Wisata Kuala Lumpur, Naik Bus KL Hop On Hop Off

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia
Ke Hong Kong 3,4 Jutaan Promo Cathay Pacific & Singapura 1,6 Jutaan Promo Singapore Airlines

Wisata di Kuala Lumpur, Naik Bus KL Hop On Hop Off.

Ada rencana untuk jalan-jalan berwisata ke Kuala Lumpur, Malaysia? Saat mengunjungi ibukota Malaysia ini Anda tidak perlu pusing untuk mengatur ikut tour atau berpikir untuk jalan keliling sendiri, karena ada KL Hop-On Hop-Off, bus tingkat yang akan membawa Anda menjelajahi tempat-tempat wisata dan atraksi di kota ini.

Jalan Ampang, Jalan Gereja, Jalan Raja Chulan, Jalan P. Ramlee, Jalan Puncak, Ja

Walau transportasi umum di kota ini cukup baik dan memadai, namun kini Anda tidak perlu repot dan bisa menikmati KL dengan cara yang berbeda. Seperti di banyak kota besar lainnya di dunia, kini Anda dapat berkeliling kota dengan bus tingkat dengan atap terbuka. Bus akan lewat setiap 30 menit, dari pukul 09.00 pagi sampai 20.00, tujuh hari seminggu. Jika menjelajahi seluruh tempat tujuan di jalur wisata KL ini, akan menghabiskan waktu sekitar 2,5 jam, melewati jalan-jalan utama seperti Bukit Bintang, yang merupakan pusat belanja dan jajanan.

Jika udara tidak terlalu panas, Anda bisa naik ke bagian atas bus. Atau jika ingin berada di ruang ber-AC, bisa menikmati kota dari balik jendela-jendela besar di ruang bagian bawah bus tingkat ini. Guide yang akan menerangkan sejarah dan cerita di balik tempat-tempat yang dilalui, membuat wisata keliling KL dengan bus hop-on hop-off ini lebih menyenangkan.

Chinatown, Little India, dan berbagai daerah lainnya masuk dalam rute keliling bus ini. Anda tinggal siapkan kamera, dan bisa turun di tempat pemberhentian manapun yang dikehendaki untuk berfoto. Oh ya, bus juga akan menuju ke KL Bird Park. Jangan lupa untuk membeli tiket diskonnya di bus. Setelah itu Anda bisa melanjutkan perjalanan melintasi Dataran Merdeka (Independence Square), mall KLCC dan menara kembar Petronas Towers, Menara KL (KL Tower), dan berbagai landmark lainnya.

Ada rencana untuk jalan-jalan berwisata ke Kuala Lumpur, Malaysia? Saat mengunju

Peserta tour bisa mendengarkan informasi tentang tempat-tempat yang dilewati melalui headset dengan pilihan 9 bahasa, yaitu Bahasa Malaysia (Melayu), Inggris, Mandarin, Hindi (India), Arab, Jepang, Spanyol dan Tamil.

Rute yang dilalui bus:
Jalan Ampang, Jalan Gereja, Jalan Raja Chulan, Jalan P. Ramlee, Jalan Puncak, Jalan P. Ramlee, Jalan Pinang, Jalan Kia Peng, Jalan Stonor, Jalan Conlay, Jalan Raja Chulan, Jalan Bukit Bintang, Jalan Tengkat Tong Shin, Jalan Changkat Bukit Bintang, Jalan Raja Chulan, Jalan Tun Perak, Jalan Tun Tan Cheng Lock, Jalan Sultan, Jalan Hang Jebat, Jalan Sultan Muhamed, Jalan Tun Tan Cheng Lock, Jalan Istana (Jalan Lapangan Terbang Lama), Jalan Travers, Jalan Tun Sambanthan, Jalan Stesen Sentral, Jalan Damansara, Jalan Parlimen, Jalan Cenderawasih, Jalan Perdana, Jalan Sultan Hishammudin, Jalan Raja, Jalan Raja Laut, Jalan Ipoh, Jalan Pahang, Bulatan Pahang, Jalan Tun Razak, Lorong Kuda, Jalan Binjai dan balik lagi ke Jalan Ampang.

Total ada 22 tempat stop di jalur bus KL Hop-On Hop-Off ini, dengan hanya RM45 (sekitar Rp150.000), Anda bisa berkeliling seharian, atau jika merasa kurang, bisa beli pass untuk 2 hari (48 jam), seharga RM79 (sekitar Rp265.000). Untuk anak-anak usia 5-12 tahun dan tiket pelajar, untuk 24 jam RM24 (sekitar Rp80.000) dan yang 48 jam RM43 (sekitar Rp145.000).

KL Hop-On Hop-Off
Elang Wah Sdn Bhd [640812-T]
15-2, Jalan 1/76, Desa Pandan
55100 Kuala Lumpur
Tel: +6 (03) 9282 2713
Infoline: 1800 – 88 – 5546
Website: myhoponhopoff.com
Twitter: @klhoponhopoff

13 comments

  1. Assalamualaikum Pak Awan…
    Saya berencana traveling dengan 2 putri saya 3 & 4 th,mohon koreksinya kalau ke pudu raya (hotel sandpiper) transportasi yg terjangkau apa benar menggunakan starshuttle? atau ada saran transportasi lain yg lbh baik namun terjangkau? Menurut penulusuran saya puduraya (terminal pudu) terletak tidak jauh dari lokasi hotel dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki.
    Lalu usia berapakah sudah dikenakan tarif utk semua transportasi di KL? misal utk Hop on Hop off, mrt, lrt, bus apakah usia 3th sudah dikenakan tarif normal?

    Menurut Pak awan, apakah lebih baik membawa myr dari indonesia, drpd menukar di money changer di Malaysia?

    Sebelumnya saya mengucapkan Terima kasih atas jawabannya ya Pak.

    Wassalamualaikum,
    Mama AfNin

    1. Walaikumsalam mbak Fiona,

      Maaf saya tidak pernah naik Star Shuttle, jadi tidak tau apakah di Kuala Lumpur dia akan bisa drop penumpang di Terminal Pudu Sentral atau ngga. Tapi kalo sampe bisa, ini memang transportasi paling efektif.

      Alternatif lain mbak bisa naik SkyBus dari KLIA 2 (tiket RM 10 per orang), tapi turunnya di stasiun KL Sentral. Dari sini harus sambung lagi kereta LRT ke stasiun Pudu Sentral (Puduraya). Agak repot di ganti dari bus ke keretanya sih, mbak.

      Untuk transportasi umum anak 3 tahun ke bawah masih gratis, dengan asumsi akan dipangku. Berarti anak mbak yang 4 tahun bayar harga tiket anak.Untuk Hop-On Hop-Off sebenarnya di bawah 5 tahun gratis, tapi 1 dewasa cuma bisa gratis 1 anak, berarti yang satunya harus tetap bayar harga tiket anak.

      Lebih praktis bawa Ringgit / sudah ditukarkan di Indonesia, karena kalo Rupiah ditukar disana kurs-nya ngga bagus. Semoga semuanya lancar ya, mbak.

      Salam,
      Awan

  2. mas itu KL hope on hope off nya naik dari mana? kalo dari KL sentral? trus beli tiketnya dimana? apa di dalam bus nya?

    1. Halo, apa kabar?
      Bisa naik dari KL Sentral. Berhubung tempat ini besar sekali, coba tanya ke Information disana lokasi tunggu bus-nya ya. Bayar bisa di atas bus, dan kalo mau lihat bus-nya berenti dimana aja nanti bisa cek peta: myhoponhopoff.com/kl/tourmap.php

      Salam,
      Awan

  3. Selamat pagi mas ,
    salam kenal. kalau dari klia2 mau ke hotel citin seacare jalan pudu bukit bintang sebaiknya menggunakan transportasi apa? bagaimana rutenya? terima kasih

    1. Halo mas Teuku,

      Apa kabar? Maaf ya baru bisa balas. nanti dari KLIA2 harus naik kereta KLIA Ekspres atau SkyBus dulu yang menuju ke stasiun KL Sentral. Dari stasiun KL Sentral ini sambung dengan kereta LRT, yang menuju ke stasiun Plaza Rakyat. Turun di stasiun ini dan jalan kaki ke hotelnya, ngga terlalu jauh. Lokasi hotel di seberang Pudu Sentral (Puduraya).

      Salam,
      Awan

  4. Selamat pagi Mas,

    Boleh bagi-bagi informasi dong kalau saya dan teman saya akan mendarat di KLIA 2 hampir tengah malam dan kami akan langsung ke Hotel Marriot di Putrajaya. Kira-kira transportasi aman apakah yang bisa kami gunakan? kalaupun taksi apakah taksi eksekutif aman dan apakah bisa dipesan di dalam terminal bandara?. Terima kasih

    1. Halo mbak Meutia,

      Maaf sekali baru bisa balas ya. Iya mbak, kalau udah mau tengah malam lebih baik langsung naik taxi aja. Apalagi Putrajaya ngga seperti Kuala Lumpur, lebih sepi dan transportasi umum juga ngga lewat tengah malam. Taxi eksekutif pastinya bisa dipesan di counter2 yang ada setelah ambil bagasi. Kalo taxi biasa nanti tinggal antre di tempat taxi umum.

      Salam,
      Awan

  5. Hai mas awan, terbantu banget sama artikel2 di blog ini. Q mau tanya donk mas. Q berdua temenku transit ke malaysia dan punya waktu dr jam 06.00 sampe jam 20.00 karena peswat brkt sekitar pukul 22.30. Nah kira2, tempat apa aja yg jadi masukan mas awan?? Yg jelas kmi berdua pengen ke batu caves sama menara petronas. Itu tmpat wajib. Makasih mas awan

    1. Halo mbak Manda,

      Wah, mantap sekali ya waktu transitnya pas banget untuk jalan2. Pastinya cukup waktunya untuk ke Petronas & Batu Caves kalau punya waktu sekitar 12 jam di KL. Tempat lain yang oke juga untuk dikunjungin mungkin ke Central Market (yang berseberangan dengan Petaling Street – lokasi shooting film WARKOP DKI kemarin. Hehehe…). Di dua tempat ini sih lebih untuk cari oleh2. Bisa juga mampir ke daerah Bukit Bintang, pusat belanjanya KL.

      Salam,
      Awan

  6. Selamat pagi mas 🙂
    Rencana nya bulan ini saya, suami dan anak saya (2 th) ingin berlibur ke KL tapi tanpa ikut agen tur. Mohon petunjuknya :
    1. Bagaimana caranya naik bis dari KLIA2 ke Hotel Mandarin Pacific
    2. Cara menggunakan bus hop on hop off ini (apakah seperti bis wisata di dalam taman safari hehe), kalau sudah turun bis di suatu lokasi apakah nanti mudah untuk naik bis kembali menuju objek selanjutnya?

    mohon penjelasannya ya mas. Terima kasih banyak 🙂

    1. Halo mbak Angela,

      Saya coba jawab ya pertanyaannya:
      1. Dari KLIA2 naik bus ke KL Sentral (ikuti petunjuk untuk menuju tempat bus atau tanya information). Dari stasiun KL Sentral sambung naik kereta LRT yang lewat stasiun Pasar Seni. Turun di stasiun ini dan jalan kaki ke hotelnya. Dari KL Sentral naik taxi juga bisa.
      2. Betul, hop on hop off kalau turun di satu lokasi, nanti kita bisa tunggu bus berikutnya untuk naik ke lokasi wisata lainnya. Bisa naik turun selama jam operasional bus dan masa berlaku tiket.

      Salam,
      Awan

Leave a Reply