Naik Kereta Atau Bus Dari Bandara KLIA dan KLIA2 ke Kuala Lumpur

travelawan

Naik Bus Atau Kereta Dari Bandara KLIA dan KLIA2 ke Kuala Lumpur

Update artikel: Akhir Juli 2017

Sejak ditutupnya bandara LCCT (Low Cost Carrier Terminal) di Sepang, Malaysia yang biasa melayani penerbangan khusus AirAsia, kini semua penerbangan AirAsia telah dialihkan ke KLIA2 atau Kuala Lumpur International Airport 2. Nah, kalau dari KLIA2 ini apakah fasilitas transportasi umum seperti bus dan kereta KLIA Ekspres juga tersedia?

Tidak perlu khawatir, sejak dibuka KLIA2 yang jaraknya sekitar 2km dari KLIA, ada kereta yang menghubungkan dua bandara ini. Dan jika mau naik kereta KLIA Ekspres atau kereta komuter KLIA Transit, bisa langsung dari KLIA2, tanpa kita harus pindah dulu ke KLIA.

KERETA KLIA EKSPRES
Jika tujuannya ingin langsung ke terminal KL Sentral yang ada di tengah-tengah Kuala Lumpur, maka bisa pilih kereta cepat KLIA Ekspres, yang melayani non-stop dari KLIA2 – KLIA – KL Sentral (dan rute sebaliknya). Jadi kereta ini yang dulunya hanya melayani KLIA ke KL Sentral, jalurnya sudah diperpanjang sampai KLIA2.

Tarif: RM 55 / sekali jalan (Pergi – Pulang RM 100)
Waktu Tempuh: 33 menit (KLIA2 – KL Sentral, dan rute sebaliknya)
Durasi Keberangkatan: Setiap 15-20 menit
* Untuk antar terminal – KLIA ke KLIA2 kalau naik KLIA Ekspres tarif hanya RM 2 (waktu tempuh 3 menit)

KERETA KLIA TRANSIT
Bedanya kereta KLIA TRansit dengan KLIA Ekspres adalah kereta ini merupakan kereta komuter yang akan berhenti di beberapa stasiun utama:
KLIA2 > KLIA > Salak Tinggi > Putrajaya & Cyberjaya > Bandar Tasik Selatan > KL Sentral

Waktu Tempuh: 39 menit (KLIA2 ke KL Sentral)
Durasi Keberangkatan: Setiap 20-30 menit

Baca juga:   Liburan ke Malaysia, Komunikasi Lancar Pakai SIM Card Traveller JavaSim

Tarif:
* KLIA2 ke KLIA: RM 2 (perjalanan 3 menit)
* KLIA2 ke Salak Tinggi: RM 4.90 (perjalanan 11 menit)
* KLIA2 ke Putrajaya / Cyberjaya: RM 9.40 (perjalanan 20 menit)
* KLIA2 ke Bandar Tasik Selatan: RM 38.40 (perjalanan 32 menit)
* KLIA2 ke KL Sentral: RM 55 (perjalanan 39 menit)

BUS EKSPRES
Jika mau lebih murah, bisa naik bus ekspres Aerobus atau SkyBus (website: skybus.com.my) yang beroperasi hampir 24 jam. Bus hanya tersedia dari KLIA2. Dari area Ketibaan di KLIA2 jalan menuju ke Gateway@KLIA2 mall, dan turun ke Level 1 (Transportation Hub). Beli tiket dulu di loket di bagian dalam mall, nanti setelah itu baru keluar pintu kaca menuju ke nomer pemberhentian bus yang ada di tiket.

Jam Operasional Dari/Ke KL Sentral:
* KLIA2 ke KL Sentral: 05.00 sampai 02.45
* KL Sentral ke KLIA2: 03.00 sampai 00.00

Tarif: RM 11 (dewasa). Waktu tempuh sekitar 75 menit.

Jam Operasional Dari/Ke 1-Utama:
* KLIA2 ke 1-Utama: 04.30 sampai 00.30
* 1-Utama ke KLIA2: 03.00 sampai 23.00

Tarif: RM 14.50 (dewasa). Waktu tempuh sekitar 75 menit.

Jadi sekarang kalau kamu mendarat di KLIA2, bisa juga langsung menikmati fasilitas kendaraan umum, baik kereta ataupun bus untuk menuju ke pusat kota Kuala Lumpur, di stasiun KL Sentral.

Also Read

564 thoughts on “Naik Kereta Atau Bus Dari Bandara KLIA dan KLIA2 ke Kuala Lumpur”

  1. Selamat malam mas
    Sy ad rencana flight ke KL air asia, kemungkinan sampai klia2 jam 12malam. Hotel sy ada di sekitar jalan alor.
    Sy rencananya mau naik bus dari klia2 ke kl sentral. Trus naik grab ke hotel. Kira2 jam segitu susah ga ya cari grab ? Trus harganya kira2 berapa dari kl sentral ke hotel ?
    Menurut mas lebih prefer langsung naik grab dari bandara atau naik bus ke kl sentral dulu ?

    Reply
    • Halo kak Pangayu,

      Grab Car di KL ngga susah kok carinya, sama seperti di Jakarta.
      Kalo sudah tengah malam gitu, saya pribadi lebih pilih naik Grab langsung dari bandara. Apalagi kalo perginya dua orang atau lebih. Tapi balik lagi ke pilihan dan budget masing2 🙂

      Salam,
      Awan

      Reply
  2. Halo Mas, mau info dong. Saya kan landing di KLIA2 jam 00.30, penginapan di sekitar central park, saya solo traveling juga. Baiknya gmn ya? Kalo saya langsung ke hostel apa bisa dan panduan transportasinya gmn? Atau lebih baik saya nunggu pagi dulu? Terimakasih mas

    Reply
    • Halo kak Yasmin,

      Maaf saya kurang paham sama pertanyaannya… Maksudnya tengah malam sampe di KLIA2, terus hotelnya di Central Park mana ya? Tinggal naik Grab Car aja kak kalo tengah malam kaya gitu, ngga ada pilihan transportasi lain. Ke tengah kota KL dari KLIA2 sekitar 80 Ringgit ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  3. hi, salam kenal,

    saya maria. saya tiba di KLIA2 nanti (pesawat Airasia) jam 00.30 pagi. saya mau pindah ke KLIA1 untuk mengejar penerbangan (malaysian airlines) ke negara lain jam 7.00 paginya. saya mau nanya, kalau free shuttle/KL express dari KLIA2 ke KLIA1 apakah beroperasi sampai tengah malam? Atau ada alternatif lain bgmn cara saya ke KLIA1? Terimakasih sebelumnya.

    Reply
    • Halo kak Maria,

      Shuttle bus antar terminal beroperasi 24 jam ya. Kalo mau lebih cepat bisa naik kereta KLIA Ekspres/Transit, cuma ngga tau kekejar atau ngga… karena kereta terakhir ja, 1 pagi.

      Salam,
      Awan

      Reply
  4. halo mas awam,
    Salam kenal
    mau minta rekomendasi

    Senin 23 juli ini sy rencana ke selangor. Kita ngnap d hotel summit usj,
    Saya lihat dari KLIA2 ke KL sentral lumayan ya mas 48 km.

    menurut mas awam kendaraan apa yang lebih baik kami naiki ya (2 org)
    Yg nyaman untuk ibu hamil jg
    bagaimana alur perjalanan yang harus kmi lewati?
    Jika pakai grab/taksi tarifnya berapa ya mas jika langsung ke hotel nya tanpa harus k kl sentral lebih dulu?

    Apa lebih baik dari KLIA2 ke KL sentral menggunakan kereta express lalu dr KL sentral memakai grab/taksi menunu hotel ?

    Perbandingan waktu tempuh memkai taksi/grab dari klia2 ke kl sentra brpa jam ya??

    terimakasih mas

    Reply
    • Halo kak Asri,

      Maaf sekali ya saya baru bisa cek message lagi… udah pergi ya?
      Kalo naik Grab mendingan langsung, jangan naik kereta lagi ke KL Sentral dulu, karena jatuhnya akan lebih mahal. Kalo naik Grab dan ngga macet biasanya 1 jam sudah sampe KL Sentral, kalo naik kereta emang cum 30 menit, tapi kalo 2 orang jatuhnya akan lebih mahal dari pakai Grab. Selamat jalan2.

      Salam,
      Awan

      Reply
  5. mas….kalau dari KLIA menuju Genting , ada bus nya gak? trus turunnya dimana,apakah di awana cable car? trus kopernya bisa masuk juga ke cale car?

    Reply
    • Halo kak Lee,

      Ada busnya. Turunnya di stasiun bus samping tempat cable car. Kalo bawa koper besar pastinya ngga bisa dibawa masuk ke cable car, tapi nanti nunggu shuttle tempat hotel akan menginap.

      Salam,
      Awan

      Reply
  6. kak. saya baru pertama kali ke malaysia. saya turun di KLIA2 hotel saya dekat stasiun bukit nanas. transportasi apa yang harus saya gunakan agar sampai ke bukit nanas?

    Reply
    • Halo kak Nur,

      Kalo mau praktis bisa naik Grab Car langsung ke hotelnya. Kalo mau murah tapi lebih repot, naik bus ke KL Sentral dan dari KL Sentral jalan ke stasiun monorailnya yang terkoneksi dengan mall di samping stasiun ini. Nanti naik ke stasiun Bukit Nanas.

      Salam,
      Awan

      Reply
  7. halo mas awam, mau minta rekomendasi dong,
    1. saya rencananya mau ke malaysia trus ke singapore, menurut mas awam kendaraan apa yang lebih baik kami naiki kami 6 dewasa dan 1 bayi, kami nginap di transit room KLIA, bagaimana alur perjalanan yang harus kmi lewati?

    kalo dri KLIA mau jalan jalan malam ke menara kembar atau kota kuala lumpur, kendaraan apa juga yg lebih murah dan muat untuk kami?

    terima kasih mas

    Reply
    • Halo kak Feny,

      Maaf baru bisa balas ya. Kalo dari KLIA/KLIA2 paling murah naik bus ke KL Sentral. Baru dari sini bisa naik kereta komuter yang menuju ke Menara Kembar, turun di stasiun KLCC ya. Kalo baliknya mau naik bus juga, tetap harus ke KL Sentral. Tapi kalo sampe mau naik Grab Car harus 2 mobil ya, bisa langsung ke bandara.

      Salam,
      Awan

      Reply
  8. hallo mas

    kalau mendarat di KLIA 1 apakah ada bus yang langsung menuju bukit bintang? atau harus transit ke KL sentral dahulu? trims

    Reply
    • Halo kak Denissa,

      Maaf saya baru bisa balas. Semua bus dari KLIA/KLIA2 tujuannya ke KL Sentral, ngga ada yang langsung ke Bukit Bintang ya. Dari KL Sentral bisa sambung naik monorail ke Bukit Bintang.

      Salam,
      Awan

      Reply
  9. Hallo mas. .saya berencana ke thai tp lebih tptnya ke phi² island. Saya ambil bus dr kl ke hatyai. Mau tanya klo beli tiket bis nya utk menuju ke hatyai itu baiknya dimana mas? Cos saya bingung.. Di TBS ato di terminal Puduraya? Lalu dr klia2 menuju keterminal itu bagaimana caranya mas?
    Terimakasih mas.. Mohon pencerahan nya mas ?

    Reply
    • Halo kak Sisi,

      Kalo saya check sih ngga ada bus ya dari Puduraya atau TBS yang menuju ke Hat Yai.
      Saran saya lebih baik cari tiket AirAsia aja dan terbang dari KLIA2 ke Phuket atau Krabi. Phi Phi Island bisa diakses dengan ikut tour harian dari 2 tempat / kota ini.

      Salam,
      Awan

      Reply
      • Saya malam ini transit di Malaysia (KUL) KLIA2 dari jam 19.55 sampai 23.55…. adakah temoat dan sarana transportasi yg bisa dipakai agar bisa sekadar keliling kota Malaysia ? thanks sebelumnya

        Reply
        • Halo kak,

          Maaf sekali ya saya baru bisa cek message. Berarti sudah balik dari KL ya? Maaf jadinya saya ngga sempat kasih info. Semoga semuanya lancar ya.

          Salam,
          Awan

          Reply
  10. Kak tlg tanya saya rencana menginap di Hotel 99 di Sri petailing dan hendak pergi menonton konser di axiata arena…menurut kakak lbh baik saya ttp tinggal d daerah sri petailing atau pindah k tengah kota yah? Krna konsernya selesai sekitar jam 11 malam dan saya takut susah kendaraan…juga apakah lingk sekitar hotel 99 sri petailing it cukup aman?? Trims

    Reply
    • Halo kak Yuran,

      Maaf ya baru bisa balas2 pertanyaan lagi, semoga belum berangkat ke Malaysia. Axiata Arena itu di Bukit Jalil kan? Nah, itu malah lebih dekat ke Sri Petaling daripada ke tengah kota Kuala Lumpur. Disana juga ada Grab kok, pake aplikasi sama seperti yang di Indonesia.
      Soal aman atau tidak, yang penting kita selalu waspada ya. Selamat nonton konsernya 🙂

      Salam,
      Awan

      Reply
  11. Halo mas awan …
    Sangat terkesan banget baca2 review travel dr blog ini. Sekalian saya mau tanya.. kebetulan desember besok mau KL tpi cuma sendirian .. saya menginap di daerah bukit bintang dan hanya berada di KL selama 3 hri .. kira kira destinasi apa aja ya yang bisa dikunjungi dalam waktu 3 hari itu … terus kalo saya mau ke melaka gimana ya caranya ?? Mohon bantuan infonya gan …

    Reply
  12. Makasih buat infonya mas…
    1. Mas mau tanya kalo naik Skybus dari KLIA2 ke KL Sentral Turunnya di mana ya apa sama dengan di bus Stop Go KL (Red Line)
    2. Trus kalo pulang dari KL Sentral Ke KLIA dengan Skybus (apakah bisa langsung atau ke KLIA2) naikknya di mana ya (bayangan saya khan KL Sentral besar) apa di KL Sentral Bus Stop (liat di GOGLE)… Trus kalo harus di KLIA2 setibanya di KLIA2 mau ke KLIA naik apa ya butuh waktu berapa lama… karena saya terbang jam 07:40
    3. Saya kebetulan pulang pas Hari Raya Idul Fitri pertama apakah semua Jam operasional Skybus dll masih sama?

    Reply
    • Halo kak Tonny, saya coba jawab pertanyaannya ya:

      1. Mas mau tanya kalo naik Skybus dari KLIA2 ke KL Sentral Turunnya di mana ya apa sama dengan di bus Stop Go KL (Red Line) >>> Tidak. Skybus berhenti di daerah basement terminal KL Sentral (khusus bus bandara dan yang ke Genting Highlands)
      2. Trus kalo pulang dari KL Sentral Ke KLIA dengan Skybus (apakah bisa langsung atau ke KLIA2) naikknya di mana ya (bayangan saya khan KL Sentral besar) apa di KL Sentral Bus Stop (liat di GOGLE)… Trus kalo harus di KLIA2 setibanya di KLIA2 mau ke KLIA naik apa ya butuh waktu berapa lama… karena saya terbang jam 07:40 >>> Naik yang ke KLIA, dari tempat waktu turun di KL Sentral (basement). Anggap aja perjalanan 1,5 jam. Jadi kalo flight 7.40 pagi, paling lambat jam 4 pagi sudah harus jalan dari KL Sentral

      3. Saya kebetulan pulang pas Hari Raya Idul Fitri pertama apakah semua Jam operasional Skybus dll masih sama? >>> Mustinya sama. Pas sampai di KL Sentral jangan lupa cek / tanya ke petugas bus di KL Sentral apakah ada perubahan jadwal pas Hari Raya?

      Salam,
      Awan

      Reply
  13. Halo Mas Awan,

    Thankyou buat info-infonya Mas, saya rencana minggu depan ke KL bersama teman-teman (total rombongan 6 orang), kami menginap di KLCC, apakah lebih baik menggunakan grab atau taxi bandara ya Mas? untuk grab sendiri, apakah harus menggunakan nomor lokal (malaysia) atau dapat memesan menggunakan nomor indo?

    oh iya Mas, kami ber 6 ga membeli bagasi (untuk menghemat hehe) sehingga mengandalkan bagasi kabin. Saya pribadi berniat membawa koper ukuran 20inch (standard untuk kabin) dan ransel (ransel kuliah) menggunakan Air Asia, kira-kira sepengalaman Mas Awan, apakah diperbolehkan Mas?

    Terimakasih Mas.

    Best Regards,
    Joshua

    Reply
    • Halo kak Joshua,

      Pertama soal transportasi, kalo mau naik Grab misalnya 1 mobil diisi 3 orang juga masih ngga rugi kok. Grab sekitar 70-80 Ringgit. Pesannya pake aplikasi yang sama dengan di Indonesia, karena kita ngga bisa telpon driver karena pake nomer Indonesia, maka bisa message aja ke driver-nya. Janjian tunggu di exit berapa di bandara.

      Kedua soal barang bawaan ke kabin. AirAsia dari Malaysia itu biasanya sangat ketat soal timbangan bagasi dan bawaan. Usahakan di koper hanya 7kg, dan kalo sampe bawa ransel juga biasanya yang cuma untuk laptop, camera atau isi oleh2. Bukan ransel yang beratnya juga beberapa kg. Semoga jalan2nya lancar ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
      • Hai Joshua,,,blognya saat bermanfaat..jadi kalau kita berangkat ber 3 or 4 orang..prefer pake grab yah ?? kalau pake air asia biasanya nunggu grabnya dimana ?
        oh ya kami rencanan pergi ber4 ke penginapan di regalia flyover regalia residence 2 jalan anjung putra Off jalan sultan kuala lumpur..kesana kira2 tarifnya berapa yah kalau pake grab ? itu lokasin apartment ya daerah bukit bintang bukan yah ? saya lagi memilih apakah pake grab or pake rekomendasi supir nya pemilik apartement dengan fee sekitar 100-120 RM

        Reply
        • Halo kak Dewi,

          Coba aja sekarang masukin alamatnya di aplikasi Grab, kalo emang jatuhnya lebih mahal dari 100 RM, ya mending pake jemputan. Tapi setau saya sih naik Grab ke daerah Regalia Residence mustinya kurang dari 100 RM ya.
          – Janjian sama driver Grab di exit tempat kita keluar dari arrival hall, lihat kita keluar dari pintu Exit nomer berapa.
          – Penginapan ini bukan di daerah Bukit Bintang.

          Salam,
          Awan

          Reply
  14. Mas mau tanya dong saya akan ke KL ke tgl 28 may 2018 dari PKU dan langsung ke Thailand bangkok. Mohon bantuanya untuk route jika ke Thailand naik kereta.Terima kasih

    Reply
      • Maksud saya , berangkat dari pekanbaru tanggal 28 may menuju kuala lumpur dan dari kuala lumpur di tanggal 28 mau langsung ke thailand naik kereta..jam berapa saja ya mas kereta ke thailand? saya sampai di kuala lumpur jam 3 sore .Terima kasih banyak telah membantu.

        Reply
        • Halo kak,

          Sudah tidak ada lagi kereta langsung dari Kuala Lumpur ke Hat Yai / Bangkok (Thailand), rute kereta langsung ini sudah ditutup dari 2 tahun lalu.

          Adanya naik kereta KTM ETS dari KL Sentral ke stasiun Padang Besar. Kalo mau lihat / check jadwal kereta KL ke Padang Besar bisa lihat lewat website easybook dot com. Yang pasti dari Padang Besar cuma ada 1 jadwal ke Bangkok, Train 46 – berangkat jam 18.00 waktu Malaysia. Jadi sebaiknya sudah pesan tiket online atau sampe di Padang Besar beberapa jam sebelum jadwal keberangkatan.

          Salam,
          Awan

          Reply
  15. Hai mas kami bln dpn mau 2mggu dpn mau ke KL trs nginap di Eazy hotel trtulis Kl sentral, kami 3 dewasa 3 ank2 usia 11 thn lbh bagus naik bus ato grab ya? Dan tau harga bus brp sekarang /org?

    Reply
    • Halo kak Sardina,

      Kalo naik Grab XL belum tentu juga muat kalo bawa banyak koper juga, mau ngga mau 2 taxi.

      Ini bus maksudnya yang dari bandara ke KL Sentral? Kalo bus yang ini per orang bayarnya 11 Ringgit sekali jalan ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  16. Hi…
    Saya mau tanya, saya tiba di KUL jam 10:35 di KLIA2 dan berangkat kembali jam 17:30 KUL – CGK, untuk manfaatin waktu transit 6 jam, apakah bisa saya jalan2 ke menara kembar petronas dalam waktu singkat dan kembali lagi ke bandara?, mohon share yah panduanya

    Reply
    • Halo kak Tomi,

      Maaf tapi waktu 6 jam sepertinya hanya cukup untuk di seputar bandara aja. Karena berdasarkan 2 kali pengalaman terakhir mendarat di KLIA2, untuk keluar imigrasi / pemeriksaan paspor aja memakan waktu 1 jam lebih. Dan sebaiknya check-in kembali 2 jam sebelum penerbangan, karena imigrasi untuk masuk juga kadang antreannya panjang (lebih dari 30 menit). Jadi sebenarnya waktu yang dimiliki diluar antre imigrasi dan harus check-in lagi cuma sekitar 3 jam, terlalu mepet kalo ke tengah kota dan ngejar ke menara Petronas.

      Salam,
      Awan

      Reply
  17. salam mas awan,
    numpang tanya dari klia2 mau ke petaling street, 6 orang sebaiknya naik kendaraan apa ya? terima kasih

    Reply
    • Halo, apa kabar?
      Saran saya kalo dari KLIA2 mau langsung ke Petaling Street naik Grab aja. Tapi tergantung koper/bagasinya juga sih, apakah banyak atau ngga. Kalo banyak, Grab XL yang 6 seater juga belum tentu muat. Jadi mau ngga mau naik 2 mobil.

      Alternatif lain, bisa naik bus dulu ke KL Sentral, dan dari situ lanjut naik Grab. Atau naik kereta LRT ke stasiun Pasar Seni, dan lanjut jalan kaki ke Petaling Street.

      Salam,
      Awan

      Reply
  18. Halo…

    Kalau dari KLIA 2 mau ke TBS Kuala Lumpur jalur tercepatnya dengan apa ya? Terima kasih informasinya.

    Reply
    • Halo kak Ichi,

      Paling cepat naik kereta KLIA Transit / KLIA Ekspres ya. Beli tiketnya yang tujuan ke Bandar Tasik Selatan – ini stasiun kereta yang terkoneksi dengan TBS. Nanti tinggal jalan kaki ke TBS.

      Salam,
      Awan

      Reply
  19. Hallo Mas awan
    Rencana Minggu depan mau ajak keluarga liburan ke Kuala Lumpur
    Mendarat di terminal 1 Kl
    Penginapan Di the suites jalan sultan ismail
    4 orang dewasa
    2 anak kecil
    Ada recomend transpot atau Sewa MOBIL Mas ?
    Apakah jalan sultan ismail termasuk di KL Sentral ??
    Thx Mas awan

    Reply
    • Halo kak Kiki,

      Jalan Sultan Ismail itu cukup panjang dan bukan di daerah KL Sentral, tapi lebih dekat ke menara Petronas / Bukit Nanas.
      Kalo ber-6 mungkin bisa cek disana apakah ada Grab XL, kalo misalnya ngga muat karena bawa koper juga, mungkin lebih praktis dan masih lebih murah kalo naik 2 mobil Grab, dibanding sewa mobil van di counter2 yang ada di bandara.

      Coba aja bandingin nanti. Untuk 1 Grab sekitar 80 Ringgit, apakah 2 Grab lebih murah dari sewa 1 mobil van? Kalo sewa van ya enaknya bisa barengan. Tinggal dipilih aja kak nyamannya gimana.

      Salam,
      Awan

      Reply
  20. Hi mas, mau nanya untuk KLIA Express/KLIA Transit letaknya di sebelah mana KLIA2 (khususnya saat landing dari AirAsia)? Sepengalaman mas, jika saya landing di KUL sekitar 10.15 kemudian perlu mengejar flight selanjutnya di KLIA sekitar 13.00, dengan durasi 2.45, terkejar tdk ya? Mohon pencerahannya. Terimakasih

    Reply
    • Halo kak,
      Lokasinya harus jalan masuk ke mall yang nyambung dengan KLIA2. Jalannya lumayan juga. Catatan aja, imigrasi KLIA2 itu bisa lama sekali. 2 kali terakhir saya ke KL antre keluar imigrasi itu bisa sekitar 1 jam. Jadi ya sepertinya harus buru2, tapi mustinya jarak 2 jam 45 menit masih oke, selama pesawatnya sampe ke KL ngga delay.

      Salam,
      Awan

      Reply
  21. Selamat pagi Mas Awan, salam kenal dan terima kasih untuk blognya yang bermanfaat.
    Maaf saya mau nanya, saya lihat banyak rekomendasi pakai grab kalau dari KLIA / KLIA2 ke tujuan ya, kebetulan saya rencana nginap di daerah bukit bintang.
    Beberapa tahun lalu saya naik bus dan nyambung monorel dari KL Sentral.
    Nah karena trip ini bersama Anak Istri dan Mertua, memang prefer pakai grab sesuai saran Mas Awan.
    Yang mau saya tanyakan,
    1. kalau mau ke Genting ( Kuil Chin Swe ) apakah bisa langsung pakai grab dari bukit bintang? Untuk Pulangnya juga bisa? Apa banyak Grab beroperasi di daerah Genting.
    2. Apa benar rate grab kalau tempat yang banyak direquest atau dikunjungi beda ? Saya sempat test rate KL sentral – Genting dan Bukit Bintang – Genting, hasilnya lebih mahal KL Sentral – Genting.
    Terima Kasih Sebelumnya

    Reply
    • Halo mas Wandi,

      Berikut saya coba jawab ya.
      1. Ke Genting selain naik bus yang ada di KL Sentral tentunya juga bisa pesan Grab. Dari Genting juga ada Grab, tapi saya ngga tau apakah pada saat mas pergi akan banyak, karena tergantung hari juga.
      2. Untuk soal harga saya kurang tau mas, itu sudah ketetapan dari Grab-nya. Mungkin ke Genting lebih mahal karena perhitungan Grab-nya akan lebih susah dapatin orderan balik dari Genting.

      Selamat jalan2.

      Salam,
      Awan

      Reply
  22. Mas Awan,
    Kalau akan menuju alamat di bawah ini dari KLIA2, prefer naik Bus/Kereta/Grab? Saya bawa istri plus anak 5th & 8th:
    mercu summer suite jalan cendana of jalan sultan ismail 50250 kuala lumpur., 50250 Kuala Lumpur

    Matur nuwun

    Reply
    • Halo mas Rustanto,

      Kalo ber-4 saran saya langsung naik Grab aja. Enak ngga ganti2 kendaraan umum dan nyaman langsung sampai di alamat. Selamat jalan2 mas 🙂

      Salam,
      Awan

      Reply
  23. Hayy ..
    Mohon infonya , rncana may ini mau libur ke KL , dan landing d KLIA 2 pagi jm 9, saya suami dan anak saya yg usia 4 thn, mau tnya kbtulan hotel kami d KL sentral, lebih baik naik bus atau grab ya? Makasih,

    Reply
    • Halo kak Ima,

      Kalo naik bus juga ngga masalah, karena masih pagi. Paling sebelumnya cek2 lokasi hotelnya di sebelah mana KL Sentral. Kalo jalannya ngga jauh dari KL Sentral jalan kaki oke kok. Tinggal pasang cek Google Map aja untuk pandu jalan ke hotelnya.
      Tapi kalo mau praktis, naik Grab. Tarif sekitar 70-80 Ringgit ke KL Sentral.

      Salam,
      Awan

      Reply
  24. Haloo…

    Mohon infonya ya. Kira-kira dari KLIA ada transportasi yg langsung ke Johor Bahru ga? Karena saya rencananya mau langsung ke JB. Berangkat dari KNO (19.25) – KL (21.30) dgn Air Asia. Saya liburan dengan keluarga, bawa anak kecil 2 orang dan bawaan koper. Bisa rekomendasiin transportasi yg cocok ga?

    Terima kasih

    Reply
    • Halo kak Anita,

      Ada bus Starmart Express, terakhir jam 23.45. Cek jadwal dan beli tiketnya lewat easybook dot com aja. Pesan online supaya pasti dapat seat, karena 1 bus isinya cuma 27 seat.

      Salam,
      Awan

      Reply
      • kalau mau naik KTM bisa ga yah? jadwal terakhir kira2 jam brp. krn saya udah cek di web ktmb tp ga nemu jadwal KTM KL – Gemas – JB

        Reply
        • Halo kak Anita,

          Dari KLIA/KLIA2 hanya ada kereta KLIA Ekspres atau KLIA Transit. Tidak ada KTM dari bandara.

          Tiket ke JB memang ngga ada yang langsung, jadi harus beli / pesan tiket KTM KL – Gemas… Turun di Gemas, dan naik kereta lain ke JB. Tinggal pintar2 atur jadwalnya, supaya di Gemas ngga nunggu terlalu lama atau harus nginap.

          Salam,
          Awan

          Reply
  25. Halo mas awan saya mau nnya dong,,
    Kalo dr KLIA1 itu ada bus yg menuju KL sentral atau bukit bintang gak yaa??
    Saya pergi ber3 kira2 recommended menurut mas awan lbh murah naik apa dr klia1 menuju KL sentral atau bukit bintang??
    Tolong dijwb terima kasih

    Reply
    • Halo kak Erwin,

      Kalo baca di artikel ini sudah saya jelaskan memang dari KLIA/KLIA2 harus naik bus dulu ke KL Sentral, ngga ada yang langsung ke Bukit Bintang. Tapi kalo mau praktis, walau lebih mahal dari naik bus, bisa naik Grab ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  26. mas nya hebat yang nanya dijawab satu2 dengan sabar walau pertanyaan nya repost…

    saya nanya dikit ya, saya balik dari KL pesawat jam 9 pagi, aman gak naik SkyBus? kira2 yang jam brp aman nya?
    oiya maksud 1-Utama itu apa? KLIA 1 kah?
    ada rekomendasi hotel di KL Sentral? yang bintang 2-3
    makasih

    Reply
    • Halo kak Karim,

      Hehehe… wajib dijawab dong kalo ada yang nanya. Walau pertanyaannya berulang2 ya 🙂

      Skybus dari KL Sentral ada dari jam 3 pagi. Kalo flight jam 9 pagi, bisa naik yang jam 5.30 atau 6 pagi paling lambat.

      1-Utama itu nama daerah, bukan KLIA (KLIA1). Kalo hotel di KL Sentral banyak… saya pernah di Hotel Sentral, My Hotel, dan yang lumayan baru Nu Sentral Hotel.

      Salam,
      Awan

      Reply
  27. halo mas, mau nanya dari KLIA 2, sy mau ke hotel di daerah petaling street / china town, lebih baik naik train express or grab ya? n kalo naik train express, rutenya kemana lg u/ sampai ke china town.? kita pergi 3 org. makasih sebelumnya.

    Reply
    • Halo kak Rara,

      Pastinya lebih murah langsung naik Grab Car, sampe hotel di daerah Petaling Street ngga lebih dari 100 Ringgit.
      Sementara kalo naik kereta KLIA Ekspres, dari airport ke KL Sentral per-orang 55 Ringgit, plus repot nyambung kendaraan umum lain untuk sampe ke Chinatown.

      Salam,
      Awan

      Reply
  28. Hai mas awan, kami (3orang) rencana ke malaysia tgl 20 april 2018 penerbangan MAL landing di KLIA1 , lebih mudah sebaiknya kita naik kereta express atau taxi menuju hotel didaerah KLCC?pertanyaan kedua dari daerah KLCC menuju KL sentral bisa naik apa?terima kasih….

    Reply
    • Hi kak Dini,

      Kalo bertiga lebih hemat naik Grab aja. Soalnya naik kereta airport – KL Sentral seorangnya udah RM 55.
      Dari KLCC ada stasiun kereta komuter di bawahnya, tinggal naik itu menuju ke KL Sentral ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  29. Dear Mas,

    Numpang tanya
    1.Kalo mau ke Genting langsung dari KLIA2 naik apa yah dan kira2 brp
    2,Kalo dari Genting ke Bukit Bintang naik apa dan kira2 brp
    Kami rencana 8 orang
    Terima kasih

    Regards,
    Suanto

    Reply
    • Halo kak Tan,

      Daya jawab dibawah ini ya:
      1. Ada bus KLIA/KLIA2 ke Genting Highlands, tanya ke petugas/information di bandara untuk tempat tunggu bus-nya ya. Tiket RM 35 per orang.
      2. Dari Genting ada bus ke KL Sentral. Dari KL Sentral lanjut naik monorail ke Bukit Bintang.

      Salam,
      Awan

      Reply
      • Hai Mas Awan,

        melanjutkan pertanyaan di atas, kalau dari KLIA2 naik bus menuju Genting itu kita langsung turun di Genting Highlands nya? karena saya rencana menginap di First World Hotel Genting. karena saya baca ada yang melanjutkan perjalanan ke Genting Highland dengan menggunakan skyway. Terima Kasih

        Reply
        • Halo kak Chia,

          Turunnya nanti di terminal bus Genting, lokasinya sebelah Skyway. Kalo nginep di First Hotel biasanya lanjut naik shuttle dari terminal bus ke hotelnya, karena kalo bawa koper besar ngga bisa naik Skyway. Coba baca info di website hotel atau email tanya ke hotelnya ya untuk info lengkapnya.

          Salam,
          Awan

          Reply
          • Halo kak Ilmi,

            Ngga ada nih, dari KL Sentral terakhir jam 8 malam dan hari Jumat – Minggu ada extra jam 9 malam.
            Kalo dari Genting ke KL Sentral terakhir jam 9.30 malam, kalo weekend ada extra jam 10.30 malam.

            Salam,
            Awan

  30. Hi Mas Awan…saya rencana ke Bangkok dan Transit di KLIA1 ( naik Lion Air ), dan change ke KLIA2 karena naik Air Asia ke Bangkoknya. Kebetulan Jadwal Flight dapet yang malam smpe KL jam 12 malam. Sedangkan saya lihat Last trip nya pukul 1 dan takut gak ngejar, dan First tripnya jam 5 pagi ( penerbangan ke Bangkok jam stgh7 ) takut gak ngejar juga. Tips dong naik taxi yang murah dari KLIA ke KLIA2 tengah malem gitu. Tks 🙂

    Reply
    • Halo kak Basteean,

      Ada shuttle bus gratis antar terminal ya yang beroperasi 24 jam. Nanti setelah keluar dari arrival, tanya aja ke petugas/information di KLIA, bisa naik busnya dari sebelah mana (ada petunjuk arahnya juga).

      Salam,
      Awan

      Reply
  31. Halo mas awan, saya rencana juli ke KL, sampe KL jam 5 sore , rencananya mau langsung ke SG pake kereta malam.. Mohon infonya kalau dari bandara ke SG pake kereta malam naik apa aja ya mas awan? Saya pergi bertiga sama suami dan anak saya bayi 1 tahun

    Reply
    • Halo kak Reisya,

      Apa sudah dapat info kereta dari KL ke Singapurnya? Setahu saya sih ngga ada kereta yang langsung ya, cuma sampai Johor Bahru. Dan itu pun beli tiket keretanya:
      – KL Sentral ke Gemas (Negeri Sembilan) – Transit disini
      – Gemas ke JB Sentral
      – Terus nanti lanjut masuk perbatasan Singapura lewat Woodland.
      Untuk jadwal kereta KL Sentral ke Johor Bahru (JB Sentral) bisa cek2 jadwal di website Easybook dot com.

      Dari KLIA/KLIA2 kalo mau naik kereta, semuanya harus dari KL Sentral ya. Dan cara ke KL Sentral adalah yang saya tulis di artikel ini, bisa naik bus, taxi, Grab atau kereta KLIA Ekspres/Transit.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Halo kak Apen,

      Nonton MotoGP ngga susah kok, ada kendaraan umum untuk menuju ke lokasinya. Yang pasti kalo soal nginap murah kakak bisa cari di sekitar daerah KL Sentral. Mulai tahun 2017 kemarin sepertinya ada bus service di musim MotoGP, beli tiket busnya di KL Sentral, LRT stations di KLCC, atau LRTMasjid Jamek. Nanti tinggal tanya aja ke petugas disitu ya, kak. Bus berangkat tiap 30 menit sekali, harga tiket sekali jalan sekitar MYR 20.
      Ada juga bus untuk ke lokasi Moto GP dari Transport Hub KLIA2 ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  32. Selamat malam Bang.. mohon infonya saya ada rencana ke KL dan Malaka pada tgl 15 sd 18 Maret 2018 .bersama keluarga 5 orang dewasa. Yg saya tanyakan untuk Tour Malaka dimana bisa saya dapat infonya. Terima kasih

    Reply
    • Halo kak Eva,

      Kalo untuk bus hop on hop off di Melaka sekarang sedang ngga beroperasi. Paling naik bus umum no. 17 / jurusan ke Ujong Pasir, yang lewatin Bangunan Merah. Turun Bangunan Merah dan jalan kaki ke Jonker Street yang jadi pusat kota tua Melaka.

      Salam,
      Awan

      Reply
  33. assllam muallaikum bang…
    bang.. sy mau nanya nih,, sy rencana tgl 4juli brngkat..dri singapore naik bus ke kuala lumpur (mlm hari).. sampainya inysa ALLAH pagi ya bang.. kalau mislkan sy tiba pagi dikuala lumpur,, bisa nggak sy langsung trip kuala lumpur, bgusnya itu sy langsung ke mana ya bang.. soalx balik dari kuala lumpr tgl 6juli jam 09.20 air asia.. kira” sy bisa dapt berap spot ya bang dikuala lumpr.. dan bgusx sy naik apa dari tmpt sy tba di kuala lumpur..soalx baru pertama kali keluar negri nih bang,, hehehehe.. mksh sblumnya bang.. brkat bersam keluarga..

    Reply
  34. Hallo kak..maaf numpang nanya kl dari klia2 ke kl sentral dan sebaliknya menggunakan bus perjlnan nya kurang lbh brp lama ya? Lbh cpt mana dgn taxi/grab?

    Reply
    • Halo Shintya,

      Kalo naik bus sekitar 1 – 1,5 jam, tergantung situasi jalanan. Sementara kalo naik Grab biasanya lebih cepat dan bisa langsung diantar ke hotel tujuan.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Halo kak Yuniar,

      Ada KL TravelPass ya. Untuk info lengkapnya bisa cek di kliaekspres dot com ya.
      Harga dengan naik kereta KLIA Ekspres sekali jalan 70 Ringgit & harga PP 115 Ringgit. Plus bisa naik kereta komuter & monorail selama 2 hari.

      Salam,
      Awan

      Reply
  35. mlm mas.. tgl 9 feb bsok sy mau ke kl.. pswat jam 8.30mlm.. kyknya mau stay di bandara.. nah paginya mau lgsubg ke batu caves.. siang lgsung ke petronas.. mohon petunjuk hrus naik apa ke sana.. atau sy ke Kl central dlu bru ke batu caves.. abis sr baru caves balik ke Kl central lg.. nah dr Kl central sy mau naik gokl (free bus) ke petronas.. ada tdk ya.. mohon infonya.. terima kasih

    Reply
    • Halo kak Thea,

      Yang penting dari KLIA/KLIA2 ke KL Sentral dulu, dan paling murah adalah naik bus SkyBus atau Aerobus (11 Ringgit sekali jalan).

      Dari KL Sentral tinggal naik kereta KTM ke Batu Caves. Dan kalo udah balik lagi ke KL SEntral mau ke Petronas, selain naik bus Go KL, juga bisa naik kereta komuter ke stasiun KLCC ya. Untuk info bus Go KL selengkapnya bisa cek langsung di website-nya ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
        • Halo kak Thea,

          Bisa baca di artikel ini lagi ya… saya tulis semua lengkap.
          Intinya kalo mau murah naik bus yang ke KLIA/KLIA2 – ada Skybus atau Aerobus (tempat naik busnya nanti tanya di bagian penerangan / petugas KL Sentral. Naik bus sekali jalan 11 Ringgit.

          Dan kalo mau cepat, tapi lebih mahal naik kereta KLIA Ekspres / KLIA Transit, per orang sekali jalan 55 Ringgit.

          Salam,
          Awan

          Reply
      • halo kak…
        mau tanya nih….saya kan rencana mau ke KL tgl 14 februari ini ya,,sy sdh booking hotel di hotel YMCA kuala lumpur yg berada di jalan Padang Belia Brickfields…kalau dari bandara sebaiknya saya naik transportasi apa ya?saya 4 org dewasa, 1 naka kecil dan 1 bayi…baik nya naik transportasi apa ya yg murah dan nyaman??
        dan baik nya utk tmpt wisata yg terdeekat lebih kemana dulu ya supaya tidak bolak balik…trims kak sebelumnya

        Reply
        • Halo kak Yusuf,

          Kalo mau praktis coba pesan Uber yang XL, atau kalo Grab ada pilihan untuk yang van (Grab Car Plus) coba pilih itu aja. Naik taxi juga bisa, cuma mungkin harus tawa menawar. Biasanya sekitar 100 Ringgit.

          Untuk tempat wisata, daerah Briksfield itu ngga terlalu jauh dari KL Sentral dan tempat2 wisata yang dalam kota KL semuanya ngga terlalu jauh (bisa naik bus atau kereta komuter). Kalo ke Batu Caves bisa naik kereta KTM dari KL Sentral. Sementara kalo ke Genting Highlands ada bus dari KL Sentral juga.

          Salam,
          Awan

          Reply
  36. Hai mas,
    Lebih murah mana Naik airport budget taxi atau Grab kalau dr KLIA ke Bukit bintang? Kalau pesen Grab car di KLIA, biasanya kita nunggu dimana?

    Saya rencananya akan mengambil penerbangan jam 6 pagi dr KLIA, otomatis sy hrs sdh ada di airport pd pukul 4 subuh. Apakah aman bagi cewek menggunakan Grab car jam segitu untuk menuju airport dari Bukit Bintang?
    Mohon informasinya
    Thank you!

    Reply
    • Halo kak Tasya,

      Kalo Grab kan aplikasinya sama seperti disini, jadi bisa terdeteksi ada dimana. Saran saya naik Grab aja. sama taxi biasa biasanya harus tawar menawar dulu, kalo Grab kan udah ketauan berapa. Nanti janjian ketemunya tinggal message aja ke driver-nya, kakak tunggu di depan Exit berapa di KLIA.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Halo kak, kalo sekarang favorit saya adalah di sekitar KL Sentral. Praktis mau kemana2 gampang.
      Pilihan kedua, Bukit Bintang. Kalo dekat KLCC biasanya hotel berbintang semua dan akses kendaraan umum seperti kereta komuter agak jauh.

      Salam,
      Awan

      Reply
  37. Hi mas hehe nanya dong, kan kita naik skybus ni ya dari KLIA 2 ke KL Senter. itu kan 11 RM nah kalo mau balik kesana lagi besoknya, ada ga yaa ? atau mending naik uber aja dari bukit bintang ke KLIA 2?

    Reply
    • Halo kak Dinda,

      Pasti ada dong bus baliknya… masa cuma searah? 🙂 Bisa aja naik SkyBus lagi (dari tempat turun saat dari bandara di KL Sentral). Ataua kalo pergi 3-4 orang, naik Grab juga lebih praktis. KL Sentral ke bandara sekitar 70-80 Ringgit ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  38. Mas awan mau tanya donl kalo dr kuala lumpur ke singapore naik bus berangkatnya dr mana ya dan kira2 hrgnya brp ya?

    Reply
    • Halo kak, semua bus yang keluar dari Kuala Lumpur terpusat di terminal TBS (Terminal Bersepadu Selatan) ya. Cara kesini dari stasiun KL Sentral naik kereta KTM atau KLIA Transit (bukan KLIA Ekspres ya), turun di stasiun Bandar Tasik Selatan.

      Untuk harga tiket bus saya kurang update, karena sekarang sudah ngga pernah naik bus lagi untuk perjalanan KL – Singapore, tapi bisa cek di situs Easybook dot com. Disitu lengkap jadwal bus, nama bus dan harganya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  39. Slamat siang mas awan
    Saya boleh nnya ya
    Kalau dari kl sentral ke haythai thailand
    Itu naik apa ya?
    Kalau bisa info harga transpor nya ??
    Mksh ya

    Reply
    • Halo kak Yuniar,

      Saya pribadi belum pernah naik kereta atau bus dari Kuala Lumpur ke Hat Yai.
      Tapi kalo mau gampang coba buka easybook dot com, di situ bisa langsung cek harga bus (kalo dari kuala Lumpur berangkatnya dari terminal bus TBS), dan kalo kereta dari KL Sentral.

      Salam,
      Awan

      Reply
        • Halo kak Yuniar,

          Di dekat Petronas umumnya hotel bintang 5. Untuk list lengkapnya mungkin bisa cek di Agoda atau Booking dot com ya. Saya di KL ngga pernah nginap sekitar sana, karena selalu cari hotel budget. Kalo kakak maksudnya mau cari hotel budget juga, bisa pilih di sekitar stasiun KL Sentral, bisa cek Nu Sentral Hotel, Easy Hotel KL Sentral dan banyak hotel budget lainnya.

          Dari hotel2 ini tinggal ke KL Sentral, naik kereta komuter ke menara kembar Petronas, turun di stasiun kereta KLCC ya. Ngga susah kok. Atau kalo pergi 3-4 orang, saran saya naik Grab atau taxi.

          Salam,
          Awan

          Reply
  40. Bang mau numpang tanya, saya kali pertama mau pergi ke KL tapi saya masih bingung. kalo Airasia itu di terminal berapa ya kalo di KLIA 2?

    Reply
    • Halo kak Putri,

      KLIA2 ngga ada terminalnya… karena satu KLIA2 itu khusus penerbangan AirAsia semua ya. Yang beda lokasi kalo mendaratnya di KLIA.

      Salam,
      Awan

      Reply
  41. Kak tlg tnya saya rencana mw k KL sekitar juli akhr nah it sya naik Air Asia pesawat mendarat sktr pukul 00.45 dan saya berencana menginap di I-Hotel daerah Chinatown kalo menurut petunjuk hotelnya…pertanyaan saya sebaiknya saya naik apa ych kak utk ke hotelnya?? Berapa kira2 perkiraan biayanya dan apakah aman? Saya ber3 dengan teman saya..trims..

    Reply
    • Halo kak Fei,

      Sorry ya baru sempat balas message-nya. Kalo mendarat tengah malam gitu, saran saya mending naik Grab aja. Jadi bisa diantar langsung ke hotelnya, apalagi kalo bertiga satu mobil ngga rugi. Tarif sekitar 70 – 80-an Ringgit ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  42. Hallo Mas Awan, apa kabar?
    Mas Awan ada rekomendasi tur&travel untuk bawa rombongan sekitar 45 orang ke Kuala lumpur, Genting dan Langkawi kah?
    Thanks

    Reply
    • Halo kak Agnes,

      Maaf sekali saya baru sempat balas. Dan maaf juga kalo kenalan tour di Malaysia ngga ada nih… Semoga bisa segera dapat infonya dari tempat lain ya, kak.

      Salam,
      Awan

      Reply
  43. Malam. Saya mau nanya. Saya akan berlibur di tanggal 8 februari ini ke KL dan menginap di bukit bintang. Dan saya aka terbang pulang jam 9 pagi pd tgl 10. Menurut yg saya baca MRT dari bukit bintang start jam 6. Trs alternatif naik apa ya mas supaya saya bisa tiba di klia pd pukul 7 pagi?? Agar sy tidak ketinggalan pesawat. Mhn sharingnya

    Reply
    • Halo kak Siti,

      Perginya berapa orang ya? Kalo 3-4 orang saran saya naik Grab aja. Cuma 70-80 Ringgit sampai di KLIA. Alternatif lain, naik taxi atau Grab ke stasiun KL Sentral, dari situ ada bus SkyBus atau Aerobus yang ke KLIA/KLIA2 mulai jam 3 pagi.

      Salam,
      Awan

      Reply
      • Kalau perempuan sendirian tidak fasih bahasa inggris, naik GRAB sendirian gimana Mas Awan? Aman nggak ya?
        Thanks

        Reply
        • Halo kak Novi,

          Di Kuala Lumpur ya? Sama aja seperti di Jakarta, cuma beda bahasa aja kan. Sepertinya aman2 aja ya, kan Grab sudah tau tujuannya kemana, jadi mustinya kalo ngga fasih bahasa Inggris ngga masalah. Drivernya bisa cek Google Map atau Waze. Semoga trip-nya lancar ya kak.

          Salam,
          Awan

          Reply

Leave a Comment