket OCBC Skyway: Dewasa S$5 dan anak-anak umur 3-12 tahun sebesar S$3.

Jembatan sepanjang 128 meter ini dikenal dengan nama OCBC Skyway. Satu pengalama
Serunya menyaksikan pemandangan kota Singapura dari atas OCBC Skyway

Satu pengalaman yang mengasyikkan untuk naik dan menelusuri jembatan ini sambil

Di area Bay East, terdapat hamparan taman bunga, hutan tropis dan area untuk piknik dengan pemangdangan ke teluk Marina. Tentunya Anda juga dapat memanfaatkan area ini untuk jalan-jalan dan berolahraga.
Atraksi di Gardens By The Bay memang beragam. Yang menarik untuk dikunjungi selain pohon-pohon raksasa Supertree Grove yang dibentuk dari sekitar 160 ribu tanaman dari 200 macam spesies, dan buka dari jam 5 pagi hingga jam 2 pagi ini, terdapat juga:

Heritage Gardens
Juga buka dari jam 5 pagi – 2 pagi. Merupakan kawasan yang terdiri dari empat buah taman yang berisikan beragam jenis tanaman yang memiliki hubungan erat dengan perjalanan sejarah dan budaya dengan tiga kelompok etnis utama di Singapura dan era kolonial, diantaranya ada The Malay Garden dan The Colonial Garden.

Danau yang berada di bagian depan Gardens By The Bay, jika Anda datang da

Dragonfly & Kingfisher Lakes
Adalah danau yang berada di bagian depan Gardens By The Bay, jika Anda datang dari arah Marina Bay Sands. Di kolam ini terdapat instalasi seni, diantaranya berupa patung capung (dragonfly). Kolam ini juga berfungsi sebagai filter alami untuk membersihkan air dari waduk Marina (Marina reservoir). Di sepanjang sisi danau terdapat boardwalk, jalanan yang terbuat dari papan kayu sepanjang 440 meter, dimana Anda dapat menyusurinya sambil menikmati pemandangan sekitar dan memanfaatkannya untuk spot berfoto.

Di sepanjang sisi danau terdapat boardwalk, jalanan yang terbuat dari p
Di sepanjang danau terdapat boardwalk, untuk menikmati pemandangan sekitar

Ada dua area lagi yang terdapat di kompleks Gardens By The Bay, yaitu Flower Dome dan Cloud Forest. Dimana untuk memasuki dua kawasan tersebut, Anda harus membeli tiket.

Flower Dome
Buka dari pukul 9 pagi hingga 9 malam.
Merupakan konservatori tanaman-tanaman dari daerah Mediterania dan negara-negara yang memiliki curah hujan cenderung rendah.
Untuk melihat koleksi tanaman disini, tiket masuk yang harus Anda bayar adalah sebesar S$28 untuk dewasa dan S$15 untuk anak-anak, sudah termasuk tiket masuk ke area Cloud Forest.

Cloud Forest
Buka dari pukul 9 pagi hingga 9 malam.
Di dalam bangunan spektakuler yang berbentuk kerang raksasa ini, dapat Anda nikmati koleksi tanaman-tanaman yang berbeda lagi, dilengkapi dengan air terjun yang indah setinggi 35 meter. Koleksi tanaman di area ini adalah yang berasal dari dataran tinggi hingga sekitar 2,000 meter di atas permukaan laut. Tentunya merupakan suatu pengalaman tersendiri yang tak terlupakan jika Anda dan putra-putri berkunjung ke konservatori ini. Banyak hal baru yang dapat dipelajari dari koleksi tanaman yang ada disini.

Gardens By The Bay - Pemandangan dari atas OCBC Skyway ke arah Cloud Forest

Transportasi ke Gardens By The Bay
Naik MRT Jalur Kuning, turun di stasiun Bayfront (CE1) dan keluar melalui Exit B, dimana Anda akan keluar di area Dragonfly & Kingfisher Lake.

Atau naik MRT Jalur Merah, turun di stasiun Marina Bay (NS27), keluar di Exit A dan lanjutkan dengan naik bus No. 400 (4 pemberhentian), turun di Marina Gardens Drive.

Gardens By The Bay, Satu Lagi Atraksi Wisata Murah di Singapura yang patut Anda kunjungi pada lawatan berikutnya ke negara ini.

Website: http://www.gardensbythebay.com.sg/en/home.html

No comments yet

Add new comment