Naik Kereta Atau Bus Dari Bandara KLIA dan KLIA2 ke Kuala Lumpur

Naik Bus Atau Kereta Dari Bandara KLIA dan KLIA2 ke Kuala Lumpur

Sejak ditutupnya bandara LCCT (Low Cost Carrier Terminal) di Sepang, Malaysia yang biasa melayani penerbangan khusus AirAsia, kini semua penerbangan AirAsia telah dialihkan ke KLIA2 atau Kuala Lumpur International Airport 2. Nah, kalau dari KLIA2 ini apakah fasilitas transportasi umum seperti bus dan kereta KLIA Ekspres juga tersedia?

Tidak perlu khawatir, sejak dibuka KLIA2 yang jaraknya sekitar 2km dari KLIA, ada kereta yang menghubungkan dua bandara ini. Dan jika mau naik kereta KLIA Ekspres atau kereta komuter KLIA Transit, bisa langsung dari KLIA2, tanpa kita harus pindah dulu ke KLIA.

KERETA KLIA EKSPRES
Jika tujuannya ingin langsung ke terminal KL Sentral yang ada di tengah-tengah Kuala Lumpur, maka bisa pilih kereta cepat KLIA Ekspres, yang melayani non-stop dari KLIA2 – KLIA – KL Sentral (dan rute sebaliknya). Jadi kereta ini yang dulunya hanya melayani KLIA ke KL Sentral, jalurnya sudah diperpanjang sampai KLIA2.

Tarif: RM 55 / sekali jalan (Pergi – Pulang RM 100)
Waktu Tempuh: 33 menit (KLIA2 – KL Sentral, dan rute sebaliknya)
Durasi Keberangkatan: Setiap 15-20 menit
* Untuk antar terminal – KLIA ke KLIA2 kalau naik KLIA Ekspres tarif hanya RM 2 (waktu tempuh 3 menit)

KERETA KLIA TRANSIT
Bedanya kereta KLIA TRansit dengan KLIA Ekspres adalah kereta ini merupakan kereta komuter yang akan berhenti di beberapa stasiun utama:
KLIA2 > KLIA > Salak Tinggi > Putrajaya & Cyberjaya > Bandar Tasik Selatan > KL Sentral

Waktu Tempuh: 39 menit (KLIA2 ke KL Sentral)
Durasi Keberangkatan: Setiap 20-30 menit

Tarif:
* KLIA2 ke KLIA: RM 2 (perjalanan 3 menit)
* KLIA2 ke Salak Tinggi: RM 4.90 (perjalanan 11 menit)
* KLIA2 ke Putrajaya / Cyberjaya: RM 9.40 (perjalanan 20 menit)
* KLIA2 ke Bandar Tasik Selatan: RM 38.40 (perjalanan 32 menit)
* KLIA2 ke KL Sentral: RM 55 (perjalanan 39 menit)

BUS EKSPRES
Jika mau lebih murah, bisa naik bus ekspres SkyBus (website: skybus.com.my) yang beroperasi hampir 24 jam. Bus hanya tersedia dari KLIA2.

Jam Operasional Dari/Ke KL Sentral:
* KLIA2 ke KL Sentral: 05.00 sampai 02.45
* KL Sentral ke KLIA2: 03.00 sampai 00.00

Tarif: RM 10.50 (dewasa). Waktu tempuh 75 menit.

Jam Operasional Dari/Ke 1-Utama:
* KLIA2 ke 1-Utama: 04.30 sampai 00.30
* 1-Utama ke KLIA2: 03.00 sampai 23.00

Tarif: RM 14.50 (dewasa). Waktu tempuh 75 menit.

Jadi sekarang kalau kamu mendarat di KLIA2, bisa juga langsung menikmati fasilitas kendaraan umum, baik kereta ataupun bus untuk menuju ke pusat kota Kuala Lumpur, di stasiun KL Sentral.

38 comments

  1. Halloooo mas mau tny kl dr KLIA 2 ke pudu raya naik taksi mahal g? Thn 2015 aku prnh naik kereta express dr bandara ke Bukit bintang mahaaalll

    1. Halo mbak Fenny,

      Kalau naik KLIA Ekspres memang per orang 55 Ringgit. Untuk taxi dari KLIA2 ke tengah kota mungkin sekitar 140 Ringgit. Tapi saya juga ngga ada update lagi untuk harga tahun ini kira2 naik atau ngga.

      Salam,
      Awan

  2. Mas aku rencana mau backpacker sama temen ku ke singapura dan malaysia. Untuk singapura aku gak buta2 bgt lah karna pernah kesana 2thn silam, nah untuk malaysia aku masih super buta bgt. Kebetulan rencananya aku pulang ke jkt dari malaysia dapet penerbangan pagi sekitar jam 7. Kalau aku mau naik aero/sky bus dari hostel sebaiknya berangkat jam berapa ya? Dan tiketnya harus booking dulu atau bisa beli langsung(spt bus damri diindonesia)

    1. Halo mbak Hani,

      Dari KL Sentral ke KLIA2 adanya cuma SkyBus dan bus pertama berangkat jam 3 pagi. Selengkapnya cek di website mereka: skybus.com.my/schedule.php

      Kalo flight jam 7 pagi amannya naik yang jam 3 pagi itu. Kalo mau pesan online juga bisa. Nanti langsung cek di web-nya ya.

      Salam,
      Awan

  3. Mas mohon informasinya… saya rencana mau berangkat dari banda aceh → Klia 2 → Klia1 → jeddah…
    Dari banda aceh ke klia2 nyampe nya jam 11.20.. terus saya langsung ke klia1 karena jam 17.50 pesawat yg ke jeddah akan take off… apa waktunya akan terkejar mas.. karena nanti harus nunggu proses bagasi dan imigrasi.. juga proses check in di bandara klia1 ? Thanks

    1. Halo mbak Anis,

      Jarak antara tiba dari Banda Aceh dengan flight ke Jeddah kan 6 jam, cukup sekali kok untuk proses imigrasi, ambil bagasi dan pindah terminal dari KLIA2 ke KLIA. Semoga semuanya lancar ya.

      Salam,
      Awan

  4. Mau tanya donk mas ..sy ada remcana ke kuala lumpur dan by GA mendarat di KLIA km berencana naik klia transit utk menuju kl sentral..apa bisa lsg naik ato harus ke klia2 dulu ? Thx

    1. Halo mbak Lisna,

      Kalo mau naik kereta KLIA Ekspres bisa langsung dari KLIA.
      Tapi kalo ke KL Sentral-nya mau naik SkyBus, harus ke KLIA2 dulu karena hanya ada dari sini.

      Salam,
      Awan

  5. siang mas, salam kenal..

    Mau tanya mas, saya dr jkt ke KLIA2 kira2 nyampe jam 12 malam dan akan berangkat lagi ke singapur pesawat jam 6 pagi.
    kalau mau ke petronas tengah malam gitu bisa gak yah mas? naik apa enaknya?

    Terima kasih.

    1. Halo mbak Nesia,

      Salam kenal ya. Sayang sekali transitnya malam ya…
      Bisa aja ke tengah kota naik taxi (kereta tengah malam tidak beroperasi), tapi sepertinya juga ngga bisa berfoto jelas di Menara Petronas mbak. Soalnya mereka juga save energy, kalo malam lampu menaranya yang terang benderang itu akan dimatikan, dan yang nyala hanya sebagian kecil lampu aja. Jadi sepertinya akan keliatan gelap kalo difoto.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mas Emir,

      SkyBus cuma ada dari KLIA2, jadi kalo mendarat di KLIA nanti naik kereta KLIA Ekspres aja dulu ke KLIA2, dan ikutin petunjuk / tanya information lokasi naik SkyBus dari KLIA2 ini.

      Salam,
      Awan

  6. Hai salam kenal… saya mau tanya. Saya ada penerbangan ke siem reap dari klia 2 (air asia). sedangkan saya tiba di klia dari jkt dengan klm. Bagaimana saya menuju ke klia 2 dari klia dengan klia express? Apakah harus melewati imigrasi dahulu? Ini pengalaman saya transfer beda maskapai. Mohon pe jelasan . Terima kasih.

    1. Halo, apa kabar?

      Kalo dari KLIA ke KLIA2 paling praktis naik kereta KLIA Ekspres.

      Pastinya harus keluar imigrasi dulu, dan kemudian nanti check-in dan masuk/lewati imigrasi lagi di KLIA2.

      Salam,
      Awan

  7. Siang mas, kalau mau naik skybus dari klia 2 ke KL sentral gimana ya cara beli tiketnya? kita harus kemana nunggu bis ini?
    terima kasih 🙂

    1. Halo mbak Angela,

      Tempat berhenti bus di KLIA2 nanti ikuti petunjuk atau tanya ke information biar jelas ya lokasinya. Tiket bisa dibeli sebelum naik bus ke petugas bus.

      Salam,
      Awan

  8. @all : bg yg mau ke KLCC or pusatnya KL saran saya klo wkt transit cuma 6 jam dan hanya 1-2 orang mendingan naik klia express tp klo diatas 8 jam okelah naik bus, tp klo 3-5 orang naik taxi more better, klo biaya taxinya 140-150 RM patungan perorang jatuhnya 50-30 RM (lbh murah dan bs perhitungkan wkt…. Oh iya coba pake grab deh be ketauan estimasi perjlnn dan biayanya…. Semoga berguna

    1. Halo mas Rony,

      Terima kasih banyak ya sudah ikut bantu jawab / kasih masukan untuk yang transit dan mau ke Petronas / pusat KL. Pastinya berguna untuk teman2 traveler lainnya.

      Salam,
      Awan

Leave a Reply