Wisata Murah ke Singapura!

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Dengan maraknya low-cost airlines yang bisa membawa kita terbang ke Singapura – AirAsia, Tiger Airways, JetStar, Lion Air dan kadang ada penawaran menarik dari maskapai Garuda Indonesia, Singapore Airlines atau Air France – berwisata ke negara tetangga ini selalu menjadi pilihan yang menarik. Kita bisa wisata murah ke Singapura!

Singapura memang menjadi magnet tersendiri, kita datang berkunjung dengan beragam alasan. Dulu di era ’80-an sebelum mal di Jakarta (khususnya) menjamur, Orchard Road serasa bagai surga belanja yang eksklusif. Kalau sekarang mungkin kita bisa mendapatkan barang-barang yang sama dengan harga lebih murah di Jakarta. Tapi sepertinya daya tarik Singapura tak pernah memudar. Negara ini bisa menjadi destinasi untuk berobat, nonton konser artis-artis mancanegara yang tidak mampir ke Jakarta, wisata kuliner atau sekedar datang ke dance event tahunan ZoukOut yang biasa digelar di bulan Desember.

Wisata Murah ke Singapura!
Wisata Murah ke Singapura!

Tapi banyak teman yang mengeluh, walau tiket pesawat ke Singapura sekarang sudah murah… tapi tetap harus menyediakan dana yang besar untuk penginapan dan berwisata, dibanding kalau kita pergi ke Thailand atau Malaysia.

 

Wisata Murah ke Singapura!

Mau wisata murah meriah di Singapura? Berikut ada beberapa tips irit untuk bertandang ke kota ini. Siapa sih yang tidak senang kalau bisa traveling murah?!

Hostel / Apartemen
Tinggal di hostel atau apartemen bisa jadi pilihan tempat menginap selain hotel. Masing-masing tentu ada kekurangan dan kelebihannya.
Di apartemen keuntungannya adalah biasanya lokasi berada di sekitar Orchard Road (yang paling populer di atas Lucky Plaza). Hanya kekurangan menginap di apartemen adalah karena biasanya dalam satu unit terdapat beberapa kamar tidur dan hanya ada satu kamar mandi, jadi kita harus antri. Kalau di apartemen 3 kamar ada 6 orang yang menginap… lumayan juga menanti giliran!

Dalam beberapa tahun belakangan, hostel juga mulai populer di kalangan wisatawan Indonesia. Dulu kalau kita dengar kata hostel, mungkin yang terbayang adalah tempat menginap para backpackers, turis pembawa ransel-ransel ukuran raksasa saja.
Terakhir saya menginap di sebuah hostel di Singapura, saya bertemu juga dengan beberapa keluarga Indonesia. Di hostel memang kamar mandi dan toilet juga sharing. Setidaknya mereka memiliki beberapa, jadi tidak perlu berlama-lama antri. Kekurangan hostel, ada beberapa yang hanya menerima keluarga dengan anak usia tertentu (misalnya umur 8 tahun keatas).
Tapi ada hostel-hostel yang family friendly di Singapura, seperti Hostel One Florence Close (www.oneflorenceclose.com) atau ada yang menyediakan private room (sekamar untuk 2 orang) dengan kamar mandi dalam, seperti ABC Hostel (www.abchostel.com.sg).

EZ-Link Card
Daripada susah mencari uang kecil setiap mau naik MRT atau bis, lebih baik langsung membeli EZ-Link Card. Kartu ini dapat dipakai untuk menaiki dua kendaraan umum tersebut dan dapat diisi ulang (top up). Kartu bisa didapatkan di stasiun-stasiun MRT, juga di stasiun MRT Changi Airport. Jalan-jalan dengan kendaraan umum di kota ini sangat nyaman dan tentunya lebih mudah www.ezlink.com.sg

Marina Baysand
Marina Baysand

Wisata Murah Meriah
Selain cuci mata di mal seperti di Marina Bay Sands, masih banyak tempat wisata lain yang murah (bahkan gratis!). Jangan sampai lewatkan untuk mengunjungi dan berfoto di landmark paling populer negara ini: patung Merlion (naik MRT dan turun di Raffles Place Station) dan juga gedung ‘durian’ Esplanade (naik ke Esplanade MRT Station).

Singapore Botanic Gardens (www.sbg.org.sg)

Singapore Botanic Gardens
Singapore Botanic Gardens

Taman ini bisa menjadi tempat tujuan wisata yang menyenangkan terutama untuk pecinta tanaman, atau sekedar mancari udara segar. Taman raksasa di tengah kota ini ada sejak tahun 1859 dan buka setiap hari dari jam 5 pagi sampai jam 12 malam. Jika ingin naik bus, bisa cari yang melewati Holland Road atau Bukit Timah Road (informasi nomer bus dapat ditemui di website mereka). Anda juga dapat menikmati koleksi anggrek yang berada di National Orchid Garden di dalam Botanical Garden ini, dengan hanya membayar tiket masuk S$ 5.

Museum tentunya bisa menjadi tempat tujuan wisata yang menarik dan murah. Jangan sampai melewatkan untuk berkunjung ke National Museum of Singapore (www.nationalmuseum.sg) yang terletak di 93 Stamford Road. Museum ini menjadi tujuan setiap penulis ke Singapura, karena mereka selalu menghadirkan pameran yang berbeda-beda setiap bulannya. Dengan tiket masuk S$ 10 untuk dewasa atau bisa beli tiket Family Package S$ 30 (untuk 3 dewasa dan 2 anak), kunjungan ke museum menjadi wisata yang menyenangkan.
Bagi pecinta seni, berkunjung ke Singapore Art Museum (www.singart.com) merupakan suatu kewajiban. Anda bisa masuk gratis ke museum ini jika datang pada hari Jumat antara jam 6 sore – 9 malam.

Jalan-2 sore di seputar Clarke Quay (Clarke Quay MRT Station) sangat menyenangkan dan menghadirkan suasana yang berbeda. Mau hanya jalan-jalan menikmati suasana di sepanjang Singapore River saja atau di kafe dan restoran yang tersebar di area ini bisa menjadi pilihan.
Kalau mau yang lebih murah, bisa mengunjungi Kampong Glam (MRT Station terdekat: Bugis Station). Landmark di daerah ini adalah Sultan Mosque. Kampong Glam dipenuhi oleh berbagai macam toko kecil yang menjual busana sampai souvenir dan kafe-kafe serta warung makanan Halal. Jika suka makanan India, Malaysia dan ingin berwisata kuliner, disinilah tempatnya. Bahkan di daerah ini juga ada restoran ayam penyet! Atau bisa coba Kampong Glam Cafe, dimana anda bisa menikmati nasi lemak yang nikmatatau segelas es lychee.

Chinatown (turun di Chinatown MRT)
Merupakan surga untuk berburu oleh-oleh, selain juga masakan-masakan Chinese sampai menu vegetarian.
Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan adalah Bugis Junction. Tempat ini sangat populer dikunjungi karena banyak sekali barang-2 murah yang bisa dipilih. Bugis Junction juga menjadi tempat yang seru untuk berburu makanan. Mal Iluma merupakan salah satu pusat perbelanjaan baru yang melengkapi daerah Bugis Junction ini.
Kalau belum cukup belanja atau mencari oleh-oleh di tempat-tempat tersebut diatas, masih ada satu tempat yang buka 24 jam, yaitu Mustafa Center (www.mustafa.com.sg). Mulai dari cokelat, DVD, kamera, sampai perhiasan emas ada di tempat ini. Benar-benar the shopping mall that never sleeps. Tinggal naik MRT ke Farrer Park MRT Station.

Singapore Flyer

Ke Singapore rasanya belumlah lengkap kalau belum merasakan naik Singapore Flyer(www.singaporeflyer.com). Pada saat ini Singapore Flyer merupakan ferris wheel tertinggi di dunia, setinggi 165 meter atau setara dengan gedung 42 tingkat. Tiket untuk naik flyer ini memang agak mahal, S$ 29.50 untuk dewasa dan S$ 20.65 untuk anak-anak. Tapi jangan lupa untuk membawa boarding pass pesawat anda, karena mereka sering memberikan discount khusus untuk turis. Jangan lupa untuk check ke website mereka sebelum berkunjung ke Singapura untuk mendapatkan penawaran terbaik dari Singapore Flyer.

Sentosa Island

Siloso Beach
Siloso Beach

Ini dia pulau buatan yang menjadi icon Singapura. Mulai dari ‘Cafe Del Mar’, pertunjukan ‘Song Of The Sea’ sampai berbagai ragam tempat rekreasi ada di Sentosa. Anda juga dapat menikmati ‘Sentosa Underwater World’ yang mempunyai koleksi berbagai hewan laut menarik dan menyaksikan pertunjukan dolphin berwarna pink di Dolphin Lagoon.
Ada tiga pantai di seputar Sentosa, Palawan Beach, Tanjong Beach dan Siloso Beach. Yang saya sebutkan terakhir adalah yang paling populer.

Dengan membeli tiket monorail seharga S$ 3 (PP), kita sudah bisa menjelajahi Sentosa (turun di Harbour Front MRT Station, naik monorail dari mal VivoCity). Disini juga bisa ditemui patung Merlion yang berukuran lebih besar dan dibawahnya terdapat taman mozaic yang indah. Dan tentunya di pulau inilah merupakan rumah dari Universal Studios Singapore!

Jalan-jalan murah ke Singapura… tentu bisa! Cek kalender atau jadwal cuti anda dan siap-siap pesan tiket pesawat murah jika sedang ada promosi.

Oh ya, satu lagi yang jangan sampai dilewatkan… beli es potong di seputar Orchard Road, hanya seharga satu dollar. Lengkaplah sudah wisata murah meriah ke Singapura!

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!


2 comments

    1. Halo kak,

      Kalo soal harga pesawat bersaing sekali sih ya. Tergantung mana yang saat itu lagi promo. Tapi coba Turkish atau perusahaan2 penerbangan Timur Tengah lainnya deh. Maaf saya tidak bisa bantu banyak.

      Salam,
      Awan

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.