Liburan ke Medan, Menginap dan Kulineran di daerah Kesawan

travelawan

Liburan ke Medan? Salah satu kawasan yang wajib untuk kamu kunjungi adalah daerah Kesawan, yang merupakan daerah Pecinan kota Medan. Di sepanjang Jenderal Ahmad Yani yang dulunya dikenal sebagai Jalan Kesawan yang merupakan jalan tertua kota ini dipenuhi dengan bangunan-bangunan tua bersejarah. Terkenal juga sebagai salah satu pusat kuliner seperti di Jalan Petaling, Kuala Lumpur.

Ruko-ruko dua lantai menghiasi kawasan ini, berpadu dengan Gedung-gedung dari zaman Belanda. Menarik untuk sekedar jalan-jalan atau berfoto disini. Dan sekarang kalau malam menjelang juga banyak angkringan-angkringan yang dikelola oleh anak-anak muda kota ini, jadi tempat nongkrong dan kulineran yang asyik. Beberapa kali ke Medan aku memilih untuk menginap di daerah Kesawan. Ini dia nih alasannya…

Liburan ke Medan, Menginap dan Kulineran di daerah Kesawan, Travelawan

Dekat Stasiun Medan

Jadi strategis sekali, bisa tinggal naik kereta dari Bandara Internasional Kualanamu ke pusat kota. Kalau menginap di sekitar sini bisa jalan kaki ke hotel, naik ojek online atau taksi dengan biaya terjangkau.

Pilihan Hotel Yang Variatif

Menginap di daerah Kesawan juga banyak terdapat hotel mulai dari bintang lima sampai hotel budget yang nyaman dan bersih. Rekomendasinya:

Grand City Hall Medan

Dulu sempat dikelola oleh Aston Hotel. Lokasinya persis di seberang Lapangan Merdeka. Alamat: Jl. Balai Kota No.1, Kesawan, Medan. Telpon: +62 61 455 7000. Website: grandcityhallhotel.com/home

Grand Inna Medan

Lokasinya hanya 5 menit jalan kaki dari Stasiun Medan, dan dekat mall Centre Point. Memiliki kamar yang luas dan jadi salah satu hotel favorit di Medan dengan harga yang terjangkau.Alamat: Jl. Balai Kota No.2, Kesawan, Medan. Telpon: +62 61 415 7744. Website: grandinnamedan.com

Kama Hotel

Ini dia budget hotel yang lokasinya sangat strategis dekat Tjong A Fie Mansion dan Restoran Tip Top. Banyak tempat kuliner di sekitar hotel ini. Alamat: Jl. Jend. Ahmad Yani No. 97, Kesawan, Medan. Telpon: +62 61 451 6380. Website: hotelkamamedan.com

Baca juga:   Chez Bon Hostel, Cheap Accommodation In Bandung

Kawasan Bersejarah

Seperti tadi sudah dibahas di atas, banyak bangunan bersejarah yang menjadikan daerah ini kawasan heritage kota Medan, dimana salah satu bangunan cagar budayanya adalah Tjong A Fie Mansion yang didirikan tahun 1895, terletak di Jl. Jenderal  Ahmad Yani No. 105. Website: tjongafiemansion.org. Tiket masuk Rp. 35.000,-

Liburan ke Medan, Menginap dan Kulineran di daerah Kesawan, Travelawan

Selain itu kamu juga bisa temui bangunan-bangunan dari zaman Hindia Belanda seperti Gedung Balai Kota Lama, Bank Indonesia, Kantor Pos Besar Medan, Kantor Nederlandsch Indische Escompto Maatschappij, Gedung London Sumatra (dulu kantor Harrison & Crossfield), dan banyak lagi.

Pusat Kuliner Medan

Kalau untuk aku ini dia yang penting nih! Banyak sekali tempat kulineran di sekitar daerah Kesawan. Di sekitar Lapangan Merdeka atau yang terkenal dengan Merdeka Walk kamu bisa temui berbagai pilihan restoran, mulai dari fastfood sampai seafood.

Selain di sekitar Merdeka Walk, wajib juga nih kunjungi resto-resto ini:

Tip Top Restaurant

Kalau ke Medan pastinya wajib singgah ke restoran, bakery dan coffee shop yang sudah berdiri sejak tahun 1934 ini. Legendaris dan jadi tempat makan favorit para pejabat, artis, wisatawan domestik dan mancanegara. Cobain deh menu andalannya seperti Bistik Lidah atau Bistik Udang, Ayam Goreng Mentega, Bitterballen, es krim Peach Melba, Java atau Tutty Frutti. Roti dan kue-kue di bakery-nya juga juara lho! Alamat: Jl. Jend. Ahmad Yani No. 92 A-B, Medan. Telpon: +62 61 451 4442.

Liburan ke Medan, Menginap dan Kulineran di daerah Kesawan, Travelawan

Soto Kesawan

Nah, kalau ini salah satu rumah makan soto favoritku di Medan. Selain ada soto daging, ayam dan jeroan, kamu juga bisa cobain yang khasnya… Soto Udang. Rasanya gurih dan lezat banget! Lokasinya strategis di dekat museum Tjong A Fie Mansion, ngga jauh juga dari Tip Top Restaurant. Alamat: Jl. Jend. Ahmad Yani No. 116, Kesawan, Medan. Telpon: +62 61 451 4518.

Baca juga:   5 tempat wisata alam Bandung yang wajib dikunjungi

Seafood Wajir

Makan seafood enak dan murah meriah di Medan? Seafood Wajir tempatnya! Restorannya Cobain deh Steam Ikannya, Kepiting Lunak Lada Hitam, atau Udang Telur Asin, dan Tom Yum-nya juga yummy banget! Alamat: Jl. Kol. Sugiono / Wajir No. 3i, Medan. Telpon: +62 61 457 3785.

Liburan ke Medan, Menginap dan Kulineran di daerah Kesawan, Travelawan

Nah, itu dia serunya daerah Kesawan di Medan. Pas banget untuk kamu kunjungi kalau liburan ke kota ini. Selamat rencanain staycation atau vacation-nya di Medan ya.

Also Read

Tags

Leave a Comment