Henderson Waves, Sebuah Jembatan Cantik di Singapura

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Hampir setiap ke Singapura saya selalu berniat untuk datang ke Henderson Waves, sebuah jembatan cantik yang merupakan jalur pejalan kaki tertinggi di Singapura. Tapi biasanya kalau jalan bersama teman-teman, kita punya puluhan rencana lain sehingga rencana untuk ke Henderson Waves terpaksa selalu ditunda. Rasa penasaran saya untuk melihat langsung dan menikmati pemandangan dari jembatan yang tingginya sekitar 36 meter di atas Henderson Road ini sepertinya baru bisa terwujud hari ini. Yuk, kita lihat dan rasakan si jembatan kayu yang spektakuler ini!

Henderson Waves yang memiliki desain menawan bagai ombak, melintang indah diatas

Henderson Waves, Sebuah Jembatan Cantik di Singapura

Pagi tadi saya langsung bersiap untuk menuju Harbour Front MRT Station yang terletak di bagian bawah Harbour Front Mall, di samping Vivo City. Saya memang berniat untuk menuju ke jembatan idaman ini dengan menggunakan kendaraan umum. Selama ini informasi yang saya dapatkan ada yang mengatakan susah untuk menuju Henderson Waves dan ada yang mengatakan sebaliknya, sangat mudah. Untuk menghilangkan rasa penasaran, makanya langsung ingin saya buktikan sendiri.

Siswa sekolah mengadakan aktivitas di atas jembatan ini

Henderson Waves, Sebuah Jembatan Cantik di Singapura

Bersantai di bawah gelombang Henderson Waves

Ternyata sangat mudah! Cara menuju ke Henderson Waves, dari Harbour Front MRT Station, Anda tinggal keluar melalui Exit C mall tersebut dan menuju ke tempat pemberhentian bus yang ada di luar gedung. Kemudian tinggal pilih untuk naik bus nomer 131 atau 145. Dari Harbour Front bus akan melewati beberapa tempat pemberhentian dan setelah berbelok ke Henderson Road, turun di pemberhentian bus kedua. Anda langsung dapat melihat jembatan berbentuk ombak ini, tinggal menyeberang jalan dan kemudian dilanjutkan dengan menaiki lebih dari seratus anak tangga menuju ke bagian atas taman.

Penunjuk jalan di bagian bawah bukit

Setelah tiba di atas, tinggal belok kiri mengikuti petunjuk sampai menemukan bentangan jembatan baja yang memiliki kerangka bergelombang bagai ombak, dipadukan dengan kayu-kayu berbentuk melengkung yang terlihat unik dan cantik. Memiliki tinggi lebih dari 60 meter di atas permukaan laut dengan panjang sekitar 274 meter, jembatan ini menghubungkan Mount Faber Park dengan Telok Blangah Hill Park. Merupakan hasil desain dari IJP Corporation, London dan RSP Architects Planners and Engineers (PTE) ltd., Singapura. Diresmikan oleh Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong dan mulai dibuka untuk umum pada tanggal 10 Mei 2008.

Desain kerangka baja yang dipadukan dengan kayu

Di satu sisi dari jembatan ini memiliki bentuk yang bergelombang bagai ombak. Di bawah lengkungan-lengkungan tersebut, tersedia undakan yang dapat kita pakai sebagai tempat duduk untuk bersantai dan istirahat. Jangan lupa untuk mampir kesini, di lain waktu Anda ke Singapura. Bisa juga dengan memakai atribut olahraga dan langsung menyusuri jalur trekking sepanjang sembilan kilometer dari Mount Faber Park sampai ke Kent Ridge Park, ditambah bonus menikmati pemandangan kota Singapura yang terlihat indah dari ketinggian.

Follow Line@ @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

Tinggalkan Komentar