Pengalaman Membuat Visa China di Macau

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Pengalaman Membuat Visa China di Macau

Hi #KAwan, kali ini saya ingin membagi pengalaman salah satu kawan TravelAwan, mas Ricky Reynaldo, yang sempat mengirimkan email ke saya beberapa waktu lalu. Berikut isi email-nya…

URGENT!

Halo selamat sore,

Saya sedang ada problem, kakak saya kemaren masuk China (Guangzhou) dengan visa single entry dan tadi pagi dia ke Macau. Sekarang tidak bisa balik China dan kebetulan barang2 masih di hotel di Guangzhou.

Apakah ada saran untuk masuk lagi? Apa harus apply visa China di Hong Kong atau Macau? Karena flight kembali ke Jakarta juga melalui Guangzhou.

Terima Kasih,
Ricky

* * * * * * *

Memang dalam traveling kadang terjadi hal-hal yang di luar perkiraan kita, seperti yang dialami oleh kakaknya mas Ricky. Mungkin karena berpikir akan pergi-pulang dari Guangzhou ke Macau saja, maka mengira bisa balik lagi ke Guangzhou dengan visa China yang sama. Padahal untuk visa China ada single entry dan multiple entry. Ini yang perlu diperhatikan. Jika memang kita berencana untuk masuk lebih dari satu kali ke wilayah China, yang harus kita apply di Indonesia ke Kedutaan China atau Konsulatnya, adalah visa multiple entry (bisa masuk beberapa kali dalam jangka waktu tertentu).

Mungkin yang pertama terpikir adalah nanti dari Macau tinggal pergi ke Hong Kong, dan dari Hong Kong lanjut masuk ke China lewat Shenzhen (melalui Louhu Port), dimana kita bisa proses Visa on Arrival (VOA). Kemudian dari Shenzhen melanjutkan naik kereta ke Guanzhou.
Tapi cara ini hanya bisa kita lakukan kalau misalnya kita akan keluar China lewat Shenzhen lagi (karena dengan VOA kita harus masuk dan keluarnya melalui Shenzhen).

Tapi pada kasus kakaknya mas Ricky ini, tiket pulangnya ke Indonesia adalah dari Guangzhou. Jadi akan kesulitan juga jika masuk lagi ke China dengan VOA. Kemudian mas Ricky sharing lagi melalui email tentang pengalaman membuat visa China di Macau, yang menurut saya sangat berguna untuk jadi masukan bagi kita, kalau sampai ada yang mengalami kejadian serupa. Email berikutnya dari mas Ricky…

* * * * * * *

Halo Selamat Siang,

Kemarin memang rencana masuk lagi via Shenzhen namun KBRI Beijing katakan lebih baik coba apply di Macau. Puji Tuhan visa kakak saya sudah approved dan sekarang sedang perjalanan kembali masuk ke China.

Mungkin ini bisa jadi pengalaman dan masukkan bagi kawan-kawan traveller lainnya. Terutama untuk apply visa di bukan negara asal keberangkatan, ternyata bisa selama kita bisa jelaskan bahwa itinerary kita memang mengharuskan kita untuk balik masuk ke Guangzhou.

Terima Kasih atas masukkan dan sarannya.

Salam,
Ricky

* * * * * * *

Selamat Siang Mas Awan,

Jadi Embassy of China di Macau itu ada di No. 992, Avenida do Dr. Rodrigo Rodrigues, Macao. Seperti biasa, pada pagi antri untuk apply. Pertamanya sedikit dipersulit karena kenapa sudah pegang visa single entry china, lalu keluar ke Macau dan ingin masuk lagi?

Namun karena memang human error, dan kakak saya ada bukti stay di Guangzhou lalu tiket return ke Jakarta pun via Guangzhou, mereka katakan prosesnya sekitar 3-4 hari kerja. Disini kakak saya coba bilang bahwa harus kembali ke China secepatnya (karena tiket pesawat pulang sudah di-issued). Tidak lama pihak Embassy katakan visa bisa keluar besok siangnya, dan Puji Tuhan kemarin sore sudah masuk Guangzhou lagi.

Itulah sedikit yang bisa saya share, untuk kawan-kawan traveller mungkin pengalaman kakak saya ini bisa jadi pelajaran buat semua. Kalo mau apply visa mesti tahu single entry atau multiple entry. Jangan sampe kebablasan. Hehe…

Salam,
Ricky Reynaldo

* * * * * * *

Sekali lagi terima kasih banyak ya untuk mas Ricky Reynaldo yang sudah bersedia membagi pengalaman ini untuk kita. Semoaga bisa menjadi pelajaran berharga dan informasi yang berguna. Salam traveler!

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!


2 comments

  1. Mas, saya ada sesuatu yg Urgent ingin ditanyakan
    Dari Hongkong katanya bisa urus Visa Turis ke China ya… Itu prosedur nya gimana, urus nya kemana ya ??

    1. Halo mbak Joye,
      Betul, dulu bisa dengan mudah ajukan Visa on Arrival (VOA) kalu dari Hong Kong masuk ke Shenzhen (bukan kota lain di China dan hanya bisa melalui stasiun/port Lo Wu).
      Tapi di tahun 2017 ini banyak sudah yang ditolak sama petugas, ngga bisa proses buat VOA. Jadi mau ngga mau harus balik ke Hong Kong lagi. Jadi kalo misalnya mbak harus banget masuk ke Shenzhen, lebih baik sudah buat visa China di Indonesia. Semoga jelas ya.

      Salam,
      Awan

Tinggalkan Komentar