Sholat Jumat di Hong Kong, di Konsulat Jenderal Indonesia

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Sholat Jumat di Hong Kong, di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI)

Saat wisata ke Hong Kong dan pas hari Jumat ada di kota ini, dimanakah bisa mencari tempat untuk menjalankan ibadah sholat Jumat? Secara Hong Kong termasuk salah satu kota besar di Asia yang memiliki jumlah masjid yang tidak terlalu banyak. Total di kota ini hanya ada sekitar 5 masjid, dan salah satunya ada di kawasan penjara, yaitu Masjid Cape Collinson.

(Suasana Sholat Jumat di Konsulat Jenderal RI, Hong Kong)

Ada dua masjid lainnya yang terkenal di Hong Kong dan mudah dicapai, yaitu Kowloon Mosque yang dekat dengan stasiun MTR Tsim Sha Tsui dan Masjid Ammar and Osman Ramju Sadick Islamic Centre, di daerah Wan Chai, dimana di gedung tersebut juga terdapat Islamic Canteen yang menjual satu-satunya dim sum halal di Hong Kong.

Satu lagi tempat yang ada di tengah kota Hong Kong dimana kita bisa menjalankan ibadah sholat Jumat adalah di gedung Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI), Causeway Bay. Kita bisa langsung datang dan masuk ke Indonesia Building setiap Jumat siang. Di reception tinggal mengisi nama dan tandatangan di lembar kertas yang telah disediakan. Setelah itu menuju ke lantai 4, tempat Musholla Al-Falah berada.

Jika sedang ada di Hong Kong pada hari Jumat, seringnya saya datang kesini untuk Jumatan. Karena berada di tengah kota dan di sekitarnya banyak terdapat perusahaan Indonesia yang memiliki cabang di Hong Kong, maka ruang musholla yang dapat menampung lebih dari 100 orang ini pun tidak pernah sepi dihadiri warga Indonesia dan staf KJRI untuk menjalankan ibadah sholat Jumat setiap minggunya.

(Musholla Al-Falah di Konsulat Jenderal Republik Indonesia)

Oh ya, dengan adanya perbedaan waktu satu jam antara Jakarta (WIB) dengan Hong Kong, maka sholat Jumat biasanya baru mulai di atas jam 1 siang waktu setempat. Jadi kalau memang sedang ada di Hong Kong pada hari Jumat, yuk kita sholat Jumat disini.

Musholla Al-Falah
Konsulat Jenderal Republik Indonesia
Indonesian Building, 4/F, 127-129 Leighton Road, Causeway Bay
Hong Kong
Tel: +852 2890 4421
Website: kjrihkimigrasi.org

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

Tinggalkan Komentar