Naik Kereta Atau Bus Dari Bandara KLIA dan KLIA2 ke Kuala Lumpur

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Naik Bus Atau Kereta Dari Bandara KLIA dan KLIA2 ke Kuala Lumpur

Update artikel: Akhir Juli 2017

Sejak ditutupnya bandara LCCT (Low Cost Carrier Terminal) di Sepang, Malaysia yang biasa melayani penerbangan khusus AirAsia, kini semua penerbangan AirAsia telah dialihkan ke KLIA2 atau Kuala Lumpur International Airport 2. Nah, kalau dari KLIA2 ini apakah fasilitas transportasi umum seperti bus dan kereta KLIA Ekspres juga tersedia?

Tidak perlu khawatir, sejak dibuka KLIA2 yang jaraknya sekitar 2km dari KLIA, ada kereta yang menghubungkan dua bandara ini. Dan jika mau naik kereta KLIA Ekspres atau kereta komuter KLIA Transit, bisa langsung dari KLIA2, tanpa kita harus pindah dulu ke KLIA.

KERETA KLIA EKSPRES
Jika tujuannya ingin langsung ke terminal KL Sentral yang ada di tengah-tengah Kuala Lumpur, maka bisa pilih kereta cepat KLIA Ekspres, yang melayani non-stop dari KLIA2 – KLIA – KL Sentral (dan rute sebaliknya). Jadi kereta ini yang dulunya hanya melayani KLIA ke KL Sentral, jalurnya sudah diperpanjang sampai KLIA2.

Tarif: RM 55 / sekali jalan (Pergi – Pulang RM 100)
Waktu Tempuh: 33 menit (KLIA2 – KL Sentral, dan rute sebaliknya)
Durasi Keberangkatan: Setiap 15-20 menit
* Untuk antar terminal – KLIA ke KLIA2 kalau naik KLIA Ekspres tarif hanya RM 2 (waktu tempuh 3 menit)

KERETA KLIA TRANSIT
Bedanya kereta KLIA TRansit dengan KLIA Ekspres adalah kereta ini merupakan kereta komuter yang akan berhenti di beberapa stasiun utama:
KLIA2 > KLIA > Salak Tinggi > Putrajaya & Cyberjaya > Bandar Tasik Selatan > KL Sentral

Waktu Tempuh: 39 menit (KLIA2 ke KL Sentral)
Durasi Keberangkatan: Setiap 20-30 menit

Tarif:
* KLIA2 ke KLIA: RM 2 (perjalanan 3 menit)
* KLIA2 ke Salak Tinggi: RM 4.90 (perjalanan 11 menit)
* KLIA2 ke Putrajaya / Cyberjaya: RM 9.40 (perjalanan 20 menit)
* KLIA2 ke Bandar Tasik Selatan: RM 38.40 (perjalanan 32 menit)
* KLIA2 ke KL Sentral: RM 55 (perjalanan 39 menit)

BUS EKSPRES
Jika mau lebih murah, bisa naik bus ekspres Aerobus atau SkyBus (website: skybus.com.my) yang beroperasi hampir 24 jam. Bus hanya tersedia dari KLIA2. Dari area Ketibaan di KLIA2 jalan menuju ke [email protected] mall, dan turun ke Level 1 (Transportation Hub). Beli tiket dulu di loket di bagian dalam mall, nanti setelah itu baru keluar pintu kaca menuju ke nomer pemberhentian bus yang ada di tiket.

Jam Operasional Dari/Ke KL Sentral:
* KLIA2 ke KL Sentral: 05.00 sampaiΒ 02.45
* KL Sentral ke KLIA2: 03.00 sampai 00.00

Tarif: RM 11 (dewasa). Waktu tempuh sekitar 75 menit.

Jam Operasional Dari/Ke 1-Utama:
* KLIA2 ke 1-Utama: 04.30 sampaiΒ 00.30
* 1-UtamaΒ ke KLIA2: 03.00 sampai 23.00

Tarif: RM 14.50 (dewasa). Waktu tempuh sekitar 75 menit.

Jadi sekarang kalau kamu mendarat di KLIA2, bisa juga langsung menikmati fasilitas kendaraan umum, baik kereta ataupun bus untuk menuju ke pusat kota Kuala Lumpur, di stasiun KL Sentral.

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!


Follow Instagram saya

Something is wrong.
Instagram token error.

490 comments

  1. Hi Mas,

    Saya berencana ke KL (Bukit Bintang) tgl 2 Agustus 2018, saya naik Lion, dan arrival time 23.55 di KLIA1, est setelah imigrasi bagasi dll selesai jam 01.00 kurang keesokan harinya.

    Saya ingin coba naik Skybus, tp menurut info di blog ini, skybus cuma ada di terminal KLIA2. Jadi saya harus transit dulu atau gimana?

    Dr KL Sentral ke Bukit Bintang (Ceria Hotel) selain MRT bisa sambung naik apa ya? Karena kemungkinan sudah dini hari, dan dikhawatirkan Public Transportation nya udah gak ada.

    Atau naik Grab aja? estimasi berapa ya kalo naik grab dari KLIA ke BB (Ceria Hotel).

    Dan mohon info kalo mau ke genting dari BB naik apa? Yg pasti cari cari yg terjangkau hehehe..

    Mohon saran dan infonya.. terimakasih

    1. Halo kak Piwiqi,

      Skybus / bus ke KL Sentral juga ada di KLIA ya.
      Tengah malam cuma ada taxi / Grab Car aja, ngga ada pilihan transport lain. Estimasi sekitar 80 Ringgit.

      Ke Genting itu naik busnya juga dari KL Sentral. Jadi kalo tinggal di Bukit Bintang, harus ke KL Sentral dulu naik monorail ya.

      Salam,
      Awan

  2. Selamat malam mas
    Sy ad rencana flight ke KL air asia, kemungkinan sampai klia2 jam 12malam. Hotel sy ada di sekitar jalan alor.
    Sy rencananya mau naik bus dari klia2 ke kl sentral. Trus naik grab ke hotel. Kira2 jam segitu susah ga ya cari grab ? Trus harganya kira2 berapa dari kl sentral ke hotel ?
    Menurut mas lebih prefer langsung naik grab dari bandara atau naik bus ke kl sentral dulu ?

    1. Halo kak Pangayu,

      Grab Car di KL ngga susah kok carinya, sama seperti di Jakarta.
      Kalo sudah tengah malam gitu, saya pribadi lebih pilih naik Grab langsung dari bandara. Apalagi kalo perginya dua orang atau lebih. Tapi balik lagi ke pilihan dan budget masing2 πŸ™‚

      Salam,
      Awan

  3. Halo Mas, mau info dong. Saya kan landing di KLIA2 jam 00.30, penginapan di sekitar central park, saya solo traveling juga. Baiknya gmn ya? Kalo saya langsung ke hostel apa bisa dan panduan transportasinya gmn? Atau lebih baik saya nunggu pagi dulu? Terimakasih mas

    1. Halo kak Yasmin,

      Maaf saya kurang paham sama pertanyaannya… Maksudnya tengah malam sampe di KLIA2, terus hotelnya di Central Park mana ya? Tinggal naik Grab Car aja kak kalo tengah malam kaya gitu, ngga ada pilihan transportasi lain. Ke tengah kota KL dari KLIA2 sekitar 80 Ringgit ya.

      Salam,
      Awan

  4. hi, salam kenal,

    saya maria. saya tiba di KLIA2 nanti (pesawat Airasia) jam 00.30 pagi. saya mau pindah ke KLIA1 untuk mengejar penerbangan (malaysian airlines) ke negara lain jam 7.00 paginya. saya mau nanya, kalau free shuttle/KL express dari KLIA2 ke KLIA1 apakah beroperasi sampai tengah malam? Atau ada alternatif lain bgmn cara saya ke KLIA1? Terimakasih sebelumnya.

    1. Halo kak Maria,

      Shuttle bus antar terminal beroperasi 24 jam ya. Kalo mau lebih cepat bisa naik kereta KLIA Ekspres/Transit, cuma ngga tau kekejar atau ngga… karena kereta terakhir ja, 1 pagi.

      Salam,
      Awan

  5. halo mas awam,
    Salam kenal
    mau minta rekomendasi

    Senin 23 juli ini sy rencana ke selangor. Kita ngnap d hotel summit usj,
    Saya lihat dari KLIA2 ke KL sentral lumayan ya mas 48 km.

    menurut mas awam kendaraan apa yang lebih baik kami naiki ya (2 org)
    Yg nyaman untuk ibu hamil jg
    bagaimana alur perjalanan yang harus kmi lewati?
    Jika pakai grab/taksi tarifnya berapa ya mas jika langsung ke hotel nya tanpa harus k kl sentral lebih dulu?

    Apa lebih baik dari KLIA2 ke KL sentral menggunakan kereta express lalu dr KL sentral memakai grab/taksi menunu hotel ?

    Perbandingan waktu tempuh memkai taksi/grab dari klia2 ke kl sentra brpa jam ya??

    terimakasih mas

    1. Halo kak Asri,

      Maaf sekali ya saya baru bisa cek message lagi… udah pergi ya?
      Kalo naik Grab mendingan langsung, jangan naik kereta lagi ke KL Sentral dulu, karena jatuhnya akan lebih mahal. Kalo naik Grab dan ngga macet biasanya 1 jam sudah sampe KL Sentral, kalo naik kereta emang cum 30 menit, tapi kalo 2 orang jatuhnya akan lebih mahal dari pakai Grab. Selamat jalan2.

      Salam,
      Awan

  6. mas….kalau dari KLIA menuju Genting , ada bus nya gak? trus turunnya dimana,apakah di awana cable car? trus kopernya bisa masuk juga ke cale car?

    1. Halo kak Lee,

      Ada busnya. Turunnya di stasiun bus samping tempat cable car. Kalo bawa koper besar pastinya ngga bisa dibawa masuk ke cable car, tapi nanti nunggu shuttle tempat hotel akan menginap.

      Salam,
      Awan

  7. kak. saya baru pertama kali ke malaysia. saya turun di KLIA2 hotel saya dekat stasiun bukit nanas. transportasi apa yang harus saya gunakan agar sampai ke bukit nanas?

    1. Halo kak Nur,

      Kalo mau praktis bisa naik Grab Car langsung ke hotelnya. Kalo mau murah tapi lebih repot, naik bus ke KL Sentral dan dari KL Sentral jalan ke stasiun monorailnya yang terkoneksi dengan mall di samping stasiun ini. Nanti naik ke stasiun Bukit Nanas.

      Salam,
      Awan

  8. halo mas awam, mau minta rekomendasi dong,
    1. saya rencananya mau ke malaysia trus ke singapore, menurut mas awam kendaraan apa yang lebih baik kami naiki kami 6 dewasa dan 1 bayi, kami nginap di transit room KLIA, bagaimana alur perjalanan yang harus kmi lewati?

    kalo dri KLIA mau jalan jalan malam ke menara kembar atau kota kuala lumpur, kendaraan apa juga yg lebih murah dan muat untuk kami?

    terima kasih mas

    1. Halo kak Feny,

      Maaf baru bisa balas ya. Kalo dari KLIA/KLIA2 paling murah naik bus ke KL Sentral. Baru dari sini bisa naik kereta komuter yang menuju ke Menara Kembar, turun di stasiun KLCC ya. Kalo baliknya mau naik bus juga, tetap harus ke KL Sentral. Tapi kalo sampe mau naik Grab Car harus 2 mobil ya, bisa langsung ke bandara.

      Salam,
      Awan

  9. hallo mas

    kalau mendarat di KLIA 1 apakah ada bus yang langsung menuju bukit bintang? atau harus transit ke KL sentral dahulu? trims

    1. Halo kak Denissa,

      Maaf saya baru bisa balas. Semua bus dari KLIA/KLIA2 tujuannya ke KL Sentral, ngga ada yang langsung ke Bukit Bintang ya. Dari KL Sentral bisa sambung naik monorail ke Bukit Bintang.

      Salam,
      Awan

  10. Hallo mas. .saya berencana ke thai tp lebih tptnya ke phiΒ² island. Saya ambil bus dr kl ke hatyai. Mau tanya klo beli tiket bis nya utk menuju ke hatyai itu baiknya dimana mas? Cos saya bingung.. Di TBS ato di terminal Puduraya? Lalu dr klia2 menuju keterminal itu bagaimana caranya mas?
    Terimakasih mas.. Mohon pencerahan nya mas 😊

    1. Halo kak Sisi,

      Kalo saya check sih ngga ada bus ya dari Puduraya atau TBS yang menuju ke Hat Yai.
      Saran saya lebih baik cari tiket AirAsia aja dan terbang dari KLIA2 ke Phuket atau Krabi. Phi Phi Island bisa diakses dengan ikut tour harian dari 2 tempat / kota ini.

      Salam,
      Awan

      1. Saya malam ini transit di Malaysia (KUL) KLIA2 dari jam 19.55 sampai 23.55…. adakah temoat dan sarana transportasi yg bisa dipakai agar bisa sekadar keliling kota Malaysia ? thanks sebelumnya

        1. Halo kak,

          Maaf sekali ya saya baru bisa cek message. Berarti sudah balik dari KL ya? Maaf jadinya saya ngga sempat kasih info. Semoga semuanya lancar ya.

          Salam,
          Awan

  11. Kak tlg tanya saya rencana menginap di Hotel 99 di Sri petailing dan hendak pergi menonton konser di axiata arena…menurut kakak lbh baik saya ttp tinggal d daerah sri petailing atau pindah k tengah kota yah? Krna konsernya selesai sekitar jam 11 malam dan saya takut susah kendaraan…juga apakah lingk sekitar hotel 99 sri petailing it cukup aman?? Trims

    1. Halo kak Yuran,

      Maaf ya baru bisa balas2 pertanyaan lagi, semoga belum berangkat ke Malaysia. Axiata Arena itu di Bukit Jalil kan? Nah, itu malah lebih dekat ke Sri Petaling daripada ke tengah kota Kuala Lumpur. Disana juga ada Grab kok, pake aplikasi sama seperti yang di Indonesia.
      Soal aman atau tidak, yang penting kita selalu waspada ya. Selamat nonton konsernya πŸ™‚

      Salam,
      Awan

  12. Halo mas awan …
    Sangat terkesan banget baca2 review travel dr blog ini. Sekalian saya mau tanya.. kebetulan desember besok mau KL tpi cuma sendirian .. saya menginap di daerah bukit bintang dan hanya berada di KL selama 3 hri .. kira kira destinasi apa aja ya yang bisa dikunjungi dalam waktu 3 hari itu … terus kalo saya mau ke melaka gimana ya caranya ?? Mohon bantuan infonya gan …

    1. Halo kak,
      Terima kasih ya udah mampir di blog travelawan πŸ™‚ Kebetulan saya sudah sempat tulis itinerary untuk KL, nanti bisa dicontek aja ya, bisa dikurangi atau ditambah ke tempat2 lain yang mau dikunjungi. Bisa klik itinerary disini: https://travelawan.com/blog-travel/itinerary-wisata-singkat-dan-hemat-ke-kuala-lumpur-malaysia.html

      Dan cara ke Melaka bisa baca disini ya: https://travelawan.com/blog-travel/cara-dan-transportasi-ke-malacca-dari-kuala-lumpur-klia-dan-klia2.html

      Salam,
      Awan

  13. Makasih buat infonya mas…
    1. Mas mau tanya kalo naik Skybus dari KLIA2 ke KL Sentral Turunnya di mana ya apa sama dengan di bus Stop Go KL (Red Line)
    2. Trus kalo pulang dari KL Sentral Ke KLIA dengan Skybus (apakah bisa langsung atau ke KLIA2) naikknya di mana ya (bayangan saya khan KL Sentral besar) apa di KL Sentral Bus Stop (liat di GOGLE)… Trus kalo harus di KLIA2 setibanya di KLIA2 mau ke KLIA naik apa ya butuh waktu berapa lama… karena saya terbang jam 07:40
    3. Saya kebetulan pulang pas Hari Raya Idul Fitri pertama apakah semua Jam operasional Skybus dll masih sama?

    1. Halo kak Tonny, saya coba jawab pertanyaannya ya:

      1. Mas mau tanya kalo naik Skybus dari KLIA2 ke KL Sentral Turunnya di mana ya apa sama dengan di bus Stop Go KL (Red Line) >>> Tidak. Skybus berhenti di daerah basement terminal KL Sentral (khusus bus bandara dan yang ke Genting Highlands)
      2. Trus kalo pulang dari KL Sentral Ke KLIA dengan Skybus (apakah bisa langsung atau ke KLIA2) naikknya di mana ya (bayangan saya khan KL Sentral besar) apa di KL Sentral Bus Stop (liat di GOGLE)… Trus kalo harus di KLIA2 setibanya di KLIA2 mau ke KLIA naik apa ya butuh waktu berapa lama… karena saya terbang jam 07:40 >>> Naik yang ke KLIA, dari tempat waktu turun di KL Sentral (basement). Anggap aja perjalanan 1,5 jam. Jadi kalo flight 7.40 pagi, paling lambat jam 4 pagi sudah harus jalan dari KL Sentral

      3. Saya kebetulan pulang pas Hari Raya Idul Fitri pertama apakah semua Jam operasional Skybus dll masih sama? >>> Mustinya sama. Pas sampai di KL Sentral jangan lupa cek / tanya ke petugas bus di KL Sentral apakah ada perubahan jadwal pas Hari Raya?

      Salam,
      Awan

  14. Halo Mas Awan,

    Thankyou buat info-infonya Mas, saya rencana minggu depan ke KL bersama teman-teman (total rombongan 6 orang), kami menginap di KLCC, apakah lebih baik menggunakan grab atau taxi bandara ya Mas? untuk grab sendiri, apakah harus menggunakan nomor lokal (malaysia) atau dapat memesan menggunakan nomor indo?

    oh iya Mas, kami ber 6 ga membeli bagasi (untuk menghemat hehe) sehingga mengandalkan bagasi kabin. Saya pribadi berniat membawa koper ukuran 20inch (standard untuk kabin) dan ransel (ransel kuliah) menggunakan Air Asia, kira-kira sepengalaman Mas Awan, apakah diperbolehkan Mas?

    Terimakasih Mas.

    Best Regards,
    Joshua

    1. Halo kak Joshua,

      Pertama soal transportasi, kalo mau naik Grab misalnya 1 mobil diisi 3 orang juga masih ngga rugi kok. Grab sekitar 70-80 Ringgit. Pesannya pake aplikasi yang sama dengan di Indonesia, karena kita ngga bisa telpon driver karena pake nomer Indonesia, maka bisa message aja ke driver-nya. Janjian tunggu di exit berapa di bandara.

      Kedua soal barang bawaan ke kabin. AirAsia dari Malaysia itu biasanya sangat ketat soal timbangan bagasi dan bawaan. Usahakan di koper hanya 7kg, dan kalo sampe bawa ransel juga biasanya yang cuma untuk laptop, camera atau isi oleh2. Bukan ransel yang beratnya juga beberapa kg. Semoga jalan2nya lancar ya.

      Salam,
      Awan

      1. Hai Joshua,,,blognya saat bermanfaat..jadi kalau kita berangkat ber 3 or 4 orang..prefer pake grab yah ?? kalau pake air asia biasanya nunggu grabnya dimana ?
        oh ya kami rencanan pergi ber4 ke penginapan di regalia flyover regalia residence 2 jalan anjung putra Off jalan sultan kuala lumpur..kesana kira2 tarifnya berapa yah kalau pake grab ? itu lokasin apartment ya daerah bukit bintang bukan yah ? saya lagi memilih apakah pake grab or pake rekomendasi supir nya pemilik apartement dengan fee sekitar 100-120 RM

        1. Halo kak Dewi,

          Coba aja sekarang masukin alamatnya di aplikasi Grab, kalo emang jatuhnya lebih mahal dari 100 RM, ya mending pake jemputan. Tapi setau saya sih naik Grab ke daerah Regalia Residence mustinya kurang dari 100 RM ya.
          – Janjian sama driver Grab di exit tempat kita keluar dari arrival hall, lihat kita keluar dari pintu Exit nomer berapa.
          – Penginapan ini bukan di daerah Bukit Bintang.

          Salam,
          Awan

      1. Maksud saya , berangkat dari pekanbaru tanggal 28 may menuju kuala lumpur dan dari kuala lumpur di tanggal 28 mau langsung ke thailand naik kereta..jam berapa saja ya mas kereta ke thailand? saya sampai di kuala lumpur jam 3 sore .Terima kasih banyak telah membantu.

        1. Halo kak,

          Sudah tidak ada lagi kereta langsung dari Kuala Lumpur ke Hat Yai / Bangkok (Thailand), rute kereta langsung ini sudah ditutup dari 2 tahun lalu.

          Adanya naik kereta KTM ETS dari KL Sentral ke stasiun Padang Besar. Kalo mau lihat / check jadwal kereta KL ke Padang Besar bisa lihat lewat website easybook dot com. Yang pasti dari Padang Besar cuma ada 1 jadwal ke Bangkok, Train 46 – berangkat jam 18.00 waktu Malaysia. Jadi sebaiknya sudah pesan tiket online atau sampe di Padang Besar beberapa jam sebelum jadwal keberangkatan.

          Salam,
          Awan

  15. Hai mas kami bln dpn mau 2mggu dpn mau ke KL trs nginap di Eazy hotel trtulis Kl sentral, kami 3 dewasa 3 ank2 usia 11 thn lbh bagus naik bus ato grab ya? Dan tau harga bus brp sekarang /org?

    1. Halo kak Sardina,

      Kalo naik Grab XL belum tentu juga muat kalo bawa banyak koper juga, mau ngga mau 2 taxi.

      Ini bus maksudnya yang dari bandara ke KL Sentral? Kalo bus yang ini per orang bayarnya 11 Ringgit sekali jalan ya.

      Salam,
      Awan

  16. Hi…
    Saya mau tanya, saya tiba di KUL jam 10:35 di KLIA2 dan berangkat kembali jam 17:30 KUL – CGK, untuk manfaatin waktu transit 6 jam, apakah bisa saya jalan2 ke menara kembar petronas dalam waktu singkat dan kembali lagi ke bandara?, mohon share yah panduanya

    1. Halo kak Tomi,

      Maaf tapi waktu 6 jam sepertinya hanya cukup untuk di seputar bandara aja. Karena berdasarkan 2 kali pengalaman terakhir mendarat di KLIA2, untuk keluar imigrasi / pemeriksaan paspor aja memakan waktu 1 jam lebih. Dan sebaiknya check-in kembali 2 jam sebelum penerbangan, karena imigrasi untuk masuk juga kadang antreannya panjang (lebih dari 30 menit). Jadi sebenarnya waktu yang dimiliki diluar antre imigrasi dan harus check-in lagi cuma sekitar 3 jam, terlalu mepet kalo ke tengah kota dan ngejar ke menara Petronas.

      Salam,
      Awan

  17. salam mas awan,
    numpang tanya dari klia2 mau ke petaling street, 6 orang sebaiknya naik kendaraan apa ya? terima kasih

    1. Halo, apa kabar?
      Saran saya kalo dari KLIA2 mau langsung ke Petaling Street naik Grab aja. Tapi tergantung koper/bagasinya juga sih, apakah banyak atau ngga. Kalo banyak, Grab XL yang 6 seater juga belum tentu muat. Jadi mau ngga mau naik 2 mobil.

      Alternatif lain, bisa naik bus dulu ke KL Sentral, dan dari situ lanjut naik Grab. Atau naik kereta LRT ke stasiun Pasar Seni, dan lanjut jalan kaki ke Petaling Street.

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak Ichi,

      Paling cepat naik kereta KLIA Transit / KLIA Ekspres ya. Beli tiketnya yang tujuan ke Bandar Tasik Selatan – ini stasiun kereta yang terkoneksi dengan TBS. Nanti tinggal jalan kaki ke TBS.

      Salam,
      Awan

  18. Hallo Mas awan
    Rencana Minggu depan mau ajak keluarga liburan ke Kuala Lumpur
    Mendarat di terminal 1 Kl
    Penginapan Di the suites jalan sultan ismail
    4 orang dewasa
    2 anak kecil
    Ada recomend transpot atau Sewa MOBIL Mas ?
    Apakah jalan sultan ismail termasuk di KL Sentral ??
    Thx Mas awan

    1. Halo kak Kiki,

      Jalan Sultan Ismail itu cukup panjang dan bukan di daerah KL Sentral, tapi lebih dekat ke menara Petronas / Bukit Nanas.
      Kalo ber-6 mungkin bisa cek disana apakah ada Grab XL, kalo misalnya ngga muat karena bawa koper juga, mungkin lebih praktis dan masih lebih murah kalo naik 2 mobil Grab, dibanding sewa mobil van di counter2 yang ada di bandara.

      Coba aja bandingin nanti. Untuk 1 Grab sekitar 80 Ringgit, apakah 2 Grab lebih murah dari sewa 1 mobil van? Kalo sewa van ya enaknya bisa barengan. Tinggal dipilih aja kak nyamannya gimana.

      Salam,
      Awan

  19. Hi mas, mau nanya untuk KLIA Express/KLIA Transit letaknya di sebelah mana KLIA2 (khususnya saat landing dari AirAsia)? Sepengalaman mas, jika saya landing di KUL sekitar 10.15 kemudian perlu mengejar flight selanjutnya di KLIA sekitar 13.00, dengan durasi 2.45, terkejar tdk ya? Mohon pencerahannya. Terimakasih

    1. Halo kak,
      Lokasinya harus jalan masuk ke mall yang nyambung dengan KLIA2. Jalannya lumayan juga. Catatan aja, imigrasi KLIA2 itu bisa lama sekali. 2 kali terakhir saya ke KL antre keluar imigrasi itu bisa sekitar 1 jam. Jadi ya sepertinya harus buru2, tapi mustinya jarak 2 jam 45 menit masih oke, selama pesawatnya sampe ke KL ngga delay.

      Salam,
      Awan

  20. Selamat pagi Mas Awan, salam kenal dan terima kasih untuk blognya yang bermanfaat.
    Maaf saya mau nanya, saya lihat banyak rekomendasi pakai grab kalau dari KLIA / KLIA2 ke tujuan ya, kebetulan saya rencana nginap di daerah bukit bintang.
    Beberapa tahun lalu saya naik bus dan nyambung monorel dari KL Sentral.
    Nah karena trip ini bersama Anak Istri dan Mertua, memang prefer pakai grab sesuai saran Mas Awan.
    Yang mau saya tanyakan,
    1. kalau mau ke Genting ( Kuil Chin Swe ) apakah bisa langsung pakai grab dari bukit bintang? Untuk Pulangnya juga bisa? Apa banyak Grab beroperasi di daerah Genting.
    2. Apa benar rate grab kalau tempat yang banyak direquest atau dikunjungi beda ? Saya sempat test rate KL sentral – Genting dan Bukit Bintang – Genting, hasilnya lebih mahal KL Sentral – Genting.
    Terima Kasih Sebelumnya

    1. Halo mas Wandi,

      Berikut saya coba jawab ya.
      1. Ke Genting selain naik bus yang ada di KL Sentral tentunya juga bisa pesan Grab. Dari Genting juga ada Grab, tapi saya ngga tau apakah pada saat mas pergi akan banyak, karena tergantung hari juga.
      2. Untuk soal harga saya kurang tau mas, itu sudah ketetapan dari Grab-nya. Mungkin ke Genting lebih mahal karena perhitungan Grab-nya akan lebih susah dapatin orderan balik dari Genting.

      Selamat jalan2.

      Salam,
      Awan

  21. Mas Awan,
    Kalau akan menuju alamat di bawah ini dari KLIA2, prefer naik Bus/Kereta/Grab? Saya bawa istri plus anak 5th & 8th:
    mercu summer suite jalan cendana of jalan sultan ismail 50250 kuala lumpur., 50250 Kuala Lumpur

    Matur nuwun

    1. Halo mas Rustanto,

      Kalo ber-4 saran saya langsung naik Grab aja. Enak ngga ganti2 kendaraan umum dan nyaman langsung sampai di alamat. Selamat jalan2 mas πŸ™‚

      Salam,
      Awan

  22. Hayy ..
    Mohon infonya , rncana may ini mau libur ke KL , dan landing d KLIA 2 pagi jm 9, saya suami dan anak saya yg usia 4 thn, mau tnya kbtulan hotel kami d KL sentral, lebih baik naik bus atau grab ya? Makasih,

    1. Halo kak Ima,

      Kalo naik bus juga ngga masalah, karena masih pagi. Paling sebelumnya cek2 lokasi hotelnya di sebelah mana KL Sentral. Kalo jalannya ngga jauh dari KL Sentral jalan kaki oke kok. Tinggal pasang cek Google Map aja untuk pandu jalan ke hotelnya.
      Tapi kalo mau praktis, naik Grab. Tarif sekitar 70-80 Ringgit ke KL Sentral.

      Salam,
      Awan

  23. Haloo…

    Mohon infonya ya. Kira-kira dari KLIA ada transportasi yg langsung ke Johor Bahru ga? Karena saya rencananya mau langsung ke JB. Berangkat dari KNO (19.25) – KL (21.30) dgn Air Asia. Saya liburan dengan keluarga, bawa anak kecil 2 orang dan bawaan koper. Bisa rekomendasiin transportasi yg cocok ga?

    Terima kasih

    1. Halo kak Anita,

      Ada bus Starmart Express, terakhir jam 23.45. Cek jadwal dan beli tiketnya lewat easybook dot com aja. Pesan online supaya pasti dapat seat, karena 1 bus isinya cuma 27 seat.

      Salam,
      Awan

        1. Halo kak Anita,

          Dari KLIA/KLIA2 hanya ada kereta KLIA Ekspres atau KLIA Transit. Tidak ada KTM dari bandara.

          Tiket ke JB memang ngga ada yang langsung, jadi harus beli / pesan tiket KTM KL – Gemas… Turun di Gemas, dan naik kereta lain ke JB. Tinggal pintar2 atur jadwalnya, supaya di Gemas ngga nunggu terlalu lama atau harus nginap.

          Salam,
          Awan

  24. Halo mas awan saya mau nnya dong,,
    Kalo dr KLIA1 itu ada bus yg menuju KL sentral atau bukit bintang gak yaa??
    Saya pergi ber3 kira2 recommended menurut mas awan lbh murah naik apa dr klia1 menuju KL sentral atau bukit bintang??
    Tolong dijwb terima kasih

    1. Halo kak Erwin,

      Kalo baca di artikel ini sudah saya jelaskan memang dari KLIA/KLIA2 harus naik bus dulu ke KL Sentral, ngga ada yang langsung ke Bukit Bintang. Tapi kalo mau praktis, walau lebih mahal dari naik bus, bisa naik Grab ya.

      Salam,
      Awan

  25. mas nya hebat yang nanya dijawab satu2 dengan sabar walau pertanyaan nya repost…

    saya nanya dikit ya, saya balik dari KL pesawat jam 9 pagi, aman gak naik SkyBus? kira2 yang jam brp aman nya?
    oiya maksud 1-Utama itu apa? KLIA 1 kah?
    ada rekomendasi hotel di KL Sentral? yang bintang 2-3
    makasih

    1. Halo kak Karim,

      Hehehe… wajib dijawab dong kalo ada yang nanya. Walau pertanyaannya berulang2 ya πŸ™‚

      Skybus dari KL Sentral ada dari jam 3 pagi. Kalo flight jam 9 pagi, bisa naik yang jam 5.30 atau 6 pagi paling lambat.

      1-Utama itu nama daerah, bukan KLIA (KLIA1). Kalo hotel di KL Sentral banyak… saya pernah di Hotel Sentral, My Hotel, dan yang lumayan baru Nu Sentral Hotel.

      Salam,
      Awan

  26. halo mas, mau nanya dari KLIA 2, sy mau ke hotel di daerah petaling street / china town, lebih baik naik train express or grab ya? n kalo naik train express, rutenya kemana lg u/ sampai ke china town.? kita pergi 3 org. makasih sebelumnya.

    1. Halo kak Rara,

      Pastinya lebih murah langsung naik Grab Car, sampe hotel di daerah Petaling Street ngga lebih dari 100 Ringgit.
      Sementara kalo naik kereta KLIA Ekspres, dari airport ke KL Sentral per-orang 55 Ringgit, plus repot nyambung kendaraan umum lain untuk sampe ke Chinatown.

      Salam,
      Awan

  27. Hai mas awan, kami (3orang) rencana ke malaysia tgl 20 april 2018 penerbangan MAL landing di KLIA1 , lebih mudah sebaiknya kita naik kereta express atau taxi menuju hotel didaerah KLCC?pertanyaan kedua dari daerah KLCC menuju KL sentral bisa naik apa?terima kasih….

    1. Hi kak Dini,

      Kalo bertiga lebih hemat naik Grab aja. Soalnya naik kereta airport – KL Sentral seorangnya udah RM 55.
      Dari KLCC ada stasiun kereta komuter di bawahnya, tinggal naik itu menuju ke KL Sentral ya.

      Salam,
      Awan

  28. Dear Mas,

    Numpang tanya
    1.Kalo mau ke Genting langsung dari KLIA2 naik apa yah dan kira2 brp
    2,Kalo dari Genting ke Bukit Bintang naik apa dan kira2 brp
    Kami rencana 8 orang
    Terima kasih

    Regards,
    Suanto

    1. Halo kak Tan,

      Daya jawab dibawah ini ya:
      1. Ada bus KLIA/KLIA2 ke Genting Highlands, tanya ke petugas/information di bandara untuk tempat tunggu bus-nya ya. Tiket RM 35 per orang.
      2. Dari Genting ada bus ke KL Sentral. Dari KL Sentral lanjut naik monorail ke Bukit Bintang.

      Salam,
      Awan

      1. Hai Mas Awan,

        melanjutkan pertanyaan di atas, kalau dari KLIA2 naik bus menuju Genting itu kita langsung turun di Genting Highlands nya? karena saya rencana menginap di First World Hotel Genting. karena saya baca ada yang melanjutkan perjalanan ke Genting Highland dengan menggunakan skyway. Terima Kasih

        1. Halo kak Chia,

          Turunnya nanti di terminal bus Genting, lokasinya sebelah Skyway. Kalo nginep di First Hotel biasanya lanjut naik shuttle dari terminal bus ke hotelnya, karena kalo bawa koper besar ngga bisa naik Skyway. Coba baca info di website hotel atau email tanya ke hotelnya ya untuk info lengkapnya.

          Salam,
          Awan

  29. Hi Mas Awan…saya rencana ke Bangkok dan Transit di KLIA1 ( naik Lion Air ), dan change ke KLIA2 karena naik Air Asia ke Bangkoknya. Kebetulan Jadwal Flight dapet yang malam smpe KL jam 12 malam. Sedangkan saya lihat Last trip nya pukul 1 dan takut gak ngejar, dan First tripnya jam 5 pagi ( penerbangan ke Bangkok jam stgh7 ) takut gak ngejar juga. Tips dong naik taxi yang murah dari KLIA ke KLIA2 tengah malem gitu. Tks πŸ™‚

    1. Halo kak Basteean,

      Ada shuttle bus gratis antar terminal ya yang beroperasi 24 jam. Nanti setelah keluar dari arrival, tanya aja ke petugas/information di KLIA, bisa naik busnya dari sebelah mana (ada petunjuk arahnya juga).

      Salam,
      Awan

  30. Halo mas awan, saya rencana juli ke KL, sampe KL jam 5 sore , rencananya mau langsung ke SG pake kereta malam.. Mohon infonya kalau dari bandara ke SG pake kereta malam naik apa aja ya mas awan? Saya pergi bertiga sama suami dan anak saya bayi 1 tahun

    1. Halo kak Reisya,

      Apa sudah dapat info kereta dari KL ke Singapurnya? Setahu saya sih ngga ada kereta yang langsung ya, cuma sampai Johor Bahru. Dan itu pun beli tiket keretanya:
      – KL Sentral ke Gemas (Negeri Sembilan) – Transit disini
      – Gemas ke JB Sentral
      – Terus nanti lanjut masuk perbatasan Singapura lewat Woodland.
      Untuk jadwal kereta KL Sentral ke Johor Bahru (JB Sentral) bisa cek2 jadwal di website Easybook dot com.

      Dari KLIA/KLIA2 kalo mau naik kereta, semuanya harus dari KL Sentral ya. Dan cara ke KL Sentral adalah yang saya tulis di artikel ini, bisa naik bus, taxi, Grab atau kereta KLIA Ekspres/Transit.

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak Apen,

      Nonton MotoGP ngga susah kok, ada kendaraan umum untuk menuju ke lokasinya. Yang pasti kalo soal nginap murah kakak bisa cari di sekitar daerah KL Sentral. Mulai tahun 2017 kemarin sepertinya ada bus service di musim MotoGP, beli tiket busnya di KL Sentral, LRT stations di KLCC, atau LRTMasjid Jamek. Nanti tinggal tanya aja ke petugas disitu ya, kak. Bus berangkat tiap 30 menit sekali, harga tiket sekali jalan sekitar MYR 20.
      Ada juga bus untuk ke lokasi Moto GP dari Transport Hub KLIA2 ya.

      Salam,
      Awan

  31. Selamat malam Bang.. mohon infonya saya ada rencana ke KL dan Malaka pada tgl 15 sd 18 Maret 2018 .bersama keluarga 5 orang dewasa. Yg saya tanyakan untuk Tour Malaka dimana bisa saya dapat infonya. Terima kasih

    1. Halo kak Eva,

      Kalo untuk bus hop on hop off di Melaka sekarang sedang ngga beroperasi. Paling naik bus umum no. 17 / jurusan ke Ujong Pasir, yang lewatin Bangunan Merah. Turun Bangunan Merah dan jalan kaki ke Jonker Street yang jadi pusat kota tua Melaka.

      Salam,
      Awan

  32. assllam muallaikum bang…
    bang.. sy mau nanya nih,, sy rencana tgl 4juli brngkat..dri singapore naik bus ke kuala lumpur (mlm hari).. sampainya inysa ALLAH pagi ya bang.. kalau mislkan sy tiba pagi dikuala lumpur,, bisa nggak sy langsung trip kuala lumpur, bgusnya itu sy langsung ke mana ya bang.. soalx balik dari kuala lumpr tgl 6juli jam 09.20 air asia.. kira” sy bisa dapt berap spot ya bang dikuala lumpr.. dan bgusx sy naik apa dari tmpt sy tba di kuala lumpur..soalx baru pertama kali keluar negri nih bang,, hehehehe.. mksh sblumnya bang.. brkat bersam keluarga..

    1. Halo bang Kholik,

      Kalo sehari di Kuala Lumpur lumayan banget kok bisa ke beberapa icon / tempat wisata wajib kota ini:
      – Twin Towers Petronas
      – Central Market
      – Petaling Street (Chinatown)
      – Batu Caves
      – Bukit Bintang
      – Jalan Alor (malam – pusat kuliner)

      Sebagian besar bisa naik kereta komuter/KTM dan kalo ke Bukit Bintang dan Jalan Alor bisa naik monorail.

      Bisa baca2 juga itinerary Kuala Lumpur yang pernah saya tulis:
      https://travelawan.com/blog-travel/itinerary-wisata-singkat-dan-hemat-ke-kuala-lumpur-malaysia.html

      Salam,
      Awan

  33. Hallo kak..maaf numpang nanya kl dari klia2 ke kl sentral dan sebaliknya menggunakan bus perjlnan nya kurang lbh brp lama ya? Lbh cpt mana dgn taxi/grab?

    1. Halo Shintya,

      Kalo naik bus sekitar 1 – 1,5 jam, tergantung situasi jalanan. Sementara kalo naik Grab biasanya lebih cepat dan bisa langsung diantar ke hotel tujuan.

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak Yuniar,

      Ada KL TravelPass ya. Untuk info lengkapnya bisa cek di kliaekspres dot com ya.
      Harga dengan naik kereta KLIA Ekspres sekali jalan 70 Ringgit & harga PP 115 Ringgit. Plus bisa naik kereta komuter & monorail selama 2 hari.

      Salam,
      Awan

  34. mlm mas.. tgl 9 feb bsok sy mau ke kl.. pswat jam 8.30mlm.. kyknya mau stay di bandara.. nah paginya mau lgsubg ke batu caves.. siang lgsung ke petronas.. mohon petunjuk hrus naik apa ke sana.. atau sy ke Kl central dlu bru ke batu caves.. abis sr baru caves balik ke Kl central lg.. nah dr Kl central sy mau naik gokl (free bus) ke petronas.. ada tdk ya.. mohon infonya.. terima kasih

    1. Halo kak Thea,

      Yang penting dari KLIA/KLIA2 ke KL Sentral dulu, dan paling murah adalah naik bus SkyBus atau Aerobus (11 Ringgit sekali jalan).

      Dari KL Sentral tinggal naik kereta KTM ke Batu Caves. Dan kalo udah balik lagi ke KL SEntral mau ke Petronas, selain naik bus Go KL, juga bisa naik kereta komuter ke stasiun KLCC ya. Untuk info bus Go KL selengkapnya bisa cek langsung di website-nya ya.

      Salam,
      Awan

        1. Halo kak Thea,

          Bisa baca di artikel ini lagi ya… saya tulis semua lengkap.
          Intinya kalo mau murah naik bus yang ke KLIA/KLIA2 – ada Skybus atau Aerobus (tempat naik busnya nanti tanya di bagian penerangan / petugas KL Sentral. Naik bus sekali jalan 11 Ringgit.

          Dan kalo mau cepat, tapi lebih mahal naik kereta KLIA Ekspres / KLIA Transit, per orang sekali jalan 55 Ringgit.

          Salam,
          Awan

      1. halo kak…
        mau tanya nih….saya kan rencana mau ke KL tgl 14 februari ini ya,,sy sdh booking hotel di hotel YMCA kuala lumpur yg berada di jalan Padang Belia Brickfields…kalau dari bandara sebaiknya saya naik transportasi apa ya?saya 4 org dewasa, 1 naka kecil dan 1 bayi…baik nya naik transportasi apa ya yg murah dan nyaman??
        dan baik nya utk tmpt wisata yg terdeekat lebih kemana dulu ya supaya tidak bolak balik…trims kak sebelumnya

        1. Halo kak Yusuf,

          Kalo mau praktis coba pesan Uber yang XL, atau kalo Grab ada pilihan untuk yang van (Grab Car Plus) coba pilih itu aja. Naik taxi juga bisa, cuma mungkin harus tawa menawar. Biasanya sekitar 100 Ringgit.

          Untuk tempat wisata, daerah Briksfield itu ngga terlalu jauh dari KL Sentral dan tempat2 wisata yang dalam kota KL semuanya ngga terlalu jauh (bisa naik bus atau kereta komuter). Kalo ke Batu Caves bisa naik kereta KTM dari KL Sentral. Sementara kalo ke Genting Highlands ada bus dari KL Sentral juga.

          Salam,
          Awan

  35. Hai mas,
    Lebih murah mana Naik airport budget taxi atau Grab kalau dr KLIA ke Bukit bintang? Kalau pesen Grab car di KLIA, biasanya kita nunggu dimana?

    Saya rencananya akan mengambil penerbangan jam 6 pagi dr KLIA, otomatis sy hrs sdh ada di airport pd pukul 4 subuh. Apakah aman bagi cewek menggunakan Grab car jam segitu untuk menuju airport dari Bukit Bintang?
    Mohon informasinya
    Thank you!

    1. Halo kak Tasya,

      Kalo Grab kan aplikasinya sama seperti disini, jadi bisa terdeteksi ada dimana. Saran saya naik Grab aja. sama taxi biasa biasanya harus tawar menawar dulu, kalo Grab kan udah ketauan berapa. Nanti janjian ketemunya tinggal message aja ke driver-nya, kakak tunggu di depan Exit berapa di KLIA.

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak, kalo sekarang favorit saya adalah di sekitar KL Sentral. Praktis mau kemana2 gampang.
      Pilihan kedua, Bukit Bintang. Kalo dekat KLCC biasanya hotel berbintang semua dan akses kendaraan umum seperti kereta komuter agak jauh.

      Salam,
      Awan

  36. Hi mas hehe nanya dong, kan kita naik skybus ni ya dari KLIA 2 ke KL Senter. itu kan 11 RM nah kalo mau balik kesana lagi besoknya, ada ga yaa ? atau mending naik uber aja dari bukit bintang ke KLIA 2?

    1. Halo kak Dinda,

      Pasti ada dong bus baliknya… masa cuma searah? πŸ™‚ Bisa aja naik SkyBus lagi (dari tempat turun saat dari bandara di KL Sentral). Ataua kalo pergi 3-4 orang, naik Grab juga lebih praktis. KL Sentral ke bandara sekitar 70-80 Ringgit ya.

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak, semua bus yang keluar dari Kuala Lumpur terpusat di terminal TBS (Terminal Bersepadu Selatan) ya. Cara kesini dari stasiun KL Sentral naik kereta KTM atau KLIA Transit (bukan KLIA Ekspres ya), turun di stasiun Bandar Tasik Selatan.

      Untuk harga tiket bus saya kurang update, karena sekarang sudah ngga pernah naik bus lagi untuk perjalanan KL – Singapore, tapi bisa cek di situs Easybook dot com. Disitu lengkap jadwal bus, nama bus dan harganya.

      Salam,
      Awan

  37. Slamat siang mas awan
    Saya boleh nnya ya
    Kalau dari kl sentral ke haythai thailand
    Itu naik apa ya?
    Kalau bisa info harga transpor nya ??
    Mksh ya

    1. Halo kak Yuniar,

      Saya pribadi belum pernah naik kereta atau bus dari Kuala Lumpur ke Hat Yai.
      Tapi kalo mau gampang coba buka easybook dot com, di situ bisa langsung cek harga bus (kalo dari kuala Lumpur berangkatnya dari terminal bus TBS), dan kalo kereta dari KL Sentral.

      Salam,
      Awan

        1. Halo kak Yuniar,

          Di dekat Petronas umumnya hotel bintang 5. Untuk list lengkapnya mungkin bisa cek di Agoda atau Booking dot com ya. Saya di KL ngga pernah nginap sekitar sana, karena selalu cari hotel budget. Kalo kakak maksudnya mau cari hotel budget juga, bisa pilih di sekitar stasiun KL Sentral, bisa cek Nu Sentral Hotel, Easy Hotel KL Sentral dan banyak hotel budget lainnya.

          Dari hotel2 ini tinggal ke KL Sentral, naik kereta komuter ke menara kembar Petronas, turun di stasiun kereta KLCC ya. Ngga susah kok. Atau kalo pergi 3-4 orang, saran saya naik Grab atau taxi.

          Salam,
          Awan

  38. Bang mau numpang tanya, saya kali pertama mau pergi ke KL tapi saya masih bingung. kalo Airasia itu di terminal berapa ya kalo di KLIA 2?

    1. Halo kak Putri,

      KLIA2 ngga ada terminalnya… karena satu KLIA2 itu khusus penerbangan AirAsia semua ya. Yang beda lokasi kalo mendaratnya di KLIA.

      Salam,
      Awan

  39. Kak tlg tnya saya rencana mw k KL sekitar juli akhr nah it sya naik Air Asia pesawat mendarat sktr pukul 00.45 dan saya berencana menginap di I-Hotel daerah Chinatown kalo menurut petunjuk hotelnya…pertanyaan saya sebaiknya saya naik apa ych kak utk ke hotelnya?? Berapa kira2 perkiraan biayanya dan apakah aman? Saya ber3 dengan teman saya..trims..

    1. Halo kak Fei,

      Sorry ya baru sempat balas message-nya. Kalo mendarat tengah malam gitu, saran saya mending naik Grab aja. Jadi bisa diantar langsung ke hotelnya, apalagi kalo bertiga satu mobil ngga rugi. Tarif sekitar 70 – 80-an Ringgit ya.

      Salam,
      Awan

  40. Hallo Mas Awan, apa kabar?
    Mas Awan ada rekomendasi tur&travel untuk bawa rombongan sekitar 45 orang ke Kuala lumpur, Genting dan Langkawi kah?
    Thanks

    1. Halo kak Agnes,

      Maaf sekali saya baru sempat balas. Dan maaf juga kalo kenalan tour di Malaysia ngga ada nih… Semoga bisa segera dapat infonya dari tempat lain ya, kak.

      Salam,
      Awan

  41. Malam. Saya mau nanya. Saya akan berlibur di tanggal 8 februari ini ke KL dan menginap di bukit bintang. Dan saya aka terbang pulang jam 9 pagi pd tgl 10. Menurut yg saya baca MRT dari bukit bintang start jam 6. Trs alternatif naik apa ya mas supaya saya bisa tiba di klia pd pukul 7 pagi?? Agar sy tidak ketinggalan pesawat. Mhn sharingnya

    1. Halo kak Siti,

      Perginya berapa orang ya? Kalo 3-4 orang saran saya naik Grab aja. Cuma 70-80 Ringgit sampai di KLIA. Alternatif lain, naik taxi atau Grab ke stasiun KL Sentral, dari situ ada bus SkyBus atau Aerobus yang ke KLIA/KLIA2 mulai jam 3 pagi.

      Salam,
      Awan

        1. Halo kak Novi,

          Di Kuala Lumpur ya? Sama aja seperti di Jakarta, cuma beda bahasa aja kan. Sepertinya aman2 aja ya, kan Grab sudah tau tujuannya kemana, jadi mustinya kalo ngga fasih bahasa Inggris ngga masalah. Drivernya bisa cek Google Map atau Waze. Semoga trip-nya lancar ya kak.

          Salam,
          Awan

  42. Mas sya rencana mau ke KL sama istri dan anak .. kira2 dr bandara menuju hotel yg letak nya di bukit bintang enakan naik transportasi apa ya ?? Dan biaya harga ke hotel brp kira2 ?? Thx mas

    1. Halo mas Alex,

      Kalo sama anak istri enaknya naik Grab / Uber aja. Sekali jalan sekitar 70-80 Ringgit. Kalo naik bus (seorang 11 Ringgit), ke terminal KL Sentral dulu dan nanti harus sambung lagi naik monorail atau Grab/Uber. Terserah mana yang nyaman buat mas & keluarga.

      Salam,
      Awan

  43. Halo mas, saya ada rencana ke KL pake air asia dan pilih penerbangan mlm, sampai KL jam 00.45, kalau jam segitu untuk ke bukit bintang transportasinya apa ya mas?
    Mohon bantuannya.. Makasih

    1. Hi Kak Feni,

      Jadwal terakhir kalo malam bus yang ke KL Sentral adalah jam 2.45 pagi. Setelah itu bus berikutnya baru jam 5 pagi.
      Kalo sampe kelewat jadwal yang tengah malam itu, bisa aja naik Grab atau Uber – sekali jalan sekitar 70-an Ringgit.

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak Rio,

      Di Bukit Bintang dan kalo di KL Sentral bisa tukar di beberapa money changer yang ada di mall Nu Sentral (samping gedung KL Sentral).

      Salam,
      Awan

  44. Halo Mas Awan mau tanya donk,,
    Tgl 5-8 Feb nnti saya dan suami mau ke KL.. boleh ga share itinerary selama 4 hri 3 mlm kemana aja di KL?
    Klo mau ke Genting Highlands dari Easy Hotel KL Sentral naik apa yaa?
    Trus selain Transportasi MRT, LRT,Komuter,Grab,Go KL ada ga sih aplikasi bus di malaysia biar gampang klo mau naik bus?
    Simcard malaysia kalo beli dimana yaa mas yg murah?
    Mohon pencerahannya mas..
    Makasih..

    1. Halo kak Meika,

      Untuk contoh itinerary bisa lihat di posting blog saya juga ya, link: https://travelawan.com/blog-travel/itinerary-wisata-singkat-dan-hemat-ke-kuala-lumpur-malaysia.html

      Ke Genting Highlands dari KL Sentral tinggal naikbus khusus ke Genting yang ada di lantai bawah KL Sentral (tanya ke information disana untuk peunjuk arahnya).

      Di Malaysia/KL tidak ada aplikasi untuk bus. Cuma ada untuk Grab dan Uber (pakai aplikasi yang sama dengan Indonesia).

      SIM Card murah, saya bisanya beli DIGI yang 20 Ringgit (berlaku 5 hari), langsung beli di dalam bandara begitu baru mendarat.

      Salam,
      Awan

      1. Makasih yaa mas buat jawabannya.. tpi saya mau nnya lagi mas.. maaf ngerepotin..

        kalau misalnya dari Easy Hotel KL Sentral ke Mesjid Negara enaknya naik apa yaa mas?

        Trus klo misalnya pas nyampe bandara kita mau langsung ke Putra Jaya apakah di stasiun putra jaya ada penitipan loker buat koper mas? Aman ga yaa? Sampe stasiun putrajaya ke mesjid pink naik apa yaa mas?

        Maaf yaa mas awan byk tnya..

        Makasih

        1. Halo kak Meika,

          Ke Masjid Negara paling efektif naik taxi/Grab. Kalo mau naik kendaraan umum lain dari KL Sentral paling naik komuter ke stasiun Pasar Seni atau stasiun kereta Kuala Lumpur, lanjut jalan kaki (cukup jauh juga).

          Maaf saya ngga ada info apakah di stasiun Putra Jaya ada locker untuk titip koper atau ngga? Untuk ke Masjid Pink paling efektif naik taxi atau Grab dari stasiun. Kalo di weekend ada tour, cuma tournya ke tempat2 lain juga selain Masjid Pink. Jadi kalo waktu terbatas lebih baik jalan sendiri.

          Salam,
          Awan

  45. Hai Kak, postingan kakak sangat membantu kak^^

    tapi saya juga mau nanya kak, rencana saya dan teman saya mau ke Malaysia tgl 30 Maret 2018 dan sampai KLIA2 sekitar jam 14.10 dan akan menginap di Hotel KLCC parkview residance yg beralamat di Jalan Changkat perak, kuala lumpur. nah kalo untuk transportasi dr KLIA2 ke KLCC parkview residance saya harus naik apa ya kak? tolong dijawab ya kak..terima kasih..

    1. Halo kak Nur,

      Kalo mau praktis dan lebih murah bisa langsung naik Grab atau Uber dari KLIA2. Kalo mau lebih hemat, bisa naik bus airport dulu (SkyBus atau AeroBus) ke KL Sentral, dan dari situ baru naik taxi, Grab atau Uber.

      Salam,
      Awan

  46. Halo mas selamat malam, terimakasih artikelnya sangat membantu sekali. Saya ingin nany, akhir bulan ini kan saya ke HKG dan transit di KL 1hari 1 malam
    Saya smpe di KL pukul 1 dinihari untuk jadwal pesawat, apa klo mau naik skybus ke KL sentral untuk jm landing saya mumpuni gk ? Atau lebih baik nyewa hotel di airportnya ? Mohon bantuan blsanny terimakasih

    1. Halo kak Ayu,

      Nanti sampe di KLIA/KLIA2 jam 1 pagi… terus terbangnya lagi besoknya jam berapa ya? Kalo punya waktu sampe besok malamnya lagi dan mau naik bus ke KL Sentral ngga masalah. Cari hotel yang deket KL Sentral juga, supaya tinggal jalan kaki. Lebih praktis lagi kalo naik Grab. Tarif cuma 70-80 Ringgit dari KLIA/KLIA2 ke daerah KL Sentral. Kalo pergi 3-4 orang lebih baik naik Grab sih, jadi langsung di drop di hotelnya.

      Tapi kalo transit dan besok paginya harus ke bandara lagi, mending pilih hotel di seputar bandara. Cari yang bisa jalan kaki dari KLIA2, seperti Tune Hotels.

      Salam,
      Awan

  47. Halo kak.. Mau tanya kalau dr easy hotel @kl sentral ke kl sentral nya apa bisa dg jalan kaki? Dan jalan nya apakah terbuka 24 jam? Rencana mau menginap di easy hotel. Tp penerbangan jam 7 pagi. Jadi mungkin menuju klia2 harus fajar. Thanks

    1. Halo kak Dewi,

      Pastinya bisa jalan kaki kok. Kalo mall Nu Sentral masih buka bisa akses lewat mall-nya. Kalo mall tutup, bisa lewat jalan biasa keluar dari KL Sentral dan tinggal nyebrang ke jalanan hotelnya. Kalo penerbangan jam 7 pagi setidaknya naik bus yang jam 4 subuh. Atau kalo mau praktis bisa naik Grab, sekitar 70-80 Ringgit sekali jalan.

      Salam,
      Awan

  48. Halo mas Awan, rencana Januari 2019 saya mau ke Malaysia dan menginap di Dragon Inn Premium Hotel, Jalan Petaling. Dari KL Sentral ke hotel enaknya naik apa ya mas? Terimakasih

    1. Halo kak Avia,

      Maksudnya hotelnya di Petaling Street kan ya? Kalo mau gampang sih naik Grab, tapi kalo mau naik kendaraan umum lainnya nanti dari KL Sentral naik kereta komuter yang lewat stasiun Pasar Seni. Turun di situ dan masih harus jalan kaki sekitar 10 menit kali ya kalo saya lihat dari peta hotelnya.

      Salam,
      Awan

  49. kakak mau tanya rencana tahun 2018 mau nontot moto gp. nginep di hostel POD’s deket KL sentral ya? nah tuh turn bandara bisa naik buskan ya ke KL sentral? terus mau tanya kalau dari KL sentral ke sircuit sepang enaknya naik transportasi apa yg cepet dan murah. saya solo backpacker dan baru pertama mau nonton motogp langsung. makasih

    1. Halo kak Rudi,

      Dari KLIA/KLIA2 ada bus yang ke KL Sentral.

      Untuk ke Sirkuit Sepang bisa naik KTM Komuter yang line biru (Seremban Line), nanti turunnya di Stesen Nilai (nama stasiunnya Nilai). Dari Stasiun Nilai ini nanti lanjut naik Sepang Omnibus menuju Sirkuit Sepang, berangkatnya setiap 30 menit sekali. Info lebih update nanti coba langsung tanya ke petugas di stasiun tersebut ya.

      Salam,
      Awan

  50. Halo mas awan.
    Saya bulan depan mau ke malaysia tujuan bukit bintang.
    Kalau naik bus dari KLIA2 turun di KL sentral, lalu naik bus lagi atau monorail untuk ke bukit bintang nya? Dan itu berapa ringgit?
    Atau lebih baik naik grab? Tapi kira2 berapa ya?
    Kebetulan saya nginap di hotel nana’s inn.

    Kalau di bandara ataupun KL sentral ada wifi gak ya mas?

    Terimakasih

    1. Halo kak Achie,

      Apa kabar? Dari KL Sentral naik monorail ke Bukit Bintang sekitar 2,5 Ringgit ya. Naik Grab mungkin sekitar 10-15 ringgit. Kalo mau praktis, naik Grab aja langsung ke hotelnya.

      Di KLIA ada wifi, tapi KL Sentral ngga ada ya.

      Salam,
      Awan

  51. Hai kak,
    saya mau tanya kalau mau beli kartu perdana di malaysia dimana sebaiknya kak ?
    dan kalau mau beli voucher internet di malaysia bagaimana ?

    untuk pembayaran kereta disana pakai cash atau e-money kak ?

    1. Halo kak Nova,

      Begitu mendarat ada counter2 untuk beli SIM card perdana kok. Yang paling murah kalo pilih paket data internet aja tanpa pulsa telpon. Saya sih biasanya beli DIGI – cuma RM 20.

      Kereta di Malaysia beli tiket di counter. Bayar bisa cash, atau kalo kaya KLIA Ekspres/Transit bisa beli pake kartu kredit juga.

      Salam,
      Awan

  52. Hi Mas Awan… salam kenal kami sekeluarga rencana ke Kl tgl 22s/d 25 des ini.. nyampe Kl jam stngh 11 pagi. nginap di hotel capitol jalan bulan kira2 dari KL sentral ke hotel naik apa ya qta ber7 org, trmksh sblmnya

    1. Halo kak Dwi,

      Salam kenal juga ya. Kalo rame2 sih praktisnya naik Grab atau Uber aja, pesan 2 mobil. Dari KLIA ke tengah kota itu sekitar RM 70-80, lebih murah daripada naik kereta KLIA Ekspres yang seorang aja udah RM 55 sekali jalan.

      Salam,
      Awan

  53. Halo mas,
    Naik KLIA Expres ke KL sentral, ada sampai malam tidak ya? Saya sampai disana sekitar jam 22:00
    Terus dari KL Sentral ke bukit bintang kalo udah malam gitu naik apa ya mas?
    Terima kasih

    1. Halo kak,

      KLIA Ekspres sampai jam 12 malaman. Nanti lanjut naik taxi aja, begitu sampe di KL Sentral nanti ke counter budget taxi aja, bayar dan dapat voucher untuk naik taxi untuk lanjut ke Bukit Bintang. Monorail cuma sampe jam 11 malam.

      Salam,
      Awan

  54. Hi Mas Awan… kami bertiga rencana ke Kl tgl 23 s/d 26 des ini.. nyampe Kl jam 10 pagi. nginap di hotel the Journal KL Bukit bintang… kira2 dari KL sentral ke hotel bagusnya pakai apa.. trus kira2 kemana saja ya selama di KL dan genting? hotelnya dekat tempat keramaian gak? thanks info

    1. Halo mbak,

      Saran saya dari KL Sentral naik taxi aja, ada loket khusus untuk pesan taxi. Bayar di loket dan nanti dapat voucher sebelum naik taxi. Atau paling gampang, pesan Grab. Karena lokasi hotel harus jalan kaki lagi dari stasiun monorail Bukit Bintang.

      Dari hotel ke Bukit Bintang kalo saya liat di peta sih sekitar jalan kaki 10 menit ya. Pusat keramaian di Bukit Bintang dan Jalan Alor. Untuk itinerary di KL, bisa cek tulisan saya yang ini ya: https://travelawan.com/blog-travel/itinerary-wisata-singkat-dan-hemat-ke-kuala-lumpur-malaysia.html

      Salam,
      Awan

  55. Om…. mau tanya… Sy berencana mau transit 1 malem di KL. saya pengennya cari hotel di dekat masjid jamek. transport yg murah klo dari KLIA ke masjid jamek naik apa ya…..

    1. Halo bunda Lita,

      Intinya semua transportasi dari bandara KLIA/KLIA2 ke tengah kota itu harus ke KL Sentral dulu. Baca artikel ini untuk cara ke KL Sentral. Baru nanti dari KL Sentral bisa naik kereta komuter ke stasiun Masjid Jamek ya.

      Salam,
      Awan

  56. Selamat siang mas

    Minggu ini saya akan pergi ke melaka, kebetulan dapat penginapan daerah bukit bintang tepatnya di jalan pudu. Karena baru pertama kali jadi saya masih bingung dgn transportasi disana. Mohon kasih saran transportasi dari bukit bintang ke melaka sama biayanya mas sekalian pulang pergi.

    Suwun

    1. Halo kak Zakia,

      Sama dong… saya juga weekend ini ke KL dan Melaka πŸ™‚
      Kalo baca2 di blog saya dan jawaban2 ke yang pernah tanya, tetap dari KL Sentral harus naik kereta ke stasiun Bandar Tasik Selatan – lanjut jalan kaki ke TBS (Terminal Bersepadu Selatan) – naik bus antar kota ke terminal Melaka Sentral. Baliknya juga sama.

      Salam,
      Awan
      Instagram: @travelawan

  57. ada blog yg cerita kl mau rada cepat dan rada hemat bisa naik KLIA Transit dari KL Sentral ke Salak Tinggi = RM 18,3 di lanjutkan dari Salak Tinggi ke KLIA 2 = RM 4,9…….kl di total jadi RM 23,2 saja

    1. Hi kak Rony,

      Saya cek di tabel perhitungan KLIA Transit emang benar sih tiketnya segitu, jadi total RM 23,2. Tapi saya belum pernah cobain sih. Thanks infonya, bisa berguna untuk kawan2 lain πŸ™‚

      Salam,
      Awan

      1. Mas travelawan, sy jg blm coba hehehhe. Sy bercn mau ke sana januari 2018 sambil nyoba. Transportasi berkualitas tapi tetap hemat.

  58. Hai mas Awan..mohon infonya donk

    Januari sy mau ke KL dan nginep di Easy Hotel KL Sentral, nah dari KLIA2 smp kesana transportasinya apa yah?
    Trus utk referensi tempat wisata yg bisa sy kunjungi enaknya kemana dulu yah krn sy landing msh pagi sktr jam 8 pagi smp KL. Sy stay di KL 3 hari 2 mlm, kira2 trip yg enak kmn aja yah…sy sh pengen ke bukit bintang, batu caves, twin tower, petaling street, dll dh sy biasanya traveller datengin coz this is my 1st trip to KL hehehe…

    Ditunggu infonya ya mas..tq

    1. Halo kak Dona,

      Banyak sekali pilihan transportasi dari KLIA/KLIA2 ke KL Sentral, saya tulis juga di artikel ini ya. Mulai dari bus (yang paling murah – cuma RM 11 per orang), kereta KLIA Ekspres/Transit, taxi dan taxi online. Jadi tinggal pilih aja sesuai budget kakak. Hotelnya ada di seberang mall Nu Sentral di KL Sentral.

      Untuk Itinerary bisa diatur sendiri kak, yang pastinya berdekatan:
      – Central Market & Petaling Street (naik LRT ke stasiun Pasar Seni)
      – Bukit Bintang & Jalan Alor (naik monorail ke stasiun Bukit Bintang)
      – Masjid Jamek dan Pelataran Merdeka yang bersejarah (bagus juga untuk foto2).
      Sementara Petronas Twin Towers & Batu Caves lokasinya berbeda. Mungkin Batu Caves karena agak jauh dari tengah kota, bisa jalan di hari kedua-nya.

      Salam,
      Awan

  59. Siang mas Awan,
    saya mau tanya klo dari melaka menuju bukit bintang apakah harus naik bis ke TBS dulu kemudian lanjut KL sentral lalu bukit bintang atau ada opsi lain?
    satu lagi, klo Batik Air ada di KLIA atau KLIA2 ya? dan transportasi dari bukit bintang bagaimana?
    terima kasih sebelumnya

    Salam
    Ade Olive

    1. Halo kak Ade,

      Betul sekali, ngga ada bus dari KL Sentralyang langsung ke Melaka. Jadi ke TBS dulu sebagai pusat bus antar kota & antar negara.

      Coba cek di tiketnya deh. KLIA2 khusus untuk AirAsia, yang lain mustinya di KLIA ya.

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak Nextraveler,

      Ada, bisa ke KLIA Bus Station di Ground Floor Block C Annex. Nanti ikutin aja petunjuknya setelah keluar di Arrival Hall ya.

      Salam,
      Awan

  60. Hallo mas Awan,

    ini mas Awan yang nulis buku WIsata Murah ke Bangkok bukan yah?
    Mas, sabtu ini saya mau ke KL, landing di KLIA2, menginap di ceria hotel bukit bintang, KL. Saya mau nanya (berencana naik bus), klo bus dari KLIA2 ke KL apakah hanya ada jurusan KL Central, atau ada tujuan lain yah? saya cari yang paling dekat ke hotel saya Mas.
    Lalu kalau saya dari KL mau ke Singapore, enaknya klo naek bus dari mana dan tujuan ke mana yah Mas? berapa lama perjalanan kah kalau naik bus malam. Rencana sabtu malam saya ke Sing nya dari KL.
    Terima kasih mas Awan

    Cheers,
    Riri

    1. Halo kak Riri,

      Iya betul, saya yang nulis buku Wisata Hemat Bangkok – Pattaya.

      Nanti dari KLIA2 memang harus naik bus dulu ke KL Sentral. Nanti ikuti petunjuk / tanya aja, bus adanya di basement mall yang ada di samping KLIA2, jadi bukan di area pintu keluar bandaranya. Tinggal beli mau yang ke KL Sentral, dari situ paling lanjut naik taxi kalo mau langsung di drop di hotel, atau bisa naik monorail, stasiunnya harus lewatin dulu (nyambung) ke mall Nu Sentral. Kalo Ceria Hotel Bukit Bintang itu saya lihat di peta dekatnya dengan stasiun monorail Imbi ya. Dari situ tinggal lanjut jalan kaki ke hotel, mustinya cuma sekitar 5 menitan. Jangan lupa lihat peta atau pake Google Map supaya tau arah ke hotelnya πŸ™‚

      Naik bus ke Singapura coba buka situs easybook.com, umumnya sih bus dari TBS (Terminal Bersepadu Selatan). Dari KL Sentral naik kereta dulu ke stasiun Bandar Tasik Selatan, dan jalan kaki ke terminal TBS. Perjalanan sekitar 5-6 jam.

      Salam,
      Awan

      1. Halo mas saya mau tanya saya berencana berkunjung ke KL Januari 2018 saya akan menginap di hotel Izumi Bukit bintang boleh tau petunjuk nya klo dari bandara KLIA1 transportasi ny yg mudah apa ya?

        1. Halo kak Vani,

          Dari KLIA pastinya harus ke KL Sentral dulu, seperti bisa dibaca di artikel ini kalau pilihan untuk ke KL Sentral bisa naik kereta KLIA Ekspres/KLIA Transit, naik bus dari stasiun bus KLIA di lantai dasar. Nanti dari KL Sentral jalan lewatin mall Nu Sentral dan menuju ke stasiun monorail. Naik Monorail dan turun di stasiun Bukit Bintang, lanjut jalan kaki sekitar 5-10 menit ke hotelnya (cek di Google Map lokasi hotel begitu sampai di stasiun Bukit Bintang).

          Kalo mau praktis, naik Grab. Tarif mustinya ngga sampai 100 Ringgit ya.

          Salam,
          Awan

    1. Halo kak Sky,

      Maaf saya kurang tau infonya, sepertinya ngga ada bus yang ke Bukit Utama. Adanya dari KLIA2 ke 1-Utama (One Utama) shopping mall. Kalo lokasinya emang berdekatang dengan Bukit Utama, bisa aja naik n=bus itu dulu dan nanti sambung naik taxi atau Grab ya.

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak Tiny,

      Kakak harus ke terminal KL Sentral dulu ya.
      Dari KL Sentral bisa pilih naik kereta komuter (KTM) ke stasiun Subang Jaya, dari situ naik feeder bus ke Sunway Pyramid.

      Salam,
      Awan

  61. maaf mau tanya. rencananya bulan januari mau ke melaka melalui jalur darat dari singapura. sebaiknya naik kendaraan apa? trus sampai malaka kalo mau ke jalan joker naik apa? soalnya sudah booking penginapan nya di jalan joker?

    salam
    lisa

    1. Halo kak Lisa,

      Ke Melaka bisa aja naik bus dari Singapura (tapi jadwal sedikit), bisa cek di situs easybook dot com. Atau paling praktis emang kalo sekalian ke Kuala Lumpur, dari KL naik bus ke Melaka dari TBS (Terminal Bersepadu Selatan). Dari KL Sentral naik kereta dulu ke stasiun Bandar Tasik Selatan.

      Nanti kalo udah sampe di terminal bus Melaka, naik bus kota yang menuju ke Bangunan Merah / Georgetown – kota tuanya Melaka. Turun bus, tinggal jalan kaki ke Jonker Street.

      Salam,
      Awan

  62. saya mau tanya, naik bus dari KLIA2 ke KL sentral di blog ini sekitar 75 menit, tp saya lihat vlog di youtube kalau naik KLIA express 1 jam lebih, sedangkan di blog ini hanya setengah jam. bagaimana pastinya untuk estimasi waktu ya ??

    1. Halo kak Annisa,

      Maaf baru bisa balas ya.
      Oh ya? Yang pasti infonya bukan dari saya kan? Kalo saya sih saya berkali2 naik kereta KLIA Ekspres memang waktu tempuh cuma sekitar 30 menit. Oleh karena itu harga tiket kereta ini terbilang mahal, yaitu RM 55 per orang (sekitar Rp. 180.000) sekali jalan.
      Sementara naik bus itu cuma RM 11 per orang (sekitar Rp. 35.000), wajar kalo waktu tempuhnya lebih lama πŸ™‚

      Salam,
      Awan

  63. mas awan salam kenal ya..

    aku mau tanya, aku stay tgl 27 oct ini di daerah salak tinggi, ke SIC nya ada rute bus kah?
    lalu malamnya saya dr salak tinggi tsb rencananya mau ke daerah petaling krn ada latihan capoeira nya hanya disana.
    kira2 naik apa ya mas? ada kah rute bus nya atau LRT nya?

    makasih yaa πŸ˜‰

    1. Hi Kak Finna,

      Untuk pastinya saya kurang paham posisi salak tinggi rute BUS nya, tapi ada papan petunjuk yang cukup jelas dan memadai disana, alternatif jika ada sampai 3 orang naik Grab cukup hemat ya, jika hanya ke SIC,

      Salam,

        1. Hi Ka Finna,

          Iya, disana pilihan boleh, untuk ngecek-ngecek harga juga bisa dengan cara buka aplikasi dan Masukan pick-up pin dan drop pin manual , nanti akan keluar harga dalam ringgit jadi bisa budgetin dari rumah, lebih enak bayarnya juga bisa pake kartu kredit, jadi enggak repot kasih cash disana.

          Salam,

          1. numpang lapaknya ya..saya rencana jg tgl 27 okt 2017 ke KL.. kalau dr bandra KL 2 ke bukit bintang transportasi murah dan nyaman naik apa ya, terimakasih

          2. Halo mbak Sandra,

            Wah, maaf sekali ya saya baru bisa balas2 message di blog ini. Moga2 pas perjalanan ke KL kemarin lancar ya!

            Untuk kawan2 yang lain, kalo di Kuala Lumpur ynag perlu diingat adalah dari KLIA/KLIA2 harus ke KL Sentral dulu kalo naik kendaraan umum selain taxi. Nanti dari KL Sentral baru sambung dengan kereta LRT, KTM atau monorail menuju tempat2 lain seputar KL. Kalo ke Bukit Bintang bisa naik monorail.

            Salam,
            Awan

        1. Dear Kak Laily,

          Enggak keburu kak, naik taksi atau Grab aja ya, apalagi harus di KLIA 1/ KLIA 2 Airasia, untuk jalan perlu waktu 30 Menit sampai 1,5 Jam didalam terminal dari imigrasi ke Gate keberangkatan

          Salam,

          1. Hi Kak Agnes,

            Silakan buka aplikasi GRAB dan tentukan titik tujuan pick-UP dan Drop-Off, nanti diaplikasi akan keluar harga final dalam Ringgit

            Salam,

    1. Halo kak Rachma,

      Dulu saya suka di Bukit Bintang karena dekat tempat shopping (Bintang Walk) dan Jalan Alor – tempat street food yang paling terkenal di KL> Tapi kalo terakhir2 saya lebih suka nginap di sekitar KL Sentral, karena transportasi semua terpusat di situ dan mau jalan kemana2 naik kendaraan umum jadi lebih mudah. Harga hotel juga banyak yang lebih murah dibanding di Bukit Bintang.
      Jadi silahkan aja dipertimbangkan kira2 keperluannya gimana πŸ™‚

      Salam,
      Awan

      1. Insya alloh rencana akhir bulan mau liat moto GP mz Awan.. Smuanya uda fix ,, tinggal hotelnya ajja bingung mau di area mana,
        Klo misal kita nginap di KL sentral,, klo mau jln ke bukit bintang apa juga mudah trnsportsinya

        1. Hi lagi kak,
          Gampang kok… dari KL Sentral tinggal naik monorail dari stasiunnya di mall Nu Sentral, dan langsung turun di stasiun Bukit Bintang nanti.

          Salam,
          Awan

        2. Hi mbak rahma .. senang rasanya bisa tau teman senegara lihat motogp juga. saya berangkat besok sabtu mbak. menginap di bukit bintang. tapi masih bingung juga masalah transportasi disana, apalagi yang murah. hehehe

          Hi mas awan .. maaf saya komen langsung disini

          1. Hi Kak Finna,

            Silakan, mudah-mudahan antrianya gak overload seperti tahun-tahun sebelumnya,
            Jangan lupa ada alternatif GRAB dan UBER disana ya kak, sekalian rame-rame biar murah

            Salam,

  64. Halo,

    saya rencana sampe KL jam 10.00 malam, apa masih ada kendaraan umum jam segitu ke Petaling Jaya?
    Naik apa aja ya mas?

    Thank you.

    1. Halo kak,

      Bus terakhir dari KLIA (jam 11 malam) dan KLIA 2 (jam 11.15 malam) ya.
      Tujuannya ke Paradigm Mall, Petaling Jaya (PJ). Semoga bisa kekejar.

      Salam,
      Awan

      1. Hai mau nanya nih klo hotel saya di flora by crossroads hotel dan saya tibanya jam 11 malam dan saya sendirian lebih baik naik apa yah?

      2. Halo kak,

        Mohon info flight Garuda Indonesia mendarat di KLIA atau KLIA 2? Saya rencana sampai pkl 19.45 dengan Garuda Indonesia dan ingin langsung menuju hotel di daerah chinatown. Mohon info harus naik apa saja (saya prefer naik bus ke KL Sentral dari bandara agar lebih hemat). Apakah masih keburu? Lalu sebaiknya naik apa ke chinatown?

        1. Halo kak Lusi,

          Bisa cek di tiketnya, pasti ditulis akan mendarat di KLIA atau KLIA2. Tapi Garuda mustinya di KLIA. Jadi harus naik shuttle bus ke KLIA2 atau kalo mau cepat naik kereta KLIA Ekspres/Transit.
          Nanti dari KL Sentral saran saya ke counter budget taxi/taxi resmi dan bayar di loket untuk tarif taxi ke tujuan. Karena daerah Chinatown luas juga, harus tau pasti lokasi hotelnya dimana. Kalo misalnya lokasi hotel dekat Petaling Street atau daerah Pasar Seni, bisa naik kereta LRT dan nanti turun di stasiun Pasar Seni ya.

          Salam,
          Awan

          1. Halo lagi Kak,

            -Transportasi dari KLIA ke KLIA 2 naik KLIA express atau KLIA transit? Lalu, dari KLIA 2 adakah opsi bus lain selain SkyBus yg menuju KL Sentral?

            -Hotel saya jaraknya 500m dari LRT Pasar Seni. Kalau mau ke Bukit Bintang, apakah bisa langsung dari LRT Pasar Seni (Bagaimana rutenya)? Atau harus ke KL Sentral dulu?

            -Saya rencana akan sering bolak-balik KL Sentral karena beberapa tujuan yaitu Genting, Batu Caves, Malaka transportasinya bermula dari KL Sentral. Apakah dari LRT Pasar Seni ke KL Sentral mudah diakses? Saya khawatir antriannya panjang atau kereta datang terlambat.

            -Saya rencana pergi saat liburan akhir tahun mendatang. Bagaimana kondisi antrian beli tiket LRT, MRT dan KL Monorail? Apakah sebaiknya beli kartu Touch n Go/MyRapid? Adakah antrian khusus utk pemegang kartu tsb? Jika beli langsung di vending machine, brp pecahan uang yg sebaiknya disiapkan?

            Sekali lagi terima kasih banyak informasinya. Ini pertama kali saya akan menggunakan public transport di KL.

          2. Halo kak Lusi, saya coba jawab ya…

            • Transportasi dari KLIA ke KLIA 2 naik KLIA express atau KLIA transit? >>> Sama aja, cuma beda 1 stasiun. Lalu, dari KLIA 2 adakah opsi bus lain selain SkyBus yg menuju KL Sentral? >>> Tidak ada.
            • Hotel saya jaraknya 500m dari LRT Pasar Seni. Kalau mau ke Bukit Bintang, apakah bisa langsung dari LRT Pasar Seni (Bagaimana rutenya)? Atau harus ke KL Sentral dulu? >>> Harus ke KL Sentral dulu, karena kendaraan umum ke Bukit Bintang itu monorail, ngga ada LRT.

            • Saya rencana akan sering bolak-balik KL Sentral karena beberapa tujuan yaitu Genting, Batu Caves, Malaka transportasinya bermula dari KL Sentral. Apakah dari LRT Pasar Seni ke KL Sentral mudah diakses? Saya khawatir antriannya panjang atau kereta datang terlambat. >>> Mudah, tinggal naik LRT aja (sama seperti kereta komuter, rame pada jam2 sibuk pastinya)

            • Saya rencana pergi saat liburan akhir tahun mendatang. Bagaimana kondisi antrian beli tiket LRT, MRT dan KL Monorail? Apakah sebaiknya beli kartu Touch n Go/MyRapid? >>> Lebih praktis pakai kartu ini, ngga setiap kali mau naik harus beli tiket.
              Adakah antrian khusus utk pemegang kartu tsb? >>> Tidak ada
              Jika beli langsung di vending machine, brp pecahan uang yg sebaiknya disiapkan? >>> Saya belum pernah beli di vending machine. Setidaknya punya pecahan RM 20 atau RM 10.

            Salam,
            Awan

  65. Hai…rencanya saya tiba di KLIA1 tgl 03 Okt 2017 pukul 09.00 , dengan tujuan hotel the zon all suites residence kuala lumpur…kira kira pakai transport apa yah..thanks

    1. Halo kak Syaif,

      Kalo mau paling gampang emang naik taxi dari bandara, apalagi kalo perginya 2-4 orang. Karena naik kereta KLIA Ekspres/Transit dulu ke KL Sentral juga sama aja (bisa lebih mahal), tiket sekali jalan per orang 55 Ringgit.

      Tapi kalo mau lebih murah, bisa naik bus dulu dari KLIA2 (cari terminal bus KLIA2 di bagian bawah mall) menuju ke KL Sentral. Dari KL Sentral cari counter taxi umum, bayar dan nanti akan dikasih kupon, lanjut naik taxi ke hotelnya. Soalnya kalo naik LRT atau kereta komuter, harus jalan kaki lumayan jauh juga ke hotelnya.

      Salam,
      Awan

    2. bener kata mas awan, dibanding kereta kalau naik taksi lebih murah kalau ber 2/lebih, tarif taksi bisa tanya dulu dikonter yang ada (tapi kalau mau murah lagi ya naik bis), Kalau di KLIA2 kalau gak salah ada konter informasi GRAB (harusnya di KLIA ada juga).

      beli perdana dan internet (saya beli digi 20RM utk satu minggu dapat 5 kredit telpon dan 1,5 GB data, berguna utk pesan grab), saya selama diKL kalau malas naik kreta naik grab. (jangan lupa install grab, kalau mau tau tarifnya walaupun dari indonesia, anda bisa cek tarif dari lokasi jemput ke lokasi antar, saya naik grab selama disana 5-6 RM sekali pergi),
      kalau saya cek di grab dari klia ke hotel the zon 65 RM (tidak termasuk tol) (65 RM tarif paling murah grab, gak tau kalau pas jam sibuk)

      kemaren waktu saya pulang dari KL ke KLIA2 tarif grab 65 RM + tol 7 RM

      semoga lancar dalam perjalanan.

  66. siang, saya rencana tiba di klia1 jam 7.30 pagi dan mau langsung ke sepang dl sampai mungkin sore hari. penginapan saya ada di sekitar kl sentral. apa di klia1 ada penitipan koper? utk transportasinya dan kembali ke klia1 bagaimana yah buat ke kl sentral. trimsss bang

    1. Halo kak Jesse,

      Dari KLIA1 ke Sepang ada bus kok. Nanti tinggal tanya di KLIA1 ya di tempat terminal bus-nya.
      Penitipan koper juga ada di KLIA1.

      Nanti untuk KLIA1 ke KL Sentral ada kereta KLIA Ekspres/Transit. Tapi kalau mau naik bus (lebih murah), dari KLIA1 harus ke KLIA2 dulu, karena bus-nya cuma dari KLIA2. Cara pindah terminal ada shuttle gratis, atau bisa naik kereta KLIA Ekspres/Transit (tiket 3 Ringgit).

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Dewi,

      Dari stasiun Puduraya ada bus yang menuju ke KLIA ya. Namanya Star Shuttle.
      Atau bisa menuju stasiun KL Sentral dulu, naik LRT dari Pudu kesana.
      Dari KL Sentral bisa pilih naik bus atau kereta KLIA Ekspres/KLIA Transit untuk menuju ke KLIA.

      Salam,
      Awan

    1. Halo kak Irma,

      Maaf ya baru balas, ternyata message-nya masuk ke spam.
      Maksudnya transit di KLIA ya? Bisa di Tune Hotels (bisa jalan kaki dari KLIA2), atau Sama-Sama Hotel.

      Salam,
      Awan

  67. Dear mas, kalau dari KLIA ke Jalan Kuchai Lama rekom transportnya naik apa mas? Saya bulan depan mau ke KL nonton konser di Mega Star Arena. Terimakasih.

    1. Halo kak Eka,

      Coba deh kakak Google peta LRT KTM Kuala Lumpur. Nanti disitu bisa lihat, dari KLIA kalau ngga mau naik taxi, bisa naik kereta KLIA Ekspres atau KLIA Transit ke stasiun Bandar Tasik Selatan, terus pindah kereta ke jalur kuning menuju ke stasiun Salak Selatan (Kode stasiun: PH5). Turun di stasiun itu dan lanjut naik taxi atau bus. Tidak ada stasiun komuter dekat Mega Star Arena. Kalo sampai mau lanjut naik bus umum, coba tanya ke petugas di stasiun naik bus nomer berapa, karena saya sendiri juga belum pernah ke tempat yang kakak mau tuju.

      Salam,
      Awan

  68. Mas, tolong tanya ada tidak bus yg langsung menuju johor baru sentral dari KLIA2? soalnya kalo penerbangan ke johor baru langsung sampe JBnya sdh tengah malam. mohon infonya. thank

    1. Halo kak Frengky,

      Ada kok bus dari KLIA2 ke Johor Bahru, namanya Starmart Express.
      Untuk schedule dan harga tiket bisa cek di: easybook.com ya.

      Salam,
      Awan

        1. Halo kak Nur,

          Maaf saya kurang tau untuk jalurnya, karena belum pernah ke JB naik Starmart Express ini. Tapi mustinya kalo naik dari lokasi selain TBS, langsung ke tujuan ya. Untuk info lengkapnya mungkin bisa cek2 di situs pemesanan tiket bus easybook.com ya.

          Salam,
          Awan

  69. selamat siang pak

    saya rencana tgal 27 pagi tiba di KLIA1 rencana mau langsung ke circuit nntn latihan moto gp

    yang ingin saya tanyakan transportasi apa yang bagus dari KLIA 1 ke arena circuit? terima kasih pak

    1. Halo mbak Shasa,

      Maaf ya saya kira sudah balas emailnya. Jadi telat balas… Ada kok bus dari KLIA ke Sepang. Nanti tanya di KLIA terminal bus-nya. Dari situ ada busnya dan perjalanan sekitar 20-30 menit, beroperasi dari jam 8 pagi sampai 11 malam di hari2 race.

      Salam,
      Awan

  70. Halo mas mau tanya, kalo dari Bandara ke Bukit Bintang mau ke hotel ambasador naik apa ya rutenya tolong step2nya ya??

    1. Halo kak Oha,

      Kalau baca tulisan saya, intinya dari bandara KLIA/KLIA2 harus naik kereta atau bus ke stasiun KL Sentral. Dari KL Sentral ikuti petunjuk untuk ke stasiun Monorail (masuk lewatin mall). Lanjut naik Monorail ke stasiun Bukit Bintang. Turun di sini dan lanjut jalan kaki ke hotelnya sekitar 10-15 menit. Cek pake Google map ya supaya ngga nyasar jalan ke hotelnya ?

      Salam,
      Awan

  71. Mau tanya,,,
    1. Kalau pembelian tiket untuk KLIA Ekspress dan juga Bus Ekspress itu melalui loket yang dilayani oleh manusia atau lewat mesin?

    2. Saya berencana mengambil penerbangan malam dan berniat menginap di bandara. Apakah saya harus ke bagian imigrasi dulu saat tiba atau menunggu pagi, karena saya baru akan meninggalkan bandara pada pagi hari.

    Mohon bantuannya, soalnya ini kali pertama saya mau kesana.

    1. Halo mbak Aini, saya coba jawab ya:
      – Tiket KLIA Ekspres dan bus dilayani oleh petugas counter.
      – Kalo di KLIA2 lebih baik keluar dulu dari imigrasi, karena di dalam juga ngga ada tempat khusus untuk istirahat. Di bagian setelah keluar menuju ke mall ada tempat seperti lesehan yang biasanya orang suka nunggu / tidur disana.

      Salam,
      Awan

  72. SIang Mas Awan..
    aku mau tanya nih mengenai saran2 selama di malaysia. Ini pertama kali aku bakal kesana, dan tujuannya aku mau nonton motogp di sepang bulan october nanti.
    Nah, kayak penginapan dimana bagusnya dengan budget para backpacker, trus mengenai transportasi.
    aku bakal stay 3 malam mulai dari tgl 27 oktober – 30 Oktober..
    terus juga mengenai akomodasi, bagusnya naik apa..
    rencananya sih aku bakal berdua dengan teman aku yg suka motogp juga…
    mohon pencerahannya mas…

    1. Halo mbak Nurul,

      Untuk Kuala Lumpur ngga susah kok, penginapan ada yang murah dan sarana transportasi umum seputar kota juga bagus. Pertama kalau soal menginap, banyak di sekitar daerah KL Sentral yang ngga terlalu mahal, sekitar 250-300 ribu per kamar semalam (untuk 2 orang). Saran saya sih mendingan di daerah KL Sentral ini, karena pusat dari semua transportasi di KL.
      Kalo mau cari lebih murah lagi ada juga beberapa hostel di sekitar KL Sentral, jadi bayar per tempat tidur dan nanti sekamar rame2 dengan tamu lain di kamar dormitori. Untuk hostel bisa cek di situs hostelworld dot com.

      Transportasi dari bandara KLIA2 ke KL Sentral bisa baca di artikel ini (yang paling murah naik bus): https://travelawan.com/blog-travel/naik-kereta-atau-bus-dari-bandara-klia-dan-klia2-ke-kuala-lumpur.html

      Untuk ke Sirkuit Sepang bisa naik KTM Komuter yang line biru (Seremban Line), nanti turunnya di Stesen Nilai (nama stasiunnya Nilai). Dari Stasiun Nilai ini nanti lanjut naik Sepang Omnibus menuju Sirkuit Sepang, berangkatnya setiap 30 menit sekali. Info lebih update nanti coba langsung tanya ke petugas di stasiun tersebut ya.

      Salam,
      Awan

    2. Mbak Nurul,….

      Sekedar sharing saja pengalaman saya selama nonton MotoGP di Sepang yah…biasanya menjelang motogp sepang, hotel2 mulai fully book sekitar 3 atau 2 bulan sebelumnya dan kebanyakan juga orang2 dari Indonesia, jadi diusahakan kalau bisa sdh book jauh2 hari & cari jarak yg paling mendekati dengan Sepang International Circuit (SIC). (saya pernah pergi backpacker go show tanpa book hotel dan sedikit beresiko untung2an dapet motel di Bukit Bintang krn mengikuti arus penonton di Sepang setelah Race selesai ? hikss ). Sekedar info saja pas hari racenya nya nanti bakalan macet banget mau masuk kawasan SIC & kalau mau nonton full dari awal race Moto 3, Moto 2 & MotoGP musti berangkat lebih pagian spare 1-2 jam sebelum kayaknya. Sebaiknya sih kalau mau tau jaraknya dan waktu tempuh coba ikutan nonton free practicenya Jum’at or QTT Sabtu, Kalau balik dari SIC sih mudah koq, krn panitia menyediakan banyak bus dengan beberapa jurusan.

      1. Halo mbak Anggie,

        Terima kasih banyak sharing dan info tambahannya ya! πŸ™‚
        Semoga jadi masukan yang berguna untuk mbak Nurul dan kawan2 lain yang berniat nonton MotoGP di Sepang.

        Salam,
        Awan

  73. Mas maaf mau tanya,
    Saya rencana transit di KLIA2, landing jam 11 siang, lanjut penerbangan jam 21.30 malam.
    Kira2 waktunya cukup ga buat city tour sbntr di KL? Tujuan petronas dan cari oleh2 dikit. Atau ada objek lain yg memungkinkan wktunya?
    Apakah antrian imigrasi di KLIA2 cukup parah, Berapa lama biasanya smpe kita bisa keluar naik ekspress?
    Jam brapa sy harus sdh otw dri KL sentral jika penerbangn lanjutan sy jam21.30 malam?
    Terima kasih maaf banyak pertanyaannya

    1. Halo mas Bondan,

      Mustinya waktunya cukup ya ke tengah kota kalo mas naik kereta KLIA Ekspres. Soal antrean di imigrasi KL… dua minggu yang lalu saya paraahhh sekali! Harus antre sekitar satu jam baru cap paspor. Tapi bisa jadi saya lagi sial aja, mendarat di jam pas banyak penerbangan yang sampai.
      Kalo naik kereta KLIA Ekspres, perjalanan sekitar 30 menit dari KL Sentral. Pastikan setidaknya 3 jam sebelum penerbangan udah sampai di KLIA2 lagi mas, untuk urusan imigrasi dan jalan ke Gate yang lumayan jauh.

      Salam,
      Awan

  74. Mas boleh minta info, rencana mau stay di Sepang dan mau jalan2 ke Batu Cave, jadi saya hrs naik KLIA express ke KL Sentral trus dari situ transportasi apa yah menuju Batu Cave ? Apa ada kreta lanjut kesana or pake SkyBus ? Mohon info & rekomennya yah Mas Awan. – Maturnuwun

    1. Halo mbak Anggie,

      Kalau nginap di daerah Sepang dan mau ke Batu Caves, tetap harus ke stasiun KL Sentral dulu dan nanti naik kereta KTM komuter ke stasiun Batu Caves ya. Ini cara paling praktis dan murah.

      Salam,
      Awan

  75. Mas Awan,

    Apakah tiket bus di KLIA tujuan genting atau tempat perlu di beli online jauh hari sebelum tiba pada waktu high season seperti natal dan tahun baru?.

    makasih

  76. hallo Mas Awan,

    mau tanya apakah ada bis yang lsg dari KLia ke Resortwordl first woord genting tanpa turun di Awana, kalo tdk ada bus atau kendaraan apa yg ke firstword?

    mau sekalain juga tanya juga ada bus dari genting yang lsg ke sunway lagoon, atau dari KLIA lsg ke Sunway Lagoon.

    makasih

    1. Halo mas Hendry,

      Bus dari KLIA ke Genting Highlands ada ya. Nanti tinggal ke terminal bus-nya, sebelumnya beli tiket di loket.

      Untuk ke Sunway Logoon sepertinya ngga ada dari KLIA. Pilihannya:
      – Naik KTM Komuter dari KL Sentral ke stasiun Subang Jaya, lanjut naik feeder bus ke stopan di Sunway Pyramid.
      – Putra LRT dari KL Sentral ke stasiun Kelana Jaya, lanjut naik feeder bus ke stopan di Sunway Pyramid.

      Salam,
      Awan

  77. Mas mau tanya,

    Ada bus yang langsung dari KLIA 2 atau KLIA yang langsung ke terminal puduraya ngak mas, makasih info nya,

    wassalam,

    1. Halo mas Rizal,

      Sepertinya tidak ada mas. Alternatifnya bisa ke KL Sentral dulu dan ke Pudu sambung naik kereta LRT.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mas Yunanto,

      Prinsipnya semua dari bandara KLIA atau KLIA2 harus ke terminal pusat di tengah kota Kuala Lumpur, yaitu KL Sentral.
      Nah, dari KL Sentral tinggal sambung naik kereta komuter/LRT cari yang tujuan ke Pasar Senin. Baliknya juga sama ya mas, ke KL Sentral dulu.

      Salam,
      Awan

  78. Maaf maw nanya,,,aku maw ke sungai rengit pengerang,johor,klo setibanya dibndara kuala lumpur itu naik bis dri mna kmna y,,brpa kli naik busnya…trima kasih

    1. Halo pak Adul,

      Daerah Sungai Rengit Pengerang, Johor itu jauh sekali dari bandara Kuala Lumpur. Lokasinya dekat Singapura.
      Saya juga ngga bisa kasih referensi ke bapak harus naik apa, karena saya juga belum pernah. Mungkin bisa naik bus dari TBS (Terminal Bersepadu Selatan) yang ada di Bandar Tasik Selatan (bisa naik kereta KLIA Transit dari bandara KLIA). Tapi yang pasti bus tujuannya ke Johor Bahru, terus mungkin sambung bus lagi ke daerah tersebut.

      Bapak kesana kunjungin saudara atau liburan? Kalo ke tempat saudara tanya aja ke saudaranya gimana transportasi dari KLIA. Seharusnya sih terbangnya ke Johor Bahru, jangan ke Kuala Lumpur.

      Salam,
      Awan

  79. Halo mas mau tanya donk.. Kalau berempat trus naik taksi dari klia2 ke klcc lebih murah nggak dibandingkan naik kendaraan umum? Satu lagi mas.. Bus yg dari klia2 ke klcc memang adanya cuma skybus sja yah? Gak ada bus type lain? Makasih sblmnya..

    1. Halo, apa kabar?
      Taxi sih kalo dari dalam kota biasanya mau RM 100. Tapi kalo dari bandara kurang tau sekarang berapa, pernah mintanya RM 140.

      Bus dari KLIA2 yang ke KL Sentral tinggal beli tiket di loket yang ada di dalam/basement mall sebelum keluar ke bus. Nanti tergantung dapat jadwal naik bus yang jam berapa, ada SkyBus dan Aerobus. Tiket semua sama, perorang RM 12.

      Salam,
      Awan

      1. Salam teman2 dari Indonesia,

        Maaf saya interrupt perbualan saudara. Sekiranya tujuannya dari KLIA2/KLIA ke KLCC, alternatif lain yg bisa digunakan ialah menggunakan Uber atau GrabCar kerana lebih murah berbanding taksi biasa. Moga bermanfaat ya.

        Salam dari KL πŸ™‚

  80. Malam mas, kalo 1 utama itu dimana ya? Dan kalau mau ke klia (bukan klia2) naik Sky bus itu caranya gimana? Apa turun dulu di klia 2 terus lanjut naik transportasi lain ke klia? Atau gimana

    1. Halo mbak Fifi,

      Itu daerah sendiri di luar kota KL, kalo naik bus umum sekitar 1 jam lebih dari KL, naik taxi pastinya lebih cepat.

      Betul, semua bus ada di KLIA2, jadi antar terminal bisa naik shuttle bus gratis atau kalo males nunggu bisa langsung naik kereta KLIA Transit/Ekspres.

      Salam,
      Awan

  81. Pengalaman sy kl dr klia airport ke KL jika tdk mau naik bus lebih baik naik taxi apalg jika pergi >1org dewasa. Dijemput dibandara sampai lgsg ditempat tujuan. Tarif 100RM sampai hotel di kl. Sudah include tol.
    Mobil muat max 7org tanpa bagasi. Jika ada bagasi bs 5org.
    Driver org malaysia tp sdh sering melayani tamu dr indonesia. No hp nya +60105663142 namanya pakcik nadzri.
    Bisa whazup dan call.
    Melayani jg tour keliling malaysia kl ga mau cape. Kl kmren saya hanya pakai dr klia2 ke hotel di bukit bintang dan balik ke klia2

    1. Terima kasih banyak infonya ya mas Teddy. Semoga berguna bagi teman2 yang mau ke Kuala Lumpur.

      Salam,
      Awan

    2. halo Pak Teddy,
      mau tanya waktu pakai mobil dgn Pakcik nadzri itu mobil nya apa ya ?
      trs dikenakan biaya berapa dari KLIA2 ke Bukit Bintang ?

    1. Halo mas, bisa naik kereta KLIA Ekspres, atau ke KLIA2 dulu dan lanjut naik bus ke KL Sentral.
      Kalo udah di KL Sentral, nanti lewatin mall NU Sentral utk menuju stasiun monorail utk naik monorail yang ke Bukit Bintang.

      Salam,
      Awan

  82. Mas mau tanya utk 4 orang dewasa 2 orang anak (usia 6 & 8th) jika malam hari dari KLIA2 ke hotel nova di jalan alor lebih baik naik taxi apa bus ya?

    1. Halo mas Satria,
      Kalo mau praktis sih naik taxi langsung dari KLIA2, siapa tau ketemu taxi van yang bisa muat semuanya.
      Tapi bisa juga naik SkyBus dulu ke KL Sentral dan dari situ sambung naik budget taxi (cari counternya) di KL Sentral. Mau ngga mau harus naik 2 taxi.

      Salam,
      Awan

  83. Selamat malam mas awan,
    Saya bulan juli mau ke KL, terus leanding di bandara KLIA1, dan jika mau ke bukit bintang lebih baik naik apa ya kalau bisa yang langsung di antar ke hotel, saya berdua bareng temen.

  84. Selamat malam mas awan.
    Saya mau tanya mas, saya pertengahan juli mau ke KL, terus saya landing di bandara KLIA1, nah kalo mau ke bukit bintang bagusnya naik apa ya, kalo bisa yang langsunh di anyar ke hotel gitu, saya ber 2 bareng temen. Terimakasih

    1. Halo mas,
      Maaf ya kayanya email pertanyaannya keselip… saya baru buka. Bisa naik taxi atau Grab aja mas, jadi diantar langsung ke hotel. Karena kalo naik kereta KLIA Ekspres juga mahal, seorangnya RM 55.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Adinda,
      Maaf sekali baru cek msg lagi… untuk mendaratnya di terminal mana semua ada di tiket pesawat ya.
      Setau saya sih Malindo di KLIA.

      Salam,
      Awan

  85. Halo mas awan,

    Sy mau cerita sedikit dan bertanya, rencana tgl 7 juli ke KL dari Pontianak selama 6D5N. Penerbangan menggunakan pswt Airasia, berarti turunnya pasti di KLIA2 kan.. Nah saya tinggal nyari bus utk dapat ke KL sentral dan kalo dari KL sentral mau ke bukit bintang kan kita naik monorail (MRT bukan ya singkatannya?) itu stasiun nya susah nyari ga ya mas?
    1.) Saya ada rencana mau ke SIN juga dari KL lewat darat, biasanya menggunakan armada apa (kereta api atau bus)?
    2.) Perjalanan ke SIN membutuhkan waktu berapa lama mas (menggunakan kereta api dan bus)?
    3.) Kalau naik kereta / bus ke SIN harus dari stasiun / terminal mana ya untuk beli tiketnya?
    4.) Bagusnya tiket KL ke SIN beli online ato langsung di counter mas?

    Maaf ya mas awan, kalau terlalu banyak pertanyaan.
    Saya sudah pernah ke KL pada th 2012 tapi waktu itu saya di jemput keluarga dengan mobil pribadinya. Dan kali ini saya bertiga ingin berjalan sendiri menggunakan armada yang udah tersedia di KL. Terima kasih. ?

    1. Halo mbak Silvia, saya coba jawab ya pertanyaannya:
      Monorail bukan MRT. Stasiunnya ikuti petunjuk, memang harus lewatin mall dulu untuk sampai di stasiun Monorail. Tapi petunjuknya jelas dan bisa tanya information di KL Sentral.

      1.) Saya ada rencana mau ke SIN juga dari KL lewat darat, biasanya menggunakan armada apa (kereta api atau bus)? >>> Paling praktis naik bus.

      2.) Perjalanan ke SIN membutuhkan waktu berapa lama mas (menggunakan kereta api dan bus)? >>> 5-6 jam sekali jalan.

      3.) Kalau naik kereta / bus ke SIN harus dari stasiun / terminal mana ya untuk beli tiketnya? >>> Bus ke Singapur, dari KL Sentral naik kereta komuter atau KLIA Transit/Ekspres ke stasiun Bandar Tasik Selatan. Di situ ada terminal bus terbesar – TBS (Terminal Bersepadu Selatan) dan cari bus yang ke Singapura. Atau bisa pesan tiket lewat http://www.easybook.com – Kalo pesan lewat website ini nanti bisa lihat bus yang dipilih berangkatnya dari mana.

      4.) Bagusnya tiket KL ke SIN beli online ato langsung di counter mas? >>> Saya saranin pesan lewat easybook.com aja.

      Semoga perjalanannya lancar ya.

      Salam,
      Awan

      1. Oke.. tq yah mas atas jawabannya..

        Mau tanya lagi mas..
        Kalo misalkan ke melaca itu bagusnya carter van ato naik bus ya mas?

        Dan kalo sewa van perkiraan biaya sewanya berapa tau ga mas (2 hari 1 malam)?

        Sori yah banyak nanya.. terima kasih..

        1. Halo mbak Silvia,

          Saya ngga pernah sewa kendaraan di Malaysia, karena menurut beberapa teman saya cukup mahal.
          Jadi selama ini di Malaysia saya selalu naik bus antar kota kalo kaya ke Melaka atau Genting yang jaraknya cuma 2 jam dari KL.

          Salam,
          Awan

    2. Halo, sekedar menambahkan dan berbagi cerita nih. menurut saya lebih asik ke SIN naik kereta senandung sutera. turun di johor bahru trus naik bis ke woodlands. jam berangkatnya kalo ga salah 22:30 dari KL sentral harga tiketnya per orang myr 39. Lumayan untuk menghemat budget penginapan. Karena senandung sutera ini semacam sleeper train, jadi bisa selonjoran dan bobo cantik..hehe sedangkan bus dari johor bahru-woodlands kalo ga salah myr 2. nanti pas di imigrasi busnya nurunin kita tapi ga nungguin kita. asalkan masih megang tiketnya,qta boleh naik bis yang mana aja ke woodlands.
      Maaf mas awan, aku cuma mau share pengalaman KL-SG aja..hehe

      1. Halo mbak, wah… terima kasih banyak ya infonya! Sangat berguna untuk kawan2 yang mau traveling jalan darat antara KL – Singapura ?

        Salam,
        Awan

  86. Permisi…saya mau nanya pak. Kalau dari klia2 menuju puduraya sebaiknya menggunakan transportasi apa ya? Saya baru pertama kali ini ke kuala lumpur. Jadi ingin mencari transportasi yang murah

    Terimakasih

    1. Halo, apa kabar?
      Dari KLIA2 paling murah ke Puduraya naik bus Star Shuttle ya. Tinggal tanya ke information di KLIA2 untuk naik bus ini tunggu dimana. Nanti di KL bus-nya akan berhenti di MyDin super store, dari situ tinggal jalan kaki beberapa menit ke terminal bus Puduraya.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Meliana,
      Betul, sama seperti taxi pada umumnya pasti kita akan diantar sampai tempat tujuan ya.

      Salam,
      Awan

        1. Halo Jason,
          Tinggal naik kereta KTM/komuter yang tujuannya ke Batu caves (sekali naik, ngga ganti2 kereta).

          Salam,
          Awan

  87. Mas saya mau numpang nanya, kira2 ada case klia transit full ga ya? Saya rencana deket2 lebaran ini mau ke KL dan mau nyoba naik KL transit tp versi murah yg split tiket di putrajaya/salak. Saya takutnya udh split tiket ntar full gabisa naik keretanya lagi (?) dan kira2 ini melanggar aturan ga ya? kalo nggak, kira2 kalo naik bus macet ga ya rute sepanjang kl sentral-klia? Saya mau kasih spare waktu dr kl-klianya. Belom pernah ke kl nih soalnya hehe. Thx mas

    1. Oh iya btw saya ini KNO-CGK via KUL transit 10jam (emang sengaja). Regulasi flight international di KLIA juga sama ya at least 3 jam sebelum flight? Brrti spare waktu dr KL sentral 4-4.5jam sebelum flight ya mas? Kalo dibawah 4 jam cukup ga ya? Soalnya bntr bgt kalo 5jam doang di KL wkwk. Saya masih buta perkiraan waktunya soalnya belom pernah kesana. Thx mas, sorry banyak nanya

      1. Halo mas Febriant,
        Balik dari KL Sentral 4 jam sebelum keberangkatan ngga masalah, apalagi kalo naik kereta KLIA Ekspres/Transit. Check in flight internasional 3 jam sebelumnya udah bisa.

        Salam,
        Awan

    2. Halo mas,
      KLIA Transit ngga pernah full, kalo kereta komuter biasa memang full di jam2 sibuk/pergi-pulang kerja. Kalo mau turun di Putrajaya, beli tiketnya bisa yang ke Putrajaya. Jadi no problem mau turun dimana aja ya. Bus juga mustinya jalannya lancar2 aja, sekitar 1,5 jam dari KLIA ke KL Sentral.

      Salam,
      Awan

  88. Halo mas,
    Sy mau tanya kalo dari airport KLIA2 menuju jalan chulan bukit bintang lebih baik naik apa ya? Sy ber4. Dua dewasa dan dua anak
    Makasih mas

    1. Halo mbak Meliana,
      Paling praktis langsung naik taxi aja.
      Kalo naik SkyBus juga bisa, harus ke stasiun KL Sentral dulu, dan dari situ naik taxi (cari counter budget taxi di dekat pintu keluar kereta KLIA Ekspres). Jatuhnya lebih murah.

      Salam,
      Awan

  89. salam kenal sy bu Sukma dr semarang…mau tnya mas..kami klrg besar ber8 (6dws+2ank) rencana dr tgl 26 juni – 2 juli nnti mau privat tour dr SIN lanjut ke KUL, yg kami tnyakan.. mgkn bisa mmbantu utk guide yg mendapingi saat prjlnan kami utk naek MRT/LRT/bus public…

    1. Halo ibu Sukma,
      Maaf sekali saya tidak ada jasa guide Singapur – KL. Mungkin kalau ada kawan2 yang punya info, bisa minta tolong di share ke ibu Sukma. Terima kasih.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Christina,
      Saya sendiri belum pernah ke Selangor. Tapi setau saya dari KLIA2 harus naik kereta/bus dulu ke KL Sentral, dan dari situ naik kereta lagi ke Selangor.

      Salam,
      Awan

  90. Selamat malam.
    Saya mau nanya , dari phompenh ke kualalumpur dengan maskapai malaysia airlines .
    Kemudian dilanjutkan penerbangan malindo tujuan medan.
    Pertanyaan : maskapai malindo ada di klia atau klia2, dan apakah maskapai malindo ada free bagasi seperti malaysia airlines ?
    Terima kasih ya untuk infonya

    1. Halo mas Alung,
      Untuk terminalnya dimana, bisa cek di tiket. Pasti ditulis berangkat dari KLIA atau KLIA2 ya.
      Setau saya Malindo termasuk bagasi. Untuk pastinya bisa cek juga di tiket, pastinya ditulis bisa bawa bagasi berapa kg. Malindo biasanya bagasi 30kg.

      Salam,
      Awan

  91. Saya rencana ygl 11 juli mo ke KL kebetulan ada tiket promo PP cuma 800/orang, tanya hotel yg murah mas tp lokasi ga jauh dr pusat kota, pernah sih ksana tp 40 orang cuma nambah 800/ orang dah semua 3h4m, cima krn skrg cuma berlima rencana backpackeran aja. Mksh mas sblm nya

    1. Halo mas Eman,
      Coba cari di sekitar stasiun KL Sentral. Banyak kok hotel murah. Setidaknya bisa dapat yang Rp. 300 ribu semalam, sekamar berdua. Coba cek di Agoda atau booking com.

      Salam,
      Awan

    2. Bantu jawab ya.. Sy jg tgl15 juni rencana ke KL dan sdh booking hotel pake zen room sy brlima suami sy dan anak anak 3..sy 4d3n booking di zen room pudu raya dpt cm total bayar 450rm ato mgkin stara dgn 1.5jt.. Lgs aja ke websitena nanti ada diskon utk pemula skitar 10-20persen kan lumayan.. Smoga membantu..

  92. Mas mau nanya , sy kan mau umroh, trus transit di klia2 selama 11 jam, dr jam 18.00-05.00, klo mau ke menara kembar, naik transport apa ya mas?klo bisa yg murah, dan rutenya kemana aja?

    1. Halo mas Firdaus,
      Kalau transitnya malam agak susah ya kalo mau naik bus ke tengah kota, karena makan waktu.
      Paling praktis naik kereta KLIA Ekspres ke stasiun KL Sentral, sekali jalan per orang RM55… emang lumayan mahal. Nanti dari KL Sentral ini naik kereta komuter ke stasiun KLCC, di atas stasiun ini adalah menara Petronas.

      Tapi kalo perginya 3-4 orang, dari KLIA langsung naik taxi aja (sekitar RM150) ke menara Petronas. Kalau mau dari Petronas nanti cari makanan ke Jalan Alor di daerah Bukit Bintang. Dan nanti balik ke bandara lagi naik taxi, karena kereta cuma sampai jam 12 malam.

      Salam,
      Awan

  93. salam mas . saya rencana mw ke bangkok tapi pesawatnya transit di KL selama 14 jam dan rencana mw jalan2 ke KL sentral selama transit, tp saya di bandara KLIA .kalau mau naik bus saya harus ke KLIA 2 dulu ya mas? trs baru naik bus di KLIA 2 nya? dan kalau boleh tau dari KL sentral ke mesjid india jauh ga ya ? terimakasih

    1. Halo mbak Ila,

      Kalo rencana mau ke KL Sentralnya naik SkyBus, betul mbak harus naik kereta KLIA Transit dulu ke KLIA2 karena bus hanya ada dari sana. Tapi kalo mau naik kereta KLIA Ekspres/Transit bisa langsung dari KLIA.

      Untuk ke Masjid India, nanti dari KL Sentral naik kereta komuter aja yang menuju ke stasiun Masjid Jamek. Di situ ada Masjid Jamek (Kuala Lumpur Central Mosque), dan dari stasiun itu bisa jalan kaki ke Masjid India juga.

      Salam,
      Awan

  94. Makasih mas buat info nya,, btw kalo dr kl sentral mau ke chinatown saya kalo pake bus brenti nya dimana yah mas ? Mungkin mas nya tau,, thx

    1. Kalo dari KL Sentral ke Chinatown (sekitar Jalan Petaling) bisa naik kereta LRT dan nanti turun di stasiun Pasar Seni ya, mbak.

      Salam,
      Awan

  95. Hallo mas,, mau tanya donk,, saya rencana juli mau ke KL sama suami dan anak (1.5 tahun) lebih enak pake bus,, kereta,, taxi ato uber yah mas ? Soalnya lumayan bawaan nya agak banyak… thx

    1. Halo mbak Sonya,

      Kalo dari KLIA2 ke tengah kota (KL Sentral) paling murah adalah naik bus. Pilihan murah kedua naik kereta KLIA Ekspres, karena 2 dewasa total cuma RM 110 (anak 1,5 tahun gratis). Sementara kalau naik Grab/taxi emang lebih mahal, tapi enaknya kan bisa langsung ke hotel tujuan, ngga perlu ke KL Sentral dulu terus nanti nyambung lagi dengan kendaraan lain ke hotelnya. Moga2 bisa jadi pertimbangan untuk mbak.

      Salam,
      Awan

  96. Malam.. Mau tanya mas kalau grab car itu ada dan bisa ga ya dari KLIA2 ke KL Sentral? Atau lebih baik naik bis saja ya kalau ber4? Terima kasih

    1. Halo mbak Kartika,

      GRAB ada, tapi bisa jadi Grab Taxi, bukan Grab Car. Kalo mau lebih murah ke KL Sentral tentunya naik bus πŸ™‚

      Salam,
      Awan

  97. Hallo mas awan..
    Mau minta saran nih, kami jalan ber12org 1anak kecil msh bingung transportasi dr KLIA menuju KL Sentral. Naik klia express kan cukup mahal sdgkan naik bus begerombol agak gimana gt hehe. Punya solusi mas? Untuk wisata kira2 sewa Van gt mahal gak disana mas? Niatnya ingin ke batu caves, genting kalau bisa malaka. Thanks b4

    1. Halo, apa kabar?
      Untuk sewa van di KL termasuk mahal. Solusi dari bandara ke KL Sentral mungkin sewa taxi van dan pasti perlu lebih dari 1 taxi. Untuk harga nanti bandingin aja sama kalau dikalikan naik kereta KLIA Ekspres yang per orang 55 Ringgit.

      Van atau minibus untuk tour keliling KL dan Malaka coba tanyakan hotel tempat akan menginap, apa ada rekanan penyewaan kendaraan? Maaf saya ngga ada kontak untuk sewa mobil/van di KL soalnya, biasa naik kendaraan umum. Semoga ketemu solusinya ya.

      Salam,
      Awan

  98. sore mas Awan

    Saya mau tanya mas jika saya ber4 ke KL – genting jalan2 dengan budget minim bs ga ?

    trs hotel yg nyaman bersih murah itu di bukit bintang ada ga mas?

    rencananya si desember 2017

    trs apa bnr ada bus bertuliskan “GO KL” itu free ya mas alias ga byr ke tempat2 yg ingin kita pergi ( khusus kota KL )?

    Mhn petunjuknya ya mas Awan

    terima kasih πŸ™‚

    1. Halo mas Kenji, apa kabar?
      KL & Genting bisa kok budget minim. Di Bukit Bintang ada, atau banyak juga penginapan murah di sekitar Stasiun KL Sentral.

      Bus Go KL emang gratis, lihat aja tulisan di busnya ya. Stopannya juga khusus. Semoga nanti jalan2nya lancar.

      Salam,
      Awan

  99. Selamat sore mas awan, Mohon bantuan informasi, sy baru pertama kali traveling ke KL bareng istri .. rencana 3D2N, nyampek KUL sabtu pagi jam 9.25 trus pulang nya senin sore jam 17.50, nginapnya di hotel transit Jln. Pudu .. yg pengen sy tanyain : Pada hari minggu memungkinkan ga ya klo kita ke SIN seharian melalui terminal bus Pudu ?

    1. Halo mas Arif,
      Kalau mau dicoba silahkan aja, cuma perlu diingat sekali perjalanan itu sekitar 5 jam, jadi PP perlu waktu 10 jam.
      Saran saya kalau sudah pernah ke Singapura/tidak terlalu perlu ke Singapura, lebih baik waktunya digunakan untuk explore Kuala Lumpur, atau bisa juga main ke Melaka, yang jarak tempuhnya sekali jalan cuma 2 jam. Untuk ke Melaka bisa baca artikel saya, Google kata kunci: Melaka Travelawan – nanti artikel akan muncul.
      Bisa dipertimbangkan lagi efektif dan enaknya gimana, mas πŸ™‚

      Salam,
      Awan

      1. Oke siippp mas Awan, next trip aja klo mau ke SIN ?.
        Mas ini ada beberapa spot wisata yg mau sy kunjungin, maksud sy biar waktunya efektif hari ke pertama smpe ketiga pembagiannya gmna ya biar sy jalannya searah gtu :

        – Menara KL (malam)
        – Twin Tower (sore menjelang malam)
        – Masjid Jameek
        – Batu caves
        – Explore bukit bintang
        – Mesjid negara
        – jembatan putrajaya (klo sempet)
        – Lake symphony
        – instana negara
        – Merdeka square
        – china town
        – Area KLCC park
        – KL city gallery
        – kawasan putrajaya
        – dataran merdeka
        – central market
        – Colmare Tropicale,Berjaya Hills (klo sempet juga )

        1. Halo mas Arif,

          Ok mas. Itu susah juga ya saya kalau harus rinci rute2nya. Nanti mas coba ambil peta wisata KL begitu tiba di bandara sana atau di hotel. Semua yang masih dalam kota KL ngga jauh, bisa naik kendaraan umum atau taxi.

          Yang pasti kalau Kawasa Putrajaya & Jembatan Putrajaya, mas harus naik kereta ke Putrajaya (naik KLIA Transit yang arah bandara akan lewatin Putrajaya).

          Dan khusus Colmar Topicale, mas bisa naik shuttle khusus dari mall Berjaya Times Square. Cuma ada 4 jadwal keberangkatan seharinya.

          Salam,
          Awan

  100. Permisi mau nanya..saya turun di kuala lumpur international.. Tapi ada KLIA sama KLIA2 maksudnya gimana ya?

    1. Halo Khum, apa kabar?
      Itu terminalnya… seperti di Soekarno – Hatta Jakarta kan ada Terminal 1, 2 dan 3 Ultimate. Cek di tiket atau maskapainya nanti mendaratnya di KLIA atau KLIA2.

      Salam,
      Awan

  101. mas mau nanya, sy hari ini ke KL aik lion turun di KLIA, sy sdh booking hotel di bukit bintang, untuk menuju hotel sy naik apa yah? yg recomended..makasih

    1. Halo mas Dayat, pertama harus ke stasiun KL Sentral dulu ya… bisa naik SkyBus dari KLIA2 kalo mau murah, kalo mau cepat dari KLIA langsung naik kereta KLIA Ekspres aja – RM55 sekali jalan. Dari KL Sentral ke Bukit Bintang bisa pesan taxi di counter budget taxi, atau naik monorail dan turun di stasiun Bukit Bintang.

      Salam,
      Awan

  102. Selamat sore Mas Awan,
    Salam kenal, nama saya Sani. Saya ingin tanya, kalau dari KLIA2 ke Best KL City View at Regalia Residence. Opsi terbaik dan termurah menggunakan transportasi apa ya? Mohon bantuan penjelasannya Mas Awan.

    Terima kasih

    1. Halo apa kabar?
      Kalo saya lihat peta hotelnya lewat Agoda.com, dari KLIA2 yang pasti harus naik SkyBus atau kereta KLIA Ekspres/Transit ke KL Sentral dulu. Dari KL Sentral naik kereta KTM menuju ke stasiun Putra. Dari stasiun itu di peta sih penginapannya udah ngga jauh, bisa jalan kaki.

      Salam,
      Awan

  103. Mas mau tanya, kalau dari kl sentral mau naik kereta transit untuk penerbangan garuda indonesia turunnya di klia atau klia2

    1. Halo mbak Wulan,
      Kalau sudah pegang tiketnya coba cek di tiket, pasti ditulis dari terminal mana terbangnya. Mustinya Garuda di KLIA ya.

      Salam,
      Awan

  104. Pertanyaan saya hampir sama nih. Saya ada penerbangan jam 7 pagi, saya udah booking hotel di Bukit bintang.
    Kalo dari bukit bintang ke kl sentral jam 2an subuh gitu LRT udah beroperasi blm mas?
    Bingung juga nih mending ke KL sentralnya jam jam terakhir aja atau jam 3 subuh itu.
    Saya sendirian aja mas
    Trus kalo tiketnya kita beli siang buat keberangkatan malam atau subuh bisa gak?
    Makasih mas

    1. Halo mas Ardi,
      Iya kalo mau naik bus paling yang jam 3 pagi itu. Cuma saya ngga tau juga bisa beli sehari sebelumnya ngga… coba aja mas nanti langsung tanya disana ya.

      Salam,
      Awan

  105. Salam kenal mas awan, mohon informasi. Saya akan melakukan perjalanan (penerbangan) dari Johor Bahru ke KL (air asia) dan akan dilanjutkan penerbangan KL ke Jakarta. Ditiket penerbangan airasia ditulis mendarat di KLIA 1 pdhal saya akan lanjut dg penerbangan ke jkt via KLIA 2. Kira2 brapa lama ya waktu yang diperlukan untuk pindah terminal? Atau (menurut info mas diatas) semua penerbangan saya akan ada di KLIA 2 saja? Thanks mas?

    1. Halo mbak Wina,
      Maaf ya saya baru bisa balas… KLIA ke KLIA2 cuma beberpa menit aja naik kereta KLIA Ekspres/Transit. Tinggal cari stasiun keretanya aja ya. Pastiin juga waktu transit cukup, karena yang lumayan lama jalan dari terminal ke tempat keretanya ?

      Salam,
      Awan

  106. Sy mau berkunjung ke Malaysia, tp ini untk pertama kalinya n sy menginap di hotel zero hour 60, jl. Changkat bukit bintang….kira transportasi menggunakan apa ya gan, kira2 sekitar brp RM.
    Makasih sblmnya gan

    1. Halo mbak Sri,
      Yang pasti dari bandara harus ke stasiun KL Sentral dulu di tengah kota Kuala Lumpur. Kalo naik SkyBus cuma ada dari terminal KLIA2, ini perjalanan 1 1/2 jam dan tiket sekitar RM11. Kalo mau cuma 30 menit naik kereta KLIA Ekspres – tiket RM55. Nanti dari KL Sentral naik monorail ke stasiun Bukit Bintang, tarif sekitar RM3 – 4. Dari situ jalan kaki (liat peta atau kirim email ke hotelnya minta panduan) untuk menuju hotel.

      Salam,
      Awan

  107. Halo mas saya mau tanya.. saya transit di KL 1 hari dan ingin menitipkan bagasi di KLIA 2 ada g y agr saya bisa jalan” kluar bandara.. dan bandara ke petronas lbh baik saya naik apa yg murah rncana balik ke bandara tisur di bandara terima kasih.. hanya transit n viait ke petronas saya ?

    1. Halo apa kabar?
      Penitipan koper di KLIA2 pastinya ada. Tinggal tanya aja ya nanti lokasinya di sebelah mana.

      Mau ke Petronas intinya harus ke tengah kota KL dulu. Asal transitnya bukan tengah malam ya… karena percuma juga. Lampu2 Petronas dimatiin. Kalo mau irit bisa naik SkyBus. Kalo mau express bisa naik kereta KLIA Ekspres. Nanti sampai di KL Sentral tinggal
      Lanjut naik kereta komuter/KTM yang tujuannya ke stasiun KLCC. Menara Petronas ada di atas mall KLCC ini.

      Salam,
      Awan

  108. Mas.. mau nanya kalo mau ke colmar tropical dari bukit bintang (keluarga ber5) itu naiknya kan dr berjaya times square, tiketnya pp atau sekali jalan saja?ntar ampe sana gak bisa balik lagi kalau gak ada tiket pp jya

    1. Halo, apa kabar?
      Beli tiket PP bisa aja. Tanyakan langsung di counter yang di Berjaya Times Square ya.

      Salam,
      Awan

  109. Halo Mas awan, saya rencana mau ke Singapore dari KL flight jam 6 pagi, rencana mau pake bis dari KL Sentral, nah kalo dari bukit bintang ke KL Sentral ada taxi kah jam 3 pagi ?

    1. Halo apa kabar? Maaf sekali saya baru bisa balas ya. Moga2 belum perginya.
      Kalo flight jam 6 pagi sih emang harus naik bis yang jam 3 dari KL Sentral. Untuk taxi mustinya banyak kok di daerah Bukit Bintang. Tapi kalo pergi 3-4 orang, saran saya mending patungan aja langsung naik taxi ke bandaranya πŸ™‚

      Salam,
      Awan

  110. Halo mas Awan,

    Mohon sarannya. Klo jadwal pesawat jam 7 pagi, lebih baik saya nginap di KLIA2 atau berangkat subuh2 dr KL sentral? Sblmnya menginap di hotel dekat KL Sentral. Klo KLIA express mulai operasional dr KL sentral jam brp ya?

    Terimakasih.

    1. Halo mbak Astri,

      Kalo traveling ber 3-4 saran saya naik taxi aja pagi2 ke bandara. Tapi kalo sendiri dan mau hemat, bisa naik bus yang jam 3 pagi dari KL Sentral. Jangan datang mepet, karena bisa jadi bus penuh. Kereta KLIA Ekspres baru operasi jam 5 pagi, mepet sekali kalo flight jam 7 pagi.

      Salam,
      Awan

  111. Halo masbro,

    Rencananya saya akan transit di KL 1 malam (tiba di KL jam 21:35) sebelum paginya lanjut ke HKG (jam 07:10).
    Kira2 apakah sempat jika saya pergi ke KL sentral lalu lanjut ke KLCC tengah malamnya lalu subuh balik ke bandara untuk flight pagi?
    Saya cek di website: skybus.com.my jadwal ke KL Sentral kelihatannya masih memungkinkan, tapi apa dari KL Sentral ke KLCC masih ada transportasi tersedia tengah malam – dini hari?

    Thanks πŸ™‚

    1. Halo mas Hendrik,

      Betul, kalo Skybus bisa balik ke bandara naik yang jam 3 pagi.

      Nah, untuk ngejar ke KLCC-nya mau ngga mau naik kereta KLIA Ekspres aja, sampai di KL Sentral cuma sekitar 30 menit. Dari KL Sentral kalo masih ada / kekejar naik LRT/kereta komuter ke stasiun KLCC, atau kalo udah ngga beroperasi paling ke loket ‘budget taxi’ aja yang ada ngga jauh dari pinu keluar kereta KLIA Ekspres, dan naik taxi ke KLCC / Petronas. Cuma jangan kemalama juga, karena kalo udah larut malam lampu menara Petronas-nya juga dimatiin… hemat listrik πŸ™‚ Untuk foto2 jadi kurang keliatan.

      Salam,
      Awan

      1. Mas awan,
        Lampu petronasnya dimatikan jam brp ya?
        Sebenernya saya juga masih ragu2 apa mau keluar dari bandara atau tetap stay di bandara saja sampe pagi.. karena dag dig dug juga takut ketinggalan flight.. hehehe..

        Kalau menurut mas apa saya tetap ke KLCC saja atau mungkin ada tempat lain yang lebih mungkin saya kunjungi dengan waktu yg terbatas? πŸ™‚

        Thanks Mas..

        1. Halo lagi mas,

          Saya kurang tau pasti sampai jam berapa, tapi kayanya kalo jam 11 malam udah mulai dimatikan.
          Kalo sampe mau ke tengah kota Kuala Lumpur mungkin selain ke Petronas juga bisa cari makanan di Jalan Alor, daerah Bukit bintang yang buka sampe lewat tengah malam.

          Salam,
          Awan

          1. Mas Awan,

            Untuk transportasi ke Jalan Alor lebih baik menggunakan kereta, bus atau budget taxi ya?
            Saya berencana pergi berempat, kalau memang memungkinkan saya mau naik taxi saja jika memang bisa sampai lebih cepat & biaya juga tidak berbeda jauh.

            Terima kasih Mas πŸ™‚

            Salam,
            Hendrik

          2. Halo mas Hendrik,
            Maaf ya baru bisa balas. Ke Jalan Alor maksudnya dari KLIA/KLIA2 atau dari KL Sentral ya?
            Kalo dari KL Sentral bisa naik taxi atau monorail – turun di stasiun Bukit Bintang.
            Kalo dari bandara, naik taxi juga ngga masalah. Karena kalo naik kereta KLIA Ekspres terus sambung budget taxi jatuhnya malah lebih mahal.

            Salam,
            Awan

  112. Oh gitu ya kak ..
    Kemarin saya juga udah baca baca artikel panduan jalan2 di KL .. trus setelah saya pahami saya mutusin kayanya lebih mudah naik KLIA transit sampe KL sentral trus disambung Monorail sampe hotel ..

    Nah Kereta KLIA transit ato express itu letaknya dekat bandara kedatangan kita kah kak??

    Saya orangnya termasuk yg paling rempong kalo mau jalan2 .. pokonya semua harus tertata? Gitu makanya saya banyak tanya .. maaf kalo merepotkan kak Awan ..

    Makasih kak

    1. Halo mbak Nabilla,
      Stasiun kereta KLIA Ekspres/Transit ada di KLIA & KLIA2. Pastinya dari arrival hall harus jalan kaki dulu ke stasiunnya ya. Gampang kok, tinggal ikutin petunjuk di bandara.

      Salam,
      Awan

  113. Halo kak,,
    Saya mau tanya tanya ..

    Saya rencananya mau pergi ke malaysia bareng temen, tapi ini pertama kalinya ke Malaysia ..
    Saya bingung maksud bandara KLIA dan KLIA2 itu apa?? Apa bedanya?
    Trus kalo udah sampe bandara, ntar pergi ke hotelnya naik apa dari bandara??
    Kita nukar mata uangnya dibandara Indonesia kah dulu ato waktu sampai disana saja ??

    Maaf mengganggu kak..
    Terima kasih?

    1. Halo mbak Nabilla,
      Wah, jangan bingung dulu dong ? Traveling dibawa santai aja… hehehe…

      KLIA dan KLIA2 kaya kalo di Soekarno-Hatta Airport itu Terminal 1, 2 dan 3… kebayang kan? Di satu lokasi tapi ngga mungkin juga jalan kaki pindah terminal.

      Soal ke tengah kotanya… artikel saya ini dibaca lagi. Dari bandara yang pasti harus menuju ke yang namanya terminal KL Sentral. Ini udah di tengah kota KL. Dari situ ke hotelnya, mbak bisa naik taxi atau kereta komuter.
      Coba email hotelnya dan tanyain dari KL Sentral ke hotel enaknya naik apa dan minta petunjuk arah.

      Terakhir, kalo untuk kurs lebih bagus tukar uangnya udah dari saat di Indonesia aja ya. Met jalan2.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Oriza,
      Langsung ke bus-nya aja dan beli tiket disitu ya, ngga perlu pesan lewat website.

      Salam,
      Awan

  114. Halo mas, bisakah dijelaskan jika kita dari KLIA2 menuju Bukit Bintang menggunakan skybus, itu turunnya dimana?
    dan saya menginap di Holiday Inn era Raja Chulan, jadi apakah saya harus menggunakan kereta atau taxi lagi? jika iya taxi dan kereta distasiun apa?
    mohon bantuannya

    1. Halo mbak Mizanti,
      SkyBus turunnya bukan di Bukit Bintang, tapi di KL Sentral.
      Kalo mau ke Bukit Bintang bisa lanjut naik monorail dari KL Sentral.

      Ke Holiday Inn Express Raja Chulan, sebaiknya di KL Sentral nanti cari counter Budget Taxi, dan naik taxi dari KL Sentral ke hotelnya. Karena lokasinya tidak dekat dengan stasiun monorail atau kereta.

      Salam,
      Awan

  115. Malam mas, sy ad flight jam 6 pagi dari kuala lumpur k singapur , mau tanya klo dari KL Sentral ke KLIA2 untuk subuh adanya transport apa ya ?
    Klo naik kereta express ada ga yg subuh ?
    Terimakasih

    1. Halo mbak Ayu,
      Pilihan paling praktis adalah naik taxi.
      Selain itu bisa naik SkyBus yang mulai beroperasi jam 3 pagi (cek website: skybus.com.my).

      Kalo kereta KLIA Ekspres baru beroperasi mendekati jam 6 pagi, jadi ngga mungkin kekejar.

      Salam,
      Awan

      1. Ada ga ya mas taxi jam segitu ? Brapa lama kira2 waktu dsri KL sentral ke bandara dan biaya taxinya ?

        Oya klo d dekat2 bandara ada hotel kah ?
        Menurutnya mas sy lbh baik cari hotel dekat bandara atau bagaimana ?

        1. Halo mbak Ayu,
          Di dekat KLIA2 banyak hotel, budget hotel juga ada. Taxi 24 jam, sekitar 1 jam perjalanan ke KL. Tapi pastinya jauh lebih mahal dari naik bus.

          Salam,
          Awan

  116. Dari Kl sentral ke bukit bintang costnya brpaan ya? Trus dari Bukit bintang menuju ke tropical colmar recommandednya naik apa dsn costnya brpaan ?

    1. Halo mas Wahyu,
      Kalo mas naik monorail RM 2.50
      Ke Colmar Tropicale paling muranh naik bus dari mall Berjaya Times Square. Sekali jalan RM 60 ya.

      Salam,
      Awan

  117. Malam mas…saya mau tanya, ini pertama saya ke KL dan saya tiba di sana jam 10.00pm rekomendasi transportasi utk ke arah bukit bintang apa ya??

    1. Halo mbak Indry,
      Kalo mau cepat, mbak bisa naik kereta KLIA Ekspres ke KL Sentral, terus dari sana lanjut naik monorail. Kalo ngga kekejar baru naik taxi. Antre di counter budget taxi di KL Sentral.

      Tapi kalo mau lebih murah, naik SkyBus ke KL Sentral, dan dari sini karena pasti sampai diatas jam 12 malam dan monorail sudah ngga beroperasi, langsung menuju ke counter taxi yang lokasinya ngga jauh dari pintu keluar KLIA Ekspres.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mas Hadi,

      Ke KLFA Football Centre saya belum pernah dan tidak tau apakah ada komuter/LRT yang menuju kesana. Kalau lihat dari peta transportasinya Kuala Lumpur, sepertinya harus ke stasiun Sentul dulu, dan dari situ mungkin sambung naik bus umum atau taxi.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mas Bagus,
      Sorry info yang saya ada cuma ke Klang (AEON Bukit Tinggi) ya maksudnya? Kalau itu bisa naik Aerobus dari KLIA/KLIA2. Coba cek langsung ke website-nya: aerobus.my

      Salam,
      Awan

    1. Halo mas Hadi,

      Bandar Utama maksudnya apakah 1-Utama? Karena dari KLIA2 SkyBus cuma ada ke KL Sentral atau ke 1-Utama. Tiketnya RM 14.5 ya.

      Salam,
      Awan

      1. Maksudnya panduan dari klia sampai bandar utama dan tujuan saya ke KL Football Centre, Jalan 6/4, Desa Melawati, 53100 Kuala Lumpur

        1. Halo mas Hadi,
          Saya sudah balas di pertanyaan sebelumnya ya. Kalau memang tujuannya ke KLFA Football Centre saya kurang tau kalau dari KLIA.

          Tapi kalau mau naik kereta komuter/LRT dari KL Sentral, kalau saya lihat di peta transportasi naik yang ke tujuan Sentul dan dari situ harus sambung lagi naik bus umum atau taxi.

          Salam,
          Awan

  118. Sore mas, saya mau numpang tanya, kalau dari arrival klia mau ke loket klia transit train, itu jalan nya lurus2 aja atau ada melewati eskalator atau ada lift ya? Trims

    1. Halo mbak Sania,
      Iya, ada eskalator dan ada lift-nya juga. Jadi ngga masalah walau harus naik turun/beda lantai.

      Salam,
      Awan

      1. salam kenal mas

        sy mau tanya kalau dari bandara KL menuju genting.baiknnya naik apa ya.sy ber 3
        dan kira2 butuh wkt brapa lama utk sampai ke genting
        hotel apa yg lumayan n bersih di genting.thx ya

        1. Halo, salam kenal juga ya.
          Nanti dari KLIA2 ada AEROBUS yang menuju ke Genting. Perjalanan sekitar 2 jam.
          Kalo hotel di Genting bisa langsung cek di Agoda atau Booking dot com.

          Salam,
          Awan

  119. Halo mas, mau tanya nih, kalau dari klia2 mau transit ganti pesawat ke klia1, tapi saya bawa koper besar 2. Apakah diperbolehkan? Terima kasih

    1. Halo, apa kabar?
      Kalau naik maskapai penerbangan yang berbeda berarti itu memang harus pindah terminal. Jadi dari KLIA2 harus keluar imigrasi, ambil koper… kemudian naik kereta KLIA Transit/Ekspres ke KLIA, check-in bagasi dan masuk imigrasi lagi.

      Salam,
      Awan

  120. Halo mas Awan,
    Mau tanya.. kalo dari KL Sentral ke Pasar Seni naik bus umum berapa tarif-nya?
    mohon info mas, terimakasih.

    1. Halo mbak Ester,

      Kalo dari KL Sentral mending naik kereta LRT/komuter aja ke Pasar Seni.
      Tarifnya saya ngga update, udah lumayan lama ngga mampir KL. Tapi yang pasti ngga mahal, sekitar RM 1 – 3 kali ya.

      Salam,
      Awan

  121. Hallo Mas Awan,
    Sy berencana ke KL awal may ini dan sy masih bingung untuk transport.

    Mau tanya kalau dr KLIA2 ke Pasar Seni bila naik kereta express saat di KL Sentral sy harus keluar & beli ticket lagi atau bisa langsung, harga brp?

    Lalu kalau dr KLIA2 ke Batu Cave apa harus keluar di KL Sentral dan beli ticket lagi, harga brp?

    Dan apakah ada tempat penitipan Koper di KL Sentral, harga brp?

    Mohon pencerahan n informasinya.. Heheh terima kasih.

    1. Halo mbak Ricka,

      Betul sekali… semua dari bandara harus ke KL Sentral dulu. Dari situ bisa ganti kereta (LRT/Komuter) ke berbagai tujuan di Kuala Lumpur. Untuk harga tiket kereta maaf saya ngga update, tapi biasanya ngga mahal, sekitar RM 1 – 5, sesuai jarak.
      Penitipan koper di KL Sentral bisa. Tanyakan lokasinya ke information disana ya.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mas Putra,
      Pastinya dari KLIA2 harus ke tengah kota KL dulu… ke terminal KL Sentral. Bisa naik bus atau kereta KLIA Ekspres seperti yang saya terangin di artikel ini. Dari KL Sentral tinggal naik kereta LRT, turun di PWTC LRT Station. Nanti bisa coba Google dulu untuk peta LRT/komuter di KL ya, supaya jelas naik jalur yang mana dari KL Sentral.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Hany,
      Maaf baru bisa balas. Sudah saya jawab di pertanyaan mbak yang sebelumnya ya.

      Salam,
      Awan

  122. Mas, mau nanya kalau dari Bukit Bintang ke KLIA 1 itu bagusnya naik apa ya??
    Lalu beda KLIA 1 dan KLIA 2 itu apa ya??
    Makasih..

    1. Halo mbak Hany,
      Apa kabar? Pertama mbak harus pastikan dulu pesawatnya di KLIA atau KLIA2, karena itu beda terminal dan harus naik bus atau kereta antar terminal.

      Dari Bukit Bintang kalo mau murah, bisa naik monorail dulu ke KL Sentral. Dari situ bisa naik SkyBus atau kereta KLIA Transit/Ekspres ke KLIA atau KLIA2.
      Kalo mau cepat bisa juga langsung naik taxi.

      Salam,
      Awan

  123. mas, kalo dari KLIA ke KL central nya itu turun di daerah apa ya namanya, terus penginapan di daerah deket situ ada ga
    terima kasih

    1. Halo mas,
      Kalo KL Sentral nama daerahnya KL Sentral. Itu pusat transportasi di KL. Banyak hotel juga disekitarnya. Bisa cek di Agoda atau Booking.com deh ya.

      Salam,
      Awan

    1. Halo, apa kabar?
      Betul sekali. Harus ke KLIA2 dulu dan paling praktis naik kereta KLIA Transit/Ekspres ya.

      Salam,
      Awan

  124. mas, saya naik MH nih, nyampe di KLIA. emg ada yah aerobus di KLIA? setau saya aerobus cuma ada di KLIA2 aja, Saya ingin menuju KL Sentral dgn biaya murah (semisal aerobus). kira2 mas bisa kasih masukan?

    1. Halo mbak Rina,
      Betul sekali, Skybus (bukan Aerobus kalo ke KL Sentral) adanya cuma di KLIA2. Jadi mbak tinggal naik kereta KLIA Transit/Ekspres ke KLIA2 dan naik busnya dari situ.

      Salam,
      Awan

        1. Halo, apa kabar?
          Uber ngga masalah di KLIA. Naiknya pasti dari area kedatangan / sesuai yang kita input ke aplikasi.

          Salam,
          Awan

  125. Malem mas, mau tanya kalo dari KLIA 2 ke SIC naik apa ya mas? Klia transit sama ekspres jam operasionalnya jam berapa ya?

    1. Halo mbak Ayu,
      Sorry SIC itu apa ya? Apa maksudnya KLCC?
      Pokoknya kalo dari KLIA/KLIA2 semua harus ke pusat kota dulu, yaitu KL Sentral, baru nyambung dari sana.
      KLIA Transit/Ekspres dari jam 6 pagi sampe 12.45-an malam.

      Salam,
      Awan

      1. SIC bermaksud sepang international circuit. KLCC pula bermaksud Kuala Lumpur Convention Centre ataupun yang kalian kenali dengan nama Menara Berkembar Petronas.

    1. Halo mas Jeffry,
      Ada Aerobus dari KLIA2 ke Genting ya.
      Tempat naik busnya nanti tanya ke information di KLIA2.

      Salam,
      Awan

  126. salam mas, kami 7 orang ada rencana ke kuala lumpur tgl 29 ini. Masalahnya kami beda pesawat 4 orang naik malindo KLIA1 dan 3 orang naik Air Asia KLIA 2 selisih keberangkatan beda 1 jam (pagi). Pertanyaannya dimana idealnya meeting point kami biar bisa sama naik bus ke KL Sentral ?

      1. terimakasih atas responnya mas, jadi kami harus keluar bandara dan pindah ke KLIA2, untuk pindahnya apa bisa jalan kaki atau naik LRT lagi? btw…rekomendasi hotel budget di kuala lumpur apa mas? thanks

        1. Halo mas Ronal,
          Betul sekali. Dari KLIA ke KLIA2 paling praktis naik kereta KLIA Ekspres/Transit, per orang cuma 2 Ringgit.

          Hotel budget di KL, coba cari sekitar KL Sentral:
          – Easy Hotel
          – Sentral Hotel
          Atau bisa cek di Agoda & Booking.com hotel di sekitar KL Sentral banyak yang harga budget.

          Salam,
          Awan

    1. Halo mas Ferry,
      Kalo mas baca artikel ini dijelaskan secara rinci ya.
      Naiknya bisa bus (perjalanan sekitar 1,5 jam) atau kalo mau cuma 30 menitan bisa naik kereta KLIA Ekspres/Transit. Jadi bukan naik monorail.

      Salam,
      Awan

  127. Mas awan salam kenal,
    Pesawat saya jam set. 10 sampe klia2 baru bisa check in di hotel geo jam 3 enaknhya ke tein tower dulu atau ke kl sentral?

    Thanks ☺

    1. Halo, apa kabar?
      Untuk bisa ke Twin Tower kalo mau naik kendaraan umum harus ke KL Sentral dulu. Nanti dari KL Sentral naik kereta LRT turun di stasiun KLCC ya.

      Salam,
      Awan

  128. Salam kenal mas Awan ,
    Tanya dunk …. KLIA Transit ke Putra Jaya ticketnya berapa ? waktu tempuh berapa lama ?
    Dari Kuala Lunpur sentrak ke Melaka ada kendaraan umum yang langsung ngak …
    tarif dan waktu tempuhnya berapa ??
    dan Dari Melaka sentral ke singapore transportasinya apa ? tarif berapa …
    singaporanya mau ke Merlion park berhentinya dimana ?
    terima kasih sebelumnya .

    1. Halo, salam kenal juga.
      KLIA Ekspres/Transit ke Putrajaya tiketnya RM 9.40. Perjalanan sekitar 20 menit.
      Ke Melaka naik kereta dulu dari KL Sentral ke Terminal Bersepadu Selatan (TBS) ya. Naik kereta KLIA Transit juga bisa, turun di stasiun Bandar Tasik Selatan. Ke Melaka sekitar 2 jam perjalanan.

      Kalo ke Singapura nanti cek aja langsung di Melaka Sentral ya. Saya tidak pernah naik bus ke Singapura dari sana, jadi maaf ngga punya info update-nya.
      Merlion Park cek di artikel ini ya: 29 Tempat Wisata Gratis di Singapura.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Indah,
      Nanti tinggal ikutin petunjuk atau tanya information di KLIA2 untuk tempat naik/tunggu bus Transnational yang menuju ke Melaka ya.

      Salam,
      Awan

  129. Hallo mas,
    Pesawat KLM saya landing di Kuala Lumpur Jam 22.00, dan akan lanjut ke Osaka dengan menggunakan maskapai Air Asia jam 01.00 pagi. Sebelum menuju ke KLIA2 dari KLIA dengan menggunakan kereta KLIA Express, apakah harus proses imigrasi dulu ya mas? Terima kasih

    1. Halo mbak Visca,

      Betul sekali mbak. Karena ini bukan connecting flight (beda maskapai), jadi harus keluar imigrasi dan ambil bagasi (kalau ada), terus mbak pindah terminal dan check-in lagi di counter AirAsia dan masuk imigrasi lagi untuk keberangkatan ke Osaka.

      Salam,
      Awan

  130. Hallo mas mau nanya kalau saya tiba di KLIA 2 Jam 23,30 dan mau gabung dengan temen yang lain di KLIA 1 apakah masih ada bus yang beroperasi diatas jam 00.45…karena besoknya harus ke hanoi melaui KLIA 1,,,dan di KLIA 1 boleh nginap diBandara….
    Salam
    Endang

    1. Halo mbak Endang,

      Paling praktis naik kereta KLIA Ekspres/Transit (terakhir dari KLIA2 jam 00.55).
      Jadi setelah keluar imigrasi langsung menuju stasiunnya aja ya, mbak.

      Salam,
      Awan

  131. Mau tanya nih… jika dr bukit bintang mau ke genting enaknya naik apa dan brp biayanya dan jika juga mau ke malaka dr bukit bintang naik apa juga dan brp biayanya

    1. Halo mbak Adeliana,

      Dari Bukit Bintang bisa naik monorail dulu ke KL Sentral, dan nanti cari/tanya bus yang ke Genting.
      Tiketnya RM 10.70 dan amannya beli tiket PP, supaya nanti di Genting ngga harus antre jadwal bus balik, karena biasanya penuh.

      Salam,
      Awan

  132. Hallo mas..mau tanya nih..bus dari klia2 ke KL sentral mulai jam brp ya?..sy sampai klia2 jam 1 malam,baca2 kata nya ada yg jam 02.45,bener gak mas?..trus di KL sentral jam 4 subuh aman gak?.klo jalan dari KL sentral ke hotel sekitar (metro/sentral/dll) aman gak subuh2 gitu?..tq

    1. Halo, apa kabar?
      Benar, SkyBus itu terakhir berangkat dari KLIA2 jam 02:45 pagi.
      Sekitar KL Sentral seharusnya aman2 aja ya. Met jalan2 πŸ™‚

      Salam,
      Awan

        1. Halo mbak Fitri,
          Ke Ipoh bisa naik kereta ETS dari KL Sentral ya. Jadwal kereta dari jam 7.05 pagi sampai 21.30. Transportasi ini yang paling praktis.

          Salam,
          Awan

    1. Halo mbak Novian,

      Betul, bisa naik kereta KLIA Transit antar 2 terminal itu.
      Lokasi keretanya nanti ikutin petunjuk di bandara (petunjuknya jelas untuk menuju stasiun KLIA Ekspres / KLIA Transit), atau tanya ke bagian information di bandara ya.

      Salam,
      Awan

  133. mau nanya mas Skybus itu haltenya dimana ya , di dlm apa d luar bandara KLIA2?
    mohon dbalas mas soalnya sy brgkt tgl 7 maret ke KLIA2

    1. Halo mbak Indri,

      Tempat tunggu busnya di pintu keluar setelah Arrival Hall KLIA2 ya. Sebaiknya nanti tanya ke information/petugas lagi di bandara, atau ikutin petunjuk arah untuk menuju ke ‘bus’. Met jalan2 πŸ™‚

      Salam,
      Awan

  134. Hallo mas, mau tanya. Kalo dari KLIA2 ke bukit bintang dan bukit bintang mau ke KLIA2 pake transportasi apa ya baiknya? Thank you πŸ™‚

  135. Hallo mas mau tny donk, kalo dr klia ad ga ya bus yg bs lgsg ke genting?
    Apa hrs cr bus ke klia 2 dl y?
    Ssh ga mas bt mengetahui posisi arah kereta tujuan klia 2 dr klia 1? Tkutnya slh posisi mala naik arah ke KL sentral hehee…
    Mohon info donk πŸ™‚

    1. Halo mbak Yuni,

      Maaf baru bisa balas ya.
      Kalo kereta KLIA 1 dan 2 gampang, lihat yang arahnya kemana mbak/tanya petugasnya ya.

      Bus dari KLIA/KLIA2 yang langsung ke Genting ada. Bisa naik Aerobus, jadwalnya 6 kali sehari ya. Bisa cek langsung di website-nya Aerobus.

      Salam,
      Awan

  136. Haloo Kak Awan,

    Kak aku mau tanya dong .. untuk panduan dari KLIA2 ke hotel transit ?? .. kemudian kalau aku sampai bandara sekitar pukul 22.00 baik y naik apa yah kak??

    Mohon infonya yah kak .. terimaksih.

    1. Halo mbak Eka,

      Umumnya hotel transit di sekitar KLIA2 bisa dijangkau dengan jalan kaki sekitar 10-15 menit dari bandaranya. Ada yang punya shuttle, tapi jam operasinya juga ngga setiap saat. Coba email hotelnya sebelum datang, dan tanya apa ada fasilitas shuttle bus, atau bisa jalan kaki aja dari KLIA2.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Martina,

      Susahnya kalo berlima dan dapat taxi sedan ngga bisa dalam 1 taxi. Kalo sampe tanya2 untuk sewa taxi van, coba bandingin aja. Naik KLIA Ekspres per orang 55 Ringgit, berarti 275 Ringgit berlima. Mungkin bisa naik taxi van dengan harga lebih murah.

      Atau kalo mau lebih hemat lagi, naik SkyBus ke stasiun KL Sentral, dan dari sana baru naik taxi ke hotelnya.

      Salam,
      Awan

  137. Mau nanya bang. Akhir bulan maret sy mau bepergian dan harus transit di klia 1 selama kurang lebih 9-10 jam. Kira2 sambil nunggu enaknya ngapain ya bang?

    1. Halo mas Fahmi,

      Kalo punya waktu transit 9-10 jam sih bisa keluar dan jalan2 ke kota Kula Lumpurnya ya (asal ngga pas tengah malam aja ya).
      Cara ke tengah kotanya bisa baca di artikel yang saya tulis ini.

      Salam,
      Awan

  138. Hallo kak, saya mau nanya nech,,, berhubung tiket air asiaa lg mahal. Jd saya transit. Dr penang-jkt. Saya transit ke klia1 kemudian saya harus ke klia2 buat ke jkt. Pertanyaannya, gimana caranya saya dr klia1 ke klia2 transportasi apa? Biaya berapa? Dan ada setiap jam berapa? Thanks

    1. Halo Rennesya,

      Bisa naik kereta KLIA Transit ya. Tinggal menuju ke stasiunnya di KLIA dan beli tiket untuk ke KLIA2. Harga tiket cuma 2 Ringgit, kereta dari pagi sampai sekitar jam 11 malam, berangkat tiap 20-30 menit sekali.

      Salam,
      Awan

  139. Hallo Salam kenal Kang Travelawan… Saya ada kegiatan ikut acara MIHAS di KLCC nanti bulan April 2017. Karena dari Bandung dengan Air Asia kemungkinan turun di KLIA2 ya ? Mohon info mengenai rate Taxi dari KLIA2 ke KLCC, karena repot nampaknya menggunakan transportasi umum seperti Kereta dengan banyaknya barang bawaan. Ada saran mengenai taxi dengan rate yang normal dan aman? Terima kasih sebelumnya

    1. Halo mas Edward,

      Taxi dari bandara banyak yang ngga mau pakai argo, jadi biasanya harus tawar menawar. Setau saya mungkin sekitar 140-150 Ringgit untuk ke tengah kota. Semoga semuanya lancar ya, mas.

      Salam,
      Awan

  140. Halo mas.
    Sy mau tanya. Lusa sy mau ke KL. mendarat di klia2. Nginap di corus hotel jl. Ampang. Kalo saya naik skybus gmn ya. Ke hotelnya nyambung pake apa ya mas. Repot gak ya kalo bawa koper mesti naik skybus….

    1. Halo mbak Dea,

      Sorry baru balas. Moga2 masih sempat baca ya. Kalo naik SkyBus kan akan turun di KL Sentral, kalo ngga mau repot dari situ lanjut naik taxi. Tapi merasa ngga repot bawa2 kopernya, bisa juga lanjut naik kereta LRT (semacam kereta komuter), menuju ke KLCC station, dan dari situ lanjut jalan kaki ke hotelnya.

      Salam,
      Awan

  141. Halo, mau tanya nih, Kalau sy dr Jkt naik Airasia, setibanya di bandara Kualalumpur, pengen langsung ke Genting, bagaimana cara nya mas, tks

    1. Halo mbak Linda,

      Nanti dari KLIA / KLIA2 ada Aerobus yang langsung ke Genting. Berangkat pertaman jam 9.15 pagi dan terakhir 20.15. Nanti bisa tanya ke Information di bandara, tempat untuk naik Aerobus ke Genting dimana.

      Salam,
      Awan

  142. Halloooo mas mau tny kl dr KLIA 2 ke pudu raya naik taksi mahal g? Thn 2015 aku prnh naik kereta express dr bandara ke Bukit bintang mahaaalll

    1. Halo mbak Fenny,

      Kalau naik KLIA Ekspres memang per orang 55 Ringgit. Untuk taxi dari KLIA2 ke tengah kota mungkin sekitar 140 Ringgit. Tapi saya juga ngga ada update lagi untuk harga tahun ini kira2 naik atau ngga.

      Salam,
      Awan

  143. Mas aku rencana mau backpacker sama temen ku ke singapura dan malaysia. Untuk singapura aku gak buta2 bgt lah karna pernah kesana 2thn silam, nah untuk malaysia aku masih super buta bgt. Kebetulan rencananya aku pulang ke jkt dari malaysia dapet penerbangan pagi sekitar jam 7. Kalau aku mau naik aero/sky bus dari hostel sebaiknya berangkat jam berapa ya? Dan tiketnya harus booking dulu atau bisa beli langsung(spt bus damri diindonesia)

    1. Halo mbak Hani,

      Dari KL Sentral ke KLIA2 adanya cuma SkyBus dan bus pertama berangkat jam 3 pagi. Selengkapnya cek di website mereka: skybus.com.my/schedule.php

      Kalo flight jam 7 pagi amannya naik yang jam 3 pagi itu. Kalo mau pesan online juga bisa. Nanti langsung cek di web-nya ya.

      Salam,
      Awan

  144. Mas mohon informasinya… saya rencana mau berangkat dari banda aceh β†’ Klia 2 β†’ Klia1 β†’ jeddah…
    Dari banda aceh ke klia2 nyampe nya jam 11.20.. terus saya langsung ke klia1 karena jam 17.50 pesawat yg ke jeddah akan take off… apa waktunya akan terkejar mas.. karena nanti harus nunggu proses bagasi dan imigrasi.. juga proses check in di bandara klia1 ? Thanks

    1. Halo mbak Anis,

      Jarak antara tiba dari Banda Aceh dengan flight ke Jeddah kan 6 jam, cukup sekali kok untuk proses imigrasi, ambil bagasi dan pindah terminal dari KLIA2 ke KLIA. Semoga semuanya lancar ya.

      Salam,
      Awan

  145. Mau tanya donk mas ..sy ada remcana ke kuala lumpur dan by GA mendarat di KLIA km berencana naik klia transit utk menuju kl sentral..apa bisa lsg naik ato harus ke klia2 dulu ? Thx

    1. Halo mbak Lisna,

      Kalo mau naik kereta KLIA Ekspres bisa langsung dari KLIA.
      Tapi kalo ke KL Sentral-nya mau naik SkyBus, harus ke KLIA2 dulu karena hanya ada dari sini.

      Salam,
      Awan

  146. siang mas, salam kenal..

    Mau tanya mas, saya dr jkt ke KLIA2 kira2 nyampe jam 12 malam dan akan berangkat lagi ke singapur pesawat jam 6 pagi.
    kalau mau ke petronas tengah malam gitu bisa gak yah mas? naik apa enaknya?

    Terima kasih.

    1. Halo mbak Nesia,

      Salam kenal ya. Sayang sekali transitnya malam ya…
      Bisa aja ke tengah kota naik taxi (kereta tengah malam tidak beroperasi), tapi sepertinya juga ngga bisa berfoto jelas di Menara Petronas mbak. Soalnya mereka juga save energy, kalo malam lampu menaranya yang terang benderang itu akan dimatikan, dan yang nyala hanya sebagian kecil lampu aja. Jadi sepertinya akan keliatan gelap kalo difoto.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mas Emir,

      SkyBus cuma ada dari KLIA2, jadi kalo mendarat di KLIA nanti naik kereta KLIA Ekspres aja dulu ke KLIA2, dan ikutin petunjuk / tanya information lokasi naik SkyBus dari KLIA2 ini.

      Salam,
      Awan

  147. Hai salam kenal… saya mau tanya. Saya ada penerbangan ke siem reap dari klia 2 (air asia). sedangkan saya tiba di klia dari jkt dengan klm. Bagaimana saya menuju ke klia 2 dari klia dengan klia express? Apakah harus melewati imigrasi dahulu? Ini pengalaman saya transfer beda maskapai. Mohon pe jelasan . Terima kasih.

    1. Halo, apa kabar?

      Kalo dari KLIA ke KLIA2 paling praktis naik kereta KLIA Ekspres.

      Pastinya harus keluar imigrasi dulu, dan kemudian nanti check-in dan masuk/lewati imigrasi lagi di KLIA2.

      Salam,
      Awan

  148. Siang mas, kalau mau naik skybus dari klia 2 ke KL sentral gimana ya cara beli tiketnya? kita harus kemana nunggu bis ini?
    terima kasih πŸ™‚

    1. Halo mbak Angela,

      Tempat berhenti bus di KLIA2 nanti ikuti petunjuk atau tanya ke information biar jelas ya lokasinya. Tiket bisa dibeli sebelum naik bus ke petugas bus.

      Salam,
      Awan

  149. @all : bg yg mau ke KLCC or pusatnya KL saran saya klo wkt transit cuma 6 jam dan hanya 1-2 orang mendingan naik klia express tp klo diatas 8 jam okelah naik bus, tp klo 3-5 orang naik taxi more better, klo biaya taxinya 140-150 RM patungan perorang jatuhnya 50-30 RM (lbh murah dan bs perhitungkan wkt…. Oh iya coba pake grab deh be ketauan estimasi perjlnn dan biayanya…. Semoga berguna

    1. Halo mas Rony,

      Terima kasih banyak ya sudah ikut bantu jawab / kasih masukan untuk yang transit dan mau ke Petronas / pusat KL. Pastinya berguna untuk teman2 traveler lainnya.

      Salam,
      Awan

  150. Hai mas, saya mau nanya. kalau dari Bukit Bintang ke KLIA2 enaknya naik apa ya?
    soalnya jam 13.45 pesawat berangkat ke bangkok. kalo misalkan naik bus ekspres kira2 nanti bakal macet apa gak?
    terus untuk pembelian tiketnya apa hanya bisa dibeli online? atau di KL sentar juga ada counternya gitu?
    Makasih ya mas..

    1. Halo mbak Wina,

      Kalo dari Bukit Bintang ke KL Sentral selain bisa naik taxi, bisa juga naik Monorail.
      Naik bus memang kita tidak tau pasti di perjalanan apa akan macet atau tidak, tapi perkiraan waktu tempuh antara 1,5 – 2 jam. Jadi perginya jangan mepet. Tiket bus bisa beli di counter/petugas di KL Sentral.

      Salam,
      Awan

  151. Halo. Mau mas. Mau nanya. Bln depan mau k hk yg transit kl. Transitnya sktr 6 jam. Kalo mau k petronas naik taksi sempat ga? Kira2 brp ya budgetnya?

    1. Halo Goguma,

      Yang pergi berapa orang ya? Kalo cuma sendiri mending naik kereta KLIA Ekspres ke KL Sentral, dan lanjut naik kereta komuter ke KLCC (tempat menara Petronas berada).
      Kalau mau naik taxi lumayan mahal juga ya, dan bisa jadi macet di tengah kotanya. Kayanya yang paling praktis emang naik kereta KLIA Ekspres.

      Salam,
      Awan

  152. Salam.
    If you are going to Klia using ERL from KL Sentral, you might check in for your flight at KL City Airport Terminal (KLCAT). It is located within the KL Sentral.

    1. Hello Aslam, how are you?
      Thank you very much for your information. This will help other traveler traveling to Kuala Lumpur.

      Salam,
      Awan

  153. Mas Travelawan, terima kasih ceritanya masukan yang sangat berguna. Mau nanya sedikit, bulan awal maret kami (saya dan anak saya) akan bepergian ke China dengan AirAsia, transit 16 Jam di KL. Dan sudah berencana untuk manfaatkan transit untuk main ke KLCC area, bahkan sudah book hotel di sekitaran situ.
    1.Apakah stasiun KLIA Express cukup dengan jalan kaki ke hotel (Jl. Perak KLCC)?
    2. Karena pesawat ke China jam 0800, jadi at least berangkat ake KLIA harus jam 0400, apakah KLIA sdh beroperasi?
    3. Saat transit keluar KLIA apakah berarti mendapatkan Visa untuk ke KL? apakah ada biaya?

    Terima kasih sebelumnya.

    1. Halo mas Jatno,

      Apa kabar? Saya coba jawab ya pertanyaannya:
      1. KLIA Ekspres stasiun terakhirnya adalah di KL Sentral. Dari situ mau ke KLCC harus naik lagi kereta semacam komuter, yaitu LRT yang ke stasiun KLCC. Kalo stasiun yang dekat sama Jalan Perak sepertinya stasiun Dang Wangi (coba email ke hotelnya dan tanya)
      2. KLIA Ekspres beroperasi mulai jam 5 pagi dari KL Sentral dan sampai di KLIA sekitar jam 5.30 pagi. Berarti kalo mau naik taxi dulu ke KL Sentral dan lanjut naik kereta KLIA Ekspres dari situ
      3. Kalo keluar dari bandara untuk naik kereta KLIA Ekspres sudah harus lewat imigrasi. Masuk Malaysia kita ngga pake visa khusus, cuma cap di paspor yang berlaku untuk stay selama 30 hari dan ngga ada biaya. Semoga semuanya lancar ya nanti.

      Salam,
      Awan

  154. mas, saya mau KL minggu depan 5 org. untuk transportasi dari bandara ke petronas bagusnya pake apa ya? terimakasih…\

    1. Halo mbak Viona,

      Apakah akan nginap di KL atau cuma singgah dan mau ke Petronas aja ya? Intinya kalo dari bandara harus ke KL Sentral dulu. Bisa naik bus dari KLIA2 (baca di artikel), atau bisa juga naik kereta KLIA Ekspres kalo mau lebih cepat.

      Nanti dari KL Sentral sambung naik kereta LRT ke stasiun KLCC – turun di Suria KLCC/Petronas. Ngga susah kok ?

      Salam,
      Awan

  155. Halo mas.kita rencana ke bangkok transit d KL 6 jam,kira2 jika singgah ke petronas,sempat ndak ya?trus di KL suka macet ndak jalanannya?klo di google map,dr airport ke petronas sih 1hr 1min.tp kenyataannnya ndak tau.tolong dibantu

    1. Halo mbak Lisa,

      Kalo saya bilang sih waktunya mepet ya. Mungkin bisa kekejar kalo naik kereta KLIA Ekspres (sekali jalan 55 Ringgit) ke KL Sentral, dan dari situ lanjut naik commuter yang ke KLCC – tempat Menara Petronas berada.

      Info aja, kalo terbangnya dari KLIA2 itu bandaranya cukup besar dan kalo kebagian gate yang jauh, ngga boleh mepet check-in nya. Pastiin 2 jam sebelum jadwal terbang udah ada di bandara lagi. Karena harus lewat proses imigrasi & pengecekan lagi yang biasanya antre. Moga2 sempat ya ke Petronas’nya.

      Salam,
      Awan

  156. halo… mau nyanya dong, bulan depan sy rencana ke KL dan singapur, kalo setibanya sy di bandara sy harus kmana yah… klo mau langsung terus ke singapur??? bagusan mana yah naik bus apa nai kereta??? karena dr sekian banyak info yg sy dpat dr internet tdk ada yg menjelaskan secara rinci mengenai jadwal keberangkatan, jalur, lama perjalanan, cara dan tempat pembelian tiket bus ataupun kereta.. trims…

    1. Halo Mangindara,
      Maksudnya mendarat di KLIA / KLIA2 dan mau langsung ke Singapura naik bus?
      Nanti dari KLIA / KLIA 2 naik dulu kereta KLIA Ekspres di loketnya yang ada di bandara (ikutin petunjuk untuk menuju ke tempat kereta), beli tiket untuk ke stasiun Bandar Tasik Selatan. Stasiun ini terkoneksi dengan terminal bus ‘Terminal Bersepadu Selatan’ (TBS).
      Kalau mau naik bus, nanti tanya ke information di KLIA aja, tempat naik JetBus yang menuju ke TBS.

      Dari TBS ini ada bus yang ke Singapura. Tinggal tanya ke petugas bus di loket, nanti di Singapur bus akan tiba dimananya?. Karena di Singapur ngga ada terminal khusus seperti TBS, bisa jadi pemberhentian terakhir bus di Woodlands (daerah perbatasan dengan Johor Bahru), atau beberapa mall di tengah kota Singapura.

      Salam,
      Awan

  157. Haii.. mau tanya itu yang AEROBUS itu pembeliannya harus via web? Atau on the spot bisa? Lebih enak SKYBUS atau AEROBUS ya? Thank you..

    1. Halo Rommy,
      Tiket bisa beli di tempat, ngga harus pesan web.
      Kalau tujuannya mau ke KL Sentral, sekarang sudah ngga ada Aerobus lagi, cuma ada SkyBus ya.

      Salam,
      Awan

  158. Halo mw ke KL juga ya? saya jg mw. tp masih bingung caranya ke Kota, abis katanya kalo naik bus ada pergantian bus gitu ya? saya transit di KL 9 jam dan rencana cuma mw ke petronas sj, btw setahu saya selain Aerobus masih ada Sky Bus nya Air Asia dari yg saya baca2 di web. katanya kalo naik taksi mahal bisa nyampe 140 ringgit.

    1. Halo BW,

      Iya betul ada SkyBus. Tapi perjalanan ke KL Sentral sendiri sudah 1,5 – 2 jam. Jadi kalau cuma transit 9 jam dan mau foto di Petronas, saran saya naik kereta KLIA Ekspres aja, walau emang lebih mahal tapi aman dari segi waktu. Taxi emang mahal πŸ™‚

      Salam,
      Awan

  159. Mas.mau nanya aerobus dari klia 1 ke kl sentral sudah tidak tersedia lagi dan dipindahbke aeon bukit tinggi ya. (Sejaka 1 okt 2016.
    Bus selain aerobus masih ada?atau jika naik uber taxi pesannya pas di luar gedung klia klia atau didalam pintu exit nya aja?

    1. Hi Siaoyang,

      Iya, sekarang yang ke KL Sentral naik SkyBus (satu group sama AirAsia) aja. Untuk lokasi tunggu bus, lihat petunjuk arah di banadara atau tanya information ya. Dia ngga langsung di pintu keluar, tapi ada tempat tunggu khususnya.

      Salam,
      Awan

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.