Wisata ke Shenzhen Lewat Hong Kong Bisa Pakai Visa On Arrival?

travelawan

Wisata ke Shenzhen Melalui Hong Kong Masih Bisa Pakai Visa On Arrival (VOA)?
CATATAN PENTING!

UPDATE  APRIL 2018 – Kasus VOA ditolak di Lo Wu (Louhu) Port:
Berdasarkan pengalaman kawan-kawan Travelawan yang mau masuk Shenzhen melalui Lo Wu (Louhu), sampai April 2018 ini ternyata bagi WANITA PEMEGANG PASPOR INDONESIA SUDAH PASTI DITOLAK PENGAJUAN VOA-NYA (DITOLAK MASUK SHENZHEN). UNTUK PRIA, KALAU PERGI SENDIRI/TIDAK ADA WANITA DALAM ROMBONGANNYA, SILAHKAN KALAU MASIH MAU MENCOBA AJUKAN VOA. Alasannya kurang jelas, dan ada yang bilang pemegang paspor Indonesia sudah tidak bisa masuk Shenzhen menggunakan VOA. Tapi untuk pria masih ada yang disetujui pengajuan VOA-nya.

Sebaiknya kalau memang mau masuk ke Shenzhen saran saya lebih baik buat visa China dari Indonesia, daripada VOA ditolak dan tidak bisa masuk.

  • Visa On Arrival (VOA) HANYA bisa diurus kalau masuk Shenzhen lewat Lo Wu / Louhu Port, yaitu masuk lewat Hong Kong
  • VOA TIDAK BISA PROSES kalau masuk ke Shenzhen melalui Sekhou Port (dari Macau) atau port lainnya, naik ferry langsung dari Hong Kong International Airport (HKIA), atau masuk dengan pesawat udara dan mendarat di bandara Shenzhen. Untuk yang masuk Shenzhen selain melalui Lo Wu / Louhu sudah harus urus / punya visa China dari Indonesia.

Bagi yang ingin berkunjung ke Shenzhen dari Hong Kong atau Macau, dengan menggunakan tour (one day tour atau 2 Hari 1 Malam), bisa cek Itinerary dan harga Paket Tour di bawah ini:

* Shenzhen, Paket Tour Satu Hari Dari Hong Kong Ke Shenzhen

* Shenzhen, Itinerary Paket Tour 2 Hari 1 Malam Dari Hong Kong

Harga paket tour sudah termasuk pengurusan visa (pasti bisa masuk Shenzhen).

Baca juga:   Wisata Shenzhen, Paket Tour 2 Hari 1 Malam Dari Hong Kong

Banyak diantara kawan-kawan yang rencana jalan-jalan ke Hong Kong dan mau lanjut juga wisata ke Macau dan Shenzhen. Kalau untuk Macau sih aman, karena masuknya tidak pakai visa bagi pemegang paspor Indonesia, sama seperti kalau kita masuk ke Hong Kong. Tapi yang rencana mau ke Shenzhen juga, ini dia yang jadi pertanyaan, apakah kita bisa masuk dengan menggunakan Visa On Arrival (VOA), atau harus mengajukan visa China dari Indonesia? Memang kalau apply visa China di Indonesia harganya lebih mahal daripada mengurus VOA.

Wisata ke Shenzhen Lewat Hong Kong Bisa Pakai Visa On Arrival?, Travelawan

Dulu memang lebih praktis dan murah berkunjung ke Shenzhen dengan menggunakan Visa on Arrival, hanya perlu membayar RMB 178. Tapi dari cerita banyak sekali kawan Travelawan (khususnya wanita pemegang paspor Indonesia) yang ditolak untuk membuat VOA di Lo Wu Port sejak tahun 2017. Sementara untuk pria ada yang masih bisa disetujui VOA-nya. Kalau mau gambling / untung-untungan, silahkan dicoba, dengan catatan belum tentu disetujui. Dan kalau ditolak petugas / tidak bisa urus VOA, pasti batal masuk Shenzhen dan harus balik lagi ke Hong Kong dengan proses imigrasi yang lumayan makan waktu (sekitar satu jam).

Wisata ke Shenzhen Lewat Hong Kong Bisa Pakai Visa On Arrival?, Travelawan

Jangan lupa juga kalau masuk dengan VOA, visa ini hanya berlaku untuk 5 (lima) hari. Memang cocok untuk jalan-jalan singkat ke Shenzhen. Dulunya hanya bisa kamu peroleh kalau masuk lewat Lo Wu (Louhu) Port, antara jam 09.00-22.30 setiap harinya – SEKARANG UNTUK WANITA PEMEGANG PASPOR INDONESIA SEBAGIAN BESAR PENGAJUAN VOA-NYA DITOLAK!

Selamat rencanain jalan-jalan ke Shenzhen!

Also Read

187 thoughts on “Wisata ke Shenzhen Lewat Hong Kong Bisa Pakai Visa On Arrival?”

  1. Emang parah neh petugas imigrasi shenzen cinak…kasarnya minta ampun, padahal ane punya record sebelumnya ke shenzen. tapi pas balik ke sana awal desember maren ditolak mentah2….asli panas pala gua. akhirnya buat ngilangin stres gua nyerocos aja pake bahasa indo…bangsa lo di kami enak banget dah datang gak perlu visa eh….dapat ktp instant lagi. Eh..dijawab sama petugasnya…whats…whatss….: nothing gua jawab.

    Reply
  2. halo kak,
    Mau nanya nih, saya kan mau ke Beijing tgl 10 jan 2019, tapi transit dulu di shenzen selama 4 jam, sedangkan saya udh buat visa yg single entry. Nah itu visa saya dipake buat di shenzen ga sih? takutnya,pas saya transit di shenzen trus arrive di beijing, di beijingnya saya yg ga bs masuk, krn visanya udh kepake di shenzen. Mohon infonya thanks.

    Reply
    • Halo kak Natanael,

      Mohon maaf sekali ya saya baru bisa baca dan balas message-nya. Semoga di China kemarin lancar2 aja trip-nya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  3. Halo Mas Awan,

    Salam kenal ya. Saya termasuk yang telat update mengenai perubahan regulasi VOA Shenzhen ini. Dulu tahun 2015 saya pergi bersama pak suami VOA approved, bisa masuk Shenzhen via Lo Wu Station. Pas tanggal 20 Oktober 2018 saya kesana lagi bersama keluarga tiba-tiba VOA saya ditolak! Mana petugas imigrasi sana ga ada yang ramah pula. Dengan nada ketus, dia bilang ke saya: “Go back to Hong Kong! No visa here!”. Saat itu juga saya merasa kayak imigran. Hahaha. Untungnya, karena saya hanya merencanakan 1 day trip di Shenzhen, saya tidak ada melakukan reservasi hotel, tempat wisata, dll. Jadi ibarat kata nothing to lose aja. Kejadian ini mengajarkan saya untuk lebih update mengenai regulasi VOA di negara yang akan dikunjungi.

    Untuk yang hendak ke Shenzhen, alangkah baiknya mengurus visa-nya lewat kedutaan Cina di Indonesia aja. Memang biayanya lebih mahal dan prosedurnya agak ribet. Tapi, dijamin aman dan lebih pasti.

    Salam,

    Liza

    Reply
    • Halo mbak Liza,

      Terima kasih banyak untuk sharingnya ya. Emang imigrasi Shenzhen sekarang ketat sekali. Jadi sekarang teman2 yang lain juga tau kalau memang tidak bisa VOA lagi untuk masuk ke Shenzhen ๐Ÿ™‚

      Salam,
      Awan

      Reply
  4. Hallo Mas Awan
    Mau tanya mengenai isian arrival card. Untuk ‘Place of Visa Issuance’ dan ‘Flight No/Ship Name/Train No’ harus diisi apa ya? Terima kasih sebelumnya.

    Reply
    • Halo kak Juhwe,

      Kalo Hong Kong kan kita ngga pake visa. Jadi pasti yang ditanyain tempat paspor di-issue di kantor imigrasi mana di Indonesia?
      Kalo flight number, di tiket pesawat kan ada ditulis, tinggal kita isi aja di form. Begitu juga kalo naik Turbojet dari macau pasti ada nomer kapalnya. Selamat jalan2.

      Salam,
      Awan

      Reply
  5. Confirm hari ini 22 juni 2018 voa sy ber4 sekluarga (istri & 1 anak perempuan) ditolak imigrasi china di shenzhen. Alhasil hrs balik ke imigrasi hongkong & masuk lagi ke station Lowu. Ada 1 keluarga lagi (3 perempuan) yg barengan ditolak, mereka lbh rumit krn tiket baliknya dari shenzhen. Sesampai di hongkong di tmpt hotel daerah tsim tsa tsui ada biro jasa pengurusan voa khusus indo & thai dgn biaya hkd350 (kira2 dobel tarif resmi).

    Reply
    • Halo mas Alya,

      Turut prihatin ya karena VOA-nya ditolak. Memang sampai sekarang saya juga belum dapat update lagi kalau sudah bisa VOA.
      Tapi saya baru dengar nih kalau ada biro jasa untuk pengurusan VOA khusus Indo dan Thai. Jika memang ada infonya, apa bisa tolong di-share, mas? SEmoga berguna informasinya untuk kawan2 lainnya. Terima kasih.

      Salam,
      Awan

      Reply
  6. sedih banget ya Mas, baru mau ke shenzen lewat Hongkong eh baca banyak info katanya kalo wanita susah ?

    Reply
  7. Hallo Mas Awan.
    Saya mau tanya, nanti bulan juni saya dari shenzhen mau ke bandara hongkong. Naik apa yah yang cepat ? Dan naik nya di shenzhen di daerah mana ? Terima kasih untuk infonya

    Reply
    • Halo kak Hendy,

      Dari Shenzhen nanti harus ke perbatasan Lo Wu (Louhu) dulu, dan keluar imigrasi Shenzhen. Lanjut jalan kaki, begitu sudah masuk imigrasi dan wilayah Hong Kong bisa naik MTR dari Lo Wu Station menuju ke Kowloon Tong Station. Dari sini paling cepat adalah dengan sambung taxi menuju ke bandara Hong Kong (HKIA).

      Karena kalo ngga naik taxi, harus sambung2 lagi naik MTR-nya (ganti beberapa kali), seperti di bawah ini:
      – Dari Kowloon Tong Station pindah ke jalur hijau, naik MTR sampai Prince Edward Station
      – Di Prince Edward Station ganti ke jalur merah, naik MTR sampai Lai King Station
      – Di Lai King Station ganti ke jalur oranye, naik MTR ke Tsing Yi Station
      – Baru dari Tsing Yi station ini ada kereta Airport Express yang menuju ke HKIA

      Jadi silahkan di Google dan cek2 peta MTR Hong Kong, pertimbangkan mau ganti2 naik MTR dan kereta Airport Express, atau praktis naik taxi dari Kowloon Tong Station.

      Salam,
      Awan

      Reply
  8. Kakak perempuan saya ( paspor Indonesia ) , hari ini mau apply VOA ke Shenzhen masuk dari Lowu ga bisa.. Sedangkan suaminya passpor malaysia bisa. Alhasil hotel hangus….

    Reply
    • tambahan ya, sebelumnya tahun lalu kakak saya uda pernah masuk Shenzhen pakai VOA jg , waktu itu kami sekeluarga perginya.. Biarpun ada recordnya tetap di tolak

      Reply
      • Halo kak Rosalin,

        Terima kasih untuk info tambahannya ya.
        Betul sekali, kadang walau sudah pernah masuk juga tidak pengaruh. Jadi memang sebaiknya buat visa China di Indonesia.

        Salam,
        Awan

        Reply
    • Terima kasih info tambahannya kak Rosalin, untuk wanita pemegang paspor Indonesia memang saat ini sudah pasti akan ditolak jika ajukan VOA Shenzhen.

      Salam,
      Awan

      Reply
  9. Apa ada update terbaru untuk voa perempuan indonesia? Saya banyak baca kalo perempuan banyak yg ditolak voa nya. Saya sebelumnya udah pernah ke china dan skrg juga pegang single entry visa unt bisnis ke guangzhou akhir bulan ini.
    Apa saya bisa mengajukan voa? Dan saya pergi dgn mama yg belum pernah ke china? Mohon advisenya.. terima kasih..

    Reply
    • Halo kak Maharani,

      Peratama, untuk ke Guangzhou tidak ada VOA. Jadi harus buat visa China di Indonesia.
      VOA itu untuk masuk lewat Shenzhen, dimana juga banyak sekali yang bermasalah karena ditolak.
      Kalo mau jalannya tenang dan lancar, segeralah urus visa China di Indonesia sebelum pergi.

      Salam,
      Awan

      Reply
  10. Update pergi ke shenzhen via Lowu 28 Maret 2018 VOA lancar tampa ada pertanyaan apapun, dalam 20 menit saja, saya liat semua yang mengajuka VOA di aproval tampa ada pertanyaan. Semoga membantu untuk yang mau ke shenzhen via Lowu

    Reply
    • Hi kak Dedy,

      Terima kasih infonya. Semoga memang sudah bisa urus VOA lagi ya.
      Kalau dari saya pribadi belum bisa menanggapi, karena memang belum kesana lagi.
      Kalau ada teman2 yang punya pengalaman sama, ditunggu sharing infonya ya. Terima kasih ๐Ÿ™‚

      Salam,
      Awan

      Reply
  11. Waktu tgl 1 februari lalu aku dan keluarga udah rencana mau ke beijing lewat hong kong, udah pesen tiket pesawat dari bandara shenzhen ke beijing dan hotel semua udah siap, pas di lowu malah ditolak terus dikasih kertas kecil berisi alamat imigrasi di hkg utk bikin visanya. Udah gitu alamat yg dikertas itu alamat yg lama lagi jadi nyari gedungnya lagi. Dan ternyata prosesnya rumit banget terus sempet cerita2 sama turis asing juga di kantor sana bisa bisa dapet visa itu beberapa hari kerja padahal hari itu juga harus ngejar flight ke beijing. Padahal dulu tahun 2011 kesana lancar jaya. Sebenernya aku salah juga sih ga update berita berita ginian wkwk. Alhasil hangus deh semua tiket pesawat dan penginapan.

    Reply
    • Halo kak Difa,

      Terima kasih banyak untuk sharingnya ya. Iya betul sekali, sekarang udah ngga bisa buat visa on arrival (VOA), apalagi mau ke Beijing. Sebaiknya sudah buat visa China dari Indonesia. Turut prihatin ya karena batal pergi dan hangus tiket dan hotelnya.

      Salam,
      Awan

      Reply
        • Halo kak,

          Sekali lagi saya kabarkan bahwa ke Shenzhen tidak bisa VOA. Jadi masuk Shenzhen harus urus visa China dari Indonesia ya. Tidak ada pilihan lainnya ๐Ÿ™‚

          Salam,
          Awan

          Reply
  12. Koko mau tanya sekarang saya di hongkong,kalau misalnya dari hongkong menuju china apa saja persyaratan nya

    Reply
    • Halo kak, maaf ya baru bisa balas nih… Pastinya udah balik ya dari Hong Kong. Untuk masuk ke China sekarang sudah ngga bisa kalo ngga buat visa China di Indonesia.

      Salam,
      Awan

      Reply
  13. Hallo mas,

    Saya baru saja kena tolak VOa shenzen, dan urus imigrasi cukup lama. Dan arrivall card HK kan di ambil pas kluar HK. Tapi pas msk HK lagi kan ga di kasih ya pas VOA di tolak.
    Itu bermasalah ga ya pas kluar HK mau ke indo?

    Reply
    • Halo kak Dessita,

      Turut prihatin ya, emang sekarang terutama wanita pasti akan ditolak VOA masuk Shenzhen. Untuk arrival card nanti isi lagi aja yang baru pas di bandara mau keluar Hong Kong. Nanti kasih yang halaman terakhir/bawahnya untuk keluar dari HK. Di airport sebelum imigrasi disediain kok arrival card ini.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Halo kak Ari,

      Maaf ya baru bisa balas. Betul sekali, sudah tidak bisa urus VOA. Kalaupun yang bisa karena pernah punya visa China atau pria yang mereka yakin ngga bakalan masuk ke China untuk cari kerja. Kalo perempuan biasanya pasti ditolak. Mau ngga mau harus buat visa China ๐Ÿ™‚

      Salam,
      Awan

      Reply
  14. Saya dan keluarga batal ke Shenzhen jum’at lalu tanggal 5 Januari 2018 karena Imigrasi China di Lowu tidak dapat mengeluarkan VOA untuk isteri (Paspor perempuan Indonesia), mereka hanya bisa mengeluarkan VOA untuk saya dan anak laki kami. Opsinya adalah mengajukan VISA China di Hong Kong, Harbour Drive, Wanchai (jalur bus 104, 2 stop dr Hong Hum MTR station). Tapi ternyata waktu normal prosesnya adalah 4hk biaya HKD 300. Sedangkan untuk express service (2 hari kerja, buat hari ini aplikasi diterima sebelum jam 12 siang maka selesai besok harinya) infonya biaya $600 (compare to VoA RMB 168). Berhubung kami datang hari jum’at dan sabtu tidak ada pelayanan maka kami urungkan niat untuk ke Shenzhen. Untungnya hotel kami baru booking dgn free cancelation jadi hangus untuk malam pertamanya saja, alhamdulillah masih selamat sisa 2 malamnya hehehe. Mungkin sebaiknya apply Visa China di Indonesia saja kali ya. Saya lihat cowok Filipino malah nggak bisa VoA sama sekali. Alasannya nggak tau juga ya. Demikian up date informasi saya berikan semoga berguna untuk teman2 sekalian.

    Sandbay.
    Hong kong, 8 Januari 2018.

    Reply
    • Halo mas Sandbay,

      Terima kasih banyak untuk informasi/update-nya tentang VOA Shenzhen ya. Karena sampai sekarang masih banyak yang menanyakan dan berminat masuk Shenzhen dengan VOA. Info dari mas nanti akan saya posting jadi artikel boleh ya? Jadi biar lebih jelas untuk kawan2 yang butuh infonya, tidak tenggelam dalam feed komentar/message. Terutama info tentang pembuatan Visa China di Hong Kong.

      Yang saya tau memang sedang diperketat sekali, terutama untuk yang mereka curigai ingin masuk ke China sebagai pekerja gelap. Maaf, karena mungkin banyak kasus yang melibatkan orang Indonesia dan Filipina maka imigrasinya suka pukul rata, langsung ditolak aja tanpa alasan jelas.

      Sekali lagi terima kasih infonya, sampe nanti mas.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Mas masih di Hong Kong ? Saya baru kamis ini 18 Jan 2018 jalan ke Hong Kong. Jumat apply visa china, senin jadi kali yah ? Doc yang dibutuhkan apa saja mas buat apply china ?

      Thanks
      Afr

      Reply
  15. Halo teman2. Berbagi info. Saya mencoba ajukan VOA di Shenzhen dengan adik laki2 saya. Menurut petugas imigrasi Shenzhen, untuk paspor Indonesia, hanya laki2 saja yang boleh dapat VOA. Alhasil, saya tidak dapat VOA namun adik laki2 saya berhasil dapat VOA dengan lancar.
    Saya kembali ke Hong Kong namun dengan melewati proses imigrasi yang memakan waktu karena paspor berulangkali diperiksa baik di port Shezhen dan Hong Kong.

    Reply
    • Halo kak Fenali,

      Terima kasih banyak untuk update/infonya ya. Memang kasusnya adalah seperti itu sekarang. Untuk wanita pemegang paspor Indonesia tidak di-approve untuk pengajuan VOA. Jadi kalau mau masuk Shenzhen, harus buat Visa China di Indonesia atau di Hong Kong (memakan waktu proses sekitar 4 hari kerja).

      Salam,
      Awan

      Reply
  16. Sy ada visa China yg sudah tertempel di paspor kurang tp sudah di gunakan bulan lalu kira2 bisa jd pertimbangan ga yaa

    Reply
    • Halo mas Mahdi,

      Saya ngga bisa jawab pertanyaannya, karena semua tergantung dari petugas imigrasi di perbatasan Shenzhen. Kalo mau pasti masuk, lebih baik buat visa China baru di Indonesia.

      Salam,
      Awan

      Reply
  17. Halo…
    Mau tnya dong, masa berlaku VOA itu kan 5 hari. Jika sy gak masuk ke shenzen pada hari diapprove nya visa tersebut bole gak? Jd mksdnya saya ajuin dulu VOA lebih dulu dan diapprove hari ini, tp bsk nya sy baru ke shenzen. Mohon infonya, terima kasih

    Reply
    • Halo kak Aryani,

      Harus masuk saat itu juga.
      Dan info aja, sekarang ini VOA hampir semua ditolak. Jadi kalo memang perlu masuk ke Shenzhen, sudah buat visa China dari Indonesia ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  18. Hii. Cuma mau share
    Ajuin VOA pas tanggal 3oktober kemarin. Ditolak dengan alasan karena kita Dari Indonesia. Mau keluar Dari imigrasi aja ribetnya minta ampun masih dicek blabla passport pake ditahan segala. Kapok deh pokoknya udah terlanjur book hotel shenzhen 2 mlm pula. Balik ke hongkong . hotel di hongkong udah pada penuh pas libur national soalnya. Pokoknya kalo mau ke shenzhen lebih amannya apply visa China dulu Dr Indonesia. Jangan sampai kayak saya ??

    Reply
    • Halo kak Natalia,

      Turut prihatin ya… emang sekarang luar biasa, banyak sekali yang ditolak VOA-nya walaupun kita udah punya hotel reservation di Shenzhen sekalipun! ๐Ÿ™

      Terima kasih untuk sharing-nya, semoga bermanfaat untuk teman2 lainnya yang memang rencana mau ke Shenzhen sekarang2 ini. Lebih baik sudah buat visa China dari Indonesia.

      Salam,
      Awan

      Reply
  19. salam mas awam mau tanya mas , saya mau ke shenzhen tapi saya udah ad visa dan saya mau ajk baby saya tapi baby saya blum punya visa ap kira2 baby saya bisa urus voa di perbatasan ya mas awam terima ksih di tunggu infonya

    Reply
    • Halo kak Amey,

      Saran saya sebaiknya urus visa di Indonesia aja, karena sekarang lagi banyak sekali yang ditolak. Tapi kalau sampe mau dicoba silahkan aja, saya juga ngga bisa pastikan apakah akan di-approve atau tidak.

      Salam,
      Awan

      Reply
  20. Halo Mas Awan,

    Mas saya mau tanya soal VOA, kira2 bisa gak kejadiannya kita sudah bayar tapi ternyata voa ditolak? Apakah uang kembali kalau bisa ditolak? Atau ditolak/approve nya diinfo diawal sebelum bayar?

    Reply
  21. halo mas awan…

    mas mau tanya kalo misal nya kita mengajukan voa…hanya berlaku 5 hari ya…misalnya hari ke 5 saya cap keluar shenzen, tapi dihari yang sama buat visa masuk shenzen lagi…bisa ga ya ?
    terimakasih sebelum nya untuk info nya

    salam
    vina

    Reply
    • Hi Kak Vina,

      Melihat kasus akhir-akhir ini cara seperti itu saya tidak yakin bisa atau tidak, apalagi banyak pelancong wanita yang ditolak dan disarankan buat di Hong Kong,

      Salam,

      Reply
    • Dear kak Evi,

      Masuk Shenzhen keluar Shenzhen ya kak, Kecuali kakak punya Visa China atau Multitrip, Kalao VOA harus keluar masuk Shenzhen

      Salam,

      Reply
  22. Hi… mau tanya donk, kebetulan saya akan ke shenzhen dari hongkong dalam waktu dekat, rencana pergi pagi pulang malam, batas max jam imigrasi kira2 jam brp ya? dan pagi jam brp buka? susah gak ya kalu saya cuma mau ke Wisdom of the world dan pasar dong me/ pasar lo wu utk belanja aja. pakai bus lbh mudah atau naik metro(mrt shenzhen)? thx

    Reply
    • Halo kak Surianto,

      Pertama saya mau tanya apakah sudah punya visa China? Karena kalo mau pakai/ajukan Visa on Arrival lagi banyak yang ditolak.
      Pagi sebaiknya masuk jam 8 pagi dan jam 10 malam sudah baik ke Hong Kong.

      Ke Window of the World dan Lo Wu naik metro bisa.

      Salam,
      Awan

      Reply
      • Saya surianto per tgl (14 okt 2017) visa saya tidak di tolak. Hanya saja tmn saya yg berhijab di tolak. Sblm sampai counter. Kalo saya tanya. Mrk suruh saya urus di hongkong. Dan spt nya alasan human tracking. Soalnya kami yg cow lewat. Yg cew pada gak bisa lewat. Padahal belum sampai no antrian. Tapi sudah ada petugas yg ngecheck dan disuruh go back hongkong. Inti nya adalah yg cew harus urus visa di hongkong.

        Reply
  23. Update bagi yang mau ke Shenzhen via HK. Hari ini, 16 Sept’17, sy dan sepupu tidak bisa mengajukan VOA. Sampai di kantor pengurusan VOA, sudah ambil nomor, isi Application Card dan sedang menunggu nomor dipanggil, ada petugas yg memeriksa paspor. Melihat paspor kita dari Indonesia, Application Card kita langsung diambil dan disuruh mengurus visa dari HK 3 hari sebelumnya. NOTES : Passpor baru. Tidak membawa paspor yg lama.

    Reply
      • Hi Wendy. Itu yang disampaikan petugas kepada kami dan kami dikasih alamat tempat pengurusannya. Berhubung jadwal pulang kami sangat dekat, kami membatalkan ke Shenzhen. Berikut alamat yang diberikan :
        Visa Section of the Consular Department of the Office of the Commissioner of the Ministry of Foreign Affairsin H.K
        Add : 7th Flr. Lower Block, 26Harbour Rd. Wan Chai, H.K.
        Office Hours : Mon – Fri 9:00 – 12:00 14:00-17:00
        Telp : (852) 34132424
        Live Answering Telephone : (852) 34132300
        24hour Recorded Visa Information Service

        Reply
  24. halo mas Awan,

    saya rencana ke hk dr tgl 30 des 2017 – 4 jan 2018 nah berhubung pengin ke china jg. apa bisa saya dr HK-SZ-GZ-HK? menurut mas itinerary yang cocok gimana ya? terima kasih sblm nya untuk infonya mas.

    Reply
    • Halo mbak Lia,

      Bisa saja, cuma seperti sudah saya tulis di artikel saya kalau sekarang ini susah dapatin VOA, jadi sebaiknya buat visa China dari Indonesia. Kalau sudah punya visa China nanti enak, kalau mau ke China tanpa ke Shenzhen juga bisa aja dari Hong Kong mbak langsung naik kereta ke Guangzhou. Atau lewat Shenzhen dulu juga ngga masalah, cuma kalau mau belanja pastinnya seruan di Guangzhou ๐Ÿ™‚

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Dari pada masalah..lebih baik masuk ke shenzhen pake normal visa saja..biayanya beda kira 200rb. Tapi kita ndak was2โ€ฆngurus visanya juga ndak repot kok.. 5 hari juga jadi

      Reply

Leave a Comment