Cari Makanan Halal Saat Wisata ke Chiang Mai, Thailand

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Chiang Mai, kota terbesar kedua di Thailand ini memang menyimpan berbagai situs penting dan merupakan salah satu pusat kebudayaan di Thailand. Banyak seniman Thailand dan mancanegara yang kemudian menetap di Chiang Mai dan membuka galeri mereka di kota ini.

Namun berbeda dengan Bangkok yang memiliki ratusan masjid, setelah saya sempat b
(Rotee yang dimasak dengan telur dan di atasnya dibubuhi susu kental manis)

Namun berbeda dengan Bangkok yang memiliki ratusan masjid, setelah saya sempat berbincang dengan seorang warga Muslim di kota ini, ternyata Chiang Mai hanya memiliki empat buah masjid saja. Berarti tempat untuk mencari makanan halal saat wisata ke Chiang Mai juga lebih terbatas. Umumnya rumah makan atau restoran yang menjual makanan halal memang berada di lingkungan Muslim di seputar masjid.

Kebetulan saat ke Chiang Mai, saya menginap di hotel Holiday Inn yang berada di daerah dekat sungai. Sore itu setelah check-in, saya menanyakan arah menuju ke pusat kota kepada pegawai di front office hotel. Walau dikatakan lumayan jauh, namun karena saya hobi berjalan kaki, maka saya memutuskan untuk tidak naik taksi atau tuk tuk.

Setelah menyeberangi jembatan Meng Rai yang ada tidak jauh dari hotel, saya berbelok ke arah kanan ke jalan Charoen Prathet. Terus terang saat berencana untuk wisata ke Chiang Mai, saya sama sekali tidak sempat mencari informasi mengenai tempat makanan halal di kota ini. Namun memang suatu berkah, tak jauh berjalan menyusuri Charoen Prathet Road, saya langsung melihat satu plang penunjuk arah dengan nama masjid, yaitu Masjid Chang Klan yang berada di Charoen Prathet Soi 13.

Setelah menyeberangi jembatan <strong>Meng Rai</strong> yang ada tidak jauh dari
(Masjid Chang Klan yang ada di Charoen Prathet Soi 13, Chiang Mai)
Sepanjang Charoen Prathet Road, seberang Aruntara Hotel banyak tempat makanan ha
(Sepanjang Charoen Prathet Road banyaktempat makanan halal)

Kemudian saya berbelok ke kiri, mengikuti arah plang masjid tersebut, dan benar saja ada satu rumah yang di bagian teras dan sampingnya merupakan restoran yang menjual makanan halal. Tapi saya tidak bersantap disitu. Kembali ke jalan utama, tak jauh dari pertigaan dekat masjid ada sebuah warung kecil yang menjual berbagai makanan halal.

Ternyata di sepanjang Charoen Prathet Road, merupakan pusat makanan halal di Chi
(Kedai-kedai yang jual makanan halal di sepanjang Charoen Prathet Road)

Kedai makanan kecil yang menjadi favorit saya selama di Chiang Mai

Ternyata di sepanjang Charoen Prathet Road, merupakan pusat makanan halal di Chiang Mai. Mulai dari warung, gerobak makanan hingga ada restoran di salah satu hotel sepanjang jalan ini juga menyajikan menu-menu halal. Pada ujung jalan di dekat Night Bazaar, juga terdapat satu masjid lagi di sebuah jalan kecil, yaitu Masjid Hidayatul Islam Banhaw, di Charoen Prathet Soi 1. Masjid ini pun dikelilingi oleh warung dan tempat berdagang warga Muslim yang menjual makanan halal. Penjual makanan wanita yang menggunakan kerudung, menyajikan menu-menu makanan yang umumnya adalah masakan Thailand.

Pada ujung jalan di dekat Night Bazaar, juga terdapat satu masjid lagi di sebuah

Tidak jauh dari masjid Hidayatul Islam Banhaw, Anda juga bisa mengunjungi sebuah Night Bazaar, yaitu Anusarn Market, yang hanya berjarak beberapa ratus meter. Di pasar malam ini juga terdapat banyak penjaja makanan yang menyajikan berbagai menu India, Arab, masakan Cina dan Thai yang halal.

Roti halal dengan harga 10 Baht, salah satu menu yang murah meriah.

Dari pengalaman saya jalan-jalan selama beberapa hari, akhirnya tempat-tempat makan di sekitar dua masjid di daerah Charoen Prathet Road ini menjadi tempat mencari makanan halal yang paling mudah di Chiang Mai. Jika Anda merencanakan untuk berwisata ke kota ini, bisa mengisi perut dulu disini sebelum menjelajahi situs-situs historis dan tempat-tempat wisata di seputar Chiang Mai.

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.