Naik Kereta Atau Bus Dari Bandara KLIA dan KLIA2 ke Kuala Lumpur

Naik Bus Atau Kereta Dari Bandara KLIA dan KLIA2 ke Kuala Lumpur

Sejak ditutupnya bandara LCCT (Low Cost Carrier Terminal) di Sepang, Malaysia yang biasa melayani penerbangan khusus AirAsia, kini semua penerbangan AirAsia telah dialihkan ke KLIA2 atau Kuala Lumpur International Airport 2. Nah, kalau dari KLIA2 ini apakah fasilitas transportasi umum seperti bus dan kereta KLIA Ekspres juga tersedia?

Tidak perlu khawatir, sejak dibuka KLIA2 yang jaraknya sekitar 2km dari KLIA, ada kereta yang menghubungkan dua bandara ini. Dan jika mau naik kereta KLIA Ekspres atau kereta komuter KLIA Transit, bisa langsung dari KLIA2, tanpa kita harus pindah dulu ke KLIA.

KERETA KLIA EKSPRES
Jika tujuannya ingin langsung ke terminal KL Sentral yang ada di tengah-tengah Kuala Lumpur, maka bisa pilih kereta cepat KLIA Ekspres, yang melayani non-stop dari KLIA2 – KLIA – KL Sentral (dan rute sebaliknya). Jadi kereta ini yang dulunya hanya melayani KLIA ke KL Sentral, jalurnya sudah diperpanjang sampai KLIA2.

Tarif: RM 55 / sekali jalan (Pergi – Pulang RM 100)
Waktu Tempuh: 33 menit (KLIA2 – KL Sentral, dan rute sebaliknya)
Durasi Keberangkatan: Setiap 15-20 menit
* Untuk antar terminal – KLIA ke KLIA2 kalau naik KLIA Ekspres tarif hanya RM 2 (waktu tempuh 3 menit)

KERETA KLIA TRANSIT
Bedanya kereta KLIA TRansit dengan KLIA Ekspres adalah kereta ini merupakan kereta komuter yang akan berhenti di beberapa stasiun utama:
KLIA2 > KLIA > Salak Tinggi > Putrajaya & Cyberjaya > Bandar Tasik Selatan > KL Sentral

Waktu Tempuh: 39 menit (KLIA2 ke KL Sentral)
Durasi Keberangkatan: Setiap 20-30 menit

Tarif:
* KLIA2 ke KLIA: RM 2 (perjalanan 3 menit)
* KLIA2 ke Salak Tinggi: RM 4.90 (perjalanan 11 menit)
* KLIA2 ke Putrajaya / Cyberjaya: RM 9.40 (perjalanan 20 menit)
* KLIA2 ke Bandar Tasik Selatan: RM 38.40 (perjalanan 32 menit)
* KLIA2 ke KL Sentral: RM 55 (perjalanan 39 menit)

BUS EKSPRES
Jika mau lebih murah, bisa naik bus ekspres SkyBus (website: skybus.com.my) yang beroperasi hampir 24 jam. Bus hanya tersedia dari KLIA2.

Jam Operasional Dari/Ke KL Sentral:
* KLIA2 ke KL Sentral: 05.00 sampai 02.45
* KL Sentral ke KLIA2: 03.00 sampai 00.00

Tarif: RM 10.50 (dewasa). Waktu tempuh 75 menit.

Jam Operasional Dari/Ke 1-Utama:
* KLIA2 ke 1-Utama: 04.30 sampai 00.30
* 1-Utama ke KLIA2: 03.00 sampai 23.00

Tarif: RM 14.50 (dewasa). Waktu tempuh 75 menit.

Jadi sekarang kalau kamu mendarat di KLIA2, bisa juga langsung menikmati fasilitas kendaraan umum, baik kereta ataupun bus untuk menuju ke pusat kota Kuala Lumpur, di stasiun KL Sentral.

10 comments

  1. Mas.mau nanya aerobus dari klia 1 ke kl sentral sudah tidak tersedia lagi dan dipindahbke aeon bukit tinggi ya. (Sejaka 1 okt 2016.
    Bus selain aerobus masih ada?atau jika naik uber taxi pesannya pas di luar gedung klia klia atau didalam pintu exit nya aja?

    1. Hi Siaoyang,

      Iya, sekarang yang ke KL Sentral naik SkyBus (satu group sama AirAsia) aja. Untuk lokasi tunggu bus, lihat petunjuk arah di banadara atau tanya information ya. Dia ngga langsung di pintu keluar, tapi ada tempat tunggu khususnya.

      Salam,
      Awan

  2. Halo mw ke KL juga ya? saya jg mw. tp masih bingung caranya ke Kota, abis katanya kalo naik bus ada pergantian bus gitu ya? saya transit di KL 9 jam dan rencana cuma mw ke petronas sj, btw setahu saya selain Aerobus masih ada Sky Bus nya Air Asia dari yg saya baca2 di web. katanya kalo naik taksi mahal bisa nyampe 140 ringgit.

    1. Halo BW,

      Iya betul ada SkyBus. Tapi perjalanan ke KL Sentral sendiri sudah 1,5 – 2 jam. Jadi kalau cuma transit 9 jam dan mau foto di Petronas, saran saya naik kereta KLIA Ekspres aja, walau emang lebih mahal tapi aman dari segi waktu. Taxi emang mahal 🙂

      Salam,
      Awan

  3. Haii.. mau tanya itu yang AEROBUS itu pembeliannya harus via web? Atau on the spot bisa? Lebih enak SKYBUS atau AEROBUS ya? Thank you..

    1. Halo Rommy,
      Tiket bisa beli di tempat, ngga harus pesan web.
      Kalau tujuannya mau ke KL Sentral, sekarang sudah ngga ada Aerobus lagi, cuma ada SkyBus ya.

      Salam,
      Awan

  4. halo… mau nyanya dong, bulan depan sy rencana ke KL dan singapur, kalo setibanya sy di bandara sy harus kmana yah… klo mau langsung terus ke singapur??? bagusan mana yah naik bus apa nai kereta??? karena dr sekian banyak info yg sy dpat dr internet tdk ada yg menjelaskan secara rinci mengenai jadwal keberangkatan, jalur, lama perjalanan, cara dan tempat pembelian tiket bus ataupun kereta.. trims…

    1. Halo Mangindara,
      Maksudnya mendarat di KLIA / KLIA2 dan mau langsung ke Singapura naik bus?
      Nanti dari KLIA / KLIA 2 naik dulu kereta KLIA Ekspres di loketnya yang ada di bandara (ikutin petunjuk untuk menuju ke tempat kereta), beli tiket untuk ke stasiun Bandar Tasik Selatan. Stasiun ini terkoneksi dengan terminal bus ‘Terminal Bersepadu Selatan’ (TBS).
      Kalau mau naik bus, nanti tanya ke information di KLIA aja, tempat naik JetBus yang menuju ke TBS.

      Dari TBS ini ada bus yang ke Singapura. Tinggal tanya ke petugas bus di loket, nanti di Singapur bus akan tiba dimananya?. Karena di Singapur ngga ada terminal khusus seperti TBS, bisa jadi pemberhentian terakhir bus di Woodlands (daerah perbatasan dengan Johor Bahru), atau beberapa mall di tengah kota Singapura.

      Salam,
      Awan

  5. Halo mas.kita rencana ke bangkok transit d KL 6 jam,kira2 jika singgah ke petronas,sempat ndak ya?trus di KL suka macet ndak jalanannya?klo di google map,dr airport ke petronas sih 1hr 1min.tp kenyataannnya ndak tau.tolong dibantu

    1. Halo mbak Lisa,

      Kalo saya bilang sih waktunya mepet ya. Mungkin bisa kekejar kalo naik kereta KLIA Ekspres (sekali jalan 55 Ringgit) ke KL Sentral, dan dari situ lanjut naik commuter yang ke KLCC – tempat Menara Petronas berada.

      Info aja, kalo terbangnya dari KLIA2 itu bandaranya cukup besar dan kalo kebagian gate yang jauh, ngga boleh mepet check-in nya. Pastiin 2 jam sebelum jadwal terbang udah ada di bandara lagi. Karena harus lewat proses imigrasi & pengecekan lagi yang biasanya antre. Moga2 sempat ya ke Petronas’nya.

      Salam,
      Awan

Leave a Reply