Naik Kereta Atau Bus Dari Bandara KLIA dan KLIA2 ke Kuala Lumpur

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Naik Bus Atau Kereta Dari Bandara KLIA dan KLIA2 ke Kuala Lumpur

Update artikel: Akhir Juli 2017

Sejak ditutupnya bandara LCCT (Low Cost Carrier Terminal) di Sepang, Malaysia yang biasa melayani penerbangan khusus AirAsia, kini semua penerbangan AirAsia telah dialihkan ke KLIA2 atau Kuala Lumpur International Airport 2. Nah, kalau dari KLIA2 ini apakah fasilitas transportasi umum seperti bus dan kereta KLIA Ekspres juga tersedia?

Tidak perlu khawatir, sejak dibuka KLIA2 yang jaraknya sekitar 2km dari KLIA, ada kereta yang menghubungkan dua bandara ini. Dan jika mau naik kereta KLIA Ekspres atau kereta komuter KLIA Transit, bisa langsung dari KLIA2, tanpa kita harus pindah dulu ke KLIA.

KERETA KLIA EKSPRES
Jika tujuannya ingin langsung ke terminal KL Sentral yang ada di tengah-tengah Kuala Lumpur, maka bisa pilih kereta cepat KLIA Ekspres, yang melayani non-stop dari KLIA2 – KLIA – KL Sentral (dan rute sebaliknya). Jadi kereta ini yang dulunya hanya melayani KLIA ke KL Sentral, jalurnya sudah diperpanjang sampai KLIA2.

Tarif: RM 55 / sekali jalan (Pergi – Pulang RM 100)
Waktu Tempuh: 33 menit (KLIA2 – KL Sentral, dan rute sebaliknya)
Durasi Keberangkatan: Setiap 15-20 menit
* Untuk antar terminal – KLIA ke KLIA2 kalau naik KLIA Ekspres tarif hanya RM 2 (waktu tempuh 3 menit)

KERETA KLIA TRANSIT
Bedanya kereta KLIA TRansit dengan KLIA Ekspres adalah kereta ini merupakan kereta komuter yang akan berhenti di beberapa stasiun utama:
KLIA2 > KLIA > Salak Tinggi > Putrajaya & Cyberjaya > Bandar Tasik Selatan > KL Sentral

Waktu Tempuh: 39 menit (KLIA2 ke KL Sentral)
Durasi Keberangkatan: Setiap 20-30 menit

Tarif:
* KLIA2 ke KLIA: RM 2 (perjalanan 3 menit)
* KLIA2 ke Salak Tinggi: RM 4.90 (perjalanan 11 menit)
* KLIA2 ke Putrajaya / Cyberjaya: RM 9.40 (perjalanan 20 menit)
* KLIA2 ke Bandar Tasik Selatan: RM 38.40 (perjalanan 32 menit)
* KLIA2 ke KL Sentral: RM 55 (perjalanan 39 menit)

BUS EKSPRES
Jika mau lebih murah, bisa naik bus ekspres Aerobus atau SkyBus (website: skybus.com.my) yang beroperasi hampir 24 jam. Bus hanya tersedia dari KLIA2. Dari area Ketibaan di KLIA2 jalan menuju ke Gateway@KLIA2 mall, dan turun ke Level 1 (Transportation Hub). Beli tiket dulu di loket di bagian dalam mall, nanti setelah itu baru keluar pintu kaca menuju ke nomer pemberhentian bus yang ada di tiket.

Jam Operasional Dari/Ke KL Sentral:
* KLIA2 ke KL Sentral: 05.00 sampai 02.45
* KL Sentral ke KLIA2: 03.00 sampai 00.00

Tarif: RM 11 (dewasa). Waktu tempuh sekitar 75 menit.

Jam Operasional Dari/Ke 1-Utama:
* KLIA2 ke 1-Utama: 04.30 sampai 00.30
* 1-Utama ke KLIA2: 03.00 sampai 23.00

Tarif: RM 14.50 (dewasa). Waktu tempuh sekitar 75 menit.

Jadi sekarang kalau kamu mendarat di KLIA2, bisa juga langsung menikmati fasilitas kendaraan umum, baik kereta ataupun bus untuk menuju ke pusat kota Kuala Lumpur, di stasiun KL Sentral.

Follow Line@ @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

257 comments

  1. SIang Mas Awan..
    aku mau tanya nih mengenai saran2 selama di malaysia. Ini pertama kali aku bakal kesana, dan tujuannya aku mau nonton motogp di sepang bulan october nanti.
    Nah, kayak penginapan dimana bagusnya dengan budget para backpacker, trus mengenai transportasi.
    aku bakal stay 3 malam mulai dari tgl 27 oktober – 30 Oktober..
    terus juga mengenai akomodasi, bagusnya naik apa..
    rencananya sih aku bakal berdua dengan teman aku yg suka motogp juga…
    mohon pencerahannya mas…

    1. Halo mbak Nurul,

      Untuk Kuala Lumpur ngga susah kok, penginapan ada yang murah dan sarana transportasi umum seputar kota juga bagus. Pertama kalau soal menginap, banyak di sekitar daerah KL Sentral yang ngga terlalu mahal, sekitar 250-300 ribu per kamar semalam (untuk 2 orang). Saran saya sih mendingan di daerah KL Sentral ini, karena pusat dari semua transportasi di KL.
      Kalo mau cari lebih murah lagi ada juga beberapa hostel di sekitar KL Sentral, jadi bayar per tempat tidur dan nanti sekamar rame2 dengan tamu lain di kamar dormitori. Untuk hostel bisa cek di situs hostelworld dot com.

      Transportasi dari bandara KLIA2 ke KL Sentral bisa baca di artikel ini (yang paling murah naik bus): http://travelawan.com/blog-travel/naik-kereta-atau-bus-dari-bandara-klia-dan-klia2-ke-kuala-lumpur.html

      Untuk ke Sirkuit Sepang bisa naik KTM Komuter yang line biru (Seremban Line), nanti turunnya di Stesen Nilai (nama stasiunnya Nilai). Dari Stasiun Nilai ini nanti lanjut naik Sepang Omnibus menuju Sirkuit Sepang, berangkatnya setiap 30 menit sekali. Info lebih update nanti coba langsung tanya ke petugas di stasiun tersebut ya.

      Salam,
      Awan

  2. Mas maaf mau tanya,
    Saya rencana transit di KLIA2, landing jam 11 siang, lanjut penerbangan jam 21.30 malam.
    Kira2 waktunya cukup ga buat city tour sbntr di KL? Tujuan petronas dan cari oleh2 dikit. Atau ada objek lain yg memungkinkan wktunya?
    Apakah antrian imigrasi di KLIA2 cukup parah, Berapa lama biasanya smpe kita bisa keluar naik ekspress?
    Jam brapa sy harus sdh otw dri KL sentral jika penerbangn lanjutan sy jam21.30 malam?
    Terima kasih maaf banyak pertanyaannya

    1. Halo mas Bondan,

      Mustinya waktunya cukup ya ke tengah kota kalo mas naik kereta KLIA Ekspres. Soal antrean di imigrasi KL… dua minggu yang lalu saya paraahhh sekali! Harus antre sekitar satu jam baru cap paspor. Tapi bisa jadi saya lagi sial aja, mendarat di jam pas banyak penerbangan yang sampai.
      Kalo naik kereta KLIA Ekspres, perjalanan sekitar 30 menit dari KL Sentral. Pastikan setidaknya 3 jam sebelum penerbangan udah sampai di KLIA2 lagi mas, untuk urusan imigrasi dan jalan ke Gate yang lumayan jauh.

      Salam,
      Awan

  3. Mas boleh minta info, rencana mau stay di Sepang dan mau jalan2 ke Batu Cave, jadi saya hrs naik KLIA express ke KL Sentral trus dari situ transportasi apa yah menuju Batu Cave ? Apa ada kreta lanjut kesana or pake SkyBus ? Mohon info & rekomennya yah Mas Awan. – Maturnuwun

    1. Halo mbak Anggie,

      Kalau nginap di daerah Sepang dan mau ke Batu Caves, tetap harus ke stasiun KL Sentral dulu dan nanti naik kereta KTM komuter ke stasiun Batu Caves ya. Ini cara paling praktis dan murah.

      Salam,
      Awan

  4. Mas Awan,

    Apakah tiket bus di KLIA tujuan genting atau tempat perlu di beli online jauh hari sebelum tiba pada waktu high season seperti natal dan tahun baru?.

    makasih

  5. hallo Mas Awan,

    mau tanya apakah ada bis yang lsg dari KLia ke Resortwordl first woord genting tanpa turun di Awana, kalo tdk ada bus atau kendaraan apa yg ke firstword?

    mau sekalain juga tanya juga ada bus dari genting yang lsg ke sunway lagoon, atau dari KLIA lsg ke Sunway Lagoon.

    makasih

    1. Halo mas Hendry,

      Bus dari KLIA ke Genting Highlands ada ya. Nanti tinggal ke terminal bus-nya, sebelumnya beli tiket di loket.

      Untuk ke Sunway Logoon sepertinya ngga ada dari KLIA. Pilihannya:
      – Naik KTM Komuter dari KL Sentral ke stasiun Subang Jaya, lanjut naik feeder bus ke stopan di Sunway Pyramid.
      – Putra LRT dari KL Sentral ke stasiun Kelana Jaya, lanjut naik feeder bus ke stopan di Sunway Pyramid.

      Salam,
      Awan

  6. Mas mau tanya,

    Ada bus yang langsung dari KLIA 2 atau KLIA yang langsung ke terminal puduraya ngak mas, makasih info nya,

    wassalam,

    1. Halo mas Rizal,

      Sepertinya tidak ada mas. Alternatifnya bisa ke KL Sentral dulu dan ke Pudu sambung naik kereta LRT.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mas Yunanto,

      Prinsipnya semua dari bandara KLIA atau KLIA2 harus ke terminal pusat di tengah kota Kuala Lumpur, yaitu KL Sentral.
      Nah, dari KL Sentral tinggal sambung naik kereta komuter/LRT cari yang tujuan ke Pasar Senin. Baliknya juga sama ya mas, ke KL Sentral dulu.

      Salam,
      Awan

  7. Maaf maw nanya,,,aku maw ke sungai rengit pengerang,johor,klo setibanya dibndara kuala lumpur itu naik bis dri mna kmna y,,brpa kli naik busnya…trima kasih

    1. Halo pak Adul,

      Daerah Sungai Rengit Pengerang, Johor itu jauh sekali dari bandara Kuala Lumpur. Lokasinya dekat Singapura.
      Saya juga ngga bisa kasih referensi ke bapak harus naik apa, karena saya juga belum pernah. Mungkin bisa naik bus dari TBS (Terminal Bersepadu Selatan) yang ada di Bandar Tasik Selatan (bisa naik kereta KLIA Transit dari bandara KLIA). Tapi yang pasti bus tujuannya ke Johor Bahru, terus mungkin sambung bus lagi ke daerah tersebut.

      Bapak kesana kunjungin saudara atau liburan? Kalo ke tempat saudara tanya aja ke saudaranya gimana transportasi dari KLIA. Seharusnya sih terbangnya ke Johor Bahru, jangan ke Kuala Lumpur.

      Salam,
      Awan

  8. Halo mas mau tanya donk.. Kalau berempat trus naik taksi dari klia2 ke klcc lebih murah nggak dibandingkan naik kendaraan umum? Satu lagi mas.. Bus yg dari klia2 ke klcc memang adanya cuma skybus sja yah? Gak ada bus type lain? Makasih sblmnya..

    1. Halo, apa kabar?
      Taxi sih kalo dari dalam kota biasanya mau RM 100. Tapi kalo dari bandara kurang tau sekarang berapa, pernah mintanya RM 140.

      Bus dari KLIA2 yang ke KL Sentral tinggal beli tiket di loket yang ada di dalam/basement mall sebelum keluar ke bus. Nanti tergantung dapat jadwal naik bus yang jam berapa, ada SkyBus dan Aerobus. Tiket semua sama, perorang RM 12.

      Salam,
      Awan

  9. Malam mas, kalo 1 utama itu dimana ya? Dan kalau mau ke klia (bukan klia2) naik Sky bus itu caranya gimana? Apa turun dulu di klia 2 terus lanjut naik transportasi lain ke klia? Atau gimana

    1. Halo mbak Fifi,

      Itu daerah sendiri di luar kota KL, kalo naik bus umum sekitar 1 jam lebih dari KL, naik taxi pastinya lebih cepat.

      Betul, semua bus ada di KLIA2, jadi antar terminal bisa naik shuttle bus gratis atau kalo males nunggu bisa langsung naik kereta KLIA Transit/Ekspres.

      Salam,
      Awan

  10. Pengalaman sy kl dr klia airport ke KL jika tdk mau naik bus lebih baik naik taxi apalg jika pergi >1org dewasa. Dijemput dibandara sampai lgsg ditempat tujuan. Tarif 100RM sampai hotel di kl. Sudah include tol.
    Mobil muat max 7org tanpa bagasi. Jika ada bagasi bs 5org.
    Driver org malaysia tp sdh sering melayani tamu dr indonesia. No hp nya +60105663142 namanya pakcik nadzri.
    Bisa whazup dan call.
    Melayani jg tour keliling malaysia kl ga mau cape. Kl kmren saya hanya pakai dr klia2 ke hotel di bukit bintang dan balik ke klia2

    1. Terima kasih banyak infonya ya mas Teddy. Semoga berguna bagi teman2 yang mau ke Kuala Lumpur.

      Salam,
      Awan

Tinggalkan Komentar