Petualangan Dimulai di Hong Kong International Airport

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Hong Kong! Pagi ini saya mendarat kembali di kota yang tersohor dengan gedung-gedung pencakar langitnya yang akrab berhimpitan dipadu dengan suasana kotanya yang selalui ramai dan hidup. Crowded, tapi sangat menggairahkan untuk menjelajahinya, serasa selalu ada saja hal baru untuk dilihat dan selalu ada ‘sale’ yang menggoda kita untuk shopping!

Masih sekitar jam 7 pagi ketika saya selesai juga menaklukkan semangkuk besar curry udon sebagai menu sarapan. Saya baru ingat kalau selama ini bolak-balik menjejakkan kaki di kota ini, sedikit sekali saya menulis tentangnya. Mungkin karena kemarin-kemarin setiap datang saya selalu sudah disambut oleh beberapa teman yang memang menetap di Hong Kong. Jadi begitu ketemuan, langsung sibuk berbagi cerita dan menyusun rencana untuk jalan-jalan atau belanja. Tapi hari ini karena mereka sedang sibuk dengan pekerjaan masing-masing, maka saya siap untuk memulai petualangan sendiri dimulai dari bandara ini, Hong Kong International Airport.

Petualangan Dimulai di Hong Kong International Airport

Petualangan Dimulai di Hong Kong International Airport

Bandara Hong Kong sangat mudah dijelajahi. Semua terlihat simple dan praktis! Setelah mendarat, kita akan segera berjalan mengarah ke bagian imigrasi. Kadang antrian panjangnya suka membuat tak sabar juga, karena sudah ingin cepat-cepat keluar dan menjelajah kota. Tapi pagi ini sama sekalu tidak ramai, saya hanya memerlukan waktu kurang dari sepuluh menit untuk mendapatkan cap dari petugas imigrasinya yang selalu sigap dan biasanya tidak banyak bertanya.

Hall Terminal 1 Hong Kong International Airport (HKIA)

Begitu keluar dari counter pengecapan paspor atau Visa On Arrival kita tersebut, melalui sebuah pintu kaca otomatis kita akan memasuki ruang pengambilan bagasi. Ruang ini terbilang besar dan terdapat belasan belt pengambilan bagasi. Jangan lupa untuk melihat ke monitor yang tersedia begitu kita memasuki ruang tersebut, untuk mencari tahu barang-barang dari penerbangan kita akan keluar di belt nomor berapa.

Setelah mengambil bagasi, jika kita tidak membawa barang yang perlu di-claim maka bisa langsung mengikuti jalur Green Line (garis hijau) untuk langsung keluar. Biasanya petugas di HKIA tidak akan melakukan lagi pengecekan koper, tapi bersiap-siap saja. Sebaiknya memang tidak membawa barang-barang yang memang dilarang untuk memasuki Hong Kong.

Brosur HKIA, jangan lupa ada fasilitas free wifi di bandara ini!

Dari ruang pengambilan bagasi, kita akan berjalan ke ruang berikutnya dimana terdapat counter Hong Kong Tourism Board. Ambillah peta dan juga beberapa brosur yang mungkin Anda perlukan selama berkunjung kesini. Ada satu brosur yang menurut saya menarik dan bisa Anda explore sendiri, yaitu Hong Kong Walks – Exploring The City’s Living Culture. Di brosur ini tersedia peta dan informasi mengenai tempat-tempat menarik dan bersejarah di Hong Kong yang bisa kita kunjungi dengan berjalan kaki. Wisata gratis, lumayan! πŸ™‚

Oh ya, di sebelah kirinya juga ada counter kereta untuk ke kota atau Airport Express. Bisa membeli tiket disini atau pada counter di Arrival Hall dan di stasiunnya. Karena sibuk memilih-milih brosur, akhirnya saya memutuskan untuk membeli tiket kereta untuk ke kota di luar saja.

Arrival Hall HKIA, disini terdapat counter Airport Express

Begitu memasuki Arrival Hall, terdapat berbagai counter untuk taxi dan limousine, counter Airport Express dan juga berbagai restoran, toko, bakery dan mini market. Bisa Anda temui 7-Eleven dan Relay untuk mini market dan toko majalah atau buku, sementara restoran seperti Crystal Jade, Ajisen Ramen atau Burger King bisa jadi salah satu pilihan kalau mau makan berat.

Peta untuk navigasi HKIA

Starbucks selain ada di Arrival Hall (L5) juga ada di lantai atasnya, yaitu di Departure Hall (L7). Nah, di lantai ini adalah tempat check-in counter untuk semua maskapai penerbangan yang akan pergi meninggalkan Hong Kong. Ada berbagai restoran juga disini, diantaranya jika ingin fastfood bisa di Fairwood atau Popeye’s Fried Chicken. Beli oleh-oleh kue kering juga bisa di Kee Wah Bakery. (Nanti akan saya ceritakan juga di bagian lain mengenai kebetangkatan atau kepulangan dari HKIA).

Untuk menuju ke tengah kota, bisa menggunakan bus atau yang paling mudah adalah dengan naik Airport Express. Saya akhirnya membeli tiket kereta Airport Express di counter yang ada di tengah Arrival Hall. Jika traveling sendiri, bisa membeli tiket sekali jalan seharga HKD 100, atau tiket sekali jalan dan pass untuk naik MTR (unlimited) selama 3 hari, seharga HKD 220. Untuk tiket Airport Express pergi-pulang dan pass MTR (unlimited) selama 3 hari, harganya HKD 300. Oh ya, di Hong Kong memang tidak disebut MRT, tapi MTR (Mass Transit Railway).

Akses dari Arrival Hall menuju ke kereta Airport Express

Kalau datang dalam group, ada paket yang lebih murah untuk pembelian tiket sekali jalan, yaitu paket untuk 3 orang (3 tiket) seharga HKD 210 dan untuk 4 orang (4 tiket) seharga HKD 250, lebih murah memang. Setelah tiket ada di tangan, Anda tinggal menuju ke tempat pemberhentian kereta Airport Express yang terhubung dengan Arrival Hall ini.

Tarif Airport Express dan MTR Hong Kong

Kereta akan berangkat setiap 10 menit sekali antara jam 05.54 – 00.48. Perjalanan langsung menuju ke pusat kota Hong Kong, akan berhenti di Kowloon Station dan Hong Kong Station. Tinggal memilih mana yang lebih dekat untuk melanjutkan perjalanan dengan MTR ke tempat Anda menginap. Praktis! Setelah lepas dari bandara, mari kita siap-siap menjelajahi Hong Kong!

PS: Airport ini juga dilengkapi fasilitas free wifi, lho! Lumayan πŸ™‚

Website HKIA: http://www.hongkongairport.com/eng/index.html
Website MTR: http://www.mtr.com.hk/eng/homepage/cust_index.html

Petualangan Dimulai di Hong Kong International Airport

Download artikel ini!

Follow Line@ @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

91 comments

  1. malam mas awan, saya dan keluarga berencana ke hongkong dan masih bingung untuk area menginap di Sana, mohon sarannya area terbaik untuk menginap tempat banyak Mall besar berada

    1. Halo mbak Evie,

      Maaf baru balas ya. Hong Kong hampir semua area ada mall besar. Kalau mau budget hotel yang ada di gedung2 apartemen, biasanya orang akan pilih daerah Tsim Sha Tsui (TST). Tapi kalau yang lebih bagus, bisa pilih daerah Causeway Bay atau Central. Tergantung budget hotel/menginapnya 😊

      Salam,
      Awan

  2. Hallo,
    Saya berencana ke hkg 25 sept ini sendiri kira2 musim disana apa ya tanggal segituan mas? Kalo beli tiket airport express train itu bisa beli dimuka gak misalnya beli skrg di pake nya nanti 3 hari mendatang untuk balik ke bandara? Karena rencana nya saya saat sampai hkia naik bus ke tst, dan pulanghya flight pagi yg pada awal flight sore hiks (di reschedule oleh GA nya katanya flight rotate atau apa sy ga paham) Katanya beli di loket lebih murah drpd gesek octopus card ya? Semoga di baca ya mas, aku harapkan jawaban mu makasih ya saya sangat menikmati blog mu hihi ?

    1. Halo mbak Stella,
      Di Hong Kong bulan September udara masih biasa aja, belum dingin. Mungkin kalo mau bawa baju hangat yang ngga terlalu tebal atau wind breaker aja. Dan bawa payung kecil juga untuk jaga2 kalo hujan.

      Tiket Airport Express belinya pas mau naik aja mbak, ngga perlu beli beberapa hari sebelumnya. Kecuali mau yang beli paket ya, ada tiket Airport Express PP dan termasuk unlimited naik MTR selama 3 hari. Kalo yang pass 3 hari ini emang harus beli di counter ya mbak.

      Salam,
      Awan

  3. Hallo mas awan
    Mau nanya kalau dr terminal HKIA mw ke shenzen naik bus gmn rutenya ? Sy pakai VOA aja , trs turbojet dr HKIA apa jg bisa VOA ke shenzen ? Terima kasih infonya.

    1. Halo mas Steven,
      Pakai VOA tidak bisa kalo mau langsung naik bus dari HKIA atau naik Turbojet.
      VOA hanya bisa diurus di Lo Wu dan sekarang ini untung2an bisa di-approve atau tidak.

      Kalo mas berniat naik bus dari HKIA, harus sudah punya visa China yang dibuat di Indonesia. Nanti di HKIA tinggal tanya ke information untuk coach (bus) menuju mainland China ya. Semoga jelas soal VOA ini.

      Salam,
      Awan

  4. Slm knl mas, saya ada rencana bepergian ke hkg bulan juli mendatang.
    Saya mau tny, utk pembelian airport express lebih baik beli dr klook atau lgsg on the spot (melihat dr artikel mas awan ada special rate utk group)?
    Lalu utk simcard,lebih baik beli disana atau melalui klook saja?

    Trims

    1. Halo mbak Beby,
      Sekarang Klook udah sediakan berbagai macam hal ya πŸ™‚ Mau beli lewat Klook juga ngga masalah kok. Kadang malah lebih murah. Dibandingin aja mbak untuk harganya.

      Salam,
      Awan

  5. Hallo Mas Awan,tolong infonya,saya akan ke HK smp bandara jam 13.05 trs akan lgsg ke cable car. Apakah bisa ke cable car membawa koper?
    Thx ya Mas Awank

    1. Halo mbak Ivone,
      Maksudnya mau naik cable car ke Ngong Ping? Sekarang masih maintenance dan baru beroperasi lagi tanggal 5 Juni 2017.
      Selama masih renovasi, cuma bisa ke atas dengan naik taxi/bus dari Tung Chung.

      Koper tidak bisa dibawa. Kalo mau bisa titip kopernya di Citygate Outlets Mall – Tung Chung, di basement level 2&3.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mas Ragil,
      Dari area ambil koper itu langsung pintu keluar ke arrival hall. Dari sini nanti baru ikut petunjuk kalao mau naik kereta Airport Express, taxi atau bus harus jalan kemana.

      Salam,
      Awan

  6. Halo Mas Awan,
    Saya berencana check out jam 05.00 di Tsim Sha Tsui/Nathan Road, sebaiknya saya naik bus apa untuk menuju bandara jam segitu ya mas?
    terimakasih

    1. Halo mas Billy,
      Pastikan dulu tempat stopan/tunggu bus no. A21, nah kalau tengah malam sampai subuh bus A21 itu berganti nomer menjadi no. N21 (night bus). Di stopan bus aja jam2 busnya lewat. Sebaiknya tunggu 10-15 menit sebelum jadwal, karena bus disana lewatnya tepat waktu.

      Salam,
      Awan

  7. Dear mas Awan,
    Saya bersama anak dan istri saya berencana jalan-jalan ke Hongkong pada bulan Sept’ tahun ini. Jadi ketibaan kami jam 8 malam lewat. Jadi saya mau bertanya kepada mas Awan, kebetulan hotel tempat yang bakal kami nginap itu di daerah Tsim Sha Sui, tepatnya di jalan Nathan Road. Jadi seandainya kami mau menaiki bus untuk tujuan ke hotel kami yang di Nathan Road apakah bisa menaiki bus, dan apabila bisa, bus berapa yang bisa kami naik dan berhenti di stasiun apa? Berhubung karena sudah malam, jadi nanti supaya tidak ribet-ribet untuk urusan akomodasi. Terima kasih untuk jawabannya, mas.

    1. Halo mas Hocky,
      Yang bisa saya infokan mungkin nomer bus yang akan lewat Tsim Sha Tsui/Nathan Road ya, nanti naik bus tingkat A21. Soal stopnya nanti di pemberhentian mana, sebaiknya mas email hotelnya dan tanyakan tepatnya dekat stopan bus A21 mana, dan arah dari pemberhentian bus ke hotel tempat akan menginap.

      Salam,
      Awan

      1. Halo mbak Endang,

        Maaf baru bisa balas. Ini nanti transitnya berapa lama ya? Kalo di dekat HKIA ngga ada budget hotel. Kalo transit agak lama mungkin bisa nginap di tengah kotanya. Bisa di Tsim Sha Tsui atau Causeway Bay ya.

        Salam,
        Awan

  8. Salam kenal mas awan..saya rencana 4 july ke HK.ada bbrp hal yg mau saya tanyakan:

    1. Rencana dr HKIA mau ke shenzhen.bagaimana caranya ya mas?
    2. Dari shenzhen mau ke macau.beli tiket turbojet dimana ya mas?
    3. Beli tiket ocean park murah disana dimana ya?
    Trimakasih atas jawabannya mas awan (sharon)

    1. Halo mbak Sharon,
      Salam kenal juga. Untuk ke Shenzhen apa sudah ada Visa China? Kalau sudah, bisa dari HKIA naik bus yang ke Mainland China, termasuk Shenzhen. Nanti tanya aja counternya di information bandara.

    2. Maaf tadi saya reply keburu ke sent, jadi lanjut lagi disini. Tapi kalau berharap pakai VOA, sekarang lagi suka ditolak. Dan untuk VOA cuma bisa masuk lewat Lo Wu station aja. Dari HKIA harus naik kereta Airport Express dulu ketengah kota Hong Kong, dan lanjut naik MTR ke Lo Wu.

      Tiket Turbojet Shenzhen – Macau bisa naik dari Shekou Ferry Terminal di Shenzhen.

      Tiket Ocean Park coba cek di Klook.com ya.

      Salam,
      Awan

      1. ya betul..sebaiknya bikin visa China di indo dulu…saya pergi berdua adik saya.. voa saya lolos ..adik saya ditolak..akhirnya saya cancel ga jd ke Shenzen…untung2an juga…tapi mau lebih aman lbh baik bikin visa China di indo dulu..

        1. Terima kasih banyak infonya ya!
          Betul sekali sekarang kalau perlu banget masuk Shenzhen, sebaiknya buat visa China di Indonesia.

          Salam,
          Awan

  9. Dear mas Awan,

    Mhn infonya alternatif transportasi dari Hk island ke airport pagi2, krn sy akan balik ke indonesia dg flight jam 09.00. Apkh memungkinkan naik A11 yg jalan dari Northpier jam 05.10? Lokasi inap sy di Wanchai. Tks a lot

    1. Halo Dwi, apa kabar?
      Kalo A11 lewat dekat hotelnya, coba cek pemberhentian bus-nya dimana untuk yang menuju bandara (atau tanya orang penginapannya). Karena bus A11 itu kalo tengah malam berubah nomer jadi N11. Nah, N11 ini beroperasi dari tengah malam sampe subuh… jadi sebenarnya jalur itu 24 jam. Oh ya, di stopan bus HK juga ada kok jam2 bus-nya lewat di tempat itu.

      Salam,
      Awan

      1. Mas Awan, makasih banyak utk helpful information-nya. Saya barusan cek, memang N11 lewat jalur Wan Chai dan tempat menginap saya dekat dengan bus stop ke Flemming Road, Hennesey Road, hanya 250 m. Perjalanan juga ada sampai jam 04.50 am. Terima kasih

  10. Halo mas, salam kenal :)…saya nanti mau ke hk nih mas tanpa tourguide selama 5 hari, lalu ada saran mas menginap dimana ya yg murah untuk 3 orng? Lalu apakah kita memerlukan membeli sim card? Kn penting bngt hp buat search internet. Yg terakhir, kalo ada teman yg mau meminjamkan octopus cardny, lebih baik pinjam dari teman di indonesia yg punya atau mending beli lngsung disana ajh karena ada refund? Makasi ya mas :))

    1. Halo mbak Valencia,
      Kalo soal nginap coba cek website Golden Crown Guesthouse deh, dia ada kamar untuk 3 orang. Atau paling cari di hostel.com. Karena kalo hotel budget kamarnya kecil sekali dan ngga akan dikasih utk 3 orang.

      Lebih baik sewa wifi aja mbak… pakai JavaMifi. Sewa dari Indonesia, bisa diantar/kirim ke alamat. Infonya bisa tanya ke nomer: +62 811 105344. Jadi satu alat bisa pake utk barengan, ngga usah beli SIM, bisa WA call kan sekarang.

      Octopus kalo ada teman yang udah punya ya enakan pinjam aja ☺️

      Salam,
      Awan

  11. Dear mas Awan,

    tgl 20 Mei saya akan pergi ke Hong Kong. Jarak airport bus stop dari pintu keluar arrival apakah jauh? Kemudian untuk kepulangan, saya akan naik flight jam 09.00. Apakah memungkinkan naik airport bus A11? Saya baca bus pertama berangkat dari North Pier jam 05.10 am, sementara saya menginap di Wanchai. Jarak drop off penumpang bus apakah jauh dari pintu masuk departure? Terima kasih

    1. Halo Dwi, maaf baru bisa balas.
      Jalannya wajar aja kok, terminal bus di bagian belakang bandara. Ikutin petunjuk aja.

      Bus A11 kalo tengah malam sampai subuh berubah nomer jadi N11. Jadi pada dasarnya rute ini beroperasi 24 jam. Tinggal atur jadwal berangkat supaya ngga telat sampe HKIA ya ?

      Salam,
      Awan

  12. Halo mas Awan. Saya rencana liburan 6 hari ke HK bersama anak perempuan saya yang umurnya 6tahun dan bersama istri saya. Sebaiknya saya pakai Octopus yg tiket pp AE dan unlimited MTR yang 3hari untuk saya, istri dan anak saya (kalau anak saya masih ada disc 50% ya mas?). Dan menurut mas 3harinya lagi beli lagi yang tiket pp AE dan unlimited MTR 3hari?

    1. Halo mas Hocky,

      Kalau menurut saya praktisnya beli tiket AE terpisah aja, dan kemudian beli Octopus Card aja untuk keliling2 Hong Kong. Kalau Octopus isinya habis bisa di top up/isi ulang. Octopus untuk anak2 harga 50%-nya.

      Salam,
      Awan

  13. Dear Mas Awan,

    Maaf mau tanya lagi, Pesawat kepulangan saya dari HKIA d tiket pukul 18:35 (Minggu 14 May). dan saya sdh beli tiket airport express dari Hongkong stasiun karena itinerary saya awalnya akan mengunjungi repulse beach dulu sebelum pulang, namun karena saya penasaran ingin ke Victoria Park dan mencoba dimsum halal di Islamic Centre apakah memungkinkan? Menurut Mas awan saya harus kemana dulu dengan membawa koper2. Namun saya tidak mau menitipkan koper di hotel karena tidak mau bolak balik. Oia FYI saya plg naik Malaysia Airlines. apa boleh saya check in di counter airport express dlu untuk menaruh bagasi lalu keluar lagi? atau bagaimana baiknya menurut Mas Awan. Mohon Pencerahannya. Mohon maaf banyak sekali pertanyaan saya. hehe. terimakasih jika berkenan untuk menjawab.

    1. Halo mbak Wangi,

      Coba telpon ke customer service Malaysia Airlines di Indonesia sebelum pergi untuk pastikan mengenai city check-in di Hong Kong Station. Mustinya sih bisa ya.

      Kalau sampai ngga bisa dan mau bawa2 koper, menurut saya yang ngga terlalu susah ya kalo jalan kaki ke tempat Dim Sum Halal dari exit MTR Causeway Bay Station di mall Times Square. Karena hari Minggu, saya tidak menyarankan untuk ke Victoria Park, karena akan penuh sekali dengan para TKI yang memang libur dan berkumpul setiap hari Minggu.
      Kalo ke pantai Repulse Bay menurut saya juga kurang nyaman jalan ke pantai bawa2 koper πŸ™‚ Mungkin yang cocok jalan2 di tengah kota aja, atau bisa juga ke daerah Stanley, karena ada mall-nya dan juga Stanley Market.

      Salam,
      Awan

  14. hallo mas Aswan… boleh email no hpnya saya mau tanya2 dikit la.. email saya: [email protected]

    utk tiket tram peak dan paket madame tsauxxxxx bagusnya beli tiket langsung or eticket ada dibeli2.com ada promo cc scd.. worthed gak ya?

    saya kamis jumat full di hk dan sabtu jam balik ke singapura jam 8 bagusnya nginap dibandara atw cari hostel ya tanggung bgt jam 4 pagi gak yakin bisa bangun.. pagi baru bsoknya back to mdan jam 7 pagi waktu singpura.. bagusnya pipeline visit ke macau juga gak ya ?

    1. Halo mas Yuda,
      Kalo mau waktunya bebas, beli langsung di tempat The Peak Tram, atau buka website resminya untuk dapatin harga paket/diskon. Kalo situs lain sih bisa juga beli, bisa cek klook.com. Kalo ada harga promo pastinya worthed dong ya.

      Maksud mas 2 hari full di Hong Kong? Itu aja kayanya masih kurang mas. Hehehe… jadi saran saya fokus dulu di Hong Kong, kalo ada extra satu hari lagi, boleh aja ke Macau. Malamnya stay di airport Hong Kong juga ngga masalah kalau mau irit.

      Salam,
      Awan

  15. Lounge nya cathay pacific itu bisa berbayar (bagi penumpang ekonomi cathay) atau khusus bisnis aja ya mas awan? Ada informasi?
    Kebetulan pake maskapai cathay tapi yg ekonomi. Kalo di web sih cuma yg jadi member marcopolo club.

    1. Halo mbak Khusnul,
      Betul sekali, cuma untuk pemegang member Marcopolo Club atau penumpang First Class. Jadi economy class ngga bisa mbak.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mas Yuda,
      Kalo lounge airlines khusus utk yang naik penerbangan tersebut dan untuk kelas tertentu aja/frequent flyer, ngga ada promo untuk pemegang kartu kredit. Jadi tetap harus pakai fasilitas lounge umum yang berbayar.

      Salam,
      Awan

      1. 10-14 mei?
        aman gak sih bandara hongkong bagi cewe yg solo traveling bang awan? Rencana transit di HKIA selama 14jam dan datangnya jam 9 malem juga.. jadii bingung mau kemana kalo jam segitu -,-

        1. Halo mbak Khusnul,
          Hong Kong termasuk salah satu negara yang paling aman di dunia πŸ™‚
          Iya, kalo malam dan keluar dari airport paling nginap di hotel di tengah kota.

          Salam,
          Awan

        2. iya bulan depan..

          Mas awan.. untuk bus ke bandara akurat gak ya jam operasionalnya? kalo take off jam 8 pagi baiknya saya nginep dilounge bandara aau stay di hote ya? mhn sarannya.

          1. Halo mas Yuda,

            Bus Hong Kong tepat waktu. Sebaiknya standby 10-15 menit sebelum jadwal.
            Kalo take off jam 8 pagi dan mau ke tengah kota, mau ngga mau paling lambat jam 4 pagi udah jalan balik ke bandara. Atau ya malamnya nginap di bandara πŸ™‚

            Salam,
            Awan

          2. di lounge bandara bayar brp hkd ya? atau ada program redeem poin dari cc tertentu?
            kalo naik SQ ada fasilitass lounge gak di bandara hongkong ya?

          3. Halo mas Yuda,
            Tergantung paketnya mas, misalnya kalo mau mandi aja itu harus bayar HKD 200. Untuk pake fasilitas lain nanti nambah lagi bayarnya, bisa ditanyakan langsung di bandara nanti.

            Di bandara Hong Kong cuma ada lounge-nya Cathay Pacific.

            Salam,
            Awan

  16. Halo mas awan..
    Saya evi, saya plan tanggal 30 april bulan ini ke HK bersama 3 teman saya dan 1 anak saya umur 8 tahun, tanpa tour guide hotel saya di tsim tsa tsui, bisa info saya harus beli octopus atau bagaimana ya, karena plan tgl 3 kami meninggalkan hongkong lanjut ke macau, rute yg akan kami kunjungi ke causewaybay, the peak,disneyland, mangkook, temple dan star very, jika tidak keberatan saya boleh minta nomor hp nya, karena kami ber4 blind area HK, dan saya agak sedikit kawatir karena bawa anak

    Terima kasih banyak mas awan

    1. Halo mbak Emi,
      Hong Kong ngga terlalu susah kok untuk di-navigasi πŸ™‚
      Begitu mendarat di bandaranya langsung ambil peta2 tempat wisata dan biasanya semua penjelasannya sudah dengan transportasi untuk menuju ke tempat tersebut, atau bisa baca juga infonya di blog saya ini.
      Octopus Card akan sangat memudahkan, karena bisa untuk naik MTR, bus, jajan di mini market atau makan di McD (misalnya).

      Bisa email ke [email protected] untuk tanya nomer saya ya.

      Salam,
      Awan

        1. Halo mas Yuda,
          Bisa top up juga di mini market seperti 7-Eleven, bisa juga di McD, Statbucks dan beberapa tempat lain.

          Salam,
          Awan

    2. Halo mas awan..
      Saya Odi,jadi bulan desember saya mau ke hongkong sama 4 orang keluarga saya kalau mialnya saya mau beli tiket mtr cocoknya yg mna yha? trus harganya brpa?

      THanks Mas Awan….

      1. Halo mbak Odi,
        Dari airport ngga ada MTR. Hanya ada kereta Airport Express yang harganya antara 80-100 dollar per orang. Ada paket yang sama MTR berlaku 3 hari. Kalo sampe mau naik kereta Airport Express bilang aja rombongan 5 orang, biasanya ada diskon.

        Kalo mau naik taxi nanggung juga ya ber-5, mungkin taxi-nya cukup tapi bagasinya ngga cukup. Hehehe…

        Salam,
        Awan

  17. mas.. kl tiba di hk jam 23.35. counter octopus card dan tmpt pengambilan i-venture card apa msh buka ya? untuk ke daerah tsim sha tsui naik taxi kira2 abis brp? tq

    1. Halo mbak Yul,
      Untuk counternya i-venture saya kurang tau buka sampai jam berapa. Tapi kalau counter untuk Airport Express/Octopus mustinya masih buka sebelum kereta terakhir. Jadi kalau mendarat malam cepat2 keluar dari imigrasi aja.

      Taxi sekitar HKD 350. List harga taxi ada juga di hallway di airport (dinding kiri dan kanan), saat kita lagi mau jalan ke tempat taxi. Jadi pastinya bisa kita lihat disana ya.

      Salam,
      Awan

  18. Kalo dr HKIA beli octopus card aja tanpa beli airport express bs kan ya?? 100HKD unt sekali jln ya? Trs ngisinya lg dmn?

    1. Halo mbak, bisa kok. Beli di counter yang ada di bagian lobby kedatangan (Arrival Hall). Octopus Card baru harganya HKD150. Kalo tiket Airport Express yang sekali jalan HKD 100.
      Octopus bisa diisi di mesin di setiap stasiun MTR atau juga di mini market seperti 7-Eleven.

      Salam,
      Awan

      1. I mean, octopus card 150HKD isinya 100 yg bs digunakan dan 50 depositnya, pertanyaan sy 100 HKD itu ongkos 1x jln ke Hongkong centernya ya? Kl kowloon 90 gt bkn sih?
        Kl mau lsg air to sea hnya bs beli di counternya ya? DgrΒ² kl diluar counter suka lebih murah. Bnr ga?

        Makasih ats jwbnΒ² yg membantu ya

        1. Betul mbak, sisa di kartu hanya HKD 100. Kalau ke Hong Kong MTR station HKD 100 dan ke Kowloon Station memang lebih murah – HKD 90.
          Maksudnya air to sea untuk tujuan kemana ya? Apa ke Macau? Kalau mau langsung ke Macau memang beli di counter bagian dalam (sebelum keluar imigrasi). Jadi bagasi bisa langsung diproses, diambil langsung di Macau.

          Beli di luar counter lebih murah? Saya kurang tau, karena belum pernah mbak.

  19. Mas saya tgl 11 May-14 akan k hongkong. Saya pergi berdua. Kalo beli tiket pp airport express dan Mtr unlimited 3 hari. Yg sisa terakhir saya otw airportnya gmn ya? Apa ttp beli octopus card? Atau beli tourist pas d hari pertama saya d hkg? Apa boleh jika d beli tgl 11 may namun d pake tgl 14?

    1. Halo mbak Wangi,
      Ini maksudnya untuk tiket MTR di hari terakhir ya? Bukan tiket Airport Express-nya kan?
      Tiket MTR beli satuan aja/ketengan. Kan cuma untuk sehari aja, jadi ngga beda jauh harganya.
      Kalau udah dipake pertama kali tgl 11, hitungannya dari tanggal pertama dipake ya.

      Salam,
      Awan

      1. Maksudnya gini Mas saya kan 4 hari di hongkong kalo beli ticket Airport Express PP plus Mtr unlimited 3 hari. apa di hari ke 4 saya menuju pulang ke airport masih bisa di gunakan? (kan itu unlimitednya 3 hari) Mohon maaf kalo bahasa ya kurang dimengerti. hehe

        1. Halo lagi πŸ™‚
          Iya, di hari ke-4 berarti yang masih bisa digunakan jatah ‘one way’-nya Airport Express. sementara jatah naik MTR kan sudah habis di hari ke-3. Untuk AE-nya ngga hangus.

          Salam,
          Awan

  20. Halo mau tanya sy berencana ke HK tanpa tour guide ..kira2 orang2 sana pada welcome dan pd bs bhs inggris gak ya?soalnya sy gbs bhs cina atai hokkian.. t

    1. Halo mbak Gia,
      Di Hong Kong banyak yang bisa bahasa Inggris dan semua petunjuk ada bahasa Inggris-nya kok πŸ™‚ Jadi ngga susah2 amat explore sendiri tanpa guide di Hong Kong.

      Salam,
      Awan

  21. Selamat sore mas…
    Sy berencana kehk tgl 26april ini. Cm mendaratnya lewat macau. Sy sdh membeli iventure card untuk 5hr. Dipaketan iventure ada free simcard dan potongan harga untuk disneyland. Cuma harus ambil diterminal bandara a13. Menurut mas, worthed ga y? Dari hotel kebandara pagi2 ambil tiket, trus kedisneyland?? Mengingat jaraknya jau. Thanx

    1. Halo mbak Lina,

      Tergantung potongannya berapa. Karena kalo dari airport HK mau ke Disneyland mau ngga mau harus naik taxi supaya praktis. Itu bisa keluarin uang sekitar HKD 150. Kalo potongannya lebih kecil dari itu, berarti ya ngga worthed.

      Salam,
      Awan

  22. Siang mas awan…sy rencana ke hongkong tgl 22 mei….kl penginapan daerah mangkok dgn MRT apa ya? Barangkali ada rekoment gt

    Terima kasih

  23. Hi Mas Awan,

    Saya akan ke hongkong 31 december 2017 sore hari.. Saya pergi group 5 dewasa 1 infant (<2thn) dan sudah booked apartment di daerah kowloon.. Menurut pengalaman mas awan, better saya ambil moda transportasi apa ya utk ke daerah kowloon? Trus apakah ada rekomendasi city tour (hanya mbl dan supir) utk selama saya disana?

    Terima kasih sblmnya

    1. Halo mas Marshael,

      Wah, anggota rombongannya jumlahnya tanggung ya πŸ™‚ Kalo ber-5 ada taxi yang untuk 5 orang. tapi kalo ber-6, walau yang satunya anak kecil, tetap harus naik 2 taxi. Pilihan lainnya bisa naik bus no. A21 dari terminal bus bandara. Coba email hotelnya tanya kalo naik bus A21 nanti berentinya dimana yang paling dekat dengan penginapannya.

      Maaf saya ngga ada kenalan untuk sewa mobil/driver saja di Hong Kong.

      Salam,
      Awan

  24. Hi mas awan..
    Salam kenal,, akhir april saya pulg ke indonesia dr osaka dan transit 9 jam di hongkong. Drpd sy nunggu lama dibandara rencananya sy mw explore hongkong wlpun sbntr. Dokumen apa saja yg diperlukan utk keluar imigrasi bandara? Dan adakah biaya administasinya?

    Terima kasih.

    1. Halo mas Gatot,

      Apa kabar? Untuk pemegang paspor Indonesia ngga ada biaya administrasi apa2. Jadi tinggal keluar imigrasi aja dengan paspor, dan langsung masuk Hong Kong. Selamat jalan2.

      Salam,
      Awan

  25. Hi mas awan,
    Salam kenal yaa.. mau tanyaa, ada referensi apartment yg layak utk family saya, suami dan 2 anak ga? Klo bisa yg di sekitar causeway bay..

    Thanks before

    1. Halo mbak Penny,

      Ada lounge yang kita bisa mandi, tapi berbayar. Untuk harga saya ngga punya infonya. Tapi counter-nya ada di Arrival Hall, setelah kita keluar dari ambil koper. Bisa tanya langsung nanti disana.

      Salam,
      Awan

  26. Halo mas awan…Salam kenal..
    Selalu suka baca artikel mas, simple & informatif..

    Mas, Insha Allah bln april nti saya dan tmn2 ke hongkong. Kami tiba di Hongkong sktr jam 10 malam.. Rencana tidur dibandara aja kami mas.. Karena sepertinya sudah larut mlm klo menuju hotel.. Pertnyaan saya, bisa ga kita tidur di kedatangan bandara Hongkong?
    Terima kasih sebelumnya

    1. Halo mbak Dirra,

      Apa kabar? Salam kenal juga. Terima kasih ya udah mampir ke blog saya πŸ™‚
      Tidur di airport sih ngga pernah ada larangan ya, cuma di Hong Kong ngga seperti di airport Singapura yang disediain area khusus untuk tidur. Jadi kalau mau tidur disana paling cari tempat2 duduk yang agak mojok aja. Kalo menurut saya kurang nyaman sih πŸ™‚ Sebenarnya kalo mendarat jam 10 malam masih bisa menuju ke tengah kota sih, tapi berarti harus sewa hotel. Jadi terserah enaknya gimana.

      Salam,
      Awan

      1. Trima kasih atas jawabanx om. Nanya lg donk om. Jadi misal saya b3 ama istri dan 1 anak saya. Saya beli 1 aja octopus card, bisa gt y ? Jd nnt saya tap istri saya lewat, kmudian saya tap lg 1x utk saya sendiri. Anak saya 3 thn 5 bln, sprtx masih free y om ? Karena kemungkinan saya akan dudukkan d atas stroller aja sih… maaf om banyak nanya nih… trima kasih hehehe…..

        1. Halo mas Riswan,
          Octopus Card hanya berlaku untuk 1 orang aja, ngga bisa dipakai bersama. Jadi mas & istri harus beli masing2 ya.

          Salam,
          Awan

  27. Selamat siang Mas, bulan april saya berencana ke hongkong 3/2 sendirian, rencana nginap di ibis atau metropark kowlon, dari airpot ke tempat menginap saya harus pakai transpotasi apa? saya difable bisa jalan tapi ndak bisa jauh, terima kasih salam

    1. Halo mas Zaenal,

      Rencana menginap di Ibis mana ya? Asal jangan yang Ibis Central & Sheung Wan Hotel, karena jaraknya jauh dari stasiun MTR. Kalau Ibis North Point Hotel masih lebih mending, dekat stasiun MTR North Point dan stasiun bus/ferry. Dari airport bisa naik bus tingkat A11 dan turun di North Point Ferry Terminal (tidak jauh dari hotel).

      Kalau nginap di Metropark Mongkok, saran saya dari bandara naik taxi aja karena sepertinya dari tempat berenti bus ke hotelnya lumayan jauh. Cuma keuntungan nginap di Mongkok pusat keramaian Hong Kong ada disana. Jadi nanti dipertimbangkan aja, mas.

      Salam,
      Awan

      1. Hallo mas Awan.saya ada planning mau ke hongkong bersama suami dan 2 anak.mau tanya klo nginap di ibis sheung wan strategis gak untuk kemana? Saya ada planning ke macau juga jadi memilih menginap di ibis sheung wan.antara ibis north point dengan ibis sheung wa lebih strategis mana lokasinya? Thankyou sblumnya.

        1. Halo mbak Henny,

          Ibis Central & Sheung Wan hotelnya cukup strategis kok, jalan kaki ke stasiun MTR sekitar 10 menitan.
          Tapi kalo mau yang lebih praktis emang Ibis North Point, bawahnya udah stasiun MTR. Dan kalo dari bandara HKIA tinggal naik bus A11, terminal terakhirnya depan hotel Ibis ini.

          Salam,
          Awan

Tinggalkan Komentar