Naik Kereta Atau Bus Dari Bandara KLIA dan KLIA2 ke Kuala Lumpur

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia
Booking agoda tanpa kartu kredit? Klik disini

Naik Bus Atau Kereta Dari Bandara KLIA dan KLIA2 ke Kuala Lumpur

Sejak ditutupnya bandara LCCT (Low Cost Carrier Terminal) di Sepang, Malaysia yang biasa melayani penerbangan khusus AirAsia, kini semua penerbangan AirAsia telah dialihkan ke KLIA2 atau Kuala Lumpur International Airport 2. Nah, kalau dari KLIA2 ini apakah fasilitas transportasi umum seperti bus dan kereta KLIA Ekspres juga tersedia?

Tidak perlu khawatir, sejak dibuka KLIA2 yang jaraknya sekitar 2km dari KLIA, ada kereta yang menghubungkan dua bandara ini. Dan jika mau naik kereta KLIA Ekspres atau kereta komuter KLIA Transit, bisa langsung dari KLIA2, tanpa kita harus pindah dulu ke KLIA.

KERETA KLIA EKSPRES
Jika tujuannya ingin langsung ke terminal KL Sentral yang ada di tengah-tengah Kuala Lumpur, maka bisa pilih kereta cepat KLIA Ekspres, yang melayani non-stop dari KLIA2 – KLIA – KL Sentral (dan rute sebaliknya). Jadi kereta ini yang dulunya hanya melayani KLIA ke KL Sentral, jalurnya sudah diperpanjang sampai KLIA2.

Tarif: RM 55 / sekali jalan (Pergi – Pulang RM 100)
Waktu Tempuh: 33 menit (KLIA2 – KL Sentral, dan rute sebaliknya)
Durasi Keberangkatan: Setiap 15-20 menit
* Untuk antar terminal – KLIA ke KLIA2 kalau naik KLIA Ekspres tarif hanya RM 2 (waktu tempuh 3 menit)

KERETA KLIA TRANSIT
Bedanya kereta KLIA TRansit dengan KLIA Ekspres adalah kereta ini merupakan kereta komuter yang akan berhenti di beberapa stasiun utama:
KLIA2 > KLIA > Salak Tinggi > Putrajaya & Cyberjaya > Bandar Tasik Selatan > KL Sentral

Waktu Tempuh: 39 menit (KLIA2 ke KL Sentral)
Durasi Keberangkatan: Setiap 20-30 menit

Tarif:
* KLIA2 ke KLIA: RM 2 (perjalanan 3 menit)
* KLIA2 ke Salak Tinggi: RM 4.90 (perjalanan 11 menit)
* KLIA2 ke Putrajaya / Cyberjaya: RM 9.40 (perjalanan 20 menit)
* KLIA2 ke Bandar Tasik Selatan: RM 38.40 (perjalanan 32 menit)
* KLIA2 ke KL Sentral: RM 55 (perjalanan 39 menit)

BUS EKSPRES
Jika mau lebih murah, bisa naik bus ekspres SkyBus (website: skybus.com.my) yang beroperasi hampir 24 jam. Bus hanya tersedia dari KLIA2.

Jam Operasional Dari/Ke KL Sentral:
* KLIA2 ke KL Sentral: 05.00 sampaiย 02.45
* KL Sentral ke KLIA2: 03.00 sampai 00.00

Tarif: RM 10.50 (dewasa). Waktu tempuh 75 menit.

Jam Operasional Dari/Ke 1-Utama:
* KLIA2 ke 1-Utama: 04.30 sampaiย 00.30
* 1-Utamaย ke KLIA2: 03.00 sampai 23.00

Tarif: RM 14.50 (dewasa). Waktu tempuh 75 menit.

Jadi sekarang kalau kamu mendarat di KLIA2, bisa juga langsung menikmati fasilitas kendaraan umum, baik kereta ataupun bus untuk menuju ke pusat kota Kuala Lumpur, di stasiun KL Sentral.

Follow Line@ @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

193 comments

  1. Mas mau nanya , sy kan mau umroh, trus transit di klia2 selama 11 jam, dr jam 18.00-05.00, klo mau ke menara kembar, naik transport apa ya mas?klo bisa yg murah, dan rutenya kemana aja?

    1. Halo mas Firdaus,
      Kalau transitnya malam agak susah ya kalo mau naik bus ke tengah kota, karena makan waktu.
      Paling praktis naik kereta KLIA Ekspres ke stasiun KL Sentral, sekali jalan per orang RM55… emang lumayan mahal. Nanti dari KL Sentral ini naik kereta komuter ke stasiun KLCC, di atas stasiun ini adalah menara Petronas.

      Tapi kalo perginya 3-4 orang, dari KLIA langsung naik taxi aja (sekitar RM150) ke menara Petronas. Kalau mau dari Petronas nanti cari makanan ke Jalan Alor di daerah Bukit Bintang. Dan nanti balik ke bandara lagi naik taxi, karena kereta cuma sampai jam 12 malam.

      Salam,
      Awan

  2. salam mas . saya rencana mw ke bangkok tapi pesawatnya transit di KL selama 14 jam dan rencana mw jalan2 ke KL sentral selama transit, tp saya di bandara KLIA .kalau mau naik bus saya harus ke KLIA 2 dulu ya mas? trs baru naik bus di KLIA 2 nya? dan kalau boleh tau dari KL sentral ke mesjid india jauh ga ya ? terimakasih

    1. Halo mbak Ila,

      Kalo rencana mau ke KL Sentralnya naik SkyBus, betul mbak harus naik kereta KLIA Transit dulu ke KLIA2 karena bus hanya ada dari sana. Tapi kalo mau naik kereta KLIA Ekspres/Transit bisa langsung dari KLIA.

      Untuk ke Masjid India, nanti dari KL Sentral naik kereta komuter aja yang menuju ke stasiun Masjid Jamek. Di situ ada Masjid Jamek (Kuala Lumpur Central Mosque), dan dari stasiun itu bisa jalan kaki ke Masjid India juga.

      Salam,
      Awan

  3. Makasih mas buat info nya,, btw kalo dr kl sentral mau ke chinatown saya kalo pake bus brenti nya dimana yah mas ? Mungkin mas nya tau,, thx

    1. Kalo dari KL Sentral ke Chinatown (sekitar Jalan Petaling) bisa naik kereta LRT dan nanti turun di stasiun Pasar Seni ya, mbak.

      Salam,
      Awan

  4. Hallo mas,, mau tanya donk,, saya rencana juli mau ke KL sama suami dan anak (1.5 tahun) lebih enak pake bus,, kereta,, taxi ato uber yah mas ? Soalnya lumayan bawaan nya agak banyak… thx

    1. Halo mbak Sonya,

      Kalo dari KLIA2 ke tengah kota (KL Sentral) paling murah adalah naik bus. Pilihan murah kedua naik kereta KLIA Ekspres, karena 2 dewasa total cuma RM 110 (anak 1,5 tahun gratis). Sementara kalau naik Grab/taxi emang lebih mahal, tapi enaknya kan bisa langsung ke hotel tujuan, ngga perlu ke KL Sentral dulu terus nanti nyambung lagi dengan kendaraan lain ke hotelnya. Moga2 bisa jadi pertimbangan untuk mbak.

      Salam,
      Awan

  5. Malam.. Mau tanya mas kalau grab car itu ada dan bisa ga ya dari KLIA2 ke KL Sentral? Atau lebih baik naik bis saja ya kalau ber4? Terima kasih

    1. Halo mbak Kartika,

      GRAB ada, tapi bisa jadi Grab Taxi, bukan Grab Car. Kalo mau lebih murah ke KL Sentral tentunya naik bus ๐Ÿ™‚

      Salam,
      Awan

  6. Hallo mas awan..
    Mau minta saran nih, kami jalan ber12org 1anak kecil msh bingung transportasi dr KLIA menuju KL Sentral. Naik klia express kan cukup mahal sdgkan naik bus begerombol agak gimana gt hehe. Punya solusi mas? Untuk wisata kira2 sewa Van gt mahal gak disana mas? Niatnya ingin ke batu caves, genting kalau bisa malaka. Thanks b4

    1. Halo, apa kabar?
      Untuk sewa van di KL termasuk mahal. Solusi dari bandara ke KL Sentral mungkin sewa taxi van dan pasti perlu lebih dari 1 taxi. Untuk harga nanti bandingin aja sama kalau dikalikan naik kereta KLIA Ekspres yang per orang 55 Ringgit.

      Van atau minibus untuk tour keliling KL dan Malaka coba tanyakan hotel tempat akan menginap, apa ada rekanan penyewaan kendaraan? Maaf saya ngga ada kontak untuk sewa mobil/van di KL soalnya, biasa naik kendaraan umum. Semoga ketemu solusinya ya.

      Salam,
      Awan

  7. sore mas Awan

    Saya mau tanya mas jika saya ber4 ke KL – genting jalan2 dengan budget minim bs ga ?

    trs hotel yg nyaman bersih murah itu di bukit bintang ada ga mas?

    rencananya si desember 2017

    trs apa bnr ada bus bertuliskan “GO KL” itu free ya mas alias ga byr ke tempat2 yg ingin kita pergi ( khusus kota KL )?

    Mhn petunjuknya ya mas Awan

    terima kasih ๐Ÿ™‚

    1. Halo mas Kenji, apa kabar?
      KL & Genting bisa kok budget minim. Di Bukit Bintang ada, atau banyak juga penginapan murah di sekitar Stasiun KL Sentral.

      Bus Go KL emang gratis, lihat aja tulisan di busnya ya. Stopannya juga khusus. Semoga nanti jalan2nya lancar.

      Salam,
      Awan

  8. Selamat sore mas awan, Mohon bantuan informasi, sy baru pertama kali traveling ke KL bareng istri .. rencana 3D2N, nyampek KUL sabtu pagi jam 9.25 trus pulang nya senin sore jam 17.50, nginapnya di hotel transit Jln. Pudu .. yg pengen sy tanyain : Pada hari minggu memungkinkan ga ya klo kita ke SIN seharian melalui terminal bus Pudu ?

    1. Halo mas Arif,
      Kalau mau dicoba silahkan aja, cuma perlu diingat sekali perjalanan itu sekitar 5 jam, jadi PP perlu waktu 10 jam.
      Saran saya kalau sudah pernah ke Singapura/tidak terlalu perlu ke Singapura, lebih baik waktunya digunakan untuk explore Kuala Lumpur, atau bisa juga main ke Melaka, yang jarak tempuhnya sekali jalan cuma 2 jam. Untuk ke Melaka bisa baca artikel saya, Google kata kunci: Melaka Travelawan – nanti artikel akan muncul.
      Bisa dipertimbangkan lagi efektif dan enaknya gimana, mas ๐Ÿ™‚

      Salam,
      Awan

      1. Oke siippp mas Awan, next trip aja klo mau ke SIN ๐Ÿ˜.
        Mas ini ada beberapa spot wisata yg mau sy kunjungin, maksud sy biar waktunya efektif hari ke pertama smpe ketiga pembagiannya gmna ya biar sy jalannya searah gtu :

        – Menara KL (malam)
        – Twin Tower (sore menjelang malam)
        – Masjid Jameek
        – Batu caves
        – Explore bukit bintang
        – Mesjid negara
        – jembatan putrajaya (klo sempet)
        – Lake symphony
        – instana negara
        – Merdeka square
        – china town
        – Area KLCC park
        – KL city gallery
        – kawasan putrajaya
        – dataran merdeka
        – central market
        – Colmare Tropicale,Berjaya Hills (klo sempet juga )

        1. Halo mas Arif,

          Ok mas. Itu susah juga ya saya kalau harus rinci rute2nya. Nanti mas coba ambil peta wisata KL begitu tiba di bandara sana atau di hotel. Semua yang masih dalam kota KL ngga jauh, bisa naik kendaraan umum atau taxi.

          Yang pasti kalau Kawasa Putrajaya & Jembatan Putrajaya, mas harus naik kereta ke Putrajaya (naik KLIA Transit yang arah bandara akan lewatin Putrajaya).

          Dan khusus Colmar Topicale, mas bisa naik shuttle khusus dari mall Berjaya Times Square. Cuma ada 4 jadwal keberangkatan seharinya.

          Salam,
          Awan

  9. Permisi mau nanya..saya turun di kuala lumpur international.. Tapi ada KLIA sama KLIA2 maksudnya gimana ya?

    1. Halo Khum, apa kabar?
      Itu terminalnya… seperti di Soekarno – Hatta Jakarta kan ada Terminal 1, 2 dan 3 Ultimate. Cek di tiket atau maskapainya nanti mendaratnya di KLIA atau KLIA2.

      Salam,
      Awan

  10. mas mau nanya, sy hari ini ke KL aik lion turun di KLIA, sy sdh booking hotel di bukit bintang, untuk menuju hotel sy naik apa yah? yg recomended..makasih

    1. Halo mas Dayat, pertama harus ke stasiun KL Sentral dulu ya… bisa naik SkyBus dari KLIA2 kalo mau murah, kalo mau cepat dari KLIA langsung naik kereta KLIA Ekspres aja – RM55 sekali jalan. Dari KL Sentral ke Bukit Bintang bisa pesan taxi di counter budget taxi, atau naik monorail dan turun di stasiun Bukit Bintang.

      Salam,
      Awan

  11. Selamat sore Mas Awan,
    Salam kenal, nama saya Sani. Saya ingin tanya, kalau dari KLIA2 ke Best KL City View at Regalia Residence. Opsi terbaik dan termurah menggunakan transportasi apa ya? Mohon bantuan penjelasannya Mas Awan.

    Terima kasih

    1. Halo apa kabar?
      Kalo saya lihat peta hotelnya lewat Agoda.com, dari KLIA2 yang pasti harus naik SkyBus atau kereta KLIA Ekspres/Transit ke KL Sentral dulu. Dari KL Sentral naik kereta KTM menuju ke stasiun Putra. Dari stasiun itu di peta sih penginapannya udah ngga jauh, bisa jalan kaki.

      Salam,
      Awan

  12. Mas mau tanya, kalau dari kl sentral mau naik kereta transit untuk penerbangan garuda indonesia turunnya di klia atau klia2

    1. Halo mbak Wulan,
      Kalau sudah pegang tiketnya coba cek di tiket, pasti ditulis dari terminal mana terbangnya. Mustinya Garuda di KLIA ya.

      Salam,
      Awan

  13. Pertanyaan saya hampir sama nih. Saya ada penerbangan jam 7 pagi, saya udah booking hotel di Bukit bintang.
    Kalo dari bukit bintang ke kl sentral jam 2an subuh gitu LRT udah beroperasi blm mas?
    Bingung juga nih mending ke KL sentralnya jam jam terakhir aja atau jam 3 subuh itu.
    Saya sendirian aja mas
    Trus kalo tiketnya kita beli siang buat keberangkatan malam atau subuh bisa gak?
    Makasih mas

    1. Halo mas Ardi,
      Iya kalo mau naik bus paling yang jam 3 pagi itu. Cuma saya ngga tau juga bisa beli sehari sebelumnya ngga… coba aja mas nanti langsung tanya disana ya.

      Salam,
      Awan

  14. Salam kenal mas awan, mohon informasi. Saya akan melakukan perjalanan (penerbangan) dari Johor Bahru ke KL (air asia) dan akan dilanjutkan penerbangan KL ke Jakarta. Ditiket penerbangan airasia ditulis mendarat di KLIA 1 pdhal saya akan lanjut dg penerbangan ke jkt via KLIA 2. Kira2 brapa lama ya waktu yang diperlukan untuk pindah terminal? Atau (menurut info mas diatas) semua penerbangan saya akan ada di KLIA 2 saja? Thanks mas๐Ÿ™

    1. Halo mbak Wina,
      Maaf ya saya baru bisa balas… KLIA ke KLIA2 cuma beberpa menit aja naik kereta KLIA Ekspres/Transit. Tinggal cari stasiun keretanya aja ya. Pastiin juga waktu transit cukup, karena yang lumayan lama jalan dari terminal ke tempat keretanya ๐Ÿ˜Š

      Salam,
      Awan

  15. Sy mau berkunjung ke Malaysia, tp ini untk pertama kalinya n sy menginap di hotel zero hour 60, jl. Changkat bukit bintang….kira transportasi menggunakan apa ya gan, kira2 sekitar brp RM.
    Makasih sblmnya gan

    1. Halo mbak Sri,
      Yang pasti dari bandara harus ke stasiun KL Sentral dulu di tengah kota Kuala Lumpur. Kalo naik SkyBus cuma ada dari terminal KLIA2, ini perjalanan 1 1/2 jam dan tiket sekitar RM11. Kalo mau cuma 30 menit naik kereta KLIA Ekspres – tiket RM55. Nanti dari KL Sentral naik monorail ke stasiun Bukit Bintang, tarif sekitar RM3 – 4. Dari situ jalan kaki (liat peta atau kirim email ke hotelnya minta panduan) untuk menuju hotel.

      Salam,
      Awan

  16. Halo mas saya mau tanya.. saya transit di KL 1 hari dan ingin menitipkan bagasi di KLIA 2 ada g y agr saya bisa jalan” kluar bandara.. dan bandara ke petronas lbh baik saya naik apa yg murah rncana balik ke bandara tisur di bandara terima kasih.. hanya transit n viait ke petronas saya ๐Ÿ˜

    1. Halo apa kabar?
      Penitipan koper di KLIA2 pastinya ada. Tinggal tanya aja ya nanti lokasinya di sebelah mana.

      Mau ke Petronas intinya harus ke tengah kota KL dulu. Asal transitnya bukan tengah malam ya… karena percuma juga. Lampu2 Petronas dimatiin. Kalo mau irit bisa naik SkyBus. Kalo mau express bisa naik kereta KLIA Ekspres. Nanti sampai di KL Sentral tinggal
      Lanjut naik kereta komuter/KTM yang tujuannya ke stasiun KLCC. Menara Petronas ada di atas mall KLCC ini.

      Salam,
      Awan

  17. Mas.. mau nanya kalo mau ke colmar tropical dari bukit bintang (keluarga ber5) itu naiknya kan dr berjaya times square, tiketnya pp atau sekali jalan saja?ntar ampe sana gak bisa balik lagi kalau gak ada tiket pp jya

    1. Halo, apa kabar?
      Beli tiket PP bisa aja. Tanyakan langsung di counter yang di Berjaya Times Square ya.

      Salam,
      Awan

  18. Halo Mas awan, saya rencana mau ke Singapore dari KL flight jam 6 pagi, rencana mau pake bis dari KL Sentral, nah kalo dari bukit bintang ke KL Sentral ada taxi kah jam 3 pagi ?

    1. Halo apa kabar? Maaf sekali saya baru bisa balas ya. Moga2 belum perginya.
      Kalo flight jam 6 pagi sih emang harus naik bis yang jam 3 dari KL Sentral. Untuk taxi mustinya banyak kok di daerah Bukit Bintang. Tapi kalo pergi 3-4 orang, saran saya mending patungan aja langsung naik taxi ke bandaranya ๐Ÿ™‚

      Salam,
      Awan

  19. Halo mas Awan,

    Mohon sarannya. Klo jadwal pesawat jam 7 pagi, lebih baik saya nginap di KLIA2 atau berangkat subuh2 dr KL sentral? Sblmnya menginap di hotel dekat KL Sentral. Klo KLIA express mulai operasional dr KL sentral jam brp ya?

    Terimakasih.

    1. Halo mbak Astri,

      Kalo traveling ber 3-4 saran saya naik taxi aja pagi2 ke bandara. Tapi kalo sendiri dan mau hemat, bisa naik bus yang jam 3 pagi dari KL Sentral. Jangan datang mepet, karena bisa jadi bus penuh. Kereta KLIA Ekspres baru operasi jam 5 pagi, mepet sekali kalo flight jam 7 pagi.

      Salam,
      Awan

  20. Halo masbro,

    Rencananya saya akan transit di KL 1 malam (tiba di KL jam 21:35) sebelum paginya lanjut ke HKG (jam 07:10).
    Kira2 apakah sempat jika saya pergi ke KL sentral lalu lanjut ke KLCC tengah malamnya lalu subuh balik ke bandara untuk flight pagi?
    Saya cek di website: skybus.com.my jadwal ke KL Sentral kelihatannya masih memungkinkan, tapi apa dari KL Sentral ke KLCC masih ada transportasi tersedia tengah malam – dini hari?

    Thanks ๐Ÿ™‚

    1. Halo mas Hendrik,

      Betul, kalo Skybus bisa balik ke bandara naik yang jam 3 pagi.

      Nah, untuk ngejar ke KLCC-nya mau ngga mau naik kereta KLIA Ekspres aja, sampai di KL Sentral cuma sekitar 30 menit. Dari KL Sentral kalo masih ada / kekejar naik LRT/kereta komuter ke stasiun KLCC, atau kalo udah ngga beroperasi paling ke loket ‘budget taxi’ aja yang ada ngga jauh dari pinu keluar kereta KLIA Ekspres, dan naik taxi ke KLCC / Petronas. Cuma jangan kemalama juga, karena kalo udah larut malam lampu menara Petronas-nya juga dimatiin… hemat listrik ๐Ÿ™‚ Untuk foto2 jadi kurang keliatan.

      Salam,
      Awan

      1. Mas awan,
        Lampu petronasnya dimatikan jam brp ya?
        Sebenernya saya juga masih ragu2 apa mau keluar dari bandara atau tetap stay di bandara saja sampe pagi.. karena dag dig dug juga takut ketinggalan flight.. hehehe..

        Kalau menurut mas apa saya tetap ke KLCC saja atau mungkin ada tempat lain yang lebih mungkin saya kunjungi dengan waktu yg terbatas? ๐Ÿ™‚

        Thanks Mas..

        1. Halo lagi mas,

          Saya kurang tau pasti sampai jam berapa, tapi kayanya kalo jam 11 malam udah mulai dimatikan.
          Kalo sampe mau ke tengah kota Kuala Lumpur mungkin selain ke Petronas juga bisa cari makanan di Jalan Alor, daerah Bukit bintang yang buka sampe lewat tengah malam.

          Salam,
          Awan

          1. Mas Awan,

            Untuk transportasi ke Jalan Alor lebih baik menggunakan kereta, bus atau budget taxi ya?
            Saya berencana pergi berempat, kalau memang memungkinkan saya mau naik taxi saja jika memang bisa sampai lebih cepat & biaya juga tidak berbeda jauh.

            Terima kasih Mas ๐Ÿ™‚

            Salam,
            Hendrik

          2. Halo mas Hendrik,
            Maaf ya baru bisa balas. Ke Jalan Alor maksudnya dari KLIA/KLIA2 atau dari KL Sentral ya?
            Kalo dari KL Sentral bisa naik taxi atau monorail – turun di stasiun Bukit Bintang.
            Kalo dari bandara, naik taxi juga ngga masalah. Karena kalo naik kereta KLIA Ekspres terus sambung budget taxi jatuhnya malah lebih mahal.

            Salam,
            Awan

  21. Oh gitu ya kak ..
    Kemarin saya juga udah baca baca artikel panduan jalan2 di KL .. trus setelah saya pahami saya mutusin kayanya lebih mudah naik KLIA transit sampe KL sentral trus disambung Monorail sampe hotel ..

    Nah Kereta KLIA transit ato express itu letaknya dekat bandara kedatangan kita kah kak??

    Saya orangnya termasuk yg paling rempong kalo mau jalan2 .. pokonya semua harus tertata๐Ÿ˜‚ Gitu makanya saya banyak tanya .. maaf kalo merepotkan kak Awan ..

    Makasih kak

    1. Halo mbak Nabilla,
      Stasiun kereta KLIA Ekspres/Transit ada di KLIA & KLIA2. Pastinya dari arrival hall harus jalan kaki dulu ke stasiunnya ya. Gampang kok, tinggal ikutin petunjuk di bandara.

      Salam,
      Awan

  22. Halo kak,,
    Saya mau tanya tanya ..

    Saya rencananya mau pergi ke malaysia bareng temen, tapi ini pertama kalinya ke Malaysia ..
    Saya bingung maksud bandara KLIA dan KLIA2 itu apa?? Apa bedanya?
    Trus kalo udah sampe bandara, ntar pergi ke hotelnya naik apa dari bandara??
    Kita nukar mata uangnya dibandara Indonesia kah dulu ato waktu sampai disana saja ??

    Maaf mengganggu kak..
    Terima kasih๐Ÿ˜

    1. Halo mbak Nabilla,
      Wah, jangan bingung dulu dong ๐Ÿ˜Š Traveling dibawa santai aja… hehehe…

      KLIA dan KLIA2 kaya kalo di Soekarno-Hatta Airport itu Terminal 1, 2 dan 3… kebayang kan? Di satu lokasi tapi ngga mungkin juga jalan kaki pindah terminal.

      Soal ke tengah kotanya… artikel saya ini dibaca lagi. Dari bandara yang pasti harus menuju ke yang namanya terminal KL Sentral. Ini udah di tengah kota KL. Dari situ ke hotelnya, mbak bisa naik taxi atau kereta komuter.
      Coba email hotelnya dan tanyain dari KL Sentral ke hotel enaknya naik apa dan minta petunjuk arah.

      Terakhir, kalo untuk kurs lebih bagus tukar uangnya udah dari saat di Indonesia aja ya. Met jalan2.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Oriza,
      Langsung ke bus-nya aja dan beli tiket disitu ya, ngga perlu pesan lewat website.

      Salam,
      Awan

  23. Halo mas, bisakah dijelaskan jika kita dari KLIA2 menuju Bukit Bintang menggunakan skybus, itu turunnya dimana?
    dan saya menginap di Holiday Inn era Raja Chulan, jadi apakah saya harus menggunakan kereta atau taxi lagi? jika iya taxi dan kereta distasiun apa?
    mohon bantuannya

    1. Halo mbak Mizanti,
      SkyBus turunnya bukan di Bukit Bintang, tapi di KL Sentral.
      Kalo mau ke Bukit Bintang bisa lanjut naik monorail dari KL Sentral.

      Ke Holiday Inn Express Raja Chulan, sebaiknya di KL Sentral nanti cari counter Budget Taxi, dan naik taxi dari KL Sentral ke hotelnya. Karena lokasinya tidak dekat dengan stasiun monorail atau kereta.

      Salam,
      Awan

  24. Malam mas, sy ad flight jam 6 pagi dari kuala lumpur k singapur , mau tanya klo dari KL Sentral ke KLIA2 untuk subuh adanya transport apa ya ?
    Klo naik kereta express ada ga yg subuh ?
    Terimakasih

    1. Halo mbak Ayu,
      Pilihan paling praktis adalah naik taxi.
      Selain itu bisa naik SkyBus yang mulai beroperasi jam 3 pagi (cek website: skybus.com.my).

      Kalo kereta KLIA Ekspres baru beroperasi mendekati jam 6 pagi, jadi ngga mungkin kekejar.

      Salam,
      Awan

      1. Ada ga ya mas taxi jam segitu ? Brapa lama kira2 waktu dsri KL sentral ke bandara dan biaya taxinya ?

        Oya klo d dekat2 bandara ada hotel kah ?
        Menurutnya mas sy lbh baik cari hotel dekat bandara atau bagaimana ?

        1. Halo mbak Ayu,
          Di dekat KLIA2 banyak hotel, budget hotel juga ada. Taxi 24 jam, sekitar 1 jam perjalanan ke KL. Tapi pastinya jauh lebih mahal dari naik bus.

          Salam,
          Awan

  25. Dari Kl sentral ke bukit bintang costnya brpaan ya? Trus dari Bukit bintang menuju ke tropical colmar recommandednya naik apa dsn costnya brpaan ?

    1. Halo mas Wahyu,
      Kalo mas naik monorail RM 2.50
      Ke Colmar Tropicale paling muranh naik bus dari mall Berjaya Times Square. Sekali jalan RM 60 ya.

      Salam,
      Awan

  26. Malam mas…saya mau tanya, ini pertama saya ke KL dan saya tiba di sana jam 10.00pm rekomendasi transportasi utk ke arah bukit bintang apa ya??

    1. Halo mbak Indry,
      Kalo mau cepat, mbak bisa naik kereta KLIA Ekspres ke KL Sentral, terus dari sana lanjut naik monorail. Kalo ngga kekejar baru naik taxi. Antre di counter budget taxi di KL Sentral.

      Tapi kalo mau lebih murah, naik SkyBus ke KL Sentral, dan dari sini karena pasti sampai diatas jam 12 malam dan monorail sudah ngga beroperasi, langsung menuju ke counter taxi yang lokasinya ngga jauh dari pintu keluar KLIA Ekspres.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mas Hadi,

      Ke KLFA Football Centre saya belum pernah dan tidak tau apakah ada komuter/LRT yang menuju kesana. Kalau lihat dari peta transportasinya Kuala Lumpur, sepertinya harus ke stasiun Sentul dulu, dan dari situ mungkin sambung naik bus umum atau taxi.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mas Bagus,
      Sorry info yang saya ada cuma ke Klang (AEON Bukit Tinggi) ya maksudnya? Kalau itu bisa naik Aerobus dari KLIA/KLIA2. Coba cek langsung ke website-nya: aerobus.my

      Salam,
      Awan

    1. Halo mas Hadi,

      Bandar Utama maksudnya apakah 1-Utama? Karena dari KLIA2 SkyBus cuma ada ke KL Sentral atau ke 1-Utama. Tiketnya RM 14.5 ya.

      Salam,
      Awan

      1. Maksudnya panduan dari klia sampai bandar utama dan tujuan saya ke KL Football Centre, Jalan 6/4, Desa Melawati, 53100 Kuala Lumpur

        1. Halo mas Hadi,
          Saya sudah balas di pertanyaan sebelumnya ya. Kalau memang tujuannya ke KLFA Football Centre saya kurang tau kalau dari KLIA.

          Tapi kalau mau naik kereta komuter/LRT dari KL Sentral, kalau saya lihat di peta transportasi naik yang ke tujuan Sentul dan dari situ harus sambung lagi naik bus umum atau taxi.

          Salam,
          Awan

  27. Sore mas, saya mau numpang tanya, kalau dari arrival klia mau ke loket klia transit train, itu jalan nya lurus2 aja atau ada melewati eskalator atau ada lift ya? Trims

    1. Halo mbak Sania,
      Iya, ada eskalator dan ada lift-nya juga. Jadi ngga masalah walau harus naik turun/beda lantai.

      Salam,
      Awan

Leave a Reply