Berkunjung ke 4 Masjid Utama di Kota Bangkok

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Bagi kita umat Muslim saat merencanakan untuk traveling ke kota Bangkok, Thailand, mungkin yang terpikir adalah akan susah untuk mencari tempat beribadah atau masjid di kota ini. Tapi di Thailand yang sebagian besar penduduknya memang adalah penganut agama Buddha, ternyata terdapat sekitar 5% masyarakatnya yang memeluk agama Islam. Maka tak heran jika di negeri ini juga banyak ditemui masjid dan mushola, sehingga tidak susah mencari tempat untuk bisa melakukan ibadah sholat. Berikut adalah 4 masjid utama kota Bangkok yang terletak di dekat objek-objek wisata utama kota ini, sehingga mudah untuk dikunjungi.

Travel Tips, Berkunjung dan Beribadah di 4 Masjid Utama Kota Bangkok
(Suasana di dalam Haroon Mosque, Bangkok)

Jawa Mosque
Mungkin kamu akan bertanya, kenapa ya masjid ini dinamai Jawa Mosque? Ternyata memang berada di lingkungan warga keturunan Jawa yang tinggal di kawasan Sathorn, Bangrak, Bangkok. ‘Kampung Jawa’ ini ditempati sekitar 500 kepala keluarga, dimana juga terdapat tanah pemakaman Islam yang luasnya sekitar 2 hektar.

Masjid Jawa di Bangkok, dibangun dengan gaya arsitektur Demak

Masjid ini dibangun dengan gaya arsitektur Demak, terletak di gang yang kira-kira hanya muat untuk satu mobil dan suasananya mirip seperti di suatu kampung di Indonesia. Di masjid ini terdapat sebuah bedug yang berumur sekitar satu abad. Pada saat saya berkunjung, para warga sekitar juga sedang mengadakan pengajian rutin. Banyak diantaranya warga Indonesia yang sedang bertugas di Bangkok dan rutin mengunjungi masjid ini.

Di masjid Jawa terdapat sebuah bedug yang berumur sekitar satu abad
(Bedug yang telah berumur lebih dari satu abad di Jawa Mosque)

Untuk datang ke Jawa Mosque tidaklah sulit, bisa dicapai dengan BTS/Skytrain ke daerah Sathorn, kemudian kamu tinggal jalan kaki sekitar 500 meter atau bisa juga naik ojek dengan tarif 25-30 Baht.

Lokasi: Soi Rome Nam Khaeng 5, Sathorn, Bangrak, Bangkok
Terletak sekitar 500 meter dari BTS Surasak Station (S4). Dari stasiun BTS ini, keluar di Exit 4, dan jalan kaki menuju Soi Sathon 15 (Soi Saint Louise 1). Anda tinggal mengikuti jalan ini, jalan kaki sekitar 10 menit menuju masjid atau naik ojek.

Ban Oou Mosque
Masjid yang satu ini termasuk yang lokasinya mudah untuk dicari di kota Bangkok. Terletak di jalan Charoen Krung, yang merupakan kawasan pasar yang populer dan terdapat komunitas Islam, sehingga terdapat banyak gerai makanan halal. Masjid ini juga masuk ke wilayah Bangrak. Dibangun pada tahun 1912, dimana pada masa itu Raja Rama VI memberikan sebidang tanah untuk digunakan mendirikan masjid ini dan sebagai tempat pemakaman umum bagi warga Muslim di sekitarnya. Ban Oou Mosque merupakan salah satu tempat yang ditetapkan sebagai cagar budaya di kota Bangkok.

Ban Oou Mosque termasuk yang lokasinya mudah untuk dicari di kota Bangkok

Lokasi: 63 Soi Charoen Krung 46, Bangrak, Bangkok
Dapat dijangkau dengan BTS/Skytrain. Turun di BTS Saphan Taksin Station (S5), keluar di Exit 3. Jalan kaki sekitar 200 meter, sampai Robinson’s Department Store, belok kiri ke jalan di samping pusat perbelanjaan tersebut (Soi Charoen Krung 46).

Jalan kaki sekitar 200 meter, sampai Robinson’s Department Store, belok kiri ke
(Ban Oou Mosque terletak di belakang department store ini)

Haroon Mosque
Masih di jalan Charoen Krung (New Road), ada satu lagi masjid yang terletak di ujung jalan Surawong yang juga merupakan daerah perkampungan Muslim, yaitu Haroon Mosque. Masjid ini merupakan salah satu masjid yang paling banyak dikunjungi di Thailand dan bisa menampung sekitar 500 jamaah pada saat yang bersamaan.

Haroon Mosque juga tercatat sebagai salah satu situs budaya kota Bangkok

Haroon Mosque juga tercatat sebagai salah satu cagar budaya kota Bangkok yang terdaftar dibawah Royal Act of Islamic Mosques, sejak tahun 1947. Pertama kali dibangun di daerah muara sungai Chao Phraya sekitar 200 tahun yang lalu, merupakan bangunan kayu dengan perpaduan arsitektur Jawa dan Ayuthaya. Karena terletak di wilayah perkampungan Ton Samrong, maka dulunya dinamakan Masjid Ton Samrong.

Arsitektur Haroon Mosque Bangkok

Pada tahun 1899, Raja Rama V mengajukan untuk menukar tanah yang lokasinya dipakai untuk masjid tersebut, karena lokasi yang dipakai saat itu sangat cocok untuk membangun Royal Custom House. Akhirnya masjid ini dipindahkan ke lokasi dimana sekarang berada. Pada tahun 1934, Muhammad Yusuf sang pemilik masjid merenovasi masjid yang tadinya terbuat dari kayu, menjadi bangunan permanen dari batu bata. Untuk sejarah lengkap masjid ini bisa lihat langsung di blogspot-nya:
http://haroonmosque.blogspot.com/2010/12/brief-history-of-haroon-mosque-bangkok.html

Lokasi: Charoen Krung Soi 36, Bangrak (seberang Kedutaan Besar Perancis)
Transportasi: Chao Phraya Express Boat, turun di Oriental Pier (N1), jalan menuju Charoen Krung Road dan belok kiri di Soi 36. Atau sekitar 1 km dari BTS/SkyTrain Saphan Taksin Station (S5).

Darul Aman Mosque
Ini dia masjid yang terletak di daerah Pratunam, tidak begitu jauh dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok. Terletak di Phetchaburi Soi 7 atau dikenal juga sebagai Soi Surao. Di sekitar masjid juga merupakan pemukiman warga Muslim, jika memasuki jalan ini langsung terlihat beberapa restoran dan rumah makan halal di sekitarnya.

Darul Aman Mosque yang terletak di daerah Pratunam, tidak begitu jauh dari Kedut

Lokasi: Soi Phetchaburi 7 (Soi Surao), Pratunam
Sekitar 5 menit jalan kaki dari BTS Ratchathewi Station (N1). Keluar di Exit 3, dari stasiun BTS ini jalan menuju Phetchaburi Road, di perempatan menyeberang jalan dan belok kiri menyusuri jalan ini sekitar 5 menit. Kemudian belok kanan memasuki Soi Phetchaburi 7.

Keluar di Exit 3, dari stasiun BTS ini jalan menuju Phetchaburi Road
(Perempatan setelah Exit 3 BTS Ratchathewi Station, belok kiri untuk menuju Darul Aman Mosque)

Nah, itu dia catatan tentang 4 masjid utama kota Bangkok yang bisa kamu kunjungi dan melakukan ibadah saat traveling ke kota ini.

Follow Line@ @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

Tinggalkan Komentar