Transportasi Dan Cara Untuk Menuju ke Khao San Road, Bangkok

0 comment(s)

Transportasi Dan Cara Untuk Menuju ke Khao San Road, Bangkok.

Khao San Road memang menjadi primadona bagi yang mencari penginapan murah di Bangkok. Jalan yang terkenal sebagai surganya backpackers ini, semakin mendunia namanya setelah muncaknya film "The Beach" yang dibintangi Leonardo DiCaprio pada awal tahun 2000-an. Padahal lokasi shooting di film itu sendiri bukan dilakukan di Khao San Road yang aslinya.

Sampai sekarang pun, walau Bangkok termasuk kota yang memiliki banyak penginapan murah, tapi tetap banyak yang menanyakan ke saya, tentang bagaimana kalau menginap di Khao San Road. Dan karena kawasan ini tidak dilalui oleh BTS atau MRT, memang agak membingungkan juga bagi yang baru pertama ke Bangkok untuk menuju ke daerah legendaris ini.

Khao San Road memang menjadi primadona bagi yang mencari penginapan murah di Ban

Berikut adalah transportasi dan berbagai cara untuk menuju ke Khao San Road saat Anda wisata ke Bangkok.

1. Taxi
Boleh dibilang naik taxi adalah cara paling mudah, karena sepertinya tidak ada satu pun pengemudi taxi di Bangkok yang tidak tahu Khao San Road.

Taxi akan efektif untuk digunakan jika bukan pada jam sibuk/saat pulang kantor (antara jam 4 sore - 8 malam), karena banyak jalanan di Bangkok yang macet pada saat tersebut. Tapi kalau penerbangan Anda sampai pada malam hari dan mendarat di Don Mueang Airport (DMK), mungkin cara terbaik adalah naik taxi, karena dari Don Mueang juga tidak ada jalur BTS/MRT ke Khao San Road.

2. Tuk Tuk
Satu lagi cara termudah menuju ke Khao San Road adalah naik angkutan khas kota ini, tuk tuk. Tapi memang Anda harus pandai menawar untuk mendapatkan tarif terbaik. Karena kalau tidak, kadang naik tuk tuk bisa jadi lebih mahal daripada naik taxi. Untuk tarif yang tepat, sebaiknya tanyakan dulu ke staf hotel tempat Anda menginap, kalau naik tuk tuk dari Khao San ke tempat yang Anda tuju kira-kira berapa? Naik tuk tuk kadang bisa lebih cepat daripada naik taxi atau bus pada saat jam-jam sibuk, karena bisa lewat jalan tikus.

Sesampainya di stasiun BTS National Stadium, Anda turun di sisi kiri, yaitu sisi

3. BTS dan Sambung Dengan Taxi atau Bus
Jika Anda ingin menuju Khao San dengan taxi tapi ingin sedikit menghindari kemacetan Bangkok, bisa naik BTS dulu ke National Stadium Station (Silom Line). Stasiun ini juga merupakan stasiun BTS jika Anda ingin menuju ke pusat belanja MBK Centre.

Sesampainya di stasiun BTS National Stadium, Anda turun di sisi kiri, yaitu sisi yang sejajar dengan gedung National Stadium dan MBK (bukan di seberangnya). Dari sini Anda bisa menyetop taxi dan melanjutkan perjalanan ke Khao San Road, atau tunggu di halte bus, dan kemudian naik bus No. 47 (non-AC). Jika naik bus, jangan lupa untuk sampaikan ke kondekturnya bahwa Anda ingin turun di Khao San Road. Nanti bus akan melewati satu monumen besar, yaitu Democracy Monument dan masuk menyusuri Ratchadamnoen Road. Bersiap-siap untuk turun pada pemberhentian berikutnya, dari sini menyeberang dan jalan kaki sekitar 5 menit ke Khao San Road.

4. Chao Phraya Express Boat
Di saat jam sibuk, Chao Phraya Express Boat dapat diandalkan jika ingin menuju ke Khao San Road, Anda akan terbebas dari kemacetan jalanan kota Bangkok. Hanya yang perlu diingat adalah bahwa kapal di Chao Phraya beroperasi sampai jam 19:30 saja, kadang jam 19:00 juga sudah susah menunggu yang lewat. Untuk ke Khao San Road, pier atau dermaga tempat turunnya adalah Phra Arthit (N13). Jangan naik kapal yang berbendera kuning, karena kapal dengan warna bendera ini tidak berhenti di dermada Phra Arthit.

Caranya untuk naik kapal di Chao Phraya, Anda harus naik BTS dulu menuju ke Saphan Taksin Station (Silom Line). Setelah turun ke bawah stasiun, langsung ikuti petunjuk menuju ke tepi sungai, dan menunggu kapal di Sathorn Pier (Central Pier). Nanti tunggu kapal Chao Phraya Express Boat yang menuju ke arah kanan sungai. Perjalanan dengan kapal ke dermaga Phra Arthit sekitar 30 menit.

Begitu keluar dari dermaga dan menemui <strong>Phra Athit Road</strong>, jalan k
Dari Phra Arthit Pier (N13) bisa jalan kaki ke kawasan Khao San Road

Begitu keluar dari dermaga dan menemui Phra Athit Road, jalan ke arah kiri sampai ketemu sebuah benteng (Phra Sumen Fort), ikutin jalan yang berbelok ke kanan, dan di perempatan berikutnya Anda belok ke kanan lagi di Chak Kraphong Road, jalan sampai ketemu Khao San Road di sisi kiri.

5. Bus Umum
Bus umum di Bangkok memang merupakan moda transportasi yang termurah, namun cukup membingungkan karena tidak adanya keterangan dalam Bahasa Inggris. Tapi kita dapat menghafal nomor-nomor bus untuk ke tempat tujuan kita.

Patokan jika naik bus ke Khao San Road adalah Democracy Monument. Jika Anda sudah melihat bundaran yang terdapat monumen ini, siap-siap untuk turun di pemberhentian berikutnya. Nanti tinggal menyeberang jalan dan lanjut jalan kaki menuju Khao San Road.

Bus No. 47 (Sambung dari stasiun BTS National Stadium)
Seperti yang tadi telah dijelaskan di atas, untuk mencapai Khao San Road adalah dengan naik bus No. 47. Bus ini bisa ditunggu di depan National Stadium, di sisi yang sama dengan MBK Centre.

Bus No. 79 (Sambung dari stasiun BTS Ratchathewi)
Tunggu bus ini untuk menuju ke Khao San Road di bawah stasiun BTS Ratchathewi, di halte bus seberang Asia Hotel.

Bus No. 44 (Dari Victory Monument)
Situasi di seputar Victory Monument memang bisa agak membingungkan, karena merupakan satu bundaran dimana banyak terdapat bus dan minivan. Dari Victory Monument, Anda bisa menyambung ke Khao San Road dengan naik bus No. 44.

Transportasi Umum Dari Suvarnabhumi Airport ke Khao San Road

Bagi Anda yang datang ke Bangkok dan mendarat di Suvarnabhumi International Airport, dapat menuju Khao San Road dengan cara berikut:

Kereta ARL Sambung Bus No. 556
Naik kereta Airport Rail Link (ARL) menuju ke Makkasan Station. Setelah keluar dari stasiun ARL ini, tunggu bus No. 556 di halte/tempat pemberhentian bus di depan stasiun.

Kereta ARL Sambung Bus No. 183
Naik kereta Airport Rail Link (ARL) menuju ke Ratchaprarop Station. Keluar dari stasiun ARL ini dan naik bus No. 183.

Demikianlah berbagai transportasi dan cara untuk menuju ke Khao San Road saat Anda berada di Bangkok. Tinggal dipilih mana yang kira-kira paling mudah dan nyaman bagi Anda. Selamat jalan-jalan dan menikmati serunya Khao San Road.

No comments yet

Add new comment