Kuliner Hong Kong, Jajan Seru di Gough Street, Central

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Wisata ke Hong Kong, Pengalaman Kuliner Seru di Gough Street, Central

Banyak yang tanya ke saya, kalau mau wisata kuliner di Hong Kong kemana ya? Memang banyak sekali tempat dimana bisa kamu dapatin jajanan atau makanan seru dan lezat tentunya. Salah satunya adalah di daerah NoHo. Haaa…?! NoHo? Daerah mana tuh? Hehehe… mungkin baru dengar nama daerah ini di Hong Kong ya. Jadi di Hong Kong itu ada daerah yang ‘hip‘ atau daerah gaul lah ya, yaitu SoHo alias South of Hollywood. Di SoHo, yang ada di sekitar Hollywood Road di daerah Central memang terdapat banyak tempat hangout berupa kafe, bar, resto, klub dan juga butik-butik seru.

(Kau Kee, resto yang sudah beroperasi selama 90 tahun di Gough Street)

Nah, selain SoHo ada juga NoHo… betul banget, ini juga singkatan dari North of Hollywood. Dulunya kawasan ini terkenal sebagai daerah percetakan dan pegadaian, sekarang sudah berubah jadi kawasan trendy. Di daerah ini ada Gough Street, sebuah jalan kecil yang tidak jauh dengan kawasan Central. Gough Street selain populer dengan butik-butiknya, banyak restoran dan kafe juga di sepanjang jalan ini. Ada yang desainnya menarik, ada yang biasa-biasa aja tapi antreannya luar biasa panjangnya! Kalau mau kuliner seru di Hong Kong, singgah deh ke Gough Street ini. Ada apa aja sih? Kali ini saya mau cerita tentang 3 tempat yang menarik untuk mengisi perut saat di Hong Kong.

‘Kedai Tanpa Nama’
Hemm… saya terpaksa menamakannya ‘kedai tanpa nama’, karena saya coba cari kiri-kanan untuk plang namanya dan ngga nemuin juga. Atau mungkin ada tapi saya yang ngga bisa baca tulisannya dalam bahasa Kanton 🙂

Hemm... saya terpaksa menamakannya 'kedai tanpa nama', karena saya coba cari kir
(Kedai di Gough Street yang antreannya panjang sekali!)

Okey, jadi si warung tanpa nama ini sebenarnya berbentuk seperti sebuah kios yang menempati ruang terbuka diantara dua bangunan. Di luarnya ada tenda-tenda dan tempat duduk untuk pelanggannya yang siap nikmatin menu yang dihidangin oleh kedai ini. Jualannya? Mie, roti bakar, dan berbagai jajanan lain yang biasa kita lihat di warung mie instan atau warung kopi kalau di Indonesia.

Pasti mie atau roti bakarnya di kios ini enak sekali, sampai yang antre bisa sepanjang satu blok sendiri! Sayang saya ngga sempat mencicipi apa yang dihidangin disitu, karena saya memutuskan untuk antre di restoran seberangnya. Tapi kalau kamu ke Hong Kong dan penasaran untuk coba berbagai menu yang ditawarin kedai ini, bagi-bagi ceritanya ya!

Kau Kee Restaurant (九記牛腩)
Mau tau akhirnya saya antre dimana? Satu restoran di seberang ‘kedai tanpa nama’ tadi, yaitu Kau Kee. Resto mie yang antreannya… luar biasa! Menu utamanya adalah mie dengan beef brisket, atau potongan daging lemak yang tipis, yang katanya paling enak di seantero Hong Kong. Yang pasti sih lihat betapa laris manisnya restoran ini, mereka sepertinya tidak terima reservasi, semua harus berbaris menunggu untuk bisa mencicipi semangkok rice noodle-nya.

Selama lebih dari 90 tahun Kau Kee sudah melayani pelanggannya di Gough Street i

Selama lebih dari 90 tahun Kau Kee sudah melayani pelanggannya di Gough Street ini, dan mereka hanya sajikan dua menu, yaitu mie kuning (egg noodles),mie putih yang pipih (rice noodles) dalam kuah bening atau kuah kari, bisa pilih juga i-fu mie. Begitu dapat giliran untuk mencicipi, jangan heran ya kalau di Hong Kong yang namanya sharing meja sudah biasa, jadi kita akan duduk semeja dengan pelanggan lainnya.

Tibalah saat yang ditunggu-tunggu… mencicipi semangkoknmie dengan beef brisket-nya Kau Kee yang super kondang. Kali ini saya memilih dengan kuah kari. Harga semangkoknya HKD40, termasuk normal untuk ukuran Hong Kong. Aroma kari khas yang mengepul dari semangkok mie yang mengepul di hadapan saya benar-benar menggoda. Setelah ‘ritual’ foto, mulailah saya mengaduk mangkok tersebut. Mie kuningnya direbus dengan kematangan yang pas. Kuahnya, hemm… duh, ngga bisa digambarkan dengan kata-kata selain lezattt! (pake 3 huruf ‘t’).

(Beef Brisket Noodles Kau Kee yang menggoyang lidah!)

Dan yang ngga bisa saya lupain adalah daging tipis yang tersaji bersama mie ini berbeda dengan beef brisket yang biasa saya nikmatin di menu Pho-nya Vietnam. Daging yang telah dimasak berjam-jam ini sungguh empuk dan ‘nyus’ banget! Kalau bahasa kerennya sih, “it’s so tender and melt in your mouth!“. Yumm… Ngga percuma lah antre puluhan menit untuk mencicipinya. Kalau perut masih muat, pengin banget cobain yang pakai kuah bening. Well, lain kali kalau ke Hong Kong lagi deh. Pesan saya, yang ini wajib dicoba kalau kamu lagi di Hong Kong!

Alamat: G/F, 21 Gough Street, Central
Tel: +852 2850 5967
Jam Buka: 12.30-22.30 (Minggu & hari Libur tutup)

Itu dia tadi dua tempat makan yang harus antre panjang di Gough Street. Setelah nikmatin mie yang khas di Kau Kee, mungkin perlu untuk menyantap dessert. Ngga usah khawatir, di sepanjang Gough Street banyak tempat untuk dapatin cemilan dan kopi yang nyaman. Berikut, salah satu diantaranya.

Agnès b. Café LPG
Kafe lifestyle bergaya Prancis ini memang punya banyak cabang di seputaran Hong Kong. Tapi kafe Agnès b. yang ada di Gough Street ini suasananya asyik untuk nongkrong sambil rileks sejenak setelah shopping di sekitar daerah ini. Berbagai pilihan makanan ringan ala Prancis bisa kamu pesan, mulai dari baguette sandwich, quiche, Danish pastries, kue-kue dan juga salad. Setelah kenyang makan di Kau Kee, ngopi-ngopi dan nge-dessert di sini seru juga 🙂

Alamat: G/F, Chung Shan House, 8 & 10 Gough Street, Central, Hong Kong 92014
Tel: +852 2563 9393
Website: agnesb-lepaingrille.com/cafehk/en/
Jam Buka: 11.00-21.00

Jadi kalau wisata ke Hong Kong, jangan lupa nikmatin pengalaman kuliner seru di Gough Street, yang ada di daerah Central. Selamat mencoba!

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

Tinggalkan Komentar