1 Hari Tour Nusa Penida Timur Diamond Beach, Atuh Beach, Bukit Teletubbies

travelawan

1 Hari Tour Nusa Penida Timur Diamond Beach, Atuh Beach, Bukit Teletubbies

Jangan tertipu oleh ukuran Nusa Penida di peta, ya! Meski terlihat kecil, kamu butuh lebih dari sehari untuk benar-benar menjelajahi dan menikmati semua keindahannya. Kalau cuma mampir sebentar, mungkin cukup. Tapi, kalau mau serius berpetualang, ada dua area yang wajib banget kamu kunjungi, yaitu Nusa Penida Barat dan Nusa Penida Timur. Nah, kali ini, kita bakal ngobrolin tentang gimana serunya menghabiskan satu hari di Nusa Penida Timur. Yuk, simak!

Itinerary

Yuk, kita lihat contoh rencana perjalanan untuk menghabiskan satu hari di Nusa Penida Timur. Kamu bisa menjelajah sendiri dengan menyewa mobil atau motor, atau ikut dalam tur yang sudah disediakan. Seru, kan? 😊

  • 07.30: Meeting Point di Pantai Sanur, (konfirmasi kehadiran di loket/stand boat rekanan di Pelabuhan Sanur)
  • 08.00: Berangkat menuju Nusa Penida dengan Speedboat, perjalanan sekitar 35 menit
  • 08.30: Tiba di Pulau Nusa Penida. Driver siap jemput dengan membawa papan nama tamu
  • 11.00: Tiba di obyek pertama Rumah Pohon (Molenteng), Spot selfi dengan berlatar view gugusan pulau-pulau kecil (Pulau seribu, Nusa Penida)
  • 12.00: Tiba di Obyek kedua Pulau Raja Lima/Pulau Seribu Nusa Penida
  • 13.00: Tiba di Obyek ke ketiga Bukit Atuh, hamparan bukit hijau dengan view pantai atuh dilihat dari atas bukit
  • 13.30: Makan Siang di resto
  • 14.30: Tiba di Obyek ke diamond Beach. menikmati suasana pantai yang indah
  • 15.00: Tiba di Obyek Ke lima Bukit Teletubies
  • 15.30: Kembali ke pelabuhan Nusa Penida, check in Tiket Penyebrangan di Loket Speadboat
  • 17.00: Berangkat dari Nusa Penida ke pelabuhan sanur, dengan perjalanan kurang lebih 45 menit. Tiba di Pantai Sanur pukul 17.30

Pantai Sanur

Pantai sanur salah satu pelabuhan buat berangkat ke Nusa Penida. Cuma butuh 30-45 menit naik fast boat, dan kamu udah bisa nyampe di sana. Tiket fast boat-nya sendiri harganya mulai dari Rp 70.000 sampai Rp 200.000 per orang, tergantung dari perusahaan pelayaran dan jenis fast boat yang kamu pilih.

1 Hari Tour Nusa Penida Timur Diamond Beach, Atuh Beach, Bukit Teletubbies, Travelawan
Pantai Sanur

Kalau kamu ikutan tur ke Nusa Penida, biasanya tiket fast boat udah termasuk dalam paket tur. Paket tur-nya sendiri harganya mulai dari Rp 250.000 sampai Rp 500.000 per orang, tergantung durasi dan itinerary tur yang kamu pilih. Jadi, yuk berangkat!

Baca juga:   File Travelawan, Launching Majalah Get Lost

Tiba di Nusa Penida

Saat kamu sampai di Pelabuhan Nusa Penida, kamu akan disuguhi pemandangan pantai yang cantik. Di sekitar pelabuhan, banyak agen perjalanan yang menawarkan paket wisata atau penyewaan kendaraan.

Kalau kamu ikut tur, sopir akan menjemput dengan membawa papan nama. Kamu bisa langsung naik mobil dan pergi ke hotel atau tempat wisata.

Kalau kamu mau jelajah Nusa Penida dengan santai dan hemat, bisa sewa motor atau mobil. Sewa motor di Nusa Penida sekitar Rp50.000 sampai Rp100.000 per hari. Sewa mobil sekitar Rp450.000 sampai Rp600.000 per hari.

Rumah Pohon Molenteng

Rumah Pohon Molenteng adalah tempat wisata yang terkenal di Nusa Penida. Lokasinya ada di Desa Pelilitan, daerah Nusa Penida, di Kabupaten Klungkung, Bali. Rumah Pohon Molenteng ini dibangun di atas tebing yang menghadap ke laut. Jika kamu berada di atas Rumah Pohon Molenteng ini, kamu bisa melihat pemandangan indah dari pulau-pulau kecil di sekitar Nusa Penida, seperti Pulau Raja Lima, Pulau Seribu, dan Pulau Batu Melawang.

1 Hari Tour Nusa Penida Timur Diamond Beach, Atuh Beach, Bukit Teletubbies, Travelawan
Rumah Pohon Molenteng

Rumah Pohon Molenteng dibuat dari bahan kayu dan bambu. Ada tangga kayu yang menghubungkan Rumah Pohon Molenteng dengan tanah. Untuk bisa naik ke Rumah Pohon Molenteng, pengunjung harus mendaki tangga kayu yang agak curam. Tapi, usaha mendaki tangga ini akan terbayar dengan pemandangan indah yang bisa dilihat dari atas Rumah Pohon Molenteng.

Rumah Pohon Molenteng jadi tempat favorit untuk selfie. Dari atas Rumah Pohon Molenteng, pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan pulau-pulau kecil yang cantik.

Rumah Pohon Molenteng buka setiap hari, dari pagi sampai sore. Tiket masuknya Rp 20.000 per orang.

Ini beberapa tips jika kamu mau mengunjungi Rumah Pohon Molenteng:

  • Pakailah sepatu yang nyaman untuk mendaki tangga kayu.
  • Bawalah kamera untuk mengabadikan momen di atas Rumah Pohon Molenteng.
  • Datanglah di pagi hari atau sore hari untuk menghindari sinar matahari yang terik.
Baca juga:   Kuliner Cirebon, Nasi Jamblang Ibu Nur dan Jamblang Pelabuhan

Bukit Atuh

Bukit Atuh adalah destinasi wisata populer di Nusa Penida, Bali. Lokasinya berada di Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Bukit ini dikenal dengan keindahan alamnya, yaitu hamparan bukit hijau dan pantai Atuh yang eksotis.

Dari puncak Bukit Atuh, pengunjung dapat menikmati pemandangan bukit hijau yang luas, dihiasi dengan pepohonan rindang dan udara sejuk. Selain itu, terdapat Pantai Atuh yang indah dengan pasir putih lembut dan air laut yang jernih. Di tengah pantai, ada sebuah atol yang tampak seperti pulau kecil.

Untuk mencapai Bukit Atuh, pengunjung bisa menggunakan kendaraan bermotor atau berjalan kaki. Kendaraan bisa disewa di Pelabuhan Nusa Penida. Setelah tiba di Desa Pejukutan, pengunjung perlu berjalan kaki sekitar 10 menit untuk mencapai puncak bukit.

Berikut beberapa tips saat mengunjungi Bukit Atuh:

  • Datanglah di pagi atau sore hari untuk menghindari panas matahari.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman karena medan menuju puncak bukit cukup terjal.
  • Bawalah makanan dan minuman sendiri untuk menghemat biaya.

Bukit Atuh adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Nusa Penida karena keindahan alamnya.

Diamond Beach

Pantai Berlian, juga dikenal sebagai Diamond Beach, adalah destinasi wisata alam yang terkenal di Nusa Penida, Bali. Lokasinya ada di Desa Pejukutan, sekitar 1,5 jam perjalanan dari Pelabuhan Banjar Nyuh.

Keindahan alam Pantai Berlian sangat mempesona. Pantainya memiliki pasir putih bersih, air laut yang jernih berwarna biru kehijauan, dan dikelilingi oleh tebing karang yang tinggi. Ada batu karang besar yang bentuknya seperti berlian, itulah asal nama Pantai Berlian.

1 Hari Tour Nusa Penida Timur Diamond Beach, Atuh Beach, Bukit Teletubbies, Travelawan
Diamond Beach

Untuk sampai ke pantai, wisatawan harus menuruni ratusan anak tangga yang diukir di tebing. Meski membutuhkan waktu sekitar 15 menit, pemandangan indah pantai akan menjadi hadiah yang memuaskan.

Baca juga:   Pengalaman Staycation Saat New Normal

Berikut beberapa saran saat berkunjung ke Pantai Berlian:

  • Datanglah di pagi atau sore hari untuk menghindari kerumunan.
  • Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk menuruni anak tangga.
  • Bawa perlengkapan mandi dan kamera untuk mengabadikan momen Anda.

Pantai Berlian adalah tempat yang harus dikunjungi saat berlibur ke Nusa Penida. Pantai ini akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies adalah tempat wisata yang sedang naik daun di Nusa Penida, Bali. Lokasinya ada di Desa Bunga Mekar, sekitar satu jam perjalanan dari Pelabuhan Banjar Nyuh.

Nama “Teletubbies” diambil dari bentuk bukit ini yang mirip dengan karakter dalam acara TV anak-anak dari Inggris, yaitu Teletubbies. Bukit ini adalah kumpulan bukit-bukit kecil berbentuk bulat dan berwarna hijau, dikelilingi oleh sawah dan kebun.

Dari atas Bukit Teletubbies, pengunjung bisa menikmati pemandangan laut biru dan pantai yang indah. Saat matahari terbenam, pemandangannya semakin mempesona.

Bukit Teletubbies juga menjadi tempat favorit untuk berfoto, dengan latar belakang bukit-bukit hijau yang unik. Banyak wisatawan yang datang ke sini untuk berfoto, bahkan untuk sesi foto prewedding.

Berikut beberapa tips jika Anda berencana berkunjung ke Bukit Teletubbies:

  • Kunjungi pada pagi atau sore hari untuk menghindari panas matahari.
  • Kenakan sepatu yang nyaman karena Anda harus berjalan kaki untuk sampai ke puncak.
  • Bawa topi dan kacamata hitam untuk perlindungan dari sinar matahari.
  • Jangan buang sampah sembarangan untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Bukit Teletubbies adalah destinasi wisata yang harus dikunjungi saat berlibur ke Nusa Penida. Tempat ini menawarkan pemandangan yang indah dan unik, serta menjadi tempat populer untuk berfoto. 

Penutup

Demikianlah cerita perjalanan satu hari keliling Nusa Penida Timur. Mulai dari Rumah Pohon Molenteng yang menawarkan pemandangan alam yang memukau, Diamond Beach dengan pasir putihnya yang bersih, Atuh Beach yang indah dengan tebing-tebingnya, hingga Bukit Teletubbies yang hijau dan luas. Semua tempat tersebut memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan menambah kekayaan cerita perjalanan kita. Terima kasih Nusa Penida, sampai jumpa di perjalanan berikutnya!

Also Read

Tags

Leave a Comment