Naik Shuttle Bus Atau Taxi Dari Don Mueang ke Bangkok

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Buat kawan-kawan yang berencana ke Bangkok naik maskapai AirAsia dan mendarat di airport Don Mueang, saya mau melengkapi artikel sebelumnya yang pernah saya tulis mengenai Naik Bus Atau Taxi Dari Bandara Don Mueang ke Bangkok. Update ini berdasarkan pengalaman saya ke Bangkok dan mendarat di airport Don Mueang pada bulan Oktober 2015.

SHUTTLE BUS A1 & A2

Cara paling murah dan mudah untuk menuju ke stasiun BTS Mo Chit Station atau MRT Chatuchak Park (lokasi berdekatan), adalah dengan naik Shuttle Bus A1 yang menunggu di luar Exit 6 airport Don Mueang. Tinggal keluar pintu dan bus menunggu di samping kanan. Jadwalnya:
Don Mueang – Mo Chit (BTS/MRT) – Bus pertama 07.30 & terakhir 24.00
Mo Chit (BTS/MRT) – Don Mueang – Bus pertama 07.00 & terakhir 24.00

Kalau dari Mo Chit BTS Station mau naik bus A1 ke Don Mueang, ambil Exit 3. Turun, dan tunggu sekitar 20 – 30 meter dari eskalator di pinggir jalan (biasanya ada petugas dari perusahaan bus yang menunggu). Catatan: Exit 3 ini ada tangga di sebelah kiri, dan eskalator di sebelah kanan. Eskalator bisa berfungsi naik atau turun, tergantung jamnya. Jadi jalan ke bagian yang ada eskalatornya dan tunggu di depan plang kecil yang bertuliskan Bus Stop A1.

(Walau istilahnya shuttle bus, tapi bentuknya seperti bus kota biasa)

Selain itu ada Shuttle Bus A2 kalau mau menuju ke Victory Monument (bisa sambung ke BTS juga dari sini). Lokasi menunggu bus sama, dari Exit 6 di airport Don Mueang, dengan jadwal:
Don Mueang – Victory Monument – Bus pertama 08.00 & terakhir 21.00
Victory Monument – Don Mueang – Bus pertama 08.50 & terakhir 21.45

Tergantung mana yang lebih dekat ke tempat penginapan kamu, dan kalau yang ke Mo Chit bus tersedia lebih awal dan sampai tengah malam. Tiket bus 30 baht sekali jalan, bayar ke kondektur di atas bus.

(Mau naik taxi? Langsung menuju dan antre di Exit 8 Bandara Don Mueang)

TAXI

Kalau traveling bersama keluarga atau group kamu 3 – 4 orang, bisa juga pilih untuk naik taxi dari Don Mueang. Lebih praktis karena akan diantar langsung ke alamat, tidak usah repot naik turun berganti kendaraan dari bus ke BTS atau MRT.

Begitu keluar dari imigrasi dan tempat pengambilan bagasi, di arrival hall tinggal jalan ke arah kiri dan antre taxi di Exit 8. Untuk ke tengah kota (misalnya daerah Silom atau Khao San Road). Total argometer, surcharge bandara (50 baht) dan biaya tol, biasanya sekitar 350 – 400 baht. Terjangkau kan?

(Walau antrean terlihat panjang, tapi ngga terlalu lama tunggu taxinya kok)

Tinggal pilih mana yang lebih mudah dan nyaman untuk kamu, naik shuttle bus Atau taxi dari airport Don Mueang ke pusat kota Bangkok. Selamat jalan-jalan!

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!


Follow Instagram saya

Something is wrong.
Instagram token error.

40 comments

  1. hai mas mau tanya, dr don mueang mau ke ekkamai 5 org sebaiknya pakai taksi atau bus dan disambung bts? jika pakai taksi kira2 brp ya biayanya?

    trus dr ekkamai ke don mueang, apakah gampang cari taksi yg muat 5 org?

    thanks

    1. Halo kak Riane,

      Kalo koper ngga banyak bisa booking Grab XL, atau taxi minta yang van (Innova). Tarif sekitar 400-500 baht ya.
      Untuk Ekkamai ke Don Mueang paling ya pesan GRab XL. Kalo taxi yang van biasanya jarang lewat. Paling cari di terminalnya dan tawar menawar. Mungkin sekitar 500 bath, paling mahal 600 baht.

      Salam,
      Awan

  2. Halo mas, saya ada beberapa pertanyaan.

    a) Saya sampai don mueng kisaran jam 22.20 dari vietnam. Apakah bus A1 menuju BTS Mo chit masih tersedia?

    b) BTS itu 24 jam atau tidak ya mas?

    Terima kasih

    1. Halo kak Agus,

      BTS operasi cuma sampai jam 12 malam, berarti kereta terakhir bisa jadi jam 23.30 malam kalo dari Mo Chit.
      Saran saya kalo malam lebih baik langsung naik taxi aja ke hotelnya. Di DMK tunggu / antre di Exit 8 untuk taxi bandara.

      Salam,
      Awan

  3. hallo Mas Travelawan , izin bertanya ya , jika setlah sampai bandara Doun mueng , alternatif apa yg bisa di pake utk berpergian menuju Hua HIn ? bus atau Van, dan jika memilih salah satunya bagaimana step by step nya ya ? Tq

    1. Halo mas Gunawan,

      Dari DMK nanti naik shuttle Bus A1 ke stasiun bus antar kota Mo Chit ya (jangan turun di stasiun BTS Mo Chit).
      Dari stasiun bus ini cari / tanya untuk van yang ke Hua Hin. Tinggal naik dan bayar di dalam van. Pastikan naik ke tujuan yang benar.

      Salam,
      Awan

        1. Halo kak,
          Iya, tinggal bilang ke driver atau kondektur bus yang biasa tagih bayaran tiket bus, bilang mau turun di terminal bus Mo Chit.

          Salam,
          Awan

    1. Halo mas Gunawan,

      Dari airport DMK harus ke terminal bus Mo Chit dulu (bukan Mo Chit yang stasiun BTS ya…). Dari terminal Mo Chit ini cari van antar kota yang tujuan ke Hua Hin. Kalo sampe Bangkok malam, sebaiknya nginap aja dulu di Bangkok, karena perjalanan ke Hua Hin itu memakan waktu sekitar 3 jam dari Mo Chit ini.

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak Diva,

      Nanti tanya ke petugas di BTS ya. Kalo yang balik ke arah Don Mueang nanti turun Exit 3, terus belok ke arah kanan dan cari pemberhentian bus-nya.

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak Yenny,

      Kalo 8-10 orang itu udah bukan minivan 🙂 Taxi minivan maksimum muat 5 orang kali ya, karena kan bagian belakangnya juga biasanya dipake untuk koper. Kalo mau 8-10 orang bisa sewa van di counter2 sewa mobil dalam bandara, sekali jalan harga biasanya 1.200 baht ya. Kalo mau lebih murah, naik 2 taxi atau 2 Grab, total mungkin cuma 800 baht untuk 2 mobil.

      Salam,
      Awan

  4. Alooo mau nanya, pertama kali ke bangkok, lbh baik dan strategis buat nginap itu daerah mana yah, land di don muaeng airport. Trus kl dr bandara ke chatuchak jauh ga yah? Makasih

    1. Halo kak Vics,

      Kalo saya sih favorit nginap di sekitar Silom atau di daerah dekat stasiun BTS Asok (daerah Sukhumvit). Yang penting cari penginapan yang dekat stasiun BTS, jadi kemana2 gampang.

      Dari Don Mueang ke Chatuchak tinggal naik shuttle bus A1, turun di stasiun BTS Mo Chit, lanjut jalan kaki ke pasar Chatuchak.

      Salam,
      Awan

  5. Halo Mas, saya rencana Feb awal ke Bangkok nih, tinggal di hotel deket Asok BTS. Kalo dari airport paling enak naik apa ya?
    Dan kalo di sana pesen Uber gampang gak sih?
    Thanks ya 🙂

    1. Halo kak Ferry,

      Naik Uber/Grab gampang kok.
      Kalo mau ‘lebih susah sedikit dan lebih murah’, bisa naik shuttle bus A1 ke stasiun BTS Mo Chit, lanjut naik BTS dari sini ke stasiun Asok. Kalo pergi sendiri tentunya ini lebih murah. Tapi kalo ber 3-4 orang, saran saya langsung naik taxi/taxi online aja.

      Salam,
      Awan

  6. selamat siang, mau tanya dong pengalamannya.. saya berencana nginap di dekdet stasiun Ekkamai, apakah itu cukup strategis dan mudah dijangkau? saya via DMK airport.. trims

    1. Halo kak Aldi,

      Apakah tujuannya mau ke Ekkamai? Kalo di Bangkok yang penting cari penginapan yang dekat dengan stasiun BTS atau MTR. Ekkamai itu dilewati BTS jalur Sukhumvit. Jadi misalnya bisa aja ngga harus nginap dekat Ekkamai, tapi di Red Planet Hotel Asoke. Dari hotel ini tinggal jalan kaki ke stasiun BTS Asok, dan naik BTS ke stasiun Ekkamai.

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak Anang,

      Maaf ya saya tidak pernah ke Big C yang di Dao Kanong ini. Jadi tidak tau bus yang kesana.
      Naik taxi mustinya ngga terlalu jauh dan terlalu mahal ya.

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak Jennifer,

      Don Mueang tidak di pusat kota, jadi lumayan jauh. Kalo baru pertama kali ke Bangkok, saran saya paling praktis naik taxi umum, antre di Exit 8 bandara ini.

      Kalo mau coba naik kendaraan umum lainnya, harus ganti2/naik-turun. Pertama naik shuttle bus A1 dari bandara ke stasiun BTS Mo Chit. Dari sini lanjut naik BTS dan turun di stasiun BTS Ratchathewi, atau Chit Lom. Dari 2 stasiun ini untuk menuju ke Pratunam harus jalan kaki lagi sekitar 15-20 menit ya.

      Salam,
      Awan

    2. halooo…..sekarang dari DMK ke pratunam ada airport bus langsung (bus A3 via gate 6) turun di indra square tarif sekitar 50 THB. Lebih praktis & nunggunya ga terlalu lama

  7. Sorry salah ketik nama orang tadi nanya nya hahha

    Mau nanya @travelawan kalo dari Don Mueang airport mau ke terminal bus Ekkamai gimana n transportasi nya apa?

    1. Halo mbak Verra,

      Kalo ngga mau naik taxi, bisa naik shuttle bus A1 dulu dari DMK dan turun stasiun BTS Mo Chit, dari situ tinggal naik ke stasiun Ekkamai.

      Salam,
      Awan

      1. Mas sorry mau nanya lg nih? Dr DMK mao k pattaya naik bus dr Nothern bus terminal apa ekkamai yg lebih mudah? Kalo baca info ke ekkamai kan harus naik BTS lg ya? Trus Kalo Nothrn bus terminal cm sx naik bus A1 doank

  8. Mas Lukman mau nanya donk kalo dari Don Mueang airport mau ke terminal bus Ekkamai gimana n transportasi nya apa?

  9. mau nanya dong kak awan..
    kalau sekarang ke pattaya dr victory monument itu masih ada van yg 97 baht?
    trus ini dari don mueang bus nya penuh ga ya? saya mau ke daerah pratunam paling cepat pake bus / taksi.. thx..
    maklum pertama kali ke bkk saya pergi ber 4..

    1. Halo mas Lukman,
      Minivan dari Victory Monument semua sudah dipindah ya.
      Ke Pattaya paling praktis naik bus dari Ekkamai Station.
      Dari Don Mueang ke Pratunam saran saya naik taxi resmi bandara aja ya, mas. Apalagi pergi ber-4, ngga rugi bisa satu taxi.

      Salam,
      Awan

  10. Om..kami berencana pergi ke bangkok ,transport bis,mrt atau taxi apakah sulit ? Maklum ini pertama ke bangkok trims..

  11. mas,itu biaya tolnya 350-400 baht ya ? mahal ya tol di bangkok hehe.
    oh iya ,kalau mau naik shuttle a2 ke bandara don mueang,apa busnya ada di dekat pintu masuk bts victory monument atau pintu keluar bts victory monument ? .
    makasi ya,ini saya pertama kali ke luar negeri sendiri.
    salam

    1. Halo kak Cumi,
      Sama2. Hehehe… lagi migrasi blog nih, pindahin artikel2 lumayan juga :p
      Syukurlah jalan2nya di Bangkok lancar ya.
      Sampe nanti 🙂

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.