Naik Bus Atau Taxi Dari Bandara Don Mueang Ke Bangkok

travelawan

Naik AirAsia ke Bangkok? Seperti yang pernah di bahas pada artikel sebelumnya mengenai Air Asia Pindah Rumah ke Don Muang, semua penerbangan AirAsia ke kota Bangkok bakal mendarat di Don Mueang International Airport, beroperasi di Terminal 1 bandara ini.

Walaupun Bandara Don Mueang telah melakukan berbagai renovasi, namun untuk fasilitas transportasi umum tentunya tidak sepraktis kalo kita mendarat di Bandara Suvarnabhumi, dimana terdapat Airport Rail Link, kereta yang menghubungkan Bandara Suvarnabhumi ke tengah kota Bangkok hanya dalam waktu sekitar 30 menit. Tapi kalo kita tahu cara untuk bisa dapatin transportasi umum yang lebih murah dari Bandara Don Mueang ke kota Bangkok, tentu juga menyenangkan. Berikut pilihan-pilihan untuk transportasi umumnya.

Naik Bus Atau Taxi Dari Bandara Don Mueang Ke Bangkok, Travelawan

Naik Bus Atau Taxi Dari Bandara Don Mueang Ke Bangkok

Kalo datang dalam rombongan kecil, atau bawa barang bawaan/kopor yang cukup besar, naik taxi adalah pilihan yang paling tepat. Karena selain tarif yang tidak terlalu mahal untuk menuju pusat kota Bangkok, kalo kita naik bus umum biasanya penuh dan susah kalo bawa kopor besar. Jadi memang lebih baik mengambil taxi resmi dari dalam bandara, daripada dari jalan di luar bandara, dimana kemungkinan taxi tersebut tidak mau pakai argo dan kamu harus tawar menawar. Untuk naik taxi resmi bandara, melalui Exit 8.

Naik Bus Atau Taxi Dari Bandara Don Mueang Ke Bangkok, Travelawan

Perkiraan tarif taxi dari Bandara Don Mueang menuju ke beberapa tempat di kota Bangkok:
– Mo Chit (stasiun BTS/Skytrain): sekitar 150-200 Baht
– Hua Lamphong (stasiun kereta): sekitar 250 Baht
– Silom: sekitar 300-350 Baht
– Sanam Luang (The Grand Palace): sekitar 250 Baht
– Daerah Siam (Central Bangkok): sekitar 250-300 Baht
– Bandara Suvarnabhumi: sekitar 350-400 Baht

Baca juga:   Naik Kereta Atau Bus Dari Bandara KLIA dan KLIA2 ke Kuala Lumpur

Kalo naik taxi resmi bandara, jangan lupa kamu juga harus bayar biaya tambahan dari bandara (surcharge) sebesar 50 Baht dan biaya tol kepada pengemudi.

Tapi bila ingin naik bus umum, dari ruang Ketibaan (Arrival Hall) langsung menuju pintu keluar dan jalan kaki ke arah kanan, keluar gerbang bandara. Begitu kamu tiba di pinggir jalan raya, jalan ke arah tempat pemberhentian bus (jangan menyeberang jalan). Disini kamu tinggal menunggu bus yang akan membawa ke tengah kota. Bus umum yang lewat ada yang non-AC dan bus AC. Pertama kali memang kadang agak membingungkan, misalnya begitu kamu lihat ada dua macam bus bernomor 29. Sebenarnya kamu bisa naik kedua bus dengan nomer yang sama tersebut, tinggal pilih mau yang ber-AC atau ngga. Untuk bus biasa tarifnya non-AC di bawah 10 baht per-orang, sementara bus AC tarif sekitar 16-23 baht (bisa berubah sewaktu-waktu).

Kalo mau praktis naik bus dan sambung naik BTS, bisa naik Shuttle Bus A1/A2 dari Exit 5 – Arrival Hall bandara Don Mueang, atau yang mau naik bus umum bisa naik No. 29 dari pinggir jalan raya. Turun di stasiun BTS/Skytrain Mo Chit (sekitar 25-30 menit perjalanan dari Bandara Don Mueang). Dari Mo Chit BTS Station ini bisa lanjutkan perjalanan dengan BTS – kereta yang juga terkenal dengan julukan SkyTrain ini. Sangat mudah!

BUS UMUM


Bagi para budget traveler tentu pilihan naik bus bisa sangat menghemat biaya transportasi. Berikut adalah beberapa rute-rute bus yang akan membawa kamu ke berbagai tujuan di kota Bangkok.

Bus No. 29: Don Muang – Stasiun kereta Hua Lamphong
Beroperasi 24 jam, bus AC dan non-AC

Bus No. 59: Don Muang – Bang Khae (Ada juga yang lanjut ke Sanam Luang dekat The Emerald Buddha Temple/Khao San Road)
Beroperasi 24 jam

Baca juga:   Wisata Hemat Keliling Kota Kaohsiung, Taiwan Naik MRT

Bus No. 95: Don Muang – Ram Intra Road – Ram Khamhang Road
Beroperasi pukul 04.00-22.00

Bus No. 187: Don Muang – Si Phraya Road
Beroperasi pukul 04.00-22.00.

Bus AC No. 538: Don Muang – Phaya Thai
Beroperasi pukul 04.00-22.00

Bus AC No. 555: Don Muang – Suvarnabhumi Airport
Beroperasi pukul 04.00-23.00

SHUTTLE BUS A1 dan A2

Shuttle bus No. A1 dan A2 dari bandara Don Mueang ini sangat praktis untuk digunakan kalo kamu mau sambung dengan BTS – Turun di stasiun BTS Mo Chit. Harga tiket 30 baht, beroperasi pukul 09.00-24.00. Bisa juga lanjut ke tujuan akhir bus ini:

Bus A1: Don Muang – BTS Mo Chit – Mo Chit 2 (Northeastern Bus Terminal)

Bus A2: Don Muang – BTS Mo Chit – BTS Saphan Kwai – BTS Ari – BTS Sanam Pao – Victory Monument

Selamat wisata hemat ke Bangkok!

Also Read

346 thoughts on “Naik Bus Atau Taxi Dari Bandara Don Mueang Ke Bangkok”

  1. dear bro Awan,
    selamat siang bro. sy insyallah mendarat di DMK, hanya saja sy perlu ke BKK airport utk samperin temen yg beda airport. apakah shuttle bus bisa jd aternatip walaupun sy tdk bisa menunjukan tiket BKK airport ?

    kalo iya bisa berati sy dari DMK KE BKK airport naik shuttle dr lantai brp ? gate brp ? dan jam shuttlenya sd jam brp ?

    dari BKK airport sy menuju CENTRE POINT HOTEL, kendaraan apa yg plg aman dan hemat yg bisa sy pakai.

    terima kasih banyak bro Awan ๐Ÿ™‚

    Reply
    • Halo kak Julia,

      Maaf ya baru bisa balas pesannya, semoga belum berangkat ke Bangkok. Untuk free shuttle bus naiknya harus punya / tunjukin boarding pass yang akan berangkat dari Suvarnabhumi (BKK).

      Paling gampang emang naik taxi, tapi kalo mau sambung2 bisa naik Shuttle bus A1 dulu ke Mo Chit BTS Station (bayar 30 baht), lanjut naik BTS dari Mo Chit ke stasiun Phaya Thai – dari sini sambung kereta Airport Rail Link (ARL) ke Suvarnabhumi.

      Kalo dari BKK ke Centre Point Hotel (ada di beberapa lokasi, pastikan print alamatnya), sebaiknya langsung naik taxi dari Suvarnabhumi (BKK), sekitar 300 – 400 baht.

      Salam,
      Awan

      Reply
  2. halo mas awan.. saya mau nanya dong.. rencana nya tgl 24 agustus ini saya berdua dengan teman akan landing di bandara don muang sekitar pukul 20.00 dan akan menuju ke kota nonthaburi. mohon saran dong harus naik apa ya dari bandara menuju ke kota nonthaburi dan penginapan yang kira kira aman untuk traveler cewe di daerah 57 moo. mohon di balas ya mas. terimakasih sebelum nya..

    Reply
    • Halo kak Putri,

      Mohon maaf sekali saya baru bisa cek2 pesan di blog nih… Jadi sudah keburu pergi ke Bangkok ya? Semoga kemarin sudah dapatin infonya ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  3. Halo mas awan sy sama istri hari ini berada di thailand tapi kami lupa membawa peralatan breast pumping. Mohon info tmpt di sekitar pratunam yg jual breast pump dong
    Terima kasih

    Reply
    • Halo mas Maduma,

      Maaf sekali saya baru bisa cek pesan2 di blog… Semoga kemarin di Bangkok bisa ketemu ya tempat beli breast pump-nya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  4. Hallo mas Awan rencana sy mendarat di Don Muang sekitar jam 11 pagi dan hotel sy di Leela Orchid Pratunam dpn embassy RI dan pantip plaza. Sebetulnya ini udah yg ke 2 kali saya k bangkok tp udah lama sekali sktr 13 th yl dan saat itu ada yg antar jemput hehe. Sementara skrg sy hanya berdua suami saja dan pingin santai saja namun jg gak ingin terjebak macet. Btw utk transportasi dari Don Muang ke hotel dan jalan2 mending pake grab/taxi or BTS/MRT/Bus tuk menghemat waktu or spy gak kejebak macet? Gmn dg bus A3 yg spt damri jg singgah di Pratunam?

    Reply
    • Halo mbak Dewi,

      Apa kabar? Kalo soal transportasi emang Bangkok termasuk macet juga ya. Untuk dari bandara ke hotel saran saya naik taxi aja supaya nyaman dan ngga usah pindah2 kendaraan umum. Sementara kalo mau jalan2, yang bisa pake BTS, MRT atau boat ambil jalur itu aja supaya ngga macet. Tapi kalo yang ngga ada kendaraan umum tersebut, paling pilih naik taxi atau Grab aja.

      Salam,
      Awan

      Reply
  5. Hai mas Awan,
    Ini pertama kali saya liburan ke Bangkok dengan 2 temen cewek saya.
    Saya mau nanya, saya landing di Don Mueang dari KUL jam 21:50.
    Jam segitu kira-kira imigrasinya antri banyak gak ya? Oiya liburannya weekday.
    Kira-kira di airport Don Mueang masih ada konter makanan yang buka gak?
    Kalau dari Don Mueang ke Hotel Preme daerah Shukumvit better naik Grab atau Taxi resmi? Kira-kira berapa ya biayanya?

    Maaf ya kalau banyak pertanyaannya, terimakasih. ๐Ÿ™‚

    Reply
    • Halo kak Arlin,

      Jam segitu di DMK masih ada yang jual makanan kok. Tapi bukan makanan besar ya. Saran saya langsung naik taxi aja, atau ya pilih Grab Car. Kalo bertiga kan sharing jadi ngga terlalu mahal. Ke Hostel Preme Sukhumvit mungkin sekitar 350 – 400 baht.

      Salam,
      Awan

      Reply
      • Ok mas sarannya ditampung, rencana memang mau grab car atau taxi. Dari artikel mas diatas udah saya masukan ke itinerary kalau naik grab/taxi keluar exit berapa.
        Ini saya baru nyusun itinerary, nanti kalau ada hal lain yang ingin saya tanyakan tolong bantuan dijawab ya mas.
        Terimakasih ๐Ÿ™‚

        Reply
  6. Halo mas. Rencana saya dan sodara (ber 7) landing di Don Meuang jam 15.00. Hotelnya d Asia Hotel depan BTS Ratchathewi. Sebaiknya naik apa ke hotel?
    Dan ongkos taxi nya brp mas. Tks

    Reply
    • Halo kak Iwan,

      Kalo mau praktis, naik 2 taxi dari Exit 8 bandara DMK. Ke Asia Hotel itu sekitar 350 baht per taxi.
      Atau naik Grab Car.

      Salam,
      Awan

      Reply
  7. halo mas… mau nanya donk
    saya rencana ke bangkok untuk pertama kali
    kalau dari bandara don mueang mau ke street food atau china town itu harus naik transportasi ap y?
    dan penginapan sekitar yg low budget tolong d infoin donk

    Reply
    • Halo kak Maxi,

      Kalo baru pertama kali, saran saya naik taxi resmi aja dari Exit 8 bandara Don Mueang. Atau naik Grab Car, jadi langsung ke tujuan dan ngga nyasar2.

      Penginapan low budget di sekitar daerah mana ya maksudnya? Kalo sekitar Chinatown, cek:
      – Loftel 22 Hostel
      – Pho Place
      – Chinatown Hotel

      Salam,
      Awan

      Reply
  8. Hallo mas..
    Saya mau nanya, kalau saya mau naik BTS dr mo chit ke saphan taksin biaya nya berapa ya? Dari yg saya baca dari blog mas, saya ngiranya 15 baht, bener ga ya?
    Dan klu seandai nya saya ambil bts dr mo chit mau turun di saphan taksin,, tapi ternyata saya turunnya lebih awal, di bts surasak misalnya,, itu gimana ya mas, apakah pintu otomatis keluarnya bakal tetep terbuka jg saat saya masukin kartu?

    Reply
    • Halo kak Tetri,

      Untuk Dari Mo Chit ke Saphan Taksin itu jauh, jadi mungkin sekitar 42 Baht ya.
      Kalo uang di kartu cukup atau keluar di stasiun yang lebih dekat, pasti bisa keluar / gate akan kebuka. Tapi kalo stasiun lebih jauh, kemungkinan harus nambah uang lagi untuk di kartunya / gate tidak terbuka.

      Salam,
      Awan

      Reply
  9. halo mas awan,

    saya first timer ke bangkok berdua dengan teman dan akan landing di Don Mueang jam 16.30.. mohon saran hotel low budget yang lokasinya aman dan cocok untuk perempuan dan gampang cari makanan halal, dan sebaiknya saya pakai taksi atau shuttle bus untuk menuju hotel tsb? boleh rekomendasi itinerary untuk 4D3N juga ya mas, rencananya pengen ke Pattaya sebelum balik ke Jakarta..

    Thanks

    Reply
    • Halo kak Abel,

      Kalo mau naik shuttle bus, naik yang Bus A3 dari Exit 6 Don Mueang ya. Tujuan Don Mueang Airport (DMK) โ€“ Pratunam โ€“ Lumphini Park. Tiketnya 50 baht. Nanti cek infonya sebelum keluar Exit 6.

      Salam,
      Awan

      Reply
        • Sy ke bangkok totalnya 5 org + bawa bayi 16 bln,kl naik taxi kykny 5 org ga bisa kan ya,jd enakny naik bus a1 lanjut pake BTS atau lgsg naik bus A3 ,rencana nginap dekat pratunam market kak,makasih

          Reply
          • Halo kak Jessika,

            Saran saya naik 2 taxi aja langsung diantar ke hotel. Kalo ngga naik bus A3 dari Don Mueang, tapi nanti saat di drop di Pratunam (yang belum tentu dekat dengan hotelnya), harus jalan kaki lagi cari2 hotel. Terserah lebih nyaman pilih yang mana.

            Salam,
            Awan

        • Halo kak, iya lewatin tengah area Pratunam. Tinggal nanti tergantung hotelnya dimana, apakah dekat dengan stopan bus atau ngga.

          Salam,
          Awan

          Reply
  10. Salam kenal,

    Saya mau tanya apakah di bkk diijinkan merokok Di luar area spt di indonesia. Karena Saya lagi bingung mau cari hotel atau apartemen untuk ber 6-7 org di bkk yang bisa merokok, kebetulan orgtua sy merokok. Dan ada fasilitas kolam renang jg utk anak2.. yg deket dengan pratunam atau fashion mall.. kira2 dimana ya dengan budget yg ga terlalu mahal. Terimakasih

    Reply
    • Halo kak Shinta,

      Thailand juga peraturan ngga boleh rokoknya ketat. Jadi bisa aja hotel2 sekarang juga makin banyak yang larang rokok. Di Pratunam ngga semua hotel ada kolam renangnya. Coba cek Glow Pratunam Hotel, Baiyoke Sky Hotel juga mungkin ada kolam renangnya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  11. Kak saya mau nanyak , saya belum pernah ke bangkok, dekat Chatuchak market ada penginapan gak ? , terus dari bandara don mueng ke chatuchak itu naik tranportsi apa ?

    Reply
    • Halo kak Abel,

      Penginapan2 di sekitar Chatuchak juga ngga dekat2 amat sama pasarnya. Kalo di Bangkok intinya cari penginapan yang dekat stasiun BTS atau MRT. Mau ke Chatuchak tinggal naik BTS ke stasiun Mo Chit, atau kalo naik MRT ke stasiun Chatuchak Park.

      Don Mueang ke Chatuchak tinggal naik shuttle bus A1, dan turun di dekat stasiun BTS Mo Chit, tinggal nyebrang ke Chatuchak.

      Salam,
      Awan

      Reply
  12. Kak… Mau tanya… First Time mau ke bangkok bulan juli ber 6 org.
    Transportasi dari bandara don mueng ke monomer hostel daerah rachadevi. Landing Jam 10 malam. Enaknya yg murah naik apa?
    Grab di Thailand apakah bisa pakai aplikasi grab di Indonesia atau harus install ulang. Grab apakah ada yg satu mobil berenam?
    Terima kasih.

    Ataukah ada recommended hotel lain yg setaraf hostel utk satu kamar berenam dan lebih disukai kamar mandi dalam. Dekat dg transoortasi umum yg murah dan gampang cari makanan halal.

    Terima kasih infonya

    Reply
    • Halo kak Fath Nur,

      Kalo udah malam begitu dan setelah ambil bagasi sudah dekat2 jam 11 malam, saran saya naik taxi (antreannya di Exit 8) atau naik Grab. Kayanya harus 2 mobil/taxi ya kalo 6 orang dengan koper/bawaannya. Aplikasi Grab sama seperti di Indonesia, nanti begitu dapat langsung chat aja sama drivernya, janjian ketemu di depan exit berapa. Biasanya sih exit 5 atau 6.

      Monomer Hostel oke kok, dekat BTS Ratchathewi. Strategis kalo mau naik BTS, dan kalo ke Pratunam bisa jalan kaki.

      Salam,
      Awan

      Reply
  13. Halo mau tanya nih sy pertama kali ke bangkok sama istri rencana bulan agustus ke DMK bagusnya cari hotel didaerah mana ya yg dekat dgn objek wisata

    Reply
    • Halo kak Maduma,

      Yang penting cari penginapan yang dekat dengan stasiun BTS. Kalo saya sih suka di daerah Silom, Pratunam atau Siam.
      Contoh hotel di Silom:
      – Sunflower Place Hote
      – Trinity Silom Hotel
      – The Heritage Silom Hotel

      Contoh hotel di daerah Siam:
      – Lub D Hostel
      – Holiday Inn Express Siam

      Contoh hotel di daerah Pratunam:
      – Samran Place Hotel
      – Bangkok City Hotel

      Salam,
      Awan

      Reply
        • Halo kak Maduma,

          Maksudnya hotel low budget di Bangkok? Banyak kok, bisa cek di situs2 pemesanan hotel. Tapi kalo kasih pilihan, saya suka di daerah Silom. Bisa cek 2 hotel ini:
          – Take A Nap Hostel
          – Sunflower Place Hotel

          Salam,
          Awan

          Reply
  14. Halo mau sedikit bertanya yaa.
    Adakah taxi atau grab menuju bandar Suvarnabhumi kalau tengah malam sekitar jam 2am atau 3am?
    Kebetulan dapet penerbangan jam 6am dari Suvarnabhumi.
    Mohon infonya dan thank you..

    Reply
  15. Haloo mas jeff,
    saya dari bandara DMK mw ke hotel daerah Ratchaprarop Rd, itu naik apa yachhh ?. Kira2 di bangkok utk wisatawab indonesia aman nda yach?, karena saya pernah dengar cerita sepupu saya pernah di curi dompetnya saay belanja di night market.
    tempat wisata yg recomended apa yach mas??.

    Thanx

    Reply
    • Halo kak Kika,

      Hi kak Dhani,

      Kalo ngga mau langsung naik taxi, mungkin bisa naik bus yang tujuan ke Sanamluang Bus Terminal (no. 59, 53L, 503). Nanti dari Sanamluang bisa tanya bus yang ke Sai Tai Mai, atau bisa naik taxi atau Grab ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  16. Hallo kak mau tanya dong. Kalau dari DMK ke sai tai mai terminal naik apa ya? Kira-kira perjalanan berapa lama kalau saya sampai DMK jam 17.25. Bakalan kena rush hour kah?

    Reply
    • Halo kak Kika,

      Jam segitu pasti masih rush hour. Mungkin bisa naik bus yang tujuan ke Sanamluang Bus Terminal (no. 59, 53L, 503). Nanti dari Sanamluang bisa tanya bus yang ke Sai Tai Mai, atau bisa naik taxi atau Grab ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  17. halo kak, sy first timer ke bangkok landing jam 11 pagi di don mueang cm ber2 sama sohib.. hotel di surawong.. kira2 naik apa ya dr don mueang?? minta saran dan masukannya kakak… kt berdua bwa koper

    Reply
    • Halo kak Moo,

      Untuk first timer dan bawa2 koper ke daerah yang ngga ada BTS / MRT saran saya selalu naik taxi ya. Ngga mahal2 amat kok, mungkin sekitar 350 baht tapi praktis langsung sampe hotel. Bisa natre taxi resmi bandara di DMK cari Exit 8. Baris dan antre untuk taxi di jalur yang sudah ditentukan ya. Met jalan2.

      Salam,
      Awan

      Reply
  18. hai kak, mau tanya, saya flight pulangnya jam 9 pagi dari DMK, enaknya langsung pilih penginapan di chatuchak market (karena hari terakhir akan disana), atau cari penginapan dekat bandara?

    Reply
    • Halo kak Harfi,

      Dekat Chatuchak Market aja. Dekat DMK penginapan biasanya di jalan2 yang bukan tempat ramai, jadi mau cari makan juga kayanya lebih susah. Naik taxi dari daerah Chatuchak ke DMK cuma 150-200 baht kok. Jadi pagi lebih baik langsung naik taxi aja ke bandara.

      Salam,
      Awan

      Reply
  19. Halo kak, salam kenal
    Juni nanti, pertama kali saya ke bangkok, ber 3, bawa 2 koper, 1 yg 30inch, 1lg yg 24inch
    saya bingungnya kalau naik taksi, muatkah koper saya kak?
    atau di dalem airport boleh naek grab?

    saya turun di DMK kak, sekitar jam 17.00, pengen naik bts buat hindarin macet, tp kok agak riweh ya kak kalo bawa koper besar? hehe..

    terus saya mending sewa modem wifi di indo, atau beli nomer disana ya kak? makasih kak

    Reply
    • Halo kak Devi,

      Kalo bawa 2 koper di bagasi taxi cukup kok mustinya. Naik Grab juga bisa order dari area dalam bandara DMK. Kalo bawa koper besar emang lebih praktis naik taxi atau Grab aja.

      Kalo di Bangkok ngga lebih dari seminggu, beli nomer / SIM card lokal khusus turis lebih murah. Paling mahal 299 baht. Cari dari provider AIS atau DTAC.

      Salam,
      Awan

      Reply
  20. Hello kak..aku mau nanya.. klu pesen grab/Uber dr bandara dmk thailand Nggak ada masalah ya?? Takut nya sm kek di indonesia.. taksi online di larang masuk ke bandara..

    Reply
  21. haloo.. kamis ini rencananya mau ke bkk via DMK ETA 20.05.. grand design nya sih cuma mau nonton konser jumat malam di impact.. tapi ketimpaan kudu beli oleh2.. cuma punya waktu 2 jam kamis malam, 5 jam jumat pagi, sama 1 jam jumat malam *krn setelah saya baca rerata pasar tutup jam 00.00.. hotel di daerah samsen road.. bisa dibantukah.. aku kudu blanja dimana? ga muluk sih paling magnet kulkas dan teman2nya.. thanks

    Reply
    • Halo kak Vannia,

      Waktu 5 jam di Jumat pagi itu sampe jam berapa? Langsung aja menuju ke Platinum Fashion Mall di daerah Pratunam. Buka mulai jam 10 pagi, di lantai 6 mall ini jual berbagai macam souvenir termasuk magnet kulkas. Luangin waktu untuk ke Platinum deh. Di night markets susah cari magnet kulkas yang bagus.

      Salam,
      Awan

      Reply
      • whuaaah… tengkyu.. jumat jam 7am saya cau dr hotel jalan kaki ke grand palace.. ngga masuk.. foto depannya aja..*takut pegel euy plus hemat waktu lanjut ke wat pho, pengen ke wat arun tapi males nyebrang jd kyknya jalan2 sampai ke dermaga aja.. jadi ya mungkin jam 10am udah mulai hunting oleh2.. soalnya kudu ada di concert venue jam 2/3pm an meski konsernya jam 8pm. ? tdnya dr DMK mau straight ke asiatique riverfront nyoba2 peruntungan ke night market tp kok ya mepet bgt.. oh ya nama mal nya platinum atau platinam kah sempet baca katanya namanya Platinam Mal

        Reply
        • Halo lagi,

          Kalo mau coba liat2 di Asiatique juga ngga masalah.
          Tapi kalo mau lengkap tinggal ke Platinum Fashion Mall, lantai 6 (ini nama gedungnya – ada di samping hotel Novotel Pratunam). Tinggal ke daerah Pratunam dan pasti semua orang tau kok gedung ini ๐Ÿ™‚ Ini terdiri dari 3 gedung yang nyambung jadi satu.

          Salam,
          Awan

          Reply
          • Halo kak Vannia,
            No problem. Semoga udah jelas ya sekarang & nanti jalan2nya lancar ๐Ÿ™‚

            Salam,
            Awan

  22. Malam ka awan, mau tanya dong kalo saya landing jam 5 pagi di Don Mueang trs mo ke penginapan di daerah Lat Phrao lbh terjangkau naik apa ya? Sy berdua aja soalnya

    Reply
    • Halo kak Zefanya,

      Lat Phrao itu deket Chatuchak, jadi ngga terlalu jauh dari Don Mueang. Saran saya langsung naik taxi atau Grab aja. Apalagi kalo harus cari alamat dan baru pertama ke Bangkok.

      Salam,
      Awan

      Reply
  23. Selamat siang
    Saya rencananya akan ke bangkok akhir bulan ini. Setelah acara saya sampai di bandara don mueang sekitar jam 9. Saya sengaja ambil pesawat besoknya jam 10 malam agar bisa jalan2 sebentar di bangkok. Kira2 tempat mana saja yang bisa saya kunjungi dalam waktu singkat?
    Terimakasih

    Reply
  24. Selamat malam Mas Awan.
    Saya akan transit di Don Muang sekitar 6 jam, apakah bisa keluar imigrasi Bangkok dengan nunjukin boarding pass ?
    Kalo ke Grand Palace dr Don Muang sebaiknya naik apa ?
    Thanks be4

    Reply
    • Halo kak Andy,

      Sepertinya waktu transit 6 jam kurang ya. Karena perjalanan ke Grand Palace paling cepat 1 jam. Dan jam buka cuma dari 8.30 pagi – 3.30 sore. Mungkin kalo pas weekend bisa singgah ke Chatuchak. Dari DMK ke Chatuchak cuma sekitar 20-30 menit.

      Salam,
      Awan

      Reply
      • Hallo mas, mau tanya, sy rencana ke bangkok bulan juli berdua aja sama temen (first time), sampainya siang, hotel daerah hua lamphong. Baiknya kesana pake apa ya? Sy pernah baca kl naik railway yg endingnya di hua lamphong itu lelet dan delay parah, kl naiknaik bus 29 brp kira2 biaya dan lama perjalanannya? Ada pilihan shuttle bus ke hua lamphong gak? Kl bawa koper itu ikut naik di bis ya?
        Trus, dari hua lamphong ke wat arun atau khaosan road atau chinatown itu bisa jalan kaki nggak?
        Bingung soal transportasi nih mas, baca2 banyak calo pula, mohon pencerahan, trims ?

        Reply
        • Halo kak,

          Iya betul kereta ke Hua Lamphong emang kadang lama. Saran saya kalo baru pertama kali, naik taxi aja dari Exit 8 DMK. Mau naik bus juga bisa, koper pastinya dibawa naik ke bus. Bus 29 ada yang non-AC dan AC, tiket paling mahal 25 baht (AC).

          Hua Lamphong ke Chinatown bisa jalan kaki. Ke Khao San agak jauh, naik ojek (Grab Bike) aja. Murah & ngga macet, pake aplikasi Grab. Jalan berdua kan? Masing2 satu motor aja. Lebih cepat & ngga macet.

          Salam,
          Awan

          Reply
  25. Selamat sore mas Awan, Terima kasih sekali atas informasinya. Mau tanya lagi nih mas hehe barang2 yang tidak boleh dibawa apa saja ya dan yang boleh apa saja??kemudian apakah colokan listrtrik / stop kontak di Thailand sama dengan diindonesia?

    Terimakasih,

    Salam,
    Meli

    Reply
    • Halo kak Meli,

      Colokan di Thailand sama seperti di Indonesia ya.
      Yang ngga boleh dibawa kemana nih? Masuk ke Thailand? Yang pasti ngga boleh bawa narkoba! Hahaha… (becanda).
      Intinya kalo ke Thailand bawa baju untuk jalan2 aja, ngga usah bawa bekal makanan seperti rendang, dll yang bisa jadi dibuang juga nanti di imigrasi. Makanan Thailand enak2 kok ๐Ÿ™‚

      Salam,
      Awan

      Reply
  26. Halo mas awan, sya sudh baca tulisan diatas dan trnyta bus A1/A2 baru beroprasi jm 9 pagi ya, sdangkan sya smpai jam 6 pagi dan menginap di sekitar stasiun bts saphan khwai, sya bisa naik bus umum nmor brp ya? Dan gmn cara blg ke supirnya klau mau brhenti. Trims

    Reply
    • Halo kak Pratana,

      Nginapnya di dekat stasiun BTS Saphan Kwai?
      Tinggal naik bus umum no. 29 dari tempat tunggu bus di depan halaman bandara DMK (ngga nyebrang). Di dekat pintu keluar itu ada stopan bus, tunggu aja disitu. No. 29 itu ada yang AC dan non-AC, rute sama aja. Nanti bilang ke kondekturnya mau turun di BTS Saphan Kwai (sebaiknya tulis di kertas juga, supaya dia bisa baca – lebih gampang daripada dengar).
      Bus 29 ini mustinya stop di stopan bus dekat Exit 2 BTS Saphan Kwai ya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  27. Halo travelawan.
    Adakah saran, jika Saya dan tmn2 tiba di DMK jam 9 mlm. hotel kami di daerah sukhumvit?
    Masih bisakah pukul segitu utk naik bus atau A1?

    Reply
    • Halo kak Shabrina,

      Kalo baru pertama ke Bangkok sih saran saya naik taxi umum resmi dari bandara, antre di Exit 8. Praktis, diantar langsung sampe hotel.

      Tapi kalo mau naik shuttle bus A1, masih ada kok. Tinggal menuju ke stasiun BTS Mo Chit dan nanti naik BTS tujuan Sukhumvit. Yang pasti kalo mau naik BTS jangan sampe lewat jam 11 malam. Karena operasinya cuma sampe sebelum jam 12 malam.

      Salam,
      Awan

      Reply
  28. Pagi mas Awan, Trimakasih atas informasinya..saya rencana berangkat ke thailandnya bulan Juli.
    6 hari disana bisa kemana aja ya?? selain tempat wisata yang ada di Blog.

    Terima kasih,

    Salam,
    Meli

    Reply
  29. maaf mas awan tanya lagi kalo makan durian di thailand di daerah mana ya? dan kira-kira berapa ya harganya satu durian?

    Reply
    • Halo kak Meli,

      Kalo durian ada dimana2 kok, supermarket seperti Big C atau juga penjual2 buah di gerobak (biasanya malam / di pasar malam pinggir jalan) ada. Kalo yang udah dikupas biasanya mulai 100 baht.

      Salam,
      Awan

      Reply
  30. Sore, mohon info utk Shuttle Bus A1 & A2 yg dr Don Mueang itu yg AC atau Non AC ya pak?

    Mohon pencerahannya… Trims

    Reply
  31. Sore mas Awan,,Maaf mau tanya lagi nih..saya dan satu orang temen saya tiba di bangkok jam 20.05 dan kami rencana akan menginap di ERAWAN HOUSE Daerah Kaosan Road, tolong petunjuknya cara kesana dan transportasi menuju kesana mas Awan soalnya baru pertama kali nih kesana

    Trimakasih

    Reply
    • Halo kak Meli,

      Sorry ya baru bisa balas… pergi ke Bangkoknya udah ya?
      Dari airport Don Mueang? Bisa naik shuttle bus no. A4, tujuan ke Khao San Road & Sanam Luang. Tiketnya 50 baht per orang.

      Salam,
      Awan

      Reply
        • Hi kak Meli,

          Untuk Exit nunggu apa ya?
          – Exit antrean taxi – Exit 8
          – Exit shuttle bus – Exit 6
          Bandara Don Mueang ya.

          Salam,
          Awan

          Reply
          • Hello Awan, saya dari malaysia mahu ke Bangkok Oct ini. boleh inform cara2 dari Imigresen ke exit 6 naik bas ke A4 ke Khaosan road? Mekasih ya

          • Halo kak Mell,

            Apa kabar? Salam kenal. Iya, begitu keluar imigration dan pengambilan baggage kita akan keluar ke satu ruangan besar. Disini baru cari exit-nya. Nanti tinggal keluar exit tersebut, dan tunggu bus-nya disitu (bagian pick-up). Semoga lancar jalan2nya.

            Salam,
            Awan

  32. Hallo mas,

    Aku ada rencana ke bangkok tapi sampe sana jam 9 malam, kira2 night market yang buka sampai malam dimana yah? Boleh minta intenarrynya gak buat 3D2N enaknya kemana aja kirim ke emailku boleh ya mas. Tengkyuuu

    Reply
    • Halo kak Rena,

      Yang masih buka (selain malam Senin) biasanya di daerah Silom yang sampe jam 12 malam, juga disitu ada Patpong – night market dan juga daerah ‘lampu merah’-nya Bangkok sih. Bisa juga ke Rot Fai Night Market yang ada di dekat stasiun MRT Thailand Cultural Center.

      Salam,
      Awan

      Reply
  33. Sore mas Travelawan, bulan Juli sy rencana k thailand nih ala backpakeran.untuk penginapan yang harganya murah ada rekomendasi dimana? trus akses dari bandara menuju kesana bagaimana?dan tempat-tempat wisata yang harus dikunjungi?

    Berikut email saya [email protected]

    Terima kasih

    Reply
  34. Selamat sore ka,

    Saya rencananya dengan teman saya akan backpackeran ke bangkok bulan Mei ini. Tiba di bandara jam 8 malam. Menginap di khaosan road.
    Apakah bisa dibantu untuk info seputar akses dari Bandara Don Mueang ke Kaosan Road dan bisa dikasi saran tempat2 yang wajib harus didatangi bila akses dari Khaosan Road.

    Berikut email saya [email protected]

    Terimakasih.

    Reply
    • Halo Renny,

      Kalo mau gampang, bisa naik taxi resmi bandara atau Grab langsung ke Khao San Road. Kalo rame2 juga ngga terlalu mahal, ngga lebih dari 400 baht (satu taxi bisa muat 4 orang).

      Kalo pilih naik bus umum, bisa jalan kaki keluar area parkir bandara dan tunggu di stopan bus depan bandara (jangan nyebrang). Tunggu bus no. 59 yang akan ke daerah dekat Khao San Road.

      Alternatif lain naik shuttle bus A1 ke Mo Chit BTS Station (tiket bus 30 baht per orang). Turun disitu, dan jalan sedikit kedepan, ada stopan bus dekat stasiun BTS Mo Chit ini, bisa naik bus no. 3, 524, 503 atau 59 yang akan lewatin daerah dekat Khao San Road. Bilang aja sama kondekturnya mau turun di Khao San, minta kasih tau kalo sudah dekat.

      Wisata di sekitar Khao San, ya di Khao San Road-nya dan bisa jalan kaki juga ke Grand Palace lewatin taman Sanam Luang.
      Di kawasan Khao San Road ngga ada akses BTS atau MTR, jadi harus naik bus atau taxi/Grab kalo mau stasiun BTS terdekat atau ke tempat2 wisata lainnya di Bangkok.

      Salam,
      Awan

      Reply
  35. Hai ka saya mau nanya, lebih baik kalau di bangkok nanti naik Grab, Uber atau Taxi? karna saya pemula takutnya bingung kalau naik transportasi umum lainnya. dan mau nanya kalau ke santorini park bagaimana cara penyewaan mobilnya? terima kasih

    Reply
  36. Hi Mas..

    Mau ty nih, rencana sy april ini mau ke bangkok utk pertama kali dan tanpa ikut tur. Kalau sy mau pake bts selama travelling di bangkok, bgmn sy tentuin ambil exit yg mana pas nyampe di stasiun bts. Makasih infonya.

    Reply
    • Halo kak Devi,

      Nanti di tengah2 bagian dalam stasiun BTS akan ada peta besar daerah di sekitar stasiun tersebut. Jadi begitu turun tangga pertama dari kereta, pasti keliatan petanya. Misalnya kita mau ke hotel ‘A’, tinggal cek di peta nama jalan dimana hotel itu berada dan lihat untuk menuju jalan itu kita harus ambil Exit mana.

      Salam,
      Awan

      Reply
  37. Salam kenal travelawan…

    Saya mau nanya mengenai bangkok, Referensi Transportasi yang terbaik dari bandara Don Mueng ke CheQinn by Jellybean hostels, Sukhumvit apa yah?
    Terimakasih

    Reply
    • Halo kak Wahyudi,

      Salam kenal juga, maaf ya baru bisa balas.
      Ini penginapannya yang di Sukhumvit Soi 4 kan ya? Kalo pergi 3-4 orang saran saya naik taxi resmi bandara atau Grab. Tapi kalo sendiri atau berdua, bisa aja naik shuttle bus A1 (dari Exit 6 DMK) dan turun di stasiun BTS Mo Chit. dari sini naik BTS turun di stasiun Nana. Lihat peta di stasiun atau pake Google Map, cari Sukhumvit Soi 4 dan jalan kaki ke hostelnya.

      Salam,
      Awan

      Reply
  38. Haii travelwan,, saya mao tanya yahh ituu bus always ready yah??? Saya sampai disana kira2 jam 12malem gt… Apa dia selalu beroprasi kah?

    Reply
    • Halo kak Felice,

      Maksudnya shuttle bus A1? Jam 12 malam sepertinya udah ngga ada.
      Ini baru pertama kali ke Bangkok? Saran saya naik taxi atau Grab aja.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Halo kak,

      Nanti message aja driver-nya janjian di depan pintu exit berapa ya. Yang pasti jangan di exit tempat antre taxi umum (exit 8) karena akan penuh.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Halo kak Adel,

      Saya belum pernah ke Impact Arena, tapi kalo mau naik kendaraan umum dari sekitar daerah Pratunam harus ke stasiun BTS Ratchathevi atau Phaya Thai, terus naik BTS ke stasiun akhir Mo Chit. Tanya disini ke petugasnya mau naik shuttle bus ke ke Impact Arena lewat mana. Kalo ngga salah sih Exit 4.

      Shuttle bus tiap 30 menit dari jam 6:00 โ€“ 22:00, tiket sekitar 30 baht sekali jalan. Call center: +66 2-833-5555

      Salam,
      Awan

      Reply
  39. Hi,
    mau nanya donk.. kalo dari Don Mueng ke BTS Phaya Thai harus naik transportasi apa ya…
    dari BTS Phaya Thai ke Hua Hin/Chocolate Village ada transportasinya juga ga?
    Mohon info-nya kawan-kawan…

    Salam,
    Martini

    Reply
    • Halo kak Martini,

      Dari DMK naik shuttle bus A1 ke stasiun BTS Mo Chit, dari situ naik BTS ke stasiun Phaya Thai.

      Ke Chocolate Ville harus naik taxi/Grab atau sewa mobil, perjalanan sekitar 1 jam dari Bangkok.

      Ke Hua Hin bisa naik van dan terminal bus Mo Chit (bukan dari BTS ya – beda lokasi), atau sewa mobil. Perjalana dari Bangkok sekitar 3 – 3,5 jam kesana.

      Salam,
      Awan

      Reply
  40. hi ka, dari Dmk ke asiatique recommended naik apa ya, saya tiba malam hari, misalkan Bus kemudian Bts bisa ga ya
    thankyou!

    Reply
    • Halo kak,

      Dari DMK bisa naik shuttle bus A1, turun di BTS Mochit. Dari stasiun BTS ini beli tiket untuk ke BTS Saphan Taksin (tapi nanti di stasiun Siam harus ganti kereta – lihat ke yang lewatin stasiun Saphan Taksin ya – tujuan akhir Bang Wa).
      Nah, tinggal turun di Saphan Taksin dan turun tangga yang menuju ke dermaga Sathorn/Central Pier. Shuttle boat ke Asiatique ada di sebelah kiri, tanya aja ke orang disana. Terakhir sampai sekitar jam 11 malam.

      Salam,
      Awan

      Reply
    • Halo kak John,

      Paling murah naik shuttle bus A1 ke stasiun BTS Mo Chit. Dari situ naik BTS langsung ke daerah Silom ya. Ada 2 stasiun di daerah situ, Sala Daeng atau Chong Nonsi. Cek2 nginapnya dekat mana.

      Salam,
      Awan

      Reply
  41. Kak klw dari bandara don mueng ke bts rachachewi itu naik bus yg a1 atau a2. Trs nti transitnya dmn, soalnya hotel dkt sm bts rachachewi. Mhn infonya thanks

    Reply
    • Hi kak Dian,

      Nanti naik shuttle bus A1 dan turunnya di stasiun BTS Mo Chit ya. Dari stasiun ini tinggal lanjut naik BTS ke stasiun Ratchathewi ๐Ÿ™‚

      Salam,
      Awan

      Reply
        • Kak maaf mau tny lg. Klw smpai bangkok sore jam 5.30 apa msh bs k pattaya. Klw kpayata naik bus dr bandara don mueng yg a1 atau a2 trs nti transit dmn utk ganti bus kpattaya.

          Reply
          • Halo kak Dian,

            Maaf ya saya baru bisa balas nih… udah sampe di Thailand ya?
            Naik bus ke Pattaya bisa dari terminal Mo Chit (naik bus A1 atau A2 dulu ke terminal bus ini). Atau bisa naik dari Ekkamai Bus Station – jadi naik bus A1 ke Mo Chit BTS Station (bukan stasiun bus), lanjut naik BTS ke stasiun Ekkamai, dan lanjut naik bus antar kota dari terminal bus Ekkamai ini. Jadi ada 2 pilihan ya.

            Salam,
            Awan

  42. Mas mau tanya klo dari DMK mau ke daerah sukhumvit dan hotel deket BTS ekkamai enak nya naik apa ya? Saya pergi ber3 dan sampai bangkok sekitar jam 10 pagi.
    Sama klo dari BTS ekkamai itu mau ke chatuchak enak naik apa ya? BTS? Atau tuk-tuk?
    Mohon infonya

    Reply
    • Halo kak Neeaa,

      Dari DMK kalo ngga mau naik taxi, bisa naik shuttle bus no. A1 dan turun di stasiun BTS Mo Chit. Dari sini tinggal naik BTS ke stasiun Ekkamai.

      Kalo mau ke Chatuchak, tinggal naik BTS lagi ke stasiun Mo Chit ๐Ÿ™‚ Chatuchak itu tinggal jalan kaki dari stasiun BTS Mo Chit.

      Salam,
      Awan

      Reply
  43. Hallo mas mau nanya kalo dari pratunam mau ke santorini park,maddame thusauds,grand palace khao san road lebih baik naik kendaraan apa ya? Dan kira kira biaya nya berapa? Terimakasih

    Reply
    • Halo kak Regita,

      Dari Pratunam ke Madame Tussauds bisa naik BTS, turun di stasiun Siam. Bisa juga jalan kaki, kalo Pratunam-nya emang di daerah pusat perbelanjaannya (Central World dan sekitarnya).

      Ke Khao San Road bisa naik BTS ke stasiun National Stadium, turun di situ dan tunggu di halte bus depan National Stadium, nanti sambung naik bus umum no. 47.

      Ke Grand Palace bisa naik tuk tuk (paling mahal 100 baht) dari area sekitar Khao San Road, atau kalo mau jalan kaki juga bisa, lewatin taman Sanam Luang.

      Lain lagi ceritanya kalo mau ke Santorini Park, ini di luar kota. Tepatnya di Hua Hin, 3 jam dari Bangkok. Bisa sewa kedaraan seperti van kalo rame2, harga sewa PP sekitar 4.500 baht. Kalo mau naik van umum ke Hua Hin bisa dari terminal bus Mo Chit ya. Semoga sekarang sudah jelas lokasi2nya.

      Salam,
      Awan

      Reply

Leave a Comment