Mencari Makanan Halal di Bangkok, Ternyata Tidak Susah

Awan Yulianto's picture
0 comment(s)

Saat traveling ke tempat-tempat yang mayoritas penduduknya adalah non-Muslim, mungkin yang terpikir akan susah untuk mencari makanan halal. Seperti misalnya jika kita pergi ke Bangkok. Beberapa tahun yang lalu ketika saya berkunjung ke kota ini, memang pada akhirnya saya selalu mencari makanan fastfood. Namun setelah saya beberapa kali berkunjung ke Bangkok, ternyata banyak juga perkampungan Muslim, dimana terdapat rumah makan yang menjual makanan halal. Tidak hanya di daerah-daerah sekitar masjid saja, tapi di beberapa pusat perbelanjaan seperti di Chatuchak Weekend Market dan beberapa mal, makanan halal juga tidak susah untuk dicari. Temukan panduannya di artikel ini.

Mencari Makanan Halal di Bangkok, Ternyata Tidak Susah
Salah satu gang tempat makanan halal di Charoen Krung Road

Chatuchak Weekend Market
Jika Anda berkunjung ke weekend market paling populer di kota ini, pasti dengan mudah Anda dapat temukan Clock Tower-nya. Di area yang dekat dengan mushola inilah, terdapat tempat makan yang menyajikan makanan halal. Mulai dari makanan India, Melayu sampai makanan Muslim Thailand. Di Section 16 ini Anda dapat menemukan restoran Saman Islam dan Kah Jak.

Saman Islam menjual berbagai macam menu makanan yang bisa langsung Anda pilih sendiri. Restoran ini menempati kios nomer 7, sementara di gang sebelahnya, tepatnya Soi 18 ada Kah Jak yang menjual nasi ayam dan berbagai menuhalal lainnya. Kedua tempat makan ini selalu penuh dengan wisatawan dari Timur Tengah, Malaysia dan tentunya Indonesia. Harga makanan sangat terjangkau, rata-rata mulai 50 Baht keatas. Restoran ini buka jam 08.00-17.00 pada hari-hari Chatuchak beroperasi.
Tel: +66 2 522 2079 / +66 81 817 8270 (Saman Islam)

Daerah Khao San Road
Salah satu kawasan wisata yang ramai dikunjungi di Bangkok adalah Khao San Road. Tidak jauh dari jalan legendaris ini terdapat jalan Phra Sumen dan Phra Athit, dimana terdapat beberapa penjaja kaki lima yang menjual makanan halal. Jangan lupa untuk singgah ke restoran Roti Mataba, yang terletak tidak jauh dari Benteng Phra Sumen, di jalan Phra Athit. Untuk mencapai jalan Phra Athit dari Khao San Road, dapat dilihat di peta bawah ini.

Salah satu kawasan wisata yang ramai dikunjungi di Bangkok adalah Khao San Road.
Sumber: www.maykaidee.com

Roti Mataba ini lebih mirip dengan roti cane, dimakan bersama kari Thailand, yaitu red curry atau green curry. Restoran yang sudah berdiri puluhan tahun ini, terletak di jalan Phra Athit No. 136, buka setiap hari (kecuali Senin), jam 09.30-22.00.
Tel: +66 2 282 2119

Daerah Charoen Krung Road
Selain itu di daerah Bangrak, tepatnya di ujung jalan Silom dan juga sekitar Charoen Krung Road (New Road) banyak terdapat tempat yang menyediakan makanan halal. Di daerah ini ada 2 buah masjid yang terkenal, yaitu Ban oou Mosque dan Haroon Mosque. Lebih jauh mengenai masjid-masjid ini, dapat Anda baca di artikel Travel Tips, Berkunjung dan Beribadah di 4 Masjid Utama Kota Bangkok, pada website ini juga.

Muslim Restaurant yang terletak di dekat persimpangan Charoen Krung Road dan Sil
Di tempat-tempat makan halal di Bangkok biasanya akan ditempelkan juga logo halal

Jika Anda menggunakan BTS/Skytrain ke daerah ini, tinggal turun di BTS Saphan Taksin Station (S5), keluar di Exit 3 dan jalan menyusuri Charoen Krung Road . Tidak jauh dari stasiun BTS, di samping 7-Eleven yang pertama Anda temui (sebelah kiri jalan), terdapat satu gang yang banyak terdapat gerai makanan halal. Ada juga restoran halal yang terkenal di jalan ini, Muslim Restaurant, tepatnya di dekat persimpangan Charoen Krung Road dan Silom Road. Restoran ini dibuka sejak lebih dari 70 tahun yang lalu, menyajikan menu masakan Muslim Thailand halal dan lezat, seperti Kari Otak dan Nasi Biryani Kambing, selain roti dan kue-kue. Buka dari jam 06.30-18.30 setiap harinya.
Alamat: 1354-6 Charoen Krung Soi 42 (dekat persimpangan Charoen Krung dan Silom)
Tel: +66 2 234 1876

Restoran ini dibuka sejak lebih dari 70 tahun yang lalu, menyajikan menu masakan
Suasana di Muslim Restaurant, salah satu restoran halal yang terkenal di Bangkok

MBK Shopping Centre
Di beberapa mal besar di Bangkok biasanya juga terdapat tempat yang menyajikan makanan halal. Salah satunya adalah di MBK Shopping Centre, daerah Siam / National Stadium, dimana di lantai 5 mal ini terdapat foodcourt The Fifth Food Avenue, terletak di dekat pusat penjualan kamera pada lantai tersebut. Di sini Anda dapat memilih makanan Indonesia seperti Gado-Gado, Nasi Goreng dan Sate di Jimbaran Bali. Ada juga menu Timur Tengah di Ali’s Arabic Cuisine dan makanan Thailand di Thai Muslim by Sultana.

Daerah Phetchaburi / Pratunam
Sementara jika Anda berada di daerah Pratunam yang juga merupakan salah satu pusat belanja favorit di Bangkok, dimana terdapat Platinum Fashion Mall, makanan halal biasa Anda temukan di sekitar Darul Aman Mosque, di Phetchaburi Soi 7 atau Soi Surao. Di sekitar pemukiman masyarakat Muslim Bangkok disini, dapat Anda temukan berbagai rumah makan halal. Diantaranya adalah restoran Ci Bunga Tanjong, menyajikan menu makanan Thailand yang halal dan juga banyak terdapat tempat makan yang mirip dengan kantin rumahan, dimana harga makanannya lebih murah.

Di sekitar pemukiman masyarakat Muslim Bangkok disini, dapat Anda temukan berbag
Salah satu rumah makan di Soi Phetchaburi 7, dekat Masjid Darul Aman

Lokasi: Soi Phetchaburi 7 (Soi Surao), Pratunam
Sekitar 5 menit jalan kaki dari BTS Ratchathewi Station (N1). Keluar di Exit 3, dari stasiun BTS ini jalan menuju Phetchaburi Road, di perempatan menyeberang jalan dan belok kiri menyusuri jalan ini sekitar 5 menit. Kemudian belok kanan memasuki Soi Phetchaburi 7.

Di tempat-tempat makan halal di Bangkok biasanya akan ditempelkan juga logo halal. Mencari makanan halal di Bangkok, ternyata tidak susah.

Mencari Makanan Halal di Bangkok, Ternyata Tidak Susah

No comments yet

Add new comment