Naik Kereta Atau Bus Dari Bandara KLIA dan KLIA2 ke Kuala Lumpur

travelawan

Naik Bus Atau Kereta Dari Bandara KLIA dan KLIA2 ke Kuala Lumpur

Update artikel: Akhir Juli 2017

Sejak ditutupnya bandara LCCT (Low Cost Carrier Terminal) di Sepang, Malaysia yang biasa melayani penerbangan khusus AirAsia, kini semua penerbangan AirAsia telah dialihkan ke KLIA2 atau Kuala Lumpur International Airport 2. Nah, kalau dari KLIA2 ini apakah fasilitas transportasi umum seperti bus dan kereta KLIA Ekspres juga tersedia?

Tidak perlu khawatir, sejak dibuka KLIA2 yang jaraknya sekitar 2km dari KLIA, ada kereta yang menghubungkan dua bandara ini. Dan jika mau naik kereta KLIA Ekspres atau kereta komuter KLIA Transit, bisa langsung dari KLIA2, tanpa kita harus pindah dulu ke KLIA.

KERETA KLIA EKSPRES
Jika tujuannya ingin langsung ke terminal KL Sentral yang ada di tengah-tengah Kuala Lumpur, maka bisa pilih kereta cepat KLIA Ekspres, yang melayani non-stop dari KLIA2 – KLIA – KL Sentral (dan rute sebaliknya). Jadi kereta ini yang dulunya hanya melayani KLIA ke KL Sentral, jalurnya sudah diperpanjang sampai KLIA2.

Tarif: RM 55 / sekali jalan (Pergi – Pulang RM 100)
Waktu Tempuh: 33 menit (KLIA2 – KL Sentral, dan rute sebaliknya)
Durasi Keberangkatan: Setiap 15-20 menit
* Untuk antar terminal – KLIA ke KLIA2 kalau naik KLIA Ekspres tarif hanya RM 2 (waktu tempuh 3 menit)

KERETA KLIA TRANSIT
Bedanya kereta KLIA TRansit dengan KLIA Ekspres adalah kereta ini merupakan kereta komuter yang akan berhenti di beberapa stasiun utama:
KLIA2 > KLIA > Salak Tinggi > Putrajaya & Cyberjaya > Bandar Tasik Selatan > KL Sentral

Waktu Tempuh: 39 menit (KLIA2 ke KL Sentral)
Durasi Keberangkatan: Setiap 20-30 menit

Baca juga:   Itinerary Wisata Singkat dan Hemat ke Kuala Lumpur, Malaysia

Tarif:
* KLIA2 ke KLIA: RM 2 (perjalanan 3 menit)
* KLIA2 ke Salak Tinggi: RM 4.90 (perjalanan 11 menit)
* KLIA2 ke Putrajaya / Cyberjaya: RM 9.40 (perjalanan 20 menit)
* KLIA2 ke Bandar Tasik Selatan: RM 38.40 (perjalanan 32 menit)
* KLIA2 ke KL Sentral: RM 55 (perjalanan 39 menit)

BUS EKSPRES
Jika mau lebih murah, bisa naik bus ekspres Aerobus atau SkyBus (website: skybus.com.my) yang beroperasi hampir 24 jam. Bus hanya tersedia dari KLIA2. Dari area Ketibaan di KLIA2 jalan menuju ke Gateway@KLIA2 mall, dan turun ke Level 1 (Transportation Hub). Beli tiket dulu di loket di bagian dalam mall, nanti setelah itu baru keluar pintu kaca menuju ke nomer pemberhentian bus yang ada di tiket.

Jam Operasional Dari/Ke KL Sentral:
* KLIA2 ke KL Sentral: 05.00 sampai 02.45
* KL Sentral ke KLIA2: 03.00 sampai 00.00

Tarif: RM 11 (dewasa). Waktu tempuh sekitar 75 menit.

Jam Operasional Dari/Ke 1-Utama:
* KLIA2 ke 1-Utama: 04.30 sampai 00.30
* 1-Utama ke KLIA2: 03.00 sampai 23.00

Tarif: RM 14.50 (dewasa). Waktu tempuh sekitar 75 menit.

Jadi sekarang kalau kamu mendarat di KLIA2, bisa juga langsung menikmati fasilitas kendaraan umum, baik kereta ataupun bus untuk menuju ke pusat kota Kuala Lumpur, di stasiun KL Sentral.

Also Read

564 thoughts on “Naik Kereta Atau Bus Dari Bandara KLIA dan KLIA2 ke Kuala Lumpur”

  1. Mas sya rencana mau ke KL sama istri dan anak .. kira2 dr bandara menuju hotel yg letak nya di bukit bintang enakan naik transportasi apa ya ?? Dan biaya harga ke hotel brp kira2 ?? Thx mas

    Reply
    • Halo mas Alex,

      Kalo sama anak istri enaknya naik Grab / Uber aja. Sekali jalan sekitar 70-80 Ringgit. Kalo naik bus (seorang 11 Ringgit), ke terminal KL Sentral dulu dan nanti harus sambung lagi naik monorail atau Grab/Uber. Terserah mana yang nyaman buat mas & keluarga.

      Salam,
      Awan

      Reply
  2. Halo mas, saya ada rencana ke KL pake air asia dan pilih penerbangan mlm, sampai KL jam 00.45, kalau jam segitu untuk ke bukit bintang transportasinya apa ya mas?
    Mohon bantuannya.. Makasih

    Reply
    • Hi Kak Feni,

      Jadwal terakhir kalo malam bus yang ke KL Sentral adalah jam 2.45 pagi. Setelah itu bus berikutnya baru jam 5 pagi.
      Kalo sampe kelewat jadwal yang tengah malam itu, bisa aja naik Grab atau Uber – sekali jalan sekitar 70-an Ringgit.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Halo kak Rio,

      Di Bukit Bintang dan kalo di KL Sentral bisa tukar di beberapa money changer yang ada di mall Nu Sentral (samping gedung KL Sentral).

      Salam,
      Awan

      Reply
  3. Halo Mas Awan mau tanya donk,,
    Tgl 5-8 Feb nnti saya dan suami mau ke KL.. boleh ga share itinerary selama 4 hri 3 mlm kemana aja di KL?
    Klo mau ke Genting Highlands dari Easy Hotel KL Sentral naik apa yaa?
    Trus selain Transportasi MRT, LRT,Komuter,Grab,Go KL ada ga sih aplikasi bus di malaysia biar gampang klo mau naik bus?
    Simcard malaysia kalo beli dimana yaa mas yg murah?
    Mohon pencerahannya mas..
    Makasih..

    Reply
    • Halo kak Meika,

      Untuk contoh itinerary bisa lihat di posting blog saya juga ya, link: https://travelawan.com/blog-travel/itinerary-wisata-singkat-dan-hemat-ke-kuala-lumpur-malaysia.html

      Ke Genting Highlands dari KL Sentral tinggal naikbus khusus ke Genting yang ada di lantai bawah KL Sentral (tanya ke information disana untuk peunjuk arahnya).

      Di Malaysia/KL tidak ada aplikasi untuk bus. Cuma ada untuk Grab dan Uber (pakai aplikasi yang sama dengan Indonesia).

      SIM Card murah, saya bisanya beli DIGI yang 20 Ringgit (berlaku 5 hari), langsung beli di dalam bandara begitu baru mendarat.

      Salam,
      Awan

      Reply
      • Makasih yaa mas buat jawabannya.. tpi saya mau nnya lagi mas.. maaf ngerepotin..

        kalau misalnya dari Easy Hotel KL Sentral ke Mesjid Negara enaknya naik apa yaa mas?

        Trus klo misalnya pas nyampe bandara kita mau langsung ke Putra Jaya apakah di stasiun putra jaya ada penitipan loker buat koper mas? Aman ga yaa? Sampe stasiun putrajaya ke mesjid pink naik apa yaa mas?

        Maaf yaa mas awan byk tnya..

        Makasih

        Reply
        • Halo kak Meika,

          Ke Masjid Negara paling efektif naik taxi/Grab. Kalo mau naik kendaraan umum lain dari KL Sentral paling naik komuter ke stasiun Pasar Seni atau stasiun kereta Kuala Lumpur, lanjut jalan kaki (cukup jauh juga).

          Maaf saya ngga ada info apakah di stasiun Putra Jaya ada locker untuk titip koper atau ngga? Untuk ke Masjid Pink paling efektif naik taxi atau Grab dari stasiun. Kalo di weekend ada tour, cuma tournya ke tempat2 lain juga selain Masjid Pink. Jadi kalo waktu terbatas lebih baik jalan sendiri.

          Salam,
          Awan

          Reply
  4. Hai Kak, postingan kakak sangat membantu kak^^

    tapi saya juga mau nanya kak, rencana saya dan teman saya mau ke Malaysia tgl 30 Maret 2018 dan sampai KLIA2 sekitar jam 14.10 dan akan menginap di Hotel KLCC parkview residance yg beralamat di Jalan Changkat perak, kuala lumpur. nah kalo untuk transportasi dr KLIA2 ke KLCC parkview residance saya harus naik apa ya kak? tolong dijawab ya kak..terima kasih..

    Reply
    • Halo kak Nur,

      Kalo mau praktis dan lebih murah bisa langsung naik Grab atau Uber dari KLIA2. Kalo mau lebih hemat, bisa naik bus airport dulu (SkyBus atau AeroBus) ke KL Sentral, dan dari situ baru naik taxi, Grab atau Uber.

      Salam,
      Awan

      Reply
  5. Halo mas selamat malam, terimakasih artikelnya sangat membantu sekali. Saya ingin nany, akhir bulan ini kan saya ke HKG dan transit di KL 1hari 1 malam
    Saya smpe di KL pukul 1 dinihari untuk jadwal pesawat, apa klo mau naik skybus ke KL sentral untuk jm landing saya mumpuni gk ? Atau lebih baik nyewa hotel di airportnya ? Mohon bantuan blsanny terimakasih

    Reply
    • Halo kak Ayu,

      Nanti sampe di KLIA/KLIA2 jam 1 pagi… terus terbangnya lagi besoknya jam berapa ya? Kalo punya waktu sampe besok malamnya lagi dan mau naik bus ke KL Sentral ngga masalah. Cari hotel yang deket KL Sentral juga, supaya tinggal jalan kaki. Lebih praktis lagi kalo naik Grab. Tarif cuma 70-80 Ringgit dari KLIA/KLIA2 ke daerah KL Sentral. Kalo pergi 3-4 orang lebih baik naik Grab sih, jadi langsung di drop di hotelnya.

      Tapi kalo transit dan besok paginya harus ke bandara lagi, mending pilih hotel di seputar bandara. Cari yang bisa jalan kaki dari KLIA2, seperti Tune Hotels.

      Salam,
      Awan

      Reply
  6. Halo kak.. Mau tanya kalau dr easy hotel @kl sentral ke kl sentral nya apa bisa dg jalan kaki? Dan jalan nya apakah terbuka 24 jam? Rencana mau menginap di easy hotel. Tp penerbangan jam 7 pagi. Jadi mungkin menuju klia2 harus fajar. Thanks

    Reply
    • Halo kak Dewi,

      Pastinya bisa jalan kaki kok. Kalo mall Nu Sentral masih buka bisa akses lewat mall-nya. Kalo mall tutup, bisa lewat jalan biasa keluar dari KL Sentral dan tinggal nyebrang ke jalanan hotelnya. Kalo penerbangan jam 7 pagi setidaknya naik bus yang jam 4 subuh. Atau kalo mau praktis bisa naik Grab, sekitar 70-80 Ringgit sekali jalan.

      Salam,
      Awan

      Reply
  7. Halo mas Awan, rencana Januari 2019 saya mau ke Malaysia dan menginap di Dragon Inn Premium Hotel, Jalan Petaling. Dari KL Sentral ke hotel enaknya naik apa ya mas? Terimakasih

    Reply
    • Halo kak Avia,

      Maksudnya hotelnya di Petaling Street kan ya? Kalo mau gampang sih naik Grab, tapi kalo mau naik kendaraan umum lainnya nanti dari KL Sentral naik kereta komuter yang lewat stasiun Pasar Seni. Turun di situ dan masih harus jalan kaki sekitar 10 menit kali ya kalo saya lihat dari peta hotelnya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  8. kakak mau tanya rencana tahun 2018 mau nontot moto gp. nginep di hostel POD’s deket KL sentral ya? nah tuh turn bandara bisa naik buskan ya ke KL sentral? terus mau tanya kalau dari KL sentral ke sircuit sepang enaknya naik transportasi apa yg cepet dan murah. saya solo backpacker dan baru pertama mau nonton motogp langsung. makasih

    Reply
    • Halo kak Rudi,

      Dari KLIA/KLIA2 ada bus yang ke KL Sentral.

      Untuk ke Sirkuit Sepang bisa naik KTM Komuter yang line biru (Seremban Line), nanti turunnya di Stesen Nilai (nama stasiunnya Nilai). Dari Stasiun Nilai ini nanti lanjut naik Sepang Omnibus menuju Sirkuit Sepang, berangkatnya setiap 30 menit sekali. Info lebih update nanti coba langsung tanya ke petugas di stasiun tersebut ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  9. Halo mas awan.
    Saya bulan depan mau ke malaysia tujuan bukit bintang.
    Kalau naik bus dari KLIA2 turun di KL sentral, lalu naik bus lagi atau monorail untuk ke bukit bintang nya? Dan itu berapa ringgit?
    Atau lebih baik naik grab? Tapi kira2 berapa ya?
    Kebetulan saya nginap di hotel nana’s inn.

    Kalau di bandara ataupun KL sentral ada wifi gak ya mas?

    Terimakasih

    Reply
    • Halo kak Achie,

      Apa kabar? Dari KL Sentral naik monorail ke Bukit Bintang sekitar 2,5 Ringgit ya. Naik Grab mungkin sekitar 10-15 ringgit. Kalo mau praktis, naik Grab aja langsung ke hotelnya.

      Di KLIA ada wifi, tapi KL Sentral ngga ada ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  10. Hai kak,
    saya mau tanya kalau mau beli kartu perdana di malaysia dimana sebaiknya kak ?
    dan kalau mau beli voucher internet di malaysia bagaimana ?

    untuk pembayaran kereta disana pakai cash atau e-money kak ?

    Reply
    • Halo kak Nova,

      Begitu mendarat ada counter2 untuk beli SIM card perdana kok. Yang paling murah kalo pilih paket data internet aja tanpa pulsa telpon. Saya sih biasanya beli DIGI – cuma RM 20.

      Kereta di Malaysia beli tiket di counter. Bayar bisa cash, atau kalo kaya KLIA Ekspres/Transit bisa beli pake kartu kredit juga.

      Salam,
      Awan

      Reply
  11. Hi Mas Awan… salam kenal kami sekeluarga rencana ke Kl tgl 22s/d 25 des ini.. nyampe Kl jam stngh 11 pagi. nginap di hotel capitol jalan bulan kira2 dari KL sentral ke hotel naik apa ya qta ber7 org, trmksh sblmnya

    Reply
    • Halo kak Dwi,

      Salam kenal juga ya. Kalo rame2 sih praktisnya naik Grab atau Uber aja, pesan 2 mobil. Dari KLIA ke tengah kota itu sekitar RM 70-80, lebih murah daripada naik kereta KLIA Ekspres yang seorang aja udah RM 55 sekali jalan.

      Salam,
      Awan

      Reply
  12. Halo mas,
    Naik KLIA Expres ke KL sentral, ada sampai malam tidak ya? Saya sampai disana sekitar jam 22:00
    Terus dari KL Sentral ke bukit bintang kalo udah malam gitu naik apa ya mas?
    Terima kasih

    Reply
    • Halo kak,

      KLIA Ekspres sampai jam 12 malaman. Nanti lanjut naik taxi aja, begitu sampe di KL Sentral nanti ke counter budget taxi aja, bayar dan dapat voucher untuk naik taxi untuk lanjut ke Bukit Bintang. Monorail cuma sampe jam 11 malam.

      Salam,
      Awan

      Reply
  13. Hi Mas Awan… kami bertiga rencana ke Kl tgl 23 s/d 26 des ini.. nyampe Kl jam 10 pagi. nginap di hotel the Journal KL Bukit bintang… kira2 dari KL sentral ke hotel bagusnya pakai apa.. trus kira2 kemana saja ya selama di KL dan genting? hotelnya dekat tempat keramaian gak? thanks info

    Reply
  14. Om…. mau tanya… Sy berencana mau transit 1 malem di KL. saya pengennya cari hotel di dekat masjid jamek. transport yg murah klo dari KLIA ke masjid jamek naik apa ya…..

    Reply
    • Halo bunda Lita,

      Intinya semua transportasi dari bandara KLIA/KLIA2 ke tengah kota itu harus ke KL Sentral dulu. Baca artikel ini untuk cara ke KL Sentral. Baru nanti dari KL Sentral bisa naik kereta komuter ke stasiun Masjid Jamek ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  15. Selamat siang mas

    Minggu ini saya akan pergi ke melaka, kebetulan dapat penginapan daerah bukit bintang tepatnya di jalan pudu. Karena baru pertama kali jadi saya masih bingung dgn transportasi disana. Mohon kasih saran transportasi dari bukit bintang ke melaka sama biayanya mas sekalian pulang pergi.

    Suwun

    Reply
    • Halo kak Zakia,

      Sama dong… saya juga weekend ini ke KL dan Melaka 🙂
      Kalo baca2 di blog saya dan jawaban2 ke yang pernah tanya, tetap dari KL Sentral harus naik kereta ke stasiun Bandar Tasik Selatan – lanjut jalan kaki ke TBS (Terminal Bersepadu Selatan) – naik bus antar kota ke terminal Melaka Sentral. Baliknya juga sama.

      Salam,
      Awan
      Instagram: @travelawan

      Reply
  16. ada blog yg cerita kl mau rada cepat dan rada hemat bisa naik KLIA Transit dari KL Sentral ke Salak Tinggi = RM 18,3 di lanjutkan dari Salak Tinggi ke KLIA 2 = RM 4,9…….kl di total jadi RM 23,2 saja

    Reply
  17. Hai mas Awan..mohon infonya donk

    Januari sy mau ke KL dan nginep di Easy Hotel KL Sentral, nah dari KLIA2 smp kesana transportasinya apa yah?
    Trus utk referensi tempat wisata yg bisa sy kunjungi enaknya kemana dulu yah krn sy landing msh pagi sktr jam 8 pagi smp KL. Sy stay di KL 3 hari 2 mlm, kira2 trip yg enak kmn aja yah…sy sh pengen ke bukit bintang, batu caves, twin tower, petaling street, dll dh sy biasanya traveller datengin coz this is my 1st trip to KL hehehe…

    Ditunggu infonya ya mas..tq

    Reply
    • Halo kak Dona,

      Banyak sekali pilihan transportasi dari KLIA/KLIA2 ke KL Sentral, saya tulis juga di artikel ini ya. Mulai dari bus (yang paling murah – cuma RM 11 per orang), kereta KLIA Ekspres/Transit, taxi dan taxi online. Jadi tinggal pilih aja sesuai budget kakak. Hotelnya ada di seberang mall Nu Sentral di KL Sentral.

      Untuk Itinerary bisa diatur sendiri kak, yang pastinya berdekatan:
      – Central Market & Petaling Street (naik LRT ke stasiun Pasar Seni)
      – Bukit Bintang & Jalan Alor (naik monorail ke stasiun Bukit Bintang)
      – Masjid Jamek dan Pelataran Merdeka yang bersejarah (bagus juga untuk foto2).
      Sementara Petronas Twin Towers & Batu Caves lokasinya berbeda. Mungkin Batu Caves karena agak jauh dari tengah kota, bisa jalan di hari kedua-nya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  18. Siang mas Awan,
    saya mau tanya klo dari melaka menuju bukit bintang apakah harus naik bis ke TBS dulu kemudian lanjut KL sentral lalu bukit bintang atau ada opsi lain?
    satu lagi, klo Batik Air ada di KLIA atau KLIA2 ya? dan transportasi dari bukit bintang bagaimana?
    terima kasih sebelumnya

    Salam
    Ade Olive

    Reply
    • Halo kak Ade,

      Betul sekali, ngga ada bus dari KL Sentralyang langsung ke Melaka. Jadi ke TBS dulu sebagai pusat bus antar kota & antar negara.

      Coba cek di tiketnya deh. KLIA2 khusus untuk AirAsia, yang lain mustinya di KLIA ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Halo kak Nextraveler,

      Ada, bisa ke KLIA Bus Station di Ground Floor Block C Annex. Nanti ikutin aja petunjuknya setelah keluar di Arrival Hall ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  19. Hallo mas Awan,

    ini mas Awan yang nulis buku WIsata Murah ke Bangkok bukan yah?
    Mas, sabtu ini saya mau ke KL, landing di KLIA2, menginap di ceria hotel bukit bintang, KL. Saya mau nanya (berencana naik bus), klo bus dari KLIA2 ke KL apakah hanya ada jurusan KL Central, atau ada tujuan lain yah? saya cari yang paling dekat ke hotel saya Mas.
    Lalu kalau saya dari KL mau ke Singapore, enaknya klo naek bus dari mana dan tujuan ke mana yah Mas? berapa lama perjalanan kah kalau naik bus malam. Rencana sabtu malam saya ke Sing nya dari KL.
    Terima kasih mas Awan

    Cheers,
    Riri

    Reply
    • Halo kak Riri,

      Iya betul, saya yang nulis buku Wisata Hemat Bangkok – Pattaya.

      Nanti dari KLIA2 memang harus naik bus dulu ke KL Sentral. Nanti ikuti petunjuk / tanya aja, bus adanya di basement mall yang ada di samping KLIA2, jadi bukan di area pintu keluar bandaranya. Tinggal beli mau yang ke KL Sentral, dari situ paling lanjut naik taxi kalo mau langsung di drop di hotel, atau bisa naik monorail, stasiunnya harus lewatin dulu (nyambung) ke mall Nu Sentral. Kalo Ceria Hotel Bukit Bintang itu saya lihat di peta dekatnya dengan stasiun monorail Imbi ya. Dari situ tinggal lanjut jalan kaki ke hotel, mustinya cuma sekitar 5 menitan. Jangan lupa lihat peta atau pake Google Map supaya tau arah ke hotelnya 🙂

      Naik bus ke Singapura coba buka situs easybook.com, umumnya sih bus dari TBS (Terminal Bersepadu Selatan). Dari KL Sentral naik kereta dulu ke stasiun Bandar Tasik Selatan, dan jalan kaki ke terminal TBS. Perjalanan sekitar 5-6 jam.

      Salam,
      Awan

      Reply
      • Halo mas saya mau tanya saya berencana berkunjung ke KL Januari 2018 saya akan menginap di hotel Izumi Bukit bintang boleh tau petunjuk nya klo dari bandara KLIA1 transportasi ny yg mudah apa ya?

        Reply
        • Halo kak Vani,

          Dari KLIA pastinya harus ke KL Sentral dulu, seperti bisa dibaca di artikel ini kalau pilihan untuk ke KL Sentral bisa naik kereta KLIA Ekspres/KLIA Transit, naik bus dari stasiun bus KLIA di lantai dasar. Nanti dari KL Sentral jalan lewatin mall Nu Sentral dan menuju ke stasiun monorail. Naik Monorail dan turun di stasiun Bukit Bintang, lanjut jalan kaki sekitar 5-10 menit ke hotelnya (cek di Google Map lokasi hotel begitu sampai di stasiun Bukit Bintang).

          Kalo mau praktis, naik Grab. Tarif mustinya ngga sampai 100 Ringgit ya.

          Salam,
          Awan

          Reply
    • Halo kak Sky,

      Maaf saya kurang tau infonya, sepertinya ngga ada bus yang ke Bukit Utama. Adanya dari KLIA2 ke 1-Utama (One Utama) shopping mall. Kalo lokasinya emang berdekatang dengan Bukit Utama, bisa aja naik n=bus itu dulu dan nanti sambung naik taxi atau Grab ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Halo kak Tiny,

      Kakak harus ke terminal KL Sentral dulu ya.
      Dari KL Sentral bisa pilih naik kereta komuter (KTM) ke stasiun Subang Jaya, dari situ naik feeder bus ke Sunway Pyramid.

      Salam,
      Awan

      Reply
  20. maaf mau tanya. rencananya bulan januari mau ke melaka melalui jalur darat dari singapura. sebaiknya naik kendaraan apa? trus sampai malaka kalo mau ke jalan joker naik apa? soalnya sudah booking penginapan nya di jalan joker?

    salam
    lisa

    Reply
    • Halo kak Lisa,

      Ke Melaka bisa aja naik bus dari Singapura (tapi jadwal sedikit), bisa cek di situs easybook dot com. Atau paling praktis emang kalo sekalian ke Kuala Lumpur, dari KL naik bus ke Melaka dari TBS (Terminal Bersepadu Selatan). Dari KL Sentral naik kereta dulu ke stasiun Bandar Tasik Selatan.

      Nanti kalo udah sampe di terminal bus Melaka, naik bus kota yang menuju ke Bangunan Merah / Georgetown – kota tuanya Melaka. Turun bus, tinggal jalan kaki ke Jonker Street.

      Salam,
      Awan

      Reply
  21. saya mau tanya, naik bus dari KLIA2 ke KL sentral di blog ini sekitar 75 menit, tp saya lihat vlog di youtube kalau naik KLIA express 1 jam lebih, sedangkan di blog ini hanya setengah jam. bagaimana pastinya untuk estimasi waktu ya ??

    Reply
    • Halo kak Annisa,

      Maaf baru bisa balas ya.
      Oh ya? Yang pasti infonya bukan dari saya kan? Kalo saya sih saya berkali2 naik kereta KLIA Ekspres memang waktu tempuh cuma sekitar 30 menit. Oleh karena itu harga tiket kereta ini terbilang mahal, yaitu RM 55 per orang (sekitar Rp. 180.000) sekali jalan.
      Sementara naik bus itu cuma RM 11 per orang (sekitar Rp. 35.000), wajar kalo waktu tempuhnya lebih lama 🙂

      Salam,
      Awan

      Reply
  22. mas awan salam kenal ya..

    aku mau tanya, aku stay tgl 27 oct ini di daerah salak tinggi, ke SIC nya ada rute bus kah?
    lalu malamnya saya dr salak tinggi tsb rencananya mau ke daerah petaling krn ada latihan capoeira nya hanya disana.
    kira2 naik apa ya mas? ada kah rute bus nya atau LRT nya?

    makasih yaa 😉

    Reply
    • Hi Kak Finna,

      Untuk pastinya saya kurang paham posisi salak tinggi rute BUS nya, tapi ada papan petunjuk yang cukup jelas dan memadai disana, alternatif jika ada sampai 3 orang naik Grab cukup hemat ya, jika hanya ke SIC,

      Salam,

      Reply
      • oke mas.. thanks yaa.. cuma kayanya klo yg malem dr salak tinggi itu ke daerah petaling mgkn ujung2nya pk grab ya?

        Reply
        • Hi Ka Finna,

          Iya, disana pilihan boleh, untuk ngecek-ngecek harga juga bisa dengan cara buka aplikasi dan Masukan pick-up pin dan drop pin manual , nanti akan keluar harga dalam ringgit jadi bisa budgetin dari rumah, lebih enak bayarnya juga bisa pake kartu kredit, jadi enggak repot kasih cash disana.

          Salam,

          Reply
          • numpang lapaknya ya..saya rencana jg tgl 27 okt 2017 ke KL.. kalau dr bandra KL 2 ke bukit bintang transportasi murah dan nyaman naik apa ya, terimakasih

          • Halo mbak Sandra,

            Wah, maaf sekali ya saya baru bisa balas2 message di blog ini. Moga2 pas perjalanan ke KL kemarin lancar ya!

            Untuk kawan2 yang lain, kalo di Kuala Lumpur ynag perlu diingat adalah dari KLIA/KLIA2 harus ke KL Sentral dulu kalo naik kendaraan umum selain taxi. Nanti dari KL Sentral baru sambung dengan kereta LRT, KTM atau monorail menuju tempat2 lain seputar KL. Kalo ke Bukit Bintang bisa naik monorail.

            Salam,
            Awan

  23. Selamat siang mas mau tanya saya nginepnya di KL sentral, terus besoknya mau ke SG pesawat jam 6.00 pagi. kira-kira ada angkutan gak ya dari KL sentral ke bandara?

    Reply
        • Dear Kak Laily,

          Enggak keburu kak, naik taksi atau Grab aja ya, apalagi harus di KLIA 1/ KLIA 2 Airasia, untuk jalan perlu waktu 30 Menit sampai 1,5 Jam didalam terminal dari imigrasi ke Gate keberangkatan

          Salam,

          Reply
          • Hi Kak Agnes,

            Silakan buka aplikasi GRAB dan tentukan titik tujuan pick-UP dan Drop-Off, nanti diaplikasi akan keluar harga final dalam Ringgit

            Salam,

  24. Hallow mz,, rencana akhit bulan sy ke KL, lebih enak hotel di area mana yaa. ? Bukit bintang or KL sentral.. Mhn info..?

    Reply
    • Halo kak Rachma,

      Dulu saya suka di Bukit Bintang karena dekat tempat shopping (Bintang Walk) dan Jalan Alor – tempat street food yang paling terkenal di KL> Tapi kalo terakhir2 saya lebih suka nginap di sekitar KL Sentral, karena transportasi semua terpusat di situ dan mau jalan kemana2 naik kendaraan umum jadi lebih mudah. Harga hotel juga banyak yang lebih murah dibanding di Bukit Bintang.
      Jadi silahkan aja dipertimbangkan kira2 keperluannya gimana 🙂

      Salam,
      Awan

      Reply
      • Insya alloh rencana akhir bulan mau liat moto GP mz Awan.. Smuanya uda fix ,, tinggal hotelnya ajja bingung mau di area mana,
        Klo misal kita nginap di KL sentral,, klo mau jln ke bukit bintang apa juga mudah trnsportsinya

        Reply
        • Hi lagi kak,
          Gampang kok… dari KL Sentral tinggal naik monorail dari stasiunnya di mall Nu Sentral, dan langsung turun di stasiun Bukit Bintang nanti.

          Salam,
          Awan

          Reply
        • Hi mbak rahma .. senang rasanya bisa tau teman senegara lihat motogp juga. saya berangkat besok sabtu mbak. menginap di bukit bintang. tapi masih bingung juga masalah transportasi disana, apalagi yang murah. hehehe

          Hi mas awan .. maaf saya komen langsung disini

          Reply
          • mas awan numpang lapak ya.. hehehe

            mas wahyu, salam kenal sblmnya.. saya juga dari bukit bintang mas, ada bus rapidKL yg mmg di sana utk keperluan ke sepang.

          • Hi Kak Finna,

            Silakan, mudah-mudahan antrianya gak overload seperti tahun-tahun sebelumnya,
            Jangan lupa ada alternatif GRAB dan UBER disana ya kak, sekalian rame-rame biar murah

            Salam,

  25. Halo,

    saya rencana sampe KL jam 10.00 malam, apa masih ada kendaraan umum jam segitu ke Petaling Jaya?
    Naik apa aja ya mas?

    Thank you.

    Reply
    • Halo kak,

      Bus terakhir dari KLIA (jam 11 malam) dan KLIA 2 (jam 11.15 malam) ya.
      Tujuannya ke Paradigm Mall, Petaling Jaya (PJ). Semoga bisa kekejar.

      Salam,
      Awan

      Reply
      • Hai mau nanya nih klo hotel saya di flora by crossroads hotel dan saya tibanya jam 11 malam dan saya sendirian lebih baik naik apa yah?

        Reply
        • Hi Kak Agnes,

          Saran saya keluar naik kereta, terus disambung taksi ya kak, Jam 11 malam masih ada kereta ke KL

          Salam,

          Reply
      • Halo kak,

        Mohon info flight Garuda Indonesia mendarat di KLIA atau KLIA 2? Saya rencana sampai pkl 19.45 dengan Garuda Indonesia dan ingin langsung menuju hotel di daerah chinatown. Mohon info harus naik apa saja (saya prefer naik bus ke KL Sentral dari bandara agar lebih hemat). Apakah masih keburu? Lalu sebaiknya naik apa ke chinatown?

        Reply
        • Halo kak Lusi,

          Bisa cek di tiketnya, pasti ditulis akan mendarat di KLIA atau KLIA2. Tapi Garuda mustinya di KLIA. Jadi harus naik shuttle bus ke KLIA2 atau kalo mau cepat naik kereta KLIA Ekspres/Transit.
          Nanti dari KL Sentral saran saya ke counter budget taxi/taxi resmi dan bayar di loket untuk tarif taxi ke tujuan. Karena daerah Chinatown luas juga, harus tau pasti lokasi hotelnya dimana. Kalo misalnya lokasi hotel dekat Petaling Street atau daerah Pasar Seni, bisa naik kereta LRT dan nanti turun di stasiun Pasar Seni ya.

          Salam,
          Awan

          Reply
          • Halo lagi Kak,

            -Transportasi dari KLIA ke KLIA 2 naik KLIA express atau KLIA transit? Lalu, dari KLIA 2 adakah opsi bus lain selain SkyBus yg menuju KL Sentral?

            -Hotel saya jaraknya 500m dari LRT Pasar Seni. Kalau mau ke Bukit Bintang, apakah bisa langsung dari LRT Pasar Seni (Bagaimana rutenya)? Atau harus ke KL Sentral dulu?

            -Saya rencana akan sering bolak-balik KL Sentral karena beberapa tujuan yaitu Genting, Batu Caves, Malaka transportasinya bermula dari KL Sentral. Apakah dari LRT Pasar Seni ke KL Sentral mudah diakses? Saya khawatir antriannya panjang atau kereta datang terlambat.

            -Saya rencana pergi saat liburan akhir tahun mendatang. Bagaimana kondisi antrian beli tiket LRT, MRT dan KL Monorail? Apakah sebaiknya beli kartu Touch n Go/MyRapid? Adakah antrian khusus utk pemegang kartu tsb? Jika beli langsung di vending machine, brp pecahan uang yg sebaiknya disiapkan?

            Sekali lagi terima kasih banyak informasinya. Ini pertama kali saya akan menggunakan public transport di KL.

          • Halo kak Lusi, saya coba jawab ya…

            • Transportasi dari KLIA ke KLIA 2 naik KLIA express atau KLIA transit? >>> Sama aja, cuma beda 1 stasiun. Lalu, dari KLIA 2 adakah opsi bus lain selain SkyBus yg menuju KL Sentral? >>> Tidak ada.
            • Hotel saya jaraknya 500m dari LRT Pasar Seni. Kalau mau ke Bukit Bintang, apakah bisa langsung dari LRT Pasar Seni (Bagaimana rutenya)? Atau harus ke KL Sentral dulu? >>> Harus ke KL Sentral dulu, karena kendaraan umum ke Bukit Bintang itu monorail, ngga ada LRT.

            • Saya rencana akan sering bolak-balik KL Sentral karena beberapa tujuan yaitu Genting, Batu Caves, Malaka transportasinya bermula dari KL Sentral. Apakah dari LRT Pasar Seni ke KL Sentral mudah diakses? Saya khawatir antriannya panjang atau kereta datang terlambat. >>> Mudah, tinggal naik LRT aja (sama seperti kereta komuter, rame pada jam2 sibuk pastinya)

            • Saya rencana pergi saat liburan akhir tahun mendatang. Bagaimana kondisi antrian beli tiket LRT, MRT dan KL Monorail? Apakah sebaiknya beli kartu Touch n Go/MyRapid? >>> Lebih praktis pakai kartu ini, ngga setiap kali mau naik harus beli tiket.
              Adakah antrian khusus utk pemegang kartu tsb? >>> Tidak ada
              Jika beli langsung di vending machine, brp pecahan uang yg sebaiknya disiapkan? >>> Saya belum pernah beli di vending machine. Setidaknya punya pecahan RM 20 atau RM 10.

            Salam,
            Awan

  26. Hai…rencanya saya tiba di KLIA1 tgl 03 Okt 2017 pukul 09.00 , dengan tujuan hotel the zon all suites residence kuala lumpur…kira kira pakai transport apa yah..thanks

    Reply
    • Halo kak Syaif,

      Kalo mau paling gampang emang naik taxi dari bandara, apalagi kalo perginya 2-4 orang. Karena naik kereta KLIA Ekspres/Transit dulu ke KL Sentral juga sama aja (bisa lebih mahal), tiket sekali jalan per orang 55 Ringgit.

      Tapi kalo mau lebih murah, bisa naik bus dulu dari KLIA2 (cari terminal bus KLIA2 di bagian bawah mall) menuju ke KL Sentral. Dari KL Sentral cari counter taxi umum, bayar dan nanti akan dikasih kupon, lanjut naik taxi ke hotelnya. Soalnya kalo naik LRT atau kereta komuter, harus jalan kaki lumayan jauh juga ke hotelnya.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • bener kata mas awan, dibanding kereta kalau naik taksi lebih murah kalau ber 2/lebih, tarif taksi bisa tanya dulu dikonter yang ada (tapi kalau mau murah lagi ya naik bis), Kalau di KLIA2 kalau gak salah ada konter informasi GRAB (harusnya di KLIA ada juga).

      beli perdana dan internet (saya beli digi 20RM utk satu minggu dapat 5 kredit telpon dan 1,5 GB data, berguna utk pesan grab), saya selama diKL kalau malas naik kreta naik grab. (jangan lupa install grab, kalau mau tau tarifnya walaupun dari indonesia, anda bisa cek tarif dari lokasi jemput ke lokasi antar, saya naik grab selama disana 5-6 RM sekali pergi),
      kalau saya cek di grab dari klia ke hotel the zon 65 RM (tidak termasuk tol) (65 RM tarif paling murah grab, gak tau kalau pas jam sibuk)

      kemaren waktu saya pulang dari KL ke KLIA2 tarif grab 65 RM + tol 7 RM

      semoga lancar dalam perjalanan.

      Reply
  27. siang, saya rencana tiba di klia1 jam 7.30 pagi dan mau langsung ke sepang dl sampai mungkin sore hari. penginapan saya ada di sekitar kl sentral. apa di klia1 ada penitipan koper? utk transportasinya dan kembali ke klia1 bagaimana yah buat ke kl sentral. trimsss bang

    Reply
    • Halo kak Jesse,

      Dari KLIA1 ke Sepang ada bus kok. Nanti tinggal tanya di KLIA1 ya di tempat terminal bus-nya.
      Penitipan koper juga ada di KLIA1.

      Nanti untuk KLIA1 ke KL Sentral ada kereta KLIA Ekspres/Transit. Tapi kalau mau naik bus (lebih murah), dari KLIA1 harus ke KLIA2 dulu, karena bus-nya cuma dari KLIA2. Cara pindah terminal ada shuttle gratis, atau bisa naik kereta KLIA Ekspres/Transit (tiket 3 Ringgit).

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Halo mbak Dewi,

      Dari stasiun Puduraya ada bus yang menuju ke KLIA ya. Namanya Star Shuttle.
      Atau bisa menuju stasiun KL Sentral dulu, naik LRT dari Pudu kesana.
      Dari KL Sentral bisa pilih naik bus atau kereta KLIA Ekspres/KLIA Transit untuk menuju ke KLIA.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Halo kak Irma,

      Maaf ya baru balas, ternyata message-nya masuk ke spam.
      Maksudnya transit di KLIA ya? Bisa di Tune Hotels (bisa jalan kaki dari KLIA2), atau Sama-Sama Hotel.

      Salam,
      Awan

      Reply
  28. Dear mas, kalau dari KLIA ke Jalan Kuchai Lama rekom transportnya naik apa mas? Saya bulan depan mau ke KL nonton konser di Mega Star Arena. Terimakasih.

    Reply
    • Halo kak Eka,

      Coba deh kakak Google peta LRT KTM Kuala Lumpur. Nanti disitu bisa lihat, dari KLIA kalau ngga mau naik taxi, bisa naik kereta KLIA Ekspres atau KLIA Transit ke stasiun Bandar Tasik Selatan, terus pindah kereta ke jalur kuning menuju ke stasiun Salak Selatan (Kode stasiun: PH5). Turun di stasiun itu dan lanjut naik taxi atau bus. Tidak ada stasiun komuter dekat Mega Star Arena. Kalo sampai mau lanjut naik bus umum, coba tanya ke petugas di stasiun naik bus nomer berapa, karena saya sendiri juga belum pernah ke tempat yang kakak mau tuju.

      Salam,
      Awan

      Reply
  29. Mas, tolong tanya ada tidak bus yg langsung menuju johor baru sentral dari KLIA2? soalnya kalo penerbangan ke johor baru langsung sampe JBnya sdh tengah malam. mohon infonya. thank

    Reply
    • Halo kak Frengky,

      Ada kok bus dari KLIA2 ke Johor Bahru, namanya Starmart Express.
      Untuk schedule dan harga tiket bisa cek di: easybook.com ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
        • Halo kak Nur,

          Maaf saya kurang tau untuk jalurnya, karena belum pernah ke JB naik Starmart Express ini. Tapi mustinya kalo naik dari lokasi selain TBS, langsung ke tujuan ya. Untuk info lengkapnya mungkin bisa cek2 di situs pemesanan tiket bus easybook.com ya.

          Salam,
          Awan

          Reply
  30. selamat siang pak

    saya rencana tgal 27 pagi tiba di KLIA1 rencana mau langsung ke circuit nntn latihan moto gp

    yang ingin saya tanyakan transportasi apa yang bagus dari KLIA 1 ke arena circuit? terima kasih pak

    Reply
    • Halo mbak Shasa,

      Maaf ya saya kira sudah balas emailnya. Jadi telat balas… Ada kok bus dari KLIA ke Sepang. Nanti tanya di KLIA terminal bus-nya. Dari situ ada busnya dan perjalanan sekitar 20-30 menit, beroperasi dari jam 8 pagi sampai 11 malam di hari2 race.

      Salam,
      Awan

      Reply
  31. Halo mas mau tanya, kalo dari Bandara ke Bukit Bintang mau ke hotel ambasador naik apa ya rutenya tolong step2nya ya??

    Reply
    • Halo kak Oha,

      Kalau baca tulisan saya, intinya dari bandara KLIA/KLIA2 harus naik kereta atau bus ke stasiun KL Sentral. Dari KL Sentral ikuti petunjuk untuk ke stasiun Monorail (masuk lewatin mall). Lanjut naik Monorail ke stasiun Bukit Bintang. Turun di sini dan lanjut jalan kaki ke hotelnya sekitar 10-15 menit. Cek pake Google map ya supaya ngga nyasar jalan ke hotelnya ?

      Salam,
      Awan

      Reply
  32. Mau tanya,,,
    1. Kalau pembelian tiket untuk KLIA Ekspress dan juga Bus Ekspress itu melalui loket yang dilayani oleh manusia atau lewat mesin?

    2. Saya berencana mengambil penerbangan malam dan berniat menginap di bandara. Apakah saya harus ke bagian imigrasi dulu saat tiba atau menunggu pagi, karena saya baru akan meninggalkan bandara pada pagi hari.

    Mohon bantuannya, soalnya ini kali pertama saya mau kesana.

    Reply
    • Halo mbak Aini, saya coba jawab ya:
      – Tiket KLIA Ekspres dan bus dilayani oleh petugas counter.
      – Kalo di KLIA2 lebih baik keluar dulu dari imigrasi, karena di dalam juga ngga ada tempat khusus untuk istirahat. Di bagian setelah keluar menuju ke mall ada tempat seperti lesehan yang biasanya orang suka nunggu / tidur disana.

      Salam,
      Awan

      Reply
  33. SIang Mas Awan..
    aku mau tanya nih mengenai saran2 selama di malaysia. Ini pertama kali aku bakal kesana, dan tujuannya aku mau nonton motogp di sepang bulan october nanti.
    Nah, kayak penginapan dimana bagusnya dengan budget para backpacker, trus mengenai transportasi.
    aku bakal stay 3 malam mulai dari tgl 27 oktober – 30 Oktober..
    terus juga mengenai akomodasi, bagusnya naik apa..
    rencananya sih aku bakal berdua dengan teman aku yg suka motogp juga…
    mohon pencerahannya mas…

    Reply
    • Halo mbak Nurul,

      Untuk Kuala Lumpur ngga susah kok, penginapan ada yang murah dan sarana transportasi umum seputar kota juga bagus. Pertama kalau soal menginap, banyak di sekitar daerah KL Sentral yang ngga terlalu mahal, sekitar 250-300 ribu per kamar semalam (untuk 2 orang). Saran saya sih mendingan di daerah KL Sentral ini, karena pusat dari semua transportasi di KL.
      Kalo mau cari lebih murah lagi ada juga beberapa hostel di sekitar KL Sentral, jadi bayar per tempat tidur dan nanti sekamar rame2 dengan tamu lain di kamar dormitori. Untuk hostel bisa cek di situs hostelworld dot com.

      Transportasi dari bandara KLIA2 ke KL Sentral bisa baca di artikel ini (yang paling murah naik bus): https://travelawan.com/blog-travel/naik-kereta-atau-bus-dari-bandara-klia-dan-klia2-ke-kuala-lumpur.html

      Untuk ke Sirkuit Sepang bisa naik KTM Komuter yang line biru (Seremban Line), nanti turunnya di Stesen Nilai (nama stasiunnya Nilai). Dari Stasiun Nilai ini nanti lanjut naik Sepang Omnibus menuju Sirkuit Sepang, berangkatnya setiap 30 menit sekali. Info lebih update nanti coba langsung tanya ke petugas di stasiun tersebut ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Mbak Nurul,….

      Sekedar sharing saja pengalaman saya selama nonton MotoGP di Sepang yah…biasanya menjelang motogp sepang, hotel2 mulai fully book sekitar 3 atau 2 bulan sebelumnya dan kebanyakan juga orang2 dari Indonesia, jadi diusahakan kalau bisa sdh book jauh2 hari & cari jarak yg paling mendekati dengan Sepang International Circuit (SIC). (saya pernah pergi backpacker go show tanpa book hotel dan sedikit beresiko untung2an dapet motel di Bukit Bintang krn mengikuti arus penonton di Sepang setelah Race selesai ? hikss ). Sekedar info saja pas hari racenya nya nanti bakalan macet banget mau masuk kawasan SIC & kalau mau nonton full dari awal race Moto 3, Moto 2 & MotoGP musti berangkat lebih pagian spare 1-2 jam sebelum kayaknya. Sebaiknya sih kalau mau tau jaraknya dan waktu tempuh coba ikutan nonton free practicenya Jum’at or QTT Sabtu, Kalau balik dari SIC sih mudah koq, krn panitia menyediakan banyak bus dengan beberapa jurusan.

      Reply
      • Halo mbak Anggie,

        Terima kasih banyak sharing dan info tambahannya ya! 🙂
        Semoga jadi masukan yang berguna untuk mbak Nurul dan kawan2 lain yang berniat nonton MotoGP di Sepang.

        Salam,
        Awan

        Reply
  34. Mas maaf mau tanya,
    Saya rencana transit di KLIA2, landing jam 11 siang, lanjut penerbangan jam 21.30 malam.
    Kira2 waktunya cukup ga buat city tour sbntr di KL? Tujuan petronas dan cari oleh2 dikit. Atau ada objek lain yg memungkinkan wktunya?
    Apakah antrian imigrasi di KLIA2 cukup parah, Berapa lama biasanya smpe kita bisa keluar naik ekspress?
    Jam brapa sy harus sdh otw dri KL sentral jika penerbangn lanjutan sy jam21.30 malam?
    Terima kasih maaf banyak pertanyaannya

    Reply
    • Halo mas Bondan,

      Mustinya waktunya cukup ya ke tengah kota kalo mas naik kereta KLIA Ekspres. Soal antrean di imigrasi KL… dua minggu yang lalu saya paraahhh sekali! Harus antre sekitar satu jam baru cap paspor. Tapi bisa jadi saya lagi sial aja, mendarat di jam pas banyak penerbangan yang sampai.
      Kalo naik kereta KLIA Ekspres, perjalanan sekitar 30 menit dari KL Sentral. Pastikan setidaknya 3 jam sebelum penerbangan udah sampai di KLIA2 lagi mas, untuk urusan imigrasi dan jalan ke Gate yang lumayan jauh.

      Salam,
      Awan

      Reply
  35. Mas boleh minta info, rencana mau stay di Sepang dan mau jalan2 ke Batu Cave, jadi saya hrs naik KLIA express ke KL Sentral trus dari situ transportasi apa yah menuju Batu Cave ? Apa ada kreta lanjut kesana or pake SkyBus ? Mohon info & rekomennya yah Mas Awan. – Maturnuwun

    Reply
    • Halo mbak Anggie,

      Kalau nginap di daerah Sepang dan mau ke Batu Caves, tetap harus ke stasiun KL Sentral dulu dan nanti naik kereta KTM komuter ke stasiun Batu Caves ya. Ini cara paling praktis dan murah.

      Salam,
      Awan

      Reply
  36. Mas Awan,

    Apakah tiket bus di KLIA tujuan genting atau tempat perlu di beli online jauh hari sebelum tiba pada waktu high season seperti natal dan tahun baru?.

    makasih

    Reply
  37. hallo Mas Awan,

    mau tanya apakah ada bis yang lsg dari KLia ke Resortwordl first woord genting tanpa turun di Awana, kalo tdk ada bus atau kendaraan apa yg ke firstword?

    mau sekalain juga tanya juga ada bus dari genting yang lsg ke sunway lagoon, atau dari KLIA lsg ke Sunway Lagoon.

    makasih

    Reply
    • Halo mas Hendry,

      Bus dari KLIA ke Genting Highlands ada ya. Nanti tinggal ke terminal bus-nya, sebelumnya beli tiket di loket.

      Untuk ke Sunway Logoon sepertinya ngga ada dari KLIA. Pilihannya:
      – Naik KTM Komuter dari KL Sentral ke stasiun Subang Jaya, lanjut naik feeder bus ke stopan di Sunway Pyramid.
      – Putra LRT dari KL Sentral ke stasiun Kelana Jaya, lanjut naik feeder bus ke stopan di Sunway Pyramid.

      Salam,
      Awan

      Reply
  38. Mas mau tanya,

    Ada bus yang langsung dari KLIA 2 atau KLIA yang langsung ke terminal puduraya ngak mas, makasih info nya,

    wassalam,

    Reply
    • Halo mas Rizal,

      Sepertinya tidak ada mas. Alternatifnya bisa ke KL Sentral dulu dan ke Pudu sambung naik kereta LRT.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Halo mas Yunanto,

      Prinsipnya semua dari bandara KLIA atau KLIA2 harus ke terminal pusat di tengah kota Kuala Lumpur, yaitu KL Sentral.
      Nah, dari KL Sentral tinggal sambung naik kereta komuter/LRT cari yang tujuan ke Pasar Senin. Baliknya juga sama ya mas, ke KL Sentral dulu.

      Salam,
      Awan

      Reply
  39. Maaf maw nanya,,,aku maw ke sungai rengit pengerang,johor,klo setibanya dibndara kuala lumpur itu naik bis dri mna kmna y,,brpa kli naik busnya…trima kasih

    Reply
    • Halo pak Adul,

      Daerah Sungai Rengit Pengerang, Johor itu jauh sekali dari bandara Kuala Lumpur. Lokasinya dekat Singapura.
      Saya juga ngga bisa kasih referensi ke bapak harus naik apa, karena saya juga belum pernah. Mungkin bisa naik bus dari TBS (Terminal Bersepadu Selatan) yang ada di Bandar Tasik Selatan (bisa naik kereta KLIA Transit dari bandara KLIA). Tapi yang pasti bus tujuannya ke Johor Bahru, terus mungkin sambung bus lagi ke daerah tersebut.

      Bapak kesana kunjungin saudara atau liburan? Kalo ke tempat saudara tanya aja ke saudaranya gimana transportasi dari KLIA. Seharusnya sih terbangnya ke Johor Bahru, jangan ke Kuala Lumpur.

      Salam,
      Awan

      Reply
  40. Halo mas mau tanya donk.. Kalau berempat trus naik taksi dari klia2 ke klcc lebih murah nggak dibandingkan naik kendaraan umum? Satu lagi mas.. Bus yg dari klia2 ke klcc memang adanya cuma skybus sja yah? Gak ada bus type lain? Makasih sblmnya..

    Reply
    • Halo, apa kabar?
      Taxi sih kalo dari dalam kota biasanya mau RM 100. Tapi kalo dari bandara kurang tau sekarang berapa, pernah mintanya RM 140.

      Bus dari KLIA2 yang ke KL Sentral tinggal beli tiket di loket yang ada di dalam/basement mall sebelum keluar ke bus. Nanti tergantung dapat jadwal naik bus yang jam berapa, ada SkyBus dan Aerobus. Tiket semua sama, perorang RM 12.

      Salam,
      Awan

      Reply
      • Salam teman2 dari Indonesia,

        Maaf saya interrupt perbualan saudara. Sekiranya tujuannya dari KLIA2/KLIA ke KLCC, alternatif lain yg bisa digunakan ialah menggunakan Uber atau GrabCar kerana lebih murah berbanding taksi biasa. Moga bermanfaat ya.

        Salam dari KL 🙂

        Reply
  41. Malam mas, kalo 1 utama itu dimana ya? Dan kalau mau ke klia (bukan klia2) naik Sky bus itu caranya gimana? Apa turun dulu di klia 2 terus lanjut naik transportasi lain ke klia? Atau gimana

    Reply
    • Halo mbak Fifi,

      Itu daerah sendiri di luar kota KL, kalo naik bus umum sekitar 1 jam lebih dari KL, naik taxi pastinya lebih cepat.

      Betul, semua bus ada di KLIA2, jadi antar terminal bisa naik shuttle bus gratis atau kalo males nunggu bisa langsung naik kereta KLIA Transit/Ekspres.

      Salam,
      Awan

      Reply
  42. Pengalaman sy kl dr klia airport ke KL jika tdk mau naik bus lebih baik naik taxi apalg jika pergi >1org dewasa. Dijemput dibandara sampai lgsg ditempat tujuan. Tarif 100RM sampai hotel di kl. Sudah include tol.
    Mobil muat max 7org tanpa bagasi. Jika ada bagasi bs 5org.
    Driver org malaysia tp sdh sering melayani tamu dr indonesia. No hp nya +60105663142 namanya pakcik nadzri.
    Bisa whazup dan call.
    Melayani jg tour keliling malaysia kl ga mau cape. Kl kmren saya hanya pakai dr klia2 ke hotel di bukit bintang dan balik ke klia2

    Reply
    • Terima kasih banyak infonya ya mas Teddy. Semoga berguna bagi teman2 yang mau ke Kuala Lumpur.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • halo Pak Teddy,
      mau tanya waktu pakai mobil dgn Pakcik nadzri itu mobil nya apa ya ?
      trs dikenakan biaya berapa dari KLIA2 ke Bukit Bintang ?

      Reply

Leave a Comment